Kendaraan Roda 4
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
Total Views: 37567 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 33 of 43 | ‹ First  < 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 >  Last ›

croocklyn - 21/04/2012 02:48 PM
#641

buat kondisi jalanan Surabaya yg puanas nya minta ampun oli mesin yg lumayan gk cepet nguap n stabil di mesin apa ya?saya pake Lancer CB4 th94..apakah cukup dengan ber type semi syntetic ato harus full ya bro?
mfuad - 21/04/2012 06:01 PM
#642

Quote:
Original Posted By croocklyn
buat kondisi jalanan Surabaya yg puanas nya minta ampun oli mesin yg lumayan gk cepet nguap n stabil di mesin apa ya?saya pake Lancer CB4 th94..apakah cukup dengan ber type semi syntetic ato harus full ya bro?


Ini yg punya thread mana yak, Ane terus yg jawab..nih he2.. ga pa2 deh!
Kalo mobil lama pake yg 20w50 gan kode API dibawah SJ. Mending pake mineral atau yg semi GAn. Pake Sintetis , gak terlalu signifikan buat mobil lama.
Gini gan rusaknya oli ada 2. :
1. akibat efek gesekan komponen bergerak
2. Akibat masuknya kontaminan.
Untuk mobil lama yg no.2 ini yg riskan. Longgarnya celah antar komponen pd mobil lama berpotensi pada masuknya bahan bakar ke oli mesin. apalgi kalo oli yg dipake encer. Bahan bakr yg masuk ke dalam oli akan menghancurkan aditif oli mesin. Ga peduli sintetik atau mineral kalo kontaminan dah masuk dlam oli akan menurun mutunya secara drastis. max. bbm ada dalam oli mesin sekitar 5%. Makanya saya lebih nyaranin pake yg semi ataw yg minerl.
Gitu gan!

dimasbgs - 23/04/2012 08:41 PM
#643

coba membaca kembali hal 1 ane jadi galau nih, hehe

Quote:
Original Posted By levelmotorworks
umur oli itu sebetulnya sama aja, kira2 10ribu atau lebih pada oli2 "super". tapi patut diketahui yang namanya berkendara di Jakarta identik dengan yang namanya macet. nah pas macet2an itulah terjadi degradasi oli yang se parah-parahnya!


kok berlawanan dengan :
Quote:
Original Posted By levelmotorworks

2. Oli modern (oli sintetik dan semi sintetik) pada umumnya mempunyai TBN >8,0 mgKOH/gr, secara teoritis mampu melayani kendaraan sampai 28.000 km.
3. Memperpanjang durasi penggantian oli minimum 10.000 km sesuai BPKB, baru menggunakan 30% dari seluruh potensi oli.
4. Konsep penggantian oli tiap 5000 km sudah tidak realistis, selain membuang uang sia-sia, kita harus peduli lingkungan, limbah oli merupakan limbah B3.



mana yg jadi acuan ganti oli sesuai BPKB 5000km-10.000km (karena terjadi degradasi oli yang se parah-parahnya! atau bahkan sampai 28rb km (krn kita harus peduli lingkungan, limbah oli merupakan limbah B3)?
mfuad - 25/04/2012 10:43 AM
#644

Quote:
Original Posted By dimasbgs
coba membaca kembali hal 1 ane jadi galau nih, hehe



kok berlawanan dengan :



mana yg jadi acuan ganti oli sesuai BPKB 5000km-10.000km (karena terjadi degradasi oli yang se parah-parahnya! atau bahkan sampai 28rb km (krn kita harus peduli lingkungan, limbah oli merupakan limbah B3)?


Patokan drain interval baiknya dilihat dr jenis olinya:

Sebenarnya simpel aja patokannya:
- Oli mineral: dipake sekitar4000-an km
-semisintetis: 7000-8000 km
-sintetisk: macem2 ada yg 10 rb, ada yg 20 rb ada yg lebih dr itu
tergantung merk.
gitu gan. Utk mengetahui secra detil drain intervl suatu oli , dipake uji "road test". Kisaran yg sya sebutkan adalh hasil uji Road Test oli yg diapke, innova, panther , kijang kapsul dan zebra. Mobil lain ya Beti-lah..
kalo motor ..?
mfuad
dimasbgs - 26/04/2012 03:55 AM
#645

Quote:
Original Posted By mfuad
Patokan drain interval baiknya dilihat dr jenis olinya:

Sebenarnya simpel aja patokannya:
- Oli mineral: dipake sekitar4000-an km
-semisintetis: 7000-8000 km
-sintetisk: macem2 ada yg 10 rb, ada yg 20 rb ada yg lebih dr itu
tergantung merk.
gitu gan. Utk mengetahui secra detil drain intervl suatu oli , dipake uji "road test". Kisaran yg sya sebutkan adalh hasil uji Road Test oli yg diapke, innova, panther , kijang kapsul dan zebra. Mobil lain ya Beti-lah..
kalo motor ..?
mfuad


sip gan fuad, atu lagi gan fastron gold yg kapan itu diuji pake 4tuner keliling dunia apa agan punya data hasil road testnya, penasaran ane gan, bagus gak ya hasilnya, kalau oke ane mau pake, bantu-bantu gunain produk dalam negeri lah terlepas hasilnya dikorupsi rame2, terserah aja yang penting nasionalis harus tetap terjaga, hehe
sosrotadi - 26/04/2012 08:21 AM
#646
Arti SAE 10 W 40
membaca ttg spek oli SAE 10W 40 ane jadi binun bos,jika merunut dg rumus yg diberikan,maka jika winter setara dgn SAE 10 jika panas setara dg SAE 40
padahal dgn makin tinggi SAE oli makin kental, plus sifat alami hidrocarbon,makin tinggi suhu maka oli akan makin encer.
koq bisa ya suhu makin tinggi, oli malah makin kental.apakah itu krn fungsi additivenya
Jika makin tinggi suhu dia bisa sampai SAE 40....syeeet dah ane gak kebayang SAE 40 itu kentalnya spt apa,itu jika dilihat visual monograde SAE 40.
padahal jika suhu makin panas,bayangan ane,keregangan antar parts mestinya makin sempit,mestinya prlu oli yg encer utk bisa nerobos.
liat2 di tempat laen, emang gitu rumusan SAE 10W40
jika liat2 sifat alami hidrocarbon.mestinya 10W40 berarti pada winter dia spt SAE 40,pada panas dia spt SAE 10..itu baru pas dgn sifat alami hidrocarbon atau cairan2 pada umumnya.lain halnya jika itu polimer atau karbohidrat (tepung kanji dikasih air),yg makin panas doi jadi makin kental
zpot14 - 27/04/2012 03:08 PM
#647

setelah membaca forum ini akhirnya ane memutuskan beli mobil1 5w50 di sentra otomotif
thanks for info
mfuad - 28/04/2012 01:06 AM
#648

Quote:
Original Posted By sosrotadi
membaca ttg spek oli SAE 10W 40 ane jadi binun bos,jika merunut dg rumus yg diberikan,maka jika winter setara dgn SAE 10 jika panas setara dg SAE 40
padahal dgn makin tinggi SAE oli makin kental, plus sifat alami hidrocarbon,makin tinggi suhu maka oli akan makin encer.
koq bisa ya suhu makin tinggi, oli malah makin kental.apakah itu krn fungsi additivenya
Jika makin tinggi suhu dia bisa sampai SAE 40....syeeet dah ane gak kebayang SAE 40 itu kentalnya spt apa,itu jika dilihat visual monograde SAE 40.
padahal jika suhu makin panas,bayangan ane,keregangan antar parts mestinya makin sempit,mestinya prlu oli yg encer utk bisa nerobos.
liat2 di tempat laen, emang gitu rumusan SAE 10W40
jika liat2 sifat alami hidrocarbon.mestinya 10W40 berarti pada winter dia spt SAE 40,pada panas dia spt SAE 10..itu baru pas dgn sifat alami hidrocarbon atau cairan2 pada umumnya.lain halnya jika itu polimer atau karbohidrat (tepung kanji dikasih air),yg makin panas doi jadi makin kental


coba gan lihat tabelnya GAn..
Spoiler for Tabel Kode SAE Oli Mesin
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


Kita pahami dulu yg ini : Oli itu memiliki sifat pada suhu dingin akan menjadi kental tetapi pada suhu panas akan menjadi encer.

Ane jelasin mulai bagaimana Oli mesin SAE 10w40 dibuat. Utk membuat oli ini kita butuh Oli dasar dg spek 10w yakni sifat oli kode 10w : oli yg lulus diuji pd uji starter sampai -25 °C dan mampu dialirkan /dipompa dalam mesin sampai -30 c ,(Lihat attch. garis hijau). Oli dg kode satu mis. SAE 10w disebut single grade. Oli ini tahan pd suhu dingin ( tetap encer ) tapi tidak tahan pd suhu panas. Maksudnya pada suhu panas dia sangat encer . Artinya kalau pd suhu mesin tinggi oli ini tidak mampu melindungi mesin secara optimal. Nah Agar tdk encer dan mampu tahan pada suhu panas, maka diberilah aditif penaik angka indeks viskositas (Viscosity index improver) atau pour poin depressant. Aditif ini merupakan aditif polimer, bila kena panas dia menahan oli agar tidak menjadi encer dg meregangkan molekulnya. Bila kena dingin molekulnya kembali ciut. Nah pada suhu panas 100 C Seharusnya oli 10w memiliki kekentalan 4.1 cst tapi dengan tambahan kadar aditif ini pada suhu tsb . bisa menjadi 12.5-16.3 cst. (lihat garis biru) Ini adalah batasan kekntalan utk SAE40 . maka jadilah sekarang oli multigrade SAE10w40. Begitu gan...
Jadi gara2 aditif itu, yang tadinya cuma tahan dingin, oli SAE 10w bisa menjadi tetap kental pada suhu 100 c seperti SAE 40.
mudah2 ga bingung gAn...
mfuad
h4313 - 28/04/2012 08:33 AM
#649

Pak Fuad, mau nanya.
Kalo untuk civic ferio 97 itu bagusnya pake oli mesin SAE berapa ya? maklum beli 2nd dan gak dapet buku manualnya \(
mfuad - 28/04/2012 02:13 PM
#650

Quote:
Original Posted By h4313
Pak Fuad, mau nanya.
Kalo untuk civic ferio 97 itu bagusnya pake oli mesin SAE berapa ya? maklum beli 2nd dan gak dapet buku manualnya \(


Kalo saya rekomendnya SAE 15w40 API Cl4 . Ini senenarnya oli disel tapi komposisinya bagus buat mobil bensin lama. Aditif anti ausnya lebih banyak dari oli bensin API SJ SL SM SN. Biasanya mobil tua butuh aditif anti aus ini. Karena mngurangi friksi dan menambal komponen yg aus. Kalo SAE 10w40 juga bisa. Tarikan enteng , tapi rentan dalam perawatan. DAh Pake sistem HLA -hydraulic lash adjuster?? kalo belum , pake deh SAE 15w40 atau SAE20w50 . KAlo di jakarta ini yg bagus buat perawatan mobil tua.
makasih gan..
mfuad
dimasbgs - 29/04/2012 09:21 PM
#651

agan fuad kalau mesin diesel baru dg commonrail yg cocok SAE brp ya, secara mobil buat jalan luar kota, di jakarta yang macet sesekali aja gan.. saya tertarik yg 10w30 api CI-4 syntethic mantap gak itu gan..tks jawabannya
mfuad - 30/04/2012 12:38 PM
#652

Quote:
Original Posted By dimasbgs
agan fuad kalau mesin diesel baru dg commonrail yg cocok SAE brp ya, secara mobil buat jalan luar kota, di jakarta yang macet sesekali aja gan.. saya tertarik yg 10w30 api CI-4 syntethic mantap gak itu gan..tks jawabannya


Kalo ada yg SAE 5w40 atawa 15w40 Gan. Umumnya kondisi mesin disel idealnya pake SAE ...40. Terutama 15w40..
dimasbgs - 30/04/2012 08:09 PM
#653

Quote:
Original Posted By mfuad
Kalo ada yg SAE 5w40 atawa 15w40 Gan. Umumnya kondisi mesin disel idealnya pake SAE ...40. Terutama 15w40..


tks dah jwb gan fuad,
tapi ane masih penasaran, kan agan bilang angka sebelum huruf W itu kekentalan oli saat mesin dingin (saat start pagi hari misalnya) kan jakarta tropis knapa musti 5W?
ane setuju 15W, tapi belakang huruf W ane dah pake yg 40 (15W40 motul) tarikan berat gan, temen ane pake 5w30 (Q-8) enak enteng bener, cuman mahal karena 5w kan peruntukan di salju saat start tetep encer gak beku begitu pemahaman ane gan, kalau salah mohon dikoreksi terimakasih

jadi ane berharap dengan 10W30 akan lebih murah harganya dibanding 5W30 (merk sama), tapi spec utk udara tropis dapet dan tarikan ringan juga dapet begitu kira2 gan..
bahkan kalau ada 15W30 ane mau coba itu gan
faris1980 - 05/05/2012 06:00 PM
#654

up..up..berdukas
faris1980 - 05/05/2012 06:03 PM
#655

up..Up.. Tret Bagus Banget Neh...:thumbup
faris1980 - 05/05/2012 06:32 PM
#656

Om. Fuad..Tolong Dunk..
Mobil Sya TIMOR SOHC'99 - KM.141.000, di mesin Terdapat HLA (Hydraulic Lash Adjuster),..kira2 untuk mesin dengan kondisi di atas, yang Cocok pake Oli Apa...? Terakhir sya Pakai T*T*L Quartz 7000 SAE 10-40..apakah Maksimal perlindunganya dengan Oli Jenis itu..,MOHON..PENCERAHANYA..
juliusstephian - 06/05/2012 11:24 PM
#657

bro mau nanya dunk, kalo mitsubishi kuda grandia 2000 cc manual tahun 2002 cocok pakai oli apa ya? yg sekarang dipake itu shell hx3, tp tarikannya berat, terus suara mesinnya juga kasar... bagusan pakai apa ya om? motul gimana? SAE berapa? mohon pencerahannya om... di pm juga mau banget om..malu
mfuad - 07/05/2012 02:11 AM
#658

Quote:
Original Posted By faris1980
Om. Fuad..Tolong Dunk..
Mobil Sya TIMOR SOHC'99 - KM.141.000, di mesin Terdapat HLA (Hydraulic Lash Adjuster),..kira2 untuk mesin dengan kondisi di atas, yang Cocok pake Oli Apa...? Terakhir sya Pakai T*T*L Quartz 7000 SAE 10-40..apakah Maksimal perlindunganya dengan Oli Jenis itu..,MOHON..PENCERAHANYA..

Coba liat grafiknya Gan
Spoiler for GRAFIK TOTAL QUARTZ7000 SAE10W40
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


dan sifat karaktersitiknya
Spoiler for Sifat karakteristik TOTAL QUARTZ7000 SAE10W40
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda

Oli Total ini semisintetik. Kalo liat visk. indeks lumayan bagus.
Saya ga begitu tau kondisi mesin Agan. Kalo masih bagus biasanya pake yg ini 10w40 . bisa juga lternatif SAE15w40, tapi Kalo terdengar bunyi tik..tik,...pd valve. berarti Pake yang 10w40. Ada juga yg HLA nya relatif longgar holenya, jadi bisa yg lebih kental dr 10w40


Quote:
Original Posted By juliusstephian
bro mau nanya dunk, kalo mitsubishi kuda grandia 2000 cc manual tahun 2002 cocok pakai oli apa ya? yg sekarang dipake itu shell hx3, tp tarikannya berat, terus suara mesinnya juga kasar... bagusan pakai apa ya om? motul gimana? SAE berapa? mohon pencerahannya om... di pm juga mau banget om..malu


Sebenarnya kalo MVP minibus cocoknya yg relatif kental Gan. Paling encer 15w40 lah. beban berat , dan kondisi Severe Serrvice biasanya riskan utk mobil ini kalo pake oli encer. apalagi macet. Mesin kasar bisa jadi olinya berkurang drastis dan dah jadi encer ..maklum mineral. Tapi pake oli encer bisa jadi lebih kasar lagi..
Gitu gan..
mfuad
tomsquare - 07/05/2012 07:25 AM
#659

Keren dah gan... Memberikan ane cukup referensi...

:2thumbup
MraZz - 07/05/2012 05:14 PM
#660

sore agan2
mau numpang tanya nih

nubie bingung ama rekomendasi pabrikan
kayanya mobil sebelum taun 2005 dimanual tertulis ganti oli tiap 5000 km
nah sekarang 2005-... dimanual ditulis ganti oli tiap 10rb km (beberapa merk)

nah yang mau saya tanyakan, dasarnya apa ya?
apa karena mobil2 yang lebih baru komponen2nya sudah didesain untuk kuat ganti oli tiap 10rb km
atau karena mungkin, cuma gara2 atpm gak sekolot dulu, jadi oli mesin dianggap kuat sampe 10rb km
mohon pencerahannya gan

btw mobil gw swift taun 2006, bagus pake 5w30 ato 10w40?
sekarang si pake fastron 10w40 (btw fastron tu bagus gak si hehe)

thanks
Page 33 of 43 | ‹ First  < 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda