Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
Total Views: 20692 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 21 of 24 | ‹ First  < 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > 

oriesama - 04/03/2011 02:19 AM
#401

Quote:
Original Posted By Tenji_no_Ichi
di national geographic aja udah pernah diulas koq, masalah letusan gunung2 di Nusantara. malah pernah dibahas scr khusus.

karakter antara Tambora & Krakatoa itu mirip. soalnya ahli geologi & Vulkanologi yg memberikan narasi & catatan saat itu (sbg saksi mata letusan Krakatoa saat itu, mendeskripsikan scr rinci). Dan dia menyebutkan tanda2 sebelum meletus, mirip dng yg terjadi pada Tambora.

Jadi kalo antara Tambora dibandingin dng Merapi, beda banget donk... \)

makanya di sini itu diskusi dng mengedepankan data yg objektif, yaitu yg sinkron antara fakta, rasa & karsa. Bukan hasil dr pembuktian subyektif berdasarkan kemenyan saja.

Clueing fact menggunakan channeling method (kemenyan) itu tidak masalah bila sinkron dng penelusuran scr fakta objektif, karena clue dr hasil channeling itu hanya sbg masukan tersier, bukan sbg primary maupun secondary. Kalo metode tersebut dijadiin bahan sumber utama, sama aja orang mabok yg diputer2 7 puteran trus disuruh nunjukin buntut gajah di mana.. D

Lagi pula, ini gajahnya Sinchan hammer:SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
danang0607 - 04/03/2011 07:11 AM
#402

Quote:
Original Posted By Tenji_no_Ichi
di national geographic aja udah pernah diulas koq, masalah letusan gunung2 di Nusantara. malah pernah dibahas scr khusus.

karakter antara Tambora & Krakatoa itu mirip. soalnya ahli geologi & Vulkanologi yg memberikan narasi & catatan saat itu (sbg saksi mata letusan Krakatoa saat itu, mendeskripsikan scr rinci). Dan dia menyebutkan tanda2 sebelum meletus, mirip dng yg terjadi pada Tambora.

Jadi kalo antara Tambora dibandingin dng Merapi, beda banget donk... \)

makanya di sini itu diskusi dng mengedepankan data yg objektif, yaitu yg sinkron antara fakta, rasa & karsa. Bukan hasil dr pembuktian subyektif berdasarkan kemenyan saja.

Clueing fact menggunakan channeling method (kemenyan) itu tidak masalah bila sinkron dng penelusuran scr fakta objektif, karena clue dr hasil channeling itu hanya sbg masukan tersier, bukan sbg primary maupun secondary. Kalo metode tersebut dijadiin bahan sumber utama, sama aja orang mabok yg diputer2 7 puteran trus disuruh nunjukin buntut gajah di mana.. D


jelas sangat beda mas,akibatnya jg sangat berbeda,merapi mungkin (alhamdulillah) hanya radius 15 km(disekitar aliran sungai) kl tambora ataw krakatoa ya tau sendiri lah mungkin kl udah baca..
ane bingung gan dg yg di blok,mungkin perlu dijelaskan definisinya atau gunakan kata2 yg lebih sederhana,mungkin ane yg lupa definisi data primer data sekunder di kuliah metodologi penelitian..
danang0607 - 04/03/2011 07:17 AM
#403

Quote:
Original Posted By oriesama
Lagi pula, ini gajahnya Sinchan hammer:SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)


gajahnya sinchan kn belalai doang ganhammer:

ok gan ane ngalah,brarti kesimpulan dr bualan kita diatas
1. letusan tambora is kecil,begitu juga krakatoa
2. merapi super dasyat (paling tidak selama kita udah lahir)
3. data-data dr diktat dan semua literatur akademis kalah sama kepintaran kita
4. merujuk kesimpulan no 3 berarti tidak lain tidak bukan kita = TS

horayyy salaman dolo gan shakehand2
oriesama - 04/03/2011 10:10 AM
#404

Quote:
Original Posted By danang0607


gajahnya sinchan kn belalai doang ganhammer:

ok gan ane ngalah,brarti kesimpulan dr bualan kita diatas
1. letusan tambora is kecil,begitu juga krakatoa
2. merapi super dasyat (paling tidak selama kita udah lahir)
3. data-data dr diktat dan semua literatur akademis kalah sama kepintaran kita
4. merujuk kesimpulan no 3 berarti tidak lain tidak bukan kita = TS

horayyy salaman dolo gan shakehand2


Jangan hore dulu D

Kesimpulan yang aneh nohope:

Letusan merapi yang mana? bingung

Berdasar catatan sejarah aja nih, kronik sejarah bima tidak mencatat secara khusus efek dari letusan tambora, sementara pada masa empu sindok, pusat kerajaan mataram kuno sampai dipindahkan ke jawa timur.

Fyi, suasana di Tambora itu berbeda sama di merapi. Penduduk di pulau sumbawa tidak sepadat di pulau jawa. Satu kecamatan disana besarnya hampir sama dengan satu kabupaten di jawa, dan daerah kereng tambora itu memang jarang sekali penduduknya. Jadi:
Sedahsyat apapun letusan tambora, efek kerusakannya tidak dapat dibandingkan dengan merapi.
Tipe letusan merapi dan tambora berbeda, mengkasilkan perbedaan radius terdampak dan radius kerusakan (radius terdapak tidak sama dengan radius kerusakan, radius terdapak bisa jadi jarak persebaran abu vulkanis yang keliling bumi, radius kerusakan ya sekitar gunung saja). Letusan yang berbahaya bagi makhluk hidup bisa jadi karena abu vulkaniknya menutupi sinar matahari, dan apabila hujan bisa mengakibatkan hujan asam.

Itu kesimpulan dari sayaSEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
sopholore - 04/03/2011 11:58 AM
#405

whoa...ini tentang letusan gunung yang di nusantara ya?
ikut menyimak ya agan2 \)
danang0607 - 04/03/2011 04:47 PM
#406

Quote:
Original Posted By oriesama
Jangan hore dulu D

Kesimpulan yang aneh nohope:

Letusan merapi yang mana? bingung

Berdasar catatan sejarah aja nih, kronik sejarah bima tidak mencatat secara khusus efek dari letusan tambora, sementara pada masa empu sindok, pusat kerajaan mataram kuno sampai dipindahkan ke jawa timur.

Fyi, suasana di Tambora itu berbeda sama di merapi. Penduduk di pulau sumbawa tidak sepadat di pulau jawa. Satu kecamatan disana besarnya hampir sama dengan satu kabupaten di jawa, dan daerah kereng tambora itu memang jarang sekali penduduknya. Jadi:
Sedahsyat apapun letusan tambora, efek kerusakannya tidak dapat dibandingkan dengan merapi.
Tipe letusan merapi dan tambora berbeda, mengkasilkan perbedaan radius terdampak dan radius kerusakan (radius terdapak tidak sama dengan radius kerusakan, radius terdapak bisa jadi jarak persebaran abu vulkanis yang keliling bumi, radius kerusakan ya sekitar gunung saja). Letusan yang berbahaya bagi makhluk hidup bisa jadi karena abu vulkaniknya menutupi sinar matahari, dan apabila hujan bisa mengakibatkan hujan asam.

Itu kesimpulan dari sayaSEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)


tanggapan pertama
Quote:
Letusan dahsyat Tambora tercatat dalam BO( Kitab Sejarah Bima) maupun syair dari penyair terkenal Khatib Lukman.Letusan dahsyat itu dilukiskan secara lengkap mengenai kerugian dan penderitaan yang dialami masyarakat di kesultanan Bima maupun di wilayah Tambora dan sekitarnya serta di pulau sumbawa.



tanggapan kedua
Quote:
Alhamdulillah tambora didaerah yg dikit penduduknya sehingga yg meninggal akibat di daerah radius kerusakan sekitar 10.000 saja,coba bayangkan kl gunung itu ada di pusat jawa hammer

Tp ya sudahlah,pokoknya horeee lah shakehand2

maaf lair batin,berhubung koneksi internet saya mulai bsk udah out jd g bs membual lagi..

1-0 buat anda,saya menyerah berdukas

sebagai penutup saya haturkan kenang-kenangan

danang0607 - 04/03/2011 04:49 PM
#407

Quote:
Original Posted By sopholore
whoa...ini tentang letusan gunung yang di nusantara ya?
ikut menyimak ya agan2 \)


silahkan gan,tp jangan di anggap serius,sumpah saya cm membual dan kadang nge post dlm keadaan mabuk ciu beer:

kl agan satunya itu silahkan disimak,krn serius dan disertai data akurat
oriesama - 04/03/2011 05:52 PM
#408

Quote:
Original Posted By danang0607
tanggapan pertama



tanggapan kedua

Tp ya sudahlah,pokoknya horeee lah shakehand2

maaf lair batin,berhubung koneksi internet saya mulai bsk udah out jd g bs membual lagi..

1-0 buat anda,saya menyerah berdukas

sebagai penutup saya haturkan kenang-kenangan



hahaha sipp bosss D
saya yang salut sama andashakehand2

jangan kapok-kapok debat kusir sama saya ya ngakak

ternyata kengawuran saya anda tanggapi dengan serius Peace:
danang0607 - 04/03/2011 08:31 PM
#409

Quote:
Original Posted By oriesama
hahaha sipp bosss D
saya yang salut sama andashakehand2

jangan kapok-kapok debat kusir sama saya ya ngakak

ternyata kengawuran saya anda tanggapi dengan serius Peace:


iyes,makasih jg gan,udah buat jumlah post ane agak mendingan :selamat
ya biarpun yg ane omongin serius tp banyak yg sesat,maklum aliran kafir liberal
oriesama - 04/03/2011 08:35 PM
#410

Quote:
Original Posted By danang0607
iyes,makasih jg gan,udah buat jumlah post ane agak mendingan :selamat
ya biarpun yg ane omongin serius tp banyak yg sesat,maklum aliran kafir liberal


ternyata satu aliranhammer
danang0607 - 04/03/2011 08:40 PM
#411

Quote:
Original Posted By oriesama
ternyata satu aliranhammer


salam sesat maho
oriesama - 04/03/2011 08:41 PM
#412

Quote:
Original Posted By danang0607
salam sesat maho


udah booking tempat di neraka belom?ngakak
danang0607 - 04/03/2011 08:49 PM
#413

Quote:
Original Posted By oriesama
udah booking tempat di neraka belom?ngakak


sesepuh dulu lah

takut
oriesama - 04/03/2011 08:55 PM
#414

Quote:
Original Posted By danang0607
sesepuh dulu lah

takut


santai aja, ntar gw pesenin ngakak
sopholore - 04/03/2011 09:21 PM
#415

wow udah dapat kesimpulan D
selamat ya shakehand
ane kira bahas letusan toba
oriesama - 04/03/2011 09:23 PM
#416

Quote:
Original Posted By sopholore
wow udah dapat kesimpulan D
selamat ya shakehand
ane kira bahas letusan toba


debat kusir kok ada kesimpulannya ngakak
Sopaka - 19/04/2011 05:48 PM
#417

Quote:
Original Posted By xenocross
kalau liat di postingan terakhir saya di trit sebelah soal relief "ufo" ini,
aku kasih relief2 lain soal cakravartin

Intinya penafsir dapat dengan mudah menebak kalau ada relief Roda melayang, gajah, dan kuda dalam 1 relief, kemungkinan besar relief itu menggambarkan 7 permata Raja Dunia.
Sisa permata lain seperti menteri, jendral, permaisuri, dan permata pengabul harapan bisa dicari kemudian dengan lebih teliti, kalau ketemu, penafsir dapat menyimpulkan dengan pasti bahwa ini relief adalah tentang Raja Dunia.

Raja Dunia ini banyak digambarkan di relief Borobudur, karena memang salah satu konsep dasar di mitologi Buddhis.
di Maha Karmavibhannga (kitab mengenai hukum karma/ sebab akibat), digambarkan sebab akibat perbuatan jahat dan perbuatan baik. Imbalan perbuatan baik selain surga, juga adalah menjadi Raja Dunia (cakravartin)

di relief Divyadana/ Avadana (kisah2 heroik), digambarkan kisah Raja Mandhatar yang menjadi Raja Dunia dan mempunyai 7 permata tersebut

di Jataka (kisah kelahiran Buddha di masa lalu) juga mungkin ada, tapi saya belum ketemu. Kemungkinan karena Buddha sebelumnya sering menjadi Raja Dunia, ada juga di Jataka.

Nah, jika penafsir mempunyai pengetahuan akan literatur Buddhis di atas, dan mitologi Buddhis mengenai Raja Dunia, tidaklah sulit mengidentifikasi relief mengenai Raja Dunia ini.
Tapi orang awam yang melihat tanpa pengetahuan akan kebingungan kenapa ada benda bulat melayang-layang di relief?

akhirnya dikira UFO.
inilah yang saya sebut amatiran. Seharusnya lihat dulu penafsiran konvensional menurut para ahli. (bukan pemandu gak jelas)


tambahin ya agan xeno :
ini salah satu gambar karya putri saya (tusita mettadevi) dalam komik mandhatar, yang melambangkan mandhatar seorang raja dunia dg 7 permatanya (Roda Cakra, permata, permaisuri, patih, bendahara, kuda dan gajah)

SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
CAH.ANGON67 - 03/07/2011 10:53 PM
#418

Mampir sejenak, monggo dipun lanjut ...

Salam
agoenk_yorkE - 20/08/2011 07:27 AM
#419

-reserved-
maaf bukan maksud buat ngejunk, ane tertarik buat baca2 ni trit, ninggalin jejak, ga enak liat dari hp, enakan dipc. Mhon ijin utk para sesepuh. SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
takberotak - 25/08/2011 12:17 PM
#420
mbok ya di teruske....
wew brenti to? capedes

lagi wae tak woco. saya dari depan ngikutin beberapa tritnya Turset ini termasuk trit2 yang sebelumnya tapi gak pernah selesai. udah males n mules duluan.

Bahasa yang disampaikan TurSet, mengandalkan "pokoke", mendikte orang, bukan diskusi yang dibutuhkan mereka tapi meyakininya, jadi memang seperti nabi yg seolah-olah dapat wahyu yang harus disampaikan dan di imani oranglain.

Mereka mendekati scyzofrenia, ane hanya mengira2 secara psikologi aja, trus kucari di ensiklopedia encarta tentang penyakit psikologis itu untuk memastikan saja, kenapa begitu banyak orang yang merasa menjadi 'Nabi', dan analisisku 'manic-man'= bipolar disorder.

capedes
Page 21 of 24 | ‹ First  < 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > 
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)