Kendaraan Roda 4
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
Total Views: 37567 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 35 of 43 | ‹ First  < 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 >  Last ›

dimasbgs - 28/05/2012 08:47 AM
#681

akhirnya ktemu lagi trit ini stelah kaskus berubah ke www.kaskus.com
sifuyono - 29/05/2012 10:15 AM
#682

ada yg pernah compare shell helix ultra vs castrol edge?

ane lg mau coba castrol edge

thanks
juanaxel - 29/05/2012 07:41 PM
#683

Quote:
Original Posted By sifuyono
ada yg pernah compare shell helix ultra vs castrol edge?

ane lg mau coba castrol edge

thanks


Setau ane shell ultra 5w40 MB229,5 kalo Castrol Edge 5w40 masi MB229,3 ya bro. Pastikan beli oli yg asli aja bro. Di shop n drive ada promo shell helix ultra 5w40 135rb/Liter minimal pembelian 4liter dan penggantian oli di sana.
Kalo mau enak lagi ada Mobil1 0w40 bro.
sifuyono - 30/05/2012 05:18 PM
#684

Quote:
Original Posted By juanaxel
Setau ane shell ultra 5w40 MB229,5 kalo Castrol Edge 5w40 masi MB229,3 ya bro. Pastikan beli oli yg asli aja bro. Di shop n drive ada promo shell helix ultra 5w40 135rb/Liter minimal pembelian 4liter dan penggantian oli di sana.
Kalo mau enak lagi ada Mobil1 0w40 bro.


ohhh bti msh lbh bagus shell helix ultra bti ya?
wow173 - 31/05/2012 08:30 PM
#685

Quote:
Original Posted By juanaxel
Setau ane shell ultra 5w40 MB229,5 kalo Castrol Edge 5w40 masi MB229,3 ya bro. Pastikan beli oli yg asli aja bro. Di shop n drive ada promo shell helix ultra 5w40 135rb/Liter minimal pembelian 4liter dan penggantian oli di sana.
Kalo mau enak lagi ada Mobil1 0w40 bro.


ini kayaknya bau promo ya?

ane masih bingung sama oli yang SAE 0w-xx

itu oli encer banget, hampir kyk air, sama sirup fra*****n aja kalah kentel

bukannya untuk mobil spek tropis di kasih oli macam itu terlalu encer buat iklim di indonesia?
juanaxel - 02/06/2012 04:44 PM
#686

Quote:
Original Posted By wow173
ini kayaknya bau promo ya?

ane masih bingung sama oli yang SAE 0w-xx

itu oli encer banget, hampir kyk air, sama sirup fra*****n aja kalah kentel

bukannya untuk mobil spek tropis di kasih oli macam itu terlalu encer buat iklim di indonesia?


Oli2 multigrade kayak 0w30, 0w40, 0w50 itu dualisme gan. Kalo mesin dingin(sae 0w), oli tersebut mudah di pompa ke seluruh penjuru mesin, memperingan kerja pompa oli, mengurangi keausan pada saat cold start krn lebih menempel dibanding oli mineral(biasanya sae 20w50, 15w50, 15w40) maupun semi synthetic (biasanya 15w40, 10w40)
Kalo mesin panas berubah menjadi kental.
Kalo ane sih prefer yg full synthetik ya bro, kalo udah tau rasanya full synthetic ogah balik lagi ke mineral oil atau semi synthetic oil.
Maaf ane bukan bermaksud promosi, ane cuman mau sharing aja kalo di Shop&Drive ada promo menarik. Krn hampir setiap hari ane liat spanduk dan di SMS oleh Shop&Drive.
mfuad - 03/06/2012 01:21 AM
#687

Quote:
Original Posted By juanaxel


Setau ane shell ultra 5w40 MB229,5 kalo Castrol Edge 5w40 masi MB229,3 ya bro. Pastikan beli oli yg asli aja bro. Di shop n drive ada promo shell helix ultra 5w40 135rb/Liter minimal pembelian 4liter dan penggantian oli di sana.
Kalo mau enak lagi ada Mobil1 0w40 bro.


Quote:
Original Posted By juanaxel


Oli2 multigrade kayak 0w30, 0w40, 0w50 itu dualisme gan. Kalo mesin dingin(sae 0w), oli tersebut mudah di pompa ke seluruh penjuru mesin, memperingan kerja pompa oli, mengurangi keausan pada saat cold start krn lebih menempel dibanding oli mineral(biasanya sae 20w50, 15w50, 15w40) maupun semi synthetic (biasanya 15w40, 10w40)
Kalo mesin panas berubah menjadi kental.
Kalo ane sih prefer yg full synthetik ya bro, kalo udah tau rasanya full synthetic ogah balik lagi ke mineral oil atau semi synthetic oil.
Maaf ane bukan bermaksud promosi, ane cuman mau sharing aja kalo di Shop&Drive; ada promo menarik. Krn hampir setiap hari ane liat spanduk dan di SMS oleh Shop&Drive;.


coba deh liat yg ini, kayaknya uji ini relevan dg pertanyaan agan2..

Spoiler for uji keausan komponen macam2 keenceran dan jenis oli
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


dan ini satu lagi

Spoiler for uji keausan komponen macam2 keenceran dan jenis oli
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


satu lagi...
Spoiler for uji keausan komponen macam2 keenceran dan jenis oli
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


uji diatas ini menunjukkan bahwa keenceran oli tdk selalu menentukan dalam melindungi komponen mesin secara baik. Begitu pula dengan jenis oli. Aditif oli disni lebih berpengaruh dalam melindungi komponen mesin.
uji diatas adalah uji keausan komponen saat ditekan diputar dan sebelumnya dilumuri oli yg diuji. Semakin growak komponen semakin jelek olinya dalam melindungi mesin. gtu gan..
maaf ya gan, merknya pd nongol (sy bukan bagian promosi merk2 ini), abis fakta ujinya memang begitu gan..
makasih gan
juanaxel - 03/06/2012 09:37 PM
#688

Quote:
Original Posted By mfuad
coba deh liat yg ini, kayaknya uji ini relevan dg pertanyaan agan2..

Spoiler for uji keausan komponen macam2 keenceran dan jenis oli
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


dan ini satu lagi

Spoiler for uji keausan komponen macam2 keenceran dan jenis oli
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


satu lagi...
Spoiler for uji keausan komponen macam2 keenceran dan jenis oli
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


uji diatas ini menunjukkan bahwa keenceran oli tdk selalu menentukan dalam melindungi komponen mesin secara baik. Begitu pula dengan jenis oli. Aditif oli disni lebih berpengaruh dalam melindungi komponen mesin.
uji diatas adalah uji keausan komponen saat ditekan diputar dan sebelumnya dilumuri oli yg diuji. Semakin growak komponen semakin jelek olinya dalam melindungi mesin. gtu gan..
maaf ya gan, merknya pd nongol (sy bukan bagian promosi merk2 ini), abis fakta ujinya memang begitu gan..
makasih gan

maaf ya bro mfuad bukannya oli multigrade(0w-40, 5w40) harus pada suhu panas untuk mencapai kekentalan sae 40. kalo testnya pakai suhu ruangan kurang pas aja ya, krn pada suhu ruangan oli multigrade ow40 akan encer.
mfuad - 04/06/2012 12:21 AM
#689

Quote:
Original Posted By juanaxel

maaf ya bro mfuad bukannya oli multigrade(0w-40, 5w40) harus pada suhu panas untuk mencapai kekentalan sae 40. kalo testnya pakai suhu ruangan kurang pas aja ya, krn pada suhu ruangan oli multigrade ow40 akan encer.


uji diats itu adalh uji standar ASTM yg sdh diakui badan dunia otomotf. artinya ga diragukan lagi hasilnya..
Begini bro kalo pada suhu ruangan suatu oli akan encer apalgi pada suhu tinggi..makin encer lagi. Kan sifat oli begitu, pada suhu dingin akan kental dan pada suhu tinggi menjadi encer..
begini ni grafik sae0w40 mobil 1

Spoiler for pola grafik mobil1 sae 0w40
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


dari grafik ini bisa dilihat tipikal kekentalan suatu oli dari berbagai suhu. pada suhu ruangan kira2 30 C kekentalan oli mobil1 sae0w40 = 113.4 cst dan pada suhu tinggi misalnya pada 100 C kekentalan 13.5 cst , suhu 150 C = 5.8 Cst
makin kecil angkanya makin encer bro..
juanaxel - 04/06/2012 10:30 AM
#690

Quote:
Original Posted By mfuad
uji diats itu adalh uji standar ASTM yg sdh diakui badan dunia otomotf. artinya ga diragukan lagi hasilnya..
Begini bro kalo pada suhu ruangan suatu oli akan encer apalgi pada suhu tinggi..makin encer lagi. Kan sifat oli begitu, pada suhu dingin akan kental dan pada suhu tinggi menjadi encer..
begini ni grafik sae0w40 mobil 1

Spoiler for pola grafik mobil1 sae 0w40
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


dari grafik ini bisa dilihat tipikal kekentalan suatu oli dari berbagai suhu. pada suhu ruangan kira2 30 C kekentalan oli mobil1 sae0w40 = 113.4 cst dan pada suhu tinggi misalnya pada 100 C kekentalan 13.5 cst , suhu 150 C = 5.8 Cst
makin kecil angkanya makin encer bro..


Maaf ya bro, bukannya ane ngeyel. ane cuman mau belajar aja. Cst itu apaan bro? Bukannya itu kecepatan mengalir trs kalo perlindungan mesin kan udah ada anti wear, ZDDP dll bro.
jadi gunanya oli full synthetik apa? diciptakan buat apa? Bukannya oli full syntetik dibuat untuk penyempurnaan perlindungan, daya tahan lebih lama, dll bro.
PoLiTiX - 11/06/2012 02:11 AM
#691

Quote:
Original Posted By mfuad

Oli dalam mesin umurnya kira2 3-6 bulan tergantung oli dan mobilnya. Kalo mesinnya/mobilnya mash grees ambil yg 6 bulan. Umur oli dalm botol bersegel, kira2 1-2 tahun .Baik mineral atau sintetis. Namun baiknya oli di botol/drum dicek setiap setahun sekali ttg visual, kekentalanya, acid number dan kadar BsnW, viskositas dsb. Idealnya penyimpanan oli di suhu 25 C bebas debu dsb.


Maksud ane oli dalam botol yg udah dibuka gan segel nya, dipake setengah botol doank terus sisa setengahnya lagi disimpan dalam suhu ruangan/normal dan tutup botol oli dalam kedaan tertutup rapat/kencang, serta botol oli juga ga pernah dipindah-pindah tempatnya itu umur oli bisa betahan brp lama gan?

Thx
grecoijo - 11/06/2012 09:45 PM
#692

agan mfuad, sy mau nanya dong. skrg kan xtrail sy pake oli Total Quartz 9000 5w-40. setelah jalan 1500 km, kynya olinya mulai kurang nih, berkurang sekitar 1/4 dari batas max. apakah itu normal? kalo kata org bengkel sih ring piston mobil sy udah mulai rusak,jadinya oli cepat susut.

dan rencananya sy mau nambahin pakai oli Shell helix ultra 5W-40, karena hrgnya lg promo di shop & drive. hehehe...apakah nyampur 2 merk oli berbeda,tapi memili SAE yg sama itu diperbolehkan?

tolong dikasi sarannya gan..thanks yah...
wow173 - 11/06/2012 11:41 PM
#693

Quote:
Original Posted By juanaxel
Oli2 multigrade kayak 0w30, 0w40, 0w50 itu dualisme gan. Kalo mesin dingin(sae 0w), oli tersebut mudah di pompa ke seluruh penjuru mesin, memperingan kerja pompa oli, mengurangi keausan pada saat cold start krn lebih menempel dibanding oli mineral(biasanya sae 20w50, 15w50, 15w40) maupun semi synthetic (biasanya 15w40, 10w40)
Kalo mesin panas berubah menjadi kental.
Kalo ane sih prefer yg full synthetik ya bro, kalo udah tau rasanya full synthetic ogah balik lagi ke mineral oil atau semi synthetic oil.
Maaf ane bukan bermaksud promosi, ane cuman mau sharing aja kalo di Shop&Drive ada promo menarik. Krn hampir setiap hari ane liat spanduk dan di SMS oleh Shop&Drive.


untuk indonesia yang beriklim tropis, kyknya oli ber sae 0w-... kyknya nggak teralalu di butuhkan deh gan

bener kata agan fuad, semakin oli dipanaskan, akan semakin encer, khan emang sifat fluida begitu

coba agan liat minyak goreng, minyak goreng yang jenuh, dimasukin kulkas pasti beku, begitu dipanasin di wajan, meleleh trus cair, klo diterusin, kebakar

mungkin klo agan tinggal di eropa dimana suhu terendahnya ekstrim, minus derajat celcius, jadi mungkin akan kesusahan ketika nyetater mobil

kalo indonesia suhunya aja 30an, winter (penghujan) paling 20an (jarang2) gimana gan?

kyknya jangan terpatok sama merk, harga, jenis dan kekentalan deh

semua itu tergantung mobil dan orang yang bawa
juanaxel - 12/06/2012 10:36 PM
#694

Quote:
Original Posted By grecoijo
agan mfuad, sy mau nanya dong. skrg kan xtrail sy pake oli Total Quartz 9000 5w-40. setelah jalan 1500 km, kynya olinya mulai kurang nih, berkurang sekitar 1/4 dari batas max. apakah itu normal? kalo kata org bengkel sih ring piston mobil sy udah mulai rusak,jadinya oli cepat susut.

dan rencananya sy mau nambahin pakai oli Shell helix ultra 5W-40, karena hrgnya lg promo di shop & drive. hehehe...apakah nyampur 2 merk oli berbeda,tapi memili SAE yg sama itu diperbolehkan?

tolong dikasi sarannya gan..thanks yah...

Lebih baik untuk penambahan oli se-merk ya gan, takutnya ada bentrok di additive. apakah oli total nya dijamin asli gan? mobilnya udah brp km?
grecoijo - 13/06/2012 11:21 AM
#695

Quote:
Original Posted By juanaxel
Lebih baik untuk penambahan oli se-merk ya gan, takutnya ada bentrok di additive. apakah oli total nya dijamin asli gan? mobilnya udah brp km?


oli total nya dijamin asli, beli di shop & drive krn ada promo beli 3 gratis 1 liter. mobil udah km 102rb.
juanaxel - 13/06/2012 12:34 PM
#696

Quote:
Original Posted By grecoijo
oli total nya dijamin asli, beli di shop & drive krn ada promo beli 3 gratis 1 liter. mobil udah km 102rb.


Kalo oli dijamin asli ya memang harus ganti seal2 + ring piston sekalian bersihin jeroan mesin bro. Kalo kagak mau turun mesin ya pakai oli yg murah aja, cek tiap minggu atau 500km.
resicom - 14/06/2012 12:18 PM
#697

Selamat siang gan \),

Maw bertanya seputar oli untuk mesin baru, apakah benar bahwa bila mesin masih baru diharuskan untuk mengganti oli?, dimana sekrng kilometer saya skrng sudah 1500km,
dan apakah benar bahwa penggantiab oli untuk mesin baru itu akan membersihkan serpihan2 yang ada di mesin? Karena saya pernah baca di forum sebelah ada yang mengganti oli sampai 3x di kilometer 500,1000&1500.

Kemudian untuk oli SAE 5W-30 antara oli Q8, castrol magnatec, TOTAL dan Fastron Gold lebih bagus yang mana ya?jika bisa mungkin ada datanya. Hehe \)
Perbedaan SM & SN itu apa ya?

Apabila mengganti oli dengan merk yang tidak sama akan berdampak buruk bagi mesin?
Terimakasih

Salam,
resicom
juanaxel - 15/06/2012 02:15 PM
#698

Quote:
Original Posted By resicom
Selamat siang gan \),

Maw bertanya seputar oli untuk mesin baru, apakah benar bahwa bila mesin masih baru diharuskan untuk mengganti oli?, dimana sekrng kilometer saya skrng sudah 1500km,
dan apakah benar bahwa penggantiab oli untuk mesin baru itu akan membersihkan serpihan2 yang ada di mesin? Karena saya pernah baca di forum sebelah ada yang mengganti oli sampai 3x di kilometer 500,1000&1500.

Kemudian untuk oli SAE 5W-30 antara oli Q8, castrol magnatec, TOTAL dan Fastron Gold lebih bagus yang mana ya?jika bisa mungkin ada datanya. Hehe \)
Perbedaan SM & SN itu apa ya?

Apabila mengganti oli dengan merk yang tidak sama akan berdampak buruk bagi mesin?
Terimakasih

Salam,
resicom


Ane kalo mobil baru pas 1000km pertama pasti diganti+filter olinya gan. Biasanya pabrikan kasi oli mesin yg kualitas nya pas2an. Hasilnya setelah ane ganti oli yg bagus, mobil jadi enakan untuk dikendarai. Mobilnya apa dulu gan? Untuk oli mesin yg value for money bagus, ada motul h-tech 5w30.
Setiap ganti merk, lebih baik ganti filter olinya sekalian gan
resicom - 15/06/2012 11:59 PM
#699

Mobilnya city car picanto gan..ohh gitu ya gan, ane tinggalnya bukan di jakarta.. klo ane liat2 page belakang ktnya klo kota macet pakeknya oli yang sae 10w-40/15w-40..

Trus gni gan, ane kan juga tanya ke csnya kia.. ktnya oli recomendnya castrol, q8 , dan total dengan sae 5w-30 jika tidak memakai itu maka gransi tidak dijamin..lama2kan ya tekor gan \(, rencana malah mau pakai produk dalam negri fastron gold kn harganya murah D
Nah dmna harga dri total sendiri yg SM itu hrganya 150k dan yg SN itu 210k , untuk castrol sendiri yg magnatec skitr 100k, dan q8 170K..
Karena antara total dan q8 tidak begitu jauh saya maw membandingkan lebh bagus mana diantara kedua itu?kemudian jika dibandingkan dengan fastron gold bagaimana?

Trus apakah misal klo pertama pakai oli 5w-30 kemudian ganti ke 10w-40 langsung tidak apa2?

Makasih \)
wow173 - 16/06/2012 02:40 AM
#700

Quote:
Original Posted By grecoijo
agan mfuad, sy mau nanya dong. skrg kan xtrail sy pake oli Total Quartz 9000 5w-40. setelah jalan 1500 km, kynya olinya mulai kurang nih, berkurang sekitar 1/4 dari batas max. apakah itu normal? kalo kata org bengkel sih ring piston mobil sy udah mulai rusak,jadinya oli cepat susut.

dan rencananya sy mau nambahin pakai oli Shell helix ultra 5W-40, karena hrgnya lg promo di shop & drive. hehehe...apakah nyampur 2 merk oli berbeda,tapi memili SAE yg sama itu diperbolehkan?

tolong dikasi sarannya gan..thanks yah...


nambahin boleh ya gan

sebaiknya nge cek oli pas pagi/setelah semaleman nggak dipakai, jadi olinya mengendap di carter

semoga cman ring sekernya gan, metal2nya nggak papa Yb
Page 35 of 43 | ‹ First  < 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda