Kendaraan Roda 4
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda
Total Views: 37567 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 42 of 43 | ‹ First  < 37 38 39 40 41 42 43 > 

denny ismail - 19/09/2012 12:28 AM
#821

shakehand
overtimerz - 19/09/2012 05:05 PM
#822

Apa tipsnya kalo pengen ganti oli sendiri di rumah? dan apa tolls yang dibutuhkan gan..? terimakasih untuk share ilmunya..
gene00 - 19/09/2012 05:15 PM
#823

Quote:
Original Posted By Dr.Apituley
makasi infonya gan.. carnival diesel shell rimula uda cukup yaa.. saya ga nuntut performa ngebut kok.. cendols


iya gan uda cukup :addfriends

Quote:
Original Posted By overtimerz
Apa tipsnya kalo pengen ganti oli sendiri di rumah? dan apa tolls yang dibutuhkan gan..? terimakasih untuk share ilmunya..


tool yg dibutuhkan: kunci sesuai ukuran baut pembuangan oli, dongkrak, kain. wadah tempat oli
gtwins2 - 19/09/2012 05:18 PM
#824

Quote:
Original Posted By overtimerz
Apa tipsnya kalo pengen ganti oli sendiri di rumah? dan apa tolls yang dibutuhkan gan..? terimakasih untuk share ilmunya..


kaga ada tips n trik nya iloveindonesias

perlu:
baki untuk tampung oli bekas
kunci untuk buka tap oli
lap kotor (penting banget yang satu ini malus) untuk ngelap2
corong untuk tuang oli biar gak tumpah
garasi / tempat parkir yang rata, tidak miring
ohya, sama itu plester yang buat pipa atau keran air untuk baut tap oli nya

caranya:
sore/malam hari dibuka itu baut tap oli nya, biarin ngocor semalaman.
pagi2 nya tinggal tutup tap oli nya (dipakein plester ya biar ga bocor), terus tinggal tuang deh oli baru nya.

semoga membantu yah.

ohya, oli bekasnya jangan dibuang yah, pencemaran, kasihin ke org yang membutuhkan aja.
denny ismail - 19/09/2012 09:40 PM
#825

Quote:
Original Posted By gene00


iya gan uda cukup :addfriends



tool yg dibutuhkan: kunci sesuai ukuran baut pembuangan oli, dongkrak, kain. wadah tempat oli

tambahin kunci filter oli boleh dah.. :cool
agoesvitara - 20/09/2012 01:43 PM
#826

gan mau tanya kmrin kalo gak salah pernah baca di koran otomotif. katanya oli mesin diesel bisa dipake buat mesin bensin juga y?kira oli spec yg gimana yg bisa dipake?soalnya ane cari2 artikelnya gak ketemu, kayaknya kebuang
tq
denny ismail - 20/09/2012 09:43 PM
#827

Quote:
Original Posted By agoesvitara
gan mau tanya kmrin kalo gak salah pernah baca di koran otomotif. katanya oli mesin diesel bisa dipake buat mesin bensin juga y?kira oli spec yg gimana yg bisa dipake?soalnya ane cari2 artikelnya gak ketemu, kayaknya kebuang
tq

ada yg bisa ada yg ngga om.. liat kode API nya dulu.. D
bb7997 - 21/09/2012 12:38 PM
#828
taruna karbu 2000
mhn pencerahannya gan..oli tuk taruna ane yg bagus SAE berapa ya..? ane pake 20W-50..apa udh tepat??thx gan
:thumbup
shakehand2..
gene00 - 21/09/2012 12:50 PM
#829

Quote:
Original Posted By bb7997
mhn pencerahannya gan..oli tuk taruna ane yg bagus SAE berapa ya..? ane pake 20W-50..apa udh tepat??thx gan
:thumbup
shakehand2..


ane jg dulu owner taruna carbu 200 gan D
20w/50 API SJ/SL/SN sudah tepat
kl yg lebih encer mesinnya jadi ga halus gan
bisa jg pake 15w/50....
overtimerz - 21/09/2012 01:53 PM
#830

Quote:
Original Posted By gene00


iya gan uda cukup :addfriends



tool yg dibutuhkan: kunci sesuai ukuran baut pembuangan oli, dongkrak, kain. wadah tempat oli


Quote:
Original Posted By gtwins2


kaga ada tips n trik nya iloveindonesias

perlu:
baki untuk tampung oli bekas
kunci untuk buka tap oli
lap kotor (penting banget yang satu ini malus) untuk ngelap2
corong untuk tuang oli biar gak tumpah
garasi / tempat parkir yang rata, tidak miring
ohya, sama itu plester yang buat pipa atau keran air untuk baut tap oli nya

caranya:
sore/malam hari dibuka itu baut tap oli nya, biarin ngocor semalaman.
pagi2 nya tinggal tutup tap oli nya (dipakein plester ya biar ga bocor), terus tinggal tuang deh oli baru nya.

semoga membantu yah.

ohya, oli bekasnya jangan dibuang yah, pencemaran, kasihin ke org yang membutuhkan aja.


Quote:
Original Posted By denny ismail

tambahin kunci filter oli boleh dah.. :cool


Makasih infonya gan2 semua, nanti diintip dulu tap olinya gampang ga posisinya.
denny ismail - 24/09/2012 12:23 AM
#831

naikin dulu dah
mfuad - 24/09/2012 10:56 AM
#832

Quote:
Original Posted By bb7997
mhn pencerahannya gan..oli tuk taruna ane yg bagus SAE berapa ya..? ane pake 20W-50..apa udh tepat??thx gan
:thumbup
shakehand2..


pake oli yg relatif kental 20w50 APi Sj atau SH atau oli disel 15w40 API Ci4. Idealnya ga perlu pake APi SL Sm SN. Oli jenis ini utk mobil2 modern, dg aditif kadar anti aus max.800 ppm. KAlo mobil lawas baiknya pake yg banyak aditif anti aus.
contoh tipikal olimesin modern API SM (juga API SL SN)

Spoiler for Hasil uji oli mesin API SM
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


Dari hasil uji diats dapt dilihat, bahwa tipikal oli mesin modern API SM, SN dan SL memliliki aditif anti aus yg sangat sedikit. Padahal mobil lawas perlu aditif ZDPP-anti aus yg relatif banyak.

Quote:
Original Posted By agoesvitara
gan mau tanya kmrin kalo gak salah pernah baca di koran otomotif. katanya oli mesin diesel bisa dipake buat mesin bensin juga y?kira oli spec yg gimana yg bisa dipake?soalnya ane cari2 artikelnya gak ketemu, kayaknya kebuang
tq


Oli mesin disel, relatif tinggi nilai TBN-nya, karena sifat pembakarannya relatif kotor dibandingkan mesin bensin. Oleh karena itu kandungan TBN- ukuran utk aditif pembersih- relatif tinggi. Sulfur yg tinggi pd solar juga membuthkn aditif ini, utk menetralisir asam.
Untuk mesin bensin , nilai TBN sebaiknya rendah karena sifat pembakrannya tdk sekotor mesin disel dan juga kalo kebanyakan dapat mengakibatkan deposit karbon yg banyak dan bisa menggerus seal ring piston.
Kadar aditif mesin disel-terutama anti wear aditif -Zndp- relatif banyak mengnngat , kerja yg dilakukan relatif lebih berat dbandingkan mesin bensin. Sebaliknya aditif ini pada mesin bensin modern , bisa meracuni katalis konverter pada sistem gas buang.
Oli mesin disel mumnya relatif kental, karena kondisi kerja yg dilakukan mesin ini relatif besar baik dr suhunya maupun tekanannya. Oli yg relatif kental relatif lebih bisa beradaptasi pada suhu2 tinggi.
Kalau dr penjelasan diatas bisa dismpulkan sebnarnya oli mesin bensin bisa juga dipakai mesin disel dan sebaliknya dengan tingkat spesifikasi tertentu. karena tdk semua oli mesin disel ber TBN tinggi. Dan juga ada mesin bensin yg justru membutuhkan adiitf anti aus yg banyak misalnya mobil bensin generasi 90-an.
Contoh : kode oli yg bisa dipakai utk mesin bensin dan dissel
- API CI4/SL , bisa dipakai untuk mesin disel kode API CI4 dan mesin bensin API SL. Biasanya aditif antiwear (zdpp) nya rata2 1200-1400 ppm. Baik dipakai utk mesin bensin 90-an
- API CJ4/SL,SM , aditif Zdpp dibawah 1200 ppm. Mesin bensin 2000an.

TABEL PERBANDINGAN TIPIKAL OLIMESIN DISEL DAN BENSIN

Spoiler for TABEL PERBANDINGAN SPEK OLIMESIN DISEL DAN BENSIN
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda[/IMG]


dan dibawah ini contoh tipikal spesifikasi oli mesin disel

Spoiler for TABEL TIPIKAL OLI MESIN DISEL API CI4
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


Dari tabel diatas terlihat bahwa oli mesin disel umumnya memiliki TBN yg tinggi dan nilai kadar aditif yg tinggi. Oli disel ini cocok idealnya utk mobil bensin generasi lamaa.
ok gan mudah2an membantu
mfuad



gene00 - 24/09/2012 11:40 AM
#833

Quote:
Original Posted By mfuad
pake oli yg relatif kental 20w50 APi Sj atau SH atau oli disel 15w40 API Ci4. Idealnya ga perlu pake APi SL Sm SN. Oli jenis ini utk mobil2 modern, dg aditif kadar anti aus max.800 ppm. KAlo mobil lawas baiknya pake yg banyak aditif anti aus.
contoh tipikal olimesin modern API SM (juga API SL SN)

Spoiler for Hasil uji oli mesin API SM
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


Dari hasil uji diats dapt dilihat, bahwa tipikal oli mesin modern API SM, SN dan SL memliliki aditif anti aus yg sangat sedikit. Padahal mobil lawas perlu aditif ZDPP-anti aus yg relatif banyak.



Oli mesin disel, relatif tinggi nilai TBN-nya, karena sifat pembakarannya relatif kotor dibandingkan mesin bensin. Oleh karena itu kandungan TBN- ukuran utk aditif pembersih- relatif tinggi. Sulfur yg tinggi pd solar juga membuthkn aditif ini, utk menetralisir asam.
Untuk mesin bensin , nilai TBN sebaiknya rendah karena sifat pembakrannya tdk sekotor mesin disel dan juga kalo kebanyakan dapat mengakibatkan deposit karbon yg banyak dan bisa menggerus seal ring piston.
Kadar aditif mesin disel-terutama anti wear aditif -Zndp- relatif banyak mengnngat , kerja yg dilakukan relatif lebih berat dbandingkan mesin bensin. Sebaliknya aditif ini pada mesin bensin modern , bisa meracuni katalis konverter pada sistem gas buang.
Oli mesin disel mumnya relatif kental, karena kondisi kerja yg dilakukan mesin ini relatif besar baik dr suhunya maupun tekanannya. Oli yg relatif kental relatif lebih bisa beradaptasi pada suhu2 tinggi.
Kalau dr penjelasan diatas bisa dismpulkan sebnarnya oli mesin bensin bisa juga dipakai mesin disel dan sebaliknya dengan tingkat spesifikasi tertentu. karena tdk semua oli mesin disel ber TBN tinggi. Dan juga ada mesin bensin yg justru membutuhkan adiitf anti aus yg banyak misalnya mobil bensin generasi 90-an.
Contoh : kode oli yg bisa dipakai utk mesin bensin dan dissel
- API CI4/SL , bisa dipakai untuk mesin disel kode API CI4 dan mesin bensin API SL. Biasanya aditif antiwear (zdpp) nya rata2 1200-1400 ppm. Baik dipakai utk mesin bensin 90-an
- API CJ4/SL,SM , aditif Zdpp dibawah 1200 ppm. Mesin bensin 2000an.

TABEL PERBANDINGAN TIPIKAL OLIMESIN DISEL DAN BENSIN

Spoiler for TABEL PERBANDINGAN SPEK OLIMESIN DISEL DAN BENSIN
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


dan dibawah ini contoh tipikal spesifikasi oli mesin disel

Spoiler for TABEL TIPIKAL OLI MESIN DISEL API CI4
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


Dari tabel diatas terlihat bahwa oli mesin disel umumnya memiliki TBN yg tinggi dan nilai kadar aditif yg tinggi. Oli disel ini cocok idealnya utk mobil bensin generasi lamaa.
ok gan mudah2an membantu
mfuad


mangstab sharenya gan.... :2thumbup
ijin copas ya... D
mfuad - 24/09/2012 12:15 PM
#834

Quote:
Original Posted By gene00


mangstab sharenya gan.... :2thumbup
ijin copas ya... D


Syukron ..
Silakan gan

mfuad
tz. - 28/09/2012 12:22 PM
#835

Quote:
Original Posted By mfuad
pake oli yg relatif kental 20w50 APi Sj atau SH atau oli disel 15w40 API Ci4. Idealnya ga perlu pake APi SL Sm SN. Oli jenis ini utk mobil2 modern, dg aditif kadar anti aus max.800 ppm. KAlo mobil lawas baiknya pake yg banyak aditif anti aus.
contoh tipikal olimesin modern API SM (juga API SL SN)

Spoiler for Hasil uji oli mesin API SM
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


Dari hasil uji diats dapt dilihat, bahwa tipikal oli mesin modern API SM, SN dan SL memliliki aditif anti aus yg sangat sedikit. Padahal mobil lawas perlu aditif ZDPP-anti aus yg relatif banyak.



Oli mesin disel, relatif tinggi nilai TBN-nya, karena sifat pembakarannya relatif kotor dibandingkan mesin bensin. Oleh karena itu kandungan TBN- ukuran utk aditif pembersih- relatif tinggi. Sulfur yg tinggi pd solar juga membuthkn aditif ini, utk menetralisir asam.
Untuk mesin bensin , nilai TBN sebaiknya rendah karena sifat pembakrannya tdk sekotor mesin disel dan juga kalo kebanyakan dapat mengakibatkan deposit karbon yg banyak dan bisa menggerus seal ring piston.
Kadar aditif mesin disel-terutama anti wear aditif -Zndp- relatif banyak mengnngat , kerja yg dilakukan relatif lebih berat dbandingkan mesin bensin. Sebaliknya aditif ini pada mesin bensin modern , bisa meracuni katalis konverter pada sistem gas buang.
Oli mesin disel mumnya relatif kental, karena kondisi kerja yg dilakukan mesin ini relatif besar baik dr suhunya maupun tekanannya. Oli yg relatif kental relatif lebih bisa beradaptasi pada suhu2 tinggi.
Kalau dr penjelasan diatas bisa dismpulkan sebnarnya oli mesin bensin bisa juga dipakai mesin disel dan sebaliknya dengan tingkat spesifikasi tertentu. karena tdk semua oli mesin disel ber TBN tinggi. Dan juga ada mesin bensin yg justru membutuhkan adiitf anti aus yg banyak misalnya mobil bensin generasi 90-an.
Contoh : kode oli yg bisa dipakai utk mesin bensin dan dissel
- API CI4/SL , bisa dipakai untuk mesin disel kode API CI4 dan mesin bensin API SL. Biasanya aditif antiwear (zdpp) nya rata2 1200-1400 ppm. Baik dipakai utk mesin bensin 90-an
- API CJ4/SL,SM , aditif Zdpp dibawah 1200 ppm. Mesin bensin 2000an.

TABEL PERBANDINGAN TIPIKAL OLIMESIN DISEL DAN BENSIN

Spoiler for TABEL PERBANDINGAN SPEK OLIMESIN DISEL DAN BENSIN
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda[/IMG]


dan dibawah ini contoh tipikal spesifikasi oli mesin disel

Spoiler for TABEL TIPIKAL OLI MESIN DISEL API CI4
Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda


Dari tabel diatas terlihat bahwa oli mesin disel umumnya memiliki TBN yg tinggi dan nilai kadar aditif yg tinggi. Oli disel ini cocok idealnya utk mobil bensin generasi lamaa.
ok gan mudah2an membantu
mfuad


Wah ini technical research ny dalem bgt nih, sampai ckup bnyk brand yg di uji coba jg, mantap bro! thanks share nya

Nah, kalo melihat spec mesin2 saat ini, bro mfuad recommend oli apa nih?
denny ismail - 29/09/2012 05:27 PM
#836

kalo menurut saya, karena trid ini dibaca banyak orang dengan pengetahuan lubrikasi yang berbeda2, lebioh menyarankan pakai oli sesuai peruntukannya aja.. karena brand pemegang merk akan bertanggung jawab pada pemakaian sesuai petunjuk saat terjadi hal2 yang tiak diinginkan, misalkan contoh kasus rekan saya di sebuah komunitas mobil tua, yang saat ini mengalami bunyi-bunyian di mesin bensinnya karena menggunakan oli diesel. apa pemilik brand oli mau bertanggungjawab mengenai hal itu? D
gene00 - 29/09/2012 09:12 PM
#837

Quote:
Original Posted By denny ismail
kalo menurut saya, karena trid ini dibaca banyak orang dengan pengetahuan lubrikasi yang berbeda2, lebioh menyarankan pakai oli sesuai peruntukannya aja.. karena brand pemegang merk akan bertanggung jawab pada pemakaian sesuai petunjuk saat terjadi hal2 yang tiak diinginkan, misalkan contoh kasus rekan saya di sebuah komunitas mobil tua, yang saat ini mengalami bunyi-bunyian di mesin bensinnya karena menggunakan oli diesel. apa pemilik brand oli mau bertanggungjawab mengenai hal itu? D


setuju gan.... :addfriends
pakai aja sesuai peruntukannya...
mfuad - 30/09/2012 12:06 AM
#838

Quote:
Original Posted By tz.


Wah ini technical research ny dalem bgt nih, sampai ckup bnyk brand yg di uji coba jg, mantap bro! thanks share nya

Nah, kalo melihat spec mesin2 saat ini, bro mfuad recommend oli apa nih?


Kalo rujukannya hasil uji diatas (oli API SM SAE 5w 30) ada 2 merk oli yang menonjol mutunya bila dilihat dr hasil uji elemen aditifnya dibandingkan lainnya. Oli yg baik akan mampu melindungi mesin dr aus secara baik dan juga memberikan efek efesiensi bhn bakar yg optimal. maaf sy ga bisa menjelaskan merk,,,nanti jadi iklan dong...
japri aja Gan..

Quote:
Original Posted By denny ismail
kalo menurut saya, karena trid ini dibaca banyak orang dengan pengetahuan lubrikasi yang berbeda2, lebioh menyarankan pakai oli sesuai peruntukannya aja.. karena brand pemegang merk akan bertanggung jawab pada pemakaian sesuai petunjuk saat terjadi hal2 yang tiak diinginkan, misalkan contoh kasus rekan saya di sebuah komunitas mobil tua, yang saat ini mengalami bunyi-bunyian di mesin bensinnya karena menggunakan oli diesel. apa pemilik brand oli mau bertanggungjawab mengenai hal itu? D


Kalo boleh tau GAn, Temen Agan pake spek oli yg Bgmana API? SAE? jenis kendaraanya? kali2 aja Ana bisa memberikan pencerahan n masukan terkait masalh pemakaian oli tsb..Maklum Gan, banyak sebenarnya mekanik yg ga paham ttg oli mesin...
Soalnya banyak yg punya bengkel n juga bahkn yg punya pabriknya pd nanya ke Ana ...

makasih Gan..
mfuad
tz. - 30/09/2012 03:40 PM
#839

Quote:
Original Posted By denny ismail
kalo menurut saya, karena trid ini dibaca banyak orang dengan pengetahuan lubrikasi yang berbeda2, lebioh menyarankan pakai oli sesuai peruntukannya aja.. karena brand pemegang merk akan bertanggung jawab pada pemakaian sesuai petunjuk saat terjadi hal2 yang tiak diinginkan, misalkan contoh kasus rekan saya di sebuah komunitas mobil tua, yang saat ini mengalami bunyi-bunyian di mesin bensinnya karena menggunakan oli diesel. apa pemilik brand oli mau bertanggungjawab mengenai hal itu? D


Quote:
Original Posted By mfuad
Kalo rujukannya hasil uji diatas (oli API SM SAE 5w 30) ada 2 merk oli yang menonjol mutunya bila dilihat dr hasil uji elemen aditifnya dibandingkan lainnya. Oli yg baik akan mampu melindungi mesin dr aus secara baik dan juga memberikan efek efesiensi bhn bakar yg optimal. maaf sy ga bisa menjelaskan merk,,,nanti jadi iklan dong...
japri aja Gan..



Kalo boleh tau GAn, Temen Agan pake spek oli yg Bgmana API? SAE? jenis kendaraanya? kali2 aja Ana bisa memberikan pencerahan n masukan terkait masalh pemakaian oli tsb..Maklum Gan, banyak sebenarnya mekanik yg ga paham ttg oli mesin...
Soalnya banyak yg punya bengkel n juga bahkn yg punya pabriknya pd nanya ke Ana ...

makasih Gan..
mfuad


Hmm kaskus bukanny memang memberi freedom of speech yah?
dimana si user ID itu berhak berkata apa yg diyakini nya benar yah? D

Tp bener sih gan, si pemegang merk ga mgkin brtanggung jwb, apalagi yg via forum sperti kaskus begini, hukum nya masih blom kuat

Btw gan, ane japri yahh o
tz. - 30/09/2012 03:42 PM
#840

--dopost--
Page 42 of 43 | ‹ First  < 37 38 39 40 41 42 43 > 
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 4 > Tips Memilih Oli Mesin Buat Mobil Anda