Kendaraan Roda 4
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
Total Views: 37567 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 29 of 43 | ‹ First  < 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 >  Last ›

stoving - 06/02/2012 11:39 AM
#561

numpang nanya, sesepuh oli, punya ane T120ss '08 = 1,5 biasa sih pake oli non sintetis 20-50. kalo ane ganti ke grade yg lebih kayak 10-40 ato 10-30 tuh gimana ya? terus kalo untuk mesin ss ane tuh normalnya berapa liter ganti oli ? mohon pencerahannya. tks
loRdoflord - 06/02/2012 02:32 PM
#562

Quote:
Original Posted By mfuad
mesti difahami kini ada dua istilah sintetik.
-Fully synthetic-oli sintetik murni , mis. senyawa PAO, diester
-Synthetic-oli mineral yg mutunya dianggap setara oli sintetis.(grup3)
Oli mineral ada juga yg mutunya sama dg oli sintetik. Memilih oli mesti proporsional , kalo mobil lawas ga perlu pake oli modern. Oli modern belum tentu ideal dg mobil anda. Oli dibuat berdasarkan perkembangan desain mesin kendaraan.
Formula dalam oli berbeda2, seiring perkembangan mesin.


oke gan
thanks jawabannya

Quote:
Original Posted By takehito
FK Freshing itu sudah sekelas oli full syn, karena oli ini sudah diproses hydrokracking.. Malah oli hydrokracking di beberapa produsen sudah ditulis sebagai oli full synthetic. Base oil dengan hydrokracking, aman utk diminum manusia.
Gw juga fanatik banget sama FK/Freshing... performanya emang bagus..


oh jadi meskipun tulisannya super mineral kelasnya udah full syn?
iya nih gan, ane juga pengen nyobain fk freshing, soalnya liat komen2 orang pada demen pake fk freshing

nah kalo motul gimana? apa bagus juga gan? harga dibawah 100ribu/liter full syn tapi ane liat SAEnya 5w-30 API SM. berarti mantep juga nih oli?
loRdoflord - 08/02/2012 07:35 AM
#563

upp dulu deh

udah tenggelem nih thread
dimasbgs - 08/02/2012 03:41 PM
#564

Quote:
Original Posted By carlsbergbeer
Kalau 10W-30 ada FK Massimo diesel dash gan. Sekarang uda kurang tahu harganya berapa.


wah boleh juga tu gan, produk dari negara mana dan dimana bisa beli ya..tks
rend.r - 08/02/2012 08:29 PM
#565

Quote:
Original Posted By loRdoflord


oke gan
thanks jawabannya



oh jadi meskipun tulisannya super mineral kelasnya udah full syn?
iya nih gan, ane juga pengen nyobain fk freshing, soalnya liat komen2 orang pada demen pake fk freshing

nah kalo motul gimana? apa bagus juga gan? harga dibawah 100ribu/liter full syn tapi ane liat SAEnya 5w-30 API SM. berarti mantep juga nih oli?

Berdasarkan pengalaman ane dan temen ane nyoba motul 5w-30 hi-tech lebih nendang dari fk/freshing D cuman suaranya motul lebih kasar dikit sih.. Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
carlsbergbeer - 08/02/2012 10:45 PM
#566

Quote:
Original Posted By dimasbgs
wah boleh juga tu gan, produk dari negara mana dan dimana bisa beli ya..tks


Itu produk Jepang gan. Di Jakarta sih gw kurang tau ya dapet dimana.
loRdoflord - 08/02/2012 11:31 PM
#567

Quote:
Original Posted By rend.r

Berdasarkan pengalaman ane dan temen ane nyoba motul 5w-30 hi-tech lebih nendang dari fk/freshing D cuman suaranya motul lebih kasar dikit sih.. Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


oh gitu gan. oke2 pengen nyoba motul deh ntar ganti oli berikutnya.
thanks jawabannya gan
mfuad - 09/02/2012 10:35 AM
#568

Quote:
Original Posted By Jambangan
gan, buat mobil yg jarang dipakai bagusnya ganti oli tetep 5rb KM atau tiap 3 bulan sekali ya??
mobil ane biasanya ganti oli tiap 5rb KM & biasanya tuh pas 3 bulan
mobil ane akhir2 ini jarang dipakai soalnya lagi libur kuliah jadinya baru jalan 3rb KM umur oli udh 3 bulan
sebaiknya ane ganti aja atau nunggu sampe 5rb KM ya gan??
trus oli gardan ama transmisi sebaiknya diganti 20rb KM atau 40rb KM sesuai buku manual ya gan??

thx gan beer:

Buat mobil yg jarang dipake biasanya disebut "severe service" . artinya berkendara spt itu sebenarnya termasuk ga normal. Yg masuk kategori ini spt:berkendara kondisi macet, benrkendara jarak pendek, polusi tinggi, beban berat dsb.
Mobil yg jarang dipake , cenderung lebih cepat rusak olinya. karena biasanya ada kondensasi air dlm oli. air akan cepat merusak aditif. Air dalm oli tdk boleh lebh 0.2%. Pada saat berkendara jarak jauh air bisa keluar lewt pcv. Tetapi saat berkendra hanya jarak pendek suhu mesin tdk cukup utk mengeluarkan air dalam oli. Kalau oli lainnya, bisa pake sesuai prosedur.

Quote:
Original Posted By stoving
numpang nanya, sesepuh oli, punya ane T120ss '08 = 1,5 biasa sih pake oli non sintetis 20-50. kalo ane ganti ke grade yg lebih kayak 10-40 ato 10-30 tuh gimana ya? terus kalo untuk mesin ss ane tuh normalnya berapa liter ganti oli ? mohon pencerahannya. tks


Baiknya tetep di 20w50 gan. Jenis mesin T120S and beban berat lebih awet dg 20w50. Paling encer pake 15w40. Api Cl4. Jangan pake API diatas SJ.
Gitu gan

Quote:
Original Posted By carlsbergbeer
Itu produk Jepang gan. Di Jakarta sih gw kurang tau ya dapet dimana.


Massimo salah satu oli produk jepang. Tetapi bukan salah satu oil company terbesar di jepang. Masiimo memakai oli yg biasa disebut oli jenis mineral VHVI (very high visc.index). di Jepang sendiri setau Ane, jenis VHVI marketnya dibawah 7%. mudah2an bermanfaat..
Maksih gan
bewii - 10/02/2012 06:56 AM
#569

gan, mau nanya nih. kebetulan mobil bokap udah mesti ganti oli dari tulisannya. trs ane disuruh gantiin. mobilnya jazz 04 idsi a/t. biasanya pake 10w 40 fastron, udah cocok blm gan? dianjurkan penggantiannya per tiap brp km gan? krn masih bingung penjelasan di page awal yg km5000 itu cuma sia2.

trs oli transmisi juga kyknya udah perlu diganti. dulu pake eneos, skr ada rencana ganti di BeRes. standar penggantian oli transmisi brp km sekali ya gan? trs kmrn tanya BeRes, dia pake ctv oli transmisi nya, sama eneos brarti beda ya? trs di flush dulu sblm ganti ke ctv gan?

thx buat yg bisa bantu cendolb
morpheus - 10/02/2012 07:45 AM
#570

mau tanya efek aditif oli tambahan seperti lupromax gimana yah?
ft2800 - 10/02/2012 01:56 PM
#571

lumayan nambah2in pengetahuan nih
takehito - 11/02/2012 09:12 AM
#572

Quote:
Original Posted By rend.r
Berdasarkan pengalaman ane dan temen ane nyoba motul 5w-30 hi-tech lebih nendang dari fk/freshing D cuman suaranya motul lebih kasar dikit sih.. Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


Gw coba kok malah kebalikan yah?? FK/Freshing lebih nendang dan sampe km 5000 pun, masih enak (jd gw terusin dah). Kalo motul cuma 2500 km sdh turun performa olinya.
ivandi89 - 11/02/2012 10:26 AM
#573

nice share gan!

oli mahal belom tentu bagus, setuju ane tuh!
ane prnh beli oli r*yal purple, hargany lbh mahal dr mobil1 yg biasa ane pake.
salahny ane pas beli gk periksa lg, main bayar aj.
di situs r*yal purpleny ud SN, tp lain di situs lain di stok toko oli.................
pas sampe rumah kaget kalo apiny msh SL, pdhl mobil1 ane ud SM!!
kayakny ane dpt barang lama tuh!! capedes

pas dipake juga berasa lebih berat, konsumsi bbm sedikit lbh boros.
kalo biasa dalkot 1:11 ud pasti dapet, nah ini kisaranny jd 1:10.5...jarang2 dpt 1:11!!

jadi saran ane pilih merk oli yg ud terkenal aja.
jgn keburu kemakan sama harga yg mahal, liat2 spek oliny juga (API dsb).

merk yg minim promosi (iklan) tp banyak orang bilang BAGUS = produk thumbup:
merk yg banyak promosi doank = produk komersil
merk yg banyak iklan tp banyak orang bilang jelek = produk tai:
morpheus - 11/02/2012 10:33 AM
#574

sama katanya oli sekarang seperti shell helix plus gitu bisa sampai 10.000km?
tapi ane coba sampai km 7000an aja rasanya kok sudah ga enak banget ya?
akhirnya ane ganti deh dan tarikan langsung terasa ringan
carlsbergbeer - 11/02/2012 02:35 PM
#575

Quote:
Original Posted By ivandi89
nice share gan!

oli mahal belom tentu bagus, setuju ane tuh!
ane prnh beli oli r*yal purple, hargany lbh mahal dr mobil1 yg biasa ane pake.
salahny ane pas beli gk periksa lg, main bayar aj.
di situs r*yal purpleny ud SN, tp lain di situs lain di stok toko oli.................
pas sampe rumah kaget kalo apiny msh SL, pdhl mobil1 ane ud SM!!
kayakny ane dpt barang lama tuh!! capedes

pas dipake juga berasa lebih berat, konsumsi bbm sedikit lbh boros.
kalo biasa dalkot 1:11 ud pasti dapet, nah ini kisaranny jd 1:10.5...jarang2 dpt 1:11!!

jadi saran ane pilih merk oli yg ud terkenal aja.
jgn keburu kemakan sama harga yg mahal, liat2 spek oliny juga (API dsb).

merk yg minim promosi (iklan) tp banyak orang bilang BAGUS = produk thumbup:
merk yg banyak promosi doank = produk komersil
merk yg banyak iklan tp banyak orang bilang jelek = produk tai:


Kalau pengalaman gw beda bro. Royal Purple oli paling bagus yg pernah ane pake sampe saat ini. Belum pernah pake Amsoil sih. Soal bensin lebih boros mungkin juga sih, tapi bedanya ga terlalu signifikan di mobil gw. Paling 0,2-0,4 km/l. Kalau rute tol malah gw rasa lebih irit dibanding oli laen. Tapi tarikan benar2 jadi enteng.

Quote:
Original Posted By morpheus
sama katanya oli sekarang seperti shell helix plus gitu bisa sampai 10.000km?
tapi ane coba sampai km 7000an aja rasanya kok sudah ga enak banget ya?
akhirnya ane ganti deh dan tarikan langsung terasa ringan


Biar pergantian oli 10rb km jangan lupa bersihin filter udara tiap 5000 km bro.
rend.r - 12/02/2012 09:08 PM
#576

Quote:
Original Posted By takehito
Gw coba kok malah kebalikan yah?? FK/Freshing lebih nendang dan sampe km 5000 pun, masih enak (jd gw terusin dah). Kalo motul cuma 2500 km sdh turun performa olinya.


Kalo boleh tau mobilnya apa ya gan? Kalo oli cocok2an soalnya hehehe D
fk/freshing kan umur olinya 10rb gan?kalo motul 2500 udh turun?mungkin yg 10w-40 mungkin??
anak.bangsa - 13/02/2012 11:46 AM
#577

nah mumpung ada suhu OLI saya mau tanya, klo oli top 1 evolution SAE 5W-30 API SM menurut agan gmn?bagus kah?dan sampai brp KM pemakaian?

thx
mfuad - 14/02/2012 09:37 AM
#578

Quote:
Original Posted By morpheus
mau tanya efek aditif oli tambahan seperti lupromax gimana yah?

penambahan aditif harus dipertimbangkan secara arif . Aditif dlam oli ibarat obat. Dosis yg banyak ga selalu bagus, bahkan bisa sebaliknya. Aditif yg ada biasanya campuran senyawa molibdenum dan anti aus teflon dkk dan sejenisnya. Senyawa ini biasanya dilarutkan dlam petroleum distilat seperti kerosin atau solar. Kebanyakan aditif bisa membuat deposit dalam mesin. utk mesin2 modern misalnya dibatasi senyawa Zndp max. 0.08% (800 ppm). Penambahan aditif juga dikhawatirkan masuk dalam komponen tak bergerak yg berpotensi menyumbat .
Indikatornya biasanya uji lab dg Sulphated ASh. Uji ini mengukur keberadaan aditif yg digambarkan sebagai kandungan deposit abu logam, yg dibatsi dg batasan MAx.

Quote:
Original Posted By anak.bangsa
nah mumpung ada suhu OLI saya mau tanya, klo oli top 1 evolution SAE 5W-30 API SM menurut agan gmn?bagus kah?dan sampai brp KM pemakaian?

thx


Mobilnya apa gan?. Kalo sedan diats 1500 Cc oklah pake jenis ini. Tapi sebenarnya relatif encer utk di sini. Kalo minbus ga cocok gan. APi SM, SL, SN cocok utk mobil2 modern, yg biasanya pake katalis konverter. Tambahan yg API SN sdh kompatibel dg bahan bakar alkohol.
Kalo pergantian oli hasil tes menunjukkan rata2: oli mineral 4000-5000 km, semisintets 7500-an km, sintetis murni ada yg 10000 km ada juga yg bisa lebih dr itu. Ini tergantung kondisi mobil dan cara berkendara n of course merknya. Kalo jarang dipake baiknya lebih cepet lagi penggantian olinya.
Kalo oli yg agn maksud, analisa ane (berdasrkan jenis oli dan API), kalo dpake disedan kayanya antar 7500-10000 km.
MAkasih gan
mfuad
mfuad - 14/02/2012 09:39 AM
#579

Quote:
Original Posted By morpheus
mau tanya efek aditif oli tambahan seperti lupromax gimana yah?

penambahan aditif harus dipertimbangkan secara arif . Aditif dlam oli ibarat obat. Dosis yg banyak ga selalu bagus, bahkan bisa sebaliknya. Aditif yg ada biasanya campuran senyawa molibdenum dan anti aus teflon dkk dan sejenisnya. Senyawa ini biasanya dilarutkan dlam petroleum distilat seperti kerosin atau solar. Kebanyakan aditif bisa membuat deposit dalam mesin. utk mesin2 modern misalnya dibatasi senyawa Zndp max. 0.08% (800 ppm). Penambahan aditif juga dikhawatirkan masuk dalam komponen tak bergerak yg berpotensi menyumbat .
Indikatornya biasanya uji lab dg Sulphated ASh. Uji ini mengukur keberadaan aditif yg digambarkan sebagai kandungan deposit abu logam, yg dibatsi dg batasan MAx.

Quote:
Original Posted By anak.bangsa
nah mumpung ada suhu OLI saya mau tanya, klo oli top 1 evolution SAE 5W-30 API SM menurut agan gmn?bagus kah?dan sampai brp KM pemakaian?

thx


Mobilnya apa gan?. Kalo sedan diats 1500 Cc oklah pake jenis ini. Tapi sebenarnya relatif encer utk di sini. Kalo minbus ga cocok gan. APi SM, SL, SN cocok utk mobil2 modern, yg biasanya pake katalis konverter. Tambahan yg API SN sdh kompatibel dg bahan bakar alkohol.
Kalo pergantian oli hasil tes menunjukkan rata2: oli mineral 4000-5000 km, semisintets 7500-an km, sintetis murni ada yg 10000 km ada juga yg bisa lebih dr itu. Ini tergantung kondisi mobil dan cara berkendara n of course merknya. Kalo jarang dipake baiknya lebih cepet lagi penggantian olinya.
Kalo oli yg agn maksud, analisa ane (berdasrkan jenis oli dan API), kalo dpake disedan kayanya antar 7500-10000 km.
MAkasih gan
mfuad
mfuad - 14/02/2012 09:54 AM
#580

Maaf agan2.. Bung mod.. jadi dobel. Tadi overposting..ee taunya masuk juga..
maaf ya gan..
mfuad
Page 29 of 43 | ‹ First  < 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda