Kendaraan Roda 4
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
Total Views: 37567 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 36 of 43 | ‹ First  < 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 >  Last ›

juanaxel - 16/06/2012 08:44 PM
#701

Quote:
Original Posted By resicom
Mobilnya city car picanto gan..ohh gitu ya gan, ane tinggalnya bukan di jakarta.. klo ane liat2 page belakang ktnya klo kota macet pakeknya oli yang sae 10w-40/15w-40..

Trus gni gan, ane kan juga tanya ke csnya kia.. ktnya oli recomendnya castrol, q8 , dan total dengan sae 5w-30 jika tidak memakai itu maka gransi tidak dijamin..lama2kan ya tekor gan \(, rencana malah mau pakai produk dalam negri fastron gold kn harganya murah D
Nah dmna harga dri total sendiri yg SM itu hrganya 150k dan yg SN itu 210k , untuk castrol sendiri yg magnatec skitr 100k, dan q8 170K..
Karena antara total dan q8 tidak begitu jauh saya maw membandingkan lebh bagus mana diantara kedua itu?kemudian jika dibandingkan dengan fastron gold bagaimana?

Trus apakah misal klo pertama pakai oli 5w-30 kemudian ganti ke 10w-40 langsung tidak apa2?

Makasih \)


Wah CS nya KIA gaul banget tuh, ngerti oli Full sintetik. Kalo CS Toyota amburadul banget gan, oli mineral disuruh pakai sampai 10rb km. Ane aja yg ga mau, ganti pakai yg full sintetik.
Kalo menurut ane ya, pendapat pribadi ini, dicoba motul H-tech 5w30 aja dulu gan. Seliternya kira2 90rban. Oli ini rekomen samapai 8000km atau 10bulan, mana yg tercapai lebih dahulu. Karena city car maka bisa pakai sae 5w30. sae nya dicocok in manual book nya aja gan, setiap pabrikan beda2 soalnya.
grecoijo - 17/06/2012 09:27 AM
#702

Quote:
Original Posted By wow173
nambahin boleh ya gan

sebaiknya nge cek oli pas pagi/setelah semaleman nggak dipakai, jadi olinya mengendap di carter

semoga cman ring sekernya gan, metal2nya nggak papa Yb


thanks sarannya gan..ternyata oli mobil ane ngga kurang gan..kemarin di cek terlihat kurang karna parkirnya posisi agak menanjak & ane ngeceknya cuma beberapa menit setelah matiin mesin. begitu semalaman ane parkir di tempat datar, pas paginya di cek olinya ternyata masih full di max. hehehe....
mtajulmuluk - 20/06/2012 08:49 PM
#703

nice inpo gan. tetep 5000km saja ganti oli. rajin ganti filter bensin, oli, dan udara gan. service tiap 20.000km dan ganti air radiator sesering mungkin untuk cc besar 20.000km kalau mesin kecil 40.000.... ganti busi dan pakai pertamax atau campuran bensin dan pertamax plus

:bookmarks dulu gan
satzelda - 20/06/2012 10:07 PM
#704

tanya donk gan..boil ane altis 04 MT..jarang dipake paling dipake jalan seminggu 2xatau 3x (masih km 50rb)..ane masih pake TGMO,,besok rencana mw service n ganti oli.. ..??ane rencana ambil shell helix hx7 (SAE10w-40) atau magnetec 10w-40 ya?? bingung najis
SAE berapa ya ambilnya..??biar mesin jd aluuuuus, n awet hehe..
Spoiler for kl di manual book begini,,

Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
tapi ane bingung baca gambarnya, yg direkomendasiin SAE brp sih..:mewek


mohon sarannya.. thx gan
aka3nov - 20/06/2012 10:27 PM
#705

Quote:
Original Posted By satzelda
tanya donk gan..boil ane altis 04 MT..jarang dipake paling dipake jalan seminggu 2xatau 3x (masih km 50rb)..ane masih pake TGMO,,besok rencana mw service n ganti oli.. ..??ane rencana ambil shell helix hx7 (SAE10w-40) atau magnetec 10w-40 ya?? bingung najis
SAE berapa ya ambilnya..??biar mesin jd aluuuuus, n awet hehe..
Spoiler for kl di manual book begini,,

Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
tapi ane bingung baca gambarnya, yg direkomendasiin SAE brp sih..:mewek


mohon sarannya.. thx gan


kalo dari buku nya sih dia saranin 5w30 yang di tulisan di bawah gambar nya..
tapi klo dari gambar nya 10w40 pun masih di dalem range nya jadi gpp..

mau castrol ato shell pun ngga masalah.. sama aja kok..

kalo mau lebih alus sih pake 10w40.. kalo 5w30 kan lebih encer.. efek nya lebih enteng di tarikan, bensin lebih irit (dikit banget, alias ga signifikan), tapi lebih berisik..

cmiiw
satzelda - 21/06/2012 01:07 PM
#706

Quote:
Original Posted By aka3nov


kalo dari buku nya sih dia saranin 5w30 yang di tulisan di bawah gambar nya..
tapi klo dari gambar nya 10w40 pun masih di dalem range nya jadi gpp..

mau castrol ato shell pun ngga masalah.. sama aja kok..

kalo mau lebih alus sih pake 10w40.. kalo 5w30 kan lebih encer.. efek nya lebih enteng di tarikan, bensin lebih irit (dikit banget, alias ga signifikan), tapi lebih berisik..

cmiiw


ok thx gan infonya,,, :thumbup ane magnetec aja biar piara cicak di mesin..hehehe
fadhlanrauzy - 25/06/2012 02:55 AM
#707

misi gan,ane pake cielo 94 M/T km sktr 200rb an,mau tanya oli mesin apa yg cocok buat boil ane,supaya tarikan enteng,mesin halus,bensin irit&mesin awet??ditunggu infonya ya gan :2thumbup
hitchhiker - 26/06/2012 04:28 PM
#708

Agan-agan semua, ane mo ganti oli mobil buat x-trail gw taun 2010, kmnya sekarang baru mo nyampe 20 ribu, dah saatnya ganti oli. terakhir ganti pas km 10 ribu. selama ini pakenya oli nissan, gw pingin nyoba yang lain. Ada rekomendasi?
Jambangan - 26/06/2012 04:34 PM
#709

Quote:
Original Posted By hitchhiker
Agan-agan semua, ane mo ganti oli mobil buat x-trail gw taun 2010, kmnya sekarang baru mo nyampe 20 ribu, dah saatnya ganti oli. terakhir ganti pas km 10 ribu. selama ini pakenya oli nissan, gw pingin nyoba yang lain. Ada rekomendasi?


ane jg pake oli nissan yg 10-30 gan buat x-trail 2003
udh lumayan kok itu oli menurut ane
tapi saran ane mending ganti tiap 5rb KM aja gan Yb
hitchhiker - 27/06/2012 08:23 AM
#710

Quote:
Original Posted By Jambangan


ane jg pake oli nissan yg 10-30 gan buat x-trail 2003
udh lumayan kok itu oli menurut ane
tapi saran ane mending ganti tiap 5rb KM aja gan Yb


ok, tengkyu gan. mulai sekarang gw jg bakal ganti tiap 5 ribu max, soalnya tempat gw tinggal pertamax jarang, banyakan pake premium, udah mulai nggelitik nih. ada saran ga buat x-trail peminum premium, biar ga nggelitik?
Jambangan - 27/06/2012 09:16 AM
#711

Quote:
Original Posted By hitchhiker
ok, tengkyu gan. mulai sekarang gw jg bakal ganti tiap 5 ribu max, soalnya tempat gw tinggal pertamax jarang, banyakan pake premium, udah mulai nggelitik nih. ada saran ga buat x-trail peminum premium, biar ga nggelitik?


jalan satu2nya pake pertamax gan o
x-trail ane jg pake pertamax
tapi ga tentu jg sih mobil yg di avatar ane udh dikasih pertamax plus tetep aja ngelitik nohope:
atau coba carbon clean aja gan Yb
aka3nov - 27/06/2012 02:58 PM
#712

Quote:
Original Posted By Jambangan
ane jg pake oli nissan yg 10-30 gan buat x-trail 2003
udh lumayan kok itu oli menurut ane
tapi saran ane mending ganti tiap 5rb KM aja gan Yb


oli nissan yg itu mayan kok.. dari tanya2 sana sini, setau gw itu isi nya idemitsu eco extreme.. dan oli itu lumayan oke buat harga segitu D

Quote:
Original Posted By hitchhiker
ok, tengkyu gan. mulai sekarang gw jg bakal ganti tiap 5 ribu max, soalnya tempat gw tinggal pertamax jarang, banyakan pake premium, udah mulai nggelitik nih. ada saran ga buat x-trail peminum premium, biar ga nggelitik?


paling pake octan booster, walopun kayak nya ngga bakal bantu banyak D
kompresi tinggi itu x-trail.. emang uda kodrat nya nelen pertamax D
hitchhiker - 27/06/2012 10:29 PM
#713

Quote:
Original Posted By Jambangan


jalan satu2nya pake pertamax gan o
x-trail ane jg pake pertamax
tapi ga tentu jg sih mobil yg di avatar ane udh dikasih pertamax plus tetep aja ngelitik nohope:
atau coba carbon clean aja gan Yb


bukannya ga mau pake pertamax gan, tapi ane tinggal di sumatra, di hutan lagi..pertamax ada cuma standnya doang, ga ada isinya. premium aja senen-kemis...

nasib idup di luar jawa
herrera - 05/07/2012 11:06 PM
#714

mmmm.....

Milih oli kalo ane ada itung2an-nya
Tapi itung-an ini bukan itung2an ane, tapi setelah googling

TBN = +/- 10.5

Idealnya itu : 7x kandungan sulfur di bbm kita
stelah googling, rata2 sulfur di premium kita 1500ppm.
anggep lah 1,5 x 7, berarti minimal 10,5

NB : Beberapa sumber mengatakan mesin bensin idealnya 6-8
Silakan kalo maw mengikuti standar itu


KINEMATIC VISCOSITY

VISKOSITAS OLI PADA 40"C IDEALNYA < 100,
>>> jangan terlalu jauh dari angka 100 untuk mobil2 baru / sport lama
juanaxel - 08/07/2012 11:02 PM
#715

[QUOTE=herrera;721382167]mmmm.....

Milih oli kalo ane ada itung2an-nya
Tapi itung-an ini bukan itung2an ane, tapi setelah googling

TBN = +/- 10.5

Idealnya itu : 7x kandungan sulfur di bbm kita
stelah googling, rata2 sulfur di premium kita 1500ppm.
anggep lah 1,5 x 7, berarti minimal 10,5

NB : Beberapa sumber mengatakan mesin bensin idealnya 6-8
Silakan kalo maw mengikuti standar itu


KINEMATIC VISCOSITY

VISKOSITAS OLI PADA 40"C IDEALNYA < 100,
>>> jangan terlalu jauh dari angka 100 untuk mobil2 baru / sport lama
herrera - 15/07/2012 10:10 PM
#716

Quote:
Original Posted By juanaxel


Bagaimana dgn viscosity index nya bro? Dimana mineral oil rata2 dibawah 140 dan oli full synthetik diatas 160 viscosity indexnya.


Viskositas Index kurang relevan untuk ditinjau di iklim indonesia

The viscosity index is a measure of how much the oil's viscosity changes as temperature changes. A higher viscosity index indicates the viscosity changes less with temperature than a lower viscosity index.
http://en.wikipedia.org/wiki/Synthetic_oil

Btw dapet info menarik, hasil di taxi cab di US th 1996

In July 1996, Consumer Reports published the results of a two-year motor oil test involving a fleet of 75 New York taxi cabs and found no noticeable advantage of synthetic oil over regular mineral oil. In their article, they noted that "Big-city cabs don't see many cold start-ups or long periods of high-speed driving in extreme heat. But our test results relate to the most common type of severe service - stop-and-go city driving." According to their study, synthetic oil is "worth considering for extreme driving conditions: high ambient temperatures and high engine load, or very cold temperatures." [17]
Synthetic oils are not recommended in automotive rotary engines.

http://en.wikipedia.org/wiki/Synthetic_oil
herrera - 16/07/2012 01:00 AM
#717

Beberapa oli di Indonesia yang Full Sintetik, saya lihat Material Data Sheet-nya merupakan Petroleum Hydrocarbon ( Mineral oil yang melalui ultra refine seperti Hydrokracked yang menghasilkan oli dengan kualitas molekul yang lebih seragam yang menyerupai sintetik, tetapi bukan sintetik )

There are three basic types of synthetic oil segregated into groups. Group I and group II are conventional oil. Group III "synthetic" oil is considered a synthetic only in the U.S. It is the only group of synthetic oil that gets its base from crude oil, by the process of being hydrokracked and or hydroisomerized. According to Mike Allen from Popular Mechanics, group IV oils "consist of molecules that are synthesized from simpler chemical compounds." Group V oils are also synthesized from chemical compounds.

Read more: What Makes Oil Synthetic? | eHow.com http://www.ehow.com/about_6495179_oil-synthetic_.html#ixzz20n3jQjob

OLI Full synthetic di Indo semuanya adalah Group III, karna tetap berbahan dasar oli mineral yang di hydrokracked.
Hanya beberapa oli yang melewati proses hydrokracked + hydroisomerized (tahap selanjutnya untuk mendapatkan pure oil berkualitas tinggi >> pada tahap ini didapatkan base oil yang tidak berwarna, memiliki ketahanan tempratur tinggi yang mendekati oli berbahan dasar PAO, DAN MEMILIKI KESERAGAMAN MOLEKUL YANG mendekati OLI berbahan dasar PAO)

Saya menemukan beberapa merk yg betul2 menyatakan telah melewati proses hydroisomerized :
Total Quartz 7000 + 9000 API SM
PETRO CANADA
PRIMO OIL ( JC COMPANY )

Ketiga produk di atas tetap menuliskan syntetik + full sintetik, padahal base oil-nya bukan PAO, TETAPI MINERAL OIL YANG MELEWATI TAHAP HYDROkrackED + HYDROISOMERIZED


SEHARUSNYA : (berdasarkan tingkatan)

1. FULLY SINTETIK = 100% PAO BASE OIL >>. amsoil (untuk oli di Indo saya tidak menemukan)

2. Semy Syntetik = 30% PAO + Group III Hydroisomerized ( tidak saya temukan di Indo )

3. Mineral
- Hydrokracked + Hydroisomerized > 3 oli di atas
- Hydrokracked > semua oli full syntetic + semi synthetic yg ada di Indo (kecuali 3 di atas)
- Conventional > semua oli mineral yg ada di indo

INFO DI ATAS SILAKAN DIPERDEBATKAN, KITA SHARE INFO AJA

Terutama :

1. Apakah oli Full Synthetic/ SEMI SYNTHETIC yg beredar di Indo sedikitnya mengandung PAO?
2. Apakah oli2 yang melewati proses hydrokracked sebetulnya juga melewati proses hydroisomerized namun saya tidak tahu / memang tidak dipublikasikan.

Tambahan :
Amsoil sebagai satu2nya produsen oli berdasar 100% PAO menyampaikan keberatannya atas penggunaan kategori "Fully Synthetic" pada oli2 pesaingnya , padahal mereka hanya menggunakan Base oil PAO tersebut tidak lebih dari 70%
juanaxel - 16/07/2012 07:28 PM
#718

Quote:
Original Posted By herrera
Beberapa oli di Indonesia yang Full Sintetik, saya lihat Material Data Sheet-nya merupakan Petroleum Hydrocarbon ( Mineral oil yang melalui ultra refine seperti Hydroisomerized yang menghasilkan oli dengan kualitas yang mendekati sintetik, tetapi bukan sintetik )

Setahu saya, di luar negri, full sintetik itu base oil-nya PAO, dan mesti pure PAO base oil, gak dicampur2.

Ada yang bisa jelasin?


Kalo oli2 mesin dibawah ini bagaimana gan?
1. Shell Helix Ultra 5w40
2. Motul CRDi 5w40
3. Mobil 1 Delvac 5w40
Mana yg Pao, mana yg bukan? thanks
juanaxel - 17/07/2012 11:44 PM
#719

Quote:
Original Posted By herrera
Beberapa oli di Indonesia yang Full Sintetik, saya lihat Material Data Sheet-nya merupakan Petroleum Hydrocarbon ( Mineral oil yang melalui ultra refine seperti Hydrokracked yang menghasilkan oli dengan kualitas molekul yang lebih seragam yang menyerupai sintetik, tetapi bukan sintetik )

There are three basic types of synthetic oil segregated into groups. Group I and group II are conventional oil. Group III "synthetic" oil is considered a synthetic only in the U.S. It is the only group of synthetic oil that gets its base from crude oil, by the process of being hydrokracked and or hydroisomerized. According to Mike Allen from Popular Mechanics, group IV oils "consist of molecules that are synthesized from simpler chemical compounds." Group V oils are also synthesized from chemical compounds.

Read more: What Makes Oil Synthetic? | eHow.com http://www.ehow.com/about_6495179_oil-synthetic_.html#ixzz20n3jQjob

OLI Full synthetic di Indo semuanya adalah Group III, karna tetap berbahan dasar oli mineral yang di hydrokracked.
Hanya beberapa oli yang melewati proses hydrokracked + hydroisomerized (tahap selanjutnya untuk mendapatkan pure oil berkualitas tinggi >> pada tahap ini didapatkan base oil yang tidak berwarna, memiliki ketahanan tempratur tinggi yang mendekati oli berbahan dasar PAO, DAN MEMILIKI KESERAGAMAN MOLEKUL YANG mendekati OLI berbahan dasar PAO)

Saya menemukan beberapa merk yg betul2 menyatakan telah melewati proses hydroisomerized :
Total Quartz 7000 + 9000 API SM
PETRO CANADA
PRIMO OIL ( JC COMPANY )

Ketiga produk di atas tetap menuliskan syntetik + full sintetik, padahal base oil-nya bukan PAO, TETAPI MINERAL OIL YANG MELEWATI TAHAP HYDROkrackED + HYDROISOMERIZED


SEHARUSNYA : (berdasarkan tingkatan)

1. FULLY SINTETIK = 100% PAO BASE OIL >>. amsoil (untuk oli di Indo saya tidak menemukan)

2. Semy Syntetik = 30% PAO + Group III Hydroisomerized ( tidak saya temukan di Indo )

3. Mineral
- Hydrokracked + Hydroisomerized > 3 oli di atas
- Hydrokracked > semua oli full syntetic + semi synthetic yg ada di Indo (kecuali 3 di atas)
- Conventional > semua oli mineral yg ada di indo

INFO DI ATAS SILAKAN DIPERDEBATKAN, KITA SHARE INFO AJA

Terutama :

1. Apakah oli Full Synthetic/ SEMI SYNTHETIC yg beredar di Indo sedikitnya mengandung PAO?
2. Apakah oli2 yang melewati proses hydrokracked sebetulnya juga melewati proses hydroisomerized namun saya tidak tahu / memang tidak dipublikasikan.

Tambahan :
Amsoil sebagai satu2nya produsen oli berdasar 100% PAO menyampaikan keberatannya atas penggunaan kategori "Fully Synthetic" pada oli2 pesaingnya , padahal mereka hanya menggunakan Base oil PAO tersebut tidak lebih dari 70%

PT.BRAVO OLI INDOPERKASA adalah distributor utama AMSoil di Indonesia
hubungi :
Dana
PT.BRAVO OLI INDOPERKASA
kawasan CBD Pluit blok S15 - 16
Jl.Pluit Selatan Raya No. 1 Jakarta 14440, Indonesia
Telp. : 62-21 - 666 753 07 , 666 753 08
Fax : 62-21 - 666 727 49
E-mail : [email]dana@bravooli.com[/email]
Hp :+6285216001997
jangan kaget harganya ya bro??



Kalo setau ane Mobil1 pakai jenis PAO dan Motul terkenal dgn Ester(group5) dan Oli FK Massimo (http://www.fklub.com/) juga sebagian menggunakan Ester dan PAO sebagai campurannya.
yang ane penasaran adalah Shell Helix Ultra dan Motul CRDi 100%full synthetik??
herrera - 22/07/2012 11:42 AM
#720

Quote:
Original Posted By juanaxel

PT.BRAVO OLI INDOPERKASA adalah distributor utama AMSoil di Indonesia
hubungi :
Dana
PT.BRAVO OLI INDOPERKASA
kawasan CBD Pluit blok S15 - 16
Jl.Pluit Selatan Raya No. 1 Jakarta 14440, Indonesia
Telp. : 62-21 - 666 753 07 , 666 753 08
Fax : 62-21 - 666 727 49
E-mail : [email]dana@bravooli.com[/email]
Hp :+6285216001997
jangan kaget harganya ya bro??



Kalo setau ane Mobil1 pakai jenis PAO dan Motul terkenal dgn Ester(group5) dan Oli FK Massimo (http://www.fklub.com/) juga sebagian menggunakan Ester dan PAO sebagai campurannya.
yang ane penasaran adalah Shell Helix Ultra dan Motul CRDi 100%full synthetik??


harga Amsoil mahal tapi pasti untuk Full Sintetik 100% PAO
Mob** 1 pakai PAO di Lur negeri bro, itupun untuk full sintetik hanya 80% kurang, sisanya tetep hidroisomerized oli mineral
Mot** juga gitu, apalagi yang masuk Indo, ester-nya paling 10%

Melihat oli Full sintetik atau bukan pertama2 lihat saja Material Data Sheet-nya, bagian Ingredient : Petroleum Hidrokarbon atau Poly atau Ester (motul)

Page 36 of 43 | ‹ First  < 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda