Kepada para suhu DSL saya mohon bantuan karena sudah capek telpon speedy bolak balik tp yang menjawab telpon di bagian customer service cuma bisa bilang "maaf atas gangguannya akan kami sampaikan pada bagian teknisi"
Saya baru seminggu koneksi ke speedy dengan plan familia 1mb dan mendapatkan masalah slow download speed. Download speed saya hanya sekitar 5.6kbps-19 kbps, hari sebelumnya memang bisa mencapai 50 kbps tapi itu jarang banget.
Berikut ini status modem saya:
INTERNET
ADSL: CONNECTED
Mode: G.992.5 (ADSL2+)
Download: 1211 Kbps.
Upload: 380 Kbps.
WAN IP: 118.96.124.171
Subnet Mask: 255.255.255.255
Gateway: 118.96.124.1
Primary DNS: 203.130.193.74
Secondary DNS: 202.134.0.61
GATEWAY
IP Address: 10.1.1.1
Subnet Mask: 255.255.255.0
DHCP Server: Enabled
Firewall: Disabled
UPnP: Enabled
Wireless: Enabled
# Status:
Configured Current
Line Status G.992.5 (ADSL2+) Up
Link Type G.992.5 (ADSL2+) G.992.5 (ADSL2+)
* [Go Top]
# Data Rate:
Upstream Downstream
Actual Data Rate 380 (Kbps.) 1211 (Kbps.)
* [Go Top]
# Operation Data / Defect Indication:
Operation Data Upstream Downstream
Noise Margin 36 dB 19 dB
Attenuation 14 dB 31 dB
Indicator Name Near End Indicator Far End Indicator
CRC Error 0
0
HEC Error 4294967289
0
Dengan menggunakan speed test ini hasilnya
Pertanyaan saya adalah? Apa sih sebenernya masalahnya? Line attenuation saya cukup baik meski ga perfect.
Teknisi telkom sempat menaikan bandwidth untuk testing sampe 3 mb tapi download speed sama saja.
Sebagai perbandingan waktu saya di Australia (baru balik for good) downstream saya 8000+ kbps (adsl 2+ dengan iinet service provider)dan download speed saya 800-900 kbps (10%)
Bukan maksud membandingkan karena mungkin di negara lain (maju) bandwidth internet mereka tidak di cap seperti disini memungkinkan pelanggan dapat memperoleh speed sebesar kemampuan line teleponnya.
Cuma saya bingung aja kenapa bandwidth saya yang 1mb (bahkan 3mb) hanya memperoleh download speed yang sangat lambat (sperti kecepatan dial up saja)
Saya sudah bolak balik menanyakan hal ini ke telkom dan mereka tidak banyak membantu cuma melakukan beberapa test. 2 hari pertama saya komplen ada tanggapan tapi setelah itu tidak ada follow up sama sekali. Ada yang telepon cuman bertanya "pak apa internetnya sudah benar?" Saya bilang belum, dia cuma bilang ya nanti saya bell lagi.
Buat apa saya berlangganan 1 mb unlimited dan bayar 600 rb sebulan kalau donlod 1 file (besar 4gb) perlu waktu seminggu.
Mohon pencerahannya karena kalo memang ga bisa di apa2in saya mau turun plan atau bahkan putus koneksi mending pakai usb modem.