Saltwater Fish
Home > LOEKELOE > MY PETS > Saltwater Fish > [ask] cara ngasih kalsium di akuarium laut
Total Views: 2186 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

riphriph - 16/11/2010 04:31 PM
#1
[ask] cara ngasih kalsium di akuarium laut
Quote:
permisi gan..


Quote:
tolongin gan, gimana caranya ngasih kalsium di akuarium laut??
akuarium ane yg 60cm pake filter bawah.. volume air kurang lebih 100liter..
mohon bantuannya.. malu
bunaken321 - 16/11/2010 10:55 PM
#2

pake yang dah jadi aja .. bisa pake produk Sera,Seachem atau merek lain ... posisi dimana gan .. kalo dijakarta sih di sumenep sama di kartini banyak yang jual, agan tinggal pilih aja iloveindonesia
clownANEMON - 17/11/2010 05:50 PM
#3

cara kasih kalsium harian adalah :

caOh ( calcium carbonat / kalkwasser ) di campur sama air tawar ( gak perlu lah RO2an ) = perbandingan nya....1 sendok teh buat 2 liter air tawar....
kemudian di tetes kan di malam hari....


kalo kadar kalsium yg berkurang bisa beli CaCl2 ( calcium cloride ) campuran kadar nya liat aja di tread DIY ttg equipment air laut....


semoga membantu ya
ridwanlay - 18/11/2010 12:14 PM
#4

jelas perlu paake air RO... klo dah maen calsium berati u kan maen terumbu.. sedang kan klo u nyampur nya pake aer keran.. itu bnyk mengandung P04 (ohospate)
dimana ga bagus untuk terumbu karang.
riphriph - 18/11/2010 03:19 PM
#5

Quote:
Original Posted By bunaken321
pake yang dah jadi aja .. bisa pake produk Sera,Seachem atau merek lain ... posisi dimana gan .. kalo dijakarta sih di sumenep sama di kartini banyak yang jual, agan tinggal pilih aja iloveindonesia


thx gan .. ane di jogja .. beer:

Quote:
Original Posted By clownANEMON
cara kasih kalsium harian adalah :

caOh ( calcium carbonat / kalkwasser ) di campur sama air tawar ( gak perlu lah RO2an ) = perbandingan nya....1 sendok teh buat 2 liter air tawar....
kemudian di tetes kan di malam hari....


kalo kadar kalsium yg berkurang bisa beli CaCl2 ( calcium cloride ) campuran kadar nya liat aja di tread DIY ttg equipment air laut....


semoga membantu ya


thx inponya gan .. beer:
trus yg 1 sendok teh buat 2liter air tawar itu smuanya dikasih??



Quote:
Original Posted By ridwanlay
jelas perlu paake air RO... klo dah maen calsium berati u kan maen terumbu.. sedang kan klo u nyampur nya pake aer keran.. itu bnyk mengandung P04 (ohospate)
dimana ga bagus untuk terumbu karang.



okee gan .. makasi infonya .. beer: beer:
poetra001 - 18/11/2010 06:19 PM
#6

Quote:
Original Posted By clownANEMON
cara kasih kalsium harian adalah :

caOh ( calcium carbonat / kalkwasser ) di campur sama air tawar ( gak perlu lah RO2an ) = perbandingan nya....1 sendok teh buat 2 liter air tawar....
kemudian di tetes kan di malam hari....


kalo kadar kalsium yg berkurang bisa beli CaCl2 ( calcium cloride ) campuran kadar nya liat aja di tread DIY ttg equipment air laut....


semoga membantu ya


Kemana aja nih? Btw pemberian caoh harus didrip kan sis?
Oh ya request dong sis, tampilin cara buat alat diy buat ngedripnya dong, ga kebayang sampe sekarang gimana buatnya padahal cd, ats dah buat tp dripan kalkwasser belum tahu buatnya.

Spoiler for Jual Wetsuit Speedo
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=5976021
USTAD MESUM - 19/11/2010 07:08 PM
#7

Quote:
Original Posted By riphriph




thx inponya gan .. beer:
trus yg 1 sendok teh buat 2liter air tawar itu smuanya dikasih??








tergantung...tank u dalam sehari nguap brp banyak?
kalo nguap 1 liter ya dikasih kalkwasser 1 liter juga...menukari jumlah air yg menguap, sambil dosing calcium..., hasilnya: Ca terjaga, pH & KH terjaga, salinity stabil

sebenernya ga perlu di drip juga gpp kok... asalkan dosing kalk nya masih sesuai penguapan...tublek ke sump langsung aja gpp, gw sudah praktekin setiap hari ga masalah...

tapi inget, bikin kalkwasser nya pake air yg bebas phospat...solusi murah meriah air yg betul2 bebas phospat adalah AIR BUANGAN AC (AIR >CONDITIONER)--- gratis dan betul2 bebas PO4
riphriph - 19/11/2010 09:58 PM
#8

Quote:
Original Posted By USTAD MESUM
tergantung...tank u dalam sehari nguap brp banyak?
kalo nguap 1 liter ya dikasih kalkwasser 1 liter juga...menukari jumlah air yg menguap, sambil dosing calcium..., hasilnya: Ca terjaga, pH & KH terjaga, salinity stabil

sebenernya ga perlu di drip juga gpp kok... asalkan dosing kalk nya masih sesuai penguapan...tublek ke sump langsung aja gpp, gw sudah praktekin setiap hari ga masalah...

tapi inget, bikin kalkwasser nya pake air yg bebas phospat...solusi murah meriah air yg betul2 bebas phospat adalah AIR BUANGAN AC (AIR >CONDITIONER)--- gratis dan betul2 bebas PO4



thx gan inponya.. soalnya ane masih nubi di akurium laut .. beer:
poetra001 - 22/11/2010 04:21 PM
#9

Quote:
Original Posted By USTAD MESUM
tergantung...tank u dalam sehari nguap brp banyak?
kalo nguap 1 liter ya dikasih kalkwasser 1 liter juga...menukari jumlah air yg menguap, sambil dosing calcium..., hasilnya: Ca terjaga, pH & KH terjaga, salinity stabil

Ini maksudnya kalkawaser (caoh) kan? Kalo cacl cuma berpengaruh ke kalsium.

Quote:
Original Posted By USTAD MESUM
sebenernya ga perlu di drip juga gpp kok... asalkan dosing kalk nya masih sesuai penguapan...tublek ke sump langsung aja gpp, gw sudah praktekin setiap hari ga masalah...


dosing kalk sesuai penguapan gimana maksudnya gan? Dosing kalk itu campuran kalwasser ke jumlah air yg sesuai penguapan itu? Nah dosis caoh itu terhadap perliter air brp yg agan pakai selama ini? Ane punya pengalaman tanaman langsung bleaching warnanya pas ditumplek blek ke sump. Bleachig pun "masih mending", soalnya seharusnya KO tuh tanaman. Penambahan kalkwasser bikin ph swing tinggi, jadi hati2 aja kalo ga didrip.

Spoiler for Jual aquazonic 4x39watt
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=323161624#post323161624
USTAD MESUM - 22/11/2010 07:51 PM
#10

Quote:
Original Posted By poetra001
Ini maksudnya kalkawaser (caoh) kan? Kalo cacl cuma berpengaruh ke kalsium.



dosing kalk sesuai penguapan gimana maksudnya gan? Dosing kalk itu campuran kalwasser ke jumlah air yg sesuai penguapan itu? Nah dosis caoh itu terhadap perliter air brp yg agan pakai selama ini? Ane punya pengalaman tanaman langsung bleaching warnanya pas ditumplek blek ke sump. Bleachig pun "masih mending", soalnya seharusnya KO tuh tanaman. Penambahan kalkwasser bikin ph swing tinggi, jadi hati2 aja kalo ga didrip.



iya gan...CaOH

saya dosis serbuk kalkwassernya cuma sepucuk (kira 1/4 sendok) sendok teh vs 1 liter air tawar...langsung tublek, ga ada reaksi bleaching tuh gan...

masa pH swing berakibat bleaching warna pada tanaman?
clownANEMON - 23/11/2010 01:21 PM
#11

hihihihhi.....penambahan calcium karbonat sangat berpengaruh pada KH.......

pertanyaan nya apa sih kalk itu...???

buat pengganti dosis kalsium harian yg di serap caral n invert..
dan mencangkup pembufferan pH...kalo di tuang semua...gak ada acara bufferan2 donk......


gini ya....pH kalk itu sekitar 12ppm.....sedangkan di malam hari pH akua bisa drop sampai 7ppm....guna nya kalk adalah agar pH tidak swing.....makanya kalk di anjurkan di drip....


buat ustad......penguapan berapa liter....kalo lima liter langsung tuang......di jamin......


silahkan di coba
wendy83 - 23/11/2010 09:00 PM
#12

Quote:
Original Posted By clownANEMON
cara kasih kalsium harian adalah :

caOh ( calcium carbonat / kalkwasser ) di campur sama air tawar ( gak perlu lah RO2an ) = perbandingan nya....1 sendok teh buat 2 liter air tawar....
kemudian di tetes kan di malam hari....


kalo kadar kalsium yg berkurang bisa beli CaCl2 ( calcium cloride ) campuran kadar nya liat aja di tread DIY ttg equipment air laut....


semoga membantu ya


maaf nih, agak bingung antara kalsium hidroksida sama kalsium karbonat, setau gw Ca(OH)2 kalsium hidroksida-kalkwasser, CaCO3 - kalsium karbonat (CMIIW)
clownANEMON - 24/11/2010 12:54 PM
#13

saya gak pake itu....

saya cuma pake cacl2 dan caoh....


di cek lagi aja.... disini...

https://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=317095559#post317095559
dfordedoctors - 09/01/2011 11:04 PM
#14

Quote:
Original Posted By clownANEMON
cara kasih kalsium harian adalah :

caOh ( calcium carbonat / kalkwasser ) di campur sama air tawar ( gak perlu lah RO2an ) = perbandingan nya....1 sendok teh buat 2 liter air tawar....
kemudian di tetes kan di malam hari....


kalo kadar kalsium yg berkurang bisa beli CaCl2 ( calcium cloride ) campuran kadar nya liat aja di tread DIY ttg equipment air laut....


semoga membantu ya


Sist, maap \) kalsium karbonat rumusnya CaCO3, kalo Ca(OH)2 itu kalsium hidroksida \)
jendul08 - 22/01/2011 05:16 PM
#15

Butuh kepastian nii gan.

jadinya pake calsium carbonat (caco3), apa calsium hidroksida (ca(oh)2),..
itu yg pentingg...

saya pernah pake calsium clorida (cacl2),. tp pernah crash dan saya ngeri dengan bau kloridanya yang menusuk..

jd bagaimana seharusnya?
USTAD MESUM - 22/01/2011 05:43 PM
#16

Quote:
Original Posted By jendul08
Butuh kepastian nii gan.

jadinya pake calsium carbonat (caco3), apa calsium hidroksida (ca(oh)2),..
itu yg pentingg...

saya pernah pake calsium clorida (cacl2),. tp pernah crash dan saya ngeri dengan bau kloridanya yang menusuk..

jd bagaimana seharusnya?


hidroksida dan klorid sama2 bagus...
tergantung kondisi parameter nya air, baru bisa menentukan pakai yg mana yg seharusnya...

btw agan tau perbedaan efek yg dihasilkan antara kalsium hdroksid dan klorid ?
zenxl84 - 10/02/2011 12:23 AM
#17

nah pas bener nih... treadsnya D gan kalo yg dari sera ane pake yg strontium tuh sama or beda?.kalo kata yg jual sih lebih lengkap katanya bingung nah 1 lagi ane mau tanya nih.kalo langsung ane kasi ke dalem aqua tanpa di campur terlebih dulu boleh engak yah??.thanks infonya yah D
KausEr - 12/02/2011 02:29 AM
#18

Quote:
Original Posted By zenxl84
nah pas bener nih... treadsnya D gan kalo yg dari sera ane pake yg strontium tuh sama or beda?.kalo kata yg jual sih lebih lengkap katanya bingung nah 1 lagi ane mau tanya nih.kalo langsung ane kasi ke dalem aqua tanpa di campur terlebih dulu boleh engak yah??.thanks infonya yah D


Di drip gan! jgn lgs takut sama efeknya aja.
makanya sedia testkit utk mengetahui over dose atau gak!
zenxl84 - 15/02/2011 03:34 AM
#19

Quote:
Original Posted By KausEr
Di drip gan! jgn lgs takut sama efeknya aja.
makanya sedia testkit utk mengetahui over dose atau gak!


o...okk gan thanks infonya.soalnya yg selama ini ane drip langsung ke aqua gan tapi dengan takeran sih D
sayaihsan - 16/02/2011 01:42 AM
#20

Quote:
Original Posted By zenxl84
nah pas bener nih... treadsnya D gan kalo yg dari sera ane pake yg strontium tuh sama or beda?.kalo kata yg jual sih lebih lengkap katanya bingung nah 1 lagi ane mau tanya nih.kalo langsung ane kasi ke dalem aqua tanpa di campur terlebih dulu boleh engak yah??.thanks infonya yah D


Mau meluruskan saja gan,kalo strontium fungsinya beda dengan calcium,kalo strontium itu untuk pertumbuhan cangkang dari coral tersebut,sedangkan kalsium untuk memperkuat cangkang...
untuk kalsium harian dapat menggunakan ca(oh)2-kalsium hidroksida,pemberian dengan cara di drip,ca(oh)2 ini mengandung ph dan kh yang tinggi,bisa bahaya jika pemberian langsung tanpa didrip,fungsinya untuk menstabilkan nilai PH,KH,CA,salinita...
untuk pemberian hanya kalsium saja dapat menggunakan cacl2-kalsium klorida,kalau cacl2 tidak perlu didrip,karena hanya akan menaikan kadar CAnya saja...
jika ingin membuat sendiri,dan mendapatkan hasil yang memuaskan sebaiknya gunakan yang PRO ANALISA(PA) punya...

SEMOGA MEMBANTU...
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > LOEKELOE > MY PETS > Saltwater Fish > [ask] cara ngasih kalsium di akuarium laut