Kendaraan Roda 4
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
Total Views: 37567 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 43 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›

Fr3Nc3 L10n - 11/10/2010 06:57 PM
#41

Quote:
Original Posted By levelmotorworks
yah kalo ane setia sama kerang aja deh.... secara bensinnya juga kerang...heheh


IMHO, beda lho kualitas oli kerang sekarang sama oli kerang jaman nya plus, super, red
ane ngerasa klo oli kerang (HX-series) ada penurunan kualitas
yg masih bagus tinggal yang ultra aja.........
oranj3 - 11/10/2010 07:13 PM
#42

ikut nimbrung gan...
masih rada buta ni gan di otomotif...


klo misalnya kita make oli yang harganya mahal (tentunya disesuaikan dgn spek kendaraan kita terlebih dahulu)
apa hasil yang didapat (performa mesin) sesuai dgn harga oli yg mst kita bayar..
trus pemilihan oli yang tepat bisa bikin bbm jadi irit ga?

mohon pencerahannya ya juragan...
iloveindonesia
Fr3Nc3 L10n - 11/10/2010 07:49 PM
#43

Quote:
Original Posted By oranj3
ikut nimbrung gan...
masih rada buta ni gan di otomotif...


klo misalnya kita make oli yang harganya mahal (tentunya disesuaikan dgn spek kendaraan kita terlebih dahulu)
apa hasil yang didapat (performa mesin) sesuai dgn harga oli yg mst kita bayar..
trus pemilihan oli yang tepat bisa bikin bbm jadi irit ga?

mohon pencerahannya ya juragan...
iloveindonesia


Nubitol Bantu jawab ah....


Harga mahal belum tentu bagus
begitu juga harga murah belum tentu jelek
karena tergantung merk (dlm hal ini additive yg ditambahkan pabrikan), karakter mesin dan tahun pembuatan mobil (yg terakhir kalau mobil kita mobil yg diatas 5 taun)

misal untuk mobil baru mobil kita spek kekentalan nya 10W40 dan spek quality nya min. SL
kalau kita sesuai spek (10W40 SL) akan membuat mesin std efisien
nah gimana klo spek nya di upgrade misal jadi 10W40 SM akan jadi lebih efisien lagi karena additive nya jauh lebih bagus daripada yg SL
atau kita ganti kekentalan nya dari 10W40 ke 5W40 dengan spek quality sama (SL dengan SL atau SM dengan SM)
mesin akan terasa lebih ringan karena 5W40 lebih encer bila dibandingkan dengan 10W40

nah untuk mobil yang di atas 5 taun, pemakaian oli apa saja yang dimasukkan ke mesin mobil tentunya tidaklah sama. Bisa jadi beragam jenis dan merek oli telah digunakan untuk melumasi komponen-komponen mesin tersebut. Karakteristik tiap jenis dan merek oli berbeda sesuai dengan komposisi kimia didalamnya. Perbedaan karateristik inilah yang sedikit banyak berpengaruh pada proses keausan komponen mesin. Akibatnya tiap jenis oli menimbulkan tingkat keausan yang berbeda-beda untuk akumulasi waktu yang cukup lama. Inilah yang membuat kondisi keausan komponen setiap mesin akan berbeda-beda.

Konsekuensi dari keausan komponen mesin adalah pada pemilihan oli yang tepat untuk mesin tersebut. Nah, disinilah yang menjadi tantangan untuk merawat mesin mobil/motor kita dengan tepat.
Untuk pemilik mobil/motor lama, mau tidak mau perlu mencoba-coba oli dari berbagai jenis dan merek untuk mesin mobil/motor kita sampai didapat jenis dan merek yang tepat.
Jadi kita tidak bisa mendengarkan begitu saja pendapat teman yang merekomendasi oli tertentu untuk mobil/motor kita karena toh kondisi mesin kita pastinya berbeda dengan mesin teman kita.

misal mobil si A memakai oli merek XXX jenis 10w40 dan si A merasakan mesinnya bekerja baik, halus dan responsif, sementara ketika mobil yang sama milik si B diisi oli yang sama malah berbunyi tik-tik-tik-tik yang berasal dari bunyi HLA (Hydraulic Lash Adjuster) dan Rocker-Arm.
Disini menunjukkan tingkat keausan pada komponen HLA dan Rocker-Arm pada mobil si B lebih tinggi ketimbang mobil si A walaupun jenis dan tahun keluarannya sama.
jadi jangan salahkan merk.........

pemilihan oli yang tepat bisa bikin bbm jadi irit ga?

Karena oli yg tepat membuat mesin menjadi optimal sehingga di gas sedikit pun akan berakselerasi cepat, kalau kaki kita dapat beradaptasi, mobil akan irit BBM,
tapi kalau kita pengen ngebut2 terus, karena akselerasi meningkat, ya tentu tidak ada pengaruh nya ke BBM atau makin boros....


CMIIW......
levelmotorworks - 12/10/2010 12:51 AM
#44

Quote:
Original Posted By Fr3Nc3 L10n
IMHO, beda lho kualitas oli kerang sekarang sama oli kerang jaman nya plus, super, red
ane ngerasa klo oli kerang (HX-series) ada penurunan kualitas
yg masih bagus tinggal yang ultra aja.........


setuju.... emang beda kualitasnya.... kalo ultra is the best.... ane pake buat s-class ane.hehehe

Quote:
Original Posted By Fr3Nc3 L10n
Nubitol Bantu jawab ah....


Harga mahal belum tentu bagus
begitu juga harga murah belum tentu jelek
karena tergantung merk (dlm hal ini additive yg ditambahkan pabrikan), karakter mesin dan tahun pembuatan mobil (yg terakhir kalau mobil kita mobil yg diatas 5 taun)

misal untuk mobil baru mobil kita spek kekentalan nya 10W40 dan spek quality nya min. SL
kalau kita sesuai spek (10W40 SL) akan membuat mesin std efisien
nah gimana klo spek nya di upgrade misal jadi 10W40 SM akan jadi lebih efisien lagi karena additive nya jauh lebih bagus daripada yg SL
atau kita ganti kekentalan nya dari 10W40 ke 5W40 dengan spek quality sama (SL dengan SL atau SM dengan SM)
mesin akan terasa lebih ringan karena 5W40 lebih encer bila dibandingkan dengan 10W40

nah untuk mobil yang di atas 5 taun, pemakaian oli apa saja yang dimasukkan ke mesin mobil tentunya tidaklah sama. Bisa jadi beragam jenis dan merek oli telah digunakan untuk melumasi komponen-komponen mesin tersebut. Karakteristik tiap jenis dan merek oli berbeda sesuai dengan komposisi kimia didalamnya. Perbedaan karateristik inilah yang sedikit banyak berpengaruh pada proses keausan komponen mesin. Akibatnya tiap jenis oli menimbulkan tingkat keausan yang berbeda-beda untuk akumulasi waktu yang cukup lama. Inilah yang membuat kondisi keausan komponen setiap mesin akan berbeda-beda.

Konsekuensi dari keausan komponen mesin adalah pada pemilihan oli yang tepat untuk mesin tersebut. Nah, disinilah yang menjadi tantangan untuk merawat mesin mobil/motor kita dengan tepat.
Untuk pemilik mobil/motor lama, mau tidak mau perlu mencoba-coba oli dari berbagai jenis dan merek untuk mesin mobil/motor kita sampai didapat jenis dan merek yang tepat.
Jadi kita tidak bisa mendengarkan begitu saja pendapat teman yang merekomendasi oli tertentu untuk mobil/motor kita karena toh kondisi mesin kita pastinya berbeda dengan mesin teman kita.

misal mobil si A memakai oli merek XXX jenis 10w40 dan si A merasakan mesinnya bekerja baik, halus dan responsif, sementara ketika mobil yang sama milik si B diisi oli yang sama malah berbunyi tik-tik-tik-tik yang berasal dari bunyi HLA (Hydraulic Lash Adjuster) dan Rocker-Arm.
Disini menunjukkan tingkat keausan pada komponen HLA dan Rocker-Arm pada mobil si B lebih tinggi ketimbang mobil si A walaupun jenis dan tahun keluarannya sama.
jadi jangan salahkan merk.........

pemilihan oli yang tepat bisa bikin bbm jadi irit ga?

Karena oli yg tepat membuat mesin menjadi optimal sehingga di gas sedikit pun akan berakselerasi cepat, kalau kaki kita dapat beradaptasi, mobil akan irit BBM,
tapi kalau kita pengen ngebut2 terus, karena akselerasi meningkat, ya tentu tidak ada pengaruh nya ke BBM atau makin boros....


CMIIW......


mantap neh.... ane masukin halaman 1 yah....
levelmotorworks - 12/10/2010 09:11 AM
#45

Naekin dulu ah biar banyak yang baca....
jmapaliey - 12/10/2010 09:50 AM
#46

Quote:
Original Posted By Fr3Nc3 L10n
IMHO, beda lho kualitas oli kerang sekarang sama oli kerang jaman nya plus, super, red
ane ngerasa klo oli kerang (HX-series) ada penurunan kualitas
yg masih bagus tinggal yang ultra aja.........


mgkn bukan penurunan kualitas om...tp engine hour (not km) mobil di jalan lebih lama krna kejebak macet, yg otomatis kerja oli makin berat...jdnya berasa kualitas oli lebih cepat menurun dibanding sebelumnya.
Fr3Nc3 L10n - 12/10/2010 10:22 AM
#47

Quote:
Original Posted By jmapaliey
mgkn bukan penurunan kualitas om...tp engine hour (not km) mobil di jalan lebih lama krna kejebak macet, yg otomatis kerja oli makin berat...jdnya berasa kualitas oli lebih cepat menurun dibanding sebelumnya.


Ane pake si kerang udh lumayan lama.......dulu ane termasuk pengguna setianya
lagipula klo masalah macet sih ane pake mobil nya sehari jalannya
pemula.kaskus - 12/10/2010 10:23 AM
#48

Quote:
Original Posted By jmapaliey
mgkn bukan penurunan kualitas om...tp engine hour (not km) mobil di jalan lebih lama krna kejebak macet, yg otomatis kerja oli makin berat...jdnya berasa kualitas oli lebih cepat menurun dibanding sebelumnya.


saya setuju dengan om.... jakarta skrng dimna2 macet... jadi kualitas oli lebih cepat menurun padahal km baru sedikit....
putradbm - 12/10/2010 03:36 PM
#49

Diskusi mengenai oli, menarik nih

Nah, ane pengen tanya nih, master2 disini,
ane pake mobil Chevrolet Optra, tahun 2005, menurut manual booknya , cukup pake oli 10W-40 minimum SL.

Namun beberapa waktu yang lalu ane membeli olie Petro canada, Supreme Synthetycs (100% synthetycs) SM/CF , 5W-30

Pertanyaannya, kalau ane ganti dari yang biasanya Total TQ 7000 (10W-40), menjadi Petro canada (5W-30), bahaya gak buat mesin ane nih?

Mohon pencerahan...

terima kasih..
D13U - 12/10/2010 06:24 PM
#50

Quote:
Original Posted By putradbm
Diskusi mengenai oli, menarik nih

Nah, ane pengen tanya nih, master2 disini,
ane pake mobil Chevrolet Optra, tahun 2005, menurut manual booknya , cukup pake oli 10W-40 minimum SL.

Namun beberapa waktu yang lalu ane membeli olie Petro canada, Supreme Synthetycs (100% synthetycs) SM/CF , 5W-30

Pertanyaannya, kalau ane ganti dari yang biasanya Total TQ 7000 (10W-40), menjadi Petro canada (5W-30), bahaya gak buat mesin ane nih?

Mohon pencerahan...

terima kasih..


ane coba jawab neh....
kalo menurut ane apabila di buku manual disarankan oli dengan SAE 10w-40 seperti yang anda bilang lebih baik diikuti saja....
alasannya sang pencipta dan yang mendesain mesin mobilnya pasti sudah sangat memperhitungkan alasan mengapa SAE segitu yang bagus untuk mobilnya, karna yang buat mesinnya adalah ilmuwan2 yang punya data2 presisi pada mesin ciptaannya...
untuk masalah bahaya atau tidak seh ane ga berani comment... tergantung mobilnya soalnya.... kaya pengalaman ane pake kijang kapsul ketika ane coba pake oli 5w-30 tuh emang larinya jadi enteng cuma suara mesinnya jadi berisik, jadi ane kembali ke SAE standard aja.... kalo merk relatif yah...
Fr3Nc3 L10n - 12/10/2010 06:31 PM
#51

Quote:
Original Posted By putradbm
Diskusi mengenai oli, menarik nih

Nah, ane pengen tanya nih, master2 disini,
ane pake mobil Chevrolet Optra, tahun 2005, menurut manual booknya , cukup pake oli 10W-40 minimum SL.

Namun beberapa waktu yang lalu ane membeli olie Petro canada, Supreme Synthetycs (100% synthetycs) SM/CF , 5W-30

Pertanyaannya, kalau ane ganti dari yang biasanya Total TQ 7000 (10W-40), menjadi Petro canada (5W-30), bahaya gak buat mesin ane nih?

Mohon pencerahan...

terima kasih..


menurut ane sih sah2 aja pake yg 5W-30
plus nya tarikan jadi enteng
minus nya penguapan nya jadi lebih banyak

Quote:
Original Posted By D13U
ane coba jawab neh....
kalo menurut ane apabila di buku manual disarankan oli dengan SAE 10w-40 seperti yang anda bilang lebih baik diikuti saja....
alasannya sang pencipta dan yang mendesain mesin mobilnya pasti sudah sangat memperhitungkan alasan mengapa SAE segitu yang bagus untuk mobilnya, karna yang buat mesinnya adalah ilmuwan2 yang punya data2 presisi pada mesin ciptaannya...
untuk masalah bahaya atau tidak seh ane ga berani comment... tergantung mobilnya soalnya.... kaya pengalaman ane pake kijang kapsul ketika ane coba pake oli 5w-30 tuh emang larinya jadi enteng cuma suara mesinnya jadi berisik, jadi ane kembali ke SAE standard aja.... kalo merk relatif yah...


Nah ini salah salah satu ciri2 klo oli nya gak cocok.......

ada tambahan tips nih

Indikator umum jika oli cocok dengan mesin kita adalah:
1. Suara mesin yang halus
2. Putaran mesin yang ringan dan responsif
3. Suhu mesin stabil
4. Penguapan oli yang minim

Ketika kita baru membeli mobil bekas yang cukup berumur (5 tahun lebih), yang perlu kita lakukan berkaitan dengan oli (oil) adalah:
1. Engine Oil Flush: Menguras oli dan kotoran-kotoran di dalam mesin dengan cairan khusus (Engine Flush) sebelum mengganti oli.
2. Ganti Filter Oli: Gantilah filter oli dengan filter oli yang orisinil.
3. Ganti Oli: Pilihlah oli yang baik.
4. Transmission Oil Flush: Kuras dan ganti dengan oli transmisi baru yang disarankan pabrik.
5. Powersteering Oil Flush: Kuras dan ganti oli powersteering (misalnya: Dextron III, dst)
6. Brake Oil Flush: Kuras dan ganti oli rem (misalnya: DOT3 atau DOT4)
7. Transmission Clutch Oil Flush: Kuras dan ganti oli kopling (misalnya: DOT3 atau DOT 4).
levelmotorworks - 12/10/2010 10:49 PM
#52

Quote:
Original Posted By Fr3Nc3 L10n
menurut ane sih sah2 aja pake yg 5W-30
plus nya tarikan jadi enteng
minus nya penguapan nya jadi lebih banyak



Nah ini salah salah satu ciri2 klo oli nya gak cocok.......

ada tambahan tips nih

Indikator umum jika oli cocok dengan mesin kita adalah:
1. Suara mesin yang halus
2. Putaran mesin yang ringan dan responsif
3. Suhu mesin stabil
4. Penguapan oli yang minim

Ketika kita baru membeli mobil bekas yang cukup berumur (5 tahun lebih), yang perlu kita lakukan berkaitan dengan oli (oil) adalah:
1. Engine Oil Flush: Menguras oli dan kotoran-kotoran di dalam mesin dengan cairan khusus (Engine Flush) sebelum mengganti oli.
2. Ganti Filter Oli: Gantilah filter oli dengan filter oli yang orisinil.
3. Ganti Oli: Pilihlah oli yang baik.
4. Transmission Oil Flush: Kuras dan ganti dengan oli transmisi baru yang disarankan pabrik.
5. Powersteering Oil Flush: Kuras dan ganti oli powersteering (misalnya: Dextron III, dst)
6. Brake Oil Flush: Kuras dan ganti oli rem (misalnya: DOT3 atau DOT4)
7. Transmission Clutch Oil Flush: Kuras dan ganti oli kopling (misalnya: DOT3 atau DOT 4).


wah si bro paham bener neh ama perawatan mobil. makasih loh dah bagi2 ilmunya disini...
Fr3Nc3 L10n - 12/10/2010 11:15 PM
#53

Quote:
Original Posted By levelmotorworks
wah si bro paham bener neh ama perawatan mobil. makasih loh dah bagi2 ilmunya disini...


he...he...he......
jadi malu:malu:malu:

sekedar berbagi pengalaman aja...........
levelmotorworks - 13/10/2010 12:29 AM
#54

Quote:
Original Posted By Fr3Nc3 L10n
he...he...he......
jadi malu:malu:malu:

sekedar berbagi pengalaman aja...........


ane naikin lagi ah.... biar makin rame dan bermanfaat threatnya...
levelmotorworks - 13/10/2010 08:54 AM
#55

selamat pagi kaskusers.... ayo baca2 dan diskusi disini....
SSR.Type.C - 13/10/2010 08:54 AM
#56

nice info gan..thumbup:
putradbm - 13/10/2010 12:38 PM
#57

Terima kasih atas pendapat-pendapatnya gan

Ane juga akhirnya bertanya sama ahli-ahli oli, baik dari penjual oli maupun dari teknisi bengkel-bengkel...

Sekedar shering ilmu yang ane denger nih...katanya :

Untuk mobil yang sudah berumur (5 tahun keatas), apalagi yang menggunakan oli standart serta belum pernah di flush, maka sebaiknya berhati-hati menggunakan/mengganti oli dengan spek yang lebih tinggi apalagi dengan yang full synthetics, maksudnya bila kita gunakan olie yang bagus itu, maka kerak-kerak dan kotoran di dalam mesin akan rontok semua karena olie full synthetics yang bagus jg mengandung bahan pembersih kerak mesin. akibatnya oli akan cepat kotor sehingga untuk penggunaan pertama (menggunakan olie bagus), sebaiknya 5000km, diganti meskipun olie itu memang bisa digunakan sampai 10.000 atau lebih.

Nah untuk penggunaan kedua, baru deh, umur olie bisa lebih panjang, sesuai claim si penjual oli, karena kerak-kerak dan kotoran mesin sudah terbuang pada saat penggunaan olie yang pertama.

Untuk kasus saya, yang berniat menggunakan olie 5w-30. Direkomendasikan untuk menggunakan 10w-40 dulu sebanyak 5000km x 2, baru ppindah ke 5w-30, itupun dengan syarat bahwa 5w-30 nya harus olie yang benar2 berkualitas tinggi , kalau enggak mesin bisa jebol, karena lapisan pelindungnya sangat tipis apalagi saat panas.

demikian bro, rangkuman info yang saya denger. kalau rangkumannya ada kesalahan, monggo untuk dikoreksi, maklum oendapat yang saya dengar banyak dan bermacam2, saya cuma ambil garis besarnya saja.

sip...
levelmotorworks - 13/10/2010 03:52 PM
#58

Quote:
Original Posted By putradbm
Terima kasih atas pendapat-pendapatnya gan

Ane juga akhirnya bertanya sama ahli-ahli oli, baik dari penjual oli maupun dari teknisi bengkel-bengkel...

Sekedar shering ilmu yang ane denger nih...katanya :

Untuk mobil yang sudah berumur (5 tahun keatas), apalagi yang menggunakan oli standart serta belum pernah di flush, maka sebaiknya berhati-hati menggunakan/mengganti oli dengan spek yang lebih tinggi apalagi dengan yang full synthetics, maksudnya bila kita gunakan olie yang bagus itu, maka kerak-kerak dan kotoran di dalam mesin akan rontok semua karena olie full synthetics yang bagus jg mengandung bahan pembersih kerak mesin. akibatnya oli akan cepat kotor sehingga untuk penggunaan pertama (menggunakan olie bagus), sebaiknya 5000km, diganti meskipun olie itu memang bisa digunakan sampai 10.000 atau lebih.

Nah untuk penggunaan kedua, baru deh, umur olie bisa lebih panjang, sesuai claim si penjual oli, karena kerak-kerak dan kotoran mesin sudah terbuang pada saat penggunaan olie yang pertama.

Untuk kasus saya, yang berniat menggunakan olie 5w-30. Direkomendasikan untuk menggunakan 10w-40 dulu sebanyak 5000km x 2, baru ppindah ke 5w-30, itupun dengan syarat bahwa 5w-30 nya harus olie yang benar2 berkualitas tinggi , kalau enggak mesin bisa jebol, karena lapisan pelindungnya sangat tipis apalagi saat panas.

demikian bro, rangkuman info yang saya denger. kalau rangkumannya ada kesalahan, monggo untuk dikoreksi, maklum oendapat yang saya dengar banyak dan bermacam2, saya cuma ambil garis besarnya saja.

sip...


sebaiknya di engine flush dulu supaya kerak di dalam mesin terbuang... abis itu baru ganti yang full syntetic... tapi kalo saran saya jangan yang terlalu encer seperti 5w-30. lebih baik menggunakan yang 5w-40 atau 5w-50 sekalian biar ga kasar suaranya.... karna sistem pelumasannya jauh lebih baik dari yang 5w-30.
apppe - 13/10/2010 05:23 PM
#59

gan mobil ane civic nouva '91
selama ini ane pake castrol magnatec.. cocok ga sih gan?
tokok2000 - 13/10/2010 06:34 PM
#60

Menurut ane kalau mau milih oli yang bagus pertama liat tingakatan API service nya dulu (kalo standar jepang makenya JASO)...
saat ini yg paling bagus API SM (untuk bensin)...
sedangkan kekentalan atau SAE juga penting,
contoh 0W - 30 dan 10W - 30 berbedanya di tingkat ke-enceran oli pada suhu dingin (kalau ga salah di 0 derajat celcius). sedangkan tingkt kekentalan pada suhu panas sama saja...
dari hasil testing pribadi ane, kalau pakai oli yang lebih kental.... suhu nya tidak cepet panas... tapi ya gt deh... tarikan nya rada boyo dikit \)
Page 3 of 43 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda