Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
Total Views: 20692 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 20 of 24 | ‹ First  < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > 

oriesama - 03/03/2011 12:17 AM
#381

Quote:
Original Posted By danang0607


hihihi mungkin agan lupa letusan vesiuvius di itali itu dilihat dri meter kubik material yg diluncurkan aj cuma 1/10 dr letusan tambora malu

kl masalah merapi sama gempa jogja agan bisa cek posisi ane di wilayah KRB III alias lereng merafi asli
maaf gan,ane udah posting lagi tp blm belajar soal bima,mohon bimbingan agan senior :2thumbup

Yang jelas, tidak ada catatan kalau Dana Mbojo(Bima-Dompu) pernah tertimbun material vulkanik seperti di KinahredjooSEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
danang0607 - 03/03/2011 12:19 AM
#382

Quote:
agan2 senior semua afgan ane pamit dolo,maklum dibawah umur blm boleh bergadang,hatur nuhun penjelasannya..bsk InsyaAllah ane bertamu lagi,masih menanti kuliah tambahan soal bima dr agan oriesama :cool
danang0607 - 03/03/2011 12:28 AM
#383

Quote:
Original Posted By oriesama
Yang jelas, tidak ada catatan kalau Dana Mbojo(Bima-Dompu) pernah tertimbun material vulkanik seperti di KinahredjooSEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)


untung blm jadi ngidupin motor gan ane,g jd pamit deh

sebagai penutup gan,bijimane bisa letusan terbesar yg tercatat oleh manusia sesudah ada peradaban,dg total 100juta m kubik material bisa g menimbun peradaban,trus lari kemana itu gan,apa terbang trus pindah ke australia bingungs

ini gan tak kasih sedikit kenang kenangan buat pengantar tidur
Spoiler for Link
SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)


oh ya agan utang ngajari saya soal sejarah bima,bsk ya gan,nuhun..
oriesama - 03/03/2011 12:30 AM
#384

Quote:
Original Posted By danang0607


kl itu dibalik gmn gan?gila: misalnya mereka bilang: lha ente jg ogah ngeliat pendapat ane,mau itu dr mana kek pokoknya ane percaya yg ini Peace:

mohon dipercepat penjelasannya gan,maklum udah ngantuk dan bsk pagi harus sekolah hammers

Kalo saya sih tidak masalah ente atau siapaun bilang kalo ente sakti, bisa bla-bla-bla. Saya cuma pengen coba buktikan \)
Silahkan anda berpendapat ABCDE-Z selama anda bisa membuktikan hipotesis anda, dan di kontra kan dengan pemahaman saya mengenai masalah itu \)

Contoh masalah Bima ini, kebetulan saya pernah tinggal di Bima, dan ente nyinggung-nyinggung Bima ini. Jangan seperti Santos, yang cuma berdasarkan asumsi dan data sekunder-tersier lantas berani bikin teori tentang Indonesia adalah Atlantis nohope:

Saya menghargai segala pendapat, segila apapun, dan saya akan semakin respek pada individu yang memiliki pendapat gila tersebut, jika dia mampu membuktikan pendapatnya itu dengan menggunakan fakta-fakta yang ada, dan bukan mengada-ada

Semoga dapat dipahamiSEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
danang0607 - 03/03/2011 12:33 AM
#385

Quote:
Original Posted By oriesama
Kalo saya sih tidak masalah ente atau siapaun bilang kalo ente sakti, bisa bla-bla-bla. Saya cuma pengen coba buktikan \)
Silahkan anda berpendapat ABCDE-Z selama anda bisa membuktikan hipotesis anda, dan di kontra kan dengan pemahaman saya mengenai masalah itu \)

Contoh masalah Bima ini, kebetulan saya pernah tinggal di Bima, dan ente nyinggung-nyinggung Bima ini. Jangan seperti Santos, yang cuma berdasarkan asumsi dan data sekunder-tersier lantas berani bikin teori tentang Indonesia adalah Atlantis nohope:

Saya menghargai segala pendapat, segila apapun, dan saya akan semakin respek pada individu yang memiliki pendapat gila tersebut, jika dia mampu membuktikan pendapatnya itu dengan menggunakan fakta-fakta yang ada, dan bukan mengada-ada

Semoga dapat dipahamiSEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)


salaman dulu gan shakehand2 atlantis itu adanya di ancol gan,atraksi lumba2

cek diskusi ane dg agan oriesama ane kasih poto juga gan iloveindonesia
andrea7 - 03/03/2011 12:36 AM
#386

oriesama - 03/03/2011 12:39 AM
#387

Quote:
Original Posted By danang0607


untung blm jadi ngidupin motor gan ane,g jd pamit deh

sebagai penutup gan,bijimane bisa letusan terbesar yg tercatat oleh manusia sesudah ada peradaban,dg total 100juta m kubik material bisa g menimbun peradaban,trus lari kemana itu gan,apa terbang trus pindah ke australia bingungs

ini gan tak kasih sedikit kenang kenangan buat pengantar tidur
Spoiler for Link
SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)


oh ya agan utang ngajari saya soal sejarah bima,bsk ya gan,nuhun..


Sebagai perbandingan, sejauh mana efek debu vulkanis yang dikeluarkan merapi kemaren? Semakin tinggi asap sulfatara, semakin jauh asap dan debu vulkanis itu tersebar
Ketika debu Merapi sampai ke Ciamis, apakah pada saat itu ada awan panas yang menyapu hingga ke Ciamis?

Semakin tinggi letusan, semakin luas wilayah terdampak, tapi tidak mesti berbanding lurus dengan kerusakan yang dihasilkan \)

Jangan lupa, pada masa itu Krakatoa juga pernah bautk -batuk loh ngacir:SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
oriesama - 03/03/2011 12:41 AM
#388

Quote:
Original Posted By danang0607


untung blm jadi ngidupin motor gan ane,g jd pamit deh

sebagai penutup gan,bijimane bisa letusan terbesar yg tercatat oleh manusia sesudah ada peradaban,dg total 100juta m kubik material bisa g menimbun peradaban,trus lari kemana itu gan,apa terbang trus pindah ke australia bingungs

ini gan tak kasih sedikit kenang kenangan buat pengantar tidur
Spoiler for Link
SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)


oh ya agan utang ngajari saya soal sejarah bima,bsk ya gan,nuhun..


Sebagai perbandingan, sejauh mana efek debu vulkanis yang dikeluarkan merapi kemaren? Semakin tinggi asap sulfatara, semakin jauh asap dan debu vulkanis itu tersebar
Ketika debu Merapi sampai ke Ciamis, apakah pada saat itu ada awan panas yang menyapu hingga ke Ciamis?

Semakin tinggi letusan, semakin luas wilayah terdampak, tapi tidak mesti berbanding lurus dengan kerusakan yang dihasilkan \)

Jangan lupa, pada masa itu Krakatoa juga pernah bautk -batuk loh ngacir:SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
danang0607 - 03/03/2011 12:48 AM
#389

Quote:
Original Posted By oriesama
Sebagai perbandingan, sejauh mana efek debu vulkanis yang dikeluarkan merapi kemaren? Semakin tinggi asap sulfatara, semakin jauh asap dan debu vulkanis itu tersebar
Ketika debu Merapi sampai ke Ciamis, apakah pada saat itu ada awan panas yang menyapu hingga ke Ciamis?

Semakin tinggi letusan, semakin luas wilayah terdampak, tapi tidak mesti berbanding lurus dengan kerusakan yang dihasilkan \)

Jangan lupa, pada masa itu Krakatoa juga pernah bautk -batuk loh ngacir:SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)


wah agan kurang meresapi mungkin ketika jadi relawan p.. material vulkanik is pasir,batu,kerikil dan yg lagi mampir kali boyong,daerah jumoyo dll.. kl abunya tambora jangankan cm ciamis,ampe eropa gan dikenal dg sebutan 'one years without summer',silahkan cek di buku diktat manapun,atau boleh tanya sama napoleon bonaparte kenapa mereka kelaparan gara2 kentangnya mati semua..hehe

krakatoa, letusan ke 2 terbesar dunia,total material yg dikeluarkan 1/5 dr tambora,itu gunung itali yg buat agan bangga tadi jg masih kalah.hehe..kekuatan letusannya 300x bom atom hirosima/nagasaki,yg membedakan tentu saja letaknya yg ditengah laut =/- 40km dr daratan,tsunami sampe daerah karawang jabar,silahkan cek jg..

ngacirrr juga ahhh
oriesama - 03/03/2011 01:10 AM
#390

Quote:
Original Posted By danang0607


wah agan kurang meresapi mungkin ketika jadi relawan p.. material vulkanik is pasir,batu,kerikil dan yg lagi mampir kali boyong,daerah jumoyo dll.. kl abunya tambora jangankan cm ciamis,ampe eropa gan dikenal dg sebutan 'one years without summer',silahkan cek di buku diktat manapun,atau boleh tanya sama napoleon bonaparte kenapa mereka kelaparan gara2 kentangnya mati semua..hehe

krakatoa, letusan ke 2 terbesar dunia,total material yg dikeluarkan 1/5 dr tambora,itu gunung itali yg buat agan bangga tadi jg masih kalah.hehe..kekuatan letusannya 300x bom atom hirosima/nagasaki,yg membedakan tentu saja letaknya yg ditengah laut =/- 40km dr daratan,tsunami sampe daerah karawang jabar,silahkan cek jg..

ngacirrr juga ahhh


Coba pelajari lagi tipe-tipe erupsi gunung berapi

Merapi dan Tambora is not the sameSEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
Tenji_no_Ichi - 03/03/2011 02:11 AM
#391

karakter tiap gunung berbeda2 koq, coba deh tanya orang2 vulkanologi... \)






apalagi karakter gunung kembar, itu juga beda2 koq profilnya hammer:
danang0607 - 03/03/2011 06:52 AM
#392

Quote:
Original Posted By oriesama
Coba pelajari lagi tipe-tipe erupsi gunung berapi

Merapi dan Tambora is not the sameSEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)


sangat benar,pelajaran pertama ilmu kebumian wowcantik

pointnya? (seperti yg agan pernah tanyakan kepada ane 'pointnya?') hehe
danang0607 - 03/03/2011 06:54 AM
#393

Quote:
Original Posted By Tenji_no_Ichi
karakter tiap gunung berbeda2 koq, coba deh tanya orang2 vulkanologi... \)






apalagi karakter gunung kembar, itu juga beda2 koq profilnya hammer:



sangat benar,pelajaran pertama ilmu kebumian

dan sepertinya ini sudah jd forum ilmu kebumian..horeee

kl gunung kembar,karakter disesuaikan juru kunci.ada yg agresif ada yg kalem;)
oriesama - 03/03/2011 09:41 AM
#394

Quote:
Original Posted By danang0607


sangat benar,pelajaran pertama ilmu kebumian wowcantik

pointnya? (seperti yg agan pernah tanyakan kepada ane 'pointnya?') hehe

Erupsi Merapi pernah membuat pusat Kerajaan Mataram Pindah, dari daerha sekitar Jogja ke daerah Jawa Timur, pada masa Empu Sindok. Efek lain adalah Borobudur tertimbun menjadi Bukit. Tanah di sekitar Salam, Tempel, Turi, dan sekitarnya menjadi subur dan cenderung berpasir

Sementara, Tambora erusinya vertikal, semua material vulkanik dilepaskan secara vertikal, danyang mempengaruhi wilayah sekitarnya tidak banyak. Hal ini yang mengakibatkan abu tambora bisa menutupi langit dan sampai ke eropa.
Dan lagi, kalau kita ke daerah Tambora sana, tanahnya tidak sama dengan di sekitaran merapi. Kesuburan juga tidak sesubur merapi. \)

FYI, pada tahun 1990an sebuah gunung di Filipina juga pernah erupsi, dan hasilnya suhu global menurun 2derajat karena tertutup abu itu. Tapi, apakah daerah sekitar gunung itu terkena awan panas? Ternyata tidak semassive kinahredjo
Silahkan ditanggapiSEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
sakradeva - 03/03/2011 11:34 AM
#395

Quote:
Original Posted By oriesama
Coba pelajari lagi tipe-tipe erupsi gunung berapi

Merapi dan Tambora is not the sameSEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)


mumpung lagi bahas gunung kembar hammers
numpang posting aja

Quote:

Tipe letusan gunung api berdasarkan kedalaman dapur magma, kekentalan magma, dan tekanan gas, serta material yang dilontarkan, gunung berapi dibedakan menjadi tujuh tipe, yaitu:

Tipe Vincent (Sint Vincent)

Tipe letusan gunung api ini terjadi pada gunung yang memiliki danau pada kawahnya. Jika terjadi letusan, gunung tipe ini akan mengeluarkan lahar panas yang berbahaya. Air danau yang terdapat pada kawah gunung akan ikut tumpah. Tekanan gas yang dihasilkan saat erupsi sedang, serta ciri lava yang dikeluarkan agak kental. Contoh tipe gunung ini di Indonesia adalah Gunung Kelud.

Tipe Plinian (Perret)

Tipe ini menghasilkan letusan yang sangat berbahaya dan merusak lingkungan. Tekanan gas yang dikeluarkan ketika erupsi sangat kuat, sedangkan lava-nya berbentuk encer. Material yang dilontarkan bisa mencapai ketinggian puluhan kilo meter, yaitu sekitar delapan puluh kilo meter. Contoh tipe gunung ini adalah Gunung Krakatau.

Tipe Pelee

Letusan gunung tipe pelee akan terjadi apabila ada penyumbatan pada kawah di puncak gunung api yang berbentuk mirip jarum, sehingga lama-kelamaan tekanan gas semakin besar dan dapat mengakibatkan letusan.

Tipe Merapi

Gunung tipe ini memiliki dapur magma yang agak dangkal. Jika terjadi letusan, gunung akan menghasilkan lava kental yang keluar menembus sumbatan lava pada mulut kawah dan terlempar keluar.

Selain itu, letusan tipe gunung ini juga ditandai dengan keluarnya awan panas atau masyarakat setempat menyebutnya wedhus gembel karena awannya menyerupai bulu domba atau kambing. Contoh gunung tipe ini adalah Gunung Merapi.

Tipe Vulkano

Ciri-ciri letusan gunung tipe vulkano adalah keluarnya material padat (lapili, bom, abu), serta bahan-bahan padat dan cair (lava). Tekanan gas yang dihasilkan saat erupsi adalah sedang, dan biasanya pada saat letusan akan terbentuk awan debu seperti bunga kol. Contohnya adalah Gunung Semeru.

Tipe Stromboli

Gunung tipe ini memiliki dapur magma yang dangkal. Letusannya terjadi dengan interval waktu yang teratur dan hampir bersamaan. Contohnya adalah Gunung Raung.

Tipe Hawaii

Tipe gunung ini banyak terdapat di Kepulauwan Hawaii. Bentuknya seperti tameng atau perisai, dapur magmanya sangat dangkal, dan menghasilkan lava yang sangat cair sehingga dapat mengalir ke segala arah. Contohnya adalah Gunung Maona Lea dan Maona Kea.
danang0607 - 03/03/2011 02:05 PM
#396

Quote:
Original Posted By oriesama
Erupsi Merapi pernah membuat pusat Kerajaan Mataram Pindah, dari daerha sekitar Jogja ke daerah Jawa Timur, pada masa Empu Sindok. Efek lain adalah Borobudur tertimbun menjadi Bukit. Tanah di sekitar Salam, Tempel, Turi, dan sekitarnya menjadi subur dan cenderung berpasir

Sementara, Tambora erusinya vertikal, semua material vulkanik dilepaskan secara vertikal, danyang mempengaruhi wilayah sekitarnya tidak banyak. Hal ini yang mengakibatkan abu tambora bisa menutupi langit dan sampai ke eropa.
Dan lagi, kalau kita ke daerah Tambora sana, tanahnya tidak sama dengan di sekitaran merapi. Kesuburan juga tidak sesubur merapi. \)

FYI, pada tahun 1990an sebuah gunung di Filipina juga pernah erupsi, dan hasilnya suhu global menurun 2derajat karena tertutup abu itu. Tapi, apakah daerah sekitar gunung itu terkena awan panas? Ternyata tidak semassive kinahredjo
Silahkan ditanggapiSEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)


senengnya rumah ane agan sebut.hehe..ane tambahi gan,g cuma wil itu yg berpasir,tp hampir semua wil jogja,yg membedakan jenis perkembangannya,ada yg sudah lanjut,ada yg msh muda..

kl kesuburan jujur ane g tau tingkatnya disekitar tambora seperti apa,tp kesuburan tanah itu bukan semata gara2 ada abu vulkanik,tp juga ada faktor iklim,jenis batuan induk,topografi dll(mohon dikoreksi krn ini saya cm ngawur.hehe).

waduh,berarti ngumpet dibawah gunung tambora malah selamet yes gan kl gitu amazed: sedikit gambaran lagi sebelum meletus tahun 1815 ini puncak Gunung Tambora mencapai ketinggian sekitar 4.300 meter di atas permukaan laut. Seberapa besar 4300 meter itu ? Nah coba saja di bandingkan dengan daratan tertinggi Jayawijaya, Papua, yang memiliki ketinggian 4885 m diatas muka air laut.

untuk letusan Pinatubo (Pilipina, 1991) ini ada sedikit copas dr beberapa sumber silahkan disimak
Quote:
....Dengan semua tanda-tanda aktivitas prekursor di atas, dapat dipastikan sebuah letusan hebat akan terjadi. Atas dasar itu, Institut Volkanologi dan Ilmu Gempa Bumi Filipina dibantu oleh United States Geological Survey (USGS) mulai melakukan peringatan kepada penduduk di daerah yang diduga merupakan daerah dengan potensi besar mengalami resiko. Tiga zona evakuasi ditetapkan, zona pertama merupakan daerah yang berada pada radius 10 km dari puncak gunung, zona kedua pada radius 10 - 20 km, dan zona ketiga pada radius 20 - 40 km. Sekitar 40.000 penduduk bertempat tinggal di zona pertama dan kedua, serta sekitar 331.000 penduduk pada zona tiga. berbagai tahap peringatan telah dilakukan baik melalui media massa, media elektronik, maupun secara langsung kepada penduduk pada zona-zona yang telah disebutkan di atas. Walaupun telah dilakukan berbagai peringatan, banyak juga penduduk yang tinggal di lereng gunung, baru meninggalkan desanya setelah ledakan pertama terjadi pada bulan Juni.


dg kata lain pemerintah super tanggap sehingga meminimalkan korban..

monggo dilanjut gan diskusinya,mumpung koneksi internet ane blm dicabut sama telkomhammer:
danang0607 - 03/03/2011 02:08 PM
#397

Quote:
Original Posted By sakradeva
mumpung lagi bahas gunung kembar hammers
numpang posting aja




nais info gan :2thumbup

yg lg nyimak pejwan mungkin bingung krn diujung kita ngomongin gunung kembar
oriesama - 03/03/2011 09:37 PM
#398

Quote:
Original Posted By danang0607


senengnya rumah ane agan sebut.hehe..ane tambahi gan,g cuma wil itu yg berpasir,tp hampir semua wil jogja,yg membedakan jenis perkembangannya,ada yg sudah lanjut,ada yg msh muda..

kl kesuburan jujur ane g tau tingkatnya disekitar tambora seperti apa,tp kesuburan tanah itu bukan semata gara2 ada abu vulkanik,tp juga ada faktor iklim,jenis batuan induk,topografi dll(mohon dikoreksi krn ini saya cm ngawur.hehe).

waduh,berarti ngumpet dibawah gunung tambora malah selamet yes gan kl gitu amazed: sedikit gambaran lagi sebelum meletus tahun 1815 ini puncak Gunung Tambora mencapai ketinggian sekitar 4.300 meter di atas permukaan laut. Seberapa besar 4300 meter itu ? Nah coba saja di bandingkan dengan daratan tertinggi Jayawijaya, Papua, yang memiliki ketinggian 4885 m diatas muka air laut.

untuk letusan Pinatubo (Pilipina, 1991) ini ada sedikit copas dr beberapa sumber silahkan disimak


dg kata lain pemerintah super tanggap sehingga meminimalkan korban..

monggo dilanjut gan diskusinya,mumpung koneksi internet ane blm dicabut sama telkomhammer:

Sepertinya susah untuk menemukan kata sepakat\)

Coba pelajari lagi postingan bli sakradeva diatas.

Pelajari tambora tipe yang mana, merapi tipe yang manaSEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
danang0607 - 03/03/2011 11:58 PM
#399

Quote:
Original Posted By oriesama
Sepertinya susah untuk menemukan kata sepakat\)

Coba pelajari lagi postingan bli sakradeva diatas.

Pelajari tambora tipe yang mana, merapi tipe yang manaSEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)


ok gan silahkan disimak postingan bli sakradeva

he eh gan,apa ane ngalah aj yes gan,tp bakalan sepi ni trit..hehe..tp gpp gan,bertukar pendapat sah2 saja asal disertai data (pernah denger ini dr siapa gt.hehe)

hmm..ibarat orang pipis,ada gaya jongkok ada gaya berdiri,tp yg keluar sama-sama urin,begono juga tipe erupsiong gunung..selain nanti kandungan mineral dlm urin jg berbeda,ada yg bau jengkol,ada yg bau pete,tp intinya sama-sama pesing hehe..

Quote:
Tipe Plinian (Perret)
Tipe ini menghasilkan letusan yang sangat berbahaya dan merusak lingkungan. Tekanan gas yang dikeluarkan ketika erupsi sangat kuat, sedangkan lava-nya berbentuk encer. Material yang dilontarkan bisa mencapai ketinggian puluhan kilo meter, yaitu sekitar delapan puluh kilo meter. Contoh tipe gunung ini adalah Gunung Krakatau.


lha ini udah super jelas
Tenji_no_Ichi - 04/03/2011 12:43 AM
#400

di national geographic aja udah pernah diulas koq, masalah letusan gunung2 di Nusantara. malah pernah dibahas scr khusus.

karakter antara Tambora & Krakatoa itu mirip. soalnya ahli geologi & Vulkanologi yg memberikan narasi & catatan saat itu (sbg saksi mata letusan Krakatoa saat itu, mendeskripsikan scr rinci). Dan dia menyebutkan tanda2 sebelum meletus, mirip dng yg terjadi pada Tambora.

Jadi kalo antara Tambora dibandingin dng Merapi, beda banget donk... \)

makanya di sini itu diskusi dng mengedepankan data yg objektif, yaitu yg sinkron antara fakta, rasa & karsa. Bukan hasil dr pembuktian subyektif berdasarkan kemenyan saja.

Clueing fact menggunakan channeling method (kemenyan) itu tidak masalah bila sinkron dng penelusuran scr fakta objektif, karena clue dr hasil channeling itu hanya sbg masukan tersier, bukan sbg primary maupun secondary. Kalo metode tersebut dijadiin bahan sumber utama, sama aja orang mabok yg diputer2 7 puteran trus disuruh nunjukin buntut gajah di mana.. D
Page 20 of 24 | ‹ First  < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > 
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)