Kendaraan Roda 4
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
Total Views: 37567 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 27 of 43 | ‹ First  < 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 >  Last ›

mfuad - 14/11/2011 01:04 PM
#521

Quote:
Original Posted By achmad234
permisi...numpang nanya agan2...ane pny gl 2011 di buku manual disarankan pake oli yg10w30,kl ane ganti yang 10w40 apa ada efek sampingnya ??
ditgg pencerahannya....trims


Saya pikir ga terlalu signifikan bedanya utk di Indonesia, coba lihat grafiknya.

Spoiler for perbedaan grafik sae 10w30 dan 10w40
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


bedanya cuma di suhu2 rendah /dingin, kalo di suhu2 panas grafiknya menuju grs lurus.

trims gan, jangan sungkan2 nanya oli. BBM dsb.
mfuad
servant_hugi - 14/11/2011 01:45 PM
#522

gan tanya biasanya jan oli ganti tiap 5rb km /3 bulan, kalo dalam 3 bulan belum sampe 5rb km , ganti di bulan berapa gan? ane pake shell hx7, biasa ane ganti di bulan 4, paling juga oli kepake 3rb km paling banyak
mfuad - 14/11/2011 02:43 PM
#523

Quote:
Original Posted By servant_hugi
gan tanya biasanya jan oli ganti tiap 5rb km /3 bulan, kalo dalam 3 bulan belum sampe 5rb km , ganti di bulan berapa gan? ane pake shell hx7, biasa ane ganti di bulan 4, paling juga oli kepake 3rb km paling banyak


Memang biasanya segitu gan, kisaran nya antara 4-5 bulan, umurnya oli. Tetapi memang tergantung lalu lintas, kondisi mobil dan kualitas oli (baca: merk oli).
KAlo kendaraan yg jarang dipake, biasnya yg rentan adalah menurunnya kualitas aditif karena adanya reaksi dg air, akibat kondensasi dr luar. Air dalam oli tidak boleh lebih dari 0.2 persen. Ini biasanya disebut Severe service.
Kondisi lalu lintas berdebu dan banyak polusi juga mempercepat menurunnya mutu oli. Sering berkendara jarak pendek juga mempercepat rusaknya oli.
itu dulu gan
trims
mfuad
indahprasasti - 17/11/2011 10:49 AM
#524

Kalo Swift pake oli apa cakepnya gan?

Ane saat ini pake 10W-40 D
mfuad - 22/11/2011 12:31 PM
#525

Quote:
Original Posted By indahprasasti
Kalo Swift pake oli apa cakepnya gan?

Ane saat ini pake 10W-40 D


utk mobil jenis city car dibawah 1500 cc, cocoknya sebenarnya lebih ke 15w40, tapi 10w40 juga ok..
lebih lengkapnya gan ada disini gan...

https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=10786104
terima kash gan
mfuad

motto;
Memasyarakatkan pelumas bermutu, melumasi masyarakat dg ilmu pelumas bermutu...
biar lepek..lepek dah...
juanaxel - 28/11/2011 10:16 PM
#526

bro mau nanya tentang oli mesin diesel:
1 mobil delvac mx 15w40
2 motul tekma mega x 15w40
3 shell helix diesel hx7 10w40
4 fk pulse gt 10w40
Paleng bagus yang mana bro?
mfuad - 29/11/2011 09:58 AM
#527

Quote:
Original Posted By juanaxel
bro mau nanya tentang oli mesin diesel:
1 mobil delvac mx 15w40
2 motul tekma mega x 15w40
3 shell helix diesel hx7 10w40
4 fk pulse gt 10w40
Paleng bagus yang mana bro?


Kalo sya lebih rekomend 15w 40 utk mesin diesl dan coba cari yg spek API CI-4 plus. kategori oli ini umumnya speknya bagus...
ok gan thanks ..
mfuad
juanaxel - 01/12/2011 03:34 PM
#528

Quote:
Original Posted By mfuad
Kalo sya lebih rekomend 15w 40 utk mesin diesl dan coba cari yg spek API CI-4 plus. kategori oli ini umumnya speknya bagus...
ok gan thanks ..
mfuad


Nanya lagi ya gan, standart api dgn standart acea dan MB? Contoh shell helix hx7 diesel api CF, acea B4, MB229,1 sedangkan mobil delvac mx api CI-4, acea B3, MB228,3. Dlm hal api bagusan mobil delvac yg sudah CI-4. Dlm hal acea dan MB bagusan shell helix hx7. Menurut agan bagus mana? Api atau acea dan MB. Trims
djanataaditya - 06/12/2011 11:00 AM
#529

gan kalo mobil ane kan All New Corolla 97, skg sudah 14 tahun neh...
kebetulan di buku manual untuk oli pakena yg Sae 10-30
tapi ane pakena yang 10-40 merk prima XP
menurut agab yg cocok pakenya oli dg sae brapa ya...
untuk mesin pakenya injektian EFI
thanks gan atas pencerahannya
juanaxel - 08/12/2011 11:06 AM
#530

Quote:
Original Posted By djanataaditya
gan kalo mobil ane kan All New Corolla 97, skg sudah 14 tahun neh...
kebetulan di buku manual untuk oli pakena yg Sae 10-30
tapi ane pakena yang 10-40 merk prima XP
menurut agab yg cocok pakenya oli dg sae brapa ya...
untuk mesin pakenya injektian EFI
thanks gan atas pencerahannya


Bantu jawab ya gan,
Dulu kijang kapsul ane cocoknya pake mobil 1000 15w40 ganti tiap 3000km. sblmnya pake yg mobil 2000 10w40 ganti tiap 5000km sampai 80.000km ga ada pengurangan oli, setelah pemakaian 80.000 br ada pengurangan oli, jd pake yg 15w40 ganti tiap 3000km. Pernah nyoba 20w50, tarikan jadi berat banget. (seminggu sekali di liat oli lewat dipstick nya gan, pas mesin masi dingin dan blm distater)
mfuad - 08/12/2011 11:00 PM
#531

Quote:
Original Posted By juanaxel
Nanya lagi ya gan, standart api dgn standart acea dan MB? Contoh shell helix hx7 diesel api CF, acea B4, MB229,1 sedangkan mobil delvac mx api CI-4, acea B3, MB228,3. Dlm hal api bagusan mobil delvac yg sudah CI-4. Dlm hal acea dan MB bagusan shell helix hx7. Menurut agan bagus mana? Api atau acea dan MB. Trims

Sebenarnya B3 and B4 ga beda jauh, cuma di sulphated ashnya berbeda dikit. yg satu max 1.5 satu lagi 1.6%. yg lainnya, spt. HTHS, NOACK, TBN relatif sama.
Antara API dan ACEA sedikit berbeda. ACEA standar mobil eropa, biasanya lebih ketat spek. olinya. tetapi tdk semuany . Mis. uji Noack API disel Ch4 = 18% tettpi ACEA B3/B4 13%. TTpi kalau bicra foaming API lebih ketat dibandingkan ACEA.
antara API CH dan B3/4 cuma 3 kategori uji yg sama, yakni HTHS, foaming and
noack.
Noack=uji sifat penguapan oli, semakin kecil semakin bagus
HTHS=uji mirip di bearing suhu 150 C ditekan dan diplintir abis tuh oli. makin kental makin bagus.
foaming=uji pembusaan, makan berbusa makin jelek.
puyeng2..dah
Ane pikr API itu dah rekomen ttpi ada ACEA n MB tambah bagus.

Quote:
Original Posted By djanataaditya
gan kalo mobil ane kan All New Corolla 97, skg sudah 14 tahun neh...
kebetulan di buku manual untuk oli pakena yg Sae 10-30
tapi ane pakena yang 10-40 merk prima XP
menurut agab yg cocok pakenya oli dg sae brapa ya...
untuk mesin pakenya injektian EFI
thanks gan atas pencerahannya


rekomend ane sih SAE 10w40 and 15w40...utamnya yg terkhir.itu.

Quote:
Original Posted By juanaxel
Bantu jawab ya gan,
Dulu kijang kapsul ane cocoknya pake mobil 1000 15w40 ganti tiap 3000km. sblmnya pake yg mobil 2000 10w40 ganti tiap 5000km sampai 80.000km ga ada pengurangan oli, setelah pemakaian 80.000 br ada pengurangan oli, jd pake yg 15w40 ganti tiap 3000km. Pernah nyoba 20w50, tarikan jadi berat banget. (seminggu sekali di liat oli lewat dipstick nya gan, pas mesin masi dingin dan blm distater)

Bener tuh gan 80000 km? taun 2001 dulu sohib dikantor ANe pernah GAn uji namanya Roadtest. Uji kinerja oli di jalan raya sesungguhnya.... ini hasil penelitian , gan, laporannnya juga dah banyak, di majalah .
Olinya semisintets SAE20w50 API SJ mobilnya KIjang kapsul. Nah sebelum diuji mobilnya distandarisasi dulu Gan, semuanya. mulai dr kompresi, kebersihannya dll. Hasil uji oli bekas tiap 2000 km, ada kali 14 paremeter uji lab.nya.. (termasukk uji aus mesin gan..)
hasilnya?oli jenis ini bisa dipakai sejauh 10000km dg mempertimbangkan macet ya bisalh dpakai sampai 8000-an km.
kalo masalh berat n enteng , mungkin cuma perasaan Agan aja kali..
Soalnya dalam uji lab. ga ada uji berat n enteng...
yg ada uji aus logam, konsumsi oli, dsb.
ini cuma masukan Gan..
Pernah juga sohib Ane roadtest pake innova..
itu dulu Gan
Syukron
Mfuad
bankrahmat - 16/12/2011 02:36 AM
#532

Om,Mau tanya..
Aku baru abis adopsi hyundai Cakra 97..
kondisi mesin sih overal sepi, kering dan knalpot tak berasap...
pagi diangetin, masih ada keluar airnya..
Pertanya:
1. pd lubang knalpot kok ada item2x spt bekas oli kering begitu, tp tdk basah kalau disentuh...
2. cocoknya jenis oli type apa?? dan merk yg direkomendasikan kira2x menurut om...
3. mengenai penggantian oli mana sajakah yg mesti diganti, berhub aku cek tdk ada catatan penggantian oli/ buku servicenya. tp untuk oli mesin aku lihat masih berwarna kuning.
4, service apa saja yg mesti aku lakukan , krn nih mbil baru di adobsi..
mohon infonya ya om..tks
juanaxel - 20/12/2011 02:05 PM
#533

Quote:
Original Posted By mfuad
Sebenarnya B3 and B4 ga beda jauh, cuma di sulphated ashnya berbeda dikit. yg satu max 1.5 satu lagi 1.6%. yg lainnya, spt. HTHS, NOACK, TBN relatif sama.
Antara API dan ACEA sedikit berbeda. ACEA standar mobil eropa, biasanya lebih ketat spek. olinya. tetapi tdk semuany . Mis. uji Noack API disel Ch4 = 18% tettpi ACEA B3/B4 13%. TTpi kalau bicra foaming API lebih ketat dibandingkan ACEA.
antara API CH dan B3/4 cuma 3 kategori uji yg sama, yakni HTHS, foaming and
noack.
Noack=uji sifat penguapan oli, semakin kecil semakin bagus
HTHS=uji mirip di bearing suhu 150 C ditekan dan diplintir abis tuh oli. makin kental makin bagus.
foaming=uji pembusaan, makan berbusa makin jelek.
puyeng2..dah
Ane pikr API itu dah rekomen ttpi ada ACEA n MB tambah bagus.



rekomend ane sih SAE 10w40 and 15w40...utamnya yg terkhir.itu.


Bener tuh gan 80000 km? taun 2001 dulu sohib dikantor ANe pernah GAn uji namanya Roadtest. Uji kinerja oli di jalan raya sesungguhnya.... ini hasil penelitian , gan, laporannnya juga dah banyak, di majalah .
Olinya semisintets SAE20w50 API SJ mobilnya KIjang kapsul. Nah sebelum diuji mobilnya distandarisasi dulu Gan, semuanya. mulai dr kompresi, kebersihannya dll. Hasil uji oli bekas tiap 2000 km, ada kali 14 paremeter uji lab.nya.. (termasukk uji aus mesin gan..)
hasilnya?oli jenis ini bisa dipakai sejauh 10000km dg mempertimbangkan macet ya bisalh dpakai sampai 8000-an km.
kalo masalh berat n enteng , mungkin cuma perasaan Agan aja kali..
Soalnya dalam uji lab. ga ada uji berat n enteng...
yg ada uji aus logam, konsumsi oli, dsb.
ini cuma masukan Gan..
Pernah juga sohib Ane roadtest pake innova..
itu dulu Gan
Syukron
Mfuad


Mantap infonya bro mfuad. biasanya ane pake mobil2000 10w40 dan ganti tiap 5000km. Kmd sekitar 80.000 km ada pengurangan oli setelah pemakaian 3000km.
setelah itu ane pake mobil1000 15w40 ganti tiap 3000km.
Pernah pake oli yg sae 20w50, tarikan terasa berat banget(setelah pake 10w40).
mfuad - 21/12/2011 12:41 PM
#534

Quote:
Original Posted By bankrahmat
Om,Mau tanya..
Aku baru abis adopsi hyundai Cakra 97..
kondisi mesin sih overal sepi, kering dan knalpot tak berasap...
pagi diangetin, masih ada keluar airnya..
Pertanya:
1. pd lubang knalpot kok ada item2x spt bekas oli kering begitu, tp tdk basah kalau disentuh...
2. cocoknya jenis oli type apa?? dan merk yg direkomendasikan kira2x menurut om...
3. mengenai penggantian oli mana sajakah yg mesti diganti, berhub aku cek tdk ada catatan penggantian oli/ buku servicenya. tp untuk oli mesin aku lihat masih berwarna kuning.
4, service apa saja yg mesti aku lakukan , krn nih mbil baru di adobsi..
mohon infonya ya om..tks


kalo rekomen ane sih kalo mobil lawas lebih pas pake yg SAE 15w40. Ga terlalu encer ga terlalu kental. Kalo buat perawatan kayaknya lebih oke.
Kalo masalh item di knalpot , berarti bukan dr oli. Kalo oli asepnya rada putih . Ini bisa jadi biasanya karena pembakaran "rich fuel". Pembakaran yg kaya akan bh. bakar. Nah bh bakar berlebih bisa bkin pembakaran ga sempurna n knalpot item.
Oli mesin kuning sebenrnya ga menjamin olinya masih bagus. Oli bekas biasanya ketauan mutunya kalo dah diuji viskositsnya dan TBN-nya. Viskositas yg berbeda 30% dr oli fresh dah kudu diganti. Tbn nya dah 1/3 oli fresh dah jelek olinya. Saya juga ga bisa ngelihat mtu oli kalo cuma dilihat warnanya. Ya baiknya kita mesti tau riwayanya penggantia olinya.
gitu dulu dah gan...
mfuad
zee.shollu - 22/12/2011 11:53 AM
#535

Quote:
Original Posted By levelmotorworks
umur oli itu sebetulnya sama aja, kira2 10ribu atau lebih pada oli2 "super". tapi patut diketahui yang namanya berkendara di Jakarta identik dengan yang namanya macet. nah pas macet2an itulah terjadi degradasi oli yang se parah-parahnya!

poin2 penyebab degradasi oli dari kemacetan adalah :

- kilometer-kilometer yang hilang akibat banyak stop. waktu anda macet2an odometer tidak mencatat waktu yang dihabiskan berdiam di jalanan sembari nyala mesin dan setel a/c. kalau tiap 10km btuh waktu tempuh 1 jam kalau macet, sedangkan kecepatan rata2 pengemudi dalam kota 50 km/j, jadi anda kehilangan +/-40km setiap kali kena macet 1 jam/10km.

jadi kalau sehari kena macet 1 jam, ada 40km yang tidak tercatat odometer, dikali 90hari(5000km = 3bulan), oli anda dapat bonus 3600km, jadi sebetulnya mesin anda telah jalan 8600km, (bayangkan kalau ganti di 10000! sama saja dengan 17.200!!!!)

berpikir masih ada 1400km? tunggu dulu..... jangan lupa ada faktor2 lain, yakni ;
-putaran idle pada suhu extrem! ya, waktu macet2 mobil anda ga dapet pasokan udara segar, kinerja oli akan dipakai habis2an. walaupun mesin pada putaran rendah tapi konstan jalan pada suhu maksimum yang dibatasi dan pada perputaran(pressure) oli yang seadanya. jangan lupa iklim kita tropis alias hot!

-ditambah lagi gas polusi dari kendaraan lain yang terhisap lewat filter, menjadi pembakaran yang tidak sempurna, diserap sedikit demi sedikit oleh oli(yang bikin oli item) anda dan nempel di piston dan silinder head(AKA kerak hitam!!!!)

jadi jika anda menyayangi mobil anda, nih ada sedikit saran :
- sebisa mungkin pilih rute yang macetnya paling minim, waktu tempuh sama tapi muter2, lebih baik daripada macet. abis bensin mirip2, dapet keawetan mesin dan kejelasan odometer, jgn lupa lebih "menikmati" berkendara pastinya(ngeeng!!!ngeeeeng!!!!)

-tepati jadwal ganti oli dan filternya!!! oli di 5000-7000km, filter tiap 2X ganti oli....

-kalau emang harus macet2an walaupun se minim2nya en mau tau jadwal yang lebih akurat, diharap pakai rumus ini nihi ;
(jumlah waktu macet/hari X kecepatan rata2 anda kalau ga macet X 90hari)+5000km = perkiraan jarak tempuh aktual mesin anda! jadi anda bisa tau interval ganti oli yang sebenarnya, walaupun rata2 ada di 5000-7000km, lebih effisien jika anda bisa tau sesuai kondisi aktual anda.... contoh ada diatas!

-pakailah oli yang berkualitas, oli2 bagus cenderung lebih tahan lama daripada oli konvensional, ketahanan extra ini berguna kalau2 anda emang "kepepet harus macet" or ga gitu bisa nepatin jadwal ganti oli lagipula tenaga dan pemakaian bensin lebih effisien.

-ingat, oli itu ibarat darah kalau buat manusia, darah kotor, darah jelek = jadi penyakit, penyakit bisa saja ga kerasa tapi tiba2 menyerang mendadak dan dor! begitu juga mesin mobil, efek mungkin perlahan dan tidak kerasa tapi tiba2 dor! jangan sampai terjadi!!!amit amit!!!!!!

tambahan :
mau sehat = butuh sedikit biaya, kalo udah ga sehat = lebih butuh biaya!banyak!!!
itu rumusan asli "mencegah lebih baik daripada mengobati"

Durasi Ganti Oli

Sebuah pertanyaan selalu muncul berapa lama durasi penggantian oli? Beberapa pemilik kendaraan selalu masih merasa ragu dengan rekomendasi BPKB (Buku Petunjuk Kendaraan Bermotor). Pemilik kendaraan dengan asumsi sendiri dan saran beberapa teknisi yang tidak mengikuti perkembangan teknologi oli, durasi pemakaian oli hanya 50% bahkan 25% dari rekomendasi BPKB. Kekhawatiran yang berlebihan bila mengikuti BPKB akan memperpendek usia mesin.

Beberapa konsep durasi penggantian oli mesin.

Setiap 5000 km atau 6 bulan
Konsep ini paling banyak dipakai oleh mayoritas pemilik kendaraan dan beberapa teknisi bengkel juga sering merekomendasikan konsep ini. Dengan meningkatnya teknologi proses pembuatan oli, bila konsep ini diikuti hanya membuang uang percuma.

Berdasarkan lampu indikator oli
Beberapa kendaraan terkini dilengkapi indikator penggantian oli. Pada saat ganti oli, modul akan di-reset oleh bengkel. Sejauh yang saya ketahui, konsep kerja indikator ini berdasarkan jarak tempuh kendaraan yang menghitung mundur sesuai dengan setelan pabrik, yang menyala bila perhitungan mencapai 0 km.
Indikator akan tepat bila kendaraan beroperasi pada kondisi normal dan dioperasian secara teratur. Pada kendaraan dioperasikan pada kondisi ekstrim, pedoman berdasarkan lampu ini tidak berlaku.
Idealnya indikator menyala bila batasan parameter kritis oli terlewati. Bila konsep batasan parameter oli dapat diaplikasikan pada kendaraan, diperoleh benefit penghematan oli dan maintenance cost.

Berdasarkan analisa used oil
Secara berkala tiap menempuh jarak tertentu, oli dianalisa laboratorium untuk uji parameter kritis. Bila parameter terlewati, oli diganti. Konsep ini sulit diaplikasikan pada kendaraan pribadi, biaya analisa yang dikeluarkan hampir sama dengan ganti oli baru. Konsep lebih tepat diaplikasikan pada armada kendaraan banyak seperti taxi dan kendaraan rental dengan merek, tipe mesin dan tahun pembuatan sama. Pada interval tertentu oli diambil sample secara acak, hasil analisa oli dapat dipakai untuk menentukan penggantian oli.
Keuntungan dari analisa laboratorium, dapat mengidentifikasi masalah mesin, sehingga dapat mencegah kerusakan mesin lebih parah.
Persamaan ini mengakomodasi beberapa aspek :
• TBN (Total Base Number) tinggi mencerminkan kemampuan oli untuk bekerja lebih lama.
• Daya dalam satuan Net HP, mesin berdaya besar bekerja lebih berat.
• Isi silinder dalam satuan inchi kubik.
• Konsumsi BBM dalam satuan mile pergallon (mpg), kendaraan yang lebih hemat mencerminkan beban yang lebih ringan.
• Kapasitas oli, kapasitas oli yang lebih besar akan mendistribusikan beban lebih merata.
Persamaan tersebut memprediksi berapa km diganti, asumsi kendaraan dipakai pada kondisi stabil, dan laju penurunan angkan TBN dianggap linear. Konsep ini tidak berlaku pada kendaraan yang pemakaiannya tidak teratur dan jarang dipakai.
Persamaan ini mengakomodasi aspek-aspek :
• Total konsumsi oli, termasuk adanya topping up kerena berkurangnya oli selama durasi pemakaian.
• TBN target rekomendasi Blackstone Labs = 2 mg KOH/gr.
• Diameter silinder yang mencerminkan volume mesin.
• Laju penurunan TBN

Pembuktian Konsep Kublin Method, Paradise Garage Method, dan Heidebrecht Method
Untuk membuktikan apakah konsep-konsep diatas dapat diaplikasikan dengan kondisi sesungguhnya, Amerika telah melakukan uji coba dengan 3 target jarak tempuh 9.660 km, 19.320 km, 28.980 km. Tiap target yang dicapai, oli dianalisa dan dilakukan perhitungan jarak tempuh teoritis.
1. Oli baru :
• Analisa laboratorium oli baru yang di uji mempunyai TBN = 8,0 mgKOH/gr.
• Garansi pembuat oli, mampu menempuh jarak sejauh 28.980 km.
• Jarak tempuh teoritis formula Kublin sejauh 26.680 km.
2. Setelah memempuh jarak 9.660 km.
• Jarak tempuh teoritis rumusan Paradise Garage sejauh 13.710 km.
• Jarak tempuh teoritis rumusan Heidebrecht sejauh 16.704 km.
3. Setelah menempuh jarak 19.320 km.
• Jarak tempuh teoritis rumusan Paradise Garage sejauh 24.559 km.
• Jarak tempuh teoritis rumusan Heidebrecht sejauh 16.704 km.
4. Setelah menempuh jarak 28.980 km.
• Jarak tempuh teoritis rumusan Paradise Garage sejauh 37.085 km.
• Jarak tempuh teoritis rumusan Heidebrecht sejauh 27.839 km.

Dari uji coba tersebut, tingkat akurasi konsep Kublin dan Heidebrecht mendekati realisasi km sebenarnya.

Kesimpulan :
1. Tingkat akurasi konsep Kublin dan Heidebrecht mendekati realisasi km sebenarnya.
2. Oli modern (oli sintetik dan semi sintetik) pada umumnya mempunyai TBN >8,0 mgKOH/gr, secara teoritis mampu melayani kendaraan sampai 28.000 km.
3. Memperpanjang durasi penggantian oli minimum 10.000 km sesuai BPKB, baru menggunakan 30% dari seluruh potensi oli.
4. Konsep penggantian oli tiap 5000 km sudah tidak realistis, selain membuang uang sia-sia, kita harus peduli lingkungan, limbah oli merupakan limbah B3.


ane angkat lagi nih....soalnya dah kelelep di hal 2.....Yb

lumayan buat nambah pengetahuan tentang oli mesin...biar nggak jadi korban marketing produsen oli....iloveindonesias

link tambahan buat baca2 tentang oli mesin:

engine oil - page 1

engine oil - page 2

shakehand2
Mashbull - 23/12/2011 10:20 AM
#536

Gan, newbie mo nanya:
Baru beli mobil Suzuki SX4 2nd n gak tau history servisnya, dicek masih pada bening tuh oli.
1. Apa perlu kuras oli mesin, oli rem, oli transmisi matic? Habis berapa liter yah kira2 kalo kuras semua?
2. Oli mesin, oli rem, oli transmisi yang recommended apa?

Thanks ya gan.
Omegaevolve - 23/12/2011 11:29 AM
#537

Quote:
Original Posted By Mashbull
Gan, newbie mo nanya:
Baru beli mobil Suzuki SX4 2nd n gak tau history servisnya, dicek masih pada bening tuh oli.
1. Apa perlu kuras oli mesin, oli rem, oli transmisi matic? Habis berapa liter yah kira2 kalo kuras semua?
2. Oli mesin, oli rem, oli transmisi yang recommended apa?

Thanks ya gan.


kalau mau aman sih mending diganti gan...
kalo merek ya tergantung masing2 ya, yg penting speknya sesuai \)
oli mesin biasanya 4L, oli matic 6L, minyak rem biasanya kuras cuma 2 botol.
why - 23/12/2011 11:44 AM
#538

Mau nanya, oli yg bagus untuk mobil accent tahun 2000 apa ya?

thanks
Mashbull - 23/12/2011 02:46 PM
#539

Quote:
Original Posted By Omegaevolve
kalau mau aman sih mending diganti gan...
kalo merek ya tergantung masing2 ya, yg penting speknya sesuai \)
oli mesin biasanya 4L, oli matic 6L, minyak rem biasanya kuras cuma 2 botol.


Ini kuras kan ya? Bukan ganti oli biasa? Kalo kuras mesti pake mesin khusus gak sih?
Kafamiee - 25/12/2011 03:24 AM
#540

gan bukanyuah yg sering panas mesinyuah lebih bagus pake SAE15W50
Page 27 of 43 | ‹ First  < 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda