ACTIVITY & HOBBY
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > kaskuser peminat dirgantara masuk!
Total Views: 2214 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 4 |  < 1 2 3 4 > 

jonsa - 28/08/2011 12:06 PM
#41

tentang apaan nih gan,yg mo di bicararakancapedescapedes
mamangroker - 02/10/2011 09:30 PM
#42

ane kemaren ke ulang tahun PT Krakatau Steel...

ada pameran dari PT dirgantara....

dosqi bawa salah satu model pesawat yang terbarunya tapi dalam bentuk replika ukuran gede.....

mantep gan ternyata PT dirgantara,,,,,,,

sukses buat PT dirgantara,,,,,okkkk
mamangroker - 02/10/2011 09:33 PM
#43

ane kemaren ke ulang tahun PT Krakatau Steel...

ada pameran dari PT dirgantara....

dosqi bawa salah satu model pesawat yang terbarunya tapi dalam bentuk replika ukuran gede.....

mantep gan ternyata PT dirgantara,,,,,,,

sukses buat PT dirgantara,,,,,okkkk
oshikay - 05/11/2011 11:53 PM
#44

ane suka ama dirgantara gan...

tapi klo ga ada topik pembicaraan mending ane...

:travel :travel :travel

dulu deh... sambil nunggu yg laen
tutor20 - 10/11/2011 10:44 AM
#45

nyimak aja gan..

sup:sup:sup:
Doddy Suhendra - 13/12/2011 05:00 PM
#46
Tipe pesawat
Quote:
Original Posted By hogansia
Ane mulai deh,
Ada yang tahu gimana cara mengenali tipe pesawat, apakah itu Boeing 747, 777, 737, Airbus A320, A330, A340 atau A380? Entar ane coba jelaskan, tapi coba agan-agan menjawab dulu.



Ngeramein deh Gan, sekalian share ilmu.
1. Boeing 747 yang pasti itu double deck alias 2 lantai (yang nantinya ditiru sama Airbus A380) dan punya 4 engine

2. Boeing 777 itu ada 2 engine dan lumayan panjang buat long flight. Kalo agan agan ada disekitaran CGK (Cengkareng) bisa ngintip ke terminal 2 & liat pesawatnya Etihad Airways, Emirates & Singapore Airlines. Mereka kebanyakan pake Triple Seven

3. Boeing 737, atau pesawat sejuta umat. Karena pesawat itu paling laku terjual diseluruh dunia. Variannya adalah seri 200 (mesinnya panjang), seri 300, seri 400, seri 500 dan seri 900 ER (Extended Range) yang dipake sama Lion Air. Kemudian seri 800 yang dibeli sama Garuda. Perbedaannya yang signifikan dari seri 800 & 900 dibanding seri sebelumnya adalah wingtip (ujung sayap) yang melengkung ke atas

4. Airbus A310, A319, A320 dan A321 adalah seri short rangenya produk Airbus. Cara ngenalin seri tersebut dibanding dengan Boeing adalah wingtip nya. Dan kalo beruntung bisa masuk cockpit Airbus itu bisa keliatan dari kemudi pesawat (kayak joystick) yang letaknya di pinggir om pilot & co pilot, nah kalo Boeing letaknya di tengah tengah, diantara paha maksudnya

5. Airbus A330 & A340 hampir sama Gan, mereka berdua didesign untuk long range & menjadi pesaingnya Triple Seven. Yang ngebedain A330 & A340 adalah jumlah enginenya. A330 punya 2 engine sementara A340 ada empat engine. Semua wingtip sama dengan seri airbus yang lebih kecil yang disebutin diatas

6. Si bungsu A380 baru lahir tahun kemarin buat ngelawan 747, bentuknya gede dan yang keliatan adalah double deck. Kita masih bermimpi untuk ngeliat A380 karena katanya sih belum ada landasan yang cocok ato panjang untuk landing/take offnya A380. Tapi menurut ane sih Hang Nadim Airport yang panjangnya 4400 meter bisa tuh nampung Airbus A380, cuma ya itu dia...., ngga bisa parkir Gan soalnya kegedean....

CMIIW gan,
09IRE - 15/12/2011 03:10 PM
#47

Quote:
Original Posted By Doddy Suhendra
Ngeramein deh Gan, sekalian share ilmu.
1. Boeing 747 yang pasti itu double deck alias 2 lantai (yang nantinya ditiru sama Airbus A380) dan punya 4 engine

2. Boeing 777 itu ada 2 engine dan lumayan panjang buat long flight. Kalo agan agan ada disekitaran CGK (Cengkareng) bisa ngintip ke terminal 2 & liat pesawatnya Etihad Airways, Emirates & Singapore Airlines. Mereka kebanyakan pake Triple Seven

3. Boeing 737, atau pesawat sejuta umat. Karena pesawat itu paling laku terjual diseluruh dunia. Variannya adalah seri 200 (mesinnya panjang), seri 300, seri 400, seri 500 dan seri 900 ER (Extended Range) yang dipake sama Lion Air. Kemudian seri 800 yang dibeli sama Garuda. Perbedaannya yang signifikan dari seri 800 & 900 dibanding seri sebelumnya adalah wingtip (ujung sayap) yang melengkung ke atas

4. Airbus A310, A319, A320 dan A321 adalah seri short rangenya produk Airbus. Cara ngenalin seri tersebut dibanding dengan Boeing adalah wingtip nya. Dan kalo beruntung bisa masuk cockpit Airbus itu bisa keliatan dari kemudi pesawat (kayak joystick) yang letaknya di pinggir om pilot & co pilot, nah kalo Boeing letaknya di tengah tengah, diantara paha maksudnya

5. Airbus A330 & A340 hampir sama Gan, mereka berdua didesign untuk long range & menjadi pesaingnya Triple Seven. Yang ngebedain A330 & A340 adalah jumlah enginenya. A330 punya 2 engine sementara A340 ada empat engine. Semua wingtip sama dengan seri airbus yang lebih kecil yang disebutin diatas

6. Si bungsu A380 baru lahir tahun kemarin buat ngelawan 747, bentuknya gede dan yang keliatan adalah double deck. Kita masih bermimpi untuk ngeliat A380 karena katanya sih belum ada landasan yang cocok ato panjang untuk landing/take offnya A380. Tapi menurut ane sih Hang Nadim Airport yang panjangnya 4400 meter bisa tuh nampung Airbus A380, cuma ya itu dia...., ngga bisa parkir Gan soalnya kegedean....

CMIIW gan,


wow,.........
ternyata ada thread beginian, asik juga
salam kenal gan
apal banget tuch
jangan2 ente teknisi atawa pilotnya yak

coba donk bahas pesawat2 tempurnya
trus kalo bisa mengupas sejarah kedirgantaraan AU Indonesia yang dulu di era taon 60-an pernah ditakuti karena pny armada terbesar ke-4 se-Asia selatan....

Indonesia pernah punya TU-28 yg dibeli atau dihibahin yach ma soviet (Nikita Kruschev) beberapa skuadron.....gara2 itu pula (kalo gak salah yach) Australia buru2 beli F-117 atau F-111 yach (bingung set mode +on) Bomber dari Amrik sono buat faktor pengimbang. takut diserbu kaleee.....maklum orang Ausie khan rada parno ma Bung Karno


dach ahhh.....selanjutnya ndak tau lagi hehehehhe..........
09IRE - 15/12/2011 03:10 PM
#48

Quote:
Original Posted By Doddy Suhendra
Ngeramein deh Gan, sekalian share ilmu.
1. Boeing 747 yang pasti itu double deck alias 2 lantai (yang nantinya ditiru sama Airbus A380) dan punya 4 engine

2. Boeing 777 itu ada 2 engine dan lumayan panjang buat long flight. Kalo agan agan ada disekitaran CGK (Cengkareng) bisa ngintip ke terminal 2 & liat pesawatnya Etihad Airways, Emirates & Singapore Airlines. Mereka kebanyakan pake Triple Seven

3. Boeing 737, atau pesawat sejuta umat. Karena pesawat itu paling laku terjual diseluruh dunia. Variannya adalah seri 200 (mesinnya panjang), seri 300, seri 400, seri 500 dan seri 900 ER (Extended Range) yang dipake sama Lion Air. Kemudian seri 800 yang dibeli sama Garuda. Perbedaannya yang signifikan dari seri 800 & 900 dibanding seri sebelumnya adalah wingtip (ujung sayap) yang melengkung ke atas

4. Airbus A310, A319, A320 dan A321 adalah seri short rangenya produk Airbus. Cara ngenalin seri tersebut dibanding dengan Boeing adalah wingtip nya. Dan kalo beruntung bisa masuk cockpit Airbus itu bisa keliatan dari kemudi pesawat (kayak joystick) yang letaknya di pinggir om pilot & co pilot, nah kalo Boeing letaknya di tengah tengah, diantara paha maksudnya

5. Airbus A330 & A340 hampir sama Gan, mereka berdua didesign untuk long range & menjadi pesaingnya Triple Seven. Yang ngebedain A330 & A340 adalah jumlah enginenya. A330 punya 2 engine sementara A340 ada empat engine. Semua wingtip sama dengan seri airbus yang lebih kecil yang disebutin diatas

6. Si bungsu A380 baru lahir tahun kemarin buat ngelawan 747, bentuknya gede dan yang keliatan adalah double deck. Kita masih bermimpi untuk ngeliat A380 karena katanya sih belum ada landasan yang cocok ato panjang untuk landing/take offnya A380. Tapi menurut ane sih Hang Nadim Airport yang panjangnya 4400 meter bisa tuh nampung Airbus A380, cuma ya itu dia...., ngga bisa parkir Gan soalnya kegedean....

CMIIW gan,


Sorry dopost gan....maklum suka DC nich koneksi
agung65 - 22/12/2011 10:44 AM
#49

Quote:
Original Posted By prince.kaskus
buat kaskuser peminat dirgantara ayok kumpul disini, ramein sampe langit ketujuh p.. sampe ada forum tersendiri..
kl mau post atau berbagi informasi kedirgantaraan disini jg boleh p


Ikut gannnnnnnnnnnnnn:request
agung65 - 22/12/2011 10:51 AM
#50

Quote:
Original Posted By agung65
Ikut gannnnnnnnnnnnnn:request

Copas tetangga dikit sekedar share
kenapa pesawat yang bergitu besar bisa terangkat??

[B]Pesawat terbang dapat terangkat ke udara karena kelajuan udara yang
melalui sayap pesawat tersebut, berbeda dengan roket yang terangkat ke
atas karena aksi-reaksi antara gas yang disemburkan roket dengan roket
itu sendiri. Roket menyemburkan gas ke belakang (ke bawah), sebagai
reaksinya gas mendorong roket ke atas. Jadi roket tetap dapat
terangkat ke atas meskipun tidak ada udara, pesawat terbang tidak
dapat terangkat jika tidak ada udara.
Penampang sayap pesawat terbang mempunyai bagian belakang yang lebih
tajam dari pada bagian depan, dan sisi bagian atas yang lebih
melengkung dari pada sisi bagian bawahnya. Gambar di bawah adalah
bentuk penampang sayap yang disebut dengan aerofoil.

aerofoil

Garis arus pada sisi bagaian atas lebih rapat daripada sisi bagian
bawahnya, yang berarti laju aliran udara pada sisi bagian atas pesawat
(v2) lebih besar daripada sisi bagian bawah sayap (v1). Sesuai dengan
asas Bernoulli

asas bernoulli

Tekanan pada sisi bagian atas pesawat (p2) lebih kecil daripada sisi
bagian bawah pesawat (p1) karena laju udara lebih besar. Beda tekanan
p1 – p2 menghasilkan gaya angkat sebesar: , dengan A merupakan luas
penampang total sayap jika nilai p1 – p2 dari persamaan gaya angkat
diperoleh , , dengan ρ adalah massa jenis udara.

Wright Bersaudara

Pesawat dapat terangkat keatas jika gaya angkat lebih besar daripada
berat pesawat, jadi apakah suatu pesawat dapat atau tidak tergantung
pada berat pesawat, kelajuan pesawat dan ukuran sayapnya. Makin besar
kecepatan pesawat, makin kecepatan udara dan ini berarti bertambah
besar sehingga gaya angkat Jika pesawat telah berada pada ketinggian
tertentu dan pilot ingin mempertahankan ketinggiannya (melayang di
udara), maka kelajuan pesawat harus diatur sedemikian rupa sehingga
gaya angkat sama dengan berat pesawat

Sayaplah yang menyebabkan Pesawat terbang dan terangkat
[spoiler=sayaplah bkn mesin]
Adalah suatu yang salah jika kita berfikir bahwa mesin (engine) lah
menyebabkan pesawat dapat terbang. Pada dasarnya, sayap lah yang
memberi gaya angkat yang dibutuhkan untuk terbang, sedangkan engine
hanya memberi gaya dorong (thrust) untuk bengerak maju. Jadi,
kesimpulan mudahnya adalah bahwa pesawat udara (bukan pesawat
antarikasa) dapat terbang karena memiliki sayap.
Pertanyaan selanjutnya, bagaimana gaya angkat (lift) dapat terbangkit
di sayap? Secara mudah dapat dijelaskan bahwa gaya angkat
terbangkitkan karena ada perbedaan tekanan di permukaan atas dan
permukaan bawah sayap. Bentuk airfoil sayap diciptakan sedemikian rupa
agar tercipta karakteristik aliran yang sesuai dengan keinginan.
Singkatnya, gaya angkat akan ada jika tekanan dibawah permukaan sayap
lebih tinggi dari tekanan diatas permukaan sayap. Perbedaan tekanan
ini dapat terjadi karena perbedaan kecepatan aliran udara diatas dan
dibawah permukaan sayap. Sesuai hukum Bernoulli semakin cepat
kecepatan aliran maka tekanannya makin rendah. Besarnya gaya angkat
yang dibangkitkan berbanding lurus dengan Luas permukaan sayap,
kerapatan udara, kuadrat kecepatan, dan koefisien gaya angkat.
Jadi, untuk pesawat udara, engine berfungsi memberikan gaya dorong
agar pesawat dapat bergerak maju. Akibat gerak maju pesawat maka
terjadi gerakan relatif udara di permukaan sayap. Dengan bentuk
geometri airfoil tertentu dan sudut serang sayap (angel of attack)
tertentu maka akan menghasilkan suatu karakteristik aliran udara
dipermukaan sayap yang kemudian akan menciptakan beda tekanan
dipermukaan atas dan permukaan bawah sayap yang kemudian membangkitkan
gaya angkat yang dibutuhkan untuk terbang.

bingung:[/B]
teebite - 10/02/2012 11:57 AM
#51

Quote:
Original Posted By bejor
bukanya dari bentuk dan ukuran aja udah kliatan? Mending dibahas "bagaimana pesawat bisa terbang?"kaskuser peminat dirgantara masuk!


iaa bener tuuu... kudu bljar TEknik nya niii.. tar kan jd bisa buat pesawat sendiri.. hohohoho *ngayal tingkat tinggi
junemcee - 12/02/2012 11:26 AM
#52

ijin nimbrung gan, seneng dunia dirgantara gara" ketularan bokap D Yb
PelatihMalinois - 14/02/2012 08:50 PM
#53

salam perkenalan D

Kmaren tgl 10,11,12 ada festival Dirgantara di Pantai Parangtritis, Depok, dan Parangkusumo

kaskuser peminat dirgantara masuk!
237 - 24/02/2012 06:27 PM
#54
Salam kenal
Salam kenal buat momod dan peminat kedirgantaraan.

Kalau boleh ane juga mau ikutan gabung di thread yang menarik ini.. :addfriends

Perkenalin, ane "237", salah seorang engineer yang kerja di salah satu maskapai penerbangan swasta di Indonesia...

Terimakasih.
Salam,

237
anggorosr - 01/03/2012 12:49 PM
#55

ane malah binggung kenapa pesawat kalau mau terbang malah kacanya nggak boleh di tutup?
LaBelleSari46 - 01/03/2012 01:52 PM
#56

ane jd ngerti mslh aeronautika gr2 skripsi n magang dJuanda dr 4bln yg lalu gan..ngakak

bantu isi kuesioner ane ya gan cendolbig

Kuesioner kualitas pelayanan diTerminal keberangkatan domestik bandara Juanda
shakehand2
stopthistrain - 02/03/2012 10:55 AM
#57

gan masukin tentang sekolah pilot juga dong dan prosedure2nya
erwin_311 - 18/05/2012 05:29 PM
#58
ini tipsnya
Quote:
Original Posted By HalimountDfz
Olah raga dairgantara yg agk murah apa ya..?


ada gan, main layangan....ngakaksngakaks awalnya agan bisa belajar dulu arah tiupan angin.....ngakaksngakaksshakehand2
bladeknife - 03/06/2012 11:28 PM
#59

iloveindonesia mendaraat gan
Pistonis - 06/06/2012 05:10 PM
#60

Quote:
Original Posted By agung65
Copas tetangga dikit sekedar share
kenapa pesawat yang bergitu besar bisa terangkat??

[B]Pesawat terbang dapat terangkat ke udara karena kelajuan udara yang
melalui sayap pesawat tersebut, berbeda dengan roket yang terangkat ke
atas karena aksi-reaksi antara gas yang disemburkan roket dengan roket
itu sendiri. Roket menyemburkan gas ke belakang (ke bawah), sebagai
reaksinya gas mendorong roket ke atas. Jadi roket tetap dapat
terangkat ke atas meskipun tidak ada udara, pesawat terbang tidak
dapat terangkat jika tidak ada udara.
Penampang sayap pesawat terbang mempunyai bagian belakang yang lebih
tajam dari pada bagian depan, dan sisi bagian atas yang lebih
melengkung dari pada sisi bagian bawahnya. Gambar di bawah adalah
bentuk penampang sayap yang disebut dengan aerofoil.

aerofoil

Garis arus pada sisi bagaian atas lebih rapat daripada sisi bagian
bawahnya, yang berarti laju aliran udara pada sisi bagian atas pesawat
(v2) lebih besar daripada sisi bagian bawah sayap (v1). Sesuai dengan
asas Bernoulli

asas bernoulli

Tekanan pada sisi bagian atas pesawat (p2) lebih kecil daripada sisi
bagian bawah pesawat (p1) karena laju udara lebih besar. Beda tekanan
p1 – p2 menghasilkan gaya angkat sebesar: , dengan A merupakan luas
penampang total sayap jika nilai p1 – p2 dari persamaan gaya angkat
diperoleh , , dengan ρ adalah massa jenis udara.

Wright Bersaudara

Pesawat dapat terangkat keatas jika gaya angkat lebih besar daripada
berat pesawat, jadi apakah suatu pesawat dapat atau tidak tergantung
pada berat pesawat, kelajuan pesawat dan ukuran sayapnya. Makin besar
kecepatan pesawat, makin kecepatan udara dan ini berarti bertambah
besar sehingga gaya angkat Jika pesawat telah berada pada ketinggian
tertentu dan pilot ingin mempertahankan ketinggiannya (melayang di
udara), maka kelajuan pesawat harus diatur sedemikian rupa sehingga
gaya angkat sama dengan berat pesawat

Sayaplah yang menyebabkan Pesawat terbang dan terangkat
[spoiler=sayaplah bkn mesin]
Adalah suatu yang salah jika kita berfikir bahwa mesin (engine) lah
menyebabkan pesawat dapat terbang. Pada dasarnya, sayap lah yang
memberi gaya angkat yang dibutuhkan untuk terbang, sedangkan engine
hanya memberi gaya dorong (thrust) untuk bengerak maju. Jadi,
kesimpulan mudahnya adalah bahwa pesawat udara (bukan pesawat
antarikasa) dapat terbang karena memiliki sayap.
Pertanyaan selanjutnya, bagaimana gaya angkat (lift) dapat terbangkit
di sayap? Secara mudah dapat dijelaskan bahwa gaya angkat
terbangkitkan karena ada perbedaan tekanan di permukaan atas dan
permukaan bawah sayap. Bentuk airfoil sayap diciptakan sedemikian rupa
agar tercipta karakteristik aliran yang sesuai dengan keinginan.
Singkatnya, gaya angkat akan ada jika tekanan dibawah permukaan sayap
lebih tinggi dari tekanan diatas permukaan sayap. Perbedaan tekanan
ini dapat terjadi karena perbedaan kecepatan aliran udara diatas dan
dibawah permukaan sayap. Sesuai hukum Bernoulli semakin cepat
kecepatan aliran maka tekanannya makin rendah. Besarnya gaya angkat
yang dibangkitkan berbanding lurus dengan Luas permukaan sayap,
kerapatan udara, kuadrat kecepatan, dan koefisien gaya angkat.
Jadi, untuk pesawat udara, engine berfungsi memberikan gaya dorong
agar pesawat dapat bergerak maju. Akibat gerak maju pesawat maka
terjadi gerakan relatif udara di permukaan sayap. Dengan bentuk
geometri airfoil tertentu dan sudut serang sayap (angel of attack)
tertentu maka akan menghasilkan suatu karakteristik aliran udara
dipermukaan sayap yang kemudian akan menciptakan beda tekanan
dipermukaan atas dan permukaan bawah sayap yang kemudian membangkitkan
gaya angkat yang dibutuhkan untuk terbang.

bingung:[/B]


nice.. :thumbup
Page 3 of 4 |  < 1 2 3 4 > 
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > kaskuser peminat dirgantara masuk!