Kendaraan Roda 4
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
Total Views: 37567 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 38 of 43 | ‹ First  < 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 > 

tz. - 16/08/2012 06:46 PM
#741

Quote:
Original Posted By gtwins2
hehehe emang gak boleh bro, tapi realita nya berjalan berlawanan.
saya cuma menyampaikan realita aja koq, gak nganjurin pake oli mesin diesel di mesin bensin. that's why they said "kenyataan itu menyakitkan" mostly banyak orang yg akan gak setuju dengan realita yg ada, but that's what happened right?

even saya mencoba edukasi ke setiap pelanggan, tetep aja akan ada 5 dari 100 orang yang tetep akan pakai oli diesel untuk mesin bensinnya

edukasi tentang ganti oli tiap 5000km aja sulit (the very very basic thing), apalagi tentang pake oli diesel ke mesin bensin
ngakakngakakngakak

siap2 mudik :travel:travel:travel


Ahahaha.. loh itu justru tantangan kita sebagai Seller di negeri ini bro..
Tapi mau bagaimanapun, yg harus di akui adalah konsumen adalah raja.
Final decision nya selalu berpihak di tangan User mobil tsb, toh, investasi yang mereka rawat itu kan ada di posesi mereka, apa yg Seller coba beritahu, atau coba edukasi kan, itu smoga saja bs menjadi good-will

Selama si Seller ngga ada niatan utk menjebloskan ke lubang yg lebih gelap yaak... Hahahaha.. Karena no offense, ngga jarang jg Seller yg tdk paham akan know-how nya Engine Lubrication ini

Safe trip mudiknya broo!
creacker - 20/08/2012 12:36 AM
#742

Gan malam mau tanya2 soal oli

Untuk saat ini saya pake oli mobil-1 5 /50 untuk mobil nissan march saya

Untuk suara mesin menurut saya lebih senyap suaranya, tp di dalam tarikan atas kenapa jadi agak berat ya, ga tau perasaan atau gmana..

Lebih ok nya pake mobil-1 5/50 atau shell ultra ya 5/40, thx a lot untuk penjelasan nya
tz. - 20/08/2012 01:22 AM
#743

Quote:
Original Posted By creacker
Gan malam mau tanya2 soal oli

Untuk saat ini saya pake oli mobil-1 5 /50 untuk mobil nissan march saya

Untuk suara mesin menurut saya lebih senyap suaranya, tp di dalam tarikan atas kenapa jadi agak berat ya, ga tau perasaan atau gmana..

Lebih ok nya pake mobil-1 5/50 atau shell ultra ya 5/40, thx a lot untuk penjelasan nya


Hmm sbelumnya agan pernah pakai oli brand lain atau ngga di March ini?
Supaya kita bisa ada pembanding claim 'agak berat' ini darimana
Soalnya kalau mnurut ane pribadi, karakter mesin March ini memang tdk trlalu ngangkat di putaran atasnya

Tapi kalau konsiderasi agan ada di performa nya, coba ganti ke oli - oli 5W - 30, ntah di spec Synthetic Blend, atau yg Fully Synthetic
creacker - 20/08/2012 02:17 AM
#744

Quote:
Original Posted By tz.
Hmm sbelumnya agan pernah pakai oli brand lain atau ngga di March ini?
Supaya kita bisa ada pembanding claim 'agak berat' ini darimana
Soalnya kalau mnurut ane pribadi, karakter mesin March ini memang tdk trlalu ngangkat di putaran atasnya

Tapi kalau konsiderasi agan ada di performa nya, coba ganti ke oli - oli 5W - 30, ntah di spec Synthetic Blend, atau yg Fully Synthetic


Saya udah pernah di helix 10 / 40, idemitsu pernah juga 10/30 (bawaan beres nissan)

Untuk kedua oli itu yg saya rasakan, power lebih ada dibandingkan dengan mobil1, tp suara nya aja agak kasar, apalage march 3silinder
nissanlovers - 20/08/2012 07:48 AM
#745

Quote:
Original Posted By creacker
Saya udah pernah di helix 10 / 40, idemitsu pernah juga 10/30 (bawaan beres nissan)

Untuk kedua oli itu yg saya rasakan, power lebih ada dibandingkan dengan mobil1, tp suara nya aja agak kasar, apalage march 3silinder


coba mobil 1 gold 5w-30 gan D
denny ismail - 21/08/2012 01:12 AM
#746

Quote:
Original Posted By creacker
Gan malam mau tanya2 soal oli

Untuk saat ini saya pake oli mobil-1 5 /50 untuk mobil nissan march saya

Untuk suara mesin menurut saya lebih senyap suaranya, tp di dalam tarikan atas kenapa jadi agak berat ya, ga tau perasaan atau gmana..

Lebih ok nya pake mobil-1 5/50 atau shell ultra ya 5/40, thx a lot untuk penjelasan nya

iya mungkin laen kali bisa dicoba yg lebih encer multigradenya cari yang 30.. kalo masih kurang enteng coba naik cc ajangakak


Quote:
Original Posted By creacker


Saya udah pernah di helix 10 / 40, idemitsu pernah juga 10/30 (bawaan beres nissan)

Untuk kedua oli itu yg saya rasakan, power lebih ada dibandingkan dengan mobil1, tp suara nya aja agak kasar, apalage march 3silinder
mobil1 untuk multigrade SAE brp gan?
10/40 dan 10/30 dari 2 merk yang sama2 baik jelas lebih enteng 10/30, tapi kalo pake rasa2 doang sih mirip...secara performa dan efisiensi tetep menang /30 D

P.4117.UL - 21/08/2012 04:29 AM
#747

nice ingfonya sundulganssundulganssundulgans
Jambangan - 21/08/2012 12:01 PM
#748

Gan, nanya lagi dong malu:
Kebanyakan mobil jaman sekarang di buku servis tertulis ganti oli tiap 10rb KM
Apa itu ga ada efek samping jangka panjangnya buat mesin??
Apalagi jaman sekarang lalu lintas macet bgt kurang percaya ama kualitas oli atpm yg murah2 itu o
Ane sih dulu biasa ganti oli + filternya tiap 5rb KM biar mesin seger terus o
gene00 - 21/08/2012 12:33 PM
#749

Quote:
Original Posted By Jambangan
Gan, nanya lagi dong malu:
Kebanyakan mobil jaman sekarang di buku servis tertulis ganti oli tiap 10rb KM
Apa itu ga ada efek samping jangka panjangnya buat mesin??
Apalagi jaman sekarang lalu lintas macet bgt kurang percaya ama kualitas oli atpm yg murah2 itu o
Ane sih dulu biasa ganti oli + filternya tiap 5rb KM biar mesin seger terus o


si agan kesini juga ya D

menurut ane klo masih sesuai dgn buku servis, pasti sudah dipertimbangkan efek sampingnya gan, apalagi mesinnya kan dah digaransi... D
teknologi oli & mesin sekarang jg dah berkembang, dulu ganti oli disarankan tiap 2500, trus meningkat jadi tiap 5rb, sekarang jadi 10rb mungkin bbrp tahun lagi dah lebih dari 10rb D

mungkin ini bisa jadi bahan pertimbangan
di pageone jg dah ada D

ini info lengkap tentang umur pake oli murah D
masa pakai oli 1
masa pakai oli 2

klo ragu, cek kondisi visual olinya via dipstik :addfriends
tz. - 21/08/2012 04:48 PM
#750

Quote:
Original Posted By creacker
Saya udah pernah di helix 10 / 40, idemitsu pernah juga 10/30 (bawaan beres nissan)

Untuk kedua oli itu yg saya rasakan, power lebih ada dibandingkan dengan mobil1, tp suara nya aja agak kasar, apalage march 3silinder


Oli dengan nilai Viscosity Index (VI) yang lebih rendah, cenderung memiliki friction load yg lebih rendah bagi mesin, molekul yg lebih kental itu memberikan beban ekstra dalam gerakan mesin, jadi wajar saja kalau performa nya sedikit berkurang

Suara kasar ini kembali lagi ke ukuran muai molekul oli yang berkaitan dengan kemampuan 'meredam getar', oli yg lebih kental itu cenderung memliki kemampuan utk meredam getaran mesin lebih baik, sehingga suara yg ditimbulkan pun lebih sedikit
Jambangan - 22/08/2012 07:34 AM
#751

Quote:
Original Posted By gene00
si agan kesini juga ya D

menurut ane klo masih sesuai dgn buku servis, pasti sudah dipertimbangkan efek sampingnya gan, apalagi mesinnya kan dah digaransi... D
teknologi oli & mesin sekarang jg dah berkembang, dulu ganti oli disarankan tiap 2500, trus meningkat jadi tiap 5rb, sekarang jadi 10rb mungkin bbrp tahun lagi dah lebih dari 10rb D

mungkin ini bisa jadi bahan pertimbangan
di pageone jg dah ada D

ini info lengkap tentang umur pake oli murah D
masa pakai oli 1
masa pakai oli 2

klo ragu, cek kondisi visual olinya via dipstik :addfriends

Wah thx gan jawabannya
Berarti ngikutin buku servis aja ya ganti tiap 10rb KM malus
Quote:
Original Posted By tz.
Oli dengan nilai Viscosity Index (VI) yang lebih rendah, cenderung memiliki friction load yg lebih rendah bagi mesin, molekul yg lebih kental itu memberikan beban ekstra dalam gerakan mesin, jadi wajar saja kalau performa nya sedikit berkurang

Suara kasar ini kembali lagi ke ukuran muai molekul oli yang berkaitan dengan kemampuan 'meredam getar', oli yg lebih kental itu cenderung memliki kemampuan utk meredam getaran mesin lebih baik, sehingga suara yg ditimbulkan pun lebih sedikit


pernah pake oli encer 10-30 bro baru 2rb KM langsung ane ganti ga enak denger suara mesinnya \(
Biasa pake 10-40 suara mesin lebih halus o
denny ismail - 22/08/2012 07:25 PM
#752

Quote:
Original Posted By Jambangan
Gan, nanya lagi dong malu:
Kebanyakan mobil jaman sekarang di buku servis tertulis ganti oli tiap 10rb KM
Apa itu ga ada efek samping jangka panjangnya buat mesin??
Apalagi jaman sekarang lalu lintas macet bgt kurang percaya ama kualitas oli atpm yg murah2 itu o
Ane sih dulu biasa ganti oli + filternya tiap 5rb KM biar mesin seger terus o

manual book adalah referensi pertama dalam merawat kendaraan dari maker nya langsung, tapi sangat perlu kecermatan dalam mengambil referensi. seperti viskositas, API grade dan jenis base oil (manual /sintetik).

oli dari atpm murah2nohope:.. nah berarti pandangan ente ke oli bangsa sendiri gmn gan? harga keluaran pertamina dibawah oli genuine atpm loh D

Quote:
Original Posted By gene00


klo ragu, cek kondisi visual olinya via dipstik :addfriends


cek visual via dipstik itu untuk mengecek tinggi /rendah volume oli, tidak bisa menganalisa kandungan didalamnya, analisa visual berlaku saat ada keganjilan pada pelumas(misal: ditemukan sludge diluar batasan normal)takuts

pergantian oli tiap 10rb km itu aman selama pemilihan jenis oli, dan pemakaian kendaraan itu baik dan sesuai dengan manual book
nissanlovers - 22/08/2012 11:06 PM
#753

Quote:
Original Posted By Jambangan
Gan, nanya lagi dong malu:
Kebanyakan mobil jaman sekarang di buku servis tertulis ganti oli tiap 10rb KM
Apa itu ga ada efek samping jangka panjangnya buat mesin??
Apalagi jaman sekarang lalu lintas macet bgt kurang percaya ama kualitas oli atpm yg murah2 itu o
Ane sih dulu biasa ganti oli + filternya tiap 5rb KM biar mesin seger terus o


keknya atpm pasti nge tes oli gak sebentar/semudah kita bayangkan,
coz berani ngasih garansi sampe 100rb km walaupun pake oli murah
pabrik oli nya pun sudah benar2 riset produknya buat mesin mobilnya awet
gene00 - 22/08/2012 11:45 PM
#754

Quote:
Original Posted By denny ismail
manual book adalah referensi pertama dalam merawat kendaraan dari maker nya langsung, tapi sangat perlu kecermatan dalam mengambil referensi. seperti viskositas, API grade dan jenis base oil (manual /sintetik).

oli dari atpm murah2nohope:.. nah berarti pandangan ente ke oli bangsa sendiri gmn gan? harga keluaran pertamina dibawah oli genuine atpm loh D



cek visual via dipstik itu untuk mengecek tinggi /rendah volume oli, tidak bisa menganalisa kandungan didalamnya, analisa visual berlaku saat ada keganjilan pada pelumas(misal: ditemukan sludge diluar batasan normal)takuts

pergantian oli tiap 10rb km itu aman selama pemilihan jenis oli, dan pemakaian kendaraan itu baik dan sesuai dengan manual book


Iya gan, paling tepat sih cek olinya di lab D
kadang oli terlihat dah kotor tapi pelumasannya msh baik
gene00 - 22/08/2012 11:51 PM
#755

Quote:
Original Posted By Jambangan
Wah thx gan jawabannya
Berarti ngikutin buku servis aja ya ganti tiap 10rb KM malus


pernah pake oli encer 10-30 bro baru 2rb KM langsung ane ganti ga enak denger suara mesinnya \(
Biasa pake 10-40 suara mesin lebih halus o


Iya gan ikut buku servis aja
Semua sdh dijelaskan agan nissanlover \)
denny ismail - 23/08/2012 01:35 AM
#756

Quote:
Original Posted By nissanlovers


keknya atpm pasti nge tes oli gak sebentar/semudah kita bayangkan,
coz berani ngasih garansi sampe 100rb km walaupun pake oli murah
pabrik oli nya pun sudah benar2 riset produknya buat mesin mobilnya awet

yang support utk OEM oli juga bukan anak kmaren sore maen oli gan,
maker macem nippon oil(eneos), idemitsu, fuch, castrol, caltex, pertamina, shell, dan masing2 maker yang sudah ditunjuk disini meriset oli mesin yg sesuai jauh sebelum produk mobil tersebut beredar..

Quote:
Original Posted By gene00


Iya gan, paling tepat sih cek olinya di lab D
kadang oli terlihat dah kotor tapi pelumasannya msh baik

shakehand
nissanlovers - 23/08/2012 08:15 AM
#757

Quote:
Original Posted By denny ismail
yang support utk OEM oli juga bukan anak kmaren sore maen oli gan,
maker macem nippon oil(eneos), idemitsu, fuch, castrol, caltex, pertamina, shell, dan masing2 maker yang sudah ditunjuk disini meriset oli mesin yg sesuai jauh sebelum produk mobil tersebut beredar..


shakehand


setubuh gan \)
tz. - 23/08/2012 11:48 PM
#758

Quote:
Original Posted By denny ismail
manual book adalah referensi pertama dalam merawat kendaraan dari maker nya langsung, tapi sangat perlu kecermatan dalam mengambil referensi. seperti viskositas, API grade dan jenis base oil (manual /sintetik).

oli dari atpm murah2nohope:.. nah berarti pandangan ente ke oli bangsa sendiri gmn gan? harga keluaran pertamina dibawah oli genuine atpm loh D



cek visual via dipstik itu untuk mengecek tinggi /rendah volume oli, tidak bisa menganalisa kandungan didalamnya, analisa visual berlaku saat ada keganjilan pada pelumas(misal: ditemukan sludge diluar batasan normal)takuts

pergantian oli tiap 10rb km itu aman selama pemilihan jenis oli, dan pemakaian kendaraan itu baik dan sesuai dengan manual book


Setuju gan!
Perlu dipahami juga faktor - faktor lain seperti Engine Running Time,
apa si user sering melewati area dgn tingkat kemacetan tinggi, sehingga mesin harus idle lebih lama, atau faktor lain seperti seberapa sering mesin dioperasikan dalam beban tinggi, seperti di pacu dgn RPM tinggi selama periode yang panjang

ilovekaskuss

Quote:
Original Posted By gene00
Iya gan, paling tepat sih cek olinya di lab D
kadang oli terlihat dah kotor tapi pelumasannya msh baik


Hahaha kynya kita serahkan bagian ini ke ATPM oli tsb aja deh,
kotor memang betul bukan merupakan faktor baik atau tidak nya sebuah oli, namun dgn kotor, kesimpulan yg dpt ditarik adalah kandungan sludge akibat oksidasi dan endapan di dalam oli pun mulai banyak, dan darisini jg bs disimpulkan bahwa additive detergent dari oli tsb mulai melemah
tz. - 23/08/2012 11:50 PM
#759

Quote:
Original Posted By herrera
Beberapa oli di Indonesia yang Full Sintetik, saya lihat Material Data Sheet-nya merupakan Petroleum Hydrocarbon ( Mineral oil yang melalui ultra refine seperti Hydrokracked yang menghasilkan oli dengan kualitas molekul yang lebih seragam yang menyerupai sintetik, tetapi bukan sintetik )

There are three basic types of synthetic oil segregated into groups. Group I and group II are conventional oil. Group III "synthetic" oil is considered a synthetic only in the U.S. It is the only group of synthetic oil that gets its base from crude oil, by the process of being hydrokracked and or hydroisomerized. According to Mike Allen from Popular Mechanics, group IV oils "consist of molecules that are synthesized from simpler chemical compounds." Group V oils are also synthesized from chemical compounds.

Read more: What Makes Oil Synthetic? | eHow.com http://www.ehow.com/about_6495179_oil-synthetic_.html#ixzz20n3jQjob

OLI Full synthetic di Indo semuanya adalah Group III, karna tetap berbahan dasar oli mineral yang di hydrokracked.
Hanya beberapa oli yang melewati proses hydrokracked + hydroisomerized (tahap selanjutnya untuk mendapatkan pure oil berkualitas tinggi >> pada tahap ini didapatkan base oil yang tidak berwarna, memiliki ketahanan tempratur tinggi yang mendekati oli berbahan dasar PAO, DAN MEMILIKI KESERAGAMAN MOLEKUL YANG mendekati OLI berbahan dasar PAO)

Saya menemukan beberapa merk yg betul2 menyatakan telah melewati proses hydroisomerized :
Total Quartz 7000 + 9000 API SM
PETRO CANADA
PRIMO OIL ( JC COMPANY )

Ketiga produk di atas tetap menuliskan syntetik + full sintetik, padahal base oil-nya bukan PAO, TETAPI MINERAL OIL YANG MELEWATI TAHAP HYDROkrackED + HYDROISOMERIZED


SEHARUSNYA : (berdasarkan tingkatan)

1. FULLY SINTETIK = 100% PAO BASE OIL >>. amsoil (untuk oli di Indo saya tidak menemukan)

2. Semy Syntetik = 30% PAO + Group III Hydroisomerized ( tidak saya temukan di Indo )

3. Mineral
- Hydrokracked + Hydroisomerized > 3 oli di atas
- Hydrokracked > semua oli full syntetic + semi synthetic yg ada di Indo (kecuali 3 di atas)
- Conventional > semua oli mineral yg ada di indo

INFO DI ATAS SILAKAN DIPERDEBATKAN, KITA SHARE INFO AJA

Terutama :

1. Apakah oli Full Synthetic/ SEMI SYNTHETIC yg beredar di Indo sedikitnya mengandung PAO?
2. Apakah oli2 yang melewati proses hydrokracked sebetulnya juga melewati proses hydroisomerized namun saya tidak tahu / memang tidak dipublikasikan.

Tambahan :
Amsoil sebagai satu2nya produsen oli berdasar 100% PAO menyampaikan keberatannya atas penggunaan kategori "Fully Synthetic" pada oli2 pesaingnya , padahal mereka hanya menggunakan Base oil PAO tersebut tidak lebih dari 70%


Gan, ane mau tanya dong..
Apa kelebihan nya 100% PAO di negara dua musim seperti di Indonesia ini, di compare dengan hydro cracked base oil?
denny ismail - 24/08/2012 02:56 PM
#760

Quote:
Original Posted By tz.


Gan, ane mau tanya dong..
Apa kelebihan nya 100% PAO di negara dua musim seperti di Indonesia ini, di compare dengan hydro kracked base oil?
mahal??Peace:
Page 38 of 43 | ‹ First  < 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 > 
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda