Sejarah & Xenology
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]
Total Views: 7976 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 5 of 7 |  < 1 2 3 4 5 6 7 > 

frozenfaier - 28/02/2012 08:56 PM
#81

dapet tugas baru cari ngakak malus
ternyata keren juga kronologi nya matabelo:matabelo:
rasanya beda kalo di ceritain di kelas. kurang menarik gimana gitu hammershammershammers
:sup2 dulu gan
merkapa - 14/03/2012 10:29 AM
#82

Perang Korea cenderung menjadi forgotten war di AS, beda ama RRT dan Korut yg mengagungkan perang ini.
paradox.spiral - 26/06/2012 01:06 PM
#83

Quote:
TEMPO.CO , Seoul - Korea Utara mengecam penggunaan benderanya sebagai target latihan perang Korea Selatan-Amerika Serikat. Mereka menyebut hal ini sebagai bentuk tindakan provokatif dan bersumpah memperkuat pertahanan nuklirnya.

Korea Selatan mengatakan bendera itu digunakan untuk pertama kalinya dalam latihan militer. Langkah ini ditujukan untuk menunjukkan tekad untuk menyerang balik setiap agresi lintas batas.

Sekitar 2.000 personel militer Korea Selatan dan AS melakukan latihan perang bersama, dengan melibatkan pesawat tempur, tank, dan helikopter penyerang. Latihan ini ditujukan untuk menguji tanggapan terhadap serangan apapun, di tengah ketegangan tinggi di semenanjung itu.

Latihan perang satu hari ini juga bertujuan untuk menandai ulang tahun ke-62 awal Perang Korea, 25 Juni. Tak jelas disebutkan apakah bendera itu benar-benar dibom atau tidak.

Kementerian Luar Negeri Korut mengatakan pemakaian lambang negaranya adalah "ekspresi paling nyata" dari permusuhan AS. "Ini merupakan aksi militer yang sangat serius dan provokasi bermotivasi politik untuk menembak peluru tajam pada bendera negara yang berdaulat tanpa pernyataan perang," kata mereka dalam sebuah pernyataan di media resmi.


tanggal 25 kan kemaren, masih dendam kesumat setelah 62 tahun
peyotpetot - 26/06/2012 02:30 PM
#84

Korea Utara tahun 1950-an merupakan pusat industri di tanah Korea dan secara umum lebih makmur dibanding Korea Selatan. Makanya Kim Il Sung sangat pede pasti bisa menundukkan para petani dan gelandangan di selatan. Setelah gagal, maka kumat gilanya sampe bikin indoktrinasi yang jadi ketawaan orang sedunia.
ojongonole - 26/06/2012 04:18 PM
#85

Quote:
Original Posted By paradox.spiral


tanggal 25 kan kemaren, masih dendam kesumat setelah 62 tahun


menurut topik berita yg ada di sini, para pemimpin korut dr jaman bahula hingga skrg, telah mendoktrin anak2 TK tuk membenci amrik dkk, melalui guru2 sekolahan, bhw amrik dkk adlh monster penyiksa bangsa korea (Utara)... takuts

Quote:
Original Posted By peyotpetot
Korea Utara tahun 1950-an merupakan pusat industri di tanah Korea dan secara umum lebih makmur dibanding Korea Selatan. Makanya Kim Il Sung sangat pede pasti bisa menundukkan para petani dan gelandangan di selatan. Setelah gagal, maka kumat gilanya sampe bikin indoktrinasi yang jadi ketawaan orang sedunia.


kalo boleh ane tau, apa penyebab industri korut maju pd dekade 1950-an?? bukankah pd masa tsb, negara korut lg hancur babak belur dihantam perang saudara?
lalu, mengapa perindustrian korut yg maju tsb kok bs runtuh dan mengalami kegagalan i jaman Kim IL sung??... :confused

@TS
pic2 nya di pejawan, pd gak muncul semua tuh.... mohon tuk di unggah ulang donk... biar bs kelihatan lg itu PIC semuanya...\(
Shuma-Gorath - 26/06/2012 06:22 PM
#86

Quote:
Original Posted By ojongonole

kalo boleh ane tau, apa penyebab industri korut maju pd dekade 1950-an?? bukankah pd masa tsb, negara korut lg hancur babak belur dihantam perang saudara?
lalu, mengapa perindustrian korut yg maju tsb kok bs runtuh dan mengalami kegagalan i jaman Kim IL sung??... :confused


Hancur iya. Tapi sesudah itu, Korut dapat suntikan dana dari Soviet & Cina untuk membangun kembali industrinya yg hancur akibat perang sehingga industri Korut bisa pulih dalam waktu singkat. Korut juga dapat bantuan tenaga ahli dari Jerman Timur untuk proses rekonstruksi industrinya.

Ekonomi Korut sebenarnya dah mulai menurun sejak tahun 70-an gara-gara Korut terlalu fokus untuk membangun militernya & lambatnya modernisasi industri. Puncaknya ya ketika di tahun 90-an, ekonomi Korut sempat ambruk gara-gara Soviet selaku negara pendonor terbesar Korut mengalami keruntuhan. Baru setelah Cina setuju untuk menjadi negara pendonor baru buat Korut, ekonomi Korut sedikit mengalami perbaikan walaupun ga bisa dibilang sejahtera.

http://www.japanfocus.org/-charles_k_-armstrong/3460
http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_North_Korea#Economic_decline
Jokiez - 26/06/2012 07:36 PM
#87

Quote:
Original Posted By Shuma-Gorath
Hancur iya. Tapi sesudah itu, Korut dapat suntikan dana dari Soviet & Cina untuk membangun kembali industrinya yg hancur akibat perang sehingga industri Korut bisa pulih dalam waktu singkat. Korut juga dapat bantuan tenaga ahli dari Jerman Timur untuk proses rekonstruksi industrinya.

Ekonomi Korut sebenarnya dah mulai menurun sejak tahun 70-an gara-gara Korut terlalu fokus untuk membangun militernya & lambatnya modernisasi industri. Puncaknya ya ketika di tahun 90-an, ekonomi Korut sempat ambruk gara-gara Soviet selaku negara pendonor terbesar Korut mengalami keruntuhan. Baru setelah Cina setuju untuk menjadi negara pendonor baru buat Korut, ekonomi Korut sedikit mengalami perbaikan walaupun ga bisa dibilang sejahtera.

http://www.japanfocus.org/-charles_k_-armstrong/3460
http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_North_Korea#Economic_decline

apakah sampai sekarang china + rusia masih memberi bantuan ke Korut

trus keadaan disana katanya lebih tertutup dari china ya, kira2 tujuannya apa?
Shuma-Gorath - 26/06/2012 07:50 PM
#88

Quote:
Original Posted By Jokiez

apakah sampai sekarang china + rusia masih memberi bantuan ke Korut

trus keadaan disana katanya lebih tertutup dari china ya, kira2 tujuannya apa?


Yg jelas-jelas masih itu Cina

Kalau kondisi Korut yg masih tertutup itu ya salah satu cara dari rezimnya untuk mencegah rakyat Korut mengenal dunia luar sehingga potensi mereka untuk memberontak jadi kecil. Secara rakyat Korut masih banyak yg hidupnya terbelakang & dalam kondisi serba terbatas

Kalau mau ngerti lebih jauh soal kondisi dalam negeri Korut, coba aja main-main ke thread ini
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=6501944
goed.adit - 26/06/2012 08:00 PM
#89

Quote:
Original Posted By Brainless.

Ini ane dpt di WIKI gan..yang ane bingung pembangkangan ap yg dilakuin sm McArthur smpai harus dicopot ketika perang masih berlangsung?


McArthur protes, minta pasukan tambahan, dan minta nuke. Gak dikasih oleh Presiden, dia ngoceh ke pers.

Itu pembangkangan berat, haram hukumnya menyatakan ketidaksetujuan ke pihak di luar komando. Bagaimanapun Jendral berada di bawah Presiden.


Contohnya: Habibie melakukan referendum di Timles, TNI gak boleh protes. Itu proses politik yang lebih besar dar TNI.
ojongonole - 26/06/2012 08:17 PM
#90

Quote:
Original Posted By goed.adit


McArthur protes, minta pasukan tambahan, dan minta nuke. Gak dikasih oleh Presiden, dia ngoceh ke pers.

Itu pembangkangan berat, haram hukumnya menyatakan ketidaksetujuan ke pihak di luar komando. Bagaimanapun Jendral berada di bawah Presiden.


Contohnya: Habibie melakukan referendum di Timles, TNI gak boleh protes. Itu proses politik yang lebih besar dar TNI.


tp, semasa jaman Gus Dur berkuasa dan mau membubarkan parlemen dgn dekrit presiden, TNI malah menolak keras hal tsb dan mrk sempat bikin show of force di depan istana negara di jakarta (satu2 nya yg mrk lakukan sejak peristiwa 17 oktober 1952) ...pihak Polri pd saat dekrit ala Gus dur itu pun, jg lg terpecah belah jd dua... ngacir:
goed.adit - 26/06/2012 08:21 PM
#91

Quote:
Original Posted By ojongonole
tp, semasa jaman Gus Dur berkuasa dan mau membubarkan parlemen dgn dekrit presiden, TNI malah menolak keras hal tsb dan mrk sempat bikin show of force di depan istana negara di jakarta (satu2 nya yg mrk lakukan sejak peristiwa 17 oktober 1952) ...pihak Polri pd saat dekrit ala Gus dur itu pun, jg lg terpecah belah jd dua... ngacir:


Dekrit Gus Dur inkonstitusional... Jangan dibandingkenlah...
Jokiez - 26/06/2012 08:56 PM
#92

Quote:
Original Posted By Shuma-Gorath
Yg jelas-jelas masih itu Cina

Kalau kondisi Korut yg masih tertutup itu ya salah satu cara dari rezimnya untuk mencegah rakyat Korut mengenal dunia luar sehingga potensi mereka untuk memberontak jadi kecil. Secara rakyat Korut masih banyak yg hidupnya terbelakang & dalam kondisi serba terbatas

Kalau mau ngerti lebih jauh soal kondisi dalam negeri Korut, coba aja main-main ke thread ini
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=6501944


oh gitu ya

udah baca2 sih
baru tau klo disana sistemnya kek monarki, tapi ditulisnya republik o
ojongonole - 26/06/2012 09:05 PM
#93

Quote:
Original Posted By goed.adit


Dekrit Gus Dur inkonstitusional... Jangan dibandingkenlah...


bg para pendukung gus dur sih, parleman Indonesia pd 2001 itu malah dianggap telah melakukan tindakan inkonstitusional, sedangkan para kaum yg kontra gus dur di parlemen menyatakan bhw dekrit presiden adalah inkonstitusional... ya wajar2 aja sih ada perbedaan tsb...tp, mmg basis pendukung gus dur di parlemen mmg aslinya hny minoritas... malus
darroool - 26/06/2012 10:30 PM
#94

foto-fotonya gak keluar gan.. ini ada filmnya nih namanya taeguki, seru perangnya jadi awalnya sepasang saudara ikut perang ikut korsel, tau2 kakaknya ilang trs gapasukan korut, trs waktu perang mereka ketemu lg trs kknya keanya udh gila kena pencucian otak trs sadar akhirnya nembakin pasukan korut tp dia juga mati akhirnya CMIIW ya

trs juga da difilm apa gitu yg bilang mendingan di indonesia aja drpd ikut perang korea...
ngeri juga ya ini, itu rakyatnya setuju kagak ya atas perang itu
ojongonole - 27/06/2012 12:36 AM
#95

Quote:
Original Posted By darroool
foto-fotonya gak keluar gan.. ini ada filmnya nih namanya taeguki, seru perangnya jadi awalnya sepasang saudara ikut perang ikut korsel, tau2 kakaknya ilang trs gapasukan korut, trs waktu perang mereka ketemu lg trs kknya keanya udh gila kena pencucian otak trs sadar akhirnya nembakin pasukan korut tp dia juga mati akhirnya CMIIW ya


bg ane, film taekgukgi adlh salah satu film perang terbaik di dunia, yg melebihi film saving private ryan..... :matabelo

Quote:

trs juga da difilm apa gitu yg bilang mendingan di indonesia aja drpd ikut perang korea...
ngeri juga ya ini, itu rakyatnya setuju kagak ya atas perang itu


rakyat indonesia?? maksd ente gimana ya??
soal perang korea pd 1950-1952, rakyat korsel sdh gak pny bnyk pilihan lagi, sejak rakyat korut yg bertekad menyatukan korsel secara konfrontasi militer secara penuh, melakukan invasi nya ke wilayah korsel.... malus
merkapa - 27/06/2012 02:12 PM
#96

sebenarnya itu adalah ulah Stalin ingin menyatukan kedua Korea. Karena Stalin benci Mao maka dia minta si kim il sun g nyerbu korsel, celakanya dengan didukung AS Pyongyang jatuh, setelah tentara PVA (People Volunteer Army) dengan dipimpin Jendral Peng Dehuai dengan cara pasang badan (versi AS human wave) bisa ngusir pasukan sekutu ke selatan, barulah Stalin kaget dan dia memberikan bantuan senjata untuk 10 divisi penuh plus membangun AU RRT yang HARUS DIBAYAR pasca perang korea (padahal Stalin dengan entengnya merampok pabrikan Jepang di Manchuria yg sebenarnya dibutuhkan China untuk membangun negara mereka)

Jika Stalin tidak meninggal krn diracun anak buahnya tentu udah ada PD III

untunglah Stalin punya bawahan Khruschev sementara Mc Arthur punya Atasan Trumman dimana keduanyaq bersifat dove drpada Stalin dan Mc arthur yg lebih hawkish
Jokiez - 27/06/2012 02:17 PM
#97

Quote:
Original Posted By merkapa
sebenarnya itu adalah ulah Stalin ingin menyatukan kedua Korea. Karena Stalin benci Mao maka dia minta si kim il sun g nyerbu korsel, celakanya dengan didukung AS Pyongyang jatuh, setelah tentara PVA (People Volunteer Army) dengan dipimpin Jendral Peng Dehuai dengan cara pasang badan (versi AS human wave) bisa ngusir pasukan sekutu ke selatan, barulah Stalin kaget dan dia memberikan bantuan senjata untuk 10 divisi penuh plus membangun AU RRT yang HARUS DIBAYAR pasca perang korea (padahal Stalin dengan entengnya merampok pabrikan Jepang di Manchuria yg sebenarnya dibutuhkan China untuk membangun negara mereka)

Jika Stalin tidak meninggal krn diracun anak buahnya tentu udah ada PD III

untunglah Stalin punya bawahan Khruschev sementara Mc Arthur punya Atasan Trumman dimana keduanyaq bersifat dove drpada Stalin dan Mc arthur yg lebih hawkish

baru tau klo stalin benci ma Mao

jadi sebelum bantuan stalin AU RRT lemah/belum ada?
peyotpetot - 27/06/2012 05:13 PM
#98

Quote:
Original Posted By merkapa
untunglah Stalin punya bawahan Khruschev sementara Mc Arthur punya Atasan Trumman dimana keduanyaq bersifat dove drpada Stalin dan Mc arthur yg lebih hawkish


Menurut gw, Truman termasuk hawk. Truman (dan Stalin) memicu cold war. Kontribusi Truman yang utama adalah menyusun aliansi barat (NATO).

Sedangkan McArthur bukan hawk, tapi megalomania. Makanya terpaksa dipecat, karena bisa memicu kemunculan banana republic di Amerika sendiri.
merkapa - 27/06/2012 10:44 PM
#99

Quote:
Original Posted By Jokiez

baru tau klo stalin benci ma Mao

jadi sebelum bantuan stalin AU RRT lemah/belum ada?


Mao dicuekin satlin saat ia berkunjung ke Sovyet khan

bener RRT baru merdeka setahun saat melibatkan diri di perang Korea (RRT berdiri 1.10.1949)...

pasca kematian stalin tambah parah dan memuncak di tahun 1969 yg mendorong AS bersohib ama RRT
merkapa - 27/06/2012 10:53 PM
#100

Quote:
Original Posted By peyotpetot
Menurut gw, Truman termasuk hawk. Truman (dan Stalin) memicu cold war. Kontribusi Truman yang utama adalah menyusun aliansi barat (NATO).

Sedangkan McArthur bukan hawk, tapi megalomania. Makanya terpaksa dipecat, karena bisa memicu kemunculan banana republic di Amerika sendiri.


mkn megalomania pantaslah untuk Stalin dan Mc arthur. Stalin malah udah merencanakan untuk menginvasi eropa...untunglah dia meninggal sebelum dijalankan lagi itu rencana

mengutip kapten rusia di pilem X men first class: i am living in two war, and i am not to start another war
Page 5 of 7 |  < 1 2 3 4 5 6 7 > 
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Sejarah perang saudara KOREA Vol. 1 & 2 [Seoul vs Pyongyang]