Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > [share] Renungan - RAHASIA FILSAFAT KEJAWEN
Total Views: 12819 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 12 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

NanBhe - 04/12/2010 10:59 AM
#21

akhire selesai juga mbacane. terima kasih atas pencerahannya bos shakehand
newyorkarto - 05/12/2010 01:59 AM
#22

ora umum kangmas ku siji iki ...hehehhe D slalu TOP MARKOTOP topik sek dibabar ke ..... geber terusssss.... ngasi kepontal pontal le ku sinau ngangsu kawruh .... heueheuu ..... joss kang :2thumbup ... ijin nyimak kang linux2:
Warmadewa - 05/12/2010 10:43 AM
#23

Quote:
Original Posted By bymbaladewa
hebat euy..
mari lestarikan budaya asli kita, jangan malu dengan budaya asing


sudah saatnya kita belajar untuk mengenali, ngehargain juga ngejaga budaya sendiri, bukan cuman nrima budaya impor Peace:
zeth - 05/12/2010 11:19 AM
#24

Quote:
Original Posted By andrea7

Jagad kecil yang besar..
Jagad besar yang kecil..
hammer:


Duku cilik,duku gede
Duku gede cilik


Quote:
Original Posted By scootboyz
satu lagi thread bermutu dari Kang Mas Zeth.. thumbup:
Rahayu o[share] Renungan - RAHASIA FILSAFAT KEJAWEN


Maturnuwun atas apresiasinya,mas

shakehand

Quote:
Original Posted By ngap4k
maturnuwun kang iloveindonesia


Sami-sami, mas
shakehand

Quote:
Original Posted By sinner999
nunut nyimak ngge kangmas...kulo namung nubie...tp penasaran tentang kejawen..monggo dibabar maleh kangmas...malu
sepuntene boso kulo ngoko..kulo tiang jawa timuran sing bendinten e damel ngoko...malu


Pada aslinya,budaya jawa itu tidak ada tingkatan2 kromo atau kromo inggil,mas. Rasa hormat dgn seseorang itu tidak terpancangkan pada bahasa yg halus dan lemah lembut…tapi dari hati ke hati.
zeth - 05/12/2010 11:25 AM
#25

Quote:
Original Posted By soedtadi
ijin nyimak agan2 sepuh..
monggo..
ilovekaskus

Sugeng midangetaken,mas

Quote:
Original Posted By pringgo77
Hamemayu hayuning bawono, piyantun banyuwangi nderek ngangsu kawruh kang mustbatabig

Monggo kemawon,mas. Maturnuwun
beer:
Quote:
Original Posted By NanBhe
akhire selesai juga mbacane. terima kasih atas pencerahannya bos shakehand

Siap,gan..makasih
shakehand

Quote:
Original Posted By newyorkarto
ora umum kangmas ku siji iki ...hehehhe D slalu TOP MARKOTOP topik sek dibabar ke ..... geber terusssss.... ngasi kepontal pontal le ku sinau ngangsu kawruh .... heueheuu ..... joss kang :2thumbup ... ijin nyimak kang linux2:

Wah..maturnuwun atas pujiannya..wakakak.
shakehand2

Quote:
Original Posted By Warmadewa
sudah saatnya kita belajar untuk mengenali, ngehargain juga ngejaga budaya sendiri, bukan cuman nrima budaya impor Peace:

Betul,mas..budaya Nusantara terlalu indah untuk di lupakan.
Peace:
andrea7 - 05/12/2010 05:19 PM
#26

Quote:
Original Posted By newyorkarto
ora umum kangmas ku siji iki ...hehehhe D slalu TOP MARKOTOP topik sek dibabar ke ..... geber terusssss.... ngasi kepontal pontal le ku sinau ngangsu kawruh .... heueheuu ..... joss kang :2thumbup ... ijin nyimak kang linux2:


Sami Mas, kulo nggih kepontal-pontal linux1:ngacir:bingung: hammer:
salim sik.. shakehand

Quote:
Original Posted By zeth
Duku cilik,duku gede
Duku gede cilik



5000 an Mbah di PasMing, ngga pake milih..
Mbah Zeth!! itu konsumsi terbatas.., lainnya roaming..!!

ben, didukani putune.. wkwkwk.. Peace:



ngapunten Mbah..,
Putu kurang ajar.. wkwkwk.. malu:
zeth - 06/12/2010 09:35 AM
#27

Quote:
Original Posted By andrea7


5000 an Mbah di PasMing, ngga pake milih..
Mbah Zeth!! itu konsumsi terbatas.., lainnya roaming..!!

ben, didukani putune.. wkwkwk.. Peace:



ngapunten Mbah..,
Putu kurang ajar.. wkwkwk.. malu:


Hahahahah
prabuanom - 06/12/2010 12:16 PM
#28

Quote:
Original Posted By andrea7
Sami Mas, kulo nggih kepontal-pontal linux1:ngacir:bingung: hammer:
salim sik.. shakehand



5000 an Mbah di PasMing, ngga pake milih..
Mbah Zeth!! itu konsumsi terbatas.., lainnya roaming..!!

ben, didukani putune.. wkwkwk.. Peace:



ngapunten Mbah..,
Putu kurang ajar.. wkwkwk.. malu:


hehehhehe pasming sebelah mana neh gan? D
kayanya saya tiap hari ke pasming deh o
andrea7 - 06/12/2010 12:37 PM
#29

Quote:
Original Posted By prabuanom
hehehhehe pasming sebelah mana neh gan? D
kayanya saya tiap hari ke pasming deh o

tapi saya ndak jual duku lho Mas Prabu.. wkwkwkwk.. Peace:
newyorkarto - 06/12/2010 05:21 PM
#30

Quote:
Original Posted By andrea7
tapi saya ndak jual duku lho Mas Prabu.. wkwkwkwk.. Peace:


Dondong opo salak
duku cilik cilik
ngandong opo mbecak
mlaku timik timik

------------------
klo menurut serat yang saya jabarkan diatas maka jeng andrea jika bukan tukang duku ya brati tukang andong ................ngacir: mlayu ndelik
andrea7 - 06/12/2010 05:43 PM
#31

Quote:
Original Posted By newyorkarto
Dondong opo salak
duku cilik cilik
ngandong opo mbecak
mlaku timik timik

------------------
klo menurut serat yang saya jabarkan diatas maka jeng andrea jika bukan tukang duku ya brati tukang andong ................ngacir: mlayu ndelik


bukan.. saya mlaku timik-timik Mas.. malu:

wisss!! back to topic...
jan..

euhhhhhh... Simbaaaahhhhhh!!!!!!!!!!!!!!!!!...
pake duku-duku an sih.. hammer:
cRheEpiEex321 - 07/12/2010 11:53 PM
#32

Quote:
Original Posted By zeth

Pada aslinya,budaya jawa itu tidak ada tingkatan2 kromo atau kromo inggil,mas. Rasa hormat dgn seseorang itu tidak terpancangkan pada bahasa yg halus dan lemah lembut…tapi dari hati ke hati.


setuju buanget sama yg tak kuot mas....... shakehand

Bahasa jawa sendiri kadang atau bahkan seringkali hanya bisa dimengerti oleh orang yg bersangkutan (yg diajak bicara/berinteraksi).
Kadang org lain yg melihat/mendengar sering salah paham dengan yg mereka dengar/lihat.
seperti yg digambarkan pada tokoh wayang : Werkudoro/Bima, Wisanggeni, & Antasena

bahkan Bima terkesan sangat kasar pada waktu bermesraan dg istrinya (Nagagini). La wong bermesraan kok istri dilempar2 sampe jumpalitan. Ayah Nagagini (Antaboga) sangat marah melihat anaknya diperlakukan seperti itu.
Tapi dasar sudah sama2 jatuh cinta, Nagagini sendiri malah merasa ditimang & disayang.. D

suwun
andrea7 - 08/12/2010 12:14 AM
#33

Quote:
Original Posted By cRheEpiEex321
setuju buanget sama yg tak kuot mas....... shakehand

Bahasa jawa sendiri kadang atau bahkan seringkali hanya bisa dimengerti oleh orang yg bersangkutan (yg diajak bicara/berinteraksi).
Kadang org lain yg melihat/mendengar sering salah paham dengan yg mereka dengar/lihat.
seperti yg digambarkan pada tokoh wayang : Werkudoro/Bima, Wisanggeni, & Antasena

bahkan Bima terkesan sangat kasar pada waktu bermesraan dg istrinya (Nagagini). La wong bermesraan kok istri dilempar2 sampe jumpalitan. Ayah Nagagini (Antaboga) sangat marah melihat anaknya diperlakukan seperti itu.
Tapi dasar sudah sama2 jatuh cinta, Nagagini sendiri malah merasa ditimang & disayang.. D

suwun


wuoooohhhh...

bisa begitu tho??
wkwkwkwk.. seru yak... hammer:
cRheEpiEex321 - 08/12/2010 01:30 AM
#34

Quote:
Original Posted By andrea7
wuoooohhhh...

bisa begitu tho??
wkwkwkwk.. seru yak... hammer:


wedew... yang di garis bawahi kok yo contone loh... hammers




ndelik neh sambil minjem pentungan hansip buat persiapan............ ngacir: Peace:
andrea7 - 08/12/2010 01:38 AM
#35

Quote:
Original Posted By cRheEpiEex321
wedew... yang di garis bawahi kok yo contone loh... hammers




ndelik neh sambil minjem pentungan hansip buat persiapan............ ngacir: Peace:


habis.., contohnya lucu sih Mas.. malu:



sudah ditunggu di barak Kawan!! army:
zeth - 08/12/2010 01:43 AM
#36

Wah..berarti melempar2 istri itu, tanda cinta,ya. Lempar pakai asbak,tutup panci,dll..kan?

hammer
andrea7 - 08/12/2010 02:04 AM
#37

Quote:
Original Posted By zeth
Wah..berarti melempar2 istri itu, tanda cinta,ya. Lempar pakai asbak,tutup panci,dll..kan?

hammer


Simbah ko memberi contoh yang tidak wokee... bingungscapedes

Itu ceritanya menimang Mbah.., bukan ngelemparin barang..wkwkwk..
dalam penerawangan saya sih proporsi antara Bima dan Nagagini cukup signifikan perbedaan ukurannya.. wkwkwk.. ngakaks Peace:

cmiiw
zeth - 08/12/2010 09:21 AM
#38

Quote:
Original Posted By andrea7
Simbah ko memberi contoh yang tidak wokee... bingungscapedes

Itu ceritanya menimang Mbah.., bukan ngelemparin barang..wkwkwk..
dalam penerawangan saya sih proporsi antara Bima dan Nagagini cukup signifikan perbedaan ukurannya.. wkwkwk.. ngakaks Peace:

cmiiw


Berarti Bima dan Nagagini style...hardcore,ya
hahahaha
andrea7 - 08/12/2010 10:05 AM
#39

Quote:
Original Posted By zeth
Berarti Bima dan Nagagini style...hardcore,ya
hahahaha


matabelo: woooww..

kagets: itu kata Simbah..
aku ndak ikut-ikutan.. ngacir:


ngumpets aja ah.. think:
newyorkarto - 08/12/2010 11:39 AM
#40

Quote:
Original Posted By zeth
Berarti Bima dan Nagagini style...hardcore,ya
hahahaha


heheh gak tahan utk urun rembug ....wayang memang selain penuh filsafat juga penuh dengan perlambang dan contoh contoh kehidupan yang sarat makna .... bima dan nagagini hardcore/ sadomacism [familier dng kata ini ? wakakkaka beda dgn KDRT loh yaa Peace:] bayangkan pada jaman dahulu kala leluhur kita sudah menggambarkan adegan kamasutra yang seperti ini ?? ada lagi srikandi yang tomboy [versi india wandu] trus tokoh batara ismoyo yang mengeja wantah jadi kyai semar yang gender nya bias ... laki2 bukan wanita juga bukan ... sementara mgnkin bagi bangsa lain masih tabu sedangkan leleuhur kita sudah mengangkat tema ini dlm cerita pewayangan, ..so benang merahnya cerita pewayangan dgn keadaan sos bud masyarakat kita sekarang ini dilihat dari sisi filsafat2nya? ......monggo poro sesepuh dipun babaraken .... kulo tak ngelar kloso dhemes ten pojokan kemawon .... hehehhePeace:


PS: mugi-mugi mangke kangmas zeth lan poro pinisepuh purun/kerso mbahas babakan filsafat kejawen ingkang wonten ten pewayangan pada chapter2 berikutnya.
Page 2 of 12 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > [share] Renungan - RAHASIA FILSAFAT KEJAWEN