Sepeda
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Sepeda > Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini
Total Views: 205688 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 143 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

bayuwhy - 31/10/2010 12:11 AM
#1

Berhubung TS aslinya sudah berbulan-bulan tidak mengupdate thread ini (aktivitas terakhir di Kaskus Februari 2011), dengan terpaksa TS saya ganti sendiri supaya pejwan bisa selalu diupdate.

____________________________________

Semenjak kemunculannya yang pertama di tahun 2004/2005, hingga saat ini United Patrol banyak digunakan para pesepeda gunung. Hingga bisa dikatakan Patrol adalah frame sejuta ummat. Mulai dari Patrol generasi awal (2004/2005), hingga Patrol 511/512. Coba saja tengok tiap kali digelar trip offroad bareng, MTB'er yang memakai Patrol biasanya mendominasi.

Fenomena ini tidak lepas dari harga frame United Patrol yang tergolong murah meriah untuk ukuran frame full suspension dengan sistem suspensi yang sudah tergolong bagus. Pada Patrol 2005-2007 sistem suspensi yang dipakai adalah faux bar/four bar linkage, sedangkan pada Patrol FXP, AMP, FRP dan 511/512 sudah menggunakan sistem horst link (FSR) yang patent-nya dipegang oleh Specialized.

Wajar jika kemudian banyak yang menjadikan Patrol sebagai pilihannya, terutama orang-orang dengan budget pas-pasan namun ingin memiliki MTB fulsus yang mumpuni dan sejarang mungkin gonta-ganti sepeda. Kesuksesan ini didukung pula oleh strategi United untuk menjual Patrol dalam bentuk frame only, sehingga memungkinkan para peminatnya untuk lebih mengirit budget dengan hanya membeli framenya saja, tanpa perlu mengganti sepeda keseluruhan.

________________________

FAQ Tentang Patrol

Ada Berapa Macam Patrol?

Quote:
Patrol bisa dibagi dalam dua kelompok besar:

Pertama, Patrol lama yang sudah diskontinyu (tidak diproduksi lagi), meliputi:

Spoiler for "PATROL 2005-2007"
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini

Frame ini terlalu sensitif, dipasangi fork melebihi travel yang direkomendasikan bisa berakibat patah.

Sama dengan Mosso Pro Impact
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini


Spoiler for "PATROL FXP 2007-2010"
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini

Penggunaannya untuk XC. Travel belakang hanya 3,5" alias 80 mm saja. Jadi idealnya fork yang dipasang juga hanya bertravel 80-100 mm saja.

Framenya bukan buatan United, tapi beli dari Astro Engineering Taiwan. Pabriknya sendiri ada di Vietnam. Tidak heran kalau Patrol FXP punya kembaran yang juga sama-sama beli dari Astro. Yaitu RAM XC 2 dan Focus, dua-duanya brand Eropa

Aslinya Patrol FXP
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini

Patrol FXP dan RAM XC2
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini


Spoiler for "PATROL AMP 2009-2011"
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini

Penggunaannya untuk XC-AM, dengan travel belakang adjustable 4", 5" dan 6", tetapi kabarnya lebih stabil pada 5".


Spoiler for "PATROL FRP 2009-2011"
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini

Penggunaannya untuk freeride dan downhill dengan travel belakang 7".


Kedua, Patrol baru yang dirilis mulai akhir 2010, meliputi:

Spoiler for "PATROL 511/512 , rilis akhir 2010"
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini

Penggunaannya untuk XC trail dengan travel belakang 5".


Spoiler for "PATROL 781, rilis akhir 2011"
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini

Penggunaannya untuk freeride dan downhill dengan travel belakang 7". Patrol 781 merupakan pengganti Patrol FRP.


Spoiler for "PATROL 4621, rilis akhir 2011"
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini

Penggunaannya untuk XC hingga AM (travel 4"-6"). Merupakan pengganti Patrol AMP.


Spoiler for "PATROL 411, rilis akhir 2011"
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini

Penggunaannya untuk XC (travel 4"). Merupakan pengganti Patrol FXP.


Benarkah Ada Frame Patrol Patah?

Quote:
Ada. Tetapi terjadi pada Patrol generasi awal (2005-2007). Pada Patrol FXP, AMP, FRP, 511/512 belum pernah kedengaran masalah. Ada sih beberapa kasus pada AMP, tapi pada rear shock yang jebol, bukan framenya. Pernah juga ada kabar Patrol FXP patah, tapi kabar ini tanpa disertai foto, jadi anggap saja no pic = hoax. Rata-rata peristiwa patah karena salah pemakaian dan pemilihan travel fork.

Spoiler for "PATAH TOP TUBE KARENA DIPAKAI DH"
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini

Uploaded with ImageShack.us


Spoiler for "PATAH SEAT TUBE KARENA TRAVEL FORK TERLALU TINGGI"
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini




Apa Saja Jenis Genre MTB? Patrol Termasuk Yang Mana?

Quote:

Kategori dari produsen biasanya seperti contoh di bawah ini. Saya pakai contoh Giant karena line up nya lengkap:

[*]Recreational/sport: Giant Yukon (hardtail maupun fulsus)
[*]XC: Giant Anthem (fulsus), Giant XTC (hardtail)
[*]XC trail: Giant Trance
[*]AM: Giant Reign
[*]FR: Giant Faith
[*]DH: Giant Glory
[*]DJ: Giant STP



Untuk United, pengkategoriannya agak membingungkan, terlalu banyak model yang nggak jelas. Apalagi untuk kelas recreational. Misalnya:

[*]Recreational/sport: banyak tipenya, pokoknya yang harganya di bawah 2 jutaan seperti Avalanche, Miami, Blade, Bike to nature.
[*]XC: Dominate hardtail, Dominate 411 (fulsus), Patrol FXP (fulsus), Avand, Nukleus, Infinite (XC race)
[*]XC trail: Patrol 511/512
[*]AM: Patrol AMP, Dominate 611
[*]FR/DH: Patrol FRP
[*]DJ: Dirt



Cukup panjang kalau harus menjelaskan satu persatu perbedaannya. Lagipula bukan disini threadnya. Yang jelas, salah satunya bisa dilihat dari penggunaan travel fork dan tipe grupsetnya. Misalnya, untuk recreational menggunakan fork dengan travel 60-80 mm, tapi DH menggunakan travel 180 mm. Untuk recreational cukup pakai grupset Altus, tapi untuk trail pakai Deore.

Beda antara DH dan FR silakan baca disini. Bisa juga lihat disini atau disini.

Sebenarnya nggak bisa dibikin patokan baku juga, karena kadang antar genre saling bersinggungan, misalnya XC dengan XC trail, XC trail dengan AM. Atau DH dengan FR, FR dengan DJ. Lagipula batasan tiap genre bisa berubah, misalnya sepeda XC fulsusnya KHS itu sekarang travel belakangnya 120 mm, sama dengan sepeda XC trail. CMIIW

Tapi biar nggak terlalu bingung lihat foto-foto ini saja:
Spoiler for "GENRE MTB"
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini

Uploaded with ImageShack.us


Patrol series sendiri mulai dari XC hingga FR/DH ada.


Adakah Kode Penamaan untuk MTB United?

Quote:

Setahu saya penamaan untuk MTB barunya United, sbb:
- Seri 4xx untuk XC (misalnya Dominate 411)
- Seri 5xx untuk XC trail (misalnya Patrol 512)
- Seri 6xx untuk AM (misalnya Dominate 611)
- Seri 7xx untuk FR (misalnya Patrol 781)
- Seri 8xx untuk DH (belum ada, masih digabung dengan FR)

Untuk penamaan Patrol 781 mungkin karena bisa buat FR dan DH, jadi ada angka 7 dan 8.
Begitu juga untuk Patrol 4621 (penggantinya Patrol AMP), mungkin angka 4 dan 6 nya itu kode XC-AM, karena rear shocknya kan bisa adjust 4,5,6 mm.

Jadi angka pertama menunjukkan genre permainannya, yang sekaligus juga menunjukkan travel forknya. CMIIW


Berapa Travel Fork Maksimal untuk Patrol 511/512?

Quote:
Beberapa hari lalu saya ngobrol dengan dealer Patrol di Bandung, katanya batas toleransi travel fork adalah 10% di bawah dan 10% di atasnya. Karena fork defaultnya Patrol 511/512 adalah travel 120 mm, jadi Patrol 511/512 hanya boleh dipasangi fork dengan travel maksimal 130 mm dan minimal 110 mm. Jika terjadi masalah akibat pemasangan travel melebihi 130 mm, maka garansi dari United dianggap tidak berlaku.

Dengan demikian pernyataan saya di halaman-halaman awal thread ini bahwa Patrol 511 dan 512 boleh dipasangi fork dengan travel 120 - 140 mm saya cabut kembali.


Apa Beda Patrol 511 dan 512?

Quote:

Framenya sama saja antara Patrol 511 dengan Patrol 512. Harga shocknya pun antara Rockshox Arionya 512 dengan DT Swis M210 nya 511 nggak terpaut jauh kok. Kalau kemudian harga jualnya terpaut lumayan jauh, sepertinya hanya strategi marketing saja.


Masalah yang Pernah Terjadi pada Patrol
Baut pivot lepas 1
Baut pivot lepas 2
invivo - 31/10/2010 12:26 AM
#2

wah mantap bikin ngiler hammer
berapa harganya gan kira-kira y?
littletaz - 31/10/2010 12:32 AM
#3

dilapaknya om chandra

Price :
- 511 = Rp. 5.xxx.xxx
- 512 = Rp. 4.xxx.xxx
futureless - 31/10/2010 12:39 AM
#4

alamakjang.... sexy nian lekukannya genit: genit:
windman - 31/10/2010 01:42 AM
#5

bedanya 511 sama 512 dimananya ya?
PPMers - 31/10/2010 01:42 AM
#6

beh....keren amat matabelo:
yang 411 belom keliatan ini udah nongol yang 511&512..
btw bedanya 511 sama 512 apaan ya? kayaknya mirip2, cuman beda cat aja sama shocknya o
lowo.66 - 31/10/2010 02:58 AM
#7

Quote:
Original Posted By PPMers
beh....keren amat matabelo:
yang 411 belom keliatan ini udah nongol yang 511&512..
btw bedanya 511 sama 512 apaan ya? kayaknya mirip2, cuman beda cat aja sama shocknya o


511 rear shocknya DT swiss, 512 pake rock shox ario CMIIW
bayuwhy - 31/10/2010 03:43 AM
#8

Sabtu kemarin saya test ride Patrol 511 milik Nets Bike setengah hari, nanti saya tulis reviewnya, sekalian mau bikin thread khusus tentang Patrol sebagai salah salah frame legendaris di dunia MTB...

Kang Gindu malah sudah beli tuh, tapi baru dipakai aspal aja Sabtu kemarin...

Cek juga thread yang berkaitan tentang Patrol 511/512...
kuukuuruuyuuk - 31/10/2010 08:40 AM
#9

bener banget kata momod,mirip sama mosso 669xc
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini
futureless - 04/11/2010 10:18 PM
#10

Quote:
Original Posted By bayuwhy
Sabtu kemarin saya test ride Patrol 511 milik Nets Bike setengah hari, nanti saya tulis reviewnya, sekalian mau bikin thread khusus tentang Patrol sebagai salah salah frame legendaris di dunia MTB...

Kang Gindu malah sudah beli tuh, tapi baru dipakai aspal aja Sabtu kemarin...

Cek juga thread yang berkaitan tentang Patrol 511/512...


ditunggu thread POC-nya genit:
Op09 - 04/11/2010 10:28 PM
#11

cakep om.. cuman harganya kurang cakep hehehe..
bayuwhy - 04/11/2010 11:37 PM
#12

Sedikit review dari saya tentang Patrol 511...

Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini

Pakai fork Revelation 130 mm di tanjakan Warung Bandrek, ban depan nggak ngangkat sedikitpun. Dari Warban terus nanjak ke arah Caringin Tilu, kemudian ke desa Cibanteng dan masuk ke singletrack yang berakhir di atas Komplek Unisba Jatihandap. Ada satu tanjakan sangat curam di Cibanteng, temen yang pakai AX 1.0 dengan fork 130 mm, dan Xtrada dengan fork 120 mm sudah dituntun, tapi Patrol 511 masih bisa nanjak dengan stabil tanpa terangkat ban depan. Luar biasa! Tapi memang rearshocknya terus saya lock selama nanjak karena sag-nya kurang pas, jadi terasa sekali bobbingnya kalau dibuka.

Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini

Di turunan tanah setelah Cibanteng, Patrol 511 lebih jinak dibanding Patrol FXP yang sudah saya pakai selama hampir 3 tahun. Seminggu sebelumnya saya sempat nyuksruk di tempat ini padahal pakai Maxxis Ardent. Tapi dengan Patrol 511 yang pakai Maxxis Monorail malah lebih mantap. Padahal logikanya, Monorail lebih licin untuk trek tanah basah. Sayang size M (17") yang saya coba ini masih terlalu besar untuk saya yang hanya 160 cm dengan inseam 70 cm. Untuk nanjak nggak masalah, tapi begitu menjumpai turunan tanah yang ekstrim, terasa seperti sedang naik egrang, tinggi sekali...

Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini

Kesimpulannya, sepeda ini sangat enak dipake nanjak dan tetep percaya diri untuk turunan...

Quote:
Original Posted By futureless
ditunggu thread POC-nya genit:


Thread ini saja dijadiin thread POC, gimana TS?
futureless - 05/11/2010 05:30 AM
#13

^
^
nice review oom mod, itu finishing-nya mengkilat ya, ga ngedove...

jadi kapan nih oom ganti ke 511? ngakak

Quote:
Original Posted By bayuwhy

Thread ini saja dijadiin thread POC, gimana TS?


Judul thread-nya diedit dikit, nanti yang punya FXP kaya saya ga bisa join \(
bayuwhy - 05/11/2010 08:56 AM
#14

Quote:
Original Posted By futureless

nice review oom mod, itu finishing-nya mengkilat ya, ga ngedove...
jadi kapan nih oom ganti ke 511? ngakak(


Yang terjangkau paling 512, itupun kalau dikasih harga khusus oleh Nets Bike dan baru ada budgetnya bulan Januari... ngakaks

Quote:
Original Posted By futureless
Judul thread-nya diedit dikit, nanti yang punya FXP kaya saya ga bisa join \(


Iya, kalau TS-nya acc nanti judulnya diedit...
pria tulen - 05/11/2010 09:03 AM
#15

mantap banget nih frame idaman ane. sayang harganya gak ku ku bok. akhirnya beli fullbike yang bersahabat dengan dompet aja : wimcycle panthera 3.0
littletaz - 05/11/2010 08:15 PM
#16

Quote:
Original Posted By bayuwhy


Thread ini saja dijadiin thread POC, gimana TS?


ACC kang momod, demi kebaikan bersama hehehe, tp walaupun ane blm punya patrol masih boleh gabung kan? paling gak jadi penambah semangat nabung supaya bisa punya 511 hehehe............

Quote:
Original Posted By bayuwhy


Iya, kalau TS-nya acc nanti judulnya diedit...


mangga kang diatur aja
L33_kov - 05/11/2010 09:08 PM
#17

Temen ane malah test 512 pake fork travel 140 gak masalah katanya di tanjakan....D
Klo ane mah cm mampu beli patrol FXP coil rebound lock doang DPatrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini
gindu - 05/11/2010 09:16 PM
#18

Nambahin review kang bayu
Sebenernya stlh pake patrol fxp saya rasa cukup ga mau ganti, eh liat kang momod review neh frame jd weh keracun, apalagi setelah liat yg 511 .....pusing deh akhirnya jd ganti, dengan groupset set yg sama pindah bedol deso Dr fxp, kerasa banget bedanya, pk shock tora distel di traveler 120 ditanjakan anteng diturunan oke jg, gowes bisa lebih enteng.ditanjakan aspal mah bisa ngebut, kl shock blkny ga di lock jg msh oke digowes malah ada tenaga dorong kedepan cuman emang lebih cape (mbantu banget kalo di tanjakan makadam), diturunan asyik jg seperti kt kang bayu lebih mudah dikendalikan, diturunan boscha saya sempet Jatuh tapi bisa kekontrol jadi jthnya bisa cari posisi enak... Jadi ketagihan buat gowes lagi hehehe shock dt swiss empuk banget buat loncat2 asyik coba bunny hop sama jumping pas kecepatan tinggi pendaratan mulus kaki masih nempel dipedal, pk fxp shock Ario kaki selalu lepas dari pedal, jalan tanah ,makadam lancar, kerasa beda jauh lah sama patrol sebelumnya, salam buat patrolers
futureless - 05/11/2010 10:43 PM
#19

Quote:
Original Posted By bayuwhy
Yang terjangkau paling 512, itupun kalau dikasih harga khusus oleh Nets Bike dan baru ada budgetnya bulan Januari... ngakaks



Iya, kalau TS-nya acc nanti judulnya diedit...


mantaps oom.. akhirnya setelah 3 tahun setia dengan FXP, berpaling juga ke 512 D

yang penting Patrol lah beer:

Quote:
Original Posted By littletaz
ACC kang momod, demi kebaikan bersama hehehe, tp walaupun ane blm punya patrol masih boleh gabung kan? paling gak jadi penambah semangat nabung supaya bisa punya 511 hehehe............



mangga kang diatur aja


wah berarti thread ini resmi jadi thread Patrol Owner Club yah :selamat

Quote:
Original Posted By L33_kov
Temen ane malah test 512 pake fork travel 140 gak masalah katanya di tanjakan....D
Klo ane mah cm mampu beli patrol FXP coil rebound lock doang DPatrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini


halo gan, salam kenal sesama FXP coil user shakehand2

Quote:
Original Posted By gindu
Nambahin review kang bayu
Sebenernya stlh pake patrol fxp saya rasa cukup ga mau ganti, eh liat kang momod review neh frame jd weh keracun, apalagi setelah liat yg 511 .....pusing deh akhirnya jd ganti, dengan groupset set yg sama pindah bedol deso Dr fxp, kerasa banget bedanya, pk shock tora distel di traveler 120 ditanjakan anteng diturunan oke jg, gowes bisa lebih enteng.ditanjakan aspal mah bisa ngebut, kl shock blkny ga di lock jg msh oke digowes malah ada tenaga dorong kedepan cuman emang lebih cape (mbantu banget kalo di tanjakan makadam), diturunan asyik jg seperti kt kang bayu lebih mudah dikendalikan, diturunan boscha saya sempet Jatuh tapi bisa kekontrol jadi jthnya bisa cari posisi enak... Jadi ketagihan buat gowes lagi hehehe shock dt swiss empuk banget buat loncat2 asyik coba bunny hop sama jumping pas kecepatan tinggi pendaratan mulus kaki masih nempel dipedal, pk fxp shock Ario kaki selalu lepas dari pedal, jalan tanah ,makadam lancar, kerasa beda jauh lah sama patrol sebelumnya, salam buat patrolers


wah reviewnya rada-rada kompor nih...... ngakak

yang bold, duh jadi penasaran nih......... seberapa beda yah....... \(
futureless - 05/11/2010 10:46 PM
#20

nemu beberapa pict jadul, save as dari forum sebelah.... Peace:

Quote:
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini


Quote:
Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini


iloveindonesiailoveindonesia
Page 1 of 143 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Sepeda > Patrol Owner Club (Patrol jadul, FXP, AMP, FRP, 511/512) Kumpul Disini