Kendaraan Roda 4
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
Total Views: 37567 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 37 of 43 | ‹ First  < 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 >  Last ›

juanaxel - 22/07/2012 11:15 PM
#721

Quote:
Original Posted By herrera
harga Amsoil mahal tapi pasti untuk Full Sintetik 100% PAO
Mob** 1 pakai PAO di Lur negeri bro, itupun untuk full sintetik hanya 80% kurang, sisanya tetep hidroisomerized oli mineral
Mot** juga gitu, apalagi yang masuk Indo, ester-nya paling 10%

Melihat oli Full sintetik atau bukan pertama2 lihat saja Material Data Sheet-nya, bagian Ingredient : Petroleum Hidrokarbon atau Poly atau Ester (motul)


mau liat MSDS nya gimana bro?
dimasbgs - 02/08/2012 10:02 PM
#722

Quote:
Original Posted By herrera


harga Amsoil mahal tapi pasti untuk Full Sintetik 100% PAO
Mob** 1 pakai PAO di Lur negeri bro, itupun untuk full sintetik hanya 80% kurang, sisanya tetep hidroisomerized oli mineral
Mot** juga gitu, apalagi yang masuk Indo, ester-nya paling 10%

Melihat oli Full sintetik atau bukan pertama2 lihat saja Material Data Sheet-nya, bagian Ingredient : Petroleum Hidrokarbon atau Poly atau Ester (motul)



kalau Q8 excel 5w40 gimana bro dia klaim 100% full sintetik, lagi promo. ane coba di everest memang lebih enteng, cuman ane masih ragu apa bener full sintetik la wong harganya gak sampe 100rb/ltr. 1/2 harga amsoil full sintetic
gilamanchester - 03/08/2012 02:03 AM
#723

gan, sori sebelumnya (ane cuma buka page 1 dan terakhir doang)

ane baru beli mobil matic nih, di manual booknya ga ketemua soal berapa lama oli matic harus diganti (apakah ada itungan berapa ratus km ato cuma diliat dari kekentalan dan kekotoran oli tsb)

ada yg bisa kasih ilmunya?malu

nuhun!:thumbup
gene00 - 03/08/2012 12:09 PM
#724

Quote:
Original Posted By gilamanchester
gan, sori sebelumnya (ane cuma buka page 1 dan terakhir doang)

ane baru beli mobil matic nih, di manual booknya ga ketemua soal berapa lama oli matic harus diganti (apakah ada itungan berapa ratus km ato cuma diliat dari kekentalan dan kekotoran oli tsb)

ada yg bisa kasih ilmunya?malu

nuhun!:thumbup


btw, ini trit untuk oli mesin gan Peace:

biasanya di manual book ada kok gan, biasanya ada di bag. maintenancenya....

klo oli matic biasanya ganti tiap 40rb KM gan, dilihat dari kondisi oli jg bisa....
.kembunk. - 03/08/2012 02:00 PM
#725

siang gan...sharing ahh...

kijang 94, oli prima xp sae 10 - 40, ganti oli tiap 3000 KM (lebih baik mencegah daripada mengobati \) )
gtwins2 - 03/08/2012 02:29 PM
#726

Quote:
Original Posted By .kembunk.
siang gan...sharing ahh...

kijang 94, oli prima xp sae 10 - 40, ganti oli tiap 3000 KM (lebih baik mencegah daripada mengobati \) )


om, kalau mobil tua tahun 94 gitu bukannya lebih baik pakai yg kental seperti 20w-50 ?
emang sih rada berat karena sebelumnya pakai 10w-40 terus, btw sering tambah gak tuh tiap 2 minggu / sebulan ? biasanya kalau uda setua itu nyusut nya cepet, apalagi olinya kaga kental.
gilamanchester - 03/08/2012 03:28 PM
#727

Quote:
Original Posted By gene00
btw, ini trit untuk oli mesin gan Peace:

biasanya di manual book ada kok gan, biasanya ada di bag. maintenancenya....

klo oli matic biasanya ganti tiap 40rb KM gan, dilihat dari kondisi oli jg bisa....


UUUPS...iya ya, ane ga merhatiin "oli mesin"nya di thread ini..malu

sori mod n kawan2, abaikan saja pertanyaan ane,

btw, buat agan yg juga tetep jawab, thanks berat ya!!:thumbup
sokbeker - 09/08/2012 10:22 PM
#728

nyari fastron techno 10-40 dimana ya?
di toko oli belom ada.
masih baru apa belom beredar ya?
nissanlovers - 10/08/2012 12:50 AM
#729

gan
sudah pernah ada yg pake petronas gold 5w-30 ?
minta reviewnya donk D
oli nya bagus apa kaga , secara harga mirip mobil1
denny ismail - 10/08/2012 05:36 AM
#730

Quote:
Original Posted By .kembunk.
siang gan...sharing ahh...

kijang 94, oli prima xp sae 10 - 40, ganti oli tiap 3000 KM (lebih baik mencegah daripada mengobati \) )


Ane pernah punya ni mobil, hehe pernah ngalamin tabrakan di tol padalarangtakut

Kemungkinan yang manual book requirement atau maintenance manual di enjin kompartment tertulis untuk oli mesin API grade SG (sesuai untuk mesin tahun 1980-1996) pemakaian grade lebih tinggi tidak masalah.

Pergantian tiap 3000 juga baik untuk kendaraan yang bermacet2 ria. untuk penggunaan prima xp dia tahan sampai 7500. SAE 10W-40 juga baik krn untuk mesin tua jgn sampai ada telat pelumasan, oli encer cenderung lebih cepat naik apalagi didukung dengan filter oli yang baik.
denny ismail - 10/08/2012 06:20 AM
#731

Quote:
Original Posted By gtwins2


om, kalau mobil tua tahun 94 gitu bukannya lebih baik pakai yg kental seperti 20w-50 ?
emang sih rada berat karena sebelumnya pakai 10w-40 terus, btw sering tambah gak tuh tiap 2 minggu / sebulan ? biasanya kalau uda setua itu nyusut nya cepet, apalagi olinya kaga kental.


sorry ga pake multikuotPeace:

mau meluruskan banyak orang beranggapan mobil tua harus pakai oli kentel, ga boleh oli encer krn dikhawatirkan mesin rusak, oli cepat nyusut, mesin berisik, dll, dsb. yang ternyata tidak pernah terbukti D kalopun terjadi kasus itu karena kondisi mesin emang udah ga beres atau yang digunakan diduga oli palsunohope:

penggunaan oli mesin mengikuti manual book adalah minimum requirement, artinya jangan sampai underspec, tapi untuk melebihi spec yang disarankanan itu tidak ada masalah. contoh untuk kijang super disarankan menggunakan oli mesin API grade SG lalu mnggunakan oli mesin grade SM.

Penyusutan terjadi ada 2, kebocoran atau penguapan. Kebocoran2 pada sambungan mesin itu visible (terlihat) misal ada tetesan dilantai atau leleran di seal mesin. Selama tidak ada hal tersebut artinya oli tetap ditempatnya.
Penguapan terjadi karena panas, tiap cairan yang terkena panas pada suhu tertentu akan mengalami penguapan (evaporate), dan terjadi general baik di mesin tua ataupun muda. oli 0w-20 tentunya akan lebih mudah menguap dibanding 20w-50.
Penguapan juga bisa terjadi apabila ada bocor kompresi dimana oli mesin masup ruang pembakaran dan ikut terbakar, tandanya asep pembuangan lebih tebal. Selama tidak ada tanda tersebut oli akan tetap ditempatnya.
Penggunan oli encer dari 20w50 ke 10w40(naik 1 tingkat lebih encer) justru berdampak baik dari segi pelumasan awal (start) dimana oli encer didukung dengan filter oli kualitas baik bisa membantu melumasi lebih cepat, efisiensi BBM, peningkatan respon mesin, dll, dsb

setau ane sih begitu...
Maapin kalo ada salah malu
nissanlovers - 10/08/2012 10:31 AM
#732

Quote:
Original Posted By nissanlovers
gan
sudah pernah ada yg pake petronas gold 5w-30 ?
minta reviewnya donk D
oli nya bagus apa kaga , secara harga mirip mobil1
yogi1303 - 10/08/2012 11:29 AM
#733

katana ane habis ganti oli, pake meditran SC 15w-40

klo taruna pake meditran SX, rencana mau ganti pake fastron diesel..

btw, ada yang udah pake fastron gold belum?
gtwins2 - 10/08/2012 11:50 AM
#734

Quote:
Original Posted By denny ismail


sorry ga pake multikuotPeace:

mau meluruskan banyak orang beranggapan mobil tua harus pakai oli kentel, ga boleh oli encer krn dikhawatirkan mesin rusak, oli cepat nyusut, mesin berisik, dll, dsb. yang ternyata tidak pernah terbukti D kalopun terjadi kasus itu karena kondisi mesin emang udah ga beres atau yang digunakan diduga oli palsunohope:

penggunaan oli mesin mengikuti manual book adalah minimum requirement, artinya jangan sampai underspec, tapi untuk melebihi spec yang disarankanan itu tidak ada masalah. contoh untuk kijang super disarankan menggunakan oli mesin API grade SG lalu mnggunakan oli mesin grade SM.

Penyusutan terjadi ada 2, kebocoran atau penguapan. Kebocoran2 pada sambungan mesin itu visible (terlihat) misal ada tetesan dilantai atau leleran di seal mesin. Selama tidak ada hal tersebut artinya oli tetap ditempatnya.
Penguapan terjadi karena panas, tiap cairan yang terkena panas pada suhu tertentu akan mengalami penguapan (evaporate), dan terjadi general baik di mesin tua ataupun muda. oli 0w-20 tentunya akan lebih mudah menguap dibanding 20w-50.
Penguapan juga bisa terjadi apabila ada bocor kompresi dimana oli mesin masup ruang pembakaran dan ikut terbakar, tandanya asep pembuangan lebih tebal. Selama tidak ada tanda tersebut oli akan tetap ditempatnya.
Penggunan oli encer dari 20w50 ke 10w40(naik 1 tingkat lebih encer) justru berdampak baik dari segi pelumasan awal (start) dimana oli encer didukung dengan filter oli kualitas baik bisa membantu melumasi lebih cepat, efisiensi BBM, peningkatan respon mesin, dll, dsb

setau ane sih begitu...
Maapin kalo ada salah malu


gini bro, memang tidak terbukti secara uji lab, tapi untuk mobil yg sudah berumur, apakah mas bro bisa jamin seal2 nya masih tetep ok seperti mobil baru keluar bengkel? tentu tidak karena mobil semakin tua semakin tidak sebaik mobil baru untuk jeroan nya.

dan memang untuk mobil2 pada masa itu masih di buku nya ditulis API SG karena saat itu API SM belum keluar, dan memang tidak ada salahnya pakai API SM saat ini, namun harus diperhitungkan kandungan zat didalamnya, oli2 terbaru API SM keatas kandungan zat pelindung metal nya sudah dikurangi dengan alasan Go Green.
itu sebabnya memang mobil2 tua sebaiknya beralih ke oli yg rada kental karena memang oli2 yg kental itu API nya masih di SJ/SL atau juga masih yg SG.

untuk oli encer vs oli kental saya rasa sudah pada tau ya plus minus dari masing2 tingkat kekentalan.

hehehehe ya mau saya garis bawahin sih begini singkatnya yg si om bilang uda bener, tapi kenapa mesin mobil jadi jelek kan salah satunya karena faktor si oli ini juga, jadi sebenernya ya chicken and eggs lah untuk masalah oli dan mesin

bahkan hal ini belum di campur adukkan dengan kebiasaan menyetir pula, makin ribet kan??? ngakakngakakngakak

ya uda, kembali ke keyakinan masing2 aja, jangan terlalu di ambil pusing mengenai oli, yang penting rajin di ganti aja 5000km karena pada dasarnya tiap2 oli itu sudah dibuat demi kebaikan kita bersama, kecuali oli palsu yah, terkutuklah mereka pembuat oli palsu ngakakngakakngakak
denny ismail - 10/08/2012 12:27 PM
#735

paradigma oli kentel dan encer yang sulit dihapuskan Dil

jadi mobil tua sealnya udah pada ga bagus ya makanya jgn pake oli 10w40ngakaks kalo seal udh pd jelek oli meler kemana2 udh kya tokay kudangakaks

pernah baca manual book mobil tua blom gan? daihatsu charade '87-89 spek origin di jepangnya adalah oli 10w30, sama aja kan dgn mobil skarangD

yang ini maksutnya apa gan?nohope:

"namun harus diperhitungkan kandungan zat didalamnya, oli2 terbaru API SM keatas kandungan zat pelindung metal nya sudah dikurangi dengan alasan Go Green."

berarti mazda genuine oil 0w-20 udah ga ada zat pelindung metalnya dong?nohope:

paradigma:nohope
gtwins2 - 11/08/2012 10:50 AM
#736

Quote:
Original Posted By denny ismail
paradigma oli kentel dan encer yang sulit dihapuskan Dil

jadi mobil tua sealnya udah pada ga bagus ya makanya jgn pake oli 10w40ngakaks kalo seal udh pd jelek oli meler kemana2 udh kya tokay kudangakaks

pernah baca manual book mobil tua blom gan? daihatsu charade '87-89 spek origin di jepangnya adalah oli 10w30, sama aja kan dgn mobil skarangD

yang ini maksutnya apa gan?nohope:

"namun harus diperhitungkan kandungan zat didalamnya, oli2 terbaru API SM keatas kandungan zat pelindung metal nya sudah dikurangi dengan alasan Go Green."

berarti mazda genuine oil 0w-20 udah ga ada zat pelindung metalnya dong?nohope:

paradigma:nohope


maaf om, kayanya ada miscommunication deh, saya kan bilangnya dikurangi, bukan dihilangkan.

om pernah dengar gak mobil bensin diisi oli nya oli diesel ? dan hal ini gak sedikit lho yg melakukannya
kenapa?

karena oli diesel kandungan pelindung metal nya lebih tinggi daripada oli bensin., namun tentunya ada yg dikorbankan seperti performa mesin nya.

hehee om kan ada di trit tentang oli jg tuh, si om tz uda pernah jelasin koq mengenai kenapa mobil lama butuh oli lebih kental.
denny ismail - 11/08/2012 02:59 PM
#737

Quote:
Original Posted By gtwins2
maaf om, kayanya ada miscommunication deh, saya kan bilangnya dikurangi, bukan dihilangkan.

om pernah dengar gak mobil bensin diisi oli nya oli diesel ? dan hal ini gak sedikit lho yg melakukannya
kenapa?

karena oli diesel kandungan pelindung metal nya lebih tinggi daripada oli bensin., namun tentunya ada yg dikorbankan seperti performa mesin nya.

hehee om kan ada di trit tentang oli jg tuh, si om tz uda pernah jelasin koq mengenai kenapa mobil lama butuh oli lebih kental.


oli mesin diesel itu tidak bisa dipakai untuk mesin bensin, tidak bisa dituker2, mau oli motor, oli pesawat, oli motor boat sekalipun, kenapa?karena karakter mesin itu beda, dan aplikasinya juga beda, bekerja ditemperatur yang juga beda MAKA additive didalamnya juga PASTI BEDA.

no hoax, ada temen gue di sebuah komunitas ada kebiasaan gunain oli diesel di mesin bensin(entah info dari mana yang dia jadikan refernsi) dia awalnya oke, gak lama mulai berbunyi, dan sekarang makin kenceng tuh bunyi2an dari mesin(adanya bunyi menandakan ada gesekan/keausan). pihak oil maker pun tidak mrekomendasikan, kecuali memang produk bisa 2 alam (mesran super 20w50, idemitsu eco 10w30) ane cuma tau 2 produk ini bisa untuk diesel bisa bensin. bahkan untuk mesran super buatan bangsa sendiri ini juga bisa dipakai untuk motor transmisi manual (JASO MA)
PS: hati-hati dalam mengambil referensi untuk urusan mesin


kenapa teknologi oli untuk mesin bensin terkini oli cair tapi katanya kok malah bisa melindungi mesin? orang bilang mesin sekarang jauh lebih detil dan lebih presisi, padahal secara logis semakin rapat maka gesekan akan semakin besar kan?tanya kenapaD
gtwins2 - 12/08/2012 11:26 AM
#738

Quote:
Original Posted By denny ismail


oli mesin diesel itu tidak bisa dipakai untuk mesin bensin, tidak bisa dituker2, mau oli motor, oli pesawat, oli motor boat sekalipun, kenapa?karena karakter mesin itu beda, dan aplikasinya juga beda, bekerja ditemperatur yang juga beda MAKA additive didalamnya juga PASTI BEDA.

no hoax, ada temen gue di sebuah komunitas ada kebiasaan gunain oli diesel di mesin bensin(entah info dari mana yang dia jadikan refernsi) dia awalnya oke, gak lama mulai berbunyi, dan sekarang makin kenceng tuh bunyi2an dari mesin(adanya bunyi menandakan ada gesekan/keausan). pihak oil maker pun tidak mrekomendasikan, kecuali memang produk bisa 2 alam (mesran super 20w50, idemitsu eco 10w30) ane cuma tau 2 produk ini bisa untuk diesel bisa bensin. bahkan untuk mesran super buatan bangsa sendiri ini juga bisa dipakai untuk motor transmisi manual (JASO MA)
PS: hati-hati dalam mengambil referensi untuk urusan mesin


kenapa teknologi oli untuk mesin bensin terkini oli cair tapi katanya kok malah bisa melindungi mesin? orang bilang mesin sekarang jauh lebih detil dan lebih presisi, padahal secara logis semakin rapat maka gesekan akan semakin besar kan?tanya kenapaD


thanks info nya om shakehand2
tz. - 16/08/2012 09:19 AM
#739

Quote:
Original Posted By gtwins2
maaf om, kayanya ada miscommunication deh, saya kan bilangnya dikurangi, bukan dihilangkan.

om pernah dengar gak mobil bensin diisi oli nya oli diesel ? dan hal ini gak sedikit lho yg melakukannya
kenapa?

karena oli diesel kandungan pelindung metal nya lebih tinggi daripada oli bensin., namun tentunya ada yg dikorbankan seperti performa mesin nya.

hehee om kan ada di trit tentang oli jg tuh, si om tz uda pernah jelasin koq mengenai kenapa mobil lama butuh oli lebih kental.


Quote:
Original Posted By denny ismail
oli mesin diesel itu tidak bisa dipakai untuk mesin bensin, tidak bisa dituker2, mau oli motor, oli pesawat, oli motor boat sekalipun, kenapa?karena karakter mesin itu beda, dan aplikasinya juga beda, bekerja ditemperatur yang juga beda MAKA additive didalamnya juga PASTI BEDA.

no hoax, ada temen gue di sebuah komunitas ada kebiasaan gunain oli diesel di mesin bensin(entah info dari mana yang dia jadikan refernsi) dia awalnya oke, gak lama mulai berbunyi, dan sekarang makin kenceng tuh bunyi2an dari mesin(adanya bunyi menandakan ada gesekan/keausan). pihak oil maker pun tidak mrekomendasikan, kecuali memang produk bisa 2 alam (mesran super 20w50, idemitsu eco 10w30) ane cuma tau 2 produk ini bisa untuk diesel bisa bensin. bahkan untuk mesran super buatan bangsa sendiri ini juga bisa dipakai untuk motor transmisi manual (JASO MA)
PS: hati-hati dalam mengambil referensi untuk urusan mesin


kenapa teknologi oli untuk mesin bensin terkini oli cair tapi katanya kok malah bisa melindungi mesin? orang bilang mesin sekarang jauh lebih detil dan lebih presisi, padahal secara logis semakin rapat maka gesekan akan semakin besar kan?tanya kenapaD


Bener nih bro, oli DIESEL ngga boleh dipake di oli BENSIN,
yg si bro denny blg bener, karena pd dasarnya kinerja mesin DIESEL dan BENSIN itu sangat berbeda, mulai dari ratio kompresi, temperatur mesin, material block mesin itu sendiri.

Makanya setiap pabrikan oli itu membuat specific product utk oli DIESEL dan BENSIN, walaupun ada yg namanya Multigrade oil. Cuman kalau ditnya, ane ga gtu percaya dgn marketing gimmick ini, secara yg namanya oli, lebih baik dipilih yg memang spesifik utk menangani satu kasus.

Sama ky pilih dokter gan, kalau lg sakit tertentu, pasti kita lebih prefer ke dokter specialist. Wong ujung" nya keluar duit jg buat berobat, kenapa musti yg belom jelas kredibilitas nya?

Sekedar share~


ilovekaskuss


Oh, dan mengenai oli encer dan kental,
Bukan brarti mobil lawas ga boleh pake oli 10W-40, seperti yg ane perna blg di thread sebelah, oli itu macem" karakter nya, 10W-40 sekalipun ada yg di design specific utk High-Mileage, dgn kondisi mesin yg lebih aus, dibutuhkan pula aditif utk mengatur naik nya viskositas, serta titik uap oli yang lebih baik, utk menghindari kurang ny level oli akibat penguapan, ataupun kebocoran. Jangan salah, bbrp oli itu pny aditif utk menghambat kebocoran ringan lho, tapi jgn di harap klo sdh rembes bolong, masih bs di tambal Peace:

Jadi intinya, kenali dlu spec si oli tsb, dan tnyakan apakah oli ini cocok utk kondisi mobil yg juragan - juragan bawa skrg, trus jgn lupa, sebagai Seller, tnyakan juga, ekspektasi si user mobil dari produk oli yg mreka pake ini mau seperti apa \)

Btw thread ini dan yg satu lagi beda yah?
Bukannya sama - sama bahas oli mesin juga yah? capedes
gtwins2 - 16/08/2012 11:04 AM
#740

Quote:
Original Posted By tz.




Bener nih bro, oli DIESEL ngga boleh dipake di oli BENSIN,
yg si bro denny blg bener, karena pd dasarnya kinerja mesin DIESEL dan BENSIN itu sangat berbeda, mulai dari ratio kompresi, temperatur mesin, material block mesin itu sendiri.

Makanya setiap pabrikan oli itu membuat specific product utk oli DIESEL dan BENSIN, walaupun ada yg namanya Multigrade oil. Cuman kalau ditnya, ane ga gtu percaya dgn marketing gimmick ini, secara yg namanya oli, lebih baik dipilih yg memang spesifik utk menangani satu kasus.

Sama ky pilih dokter gan, kalau lg sakit tertentu, pasti kita lebih prefer ke dokter specialist. Wong ujung" nya keluar duit jg buat berobat, kenapa musti yg belom jelas kredibilitas nya?

Sekedar share~


ilovekaskuss


Oh, dan mengenai oli encer dan kental,
Bukan brarti mobil lawas ga boleh pake oli 10W-40, seperti yg ane perna blg di thread sebelah, oli itu macem" karakter nya, 10W-40 sekalipun ada yg di design specific utk High-Mileage, dgn kondisi mesin yg lebih aus, dibutuhkan pula aditif utk mengatur naik nya viskositas, serta titik uap oli yang lebih baik, utk menghindari kurang ny level oli akibat penguapan, ataupun kebocoran. Jangan salah, bbrp oli itu pny aditif utk menghambat kebocoran ringan lho, tapi jgn di harap klo sdh rembes bolong, masih bs di tambal Peace:

Jadi intinya, kenali dlu spec si oli tsb, dan tnyakan apakah oli ini cocok utk kondisi mobil yg juragan - juragan bawa skrg, trus jgn lupa, sebagai Seller, tnyakan juga, ekspektasi si user mobil dari produk oli yg mreka pake ini mau seperti apa \)

Btw thread ini dan yg satu lagi beda yah?
Bukannya sama - sama bahas oli mesin juga yah? capedes


hehehe emang gak boleh bro, tapi realita nya berjalan berlawanan.
saya cuma menyampaikan realita aja koq, gak nganjurin pake oli mesin diesel di mesin bensin. that's why they said "kenyataan itu menyakitkan" mostly banyak orang yg akan gak setuju dengan realita yg ada, but that's what happened right?

even saya mencoba edukasi ke setiap pelanggan, tetep aja akan ada 5 dari 100 orang yang tetep akan pakai oli diesel untuk mesin bensinnya

edukasi tentang ganti oli tiap 5000km aja sulit (the very very basic thing), apalagi tentang pake oli diesel ke mesin bensin
ngakakngakakngakak

siap2 mudik :travel:travel:travel

Page 37 of 43 | ‹ First  < 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda