Kendaraan Roda 4
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
Total Views: 37567 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 28 of 43 | ‹ First  < 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 >  Last ›

Kafamiee - 25/12/2011 03:36 AM
#541

Quote:
Original Posted By mfuad
Saya pikir ga terlalu signifikan bedanya utk di Indonesia, coba lihat grafiknya.

Spoiler for "perbedaan grafik sae 10w30 dan 10w40"
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


bedanya cuma di suhu2 rendah /dingin, kalo di suhu2 panas grafiknya menuju grs lurus.

trims gan, jangan sungkan2 nanya oli. BBM dsb.
mfuad


bingung gan bukanya dlm kondisi panas maka BBM jg akan sulit dicerna oleh Piston kan???
Omegaevolve - 26/12/2011 09:40 AM
#542

Quote:
Original Posted By Mashbull
Ini kuras kan ya? Bukan ganti oli biasa? Kalo kuras mesti pake mesin khusus gak sih?


kalau oli transmisi matic dikuras pake mesin khusus gan...
pakenya oli matic ( ATF )
Cathy_tan - 28/12/2011 10:28 AM
#543

Numang nanya yach gan, berhubung ane baru beli mobil rover 620 tahun 1998 matic 1600cc

mau nanya oli yang cocok buat ane apa yach?
baik oli mesin, oli transmisi, oli gardan, oli rem, power steerling?? Baca dari sharing lain klo oli tuh begitu banyak macam.

Trus klo baru beli mobil seken tuh bagusnya perlu di cek ga yach ke bengkel untuk kondisi, and apa aja yang harus di cek.

Thanks gan ^^
sremet - 18/01/2012 12:42 PM
#544

wah nih trit udah sepi bingung
gan corab 93 2000cc ane bagusnya pake oli apaan?
tadinya pake prima xp
akang0632 - 20/01/2012 12:29 PM
#545

Mantap nih ulasan ttg pelumasannya...
Jdi tau lbh bnyk ttg oli,,,

:cheers Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
dimasbgs - 22/01/2012 01:23 PM
#546
setuju
Quote:
Original Posted By rudianarudi
gan mo tanya2 neh....mobil ane Avs 1.5 keluaran 2010, rekomendasi manual book sae 5w-30 kalo ane ganti 5w-40 pengaruhnya gimana tuh gan..??? logika ane pada suhu dingin kan ngga da ngaruhnya, malah pd suhu panas sae 5w-40 lebih tahan/baik, gimana tuh gan...mohon pencerahannya, thanxy...


ane setuju ama agan yang satu ini, suhu dingin gak da ngaruhnya, karena angka sebelum huruf W (winter) berguna saat start awal saja kalau di indonesia (jakarta) yg tropis ini knapa mesti pake 5w pake 15w aja saat pagi hari start oli gak bakal beku olinya, nah gw yg newbie ini mau nanya adakah oli dg SAE 15W-30 CH-4/CI-4 untuk mesin disel, krn menurut ane dengan sae ini akan lebih enteng kinerja mesin saat suhu panas viscositasnya di 30 saja bukan di 40.

kalau ada salah mohon di koreksi para agan dan suhu disini tks..

ane masih pake everest tdci

tks shakehand2 jg TS yg dah bikin threat yg sangat bermanfaat ini:2thumbup
carlsbergbeer - 22/01/2012 01:38 PM
#547

Quote:
Original Posted By dimasbgs
ane setuju ama agan yang satu ini, suhu dingin gak da ngaruhnya, karena angka sebelum huruf W (winter) berguna saat start awal saja kalau di indonesia (jakarta) yg tropis ini knapa mesti pake 5w pake 15w aja saat pagi hari start oli gak bakal beku olinya, nah gw yg newbie ini mau nanya adakah oli dg SAE 15W-30 CH-4/CI-4 untuk mesin disel, krn menurut ane dengan sae ini akan lebih enteng kinerja mesin saat suhu panas viscositasnya di 30 saja bukan di 40.

kalau ada salah mohon di koreksi para agan dan suhu disini tks..

ane masih pake everest tdci

tks shakehand2 jg TS yg dah bikin threat yg sangat bermanfaat ini:2thumbup


Kalau untuk diesel yg pernah gw liat sih 5w-40, 10W-30, 10W-40, ama 15w-40 gan.
dimasbgs - 22/01/2012 04:03 PM
#548
tks
Quote:
Original Posted By carlsbergbeer
Kalau untuk diesel yg pernah gw liat sih 5w-40, 10W-30, 10W-40, ama 15w-40 gan.


tks atas tanggapannya gan, ane jadi pingin yg 10w-30, merk apa yg yg cocok/bagus ya.. kalau ada rating merk tolong di share dong gan.

tks
dimasbgs - 25/01/2012 09:35 AM
#549
ramein lagi thread bagus nih
Quote:
Original Posted By levelmotorworks
Budayakan Baca. Rate lalu Comment yang Bermutu

Mau Tanya2 yah Monggo

Jika Berkenan Mohon cendolbig

terima kasih


Sejauh mana anda mengenal pelumas / oli yang sering anda pakai untuk ganti oli setiap 2-3 bulan atau bahkan tiap bulan pada kendaraan anda?
Kebanyakan dari kita memilih oli hanya berdasarkan parameter SAE yang disesuaikan dengan spesifikasi kendaraan kita yang biasanya tertulis 5W50, 15W50, 15W40, dst. padahal ada hal lain yang tak kalah penting untuk mengetahui KUALITAS dari pelumas yang kita gunakan yaitu sertifikasi API (American Petroleum Institute), ACEA (Association Des Constructeurs Europeens d' Automobiles), ILSAC (Eropa), JASO (Japan Automotive Standard Organization) dan beberapa sertifikasi lain yang dikeluarkan khusus oleh perusahaan manufaktur/produsen untuk melegitimasi penggunaan pelumas tersebut atau yang berarti bahwa pelumas tersebut telah diuji dan dinyatakan disetujui atau approved oleh produsen untuk digunakan pada kendaraan produksi mereka.
FUNGSI OLI
Pada umumnya kita beranggapan bahwa fungsi utama oli hanyalah sebagai pelumas mesin. Padahal oli memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, yakni antara lain sebagai Pendingin, Pelindung dari Karat, Pembersih dan Penutup Celah pada Dinding Mesin.
Semua Fungsi tersebut adalah sangat erat berkaitan, sebagai Pelumas, Oli akan membuat gesekan antar komponen di dalam mesin bergerak lebih halus, sehingga memudahkan mesin untuk mencapai suhu kerja yang ideal.
Selain itu Oli juga bertindak sebagai fluida yang memindahkan panas ruang bakar yang mencapai 1000-1600 derajat Celcius ke bagian lain mesin yang lebih dingin.
Dengan tingkat kekentalan yang disesuaikan dengan kapasitas volume maupun kebutuhan mesin. Maka semakin kental oli, tingkat kebocoran akan semakin kecil, namun disisi lain mengakibatkan bertambahnya beban kerja bagi pompa oli.
Selain itu kandungan aditif dalam oli, akan membuat lapisan film pada dinding silinder guna melindungi mesin pada saat start. Sekaligus mencegah timbulnya karat, sekalipun kendaraan tidak dipergunakan dalam waktu yang lama. Disamping itu pula kandungan aditif deterjen dalam pelumas berfungsi sebagai pelarut kotoran hasil sisa pembakaran agar terbuang saat pergantian oli.

MEMILIH OLI
Semakin banyaknya pilihan oli saat ini, tentunya akan membuat kita sedikit bingung, karena semua produsen oli pasti mengatakan oli mereka yang paling bagus. Namun ada beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan acuan antara lain, kenali karakter kendaraan anda, spesifikasi mesin serta lingkungan dimana mayoritas anda berkendaraan (suhu, kelembaban udara, debu, dsbnya.).

PERHATIKAN PERUNTUKAN DAN KUALITAS PELUMAS
Perhatikan peruntukan pelumas, apakah digunaan untuk pelumas mesin bensin, atau diesel, 2 tak atau 4 tak, peralatan industri, dan sebagainya.
Kualitas dari oli sendiri pada umumnya ditunjukkan oleh kode API (American Petroleum Institute) dengan diikuti oleh tingkatan huruf dibelakangnya. Contoh API: SL, kode S (Spark) menandakan pelumas mesin untuk bensin. Kode huruf kedua menunjukkan nilai kualitas oli, semakin mendekati huruf Z mutu oli semakin baik dalam melapisi komponen dengan lapisan film dan semakin sesuai dengan kebutuhan mesin modern.
Ada dua kelompok kategori API service yaitu:
1. Kategori API Service untuk pelumas kendaraan berbahan bakar bensin
2. Kategori API Service untuk pelumas kendaraan bermesin diesel

API SERVICE PELUMAS MESIN MOBIL BERBAHAN BAKAR BENSIN

- SM = dapat dipakai untuk semua mesin mobil berteknologi baru
dan sebelumnya(aman untuk semua Mobil). Pelumas berkategori SM dirancang untuk memberikan kontrol endapan temperatur tinggi yang lebih baik dan dirancang untuk penggunaan pelumas yang lebih irit. Pada beberapa oli telah memenuhi sertifikasi ILSAC atau kualifikasi sebagai hemat energi
- SL = untuk mesin kendaraan tahun 2004 dan sebelumnya
- SJ = untuk mesin kendaraan tahun 2001 dan sebelumnya
- SH = untuk mesin kendaraan tahun 1996 dan sebelumnya
- SG = untuk mesin kendaraan tahun 1993 dan sebelumnya
- SF = untuk mesin kendaraan tahun 1988 dan sebelumnya
- SE = untuk mesin kendaraan tahun 1979 dan sebelumnya
- SD = untuk mesin kendaraan tahun 1971 dan sebelumnya
- SC = untuk mesin kendaraan tahun 1967 dan sebelumnya
- SB dan SA = sudah tidak direkomendasikan

API SERVICE PELUMAS MESIN MOBIL DIESEL
- CI-4 = Diperkenalkan pada tanggal 5 september 2002, untuk
mesin 4T, kecepatan tinggi. Diformulasikan untuk mempertahankan daya tahan mesin. Dapat digunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, CE, CF-4, CG-4 dan CH-4
- CH-4 = Diperkenalkan pada tahun 1998, untuk mesin 4T,
kecepatan tinggi. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, CE, CF-4, dan CG-4
- CG-4 = Diperkenalkan pada tahun 1995, untuk mesin 4T, beban
berat, kecepatan tinggi yang menggunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur 0.5%. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, CE, dan CF-4
- CF-4 = Diperkenalkan pada tahun 1990, untuk mesin 4T kecepatan
tinggi dengan turbo charger maupun gas buang biasa. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, dan CE
- CF-2 = Diperkenakan tahun 1994, untuk mesin beban berat 2T,
Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD-II
- CF = Diperkenalkan pada tahun 1994, untuk kendaraan off-road,
mesin diesel indirect-injection dan mesin diesel lainnya yang menggunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur diatas 0.05%. Dapat digunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD
- CE = Diperkenalkan pada tahun 1987, untuk mesin 4T, kecepatan
tinggi dengan turbo charger maupun gas buang biasa. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CC, dan CD
- CD-II = Diperkenalkan pada tahun 1987 untuk mesin 2T
- CD Diperkenalkan pada tahun 1955. Untuk mesin turbocharger
maupun gas buang biasa
- CC = untuk mesin yang diperkenalkan pada tahun 1961
- CB dan CA = sudah tidak direkomendasikan

API SERVICE GANDA
Pada sebagian besar oli mobil biasanya API Servicenya ada dua. Sebagai contoh API SL/CF. Artinya: API yang pertama menunjukkan penggunaan utama oli tersebut yaitu pada mesin bensin dengan kualifikasi SL namun dalam kondisi darurat oli tersebut masih dapat digunakan pada mesin diesel dengan kualifikasi CF. Demikian pula sebaliknya.

PILIH KEKENTALAN PELUMAS YANG TEPAT
Tingkat kekentalan pelumas yang juga disebut "Viscosity-Grade" adalah ukuran kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperatur tertentu
Kode pengenal Oli adalah berupa huruf SAE yang merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers. Selanjutnya angka yang mengikuti dibelakangnya, menunjukkan tingkat kekentalan oli tersebut. SAE 40 atau SAE 15W-50, semakin besar angka yang mengikuti Kode oli menandakan semakin kentalnya oli tersebut.
Sedangkan huruf W yang terdapat dibelakang angka awal, merupakan singkatan dari Winter. SAE 15W-50, berarti oli tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 10 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas. Dengan kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin start pada kondisi ekstrim sekalipun.
Sementara itu dalam kondisi panas normal, idealnya oli akan bekerja pada kisaran angka kekentalan 40-50 menurut standar SAE.
Lihat Buku Manual Kendaraan...

PETUNJUK SAE GRADE PELUMAS MOTOR UNTUK KENDARAAN PENUMPANG
Grade Pelumas terbagi atas singlegrade / monograde seperti SAE 15 dan SAE 50 (digunakan pada temperatur ektrim) serta multigrade seperti SAE 5W-50 dan 15W-50 banyak digunakan (kecuali pada temperatur yang sangat panas atau sangat dingin) karena pelumas ini cukup encer untuk mengalir pada temperatur rendah dan cukup kental untuk bekerja secara memuaskan pada temperatur tinggi.
Lebih jelasnya kita gunakan ilustrasi berikut:
Ada 3 Oli, 1 multigrade, 2 monograde
Oli 1 SAE 15 (encer)
Oli 2 SAE 50 (kental)
Oli 3 SAE 15W50 (multigrade)

ketiga Oli tersebut dibawa tempat bersuhu dingin maka:
Oli 1 (SAE 15) akan lebih kental karena dingin
Oli 2 (SAE 50) dapat membeku karena asalnya sudah kental
Oli 3 (SAE15W50) kekentalannya akan sama dengan Oli 1 (SAE15)

Sekarang ketiga Oli tersebut dibawa ke tempat yang bersuhu panas, maka:
Oli 1 (SAE 15) menjadi sangat encer bahkan bisa menguap semua
Oli 2 (SAE 50) menjadi lebih encer
Oli 3 (SAE 15W50) kekentalannya sama dengan Oli 2 (SAE 50)

sementara ini pengetahuan yang saya punya....
mungkin ada yang bisa menambahkan....
yang mau diskusi atau tanya2 juga silahkan....

saya juga mau mempromosikan :
Threat Toko Oli online Saya

https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=5257086

Group Facebook yang baru dibikin :
Silahkan Join dan Bisa juga diskusi disana

http://www.facebook.com/group.php?gid=108832449181605&ref=mf

Terima Kasih Sebelumnya



:2thumbup
mfuad - 04/02/2012 04:53 PM
#550

Quote:
Original Posted By dimasbgs
ane setuju ama agan yang satu ini, suhu dingin gak da ngaruhnya, karena angka sebelum huruf W (winter) berguna saat start awal saja kalau di indonesia (jakarta) yg tropis ini knapa mesti pake 5w pake 15w aja saat pagi hari start oli gak bakal beku olinya, nah gw yg newbie ini mau nanya adakah oli dg SAE 15W-30 CH-4/CI-4 untuk mesin disel, krn menurut ane dengan sae ini akan lebih enteng kinerja mesin saat suhu panas viscositasnya di 30 saja bukan di 40.

kalau ada salah mohon di koreksi para agan dan suhu disini tks..

ane masih pake everest tdci

tks shakehand2 jg TS yg dah bikin threat yg sangat bermanfaat ini:2thumbup


begini gan, mungkin sya tampilkan sebagian hal2 yg penting seputar oli:

-Tarikan enteng ga berarti oli nya cocok n optimal bekerja dalam mesin.
-Trikan enteng ga berarti akan mengurangi resiko aus komponen mesin.
-Encernya oli hanyalah salah satu komponen dlam menunjang kinerja mesin. Faktor lainnya yg menentukan adlah mutu dr oli itu sendiri.
Saya ambil contoh ada uji friksi yg dilakukan kolega saya dr berbagai macam jenis SAE oli.
kesimpulannya, Selain kekentalan oli, faktor aditif oli juga berpengaruh pd optimalisasi kinerja mesin.( misalnya aditif friction modifier). Walaupun misalnya oli SAE 5w40 dibandingkan dg 15w40. Bisa jadi friksinya lebih kecil yg 15w40. yaitu tadi krn faktor aditif friction modifier(dikenal sebagai senyawa logam Molybdenum )
jadi selain SAE, mutu oli (baca;kandungan aditiF) juga berpengaruh bg kinerja oli dalm mesin.
begitu gan..
makasih gan
Mfuad
mfuad - 04/02/2012 05:06 PM
#551

Quote:
Original Posted By sremet
wah nih trit udah sepi bingung
gan corab 93 2000cc ane bagusnya pake oli apaan?
tadinya pake prima xp

Intinya pake oli yg ga begitu encer seperti 5w30, 5w40. enaknya sih pakai yg 15w40 APi SJ ke bawah. atau bisa juga yg API CI-4
begitu gan
termakasih
mfuad
perfectshine - 04/02/2012 05:47 PM
#552

Gan kalo atoz 2004 yg 1000cc paling cocok pake apa yah? Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
mfuad - 04/02/2012 07:00 PM
#553

Quote:
Original Posted By perfectshine
Gan kalo atoz 2004 yg 1000cc paling cocok pake apa yah? Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


atoz itu didesain untuk mobil dalam kota. alias biasanya dipakai pd kec. tdk begitu tinggi , rpmnya juga. Makanya lebih pas pake yg relatif kental gan..
lebih lengkapnya coba lihat panduan dibawah ini:
Spoiler for Panduan memilih SAE oli mesin motor/mobil
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


ket. simbol tanda tanya ??? ideal, ?? okelah, ? ya gitu deh
dimasbgs - 05/02/2012 07:17 PM
#554
tks
Quote:
Original Posted By mfuad
begini gan, mungkin sya tampilkan sebagian hal2 yg penting seputar oli:

-Tarikan enteng ga berarti oli nya cocok n optimal bekerja dalam mesin.
-Trikan enteng ga berarti akan mengurangi resiko aus komponen mesin.
-Encernya oli hanyalah salah satu komponen dlam menunjang kinerja mesin. Faktor lainnya yg menentukan adlah mutu dr oli itu sendiri.
Saya ambil contoh ada uji friksi yg dilakukan kolega saya dr berbagai macam jenis SAE oli.
kesimpulannya, Selain kekentalan oli, faktor aditif oli juga berpengaruh pd optimalisasi kinerja mesin.( misalnya aditif friction modifier). Walaupun misalnya oli SAE 5w40 dibandingkan dg 15w40. Bisa jadi friksinya lebih kecil yg 15w40. yaitu tadi krn faktor aditif friction modifier(dikenal sebagai senyawa logam Molybdenum )
jadi selain SAE, mutu oli (baca;kandungan aditiF) juga berpengaruh bg kinerja oli dalm mesin.
begitu gan..
makasih gan
Mfuad


tengkiu gan jadi tambah paham, satu lagi pertanyaan: kandungan aditif seperti yg tertera di kemasan apa bisa dipertanggung jawabkan atau sekedar bahasa marketing supaya laku, seperti contoh merk oli t*p 1, spec sangat mantap tapi kenapa dari segi harga saja sudah meragukan. jadi takut karena contoh label halal kan bisa dibeli hehehe
mfuad - 05/02/2012 07:38 PM
#555

Quote:
Original Posted By dimasbgs
tengkiu gan jadi tambah paham, satu lagi pertanyaan: kandungan aditif seperti yg tertera di kemasan apa bisa dipertanggung jawabkan atau sekedar bahasa marketing supaya laku, seperti contoh merk oli t*p 1, spec sangat mantap tapi kenapa dari segi harga saja sudah meragukan. jadi takut karena contoh label halal kan bisa dibeli hehehe


Saya sih ga begitu fanatik merk. utk Indonesia biasnya kalo merk sdh ada Kode NPT berarti sdh diuji sifat fisk dan kimia produk tsb. di lemigas, Litbang ESDM. Kalo ga ada sebenarnya, ada juga yg langsung diimport dr luar.
Yg kedua utk memastikan merk nya bukan "abal2" coba cek disini
http://eolcs.api.org/.
Oli punya reputasi baik biasanya ada disini merknya..
Gitu gan.
Sebgai catatan merk yg agan bilang itu, sebenarnya bukan dr Full synthetic. tetapi dr oli sintetik . ada perbedaan dr sumber bahan bakunya..
yg satu oli mineral grup 3 yg satu oli sintetis grup4
gitu gan
mudah2n bermanfaat gan
terimakasih
mfuad
carlsbergbeer - 05/02/2012 07:59 PM
#556

Quote:
Original Posted By dimasbgs
tks atas tanggapannya gan, ane jadi pingin yg 10w-30, merk apa yg yg cocok/bagus ya.. kalau ada rating merk tolong di share dong gan.

tks


Kalau 10W-30 ada FK Massimo diesel dash gan. Sekarang uda kurang tahu harganya berapa.
loRdoflord - 05/02/2012 09:55 PM
#557

misi gan numpang nanya...

bentar lagi ane mau ganti oli, nah ane mau nanya, apakah semua oli mineral lebih jelek dari synthetic?
soalnya ane liat di forum sebelah ada oli fk freshing itu super mineral tapi kata orang yang udah pake pada bilang bagus dan harganya lumayan mahal buat oli mineral

trus ane liat di ace ada oli motul 5w-30 yang full synthetic harganya dibawah 100rb/liter. apakah itu bagus? soalnya ane liat kalo full synthetic pasti mahal2

sory nih gan kalo bawa2 brand/merk. itu hanya sebagai contoh aja gan. mohon maap sekali kalo pertanyaannya basi n newbie banget

thanks
mfuad - 05/02/2012 10:26 PM
#558

Quote:
Original Posted By loRdoflord
misi gan numpang nanya...

bentar lagi ane mau ganti oli, nah ane mau nanya, apakah semua oli mineral lebih jelek dari synthetic?
soalnya ane liat di forum sebelah ada oli fk freshing itu super mineral tapi kata orang yang udah pake pada bilang bagus dan harganya lumayan mahal buat oli mineral

trus ane liat di ace ada oli motul 5w-30 yang full synthetic harganya dibawah 100rb/liter. apakah itu bagus? soalnya ane liat kalo full synthetic pasti mahal2

sory nih gan kalo bawa2 brand/merk. itu hanya sebagai contoh aja gan. mohon maap sekali kalo pertanyaannya basi n newbie banget

thanks

mesti difahami kini ada dua istilah sintetik.
-Fully synthetic-oli sintetik murni , mis. senyawa PAO, diester
-Synthetic-oli mineral yg mutunya dianggap setara oli sintetis.(grup3)
Oli mineral ada juga yg mutunya sama dg oli sintetik. Memilih oli mesti proporsional , kalo mobil lawas ga perlu pake oli modern. Oli modern belum tentu ideal dg mobil anda. Oli dibuat berdasarkan perkembangan desain mesin kendaraan.
Formula dalam oli berbeda2, seiring perkembangan mesin.

Quote:
Original Posted By dimasbgs
tks atas tanggapannya gan, ane jadi pingin yg 10w-30, merk apa yg yg cocok/bagus ya.. kalau ada rating merk tolong di share dong gan.

tks

Ini sebagai sharing aja. Ranking disni adalh kriteria dr sisi perbandingan sifat fisik dan Kimia. Ini sedikit menggambarkan perbandingan relatif mutu masing2 merk. kalau diuji di lapangan bisa jadi lain. tetapi ini sebagai pembelajaran ilmu komparsi oli mesin aja

Spoiler for Contoh ranking oli SAE 10w30
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


Spoiler for Contoh ranking oli SAE 10w30
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
Jambangan - 06/02/2012 07:01 AM
#559

gan, buat mobil yg jarang dipakai bagusnya ganti oli tetep 5rb KM atau tiap 3 bulan sekali ya??
mobil ane biasanya ganti oli tiap 5rb KM & biasanya tuh pas 3 bulan
mobil ane akhir2 ini jarang dipakai soalnya lagi libur kuliah jadinya baru jalan 3rb KM umur oli udh 3 bulan
sebaiknya ane ganti aja atau nunggu sampe 5rb KM ya gan??
trus oli gardan ama transmisi sebaiknya diganti 20rb KM atau 40rb KM sesuai buku manual ya gan??

thx gan beer:
takehito - 06/02/2012 08:49 AM
#560

Quote:
Original Posted By loRdoflord
misi gan numpang nanya...

bentar lagi ane mau ganti oli, nah ane mau nanya, apakah semua oli mineral lebih jelek dari synthetic?
soalnya ane liat di forum sebelah ada oli fk freshing itu super mineral tapi kata orang yang udah pake pada bilang bagus dan harganya lumayan mahal buat oli mineral

trus ane liat di ace ada oli motul 5w-30 yang full synthetic harganya dibawah 100rb/liter. apakah itu bagus? soalnya ane liat kalo full synthetic pasti mahal2

sory nih gan kalo bawa2 brand/merk. itu hanya sebagai contoh aja gan. mohon maap sekali kalo pertanyaannya basi n newbie banget

thanks


FK Freshing itu sudah sekelas oli full syn, karena oli ini sudah diproses hydrokracking.. Malah oli hydrokracking di beberapa produsen sudah ditulis sebagai oli full synthetic. Base oil dengan hydrokracking, aman utk diminum manusia.
Gw juga fanatik banget sama FK/Freshing... performanya emang bagus..
Page 28 of 43 | ‹ First  < 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda