Sejarah & Xenology
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
Total Views: 7976 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 7 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

Brainless. - 14/11/2010 02:49 PM
#1
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
Spoiler for Semoga No Repost
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]


Spoiler for Wejangan dari TS
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
Bila berkenan mohon di rate Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang] sama limpahan cendol cendolbigcendolbigcendolbig segernya


Quote:
Di thread ini ane ingin membahas masalah Sejarah Perang Korea dan konflik ideologi yang mempengaruhi terjadinya perang


Quote:
Sekilas mengenai kedua negara yang terlibat di perang ini

Quote:

1. Korea Selatan

     Republik Korea (bahasa Korea: Daehan Minguk (Hangul: 대한민국; Hanja: 大韓民國); bahasa Inggris: Republic of Korea) biasanya dikenal sebagai Korea Selatan,adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea.

     Di sebelah utara, Republik Korea berbataskan Korea Utara, di mana keduanya bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948. Jepang berada di seberang Laut Jepang (disebut "Laut Timur" oleh orang-orang Korea) dan Selat Korea berada di bagian tenggara. Negara ini dikenal dengan nama Hanguk (한국; 韓國) oleh penduduk Korea Selatan dan disebut Namchosŏn (남조선; 南朝鮮; "Chosŏn Selatan") di Korea Utara. Ibu kota Korea Selatan adalah Seoul (서울).

     Dengan menyerahnya Jepang di tahun 1945, PBB membuat rencana administrasi bersama Uni Soviet dan Amerika Serikat, namun rencana tersebut tidak terlaksana. Pada tahun 1948, pemerintahan baru terbentuk, yang demokratik (Korea Selatan) dan komunis (Korea Utara) yang dibagi oleh garis lintang 38 derajat. Ketegangan antara kedua belah pihak mencuat ketika Perang Korea meletus tahun 1950 ketika pihak Korea Utara menyerang Korea Selatan.

Spoiler for Bendera Korsel
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]



Quote:
2. Korea Utara

     Korea Utara, secara resmi disebut Republik Demokratik Rakyat Korea (Hangul: 조선민주주의인민공화국, Chosŏn Minjujuŭi Inmin Konghwaguk), adalah sebuah negara di Asia Timur, yang meliputi sebagian utara Semenanjung Korea.

Ibukota dan kota terbesarnya adalah Pyongyang. Zona Demiliterisasi Korea menjadi batas antara Korea Utara dan Korea Selatan. Sungai Amnok dan Sungai Tumen membentuk perbatasan antara Korea Utara dan Republik Rakyat Cina. Sebagian dari Sungai Tumen di timur laut merupakan perbatasan dengan Rusia. Penduduk setempat menyebut negara ini Pukchosŏn (북조선, "Chosŏn Utara").

Juche menjadi ideologi resmi negara ketika negara ini mengadopsi konstitusi baru pada 1972, kendati Kim Il-sung telah menggunakannya untuk membentuk kebijakan sejak sekurang-kurangnya awal tahun 1955. Sementara resminya sebagai republik sosialis, Korea Utara dipandang oleh sebagian besar negara sebagai negara kediktatoran totaliter stalinis. Pemimpin saat ini adalah Kim Jong-il, putera dari Presiden Abadi Kim Il-sung.

Spoiler for Bendera Korut
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]



Quote:
Latar belakang perang

Quote:
     Perang Korea (bahasa Korea: 한국전쟁), dari 25 Juni 1950 sampai 27 Juli 1953, adalah sebuah konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan. Perang ini juga disebut "perang yang dimandatkan" (bahasa Inggris proxy war) antara Amerika Serikat dan sekutu PBB-nya dan komunis Republik Rakyat Cina dan Uni Soviet (juga anggota PBB). Peserta perang utama adalah Korea Utara dan Korea Selatan. Sekutu utama Korea Selatan termasuk Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Britania Raya, meskipun banyak negara lain mengirimkan tentara di bawah bendera PBB.

Sekutu Korea Utara, seperti Republik Rakyat Tiongkok, menyediakan kekuatan militer, sementara Uni Soviet yang menyediakan penasihat perang dan pilot pesawat, dan juga persenjataan, untuk pasukan Tiongkok dan Korea Utara. Di Amerika Serikat konflik ini diistilahkan sebagai aksi polisional di bawah bendera PBB daripada sebuah perang, dikarenakan untuk menghilangkan keperluan kongres mengumumkan perang.


Quote:
Terminologi

     
Di Amerika Serikat, perang ini secara resmi dideskripsikan sebagai aksi polisional karena tidak adanya deklarasi perang resmi dari Kongres AS. Dalam bahasa sehari-hari, perang ini juga sering disebut Perang yang Terlupakan dan Perang yang Tidak Diketahui karena dianggap sebagai urusan PBB, berakhir dengan kebuntuan (stalemate).

Di Korea Selatan, perang ini biasa disebut sebagai Perang 6-2-5 (yuk-i-o jeonjaeng) yang mencerminkan tanggal dimulainya perang pada 25 Juni. Sementara itu, di Korea Utara, perang ini secara resmi disebut Choguk haebang chǒnjaeng ("perang pembebasan tanah air"). Perang Korea juga disebut Chosǒn chǒnjaeng ("Perang Joseo", Joseon adalah sebutan Korea Utara untuk tanah Korea).

Perang Korea secara resmi disebut Chao Xian Zhan Zheng (Perang Korea) di Republik Rakyat Cina. Kata "Chao Xian" merujuk ke Korea pada umumnya, dan secara resmi Korea Utara.


Quote:

Pendudukan Jepang (1910–1945)

     Amerika Serikat dan Soviet membuat perjanjian untuk membagi Korea menjadi dua, tanpa melibatkan pihak Korea. Korea saat itu diwakili oleh kolonel Amerika Serikat Dean Rusk dan Charles Bonesteel. Dua tahun sebelumnya, di Konferensi Kairo (November 1943), Nasionalis Cina, Britania Raya, dan Amerika Serikat memutuskan bahwa Korea harus menjadi negara merdeka, "pada waktunya"; Stallin pun setuju. Pada bulan Februari 1945, di Konferensi Yalta, Sekutu gagal mendirikan perwalian Korea sebagaimana diwacanakan pada tahun 1943 oleh presiden Amerika Serikat Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill.

Sesuai perjanjian AS-Soviet, Uni Soviet mendeklarasikan perang pembebasan Korea dari Jepang pada tanggal 9 Agustus 1945, dan, pada tanggal 10 Agustus, Tentara Merah berhasil menduduki Korea bagian utara, dengan pendaratan amfibi di bagian utara paralel ke-38. Soviet juga berhasil mengusir tentara Jepang dan masuk melalui Manchuria. Tiga minggu kemudian, pada 8 September 1945, Letnan Jendral John R. Hodge dari Amerika Serikat tiba di Incheon untuk menerima penyerahan Jepang di wilayah Selatan paralel ke-38.


Quote:

Pemisahan Korea (1945)

     Pada Konferensi Potsdam (Juli—Agustus 1945), Sekutu secara sepihak memutuskan untuk membagi Korea tanpa melakukan konsultasi dengan pihak Korea sendiri. Hal ini tidak sesuai dengan Konferensi Kairo (November 1943), ketika Churchill, Chiang Kai-shek, dan Franklin D. Roosevelt mendeklarasikan bahwa Korea harus menjadi negara bebas dan merdeka. Selain itu, sebelumnya, Konferensi Yalta (Februari 1945) mengizinkan Stalin membangun "zona penyangga" Eropa — negara satelit yang berada di bawah Moskwa — sebagai balasan karena telah membantu Amerika Serikat di Perang Pasifik melawan Jepang.

Kelompok sayap-kanan Representative Democratic Council, yang dipimpin oleh nasionalis Syngman Rhee, menentang perwalian Soviet-Amerika di Korea, berpendapat bahwa setelah tiga puluh lima tahun (1910–45) dikuasai pemerintah kolonial Jepang (pemerintah asing), rakyat Korea
menolak dipimpin pemerintahan asing lainnya, termasuk AS dan Soviet.

Tentara AS mundur dari Korea tahun 1949, meninggalkan tentara Korea Selatan dengan sedikit persenjataan. Di lain pihak, Uni Soviet memberikan bantuan persenjataan dalam jumlah banyak ke tentara Korea Utara dan mendukung rencana invasi Kim Il-Sung.


Spoiler for Tokoh sayap kanan Korsel Syngman Rhee
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]


Quote:
Sambungan berikutnya "Klimaks berlangsungnya perang" ada dibawah gan
iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia
Brainless. - 14/11/2010 03:02 PM
#2

Quote:
Berlangsungnya perang

Quote:
Awal perang ; Korea Utara menyerang (Juni 1950)

PBB menerima banyak pesan yang memberitahu bahwa Korea Utara akan melakukan invasi, PBB menolak semuanya. Sebelum perang, pada awal tahun 1950, perwira CIA stasiun Cina Douglas Mackiernan menerima ramalan intelejen Cina dan Korea Utara yang meramalkan bahwa tentara Korut akan menyerang ke Selatan.

Dengan alasan membalas provokasi Korea Selatan, Tentara Korea Utara (tentara Korut) menyebrangi paralel ke-38, dibantu tembakan artileri, Minggu pagi tanggal 25 Juni 1950. Tentara Korut mengatakan bahwa pasukan Republik Korea (ROK), di bawah pimpinan "bandit pengkhianat Syngman Rhee", telah menyebrangi perbatasan "terlebih dahulu", dan mereka akan menangkap serta mengeksekusi Rhee. Pada tahun-tahun sebelumnya, kedua Korea telah saling menyerang satu sama lain.

Di pihak lain, tentara Korea Selatan masih belum siap. Pada South to the Naktong, North to the Yalu (1998), R.E. Applebaum melaporkan bahwa tentara Korea Selatan memiliki tingkat kesiapan tempur yang rendah pada 25 Juni 1950. Tentara Korea Selatan hanya memiliki 98.000 tentara (65.000 tentara tempur, 33.000 tentara penyokong), tidak memiliki tank, dan 22 pesawat yang terdiri dari 12 pesawat tipe penghubung dan 10 pesawat latihan AT6. Selain itu tidak ada pasukan asing yang berpangkalan di Korea saat itu - meskipun terdapat pangkalan AS di Jepang.

Dalam jangka waktu beberapa hari saja, banyak tentara Korea Selatan — yang kurang loyal terhadap rezim Syngman Rhee — lari ke selatan atau malah berkhianat dan bergabung dengan tentara Korea Utara.


Spoiler for Contoh pesawat AT-6 Korsel
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]



Quote:
Aksi Polisional: Intervensi Amerika Serikat

     Pada hari sabtu 24 Juni 1950, Menteri Luar Negeri AS Dean Acheson memberi tahun Presiden Harry S. Truman melalui telepon, "Bapak Presiden, saya memiliki berita yang sangat serius. Korea Utara telah menyerang Korea Selatan. Presiden Truman mengakui bahwa pertempuran ini berkaitan dengan usaha Amerika mencegah komunisme yang semakin mengglobal.

Pertempuran Osan adalah pertempuran besar pertama antara AS dan Korea Utara di Perang Korea. Pada 5 Juli 1950, Task Force Smith menyerang Korea Utara di Osan, namun karena tidak membawa senjata yang mampu menghancurkan tank Korea Utara, mereka gagal, dengan total 180 orang tewas, terluka, atau tertangkap. Divisi ke-24 menderita 3.602 tewas atau terluka dan 2.962 ditangkap—termasuk komandan divisi Mayor Jendral William F. Dean. Di udara, Angkatan Udara Korea Utara menembak jatuh 18 pesawat tempur dan 29 pengebom AS; sementara AS hanya menjatuhkan 5 pesawat tempur Korea Utara.

Di bulan Agustus, Korea Utara berhasil menekan Korea Selatan dan tentara AS ke kota Pusan, di Korea Tenggara. Dalam serangan itu, Korea Utara menghabisi akademisi Korea Selatan dengan membunuh pegawai negeri dan kaum intelektual. Pada 20 Agustus, Jenderal MacArthur memperingatkan pemimpin Korea Utara Kim Il-Sung bahwa ia bertanggung jawab terhadap kekejaman tentara Korea Utara.Hingga bulan September, tentara PBB hanya bisa mengontrol pinggiran kota Pusan, atau hanya 10% dari wilayah Korea.

Spoiler for Perang Osan
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]

Spoiler for Memorial
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]



Quote:
Pertempuran Incheon

     Operasi yang disebut sebagai Operasi Chromite ini dilaksanakan saat gelombang ombak mengganas. Jenderal McArthur telah lama merencanakan penyerbuan ini, namun Pentagon selalu mencegahnya. Ketika mendapatkan otoritas, ia mengerahkan pasukannya yang terdiri dari 70.000 infantri Divisi Marinir Pertama, Divisi Infantri ke-7, dan 8.600 tentara Republik Korea. Pada tanggal hari-h tanggal 15 September, tim penyerang menghadapi sedikit—namun kuat—tentara Korut; intelijen militer, operasi psikologis, pengintaian, dan pengeboman turut berperan dalam operasi ini. Pengeboman itu sendiri menghancurkan sebagian besar kota Incheon.

Pendaratan Incheon memungkinkan Divisi Kavaleri Pertama untuk mulai menyerang ke bagian utara. Mereka maju 106.4 mil ke dalam wilayah musuh dan kemudian bergabung dengan Divisi Infantri Ke-7 di Osan. Namun tentara Korut yang nyaris terkepung berhasil kabur ke Utara dengan hanya 25.000 hinga 30.000 pasukan tersisa.

Spoiler for Douglas McArthur,Incheon
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]


Quote:
[CENTER]Serangan PBB: Invasi ke Korea Utara (September–Oktober 1950)

     Pada tanggal 1 Oktober 1950, Komando PBB mendorong tentara Korut hingga ke Utara, melewati paralel ke-38, Republik Korea kemudian mengejar mereka masuk ke wilayah Korea Utara. Enam hari kemudian, pada 7 Oktober, dengan otorisasi dari PBB, pasukan Komando PBB mengikuti pasukan Republik Korea menyerang ke wilayah Utara. Angkatan Darat AS kedepalam dan tentara Republik Korea menyerang ke bagian Barat Korea, dan berhasil merebut Pyongyang, ibukota Korea Utara, pada 19 Oktober 1950. Di akhir bulan, pasukan PBB menahan 135,000 tawanan perang; dan mereka melihat adanya perpecahan di tentara Korea Utara.

Jenderal MacArthur dan beberapa politisi Amerika sempat mengusulkan untuk menyerang Komunis Cina untuk menghancurkan depot Tentara Rakyat China yang memasok kebutuhan perang Korea Utara, namun Presiden Truman tidak setuju, dan memerintahkan Jenderal MacArthur tidak melewati perbatasan Sino-Korea.

Spoiler for Situasinya
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]


Spoiler for Situasi nya
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
[/CENTER]


Quote:
Spoiler for Korban perang
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
Brainless. - 14/11/2010 03:14 PM
#3

Quote:
Detik-detik berakhirnya perang

Quote:
Intervensi Cina

     Pada 27 Juni 1950, dua hari setelah invasi terhadap Korut dan tiga bulan sebelum intervensi Cina untuk Perang Korea, Presiden Truman mengirimkan Armada 7 AS ke Selat Taiwan, untuk melindungi Republik Nasionalis Cina dari ancaman Republik Rakyat China (RRC). Tanggal 4 Agustus 1950, Mao Zedong melapor kepada Politbiro bahwa ia akan melakukan intervensi bila Tentara Relawan Rakyat (PVA) sudah siap untuk dimobilisasi.

Pada 20 Agustus 1950, Perdana Menteri Zhou Enlai menginformasikan Perserikatan Bangsa-Bangsa bahwa "Korea adalah tetangga Cina... Rakyat Cina harus terlibat mencari solusi untuk masalah Korea "-dengan demikian, melalui diplomat dari negara netral, Cina memperingatkan AS, bahwa dalam menjaga keamanan nasional Cina, mereka akan melakukan intervensi terhadap Komando PBB di Korea. Presiden Truman menafsirkan pesan ini sebagai "sebuah usaha untuk pemerasan terhadap PBB", dan mengabaikannya.

Politbiro mengizinkan intervensi Cina di Korea pada tanggal 2 Oktober 1950-sehari setelah tentara Republik Korea menyeberangi perbatasan 38-paralel. Kemudian, Cina mengklaim bahwa pesawat-pesawat pembom AS telah melanggar wilayah udara nasional RRC dalam perjalanannya menuju Korea Utara-sebelum Cina melakukan invervensi di Korea Utara.

Di akhir November, tentara China berhasil mengusir pasukan Komando PBB dari timur laut Korea Utara, hingga melewati perbatasan paralel ke-38. Pasukan PBB lari ke pantai timur dan membangun pertahanan di kota pelabuhan Hungnam—dan menunggu bantuan di sana. Pada Desember 1950,[8] 193 kapal yang membawa 105.000 tentara, 98.000 penduduk sipil, 17.500 kendaraan, dan 350.000 ton suplai tiba di Pusan, di bagian selatan tanjung korea.


Quote:
Penyerangan Musim Dingin China (awal 1951)

     Pada bulan Januari 1951, tentara Cina dan Korut melaksanakan Penyerangan Fase Ketiga (atau dikenal pula dengan sebutan "Penyerangan Musim Dingin Cina") menggunakan taktik serangan malam di mana tentara PBB secara diam-diam dikepung kemudian diserang tiba-tiba. Penyerangan itu juga didukung oleh bunyi-bunyi trompet dan gong dengan tujuan sebagai alat komunikasi kepada pasukan yang menyerang sekaligus membuat pasukan musuh mengalami disorientasi secara mental.

Pasukan PBB tidak memiliki pengalaman menghadapi taktik seperti ini dan sebagai hasilnya beberapa pasukan langsung lari meninggalkan persenjataannya ke arah Selatan. Penyerangan Musim Dingin China ini berhasil membuat pasukan PBB kewalahan. Tentara China dan Korut berhasil menguasai Seoul pada 4 Januari 1951.

Selain kekalahan itu, tentara AS juga mengalami pukulan telak setelah Jendral Walker tewas akibat kecelakaan mobil, yang membuat moral pasukan menurun. Kejadian ini hampir memaksa Jendral MacArthur menggunakan bom atom untuk menyerang China dan Korut serta memotong jalur persediaan mereka. Akan tetapi, dengan datangnya pengganti Walker, Letnan-Jendral Matthew Ridgway, moral pasukan kembali meningkat.

China melakukan serangan balasan pada bulan April 1951, dengan Penyerangan Fase Kelima (dikenal pula sebagai "Penyerangan Musim Semi China") dengan tiga tentara lapangan (field army) (sekitar 700.000 orang). Serangan utama terjadi di Sungai Imjin (22-25 April 1951) dan Kapyong (22-25 April 1951), yang dipertahankan mati-matian oleh tentara AS dan menumpulkan daya dorong.

Penyerangan Fase Kelima dan akhirnya berenti di No-name Line di Utara Seoul. Pada tanggal 15 Mei 1951, tentara China di timur menyerang Tentara Republik Korea dan Amerika Serikat, namun berhasil dihentikan tanggal 20 Mei. Pada akhir bulan, Angkatan Darat Amerika Serikat melakukan serangan balasan dan merebut kembali "Line Kansas", tepat di bagian Utara paralel 38. PBB kemudian menghentikan serangan dan bertahan di sana, mengakibatkan keadaan kebuntuan hingga gencatan senjata tahun 1953.


Spoiler for Korban tentara china
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]

Spoiler for Pengeboman oleh tentara AS
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]



Quote:
Fase-fase Kebuntuan (Juli 1951—Juli 1953)

     Pada tahun-tahun berikutnya, tentara PBB dan China tetap berperang, namun perubahan wilayah kekuasaan tidak banyak berubah dan terjadi kebuntuan. Sementara pengeboman wilayah Korea Utara terus berlangsung, perundingan gencatan senjata dimulai tanggal 10 Juli 1951 di Kaesong. Pertempuran juga terus berlangsung meskipun perundingan tengah berjalan; tujuan Korsel-PBB adalah untuk merebut kembali seluruh Korea Selatan dan menghindari kehilangan wilayah. Tentara China dan Korut juga melakukan operasi serupa serta melakukan operasi-operasi psikologikal.

Pertempuran-pertempuran utama dalam fase ini antar alain Pertempuran Bloody Ridge(18 Agustus—15 September 1951) dan Pertempuran Heartbreak Ridge (13 September—15 Oktober 1951), Pertempuran Old Baldy (26 Juni—4 Agustus 1952), Pertempuran White Horse (6–15 Oktober 1952), Pertempuran Triangle Hill (14 Oktober—25 November 1952), dan Pertempuran Hill Eerie(21 Maret—21 Juni 1952), pengepungan Outpost Harry (10—18 Juni 1953), Pertempuran Hook (28—29 Mei 1953), dan Pertempuran Pork Chop Hill (23 Maret—16 Juli 1953).

Spoiler for Beberapa perang terakhir
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]


Quote:

Akhir perang ane post dibawah gan
iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia
egahabiren - 14/11/2010 03:16 PM
#4

mana nih, demen ni ane kalo udah perang koreamahomaho
Brainless. - 14/11/2010 03:23 PM
#5

Quote:
Original Posted By egahabiren
mana nih, demen ni ane kalo udah perang koreamahomaho


Bentar gan..diproses dulu..lapie ane trouble hoho beer:
Brainless. - 14/11/2010 04:47 PM
#6

Quote:
Akhir perang saudara di korea

Quote:
Proses negosiasi dan intermediasi

Negosiasi gencatan senjata berlanjut selama dua tahun; di Kaesong (Korea Utara bagian Selatan), kemudian di Panmunjon (perbatasan kedua Korea). Problem utama dari negosiasi ketika itu adalah repatriasi tawanan perang. China, Korea Utara, dan tentara PBB tidak bisa membuat kesepakatan karena banyak tentara China dan Korea Utara yang menolak kembali ke Utara. Dalam perjanjian gencatan senjata terakhir, sebuah Komisi Repatriasi Negara-Negara Netral dibentuk untuk mengurusi masalah tersebut.

Pada tahun 1952, AS memilih presiden baru, dan pada tanggal 29 November 1952, presiden terpilih Dwight D. Eisenhower terbang ke Korea untuk mempelajari hal-hal yang mungkin dapat mengakhiri perang Korea. Pada 27 Juli 1953, proposal gencatan senjata dari India disetujui oleh Korea Utara, China, dan tentara PBB sehingga mereka sepakat untuk melakukan gencatan senjata dengan batas di paralel ke-38.

Dalam persetujuan tersebut tertulis bahwa pihak-pihak yang terlibat menciptakan sebuah Zona Demiliterisasi Korea. Tentara PBB, yang didukung oleh Amerika Serikat, Korea Utara, dan China menandatangani Perjanjian Gencatan Senjata; Presiden Korea Selatan Syngman Rhee menolak untuk menandatangani perjanjian itu, karenanya Republik Korea dianggap tidak berpartisipasi dalam perjanjian tersebut.

Setelah perang, pasukan PBB menguburkan pasukannya yang tewas di pemakaman sementara di Hŭngnam. Dengan Operasi Glory (Juli-November 1954), masing-masing pihak saling bertukar mayat pasukannya. Mayat 4.167 angkatan darat dan Korps Marinir AS ditukar dengan 13.528 mayat tentara China dan Korut. Sebanyak 546 penduduk sipil yang tewas di kamp tahanan perang PBB diserahkan kepada pemerintahan Korsel. Setelah Operasi Glory, 416 "prajurit tak dikenal" dimakamkan di Punchbowl Cemetery, Hawaii.

Spoiler for Nisan memorial
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]

Spoiler for Paralel 38,masa lalu
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]

Spoiler for Paralel 38,masa kini
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]


Quote:
25 Juni 1950 sampai gencatan senjata 27 Juli 1953. Karena belum ada perjanjian perdamaian, secara teknis konflik ini masih berlanjut sampai sekarang.


Quote:

Mampir juga gan ke thread bermutu ane yang lain
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]Brainless Official ThreadSejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]


Sekian share informasi dari ane gan jika berkenan boleh dong minta
cendolbigcendolbigcendolbig
Semoga bermanfaat gan
:2thumbup:2thumbup:2thumbup
Btw ini rekor thread terpanjang ane gan hahahaha
:selamat:selamat:selamat
Brainless. - 14/11/2010 05:09 PM
#7

Waduh sepi sup:sup:sup:sup:sup: hehe
hilalalquds - 14/11/2010 07:19 PM
#8

gan di thread ada kata2 bom atom, yang boneng nih? kayaknya bombing biasa dehSejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
c08L03q - 14/11/2010 07:43 PM
#9

moga2 mereka bisa berdamai gan, layaknya jerman barat dan jerman timur
Brainless. - 14/11/2010 09:10 PM
#10

Quote:
Original Posted By hilalalquds
gan di thread ada kata2 bom atom, yang boneng nih? kayaknya bombing biasa dehSejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]


Maksud agan spoiler yang pengeboman oleh Amerika?
Dalam perang ini ga ad bom atom,yg digunakan plg kekuatan tempur udara untuk menggempur pihak musuh dengan bom dr udara atau bom biasa layaknya perang.
Jika ada kesalahan peng-editan ane mohon maaf gan. malu

Quote:
Original Posted By c08L03q
moga2 mereka bisa berdamai gan, layaknya jerman barat dan jerman timur


Semoga gan,mudah2an kedua negara yang berada di belakang Korsel dan Korut bisa musnah,supaya ga ada lg perang dan arogansi di dunia ini hehe iloveindonesia
AnimeChibis - 14/11/2010 09:55 PM
#11

Quote:
Original Posted By Brainless.
Maksud agan spoiler yang pengeboman oleh Amerika?
Dalam perang ini ga ad bom atom,yg digunakan plg kekuatan tempur udara untuk menggempur pihak musuh dengan bom dr udara atau bom biasa layaknya perang.
Jika ada kesalahan peng-editan ane mohon maaf gan. malu



Semoga gan,mudah2an kedua negara yang berada di belakang Korsel dan Korut bisa musnah,supaya ga ada lg perang dan arogansi di dunia ini hehe iloveindonesia


Tapi McArthur memang ada rencana ngebom atom China.

Kalau terjadi ya hell on earth. Dan pasti US bakal kalah, karena USSR bakal ikutan juga.

Korea Selatan jaman 1950-an itu negara diktator dan tidak populer, sementara Korea Utara itu negara komunis yang populer. Waktu awal2 invasi, pasukan Korsel pada desersi dan pasukan Korut disambut rame oleh penduduk Korsel.

Kasarannya, yang jahat itu Korsel (kacung bule) versus si baik Korea Utara (komunis yang ingin mengusir antek asing).

Perang Korea itu perang yg amat sangat seru, karena pada satu titik, Korea Selatan hampir kalah hingga tinggal nyisa satu kota besar yaitu Pusan (sblm akhirnya ada intervensi PBB). Dan pada titik lain Korea Utara hampir kalah karena sebgian besar wilayahnya sudah diduduki pasukan PBB + US (sblm akhirnya ada intervensi RRC)

Seoul bolak balik ganti penguasa belasan kali selama perang.
Brainless. - 14/11/2010 10:50 PM
#12

Quote:
Original Posted By AnimeChibis
Tapi McArthur memang ada rencana ngebom atom China.

Kalau terjadi ya hell on earth. Dan pasti US bakal kalah, karena USSR bakal ikutan juga.

Korea Selatan jaman 1950-an itu negara diktator dan tidak populer, sementara Korea Utara itu negara komunis yang populer. Waktu awal2 invasi, pasukan Korsel pada desersi dan pasukan Korut disambut rame oleh penduduk Korsel.

Kasarannya, yang jahat itu Korsel (kacung bule) versus si baik Korea Utara (komunis yang ingin mengusir antek asing).

Perang Korea itu perang yg amat sangat seru, karena pada satu titik, Korea Selatan hampir kalah hingga tinggal nyisa satu kota besar yaitu Pusan (sblm akhirnya ada intervensi PBB). Dan pada titik lain Korea Utara hampir kalah karena sebgian besar wilayahnya sudah diduduki pasukan PBB + US (sblm akhirnya ada intervensi RRC)

Seoul bolak balik ganti penguasa belasan kali selama perang.


Kalo kesimpulan ane dari perang tersebut,kykny korea utara sengaja memanfaatkan momentum untuk menguasai korea selatan sebelum korea selatan benar-benar dikuasai oleh asing dh gan. Pasukan Korut disambut mungkin karena adanya perjanjian Postdam tentang pembagian wilayah Korea,tp tnpa melibatkan pihak Korea nya itu sendiri.

Disaat itulah pihak soviet memberikan supply dan logistik nya kepada Korut sehingga dapat melaksanakan ambisi invasi nya ke Korsel. Ini ane simpulin dari WIKI yang menyebut peran Stalin dan Mao Zedong dalam perang ini. Maaf klo ngawur hehe malu


Quote:
Pada tanggal 11 April 1951, Kepala Komando Truman membebas tugaskan Jendral MacArthur, Panglima Tertinggi di Korea, karena dianggap melakukan pembangkangan dan menunjuk Jendral Ridgway untuk menggantikannya.


Ini ane dpt di WIKI gan..yang ane bingung pembangkangan ap yg dilakuin sm McArthur smpai harus dicopot ketika perang masih berlangsung?
AnimeChibis - 15/11/2010 02:24 AM
#13

Quote:
Original Posted By Brainless.
Kalo kesimpulan ane dari perang tersebut,kykny korea utara sengaja memanfaatkan momentum untuk menguasai korea selatan sebelum korea selatan benar-benar dikuasai oleh asing dh gan. Pasukan Korut disambut mungkin karena adanya perjanjian Postdam tentang pembagian wilayah Korea,tp tnpa melibatkan pihak Korea nya itu sendiri.

Disaat itulah pihak soviet memberikan supply dan logistik nya kepada Korut sehingga dapat melaksanakan ambisi invasi nya ke Korsel. Ini ane simpulin dari WIKI yang menyebut peran Stalin dan Mao Zedong dalam perang ini. Maaf klo ngawur hehe malu


o anda sepertinya betul o

Perang Korea itu perang terakhir dimana USSR dan RRC masih mesra dan saling kerjasama melawan USA

Quote:
Original Posted By Brainless.
Ini ane dpt di WIKI gan..yang ane bingung pembangkangan ap yg dilakuin sm McArthur smpai harus dicopot ketika perang masih berlangsung?


Waduh gak tahu ane gan, si McArthur emang ngapain ?

rencana bom atom china itu?
N31L - 15/11/2010 02:46 PM
#14

Quote:
Original Posted By AnimeChibis
o anda sepertinya betul o

Perang Korea itu perang terakhir dimana USSR dan RRC masih mesra dan saling kerjasama melawan USA



Waduh gak tahu ane gan, si McArthur emang ngapain ?

rencana bom atom china itu?



si McArthur waktu itu ngotot mau make bom atom wkt ngelawan china. sampe2 mau ngebom atom china g pake permisi sama oom truman (malah dy pake acara jelek2in truman).
kontan aj truman naik darah trus lgsg mencopot si McArthur.

Bayangin aj gan klo bom atom itu lgsg di pake wkt perang korea, mungkin penggunaan senjata nuklir jd hal yg lumrah (msk dlm senjata konvensional) dlm peperangan saat ini n mungkin skrg qt dah nuklir2an sama malaysia
Brainless. - 15/11/2010 03:23 PM
#15

Quote:
Original Posted By N31L
si McArthur waktu itu ngotot mau make bom atom wkt ngelawan china. sampe2 mau ngebom atom china g pake permisi sama oom truman (malah dy pake acara jelek2in truman).
kontan aj truman naik darah trus lgsg mencopot si McArthur.

Bayangin aj gan klo bom atom itu lgsg di pake wkt perang korea, mungkin penggunaan senjata nuklir jd hal yg lumrah (msk dlm senjata konvensional) dlm peperangan saat ini n mungkin skrg qt dah nuklir2an sama malaysia


Makasih tambahan informasi ny gan..shakehand2

Pantesan McArthur di copot,wong yg di lwan pimpinan negara nya hehe.
Klo bom atom itu sempet digunain,berarti ada kemungkinan perang dunia 3 dipercepat donk? Tapi kan penggunaan bom atom dah dilakukan saat tragedi Hiroshima dan Nagasaki gan?

Hipotesis ane neh gan
1. Yang pertamax klo menurut ane kykny amerika th belum siap untuk menghadapi kemungkinan terburuk perang melawan USSR sm Cina pasca perang dunia ke 2,karena ketika perang dunia 2 berlangsung aj korban dr pihak mereka dah cukup banyak.
2. Yang keduax ; penggunaan bom atom dirasa tidak benar-benar dibutuhkan karena daerah konflik perang yang sebenarnya adalah wilayah semenanjung Korea,dan dalam perang ini baik pihak Amerika dan Cina hanya mengintervensi secara langsung ketika salah satu negara boneka mereka terdesak ; dalam artian ini bukan merupakan perang head to head antara Cina dan Amerika.

Maaf klo ane rada sok tau,cm mw share hehe beer:
AnimeChibis - 15/11/2010 03:54 PM
#16

Quote:
Original Posted By N31L
si McArthur waktu itu ngotot mau make bom atom wkt ngelawan china. sampe2 mau ngebom atom china g pake permisi sama oom truman (malah dy pake acara jelek2in truman).
kontan aj truman naik darah trus lgsg mencopot si McArthur.

Bayangin aj gan klo bom atom itu lgsg di pake wkt perang korea, mungkin penggunaan senjata nuklir jd hal yg lumrah (msk dlm senjata konvensional) dlm peperangan saat ini n mungkin skrg qt dah nuklir2an sama malaysia


Untung aja gak jadi o
AnimeChibis - 15/11/2010 03:57 PM
#17

Quote:
Original Posted By Brainless.
Makasih tambahan informasi ny gan..shakehand2

Pantesan McArthur di copot,wong yg di lwan pimpinan negara nya hehe.
Klo bom atom itu sempet digunain,berarti ada kemungkinan perang dunia 3 dipercepat donk? Tapi kan penggunaan bom atom dah dilakukan saat tragedi Hiroshima dan Nagasaki gan?

Hipotesis ane neh gan
1. Yang pertamax klo menurut ane kykny amerika th belum siap untuk menghadapi kemungkinan terburuk perang melawan USSR sm Cina pasca perang dunia ke 2,karena ketika perang dunia 2 berlangsung aj korban dr pihak mereka dah cukup banyak.

2. Yang keduax ; penggunaan bom atom dirasa tidak benar-benar dibutuhkan karena daerah konflik perang yang sebenarnya adalah wilayah semenanjung Korea,dan dalam perang ini baik pihak Amerika dan Cina hanya mengintervensi secara langsung ketika salah satu negara boneka mereka terdesak ; dalam artian ini bukan merupakan perang head to head antara Cina dan Amerika.

Maaf klo ane rada sok tau,cm mw share hehe beer:


yang 1 :

AS gak bakal bisa menang lawan USSR. Mungkin bisa menang lawan China, tapi gak USSR.

yang 2:

Sebenarnya Korea itu pertaruhan. Jika Komunis sukses menguasai Korea, berarti tinggal 1 langkah lagi, ya itu Jepang.

Negara macam Thailand atau Taiwan bisa diskip, yang penting basis US di Jepang ancur, jaya sudah Komunis.

USSR dan China sendiri juga punya kepentingan, jika Korea Utara Jatuh ke tangan AS, ya berarti harus ngeluarin biaya gede2an untuk mempertahankan wilayah mereka di MAnchuria dan Siberia.
knoxvillee - 15/11/2010 04:39 PM
#18

numpang tanya ni D
pas perang di korsel apakah ada smcam penangkapan besar2n diduga aktivis komunis,padahal belum terbukti ia anggota partai itu (teringat fim taeguki )
ngacir:
knoxvillee - 15/11/2010 04:40 PM
#19

numpang tanya ni D
pas perang di korsel apakah ada smcam penangkapan besar2n diduga aktivis komunis,padahal belum terbukti ia anggota partai itu (teringat fim taeguki )
ngacir:
Ekspresi2nd - 15/11/2010 04:51 PM
#20

perang ini lebih ke arah kepentingan politik antara blok barat dengan blok timur...

dan disini kelihatan sekali ke kubu mana PBB berpihak eek:

tpi alasan korut nyerang korsel kok kayaknya gk ada diatas yah ???
Page 1 of 7 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]