Kendaraan Roda 4
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
Total Views: 37567 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 26 of 43 | ‹ First  < 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 >  Last ›

Jambangan - 15/08/2011 10:08 PM
#501

Quote:
Original Posted By FrAnZ_ZeXpHy
permisi om2... mau nny seputaran oli, mbl gw panther GT... gw mau gnti oli nih, dl pkk repsol diesel...

Tp gw kepikiran mau gnti ke shell helix hx7 yg diesel, tp ada yg nawarin gw shell helix ultra 5w-40... harganya muahal pisan ui, ampir 3x lipat harganya dr hx7...

Yg gw mau tny, mending pkk yg mn yak... kelebihan tuh shell helix ultra apa kok tuh hrganya mahal pisan...

bth bantuan secepatnya om2... HELP!!!!!!

helix ultra lebih mahal soalnya udh fully synthetic gan
ane jg kaget waktu nanya harganya
akhirnya ga jadi beli deh
ane balik lg pake motul 10w40
sempet pake 10w30 tapi suara mesin malah jadi kasar Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
ivantrib - 17/08/2011 10:43 PM
#502

Gan, tanya donk,,
buat innova 2005,,
oli yang mantap apa ya..?
zchwen - 15/09/2011 12:29 PM
#503

Tips yang sangat berguna...manteppp..
Numpang tanya nih sama para suhu..
Udah dibahas bahwa pakailah spesifikasi oli yang disarankan oleh pembuat mobil/buku manual nya. Mau tanya untuk new CRV 2.4 facelift..di manualnya, mengenai pemakaian oli tdk menjelaskan kekentalan oli tertentu/terbaik yang disarankan..hanya ada tabel jenis2 oli. Jadi sebaiknya pakai oli yang SAE brp yang paling aman untuk menjaga mesin tetap prima untuk jangka panjang? Pemikiran ane sih..5W-30 krna kondisi mobil masih baru? Setelah usia mobil melewati 5 tahun, baru beralih ke 10W-40? Salah ga?
Yang udah full synthetic apa aja? Ane pemakai castrol magnatec utk mobil2 terdahulu, karena pernah dapet saran dr montir.
Trims! Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
zchwen - 05/10/2011 07:12 PM
#504

Up dulu...para suhu kemana nih... Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
mfuad - 06/10/2011 04:17 PM
#505

Quote:
Original Posted By ivantrib
Gan, tanya donk,,
buat innova 2005,,
oli yang mantap apa ya..?


pake aja 15w40 API SL semisinteis Gan. temen Ane pernah menguji road test sejauh 15000 km. hasilnya bagus.

Kalo agan pengen lebih jauh ngerti ttg SAE oli ini sya kasih grafik kekentalan Oli vs suhu

Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda

dr grafik ini terlihat GAn, kalau perbedaaan nyata SAE/kekentalan cuma ada di suhu rendah. tetapi di suhu tinggi menuju garis lurus ..kekentalan relatif sama

itu dlu gan

trims
mfuad
aka3nov - 06/10/2011 04:38 PM
#506

Quote:
Original Posted By mfuad
pake aja 15w40 API SL semisinteis Gan. temen Ane pernah menguji road test sejauh 15000 km. hasilnya bagus.

Kalo agan pengen lebih jauh ngerti ttg SAE oli ini sya kasih grafik kekentalan Oli vs suhu

Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda

dr grafik ini terlihat GAn, kalau perbedaaan nyata SAE/kekentalan cuma ada di suhu rendah. tetapi di suhu tinggi menuju garis lurus ..kekentalan relatif sama

itu dlu gan

trims
mfuad


menguji yang di maksud itu gmana om? apa pake alat bantu untuk melihat partikel apa aja yang ada di oli yang uda jalan 15rb itu, struktur kimia oli nya itu sendiri, daya tahan (kejenuhan), dll ?

ato cuma dilihat secara kasat mata dan di pegang aja?

dan yang di maksud bagus ny itu gmana kondisi nya?
mfuad - 06/10/2011 11:54 PM
#507

Quote:
menguji yang di maksud itu gmana om? apa pake alat bantu untuk melihat partikel apa aja yang ada di oli yang uda jalan 15rb itu, struktur kimia oli nya itu sendiri, daya tahan (kejenuhan), dll ?

ato cuma dilihat secara kasat mata dan di pegang aja?

dan yang di maksud bagus ny itu gmana kondisi nya?


Gan yang dimaksud uji road test adalah uji oli mesin sesungguhnya di jalan raya. Ini uji yang paling bisa dijadikan pegangan alias referensi sifat mutu dan drain interval oli. Kalo cuma lihat spek oli dr produsen ga bisa dijadikan pegangan Gan...
Terus terang aja Gan, Ane dan temen Ane itu kerja di Litbang Migas .
Uji sampel oli dilakukan di lab. mulai dari 2500 km dan kelipatannya sampai 15000 km (ada kira2 , 15 parameter uji used oil). Kita pake kijang innova 2005. Dan oli itu ga dijual dipasaran Gan, karena hasil formulasi sendiri (penelitian).
Uji road test lainnya , ada yg oli motor , disel semisintetis, sintetis dll.
itu aja dulu Gan.
trims
mfuad
mfuad - 09/10/2011 02:23 AM
#508

Ane bantuinsup2:sup2:
mr.Hosea - 09/10/2011 07:50 PM
#509

nice TS shakehand
N4il4 - 09/10/2011 09:14 PM
#510

Quote:
Original Posted By mfuad
pake aja 15w40 API SL semisinteis Gan. temen Ane pernah menguji road test sejauh 15000 km. hasilnya bagus.

Kalo agan pengen lebih jauh ngerti ttg SAE oli ini sya kasih grafik kekentalan Oli vs suhu

Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda

dr grafik ini terlihat GAn, kalau perbedaaan nyata SAE/kekentalan cuma ada di suhu rendah. tetapi di suhu tinggi menuju garis lurus ..kekentalan relatif sama
itu dlu gan
trims
mfuad


Salah satu oli 15W-40 dg kinerja tinggi, biasa dipakai di mesin2 industri, truk2 besar dg kompresi sangat tinggi dan extreem (turbo diesel) .... bahkan kadang2 dipakai balapan/racing/drifting sedan (mesin bensin non diesel) .... plus harga sangat murmer .... adalah Mesran Meditran SX 15w-40 atau sekarang jadi Fastron Diesel 15w-40 Yb
AgusAngsa - 09/10/2011 09:16 PM
#511

trit yg sangat bermutu :matabelo

nice :2thumbup
mr.Hosea - 25/10/2011 08:42 PM
#512

Nice Share TS ^^ malus
Shirosaki - 27/10/2011 09:45 PM
#513

untuk honda accord m/t 2010 yang baik pakai oli mesin apa gan?

thanks shakehand
morpheus - 01/11/2011 11:39 PM
#514

Quote:
Original Posted By k3nz0
"umur oli itu sebetulnya sama aja, kira2 10ribu atau lebih pada oli2 "super". tapi patut diketahui yang namanya berkendara di Jakarta identik dengan yang namanya macet. nah pas macet2an itulah terjadi degradasi oli yang se parah-parahnya!
poin2 penyebab degradasi oli dari kemacetan adalah :
...........
-tepati jadwal ganti oli dan filternya!!! oli di 5000-7000km, filter tiap 2X ganti oli........."

"..........
4. Konsep penggantian oli tiap 5000 km sudah tidak realistis, selain membuang uang sia-sia, kita harus peduli lingkungan, limbah oli merupakan limbah B3.
........."

Gan
dari 2 hal di atas, jadi nya ganti oli setiap 5000 atau ganti oli setiap 5000 ga realistis?
bingung nih.
trus banyak orang yang bilang mobil nya ganti oli setiap 10-15000, ga setiap 5000.
mohon pencerahan
thx

jadi yang bener kalau kondisi macet seperti jakarta ganti oli 5000km atau 10.000km?
mfuad - 04/11/2011 09:43 PM
#515
Panduan memilih SAE oli mesin
Quote:
Original Posted By Shirosaki
untuk honda accord m/t 2010 yang baik pakai oli mesin apa gan?

thanks shakehand


Kalo mobil sedan anyar baiknya pake oli yg relatif encer gan kaya:
SAE 10w40, 5w40 bisa juga 15w40. lebih lengkapnya coba lihat panduan dibawah ini:
Spoiler for Panduan memilih SAE oli mesin motor/mobil
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


ket. simbol tanda tanya ??? ideal, ?? okelah, ? ya gitu deh

Quote:
Original Posted By morpheus
jadi yang bener kalau kondisi macet seperti jakarta ganti oli 5000km atau 10.000km?


Singkatnya gan, secara umum, ini nih hasil road tes temen Ane Gan di kantor:
oli mineral: kira2 4000-an km
oli semi sintetis:7500-8000 km
sintetis: ada yg 10000 km ada juga 20000km bahkan ada yg lebih. Emang gan tergantung merknya. Tetpi umumnya diatas 10000 km.

maksih gan
mfuad
part.off.ss - 10/11/2011 04:08 PM
#516

untuk starlet 1.3 SEG 1995 cocoknya apa ya gan? Shell Helix HX7 10W-40? atau Shell Helix Ultra 5W-40? thanks
fazafaiz - 10/11/2011 04:24 PM
#517

Nice share gan D

numpang bookmark dulu y D

gan mau nanya nih, kalo buat mesin 1200 cc 3 silinder bagusnya apa y gan ? castrol magnatec ato top1 Hp Plus ? kan sama2 10w-40 Peace:

nubie oli nih
mfuad - 11/11/2011 10:40 AM
#518

Quote:
Original Posted By part.off.ss
untuk starlet 1.3 SEG 1995 cocoknya apa ya gan? Shell Helix HX7 10W-40? atau Shell Helix Ultra 5W-40? thanks


Kalo starlet sih , tanpa memandang soal merk. Jangan pake yg terlalu encer spt. 5W40. Pake yg 10w40 atau bisa juga 15w40. Kalo mesinnya dah rada ngebul/aus , ya ga salh coba 20w50.

Quote:
Original Posted By fazafaiz
Nice share gan D

numpang bookmark dulu y D

gan mau nanya nih, kalo buat mesin 1200 cc 3 silinder bagusnya apa y gan ? castrol magnatec ato top1 Hp Plus ? kan sama2 10w-40 Peace:

nubie oli nih


Saya ga terlalu mandang soal merk.(tapi kadang2 pernah ...sih) selama merk tsb ada NPT ,ada di Badan API, pas SAE-nya, kayanya bagus buat dipake dua2nya . Yg penting proporsional pd penggantian oli gan

trims gan
mfuad

Motto:
Tak kenal ....(oli), maka tak sayang (kendaraan.)....

Memasyarakatkan Pelumas bermutu, melumasi masyarakat dg ilmu pelumas bermutu......He..he
achmad234 - 12/11/2011 01:03 AM
#519

permisi...numpang nanya agan2...ane pny gl 2011 di buku manual disarankan pake oli yg10w30,kl ane ganti yang 10w40 apa ada efek sampingnya ??
ditgg pencerahannya....trims
fazafaiz - 12/11/2011 04:31 AM
#520

Quote:
Original Posted By mfuad


Saya ga terlalu mandang soal merk.(tapi kadang2 pernah ...sih) selama merk tsb ada NPT ,ada di Badan API, pas SAE-nya, kayanya bagus buat dipake dua2nya . Yg penting proporsional pd penggantian oli gan

trims gan
mfuad

Motto:
Tak kenal ....(oli), maka tak sayang (kendaraan.)....

Memasyarakatkan Pelumas bermutu, melumasi masyarakat dg ilmu pelumas bermutu......He..he


beer:
Page 26 of 43 | ‹ First  < 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda