Sejarah & Xenology
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
Total Views: 7976 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 7 |  < 1 2 3 4 5 6 7 > 

Ekspresi2nd - 15/11/2010 04:52 PM
#21

perang ini lebih ke arah kepentingan politik antara blok barat dengan blok timur...

dan disini kelihatan sekali ke kubu mana PBB berpihak eek:

tpi alasan korut nyerang korsel kok kayaknya gk ada diatas yah ???
dausjnd - 15/11/2010 04:55 PM
#22

wew thread baru.... ijin nyimak dulu ah.. D
Brainless. - 15/11/2010 06:13 PM
#23

Quote:
Original Posted By Ekspresi2nd
perang ini lebih ke arah kepentingan politik antara blok barat dengan blok timur...

dan disini kelihatan sekali ke kubu mana PBB berpihak eek:

tpi alasan korut nyerang korsel kok kayaknya gk ada diatas yah ???


Setuju gan hehe :thumbup

Quote:
Klo alasannya ane belum dapat kepastiannya gan,karena sekali lagi konflik ini melibatkan 2 kepentingan politik besar di belakangnya. Tapi mungkin ini bisa jadi dasar pemahaman ane

Kelompok sayap-kanan yang dipimpin oleh nasionalis Syngman Rhee, menentang perwalian Soviet-Amerika di Korea, berpendapat bahwa setelah tiga puluh lima tahun (1910–45) dikuasai pemerintah kolonial Jepang (pemerintah asing), rakyat Korea menolak dipimpin pemerintahan asing lainnya, termasuk AS dan Soviet. Untuk mendapatkan keuntungan dari memanasnya suhu perpolitikan, AS keluar dari Persetujuan Moskwa—dan membentuk pemerintahan sipil anti-komunis di Korea Selatan. AS juga melakukan pemilu yang kemudian ditentang, dan diboikot oleh Uni Soviet untuk memaksa AS mematuhi Persetujuan Moskwa..

Resultan pemerintah anti-komunis Korea Selatan yang mengumumkan secara resmi konstitusi politik nasional (17 July 1948) memilih Syngman Rhee (20 July 1948) sebagai presiden dan mendirikan Republik Korea Selatan pada 15 Agustus 1948. Demikian juga di Zona Pendudukan Rusia, Uni Soviet mendirikan pemerintahan komunis Korea Utara yang dipimpin oleh Kim Il-sung. Para nasionalis, baik Syngman Rhee dan Kim Il-Sung, bermaksud menyatukan Korea, namun di bawah sistem politik yang dianut masing-masing pihak.

Dengan alasan membalas provokasi Korea Selatan, Tentara Korea Utara (tentara Korut) menyebrangi paralel ke-38, dibantu tembakan artileri, Minggu pagi tanggal 25 Juni 1950. Tentara Korut mengatakan bahwa pasukan Republik Korea (ROK), di bawah pimpinan "bandit pengkhianat Syngman Rhee", telah menyebrangi perbatasan "terlebih dahulu", dan mereka akan menangkap serta mengeksekusi Rhee. Pada tahun-tahun sebelumnya, kedua Korea telah saling menyerang satu sama lain.


Jadi klo menurut ane gan :

1. Awalnya Syngman Rhee dan Kim Il Sung berniat untuk menyatukan Korea tapi dengan sistem politik masing-masing gan. (Paham ini aj udh bentrok,makanya sering terjadi bersitegang di paralel 38,jauh sebelum penyerangan Korut).
2. Tp ketika kesepahaman ini terjadi baik Korsel-U.S dan Korut-Soviet telah terlebih dahulu memilih pimpinan di masing-masing wilayah Korea dan mendeklarasikan sistem politiknya.
3. Oleh karena itu setelah pemilihan masing-masing pimpinan di kedua Korea tersebut,kemungkinan campur tangan pihak asing dalam sistem pemerintahan sdh sngt besar. Hal ini terlihat dari paragraf ketiga di quote yg ane kasih *red,menurut ane alasan Korut untuk masuk ke Korsel untuk menangkap Syngman Rhee itu mengada-ada.
4. Semua alasan untuk menginvasi negara lain sebagian besar mengada-ada seperti invasi Irak,dengan tuduhan senjata pemusnah massal,itu ga lbh untuk kepentingan idealisme dan politik pihak tertentu saja.

Cheers beer: hehe
pasfans01 - 15/11/2010 06:47 PM
#24

Wow gila juga yah,bahasa sama,budaya sama,etnis sama,tapi bisa terpecah dan sulit bersatu sampai sekarang,Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
AnimeChibis - 15/11/2010 07:47 PM
#25

Quote:
Original Posted By knoxvillee
numpang tanya ni D
pas perang di korsel apakah ada smcam penangkapan besar2n diduga aktivis komunis,padahal belum terbukti ia anggota partai itu (teringat fim taeguki )
ngacir:


Tentu ada. Baik ketika mereka mundur (ke Pusan), dan juga ketika mereka counter attack (merebut Pyongyang). Dari yang gw baca2, Lebih banyak korban pembantaian oleh pihak Korsel daripada oleh pihak Korut.

Dan Didukung oleh US dan PBB shakehand, bahkan US juga ambil bagian di No Gun Ri.

http://en.wikipedia.org/wiki/Bodo_League_massacre
Quote:

Young children or whatever, were all killed en masse. What did the family do wrong? Why did they kill the family? When the people from the other side [North Korea] came here, they didn't kill many people.


Kata siapa penjahat selalu kalah ;)
AnimeChibis - 16/11/2010 01:16 AM
#26

Quote:
Original Posted By pasfans01
Wow gila juga yah,bahasa sama,budaya sama,etnis sama,tapi bisa terpecah dan sulit bersatu sampai sekarang,Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]


Itu lah kenapa gw sering mikir kalau Indonesia ini negara yang ajaib.

maho
knoxvillee - 16/11/2010 09:11 AM
#27

Quote:
Original Posted By Ekspresi2nd
perang ini lebih ke arah kepentingan politik antara blok barat dengan blok timur...

dan disini kelihatan sekali ke kubu mana PBB berpihak eek:

tpi alasan korut nyerang korsel kok kayaknya gk ada diatas yah ???

alasan ya apa om ? Soalnya kebanyakan artikel yg ane baca, krn korut ingin menguasai korsel
cmiiw o
Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
Odessa.Mann - 16/11/2010 09:38 AM
#28

Ini bagaikan hidup diujung jurang.
Kapanpun saatnya bisa saja "terjatuh" habislah.. itu kalau saat itu AS kembali menggunakan bom atom apa jadinya?? Bisa-bisa yang ada bukan berhenti perangnya tapi malah berlanjut ke-"jilid III".
Brainless. - 17/11/2010 06:54 PM
#29

Quote:
Original Posted By knoxvillee
numpang tanya ni D
pas perang di korsel apakah ada smcam penangkapan besar2n diduga aktivis komunis,padahal belum terbukti ia anggota partai itu (teringat fim taeguki )
ngacir:


Maaf br di response gan hehe. Ane cb jwab ya.
Quote:
Presiden Korea Selatan Syngman Rhee mengusir komunis dan anggota kelompok sayap kiri dari panggung perpolitikan nasional. Merasa dicabut haknya, mereka pergi ke daerah perbukitan dan bersiap melakukan perang gerilya melawan pemerintahan Republik Korea yang disokong oleh Amerika Serikat.


Kalo untuk penangkapan aktivis ane blm dpt info ny gan. Klo menurut sumber yg ane dpt,setelah terpilihnya Syngman Rhee sebagai presiden Republik Korea Selatan (20 Juli 1948) dan pembentukan pmerintahan komunis Korut yg dipimpin Kim Il Sung (15 Agustus 1948). Baru terjadi pengusiran besar-besaran terhadap merela yg diduga aktivis Komunis dari perpolitikan Korsel. Baru mereka berniat menyerang pemerintahan Korsel setelah dicabut haknya. Klo untuk penculikan aktivis ane krg tw,krn klo agan ambil referensi dr film maka bs aj it merupakan dramatisasi suasana atau naskah film gan hehe. Maaf masih amatir gan hehe beer:
Brainless. - 17/11/2010 07:03 PM
#30

Quote:
Original Posted By Odessa.Mann
Ini bagaikan hidup diujung jurang.
Kapanpun saatnya bisa saja "terjatuh" habislah.. itu kalau saat itu AS kembali menggunakan bom atom apa jadinya?? Bisa-bisa yang ada bukan berhenti perangnya tapi malah berlanjut ke-"jilid III".


Betul setuju ane gan..mkny hal tersebut sngat dihindari. Klo jd perang dunia ke 3 kykny AS bkal klah gan. Mengingat sebelumnya mereka udh terlibat dlm PD 2. Aplg klo dua dedengkot komunis dh gabung,belum lg sekutu-sekutu komunis ny hehe. shakehand2

Quote:
Original Posted By pasfans01
Wow gila juga yah,bahasa sama,budaya sama,etnis sama,tapi bisa terpecah dan sulit bersatu sampai sekarang,Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]


Bner gan..krn ad motif kepentingan lain di belakangnya. Ane pikir-pikir ini ga jauh beda sm taktik devide et impera ny Belanda ke kerajaan-kerajaan di Indo gan hehe shakehand2

Quote:
Original Posted By AnimeChibis
Tentu ada. Baik ketika mereka mundur (ke Pusan), dan juga ketika mereka counter attack (merebut Pyongyang). Dari yang gw baca2, Lebih banyak korban pembantaian oleh pihak Korsel daripada oleh pihak Korut.

Dan Didukung oleh US dan PBB shakehand, bahkan US juga ambil bagian di No Gun Ri.

http://en.wikipedia.org/wiki/Bodo_League_massacre


Kata siapa penjahat selalu kalah ;)


Makasih tambahan info ny gan. Tp ane ga nganggep komunis sbg penjahat gan. Ga ad diantara mereka yg benar atau salah klo ego yg berbicara,dua-duanya sm hehe Yb
zane_39 - 18/11/2010 01:06 AM
#31

Mc Arthur berniat memperluas perang dengan menembus jantung komunis China jadi sekali lagi total warorkence, dia minta 7 bom atom untuk membom kota2 besar di China, Trumman gak mau , karena jika ini dilakukan Uni Sovyet yg udah siap perang di Jerman Timur pasti akan pernag total lagi untuk menguasai eropa...lah sapa yg gila untuk mulai total war lagi...

Di sisi lain China tak ingin AS berdekatan berbatasan darat dengan negaranya, hal ini dilakukan dua kali pertama di korea dan kedua di Vietnam (dalam kasus Vietnam bantuan bahkan diberikan scra gratis sebesar 10 milyar dollar)
Brainless. - 18/11/2010 01:50 PM
#32

Quote:
Original Posted By zane_39
Mc Arthur berniat memperluas perang dengan menembus jantung komunis China jadi sekali lagi total warorkence, dia minta 7 bom atom untuk membom kota2 besar di China, Trumman gak mau , karena jika ini dilakukan Uni Sovyet yg udah siap perang di Jerman Timur pasti akan pernag total lagi untuk menguasai eropa...lah sapa yg gila untuk mulai total war lagi...

Di sisi lain China tak ingin AS berdekatan berbatasan darat dengan negaranya, hal ini dilakukan dua kali pertama di korea dan kedua di Vietnam (dalam kasus Vietnam bantuan bahkan diberikan scra gratis sebesar 10 milyar dollar)


Makasih tambahan info ny gan. beer:
Kalo smpe 7 bom atom cm untuk ngbom cina,berarti secara kuantitas jauh lebih besar drpd ketika bom hiroshima-nagasaki donk?
Ga kebayang kehancuran nya di Cina klo itu jd terlaksana.
Shuma-Gorath - 18/11/2010 06:45 PM
#33

Yg masih aye bingung, apakah pasukan PBB yg dikirim untuk membantu Korsel itu beneran pasukan dari mandat PBB? Soalnya kan seandainya PBB mau mengirim pasukan, Cina ma Uni Soviet bisa tinggal ngeveto
Brainless. - 18/11/2010 07:49 PM
#34

Quote:
Original Posted By Shuma-Gorath
Yg masih aye bingung, apakah pasukan PBB yg dikirim untuk membantu Korsel itu beneran pasukan dari mandat PBB? Soalnya kan seandainya PBB mau mengirim pasukan, Cina ma Uni Soviet bisa tinggal ngeveto


Quote:
     Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat mengecam invasi Korea Utara terhadap Republik Korea, melalui Resolusi 82 DK PBB, meskipun Uni Soviet dengan hak vetonya memboikot pertemuan sejak Januari. Pada 27 Juni 1950, Presiden Truman memerintahkan angkatan udara dan laut AS untuk membantu rezim Korea Selatan. Setelah memperdebatkan masalah ini, DK PBB, pada 27 Juni 1950, menerbitkan Resolusi 83 yang merekomendasikan negara anggota memberikan bantuan militer kepada Republik Korea. Ketika menunggu pengumuman fait accomply dari dewan kepada PBB, Wakil Menteri Luar Negeri Uni Soviet menuduh Amerika memulai intervensi bersenjata atas nama Korea Selatan.

Uni Soviet menentang legitimasi perang tersebut, karena (i) data intelejen tentara Korea Selatan yang menjadi sumber Resolusi 83 didapatkan dari intelejen AS; (ii) Korea Utara (Republik Demokratik Rakyat Korea) tidak diundang sebagai anggota sementara PBB, yang berarti melanggar Piagam PBB Pasal 32; dan (iii) perang Korea berada di luar lingkup Piagam PBB, karena perang perbatasan Utara-Selatan awalnya dianggap sebagai perang saudara. Selain itu, perwakilan Soviet memboikot PBB untuk mencegah tindakan Dewan Keamanan, dan menantang legitimasi tindakan PBB; ahli hukum mengatakan bahwa untuk memutuskan suatu tindakan diperlukan suara bulat dari 5 anggota tetap DK PBB.


Kalo menurut ane gan Soviet udh ngegunain hak vetonya sampai usaha untuk memboikot keputusan DK PBB,point-point utama yg dipertentangkan oleh Soviet :

(1.) Data intelejen tentara Korea Selatan yang menjadi sumber Resolusi 83 didapatkan dari intelejen AS;
(2.) Korea Utara (Republik Demokratik Rakyat Korea) tidak diundang sebagai anggota sementara PBB, yang berarti melanggar Piagam PBB Pasal 32; dan
(3.) Perang Korea berada di luar lingkup Piagam PBB, karena perang perbatasan Utara-Selatan awalnya dianggap sebagai perang saudara.

Jadi kalo menurut ane,meskipun Soviet udh menempuh byk cara untuk membungkam DK PBB,namun keputusan PBB dianggap sudah bulat dan mereka tetap menyerukan untuk memberi bantuan kepada Korsel,sekali lagi mungkin ada keterlibatan Amerika didalam keputusan ini. Mengingat kepentingan mereka untuk menekan bibit Komunis di manapun ideologi ini tumbuh.

Just share gan beer:
Shuma-Gorath - 04/12/2010 04:13 PM
#35

Quote:
Original Posted By Brainless.
Kalo menurut ane gan Soviet udh ngegunain hak vetonya sampai usaha untuk memboikot keputusan DK PBB,point-point utama yg dipertentangkan oleh Soviet :

(1.) Data intelejen tentara Korea Selatan yang menjadi sumber Resolusi 83 didapatkan dari intelejen AS;
(2.) Korea Utara (Republik Demokratik Rakyat Korea) tidak diundang sebagai anggota sementara PBB, yang berarti melanggar Piagam PBB Pasal 32; dan
(3.) Perang Korea berada di luar lingkup Piagam PBB, karena perang perbatasan Utara-Selatan awalnya dianggap sebagai perang saudara.

Jadi kalo menurut ane,meskipun Soviet udh menempuh byk cara untuk membungkam DK PBB,namun keputusan PBB dianggap sudah bulat dan mereka tetap menyerukan untuk memberi bantuan kepada Korsel,sekali lagi mungkin ada keterlibatan Amerika didalam keputusan ini. Mengingat kepentingan mereka untuk menekan bibit Komunis di manapun ideologi ini tumbuh.

Just share gan beer:


Thx, gan. Berarti bisa dibilang ya bahwa Perang Korea merupakan contoh di mana hak veto salah satu negara anggotanya tidak efektif?

Omong-omong, cek kulkas dulu. Sebenarnya dah niat mo ngasih dari dulu, tapi pas itu lagi banyak utang hammer:
hypertext - 04/12/2010 07:47 PM
#36

yang paling penting adalah bagaimana nasib personil SNSD dan After School, apakah mereka baik baik saja... confused:

kalau perlu saya langsung berangkat ke Korea Selatan untuk menyelamatkan jiwa mereka cool:

o
merkapa - 04/12/2010 08:02 PM
#37

Mc Arthur minta 7 bom atom untuk nuke China
]
Hal ini tak diinginkan Truman, karena kalo ini terjkadi maka sama saja PD III, paahal AS baru saja ngucurin dana buat bangun Eropa Barat

Nah di sisi lain Di Sovyet Stalin menginginkan perang lagi untuk menguasai Eropa, dan ingin membiarkan susasana panas di Korea, akhirnya ya

Stalin meninggal karena diracun, sedang Mc Arthur dicopot

Kesimpulannya baik AS dan Sovyet gak mau perang sebenarnya

hasil perang Korea menyebabkan China langsung meraih kekuatannya kembali setelah 200 tahun diinjak2 barat dan Jepang
merkapa - 04/12/2010 08:09 PM
#38

Saat perang korea meletus China bukanlah anggota tetap DK PBB, yg jadi anggota tetap DK PBB adalah taiwan, karena dianggap Taiwanlah negara pemenang perang dunia II bukan RRC, keadaan ini berlangsung sampai mencairnya hubungan RRC-AS di tahun 1970-an, barulah China bvisa menjadi anggota tetap DK PBB
ekafirmansyah14 - 05/12/2010 09:25 AM
#39

Jadi inti perang Korea Utara sama Selatan karena perbedaan Ideologi Kapitalis dan Komunis ya gan????
just.fluke - 05/12/2010 11:45 AM
#40

ooo begitu :cystg

tapi alasan korut nyerang korsel kok ga ada yah bingung bingung
Page 2 of 7 |  < 1 2 3 4 5 6 7 > 
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]