ALL ABOUT DESIGN
Home > LOEKELOE > ALL ABOUT DESIGN > [INFO] Seputar Dunia Digital Printing (Tipsnya Desainer dan Fotografer)
Total Views: 7114 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 5 of 7 |  < 1 2 3 4 5 6 7 > 

kuzmayadi - 02/02/2011 09:17 AM
#81

ijin nyimak agan sekalian
Davesavio - 17/02/2011 02:03 PM
#82

MENGENAL JENIS JENIS TINTA DAN PRINTER INKJET

Tinta Asli/OEM

Bahasa Indonesia menyebut tinta asli bukan berarti yang lain adalah tinta palsu. Maksudnya asli adalah asli dari pabriknya. Kalau Bahasa Inggris itu memakai istilah OEM singkatan dari Original Equipment Manufacturer. Mungkin lebih tepat kalau istilahnya memakai tinta resmi, bukan tinta asli, walaupun kebanyakan orang tidak mengerti.

Jika printer diibaratkan mobil, maka Epson, Canon, HP, dll bisa diibaratkan pabrik mobil spt Toyota, Honda, dll (bukan membandingkan peringkat). Tapi pabrik mobil tidak membuat bensin sendiri, yang membuat adalah Pertamina, Petronas, atau Shell dll. Sebaliknya untuk printer, pembuat tinta adalah pabrik printer itu sendiri. Nah jika sekarang anda sudah berbinis tinta, mungkin beberapa generasi lagi produk Anda sudah seumum bensin dan perusahaan anda tidak kalah dengan Pertamina (why not, siapa tahu, kan jaman terus berubah?)

Tinta yg dipakai oleh printer inkjet seperti Epson, HP, Canon, Lexmark, Brother dll adalah formulasi pabriknya sendiri dan tidak dijual bebas di pasaran kecuali dalam bentuk cartridge yang siap pakai untuk printer desktopnya (kecuali Epson baru saja mencoba menjual tinta dalam bentuk botolan khusus untuk printer yang sudah ada sistim infus terintegrasi di dalamnya (tipe L-100 dan L-200 yang katanya hanya dijual/ditargetkan untuk pasar Indonesia saja.

Sepertinya sejauh ini mereka belum ada pikiran untuk menjual tintanya saja apalagi dengan harga murah, karena mereka yang melakukan riset sebagai pengembang ide. Selain karena mereka adalah pengembang/penciptanya, kualitasnya pasti premium dan tidak perlu diragukan lagi.

Warna Dasar Tinta
Perlu diketahui, bahwa printer dari merk yang sama (sama-sama HP, sama-sama Epson, dll) tetapi model berbeda bisa mempunyai/memakai jenis cartridge yang sama. Pabrikan printer mengembangkan formulasi tinta, karakteristik tinta, dan profile warna tinta, sesuai dengan spesifikasi tertentu yang dioptimumkan oleh printer driver. Seperti diketahui, ada beberapa warna dasar tinta, yaitu Hitam (Black), Cyan (Biru), Kuning (Yellow) dan Merah Muda (Magenta). Warna-warna lain akan dibentuk dengan mencampur ke-empat warna dasar tsb. Jadi secara praktis, hampir semua warna bisa dihasilkan oleh campuran warna-warna dasar tersebut, kecuali warna putih, warna metalik (emas atau silver) dan warna-warna fluoresent/neon.

Jadi warna putih tidak dihasilkan oleh printer (tidak seperti cat ada yang warna putih), tetapi mewrupakan warna dasar kertas (putih) yang tidak disemprot oleh tinta. Untuk menghasilkan warna-warna lain, masing-masing printer berusaha membuat optimum hasil cetaknya. Untuk photo printer, bisanya ditambahkan warna-warna dasar seperti biru muda (Light Cyan atau Photo Cyan) dan Merah muda pucat (Light/Photo Cyan). Tetapi ada juga yang menggunakan warna lain seperti Hijau, Oranye, Hitam Muda (Photo Black), Hitam Glossy/Matte dan lain-lain.

Macam-macam printer
Spesifikasi printer inkjet yang mempengaruhi jenis tintanya, antara lain:

1. Kecepatan cetaknya (line per minute). Semakin cepat speednya, maka harus semakin cepat kering tintanya agar tidak mbelobor ketika kertas halaman baru menimpa kertas halaman lama
2. Jenis printernya, photo printer (6+ warna dasar) vs color printer (4-warna dasar), yaitu profile warnanya
3. Teknologi cetaknya, misalnya antara Bubble Jet printer spt pada Canon vs Micropiezo pada Epson. Printer dengan teknologi Bubble Jet menggunakan panas untuk memuaikan tinta sehingga jatuh sebagai gelembung mikro yang membentuk titik semprotan tinta. Pada Epson dengan teknologi MicroPiezo, tidak digunakan panas untuk menjatuhkan tinta, tetapi menggunakan getaran crystal
4. Maximum DPI atau dot per inch, yaitu tingkat kehalusan titik droplet dari hasil cetaknya. Semakin halus titiknya, maka semakin lembut pipa/nozzle kapiler tinta pada printhead, dan semakin mudah buntu

Tinta Inkjet Compatible/Generic

Tinta inkjet compatible/generic dibuat oleh pabrik tinta, bukan oleh pabrik printer. Seperti yang kita semua tahu, jauh sebelum ada printer inkjet, pabrik tinta sudah membuat tinta untuk stempel, percetakan, alat tulis, dll. Jadi pabrik tinta ini mungkin usianya lebih tua dari HP, Canon ataupun Epson. Namun walaupun mereka ahli meramu dan membuat tinta, mereka tidak tahu harus bagaimana membuat formulasi tinta yang sesuai dengan kebutuhan sebuah inkjet printer.

Karakteristik tinta yang diperlukan untuk inkjet printer tentunya tidak sesederhana tinta untuk stempel atau alat tulis. Profil warna, tingkat keasaman (pH), surface tension (tensiometry), kekentalan (viscocity) dan specific gravity/density (berat jenis) tidak bisa sembarangan. Belum lagi parameter lain yang harus diperhatikan seperti anti bakteri/jamur, daya rembes tinta pada bahan cetak seperti kertas, serta tingkat kemurnian bahan dasar air sebagai pelarutnya.

Kesimpulan: Pabrik tinta mengerti bagaimana mencampur dan membuat tinta yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan, tetapi pabrik printerlah yang merumuskannya. Jadi siapa yang lebih menentukan? Pertanyaan ini serupa dengan pertanyaan dalam permainan sepak bola, kiper dan penyerang, mana yang lebih penting? Ya dua-duanya. Ya, pabrik printer dan pabrik tinta juga!

Tinta Spesifik vs Tinta Universal
Ketika pabrik printer merilis printernya, maka pabrik tinta mempelajari formulasi tintanya dan bereksperimen membuat tinta alternatif yang cocok. Berbekal pengalaman pengetahuan membuat tinta, mereka berusaha membuat tinta yang sesuai dengan kebutuhan printernya. Karena ada banyak jenis printer di pasar, maka sebagai konsekuensinya pabrik tinta juga berusaha membuat tinta alternatif dan spesifik yang sesuai. Dan ini berarti jumlah tinta yang ada akan cukup banyak, sebanyak jumlah cartridge atau printer yang ada. Tinta yang seperti ini disebut dengan tinta Spesifik.

Beberapa jenis tinta spesifik diklasifikasikan kemiripan sifatnya dan warnanya. Dengan spesifikasi rata-rata dan kompromi tidak selalu bisa optimal pada setiap jenis printer, maka akhirnya dikembangkan Tinta Universal. Tinta universal ini dibuat dengan pertimbangan kebutuhan pemakai di mana faktor ekonomis lebih diutamakan daripada hasil cetak.

Tinta Universal yang ada di pasaran adalah satu macam tinta inkjet untuk semua jenis printer dari segala merk yang ada di pasaran.

Tinta Pigment vs Tinta Dye
Tinta Pigment adalah tinta yang warnanya berasal dari pewarna pigment/biasanya berupa bubuk, dan tidak larut dalam air. Nama campurannya dalam bahasa Inggris disebut sebagai suspension. Karena pewarna pigment berupa bubuk, partikel pewarna ini tidak ikut merembes masuk ke serat kertas, tetapi tinggal di permukaan dan menjadi lapisan pewarna yang lebih tahan luntur dan tahan cahaya. Sebaliknya pada Tinta Dye, pewarna ini larut dalam air dan merembes ke serat kertas. Dan untuk membedakannya, tinta dye warnanya bening/transparan (jika ikan bisa berenang di dalamnya pasti akan kelihatan). Sebaliknya tinta pigmen warnanya seperti susu (butek). Jadi jika ikan bisa berenang di dalamnya, ikan tsb tidak akan kelihatan.

Tinta dye warnanya lebih kaya daripada tinta pigment, namun tinta dye tidak tahan luntur terhadap air dan cahaya setahan tinta pigment. Printer dengan tinta pigment printheadnya relatif lebih mudah buntu drpd printer yang memakai tinta dye. Pada printer Epson, tinta asli dari Epson yang disebut dengan DuraBrite, diklaim oleh Epson tahan luntur air dan cahaya sebagus pigment tetapi warnanya kaya seperti tinta dye.

Tinta Water Based dan Solvent Based
Tinta yang dipakai untuk printer desktop dimaksudkan oleh pabrik pembuatnya untuk dipakai dalam lingkungan kantor atau rumah, bukan dalam lingkungan pabrik. Oleh sebab itu tintanya harus ramah terhadap kesehatan, tidak beracun, dan bahkan ramah terhadap anak kecil sekalipun. Sebab itu tinta inkjet untuk printer desktop adalah tergolong Tinta Water Based, artinya memakai bahan dasar pelarut air. Selain itu Tinta Water Based tidak berbahaya dan tidak mudah terbakar. Hal ini kebalikan dengan Tinta Solvent Based yang dipakai dalam lingkungan pabrik atau pada mesin printer outdoor. Baunya cukup menyengat dan tidak baik untuk dipakai di lingkungan kantor dan rumah.

Tinta Sublimation vs Tinta Inkjet Biasa
Tinta Sublimation walaupun diperuntukkan untuk printer inkjet biasa, namun dikembangkan bukan oleh pabrik pembuat printer. Kebalikan dengan Tinta Inkjet Biasa yang dikembangkan oleh pabrik pembuat printer. Tinta Sublimation ini dikembangkan oleh pihak lain yang memanfaatkan teknologi inkjet untuk keperluan komersial. Dengan menggunakan tinta ini, maka proses sublimation, yaitu proses padat langsung menjadi gas, bisa dipindahkan untuk memindahkan gambar yang dicetak dengan tinta sublim ke bahan lain (kain, keramik, polyster, dsb) setelah dipanasi dengan mesin pemanas (seperti setrika). Keuntungannya dengan proses sublimasi ini, printer personal bisa menjadi mesin komersial dengan harga yang terjangkau. Lebih detail hal ini akan dibahas tersendiri.

dikutip dari blog.ecoprintlution.com
salmasalwa - 01/03/2011 12:03 AM
#83

Mantep kang...ane jadi paham deh...
Davesavio - 28/03/2011 09:19 AM
#84

sip kang, semoga membantu infonya
bangraden - 28/03/2011 10:36 AM
#85

Numpang tanya gan...

kalo buat ngeprint kertas finil susu ( buat stiker) pake tinta apa ya?
umax - 31/03/2011 07:18 AM
#86

lamberianto - 31/03/2011 10:00 AM
#87

sebelum tekad bulat bergelut di bidang digital printing,
izinkan saya bergabung dan menyimak dengan seksama.

terima kasih shakehand
chizukaa - 31/03/2011 10:13 AM
#88

printer ane suka ada garis klo print gambar ane pakai printer infus hammer
Otacon - 31/03/2011 03:22 PM
#89

ane lagi mo buat media promosi (bisa booklet atau brosur) untuk promosi usaha digital printing ane yg baru jalan. tujuannya adalah brand selling (promosi merek biar diingat terus) kira2 ada tips2 mengenai jenis kertas yang sebaiknya saya pilih.. terus terang saya sangat bingung dengan jenis2 kertas yg pas untuk ini..

Mohon bantuannya dari agan2.. iloveindonesia
lamlauw - 31/03/2011 04:32 PM
#90

Quote:
Original Posted By bangraden
Numpang tanya gan...

kalo buat ngeprint kertas finil susu ( buat stiker) pake tinta apa ya?


Setahu saya kalau Vynil tidak bisa diprint menggunakan tinta standard desktop printer (dye), kalau mungkin bisa coba di plotter untuk outdoor sebab tinta yang digunakan adalah solvent ink, ada kemungkinan tinta bisa menempel bagus dibahan vynil.
Maaf kalau informasi saya kurang membantu.
one slashers - 31/03/2011 04:39 PM
#91

share'nya bagus2 semua :2thumbup, ijin nyimak ya bro'
lamlauw - 31/03/2011 04:43 PM
#92

Quote:
Original Posted By chizukaa
printer ane suka ada garis klo print gambar ane pakai printer infus hammer


Print bergaris itu terjadi karena beberapa hal, pertama adalah nozzle printhead buntu, slang infus yang terjepit(tidak lancar), Ink Cartridge yang sudah jenuh atau printer lama tidak dipakai sehingga tinta mengental/kering.
jadi dari banyak kemungkinan itu sebagian bisa diperbaiki dgn tool yang terdapat di driver printer. coba klik properties tab maintenance, disana terdapat menu Head Cleaning, nach coba jalankan, setelah selesai, klik nozzle check, kalau kebuntuan printhead teratasi maka garis akan hilang.
Kalau hasil tidak langsung bagus, setelah head clean pertama coba printer ditunggu 1 jam dan lakukan nozzle check lagi. boleh melakukan head cleaning sekali lagi atau dua. kalau tetap tidak bisa diatasi mungkin perlu teknisi utk melakukan pemeriksaan.
Moga2 ini membantu
lamlauw - 31/03/2011 04:55 PM
#93

Quote:
Original Posted By Otacon
ane lagi mo buat media promosi (bisa booklet atau brosur) untuk promosi usaha digital printing ane yg baru jalan. tujuannya adalah brand selling (promosi merek biar diingat terus) kira2 ada tips2 mengenai jenis kertas yang sebaiknya saya pilih.. terus terang saya sangat bingung dengan jenis2 kertas yg pas untuk ini..

Mohon bantuannya dari agan2.. iloveindonesia


Untuk membuat booklet biasanya saya menggunakan double side inkjet paper 120gsm dan finishingnya bisa dilaminate dgn water soluble laminating, terdapat dua pilihan laminate, glossy atau doff. glossy hasil print seperti cetakan di art paper kualitas bagus sdgkan kalau menggunakan laminate doff hasil seperti album photo.
sedangkan untuk covernya bisa menggunakan kertas yang 250gsm.

demikian bro, semoga membantu
ge1008 - 01/04/2011 10:08 PM
#94

permisi gan.. numpang tanya ni.. ane lagi ada masalah sama printer, padahal baru beli \(
kenapa ya hasil print warna nya selalu ngegeser?
jadi border nya sesuai tempat, tapi warna nya ngegeser dikit.. jadi berbayang semua gan hasilnya.. (semuanya termasuk tulisan) mohon pencerahan nya.. thx.. iloveindonesia
umax - 09/04/2011 07:16 AM
#95

Quote:
Original Posted By lamlauw
Print bergaris itu terjadi karena beberapa hal, pertama adalah nozzle printhead buntu, slang infus yang terjepit(tidak lancar), Ink Cartridge yang sudah jenuh atau printer lama tidak dipakai sehingga tinta mengental/kering.
jadi dari banyak kemungkinan itu sebagian bisa diperbaiki dgn tool yang terdapat di driver printer. coba klik properties tab maintenance, disana terdapat menu Head Cleaning, nach coba jalankan, setelah selesai, klik nozzle check, kalau kebuntuan printhead teratasi maka garis akan hilang.
Kalau hasil tidak langsung bagus, setelah head clean pertama coba printer ditunggu 1 jam dan lakukan nozzle check lagi. boleh melakukan head cleaning sekali lagi atau dua. kalau tetap tidak bisa diatasi mungkin perlu teknisi utk melakukan pemeriksaan.
Moga2 ini membantu


Jika sudah berkali-kali head cleaning, dan usia printer sudah diatas 3thn sering digunakan maka kemungkinan head minta diganti.
CLASIKERS - 09/04/2011 12:33 PM
#96
Ask
agan tanya donk...
agan klo nyetak dari printer lama2 nge-blur gk warna nya (kira2 4-6 bulan)..
umax - 13/04/2011 07:06 AM
#97

Quote:
Original Posted By CLASIKERS
agan tanya donk...
agan klo nyetak dari printer lama2 nge-blur gk warna nya (kira2 4-6 bulan)..


coba di head cleaning berkali-kali gan
Davesavio - 13/04/2011 10:00 AM
#98

Quote:
Original Posted By ge1008
permisi gan.. numpang tanya ni.. ane lagi ada masalah sama printer, padahal baru beli \(
kenapa ya hasil print warna nya selalu ngegeser?
jadi border nya sesuai tempat, tapi warna nya ngegeser dikit.. jadi berbayang semua gan hasilnya.. (semuanya termasuk tulisan) mohon pencerahan nya.. thx.. iloveindonesia


udah coba di printhead allignment gan? bisa kemungkinan head allignmentnya ada masalaha dan tidak presisi

code :
Spoiler for Ilmu SEPUTAR DUNIA PRINTING
Davesavio - 13/04/2011 10:00 AM
#99

Quote:
Original Posted By ge1008
permisi gan.. numpang tanya ni.. ane lagi ada masalah sama printer, padahal baru beli \(
kenapa ya hasil print warna nya selalu ngegeser?
jadi border nya sesuai tempat, tapi warna nya ngegeser dikit.. jadi berbayang semua gan hasilnya.. (semuanya termasuk tulisan) mohon pencerahan nya.. thx.. iloveindonesia


udah coba di printhead allignment gan? bisa kemungkinan head allignmentnya ada masalaha dan tidak presisi

Spoiler for Ilmu SEPUTAR DUNIA PRINTING
Davesavio - 13/04/2011 10:03 AM
#100

Quote:
Original Posted By CLASIKERS
agan tanya donk...
agan klo nyetak dari printer lama2 nge-blur gk warna nya (kira2 4-6 bulan)..


yang dimaksud ngeblur bagaimana ya? warnanya pudar atau hasil cetaknya kabur gitu?

kalau hasil cetak kabur coba di cek jenis kertas dan filenya apa sudah tajam?
kalau warna pudar bisa kemungkinan tintanya gan

code :
Spoiler for Kunjungi lapak ane ya gan SEPUTAR DUNIA PRINTING
Page 5 of 7 |  < 1 2 3 4 5 6 7 > 
Home > LOEKELOE > ALL ABOUT DESIGN > [INFO] Seputar Dunia Digital Printing (Tipsnya Desainer dan Fotografer)