Korea Selatan
Home > Kaskuser Regional > ASIA > Korea Selatan > [share] kebiasan2 orang korea selatan.. **COMPLETE**
Total Views: 8574 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 5 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 

fuzamaru - 28/01/2012 10:55 AM
#81

Quote:
Original Posted By cerriberri
AIGOO...

pnasaran bgt sm tuh kata...
kmrn searching di gugel...aigoo itu artinya sm ky Aduh/ y ampun...

tp koq disini penjelasannya beda ya...

jd yg bnr yg mana y gan?


kya gan ente bener aigo itu aduh D

Quote:
Original Posted By Takumi 86
Kalo dibaca2 sifat dan karakternya orang korea mirip dengan orang Jepang, cuma ane yakin nga semua orang Korea punya kebiasaan seperti itu, cuma kalo rata2 sih kayanya iya D

banyak yang beda gan , orang jepang menghargai bawahan, dan jarang ada yang operasi plastik

Quote:
Original Posted By ivnrn
[COLOR="SeaGreen"][COLOR="SeaGreen"]emang hidup disana keras banget takuts [/COLOR]

iya gan takuts sampe banyak yang bunuh diri
Quote:
Original Posted By jongosbau123
wah org korea sopan" ya ternyata

ngga juga gan baca yang lengkap dong D
Quote:
Original Posted By DexMaxx
males nya orang Korea suka minum Suju

Oh ya BTW ada gak ya Orang muslim di Korea nosara Loh ya

suju gan ? ngakaks suju mah boyben korea gan ngakaks
ada juga soju D
Quote:
Original Posted By PuldeValkryie
Oh gitu ya gan :matabelo
di korea susah ga ya cari makanan halal ? bingung [share] kebiasan2 orang korea selatan.. **COMPLETE**

susah gan cd[/COLOR]
fuzamaru
debeha - 27/02/2012 01:45 PM
#82

gan, mau share nih... emang banyak sih makanan di korea yg mengandung babi.. cd
jadi kita harus pandai milih2.. nih ane baca dari fb Korea Tourism Organization (Indonesia) , ttg makanan Korea

Spoiler for Berkenalan dengan Makanan Korea
Seperti Indonesia, kuliner Korea memiliki cita rasa yang luar biasa. Selain rasa yang lezat, proses membuatnya juga cukup istimewa. Ingin tahu lebih jauh tentang makanan Korea, simak catatan berikut ini.

Hidangan Utama

Bap (Nasi)

Merupakan makanan pokok Korea, yaitu beras yang dikukus. Ada banyak jenis bap tergantung pada bahan-bahan seperti huinbap (nasi putih); japgokbap (nasi dengan barley, millet, dan kacang-kacangan); byeolmibap (nasi dengan sayuran, makanan laut dan daging), dan Bibimbap (nasi dicampur dengan namul dan daging sapi).

Juk (Bubur)

Merupakan makanan Korea yang sudah ada sejak dahulu. Terdiri dari biji-bijian yang direbus dalam waktu yang lama dan menggunakan banyak air (5-7 kali lipat). Ada banyak jenis juk tergantung bahan. Juk tidak hanya disajikan sebagai makanan utama tetapi juga dapat menjadi bagian dari sebuah hidangan istimewa. Juk juga disajikan untuk pasien dan dimakan untuk kesehatan.

Guksu (Mie)

Mie Korea terbuat dari tepung terigu atau tepung soba. Makanan jenis mie ini membantu perkembangan penggunaan sumpit di Korea.



Mandu dan Tteokguk (Sup pangsit dan Sup dengan irisan kue beras)

Mandu adalah pangsit yang terbuat dari tepung terigu tipis dengan isian yang kemudian dikukus, atau direbus dalam jangguk (Sup saus kedelai). Mandu merupakan makanan khas daerah utara Korea. Tteokguk merupakan kue beras yang diiris dan kemudian direbus dalam jangguk. Makanan ini disajikan pada hari pertama di setiap Tahun.

Hidangan Pelengkap

Guk (Sup)

Guk adalah sup sayuran, makanan laut atau daging yang direbus dengan banyak air. Beberapa jenis guk yaitu malgeun-jangguk (sup bening saus kedelai), tojangguk (sup pasta kedelai), gomguk (sup kaya daging sapi) dan naengguk (sup dingin). Biasanya, di setiap jamuan Korea selalu tersedia bap dan guk.

Jjigae (Rebusan)

Merupakan rebusan mirip sup namun dengan air yang lebih sedikit dan lebih kental. Rasa Jjigae cenderung asin. Macam-macamnya: malgeun-jjigae (jjigae bening) dan tojang-jjigae (jjigae pasta kedelai).

Jeongol (hot pot)

Jeongol tadinya merupakan makanan istana. Terdiri dari daging, seafood, jamur dan sayuran yang direbus dalam kaldu langsung di meja sesaat sebelum disajikan. Biasa disajikan untuk makan malam atau sebagai hidangan untuk menemani minuman keras.

Jjim (kukusan)

Merupakan hidangan yang dimasak dengan cara dikukus (ditumpangkan di atas air atau sup yang direbus).



Seon (sayuran yang dikukus)

Seon memiliki arti ‘berbahan baik’. Seon merupakan sayuran seperti labu, mentimun, terong, dan kubis atau tahu yang diisi dengan daging sapi atau jamur yang kemudian dikukus dalam kaldu.

Jorim (makanan rebusan)

Jorim adalah metode untuk menghidangkan daging, seafood atau sayuran dengan saus kedelai atau pasta cabai merah. Dengan menggunakan api kecil sehingga membutuhkan waktu yang lama agar bumbu meresap. Sehingga makanan ini berbumbu kuat dan dapat bertahan lama.

Cho/Janggwa (rebusan seafood dengan bumbu)

Cho (janggwa) adalah masakan dari siput laut, abalone dan kerang yang direbus dengan bumbu dengan api kecil. Kemudian ditambahkan cairan penyedap dan direbus. Sup yang dihasilkan cukup kental dan mengkilap.

Bokkeum (hidangan tumis)

Bokkeum adalah tumis daging, seafood atau sayuran. Ada dua jenis masakan bokkeum. Yang pertama hanya digoreng dalam wajan yang diminyaki. Atau kedua dengan ditumis dengan kecap dan gula.

Gui (hidangan panggang)

Gui adalah hidangan daging panggang, makanan laut atau sayuran seperti, atau dibakar setelah dibumbui.

Jeon dan Jeok

Jeon adalah masakan dengan daging, seafood atau sayuran yang cincang atau diiris kemudian dicampur dengan adonan tepung gandum dan telur yang dikocok yang kemudian digoreng dengan pan. Sedangkan Jeok adalah adonan yang sama namun ditusuk terlebih dahulu sebelum digoreng.

Hoe, Pyeonyuk, Jokpyeon

Hoe merupakan hidangan ikan/daging mentah atau sayuran berbumbu dengan saus cuka kedelai, cuka pasta paprika merah, atau mustard. Dapat juga dicelupkan sebentar dalam air mendidih. Pyeonyuk adalah masakan daging sapi atau daging babi yang dipress dan diiris. Jokpyeon adalah masakan kepala dan kaki lembu yang direbus kemudian dipadatkan dan diiris.

Mareun-chan (lauk kering)

Mareun-chan merupakan lauk kering yang terbuat dari daging yang diasinkan atau diberi bumbu, dapat juga makanan laut/sayuran dan merupakan makanan yang dapat disimpan untuk waktu yang lama. Hidangan ini dapat dinikmati kering atau digoreng.

Jangajji (acar sayuran)

Jangajji adalah acar sayuran dengan bahan lobak Korea, mentimun, akar bellflower, dan bawang putih dengan kecap, pasta kedelai atau pasta cabai merah. Makanan ini dapat disimpan untuk waktu yang lama.

Jeotggal (fermentasi makanan laut yang diasinkan)

Jeotggal adalah udang, ikan teri atau kerang yang diasinkan dengan garam sehingga fermentasi. Biasa disajikan sebagai lauk atau digunakan sebagai bumbu.

Sukchae (sayuran kukus)

Sukchae adalah hidangan sayuran yang dikukus. Dapat dicampur atau digoreng dengan bumbu. Sukchae merupakan lauk dasar populer di Korea.

Saengchae (salad segar)

Saengchae adalah salad segar musiman dengan saus cuka kedelai, pasta cabai merah atau mustard. Hidangan ini memiliki rasa manis dan asam. Metode pembuatannya merupakan cara yang paling baik dalam penyajian baik rasa dan nutrisi.

Kimchi (sayuran yang dibumbui dan difermentasi)

Kimchi adalah hidangan yang dibuat dengan mengasinkan kubis dan lobak Korea Korea dengan garam, bumbu dengan paprika merah, bawang putih, daun bawang, jahe, dan makanan laut yang sudah difermentasi. Semua bahan dicampur kemudian dibiarkan fermentasi. Kimchi adalah lauk klasik di Korea, dengan ciri fermentasi dan penyimpanannya yang khas.

Hidangan penutup

Tteok (kue beras)

Tteok adalah adonan kue beras (bisa juga dengan bahan lain) yang dibuat dengan dikukus, digoreng. Biasa disajikan pada upacara dan hari libur.

Hangwa (kue Korea)

Hangwa merupakan makanan kue tradisional Korea. Ada banyak jenis tergantung pada bahan atau resep seperti yumilgwa, gangjeong, Sanja, dasik, jeonggwa, suksilgwa, gwapyeon, yeotgangjeong dan yeot.

Sumber :http://www.facebook.com/note.php?note_id=316476688373216
enno0287 - 07/03/2012 04:49 PM
#83

boleh diceritain gak kenapa sumpitnya mesti pake stainless steel?
try fenty - 23/05/2012 09:43 PM
#84

ane sering liat tu di drama korea yang kalo kepanasan pegang kuping,
haha kadang mereka suka ada kebiasaan yang aneh-aneh
try fenty - 23/05/2012 09:45 PM
#85

ane sering liat tu di drama korea yang kalo kepanasan pegang kuping,
haha kadang mereka suka ada kebiasaan yang aneh-aneh
nadiyani - 24/05/2012 09:08 AM
#86

ngebayangin klu ane kerja dsana trus buat salah diomelin ma atasan didepan temen2.. pasti nge down bgd tuh :mewek

lha.. trus buat yg muslim rekomen makan apa?? klu fastfood halal gak tuh gan??
pemulung23 - 16/06/2012 04:29 PM
#87

thanks gan infonya,,,,,,,,,,,,,malus
006633 - 21/06/2012 01:26 PM
#88

nice inpo gan.... :2thumbup :2thumbup

kebiasaannya sebagian besar bener2 beda ya ama orang indo....

uda kayak budaya di barat....bebas...
elisia - 28/06/2012 11:34 PM
#89

kebiasaan dr korea yg ane suka "Kebanyakan co korea tuh lebih perasa , romantis ,penyabar dan rapuh hatinya"...
pngeen bgt dpt cow dngn sifat kyak gtmatabelo:
Vitas20 - 29/06/2012 12:42 AM
#90

Quote:
Original Posted By elisia
kebiasaan dr korea yg ane suka "Kebanyakan co korea tuh lebih perasa , romantis ,penyabar dan rapuh hatinya"...
pngeen bgt dpt cow dngn sifat kyak gtmatabelo:


ane ada nih kenalan cowo korea,, hehe
autonix - 29/06/2012 01:16 AM
#91

gan mau tanya orang korea itu kalau kasih uang tip emang pelit atau gimana ya gan???
kimyong - 30/06/2012 03:30 PM
#92
^^
yang kusuka dari orang korea...ramah,perhatian,sopan.....tapi kebanyakan orang kantoran.kalo pekerja pabrikan biasanya kasar suka meremehkan.selama tinggal dikorea 6tahun ada seorang yang selalu di hati,dulu bosku...super baik.sekarang jadi bapak dan ibu angkatku.wuih kangen sama mereka,padahal selama setahun pisah seminggu sekali telpon.dulu pertama ikut manggil bos,setelah 2tahun manggil appa(ayah)omma(ibuk)...hehehehe
adiknyaKipli82 - 30/06/2012 05:01 PM
#93

Quote:
Original Posted By autonix
gan mau tanya orang korea itu kalau kasih uang tip emang pelit atau gimana ya gan???

setahuku , di korea gak ada kebiasaan ngasih tip kek gitu gan.maslah pelitnya sih relatif gw kira Yb
Quote:
Original Posted By kimyong
yang kusuka dari orang korea...ramah,perhatian,sopan.....tapi kebanyakan orang kantoran.kalo pekerja pabrikan biasanya kasar suka meremehkan.selama tinggal dikorea 6tahun ada seorang yang selalu di hati,dulu bosku...super baik.sekarang jadi bapak dan ibu angkatku.wuih kangen sama mereka,padahal selama setahun pisah seminggu sekali telpon.dulu pertama ikut manggil bos,setelah 2tahun manggil appa(ayah)omma(ibuk)...hehehehe

selamat gan :selamat
Vitas20 - 30/06/2012 08:56 PM
#94

Quote:
Original Posted By kimyong
yang kusuka dari orang korea...ramah,perhatian,sopan.....tapi kebanyakan orang kantoran.kalo pekerja pabrikan biasanya kasar suka meremehkan.selama tinggal dikorea 6tahun ada seorang yang selalu di hati,dulu bosku...super baik.sekarang jadi bapak dan ibu angkatku.wuih kangen sama mereka,padahal selama setahun pisah seminggu sekali telpon.dulu pertama ikut manggil bos,setelah 2tahun manggil appa(ayah)omma(ibuk)...hehehehe


mantap gan,, koreanya dimana?
autonix - 01/07/2012 05:18 PM
#95

Quote:
Original Posted By kimyong
yang kusuka dari orang korea...ramah,perhatian,sopan.....tapi kebanyakan orang kantoran.kalo pekerja pabrikan biasanya kasar suka meremehkan.selama tinggal dikorea 6tahun ada seorang yang selalu di hati,dulu bosku...super baik.sekarang jadi bapak dan ibu angkatku.wuih kangen sama mereka,padahal selama setahun pisah seminggu sekali telpon.dulu pertama ikut manggil bos,setelah 2tahun manggil appa(ayah)omma(ibuk)...hehehehe


wah keren gan

mau tanya juga dong

orang korea itu kerja dalam sehari berapa jam ??
Pumbaa - 03/07/2012 09:56 PM
#96

aigooooo , kalo pernah nonton protect the boss pasti sering banget denger kata itu nohope:


matiin hp langsung cabut batere , drama you are my destiny yoona begitu mulu kalo matiin hape D

kedipin mata , nomu nomu chuaaa , itu gumiho banget :genit


jadi pengen nih ke korea \(

kebanyakan nonton drakor ngakak
sopashter - 05/07/2012 01:21 PM
#97

Quote:
Original Posted By RudZ-D
hai gan.. cuma mau share aja..

kebiasaan2 orang korea

* Mereka itu kalo lagi kesakitan atau kesemutan demen banget jilat jari terus disentuhin ke hidung

* Kebiasaan gendong orang mabuk ( habis disana ga ada bajaj sih.. jadi ya di gendong, naik taxi kan mahal.. banyakan sih mereka naik bus, tapi bus kan ga berhenti pas di depan rumah.. ya harus jalan, jadi orang mbknya di gendong.. kalo cari taxi juga kan ga bisa nyetop sembarangan kayak di Indonesia begini…)

* Kebiasaan makan mi langsung dari panci (ke praktisan.. kebanyakan panci yang dipake adalah panci kuningan, which is lebih mudah dingin.. btw, mi korea itu enak banget loh.. lagian byar gax nyuci pirik 2X, panci + piringnya…dan katanya sih kalo makan lansung bersama dari panci akan terasa kekeluargaanya (apa coba)

* Kebiasaan makan mi bunyi “slurps” (inilah membuat aq kadang2 sebel nonton film korea adalah ketika adegan makan..ampon dah..membuat lapar mulu..liat mereka makan dengan napsunya..aduh engga nahan deh )

* Kebiasaan punya meja panjang ( kayaknya mereka itu respek banget sama pemandangan malam, seringkan ada adegan tiduran malam2 di musim panas dimeja itu sambil lihat bintang.. owww so sweetzz ( jadi pengen punya meja gituan dech )

* Kebiasaan ngomong aigo ( mirip dengan orang chinese kalo ngomong aiyo atau aiya… mirip kita ngomong dengan akhiran “deh, kan, sih”

* kebiasaan pegang telinga habis pegang panci panas (katanya sih telinga itu merupakan organ tubuh yang paling stabil suhunya..)

* Kebiasaan mukul kepala (mukul kepala adalah hal yang lumrah di korea..denger2 sih kalo ortu disana dengen gebuk kepala anaknya biar pinter..apa coba adanya juga anaknya stress digituin..)

* Kebiasaan sopan sama pembeli or pelanggan ( ako paling suka kebiasaan ini, jarang ada di Indonesia, hanya dengan beli es krim Korea seharga 10 ribu, dia bilang hati2 dijalan.. baik sekali ya… coba semua pedagang seperti itu)

* Orang2 korea kalau makan pasti penuh banget dimulutnya ampe kesedek liatnya apalagi kalo mereka sambil ngomong pasti tuh mulut sampe monyong2..haha..yang lbh parah lagi kalo sambil marah..tuh makanan semua muncrat2 kasian banget orang yang di marahin..)

* Kebiasaan gosok gigi (ako masukin ini sebagin kebiasaan mereka..karna dalam setiap film ato drama selalu ada adegan gosok gig..yah yg sambil ngomong ,nyanyi apalah segala macam..)

* Kebiasaan kalo lagi kesal ngomongnya ditekankan pada satu kata, kesannya seperti orang pengen meludah.. mungkin karena kesal banget jadi pengen ngeludah ya…(ako pernah iseng nyobain kyk gini yg hasilnya ako kesedek sampe batuk2)

* Kuat banget makan dan mabuk (tidak usah diragukan)

* Kalau matiin HP batrenya langsung dicopot (denger2 HP disana engga ada tombol REJECT jadi cara tercepat adalah dengan mencopot batre)

* Suka banget kalo lagi sedih pergi ke atap dan merenungi nasib (mungkin karna pemandangan disana enak kali ya)

* Jarang mandi kalo lagi musim dingin (not sure about this..tp bisa aja secara korea kalo musim dingin..dingin banget boo)

* Suka banget mecahin telor pake kepala (kagak jelas maksudnya apa tp yg pasti patut untuk dicoba)

* Suka makan BAWANG PUTIH (dipercaya dapat menetralkan darah..biar engga darah tinggi gitu)

* Kebiasaan makan yang panas2 (dengan ini banyak orang korea yang bhkan belum berumur 40 harus memakai gigi palsu karna gigi aslinya hancur)

* Kebanyakan co korea tuh lebih perasa , romantis ,penyabar dan rapuh hatinya (?) daripada ce nya..(beda banget sama di indonesia)

* Sumpit harus stanless steel gag boleh yang lain (ada sejarahnya mengpa mereka hanya mau menggunakan sumpit yang seperti itu

* demen banget ama baseball... baseball jersey dimana2 dah..

* kebiasaan pulang malem pas hari kerja.. tapi kalo udah malam rebutan taxi

* hukuman yang sering dilakukan oleh cowok adalah.. hukuman dengan menahan tubuh dgn kepala di tanah.. dan tangan dilipat kebelakang.. jadi badan ditumpu oleh kepala dan kaki

* kalo bilang miss you.. suka kedip2 sambil tunjuk.. (kalo nonton gumiho psti tau)

* jika korea melambaikan tangan ketika mau berpisah suka angkat naik.. bye2..

* SUKA TERIAAAKKK...!!! YA..YA..YA.. dan sembari melotot.. dan mulut monyong..

* makan kimchi atau barbeque sambil menaikkan 1 kaki keatas.. enak banget kelihatannya bagi pemuda2 gaul di korea

* Kalo orang korea dipuji.. mereka jadi malu dengan cara pegang kepala kemudian pegang belakang leher sembari membungkuk. (ini khusus pujian yang mentidak enakkan mereka)

* anak2 muda korea skr lagi booming dengan produk apple, terutama IPHONE dan sedangkan orang2 tuanya suka dengan hp yang bisa nonton tv..
dimana subway sambil berdiri sambil nonton dengan hpnya.

Kebiasaan Buruk Orang Korea

* Orang Korea Selatan sering menyuguhkan minuman beralkohol sebagai penghargaan pada teman atau tamunya.. Minuman beralkohol merupakan hal yang biasa di Korea Selatan, baik untuk laki-laki dan perempuan.( karena ako bukan peminum, jdi menurutku Itu hal yang buruk … Bila kita menghadapinya, sebaiknya kita menerima dulu minuman tersebut baru kemudian diletakkan lagi dan kemudian minta minuman ringan lainnya ( itu sekedar tips saja.. hehehehe )

* Orang Korea Selatan bertemperamen tinggi dan kasar terutama dengan orang yg menjadi bawahannya, mereka sering bicara keras seperti orang marah, diselingi makian dan kadang tangan memegang / mendorong kepala dimana hal tersebut dianggap hal biasa

* Makanan yang disantap orang Korea Selatan umumnya banyak mengandung Babi, anjing juga bnyak…

* Makan di dalam kamar merupakan hal yang tabu, karena dipercayai membuat rezeki tidak akan masuk / menjauhkan dari rezeki …

* Korea Selatan menegur atau membentak, kadang memaki bawahannya langsung saat itu juga bila melakukan kesalahan sekecil apapun (kadang belum tau salahnya apa jg sudah main bentak dulu, ini yg bikin kesel sama orang korea) Selesai marah atau dimarahi, tapi orang Korea Selatan tidak menyimpan dendam di hati, persoalan berhenti sampai saat itu juga.

* Sebagian masyarakat Korea Selatan mempunyai pandangan bahwa bila kita minum bersama sampai mabuk maka tidak ada rahasia lagi diantara mereka dan mereka akan saling percaya dan bersahabat Untuk menghilangkan stress dan penat …

* Budaya Operasi plastik yang dilakukan oleh orang2 dikorea… Di korea 75% Warganya telah melakukan operasi plastic ( Padahal menurutku, tampang2 mereka sudah oke2 kok ditambah lagi warna kulitnya bagus)

* Warga Korea selatan dinobatkan sebagai warga paling stress di Dunia Whatt the?? 81% dari penduduk korea mengalami stress setiap harinya makanya banyak banget warga korea yang demen BUNDIR (Bunuh Diri) karena kehidupan korea yang keras…

* dan ada lagi.. SUKA MELUDAH SEMBARANGAN!!!!!!

kesimpulan2 diatas.. credited by vellfire007
dengan thread aslinya: http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=3676395

saya hanya menambahkan beberapa point saja.. dan untuk disharing ma temen2 korea.. hehe

DEMIKIAN.. silahkan ada yang mau ditambahkan? ato tidak seperti fakta dilapangan dengan alasan.. mohon dikomentari yah.. de...

Hamsa hashimiko... hehe


ane tambahin gan ,,klo pas lagi mabok suka treak2 kaga jelas ,,,
klo lagi marah2 suka ngomong siiiiiiiiiiipal sekiangakakngakak(kalo yang ini mah makanan ane tiap hari gan)
,,suka berbuat mesum di sembarng tempat (coba dah naik subway,jaln2 ke mall/lotte mart/stasiun/etc ,,agan pasti nemuin co ce berpelukan mesra sambil berciuman kissmalus,,,,ane ampe ngiri banget+pengen ganberdukas)
,,klo mreka lgi capek ngomong ,suka hkkkk kayak orang mw ngludah gitu gannajisnajis
sopashter - 05/07/2012 01:23 PM
#98

Quote:
Original Posted By enno0287
boleh diceritain gak kenapa sumpitnya mesti pake stainless steel?
klo pake bahan nasi itu lontonng gan ngakakngakak,,,,

songhyori - 06/07/2012 10:57 PM
#99

wah ternyata memang aslinya begitu kirain cuman di korean drama aja bingung
danasan - 06/07/2012 11:51 PM
#100

Quote:
Original Posted By enno0287
boleh diceritain gak kenapa sumpitnya mesti pake stainless steel?



Biar hemat bambu gan. kalo pake stainless Steel kan sumpitnya ga perlu dibuang tinggal dicuci doang
Page 5 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 
Home > Kaskuser Regional > ASIA > Korea Selatan > [share] kebiasan2 orang korea selatan.. **COMPLETE**