Fitness & Muscle Building
Home > LOEKELOE > FIT & HEALTHY LIFESTYLE > Fitness & Muscle Building > Sports Injuries Discussion with bedahtulang & crossline.
Total Views: 42790 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 48 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

bedahtulang - 09/10/2010 06:37 PM
#1
Sports Injuries Discussion with bedahtulang & crossline
Thread dibuka kembali D sabar yah, saya atur dulu beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan supaya tidak ditanyakan berulang ulang beer:

Latar Belakang:

Setelah mendapat PM dari moderator V508 berikut:
Spoiler for pm
Sports Injuries Discussion with bedahtulang & crossline.


maka saya dengan senang hati membuka thread tentang sports injuries.

General Rules

1. Peraturan umum yang berlaku di Lounge harap ditaati
2. Jika ingin bertanya sesuatu, mohon dilengkapi dengan: usia/sex/tb/bb/atau kalau ada hasil rontgen yang ingin ditampilkan, mohon difoto terlebih dulu dengan lightbox, dengan kamera digital macro mode,resolusi terendah (640x480),no flash,black n white.
3. Lain2 nya belum kepikiran D nt diupdate lagi yah..

NB:
TS adalah dokter yg sedang menjalani pendidikan spesialis orthopedi/bedahtulang dan menaruh minat sangat besar dalam bidang sports injuries, karena TS sendiri sudah cacat anklenya dan cedera punggungnya akibat maen basket hammer:

Karena TS jg masih newbie, masih harus belajar n baca banyak mengenai sports injuries, TS sangat sangat senang jika ada yang lebih berpengalaman dan lebih senior bersedia ikut sharing di thread ini shakehand

Oke Lanjut Gan..
bedahtulang - 09/10/2010 06:42 PM
#2

Pertanyaan yang sering ditanyakan ketika kita keseleo saat olahraga basket, senam, angkat beban atau apapun.. Bolehkah dibawa ke tukang pijat/tukang urut/sangkal putung? Ini jawabannya, dari artikel yg perna saya tulis. Judulnya "Mengobati Keseleo dengan Benar"

Spoiler for keseleo

Cedera paling sering yang dialami ketika berolahraga mungkin adalah otot terkilir. Bahasa medisnya disebut juga dengan sprain dan strain.
Sprain = teregangnya ligamen (jaringan ikat/penghubung yg kuat) sehingga menimbulkan robekan parsial/sebagian.
Strain = teregangnya otot dan tendon (jaringan ikat/penghubungan yg kuat yg menghubungkan otot dengan tulang)

Terkilir paling sering terjadi pada ankle/pergelangan kaki, pergelangan tangan, dan ruas2 jari.
Secara umum, gejalanya adalah nyeri, bengkak, kulit tampak kemerahan, dan tentunya akan mengganggu fungsi bagian yang terkena.

Apa yang harus dilakukan pertama kali/pertolongan pertama?

Prinsip terapinya adalah RICE:

R = rest/istirahat. Segera berhenti melakukan segala aktivitas, pepatah “no pain no gain” yang dianut beberapa olahragawan tidak dapat dibenarkan dalam kasus ini. Aktivitas yang berlebih pada bagian tubuh yg terkena akan memicu terjadinya komplikasi lebih lanjut, misal ligamen yang robek akan semakin parah, bahkan seringkali terkilir disertai pula dengan fraktur/patah/retak pada tulang.

I = ice. Ingat, es bukan kompres hangat!!! saat cedera baru berlangsung, akan terjadi robekan pembuluh darah yang berakibat keluarnya “isi” pembuluh darah tersebut ke jaringan sekitar nya sehingga bengkak, pembuluh darah sekitar tempat cedera juga akan melebar (dilatasi) sebagai respon peradangan. Pemberian kompres dingin/es akan “menyempitkan” pembuluh darah yg melebar sehingga mengurangi bengkak. Kompres dingin bisa dilakukan 1-2 kali sehari, jangan lebih dari 20 menit karena justru kan mengganggu sirkulasi darah.
Sebaliknya, saat cedera sudah kronik, tanda2 peradangan seperti bengkak, warna merah, nyeri hebat sudah hilang, maka prinsip pemberian kompres hangat bisa dilakukan

C = compression. Kompres/penekanan pada bagian cedera, bisa dilakukan dengan perban/dibalut. Jangan terlalu erat, tujuannya untuk mengurangi pembengkakan.

E = elevation. Jika ankle kaki yg terkilir, sering2 istirahat dengan kaki diangkat, dengan diganjal. Tujuannya untuk mengurangi pembengkakan.
Pemberian obat anti sakit dan anti radang bisa diberikan atas petunjuk dokter.

Bagaimana dengan pijat/urut tradisional??
Secara medis, ini sangat tidak dapat dibenarkan. Mengapa? Terkilir adalah suatu cedera yang melibatkan proses peradangan, yang disertai robekan pembuluh darah dan bahkan yang lebih berat lagi dapat disertai fraktur atau robekan ligamen yang lebih besar. Manipulasi/memijat bagian yg cedera akan memperparah karena mencegah pembuluh darah yang robek yang harusnya secara normal akan “menutup” (sebagai respon alami tubuh), belum lagi jika ada robekan ligamen dan fraktur. Prinsip RICE adalah prinsip utama yang sudah menjadi gold standard/prinsip penanganan utama untuk terkilir di belahan dunia manapun, terutama untuk olahragawan2.

Apabila anda adalah seseorang yang benar2 mencintai olahraga, tindakan “agresif” kadang perlu dilakukan, misal:
Segera setelah RICE, lakukan foto rontgen. Rontgen bisa melihat adanya cedera penyerta seperti fraktur/retak/patah tulang, tapi tidak bisa melihat cedera/robekan pada ligamen. Untuk melihat ligamen dengan baik, harus dilakukan MRI.

Untuk pemilihan obat anti nyeri dan radang, memang ada beberapa kontroversi, karena proses peradangan yang terjadi merupakan mekanisme alami tubuh untuk “sembuh”. Dengan mengkonsumsi obat anti nyeri dan anti radang, maka mekanisme ini akan dihilangkan dan akibatnya penyembuhan akan tertunda.

Beberapa jurnal kedokteran olahraga dari American Journal of Sports Medicine telah mengungkap bahwa ternyata kekuatiran tersebut tidak beralasan, karena obat anti nyeri dan anti radang dapat membantu pasien untuk segera kembali menggunakan bagian tubuh yang cedera, sehingga dapat mengurangi bengkak/edema. Hanya saja, patut diketahui bahwa tidak semua anti nyeri memiliki efek yang baik. Anti nyeri yang disarankan untuk dikonsumsi tanpa memiliki efek samping yang buruk untuk penyembuhan cedera ligamen antara lain adalah piroxicam, meloxicam, dan ibuprofen. Golongan anti nyeri yang tidak memiliki efek samping terhadap lambung (cox-2 selective inhibitor) seperti celecoxib sangat tidak dianjurkan, karena telah terindikasi dapat menghambat penyembuhan ligamen.
bedahtulang - 09/10/2010 08:15 PM
#3
Instabilitas Fungsional dari Ankle
Lanjutan dari topik di atas. ANkle adalah salah satu sendi yg paling sering cedera saat olahraga. Ada satu hal yg harus menjadi perhatian, yaitu bahwa ketika seseorang pernah mengalami ankle sprain, maka dia akan memiliki resiko lebih besar utk mengalami sprain berikutnya. hal ini disebabkan karena adanya kerusakan struktur di ankle yang akan menyebabkan terjadinya fungsional instability dari ankle. dari foto rontgen, atau dari pemeriksaan mungkin tidak akan ada kelainan. tapi seseorang yg menderita instabilitas fungsional pada ankle akan merasa "tidak enak" atau kurang bisa mengontrol keseimbangan saat melompat, berjalan/berlari di tempat tidak rata. jika orang tersebut tidak melakukan tindakan pencegahan, maka sprain akan terjadi berulang dan justru akan semakin memperparah kerusakan struktur di ankle.
Cara pencegahannya? mudah saja. latihan memperkuat otot2 kaki bagian bawah, warming up yg benar, dan yg juga tidak kalah penting adalah pemakaian ankle taping/bracing.
bedahtulang - 09/10/2010 08:17 PM
#4
Proses Penyambungan Tulang
Ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh kaskuser disini (juga oleh
Kapan tulang yang patah menyambung? Kapan saya boleh mulai jalan lagi? Dan sebagainya.
Saya akan membahas secara umum dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Penyembuhan tulang adalah suatu proses biologis yang luar biasa, dimana tulang yang patah akan diganti oleh tulang tanpa adanya pembentukan jaringan fibrous. Hal ini berbeda sekali dengan proses penyembuhan ligament yang disertai jaringan fibrous, hal ini akan berakibat kekuatan ligament setelah sembuh tidak akan sekuat awalnya.

Prinsipnya ada 4 tahap penyembuhan tulang, yaitu: fase awal, fase hematoma, clinical union, dan radiological union.
Fase yang penting untuk diketahui pasien adalah:

- Clinical union (menyambung secara klinis), artinya tulang yang patah sudah menyambung cukup kuat, bisa dibuktikan ketika dokter memeriksa dengan menggerakkan bagian yang patah, pasien tidak akan sakit. Namun, ketika dilakukan foto rontgen, kita masih bisa melihat adanya garis tulang yang patah. Pada fase inilah dimulai latihan untuk berjalan, namun masih dengan menggunakan 2 kruk dan diawali menapak dengan hanya 15-25% berat tubuh pada kaki yang sakit.
- Radiological union (menyambung secara radiologis), artinya tulang sudah benar2 menyambung, garis patah tulang sudah tidak terlihat di foto rontgen.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk terjadinya clinical dan radiological union? Hal ini tentu saja bergantung pada banyak factor, mulai factor pasien (usia, status gizi, dkl) dari jenis/tipe patah tulangnya, tipe pengobatan (operasi/non operasi). Namun secara umum ada suatu rumus sederhana yang bisa digunakan untuk patokan, namanya adalah Perkin’s time table. Rumusnya adalah sebagai berikut:

- Fraktur yang berbentuk spiral pada ekstrimitas atas akan mengalami clinical union dalam waktu 3 minggu, waktu yang dibutuhkan untuk radiological union adalah dua kalinya.
- Untuk ekstrimitas bawah, kalikan dua lagi
- Untuk fraktur yang berbentuk transverse, kalikan dua lagi
bedahtulang - 09/10/2010 08:17 PM
#5

reserved 4 update
bedahtulang - 09/10/2010 08:18 PM
#6

reserved 4 update
bedahtulang - 09/10/2010 08:20 PM
#7

reserved 4 update
bedahtulang - 09/10/2010 08:49 PM
#8

Quote:
Original Posted By ticakanetac
lanjutin pertanyaan saya..
dipindahin aja ya.


obat anti nyeri yg banyak di pasaran misal paracetamol, asam mefenamat, natrium diklofenak. kl saya sendiri bro, sebisa mungkin menghindari obat anti nyeri kl tidak terpaksa, karena efek samping nya ke lambung dan liver (jangka panjang). lebih baik istirahat, jgn memaksa, dan fisioterapi.
bedahtulang - 09/10/2010 09:07 PM
#9

reserved 4 update
UncleYai - 10/10/2010 07:12 AM
#10

bro bln lalu gw pernah terkilir abis treadmill, ampe bengkak jg seh..
dan emang bener temen gw yg anak voli blg nya jgn dipijit2, kompres es aja (tp ga diblg jgn ampe 20 menit sih lol),

skrg sih uda sembuh ya, mksdnya kaga sakit2 lg dan ga ada masalah klo lari,
tp kok sampe skrg bengkaknya itu msh ada (dipencet2 jg ga sakit),
tp gw gemes bgt jdnya gw pencet2in trs hahaa.. kira2 masalah gak ya?
bedahtulang - 10/10/2010 08:51 AM
#11

Quote:
Original Posted By UncleYai
bro bln lalu gw pernah terkilir abis treadmill, ampe bengkak jg seh..
dan emang bener temen gw yg anak voli blg nya jgn dipijit2, kompres es aja (tp ga diblg jgn ampe 20 menit sih lol),

skrg sih uda sembuh ya, mksdnya kaga sakit2 lg dan ga ada masalah klo lari,
tp kok sampe skrg bengkaknya itu msh ada (dipencet2 jg ga sakit),
tp gw gemes bgt jdnya gw pencet2in trs hahaa.. kira2 masalah gak ya?


Kenapa kompresnya ga boleh lebih dari 15-20 menit, karena saat sprain itu yg kena kan bukan cuma muscle tapi juga ligamen yg pembuluh darahnya sedikit. Dingin akan membuat pembuluh darah mengkerut, sehingga mengganggu suplai pembuluh darah ke ligamen.
Memang bro, setelah sprain yg cukup berat kadang bengkaknya susah hilangnya. Penjelasannya mungkin sbb:
1. dulu saat masa penyembuhan, mungkin masih sedikit terasa sakit, lo memaksa aktivitas yg agak berat
2. sprain yg lo derita mungkin agak berat, dalam artian jaringan lunak di ankle yg terdiri dari jaringan subkutan/bawah kulit (lemak), fascia/pelapis otot, otot, tendon, ligamen, juga ada yg mengalami perubahan anatomi, sehingga kesannya bengkak ga hilang.

Sebenarnya, yg paling penting asal tidak mengganggu fungsi ga masalah bro.
sedikit pengalaman pribadi, dulu waktu gw sma, perna sprain parah, jatuh saat lompat maen basket, sampe ada pendarahan di bawah kulit yang meluas ke betis. ga ada yg patah, tapi jelas itu sprain yg sangat berat. sampe sekarang ankle gw yg cedera itu memang lebih besar daripada yg normal.
Jadi ga perlu kuatir bro, pake ankle brace/ankle tape aja untuk mengurangi gerakan ankle yg berlebihan sehingga meminimalisir cedera.
W32.Worms - 10/10/2010 10:31 AM
#12

bos ortho o,

nanya dong..cidera lowback itu paling cepet disembuhin sama apa ya? *bukan lebih cepet, tapi cara yang benar untuk penyembuhan yang lebih baik itu dengan cara apa ya? think:

gw biasa hanging bentar...tidur gw paksa lurus+regangin...tapi tetep aja...paling cepet 2~3hari buat sembuh.
bedahtulang - 10/10/2010 11:01 AM
#13

Quote:
Original Posted By W32.Worms
bos ortho o,

nanya dong..cidera lowback itu paling cepet disembuhin sama apa ya? *bukan lebih cepet, tapi cara yang benar untuk penyembuhan yang lebih baik itu dengan cara apa ya? think:

gw biasa hanging bentar...tidur gw paksa lurus+regangin...tapi tetep aja...paling cepet 2~3hari buat sembuh.


ini topik menarik. low back pain. masih gw susun artikelnya bro.
gw sendiri menderita low back pain, gara2 over maen basket n ngegym.
Low back pain memang sering diderita terutama yg suka fitness, karena saat mengangkat beban, misal saat military press, maka tulang belakang akan menerima beban yg berlebih. ini bisa mengakibatkan gangguan/cedera pada otot atau bahkan yg parah pada saraf (istilah awamnya terjepit). detilnya nanti ya, gw masih nulis artikelnya.
nah untuk pengobatannya, prinsipnya sama bro. istirahat dulu, jgn pernah memaksa. take your time. bisa konsumsi obat anti nyeri yg dijual bebas seperti asam mefenamat. evaluasi dalam 2-3 hari. Bila nyeri berkurang, berarti kemungkinan problem di muscle. boleh mulai stretching, tapi jgn aktivitas berat dulu.
bila nyeri tidak berkurang atau malah bertambah, segera ke dokter. nanti akan dilakukan pemeriksaan fisik, jika perlu x ray, nah nanti dari hasil ke 2 temuan itu dievaluasi lagi, kira2 butuh pemeriksaan lebih lanjut atau ga seperti MRI misalnya.
Gw share pengalaman pribadi gw jg ya. 1 tahun lalu, saat sedang menulis posisi membungkuk, tiba2 ada rasa kesetrum di punggung bawah, gw ga bisa berdiri tegak, ampun deh sakitnya. akhirnya gw x ray normal, dan MRI ternyata hasilnya adalah HNP/hernia nucleus pulposus, suatu penyakit dimana ada struktur di tulang belakang yg terjepit. ini biasanya diderita orang2 usia lanjut, atau usia muda dgn aktivitas olahraga yg kurang baik. yah ini gara2 dulu waktu gw msh sma, sering pake jaket dengan beban 5-10 kg terus nge trap/naik tangga waktu latihan basket hammer:
Sekarang, gw ga bisa lagi aktivitas terlalu berat, tapi untunglah ga perlu sampe operasi.
Moral of the story is.. dont push it too hard.. take your time, give your body some rest, and never hesitate to see a doctor.
UncleYai - 10/10/2010 11:07 AM
#14

Quote:
Original Posted By bedahtulang
Kenapa kompresnya ga boleh lebih dari 15-20 menit, karena saat sprain itu yg kena kan bukan cuma muscle tapi juga ligamen yg pembuluh darahnya sedikit. Dingin akan membuat pembuluh darah mengkerut, sehingga mengganggu suplai pembuluh darah ke ligamen.
Memang bro, setelah sprain yg cukup berat kadang bengkaknya susah hilangnya. Penjelasannya mungkin sbb:
1. dulu saat masa penyembuhan, mungkin masih sedikit terasa sakit, lo memaksa aktivitas yg agak berat
2. sprain yg lo derita mungkin agak berat, dalam artian jaringan lunak di ankle yg terdiri dari jaringan subkutan/bawah kulit (lemak), fascia/pelapis otot, otot, tendon, ligamen, juga ada yg mengalami perubahan anatomi, sehingga kesannya bengkak ga hilang.

Sebenarnya, yg paling penting asal tidak mengganggu fungsi ga masalah bro.
sedikit pengalaman pribadi, dulu waktu gw sma, perna sprain parah, jatuh saat lompat maen basket, sampe ada pendarahan di bawah kulit yang meluas ke betis. ga ada yg patah, tapi jelas itu sprain yg sangat berat. sampe sekarang ankle gw yg cedera itu memang lebih besar daripada yg normal.
Jadi ga perlu kuatir bro, pake ankle brace/ankle tape aja untuk mengurangi gerakan ankle yg berlebihan sehingga meminimalisir cedera.


huah thank u bro atas infonya heheh.. dl emang pas blm sembuh bener gw bawa cardio lg nih kaki bsknya sakit lagi abis itu kaga nyusut2 bengkaknya ngakak:

overall sih emang ga mengganggu aktivitas, cm emang bikin risih aja klo diliat hehehe..
bedahtulang - 10/10/2010 11:20 AM
#15

Quote:
Original Posted By UncleYai
huah thank u bro atas infonya heheh.. dl emang pas blm sembuh bener gw bawa cardio lg nih kaki bsknya sakit lagi abis itu kaga nyusut2 bengkaknya ngakak:

overall sih emang ga mengganggu aktivitas, cm emang bikin risih aja klo diliat hehehe..


Hehe memang namanya anak muda pasti ga sabaran D
jangan lupa pake ankle brace/tape bro.
f4rizcolz - 10/10/2010 11:39 AM
#16

bro, nanya dong semingguan ini gw cardio HIIT cuman 1x gara-gara pas hari rabu kemaren gw habis leg curl terus besok harinya langsung sakit banget paha gw ampe jalan kaki biasa aja sakit banget..terus hari jum'at gw latihan lagi..gw cobain leg press(ngikut kata orang di gym) tapi malah sakit lagi hammer: tapi gak sesakit pas maen leg curl tapi tetap aja gw gak bisa cardio gara-gara kaki gw bener-bener cedera dan kayaknya bukan DOMS..karena gw biasa DOMS masih bisa cardio..sampe sekarang sih masih walau gak separah kemaren...pakai counterpain cuman nge-heal dikit..ada cara lain gak bro nyembuhin biar cepat?? berhubung gw pengen steady state cardio+weight training buat besok?? bete deh gw gak bisa jogging nih \(
bedahtulang - 10/10/2010 11:49 AM
#17

Quote:
Original Posted By f4rizcolz
bro, nanya dong semingguan ini gw cardio HIIT cuman 1x gara-gara pas hari rabu kemaren gw habis leg curl terus besok harinya langsung sakit banget paha gw ampe jalan kaki biasa aja sakit banget..terus hari jum'at gw latihan lagi..gw cobain leg press(ngikut kata orang di gym) tapi malah sakit lagi hammer: tapi gak sesakit pas maen leg curl tapi tetap aja gw gak bisa cardio gara-gara kaki gw bener-bener cedera dan kayaknya bukan DOMS..karena gw biasa DOMS masih bisa cardio..sampe sekarang sih masih walau gak separah kemaren...pakai counterpain cuman nge-heal dikit..ada cara lain gak bro nyembuhin biar cepat?? berhubung gw pengen steady state cardio+weight training buat besok?? bete deh gw gak bisa jogging nih \(


Seperti yg selalu gw tulis, dont push it too hard bro. Saat leg curl otot yg kita latih kan quadriceps di depan, atau hamstring di belakang. jadi kl paha lo sakit, kemungkinan besar itu terjadi muscle sprain, karena overuse bro. take some rest, dont push it. Selain pakai counterpain, bisa dicoba analgesik berupa gel seperti diklofenak gel (merknya google aja yah). Quadriceps itu kumpulan otot besar bro, butuh waktu untuk benar2 pulih. kalau lo paksa latihan, proses peradangannya jg ga akan bisa mereda, dan akibatnya sendi lutut dan sendi ankle lo akan menerima beban yg jauh lebih besar karena quadricep lo sedang bermasalah. akibatnya yah muncul cedera lain yg bisa lebih parah.
iblisss - 10/10/2010 01:11 PM
#18

hoahaoho asik neh konsul gratis sama dokter beneran.

Lanjut gan!ilovekaskusilovekaskusilovekaskusiloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia
SuperDako - 10/10/2010 02:42 PM
#19

Bro, minta pendapatnya tentang V*ltaren.. Cocok utk apa aja ya?
Bagus mana dibanding C*unterpaint buat sport injury?

Thq Before \)
bedahtulang - 10/10/2010 04:02 PM
#20

Quote:
Original Posted By iblisss
hoahaoho asik neh konsul gratis sama dokter beneran.

Lanjut gan!ilovekaskusilovekaskusilovekaskusiloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia


bukan konsul gan, judul threadnya kan diskusi D
gw jg masih harus banyak belajar kok, masih banyak yg belum gw tau.

Quote:
Original Posted By SuperDako
Bro, minta pendapatnya tentang V*ltaren.. Cocok utk apa aja ya?
Bagus mana dibanding C*unterpaint buat sport injury?

Thq Before \)


Keduanya sama2 mengandung anti nyeri, dipakai terutama utk muscle sprain. cuma dari pengalaman gw n temen2 basket, banyak yg lebih cocok diklofenak gel (V).
Page 1 of 48 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > FIT & HEALTHY LIFESTYLE > Fitness & Muscle Building > Sports Injuries Discussion with bedahtulang & crossline.