Saltwater Fish
Home > LOEKELOE > MY PETS > Saltwater Fish > [ask] cara ngasih kalsium di akuarium laut
Total Views: 2186 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 3 |  < 1 2 3 > 

zenxl84 - 17/02/2011 12:17 AM
#21

Quote:
Original Posted By sayaihsan
Mau meluruskan saja gan,kalo strontium fungsinya beda dengan calcium,kalo strontium itu untuk pertumbuhan cangkang dari coral tersebut,sedangkan kalsium untuk memperkuat cangkang...
untuk kalsium harian dapat menggunakan ca(oh)2-kalsium hidroksida,pemberian dengan cara di drip,ca(oh)2 ini mengandung ph dan kh yang tinggi,bisa bahaya jika pemberian langsung tanpa didrip,fungsinya untuk menstabilkan nilai PH,KH,CA,salinita...
untuk pemberian hanya kalsium saja dapat menggunakan cacl2-kalsium klorida,kalau cacl2 tidak perlu didrip,karena hanya akan menaikan kadar CAnya saja...
jika ingin membuat sendiri,dan mendapatkan hasil yang memuaskan sebaiknya gunakan yang PRO ANALISA(PA) punya...

SEMOGA MEMBANTU...


wah gan thanks gan infonya D wah kalo gitu 2 2nya penting juga donk buat pertumbuhan gan D yg 1 untuk pertumbuhan cangkang yg 1nya untuk memperkuat biar ga cepet mati or rontok D nah kalo untuk mekar apa gan ada engak kira² yg tepat n bagus gan?. kalo DIY kasium sih masih engak brani gan takut takut kelebihan D
sayaihsan - 17/02/2011 01:46 AM
#22
nmingeface
Quote:
Original Posted By zenxl84
wah gan thanks gan infonya D wah kalo gitu 2 2nya penting juga donk buat pertumbuhan gan D yg 1 untuk pertumbuhan cangkang yg 1nya untuk memperkuat biar ga cepet mati or rontok D nah kalo untuk mekar apa gan ada engak kira² yg tepat n bagus gan?. kalo DIY kasium sih masih engak brani gan takut takut kelebihan D


iya gan sangat penting keduanya,tapi jangan terlalu over pemberiannya,untuk mekarnya suatu coral semua tergantung pada kualitas air dan suhu,ga ada addictive untuk itu,selain itu dibutuhkan iodide untuk memperindah warna coral...
KausEr - 17/02/2011 03:24 AM
#23

Quote:
Original Posted By sayaihsan
Mau meluruskan saja gan,kalo strontium fungsinya beda dengan calcium,kalo strontium itu untuk pertumbuhan cangkang dari coral tersebut,sedangkan kalsium untuk memperkuat cangkang...
untuk kalsium harian dapat menggunakan ca(oh)2-kalsium hidroksida,pemberian dengan cara di drip,ca(oh)2 ini mengandung ph dan kh yang tinggi,bisa bahaya jika pemberian langsung tanpa didrip,fungsinya untuk menstabilkan nilai PH,KH,CA,salinita...
untuk pemberian hanya kalsium saja dapat menggunakan cacl2-kalsium klorida,kalau cacl2 tidak perlu didrip,karena hanya akan menaikan kadar CAnya saja...
jika ingin membuat sendiri,dan mendapatkan hasil yang memuaskan sebaiknya gunakan yang PRO ANALISA(PA) punya...

SEMOGA MEMBANTU...


nah kalau magnesium utk apaan gan??

bikin bomb kali gan?hammers p
sayaihsan - 17/02/2011 07:18 PM
#24

Quote:
Original Posted By KausEr
nah kalau magnesium utk apaan gan??

bikin bomb kali gan?hammers p

kadar kalsium didalam aquarium tidak akan dapat diangka yang maksimal jika level angka magnesiumnya dibawah yang dianjurkan...
intinya buat memaksimalkan kadar kalsium,yang saya tau seperti itu gan...
zenxl84 - 18/02/2011 02:27 AM
#25

Quote:
Original Posted By sayaihsan
iya gan sangat penting keduanya,tapi jangan terlalu over pemberiannya,untuk mekarnya suatu coral semua tergantung pada kualitas air dan suhu,ga ada addictive untuk itu,selain itu dibutuhkan iodide untuk memperindah warna coral...


o...kemaren ane beli merek KENT essenstial elements katanya buat warna koral dan ikan tu bener ga gan?.bagus engak?.thanks
sayaihsan - 19/02/2011 02:43 AM
#26

Quote:
Original Posted By zenxl84
o...kemaren ane beli merek KENT essenstial elements katanya buat warna koral dan ikan tu bener ga gan?.bagus engak?.thanks

Waduh maaf gan saya ga pakai produk tersebut...
saya kurang mengerti dengan produk tersebut...
kalo dibilang bagus apa ga nya,saya ga bisa jawab,karena tiap orang ada yang cocok menggunakan suatu produk meski harganya murah...
zenxl84 - 19/02/2011 04:26 PM
#27

Quote:
Original Posted By sayaihsan
Waduh maaf gan saya ga pakai produk tersebut...
saya kurang mengerti dengan produk tersebut...
kalo dibilang bagus apa ga nya,saya ga bisa jawab,karena tiap orang ada yang cocok menggunakan suatu produk meski harganya murah...


o... gitu yah gan.okk deh thanks buat info²nya gan ane sih masih coba² dulu D tapi dari yg kemaren² keliatannya kurang mujarap gan nah kalo agan pake merek apa n brp duit gan?.thanks
sayaihsan - 20/02/2011 01:58 AM
#28

Quote:
Original Posted By zenxl84
o... gitu yah gan.okk deh thanks buat info²nya gan ane sih masih coba² dulu D tapi dari yg kemaren² keliatannya kurang mujarap gan nah kalo agan pake merek apa n brp duit gan?.thanks


kalo saya untuk calcium bikin sendiri,CaCl2...
untuk magnesium bikin sendiri,MgCl2...
untuk iodide pakai aquapharm 250ml 90rban...
untuk strontium pakai stronti+ probio 1 ampule 20rb...
untuk KH pakai soda kue...
menurunkan nitrat dan phospate pakai biopelet plus supply MB7,bioplete 200ml 200rb,MB7 250ml 119rb...
kloningan1 - 20/02/2011 10:09 AM
#29

Quote:
Original Posted By sayaihsan
kalo saya untuk calcium bikin sendiri,CaCl2...
untuk magnesium bikin sendiri,MgCl2...
untuk iodide pakai aquapharm 250ml 90rban...
untuk strontium pakai stronti+ probio 1 ampule 20rb...
untuk KH pakai soda kue...
menurunkan nitrat dan phospate pakai biopelet plus supply MB7,bioplete 200ml 200rb,MB7 250ml 119rb...


ati2 pake soda kue yg ngandung PO4 lho.... Peace:

iodine ada solusi yg lebih murah gan, pake lugol...high concentrate...sangat iritt
sayaihsan - 20/02/2011 11:59 PM
#30

Quote:
Original Posted By kloningan1
ati2 pake soda kue yg ngandung PO4 lho.... Peace:

iodine ada solusi yg lebih murah gan, pake lugol...high concentrate...sangat iritt


Alternatif lain pakai apa gan?
kalo pake Na HCo3 grade konsumsi aman ga gan?
kirain saya lebih murah pakai aquapharm...
soalnya lugol itu kalo ga salah 260rban 30ml...
itu untuk tank 200liter berapa tetes gan pemberiannya?
kloningan1 - 21/02/2011 12:34 AM
#31

Quote:
Original Posted By sayaihsan
Alternatif lain pakai apa gan?
kalo pake Na HCo3 grade konsumsi aman ga gan?
kirain saya lebih murah pakai aquapharm...
soalnya lugol itu kalo ga salah 260rban 30ml...
itu untuk tank 200liter berapa tetes gan pemberiannya?


KH pake grotech karbonat pro instant donk gan...240rb per 1 kilogram. Ga terlalu mahal juga tuh...pakenya dikit2 aja, bisa sampe setaon kali ya...

iodine pake lugols solution brightwell, harga 180rb isi 30ml.
1ml = 20 drops , jadi 30ml = 600 drops , jadi 1 botol bisa utk brp taon tuh gan? 2 taon aja ga abis kayaknya... D
dosis pakai = 1 drops / 150 liter air laut

kalo agan tank nya 200 liter pakai nya 1 tetes saja per hari (setiap hari)
zenxl84 - 21/02/2011 04:30 AM
#32

Quote:
Original Posted By sayaihsan
kalo saya untuk calcium bikin sendiri,CaCl2...
untuk magnesium bikin sendiri,MgCl2...
untuk iodide pakai aquapharm 250ml 90rban...
untuk strontium pakai stronti+ probio 1 ampule 20rb...
untuk KH pakai soda kue...
menurunkan nitrat dan phospate pakai biopelet plus supply MB7,bioplete 200ml 200rb,MB7 250ml 119rb...


wah ane sih engak brani deh kalo masalah kayak gini ini pake DIY serem takut salah malah ancur tu aqua ane takut D ijin nyimak dulu deh gan D thanks infonya yah gan shakehand
sayaihsan - 21/02/2011 06:08 PM
#33

Quote:
Original Posted By kloningan1
KH pake grotech karbonat pro instant donk gan...240rb per 1 kilogram. Ga terlalu mahal juga tuh...pakenya dikit2 aja, bisa sampe setaon kali ya...

iodine pake lugols solution brightwell, harga 180rb isi 30ml.
1ml = 20 drops , jadi 30ml = 600 drops , jadi 1 botol bisa utk brp taon tuh gan? 2 taon aja ga abis kayaknya... D
dosis pakai = 1 drops / 150 liter air laut
kalo agan tank nya 200 liter pakai nya 1 tetes saja per hari (setiap hari)

Oh pakai grotech punya,kalo iodide ane udah abis sepertinya pakai lugol gan,ternyata lebih hemat,biasa beli dimana gan?di pak johan(reef aquaristik)kah?

Quote:
Original Posted By zenxl84
wah ane sih engak brani deh kalo masalah kayak gini ini pake DIY serem takut salah malah ancur tu aqua ane takut D ijin nyimak dulu deh gan D thanks infonya yah gan shakehand

kalau ada testkitnya kenapa takut,testkit ane aja pakainya awal2 aja,udah ketemu setingannya jarang dipakai,kalau mau solusi hemat bisa dicoba DIY gan,kalo instant juga banyak yang jual ko...
kloningan1 - 21/02/2011 06:54 PM
#34

Quote:
Original Posted By sayaihsan
Oh pakai grotech punya,kalo iodide ane udah abis sepertinya pakai lugol gan,ternyata lebih hemat,biasa beli dimana gan?di pak johan(reef aquaristik)kah?


kalau ada testkitnya kenapa takut,testkit ane aja pakainya awal2 aja,udah ketemu setingannya jarang dipakai,kalau mau solusi hemat bisa dicoba DIY gan,kalo instant juga banyak yang jual ko...

iya gan... di pak JO / JS atau di benny juga ada kok...
sayaihsan - 22/02/2011 07:27 PM
#35

Quote:
Original Posted By kloningan1
iya gan... di pak JO / JS atau di benny juga ada kok...

Gan mau nawarin Keong Banded Trochus...

Silahkan dicek...
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=7166254
generalaid - 22/02/2011 08:26 PM
#36

gan ane mw nyoba utk DIY calcium, magnesium ama alkalinitas..
yg ane beli:
-CaCL2
-soda kue
-air suling 3 liter
-MgCL2 msih hunting

kira'' takaranny berapa'' yah gan ?
carabuatny gmna gan?
kalo ngedrip itu mksudnya diapain gan ?

trakhir, alat utk ngukur kdar calcium dlm air apaan gan ?
merkny yg bgus tpi terjangkau,,
ama budgetnya sklian dong gan..
maaf bnyk nanya gan..
sayaihsan - 23/02/2011 12:02 AM
#37

Quote:
Original Posted By generalaid
gan ane mw nyoba utk DIY calcium, magnesium ama alkalinitas..
yg ane beli:
-CaCL2
-soda kue
-air suling 3 liter
-MgCL2 msih hunting

kira'' takaranny berapa'' yah gan ?
carabuatny gmna gan?
kalo ngedrip itu mksudnya diapain gan ?

trakhir, alat utk ngukur kdar calcium dlm air apaan gan ?
merkny yg bgus tpi terjangkau,,
ama budgetnya sklian dong gan..
maaf bnyk nanya gan..

Soda kue jangan dipakai gan,mengandung phospate...
untuk takaran coba cek link ini :
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=5973582
kalo ngedrip itu maksudnya ditetesin gan...
untuk test ca bisa beli testkitnya...
merek SERA setahu saya yang murah...

Ga apa-apa banyak nanya,biar ga sesat main dihobi ini...
dhidhie - 23/02/2011 05:43 PM
#38

Quote:
Original Posted By sayaihsan
Soda kue jangan dipakai gan,mengandung phospate...
untuk takaran coba cek link ini :
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=5973582
kalo ngedrip itu maksudnya ditetesin gan...
untuk test ca bisa beli testkitnya...
merek SERA setahu saya yang murah...

Ga apa-apa banyak nanya,biar ga sesat main dihobi ini...


bener, jgn pake soda kue...pake additive branded saja aman gan, toh harganya murah kok...ngapain pake yg resiko D

soda kue di supermarket harganya 3rb-4rb berat bersih brp gram sih? gw lupa...

kalo yg branded (grotech) harga 240rb berat bersih 1000 gram, brarti per gram nya cuma 240 rupiah...nah murah kan?

kemahalan beli 1000 gram? bisa eceran beli 500 gram kok....

nah sekarang ga ada alasan utk pake additive alk DIY kan...
sayaihsan - 23/02/2011 07:15 PM
#39

Quote:
Original Posted By dhidhie
bener, jgn pake soda kue...pake additive branded saja aman gan, toh harganya murah kok...ngapain pake yg resiko D

soda kue di supermarket harganya 3rb-4rb berat bersih brp gram sih? gw lupa...

kalo yg branded (grotech) harga 240rb berat bersih 1000 gram, brarti per gram nya cuma 240 rupiah...nah murah kan?

kemahalan beli 1000 gram? bisa eceran beli 500 gram kok....

nah sekarang ga ada alasan utk pake additive alk DIY kan...

Setuju sama agan ini...
Saya juga mau beli produk Grotech aja...
zenxl84 - 24/02/2011 03:03 AM
#40

Quote:
Original Posted By sayaihsan
Oh pakai grotech punya,kalo iodide ane udah abis sepertinya pakai lugol gan,ternyata lebih hemat,biasa beli dimana gan?di pak johan(reef aquaristik)kah?


kalau ada testkitnya kenapa takut,testkit ane aja pakainya awal2 aja,udah ketemu setingannya jarang dipakai,kalau mau solusi hemat bisa dicoba DIY gan,kalo instant juga banyak yang jual ko...


oiya yah gan tapi ane pusing kebanyakan testkit malu D
Page 2 of 3 |  < 1 2 3 > 
Home > LOEKELOE > MY PETS > Saltwater Fish > [ask] cara ngasih kalsium di akuarium laut