Sejarah & Xenology
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
Total Views: 7976 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 7 |  < 1 2 3 4 5 6 7 > 

LarissaRiquelme - 27/01/2011 11:42 PM
#61

Quote:
Original Posted By jamiroquai9
Kalo skarang jd perang menang siapa ya jika tanpa bantuan negara2 laen?

Gw harap korea utara& selatan bisa bersatu kea jerman barat&timur pada akhirnya.

World peace!Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]


setuju gan, tapi kayaknya kalo jadi perang, pasti ada intervensi terus.
paling amrik ikutan o
semoga bisa bersatu deh, mereka kan satu rumpun, satu kebudayaan, satu ras, segala macem sama.

toss buat world peace beer:
merkapa - 28/01/2011 06:36 PM
#62

ada banyak kepentingan yg membiarkan keduia Korea tetap terpisah
Shuma-Gorath - 28/01/2011 07:21 PM
#63

Quote:
Original Posted By merkapa
ada banyak kepentingan yg membiarkan keduia Korea tetap terpisah


Salah satunya karena adanya kekhawatiran bahwa kalau 2 Korea itu bersatu, Korsel yg ekonominya lebih mapan mesti mengurus saudara-saudaranya dari utara yg pastinya bakal mengalir ke selatan untuk mencari penghidupan yg lebih baik sehingga berpotensi mengganggu perekonomian Korsel yg sedang tumbuh pesat o
merkapa - 28/01/2011 08:15 PM
#64

mkn korsel gak masalah karena butuh tenaga kerja murah, mereka bisa relokasi pabrik ke utara

namn bagi China yg akan berbatasan dengan AS itu masalah esar, makanya Korut adalah perimeternya
fresh. - 29/01/2011 12:57 PM
#65

mantap pisan gan.. nais share beer:
BurnAndDie - 30/01/2011 09:56 PM
#66

gan ane mau nanya deh, ini ane denger dr temen ane orang korea.. rata2 orang korsel juga ga suka ama US, gara2 menurut mereka US itu penyebab negara mereka jadi kebagi dua korut ama korsel.. padahal kan kalo ga ada amrik, mungkin korsel sekarang bakal ikut komunis macem korut gitu D

mereka lebi pro kayak ke cina gitu kayaknya.. mungkin gara2 cina tuh banyak orang chaoxian kali ya
merkapa - 31/01/2011 08:22 AM
#67

mkn generasi muda sekarang mikir gitu, banyak org Korea sekarang bekerja di China, namun tanpa AS serta duitnya Korsel tak akan maju sekarang
Ekspresi2nd - 31/01/2011 10:58 AM
#68

Quote:
Original Posted By merkapa
mkn generasi muda sekarang mikir gitu, banyak org Korea sekarang bekerja di China, namun tanpa AS serta duitnya Korsel tak akan maju sekarang


korsel itu kan ibarat kata filipinanya asia timur D
Shuma-Gorath - 31/01/2011 02:48 PM
#69

Quote:
Original Posted By merkapa
mkn korsel gak masalah karena butuh tenaga kerja murah, mereka bisa relokasi pabrik ke utara

namn bagi China yg akan berbatasan dengan AS itu masalah esar, makanya Korut adalah perimeternya


Itu juga dengan catatan Korsel sejak jauh-jauh hari mempersiapkan lowongan pekerjaan untuk mereka & itupun perlu waktu. Jerman barat & timur abis menyatu juga ga bisa langsung mengatasi masalah-masalah sosial yg kemudian timbul o

Yg paling ribet soal reunifikasi Korea ya emang ideologi mana yg dipake. Klo ideologi yg dipake ideologinya Korut, nantinya Jepang ma Taiwan bakalan merasa makin terancam & berpotensi juga mengganggu pasar Asia timur - atau bahkan dunia - mengingat Korsel hasil industrinya termasuk sangat berpengaruh

Sementara klo ideologinya selatan yg dipake, Cina ma Rusia juga bakal khawatir kalau semenanjung Korea dipake oleh AS untuk memata-matai atau bahkan mengintimidasi keduanya

Quote:
Original Posted By BurnAndDie
gan ane mau nanya deh, ini ane denger dr temen ane orang korea.. rata2 orang korsel juga ga suka ama US, gara2 menurut mereka US itu penyebab negara mereka jadi kebagi dua korut ama korsel.. padahal kan kalo ga ada amrik, mungkin korsel sekarang bakal ikut komunis macem korut gitu D

mereka lebi pro kayak ke cina gitu kayaknya.. mungkin gara2 cina tuh banyak orang chaoxian kali ya


Yg jelas, Korea terbagi kayak sekarang juga karena kebijakan Uni Soviet & AS usai berhasil mengusir Jepang tanpa melibatkan orang Korea sendiri
luffyone17 - 28/08/2011 07:57 AM
#70

wah ternyata gtu ya sejarahnya gan? D Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
luffyone17 - 28/08/2011 07:58 AM
#71

Quote:
Original Posted By merkapa
ada banyak kepentingan yg membiarkan keduia Korea tetap terpisah


iya bener jg tuh gan malus

toh jg negara tersebut makin maju aja malus Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
the.gunner - 02/09/2011 12:28 PM
#72

Quote:
Original Posted By merkapa
sepanjang Korut masih disupport ama China kagak mkn korut bersatu ama Korsel


ya sama aja selama amerika juga support korsel yah jelas lah china gak mau tinggal diam.. analoginya tetangga loe yg 3 rmh dr elo yg terkenal super duper rese ama loe dia kerja sama ama tetangga yg pas sebelah rumah lor, loenya merasa terancam gak? intinya klo emg bener2 mau damai amerika cabut dr korsel dan cina pun bakalan ngikutin.. lagian amerika jauh di sebrang lautan gitu, sedangkan yg jd daerah konflik pas di blkg rmh loe... itu kan emg gara2 amerika ketakutan yg berlebihan ama yg namanya komunis...
kadang yg namanya ideologi itu hanya bikin sengsara doank
silenus - 06/09/2011 06:15 PM
#73

ada pendapat bahwa perang korea terjadi memang karena korut menyerang secara terlebih dahulu tetapi ada fakta lain, yaitu serangan itu adalah serangan balasan atas provokasi dari pihak selatan yg pimpin rejim boneka Syngman Rhee.

menurut yg ane baca:

“Sekarang telah diketahui secara luas bahwa Perang Korea bukan hasil dari sebuah serangan yang tiba-tiba di Semenanjung Korea pada pagi hari 25 Juni 1950,” tulis Dr. Channing Liem dalam bukunya The Korean War, an Answered Question (1993).

Di dalam bukunya itu, Dr. Liem mengatakan Perang Korea adalah hasil dari provokasi yang terus menerus dilakukan pemerintahan militer Korea Selatan pasca Perang Dunia II dengan maksud untuk menduduki Korea Utara

Spoiler for 'sumber'


bahkan menurut bukunya :

'sejak Mei 1949 pemerintah Rhee terus melancarkan serangan ke utara, demikian Liem. Dalam sebuah pertempuran yang terjadi di bulan itu, Korea Selatan menurunkan enam armada battalion infanteri. Dalam pertempuran itu sebanyak 400 tentara Korea Utara tewas, sementara Korea Selatan hanya mengalami kerugian yang relatif keci: 22 tentara. '

tapi fakta bahwa selatan mengirimkan serangan ke utara jarang terungkap, yang ada hanya perang korea dimulai dari serangan korut ke selatan.
MalamMingguOne - 06/09/2011 07:46 PM
#74

Quote:
Original Posted By silenus
ada pendapat bahwa perang korea terjadi memang karena korut menyerang secara terlebih dahulu tetapi ada fakta lain, yaitu serangan itu adalah serangan balasan atas provokasi dari pihak selatan yg pimpin rejim boneka Syngman Rhee.

menurut yg ane baca:

“Sekarang telah diketahui secara luas bahwa Perang Korea bukan hasil dari sebuah serangan yang tiba-tiba di Semenanjung Korea pada pagi hari 25 Juni 1950,” tulis Dr. Channing Liem dalam bukunya The Korean War, an Answered Question (1993).

Di dalam bukunya itu, Dr. Liem mengatakan Perang Korea adalah hasil dari provokasi yang terus menerus dilakukan pemerintahan militer Korea Selatan pasca Perang Dunia II dengan maksud untuk menduduki Korea Utara

Spoiler for 'sumber'


bahkan menurut bukunya :

'sejak Mei 1949 pemerintah Rhee terus melancarkan serangan ke utara, demikian Liem. Dalam sebuah pertempuran yang terjadi di bulan itu, Korea Selatan menurunkan enam armada battalion infanteri. Dalam pertempuran itu sebanyak 400 tentara Korea Utara tewas, sementara Korea Selatan hanya mengalami kerugian yang relatif keci: 22 tentara. '

tapi fakta bahwa selatan mengirimkan serangan ke utara jarang terungkap, yang ada hanya perang korea dimulai dari serangan korut ke selatan.


Wah menarik juga, apa karena Korsel itu sekutu AS jadinya fakta ini ga diketahui banyak orang ya? amazed:

Btw setelah USSR Runtuh, yang support KorUt sekarang China, seimbang lah sama USA. Apalagi USA sempet minjem duit sama China o

Eh ini gw pernah denger entah bener apa enggak, Sebenernya China bantuin KorUt supaya ga kebanjiran pengungsi imigran ke China kalo Korut kalah perang dari Korsel, bener gak ya kira-kira?
cucuganesha - 06/09/2011 10:26 PM
#75

trit yg menarik...
"dan di atas peta ini, kami bagi2 dunia sesuai kehendak kami"
kata pemimpin2 negara2 besar...
robotberdisc0 - 07/09/2011 08:34 AM
#76

Quote:
Original Posted By Brainless.
Semoga No Repost:"http://u.kaskus.us/50/usln5hi0.png"

Wejangan dari TS:"http://u.kaskus.us/50/rrqnrk2z.jpg
Bila berkenan mohon di rate http://static.kaskus.us/images/rating/rating_5.gif sama limpahan cendol cendolbigcendolbigcendolbig segernya"

Quote:
Di thread ini ane ingin membahas masalah Sejarah Perang Korea dan konflik ideologi yang mempengaruhi terjadinya perang


Quote:
Sekilas mengenai kedua negara yang terlibat di perang ini

Quote:

1. Korea Selatan

Republik Korea (bahasa Korea: Daehan Minguk (Hangul: ????; Hanja: ????); bahasa Inggris: Republic of Korea) biasanya dikenal sebagai Korea Selatan,adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea.

Di sebelah utara, Republik Korea berbataskan Korea Utara, di mana keduanya bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948. Jepang berada di seberang Laut Jepang (disebut "Laut Timur" oleh orang-orang Korea) dan Selat Korea berada di bagian tenggara. Negara ini dikenal dengan nama Hanguk (??; ??) oleh penduduk Korea Selatan dan disebut Namchos?n (???; ???; "Chos?n Selatan") di Korea Utara. Ibu kota Korea Selatan adalah Seoul (??).

Dengan menyerahnya Jepang di tahun 1945, PBB membuat rencana administrasi bersama Uni Soviet dan Amerika Serikat, namun rencana tersebut tidak terlaksana. Pada tahun 1948, pemerintahan baru terbentuk, yang demokratik (Korea Selatan) dan komunis (Korea Utara) yang dibagi oleh garis lintang 38 derajat. Ketegangan antara kedua belah pihak mencuat ketika Perang Korea meletus tahun 1950 ketika pihak Korea Utara menyerang Korea Selatan.

Bendera Korsel:"http://i51.tinypic.com/jz75eh.png"


Quote:
2. Korea Utara

Korea Utara, secara resmi disebut Republik Demokratik Rakyat Korea (Hangul: ???????????, Chos?n Minjuju?i Inmin Konghwaguk), adalah sebuah negara di Asia Timur, yang meliputi sebagian utara Semenanjung Korea.

Ibukota dan kota terbesarnya adalah Pyongyang. Zona Demiliterisasi Korea menjadi batas antara Korea Utara dan Korea Selatan. Sungai Amnok dan Sungai Tumen membentuk perbatasan antara Korea Utara dan Republik Rakyat Cina. Sebagian dari Sungai Tumen di timur laut merupakan perbatasan dengan Rusia. Penduduk setempat menyebut negara ini Pukchos?n (???, "Chos?n Utara").

Juche menjadi ideologi resmi negara ketika negara ini mengadopsi konstitusi baru pada 1972, kendati Kim Il-sung telah menggunakannya untuk membentuk kebijakan sejak sekurang-kurangnya awal tahun 1955. Sementara resminya sebagai republik sosialis, Korea Utara dipandang oleh sebagian besar negara sebagai negara kediktatoran totaliter stalinis. Pemimpin saat ini adalah Kim Jong-il, putera dari Presiden Abadi Kim Il-sung.

Bendera Korut:"http://i52.tinypic.com/2nr09le.png"



Quote:
Latar belakang perang

[QUOTE]Perang Korea (bahasa Korea: ????), dari 25 Juni 1950 sampai 27 Juli 1953, adalah sebuah konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan. Perang ini juga disebut "perang yang dimandatkan" (bahasa Inggris proxy war) antara Amerika Serikat dan sekutu PBB-nya dan komunis Republik Rakyat Cina dan Uni Soviet (juga anggota PBB). Peserta perang utama adalah Korea Utara dan Korea Selatan. Sekutu utama Korea Selatan termasuk Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Britania Raya, meskipun banyak negara lain mengirimkan tentara di bawah bendera PBB.

Sekutu Korea Utara, seperti Republik Rakyat Tiongkok, menyediakan kekuatan militer, sementara Uni Soviet yang menyediakan penasihat perang dan pilot pesawat, dan juga persenjataan, untuk pasukan Tiongkok dan Korea Utara. Di Amerika Serikat konflik ini diistilahkan sebagai aksi polisional di bawah bendera PBB daripada sebuah perang, dikarenakan untuk menghilangkan keperluan kongres mengumumkan perang.


Quote:
Terminologi


Di Amerika Serikat, perang ini secara resmi dideskripsikan sebagai aksi polisional karena tidak adanya deklarasi perang resmi dari Kongres AS. Dalam bahasa sehari-hari, perang ini juga sering disebut Perang yang Terlupakan dan Perang yang Tidak Diketahui karena dianggap sebagai urusan PBB, berakhir dengan kebuntuan (stalemate).

Di Korea Selatan, perang ini biasa disebut sebagai Perang 6-2-5 (yuk-i-o jeonjaeng) yang mencerminkan tanggal dimulainya perang pada 25 Juni. Sementara itu, di Korea Utara, perang ini secara resmi disebut Choguk haebang ch?njaeng ("perang pembebasan tanah air"). Perang Korea juga disebut Chos?n ch?njaeng ("Perang Joseo", Joseon adalah sebutan Korea Utara untuk tanah Korea).

Perang Korea secara resmi disebut Chao Xian Zhan Zheng (Perang Korea) di Republik Rakyat Cina. Kata "Chao Xian" merujuk ke Korea pada umumnya, dan secara resmi Korea Utara.


Quote:

Pendudukan Jepang (1910–1945)

Amerika Serikat dan Soviet membuat perjanjian untuk membagi Korea menjadi dua, tanpa melibatkan pihak Korea. Korea saat itu diwakili oleh kolonel Amerika Serikat Dean Rusk dan Charles Bonesteel. Dua tahun sebelumnya, di Konferensi Kairo (November 1943), Nasionalis Cina, Britania Raya, dan Amerika Serikat memutuskan bahwa Korea harus menjadi negara merdeka, "pada waktunya"; Stallin pun setuju. Pada bulan Februari 1945, di Konferensi Yalta, Sekutu gagal mendirikan perwalian Korea sebagaimana diwacanakan pada tahun 1943 oleh presiden Amerika Serikat Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill.

Sesuai perjanjian AS-Soviet, Uni Soviet mendeklarasikan perang pembebasan Korea dari Jepang pada tanggal 9 Agustus 1945, dan, pada tanggal 10 Agustus, Tentara Merah berhasil menduduki Korea bagian utara, dengan pendaratan amfibi di bagian utara paralel ke-38. Soviet juga berhasil mengusir tentara Jepang dan masuk melalui Manchuria. Tiga minggu kemudian, pada 8 September 1945, Letnan Jendral John R. Hodge dari Amerika Serikat tiba di Incheon untuk menerima penyerahan Jepang di wilayah Selatan paralel ke-38.


Quote:

Pemisahan Korea (1945)

Pada Konferensi Potsdam (Juli—Agustus 1945), Sekutu secara sepihak memutuskan untuk membagi Korea tanpa melakukan konsultasi dengan pihak Korea sendiri. Hal ini tidak sesuai dengan Konferensi Kairo (November 1943), ketika Churchill, Chiang Kai-shek, dan Franklin D. Roosevelt mendeklarasikan bahwa Korea harus menjadi negara bebas dan merdeka. Selain itu, sebelumnya, Konferensi Yalta (Februari 1945) mengizinkan Stalin membangun "zona penyangga" Eropa — negara satelit yang berada di bawah Moskwa — sebagai balasan karena telah membantu Amerika Serikat di Perang Pasifik melawan Jepang.

Kelompok sayap-kanan Representative Democratic Council, yang dipimpin oleh nasionalis Syngman Rhee, menentang perwalian Soviet-Amerika di Korea, berpendapat bahwa setelah tiga puluh lima tahun (1910–45) dikuasai pemerintah kolonial Jepang (pemerintah asing), rakyat Korea
menolak dipimpin pemerintahan asing lainnya, termasuk AS dan Soviet.

Tentara AS mundur dari Korea tahun 1949, meninggalkan tentara Korea Selatan dengan sedikit persenjataan. Di lain pihak, Uni Soviet memberikan bantuan persenjataan dalam jumlah banyak ke tentara Korea Utara dan mendukung rencana invasi Kim Il-Sung.


Tokoh sayap kanan Korsel Syngman Rhee:"http://i53.tinypic.com/2n09fh5.jpg
http://i54.tinypic.com/2h6t7d5.jpg"


Quote:
Sambungan berikutnya "Klimaks berlangsungnya perang" ada dibawah gan
iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesia
[/QUOTE]
merkapa - 07/09/2011 11:04 AM
#77

Korea bersatu pasti tak akan didukung oleh RRT
doyok_gonzalez - 25/11/2011 03:13 PM
#78

Makasih banyak sharing sejarahnya,gan...Menambah pengetahuan banget nih...Tapi ngomong2 gambar di pekiwan udah banyak yang ilang tuh,gan...Kira-kira bisa di-upload-in lagi gak? Supaya pelajaran sejarahnya jadi makin mantap gitu beer:
merkapa - 28/11/2011 10:47 PM
#79

satu hal lagi, sejarawan Barat suka menonjolkan pasukan sekutu. Padahal dalam laporan PVA , katanya yg bikin repot itu tentara Korsel, katanya semangatnya kayak Jepang...kalo kalah bakal mundur terus regroup nyerbu lagi...itulah sebabnya korban tentara Korsel paling besar sekitar 60% (600k)

satu hal unik Panglima divisi udara Sovyet di Korea adalah Ivan Kozhedub, Allied top kills di PD II yaitu 62 kills

Dalam perang ini B-29 tidak boleh dioperasikan sinag hari pasca beroperasinya miG 15 Sovyet. Ini terjadi setelah kasus black tuesday dimana 10 B-29 harus rontok di ujung kanon MiG-15...rontok dalam pengertian discrap nantinya,AS memasukkan daftar korban sebagai akibat lain2 dan sering kali memasukkan korban tembakan MiG sebagai tembakan arhanud korut atau kecelakaan.

Juga salah satu taktik pesawat USN adalah lari ke laut...karena gak bakal kekejar ama MiG-15 yg BBM nya terbatas
what_a_joke - 29/11/2011 11:46 PM
#80

Seandainya Indonesia bernasib sama? Bung Karno & Tan Malaka ngacir:
Page 4 of 7 |  < 1 2 3 4 5 6 7 > 
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]