Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
Total Views: 20692 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 23 of 24 | ‹ First  < 18 19 20 21 22 23 24 > 

buhitoz - 28/09/2011 01:16 AM
#441

Quote:
Original Posted By aqua.laguna
kalo novel ane jadiin patokan tapi ane ambil yang valid2 aja, boleh gak gan?


kalo emang ente pikir itu valid dan untuk konsumsi pribadi sih, boleh aja dong.

asal jangan kebawa palid....... (bhs. sunda = hanyut).
zeth - 28/09/2011 01:16 PM
#442

Quote:
Original Posted By aqua.laguna
ente ngremehin banget agaknya gan o
berapa banyak novel yang bisa ditemukan menggunakan data2 sejarah yang valid? gak ada ya?



Ngremehin sih gak,gan..cuman ane bisa misahin antara prasasti dan novel.
Selama ini ane gak pernah nemuin istilah "Adipati" didalam prasasti2 majapahit.

Nah, yang jadi pertanyaan, agan dan konco2 agan yang lain..ngotot ngajak debat kusir, hanya dengan bekal Novel dan kemenyan.

Apa itu bukannya bualan aja dari agan2 semua?

Coba saja tanggapin ttg ini,dulu;

https://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=518920009&postcount=431
xenocross - 28/09/2011 02:06 PM
#443

Adipati di Jawa

Jabatan adipati mulai diketahui dipakai semenjak periode Islam dalam sejarah raja-raja di Jawa. Jabatan ini tampaknya dipakai untuk menggantikan sebutan "bhre" yang lebih dahulu dipakai dalam periode Buddha-Hindu. Adipati berbeda dengan bupati terutama dilihat dari kepentingan wilayah, luas wilayah, dan alasan strategi politik. Adipati dianggap memiliki kekuasaan lebih tinggi daripada bupati. Suatu kadipaten dapat memiliki beberapa kabupaten.

Setelah terpecahnya wangsa Mataram, wilayah Kasunanan Surakarta harus menyerahkan hampir separuh wilayahnya kepada Keadipatian (Kadipaten) Mangkunegaran (1757). Mangkunegaran merupakan keadipatian otonom, dalam arti dapat mengurus wilayah kekuasaannya tanpa harus berkonsultasi dengan Kasunanan. Hal ini merupakan suatu hal yang baru dalam sejarah kekuasaan di Jawa. Sekitar enam puluh tahun kemudian (1813), giliran Kesultanan Yogyakarta harus menyerahkan sebagian kekuasaannya untuk menjadi Keadipatian Pakualaman, yang juga bersifat otonom.

http://id.wikipedia.org/wiki/Adipati
Xiao.Qiao - 28/09/2011 03:14 PM
#444

Quote:
Original Posted By aqua.laguna


ente ngremehin banget agaknya gan o
berapa banyak novel yang bisa ditemukan menggunakan data2 sejarah yang valid? gak ada ya?



aneh, photocopy kan gabungan 2 kata yang menjadi 1 kemudian memiliki arti yang berbeda dari kata sebelumnya?

apa gajah mada menciptakan kata nusantara untuk membentuk makna baru yang berbeda dari nusa dan antara?


Silahkan buka KBBI dulu, selami makna dari kata foto; kopi; dan fotokopi shakehand
Baru kita berdiskusi lagi SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
Xiao.Qiao - 28/09/2011 03:23 PM
#445

Quote:
Original Posted By aqua.laguna


terserah ente lah gan D
mau anggap hoax ya monggo
kalo ane mah ngapain gak percaya D
wong riset professor santos juga memakan waktu 30 tahun o
daripada ngotot gak percaya ternyata nanti terbukti bener, kan malu ane mo ngakuin,

adapun kalo salah, toh biasa dalam dunia riset sejarah D


Contoh sederhana aja
Baru-baru ini rendang dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia
Lantas ada 2 orang asing hendak meneliti rendang
A
A meneliti rendang selama 30 tahun melalui literatur, otomatis menggunakan data sekunder dan tersier, tanpa pernah menginjakkan kaki ke dapur pembuatan rendang

B
B melakukan riset selama 3 tahun dengan mendatangi ahli masak pembuat rendang dan selalu ikut dalam proses pembuatan rendang selama 3 tahun masa risetnya

Sekarang menurut anda, lebih valid yang manakah hasil risetnya? A atau B? SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
K120NY - 28/09/2011 03:28 PM
#446

o
udah boleh ngakak belom mbah

*ngeden nahan ketawa o
K120NY - 28/09/2011 03:59 PM
#447

Quote:
Original Posted By aqua.laguna
komentarin ini ah,

segini doang gan bantahannya? kalo nuswantara? Jika kata nusantara baru ada di sumpah gajah mada, berarti gajah mada pencipta kata nusantara dong?
masak adipati dimulai periode islam? bukannya zaman majapahit sudah ada adipati?



Quote:
Original Posted By aqua.laguna
ane baca di novel karangan langit kresna hariadi gan malu:
ada adipati disana. memang cuman novel sih, tapi ada rujukannya kan?



ane tanya gan, kalo misal kata nusantara ada saat diucapkan gajah mada waktu sumpah palapa, berarti gajahmada adalah pencipta kata nusantara, begitu? soalnya logikanya kata agan kata itu tak pernah ada dimasa silam, tak pernah digunakan, hanya tersurat saat sumpah palapa.. aneh rasanya.

sangramawijaya nama laen raden wijaya ya?, tapi apa hubungannya.

Sebentar, boleh ngakak dulu om o
Aku pikir akan ada rujukan yang masuk akal dan bisa di pertanggung jawabkan, melotot2 jebul hanya karena habis baca novel to cd

Quote:
Original Posted By aqua.laguna
ente ngremehin banget agaknya gan o
berapa banyak novel yang bisa ditemukan menggunakan data2 sejarah yang valid? gak ada ya?



aneh, photocopy kan gabungan 2 kata yang menjadi 1 kemudian memiliki arti yang berbeda dari kata sebelumnya?

apa gajah mada menciptakan kata nusantara untuk membentuk makna baru yang berbeda dari nusa dan antara?

Masalah novel itu pake data valid atau tidak itu bukan soal, cuman kalo emang ente merasa kalo itu valid, bukan novelnya yang ente jadiin rujukan, tapi data rujukan novel itu yang di pake, hadeeehhh capedes

Quote:
Original Posted By aqua.laguna
terserah ente lah gan D
mau anggap hoax ya monggo
kalo ane mah ngapain gak percaya D
wong riset professor santos juga memakan waktu 30 tahun o
daripada ngotot gak percaya ternyata nanti terbukti bener, kan malu ane mo ngakuin,

adapun kalo salah, toh biasa dalam dunia riset sejarah D

dan sekarang udah ketahuan kan atlantis itu dimana, dan bukan di indonesia, makanya baca!!!
K120NY - 29/09/2011 12:42 AM
#448

weleh....mana nih orange?
kulakan menyan lagi po?
zeth - 29/09/2011 10:39 AM
#449

Jadi inget waktu ane masih ABG..baca komik superhero..habis itu fantasi ane serasa jadi super hero tersebut.

Mungkin dia baca novelnya Langit Kresna Hariadi...terus merasa sudah mempelajari sejarah, atau jangan2 malah berfantasi jadi salah satu tokoh dalam cerita tersebut...?

ngakak


ane masih ngakak aja,nih..tentang Adipati.....ngakak
Anomsubroto - 29/09/2011 11:10 AM
#450

Quote:
Original Posted By zeth
Jadi inget waktu ane masih ABG..baca komik superhero..habis itu fantasi ane serasa jadi super hero tersebut.

Mungkin dia baca novelnya Langit Kresna Hariadi...terus merasa sudah mempelajari sejarah, atau jangan2 malah berfantasi jadi salah satu tokoh dalam cerita tersebut...?

ngakak


ane masih ngakak aja,nih..tentang Adipati.....ngakak


Sugeng enjang mbah Zeth..., Salam kenal sak derengipun.. shakehand
Nderek perso mbah Zeth.., apakah ada trit-nya mbah zeth yg membahas tentang perjalanan sejarah bangsa ini, mohon untuk petunjuk link-nya, karena saya mau search pun tidak tau kata2 apa yg hrs saya tulis..., matur sembah nuwun sak derengipun... shakehand2, rahayu..rahayu..rahayu... \)
zeth - 29/09/2011 01:25 PM
#451

Quote:
Original Posted By Anomsubroto
Sugeng enjang mbah Zeth..., Salam kenal sak derengipun.. shakehand
Nderek perso mbah Zeth.., apakah ada trit-nya mbah zeth yg membahas tentang perjalanan sejarah bangsa ini, mohon untuk petunjuk link-nya, karena saya mau search pun tidak tau kata2 apa yg hrs saya tulis..., matur sembah nuwun sak derengipun... shakehand2, rahayu..rahayu..rahayu... \)


Salam kenal juga,mas.
Sebetulnya sih banyak postingan yang membahas tentang sejarah perjalanan bangsa kita,mas.
Hanya harus cari pelan2..karena nyelip disana sini.

coba disini,mas

https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=7954861
xenocross - 29/09/2011 01:33 PM
#452

wah saya baca senopati pamungkas jg banyak tuh rujukannya. Dari situ saya kenal dekat Sanggrama Wijaya, Nambi, dkk. Event sejarahnya jg akurat, bangsa mongol menyerang jawa.

Tapi saya tahu upasara si senopati pamungkas itu kemungkinan BESAR cuma fiksi. Dan keadaan kraton mungkin sekali tidak seperti yg digambarkan.

Gelar dan Jabatan Senopati Pamungkas apakah ada di jaman Majapahit?
Kalau ikutin novel sih ADA

ngakak
zeth - 29/09/2011 01:46 PM
#453

Quote:
Original Posted By xenocross
wah saya baca senopati pamungkas jg banyak tuh rujukannya. Dari situ saya kenal dekat Sanggrama Wijaya, Nambi, dkk. Event sejarahnya jg akurat, bangsa mongol menyerang jawa.

Tapi saya tahu upasara si senopati pamungkas itu kemungkinan BESAR cuma fiksi. Dan keadaan kraton mungkin sekali tidak seperti yg digambarkan.

Gelar dan Jabatan Senopati Pamungkas apakah ada di jaman Majapahit?
Kalau ikutin novel sih ADA

ngakak


ngakak

Bahkan pada catatan resmi di prasasti2, Majapahit pada tahun 1478..belum memakai istilah ADIPATI maupun SENOPATI.
buhitoz - 29/09/2011 02:30 PM
#454

Quote:
Original Posted By xenocross
wah saya baca senopati pamungkas jg banyak tuh rujukannya. Dari situ saya kenal dekat Sanggrama Wijaya, Nambi, dkk. Event sejarahnya jg akurat, bangsa mongol menyerang jawa.

Tapi saya tahu upasara si senopati pamungkas itu kemungkinan BESAR cuma fiksi. Dan keadaan kraton mungkin sekali tidak seperti yg digambarkan.

Gelar dan Jabatan Senopati Pamungkas apakah ada di jaman Majapahit?
Kalau ikutin novel sih ADA

ngakak




idola ane di situ Nyai Demang, mbah...D

..hmmm...bahkan kalo ngikutin novel ini bisa jadi rujukan munculnya Gajah Mada...
Anomsubroto - 30/09/2011 03:30 PM
#455

Quote:
Original Posted By zeth
Salam kenal juga,mas.
Sebetulnya sih banyak postingan yang membahas tentang sejarah perjalanan bangsa kita,mas.
Hanya harus cari pelan2..karena nyelip disana sini.

coba disini,mas

https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=7954861


Matur nuwun, hatur nuhun, terima kasih om Zeth :2thumbup

SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
zeth - 30/09/2011 03:39 PM
#456

Quote:
Original Posted By Anomsubroto
Matur nuwun, hatur nuhun, terima kasih om Zeth :2thumbup

SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)


shakehand

Sami-sami,mas
Izzulferd - 18/10/2011 06:44 PM
#457

Quote:
Original Posted By silaent
Penelitian yang dilakukan oleh pihak asing terutama Belanda terlalu cepat dalam mengambil kesimpulan.
Hal ini berbahaya nya karena apabila kesimpulan tsb diakui dan telah menjadi teori, diperlukan kerja keras dan rumit sekali untuk mengubahnya.
Orang-orang Belanda tak mengerti tentang kearifan lokal kita terutama hal2 yang berkaitan dengan spiritual bangsa ini. Yang ada malah mereka mencari2, dan mengaitkannya sesuai dengan kesimpulan mereka sendiri.

Sialnya bagi kita, bangsa ini mempunyai arkeolog yang tak mau belajar mencari kebenaran itu dari bangsa kita sendiri dan penyakit itu menular secara turun temurun ke arkeolog lain gan.
Dan lebih sial lagi banyak sekali kenyataan2 sejarah kita yang di megalitikkan, dimitoskan, dianggap tahayul....

Banyak alasan Belanda untuk memutarbalikkan sejarah kita gan...
pada saat Majapahit berjaya, tak ada bangsa asing yg berani masuk ke wilayah kita, karena apa????
Bagaimana caranya spya bangsa ini tak kembali ke jaman kejayaannya???
Yang paling nyata adalah ulah Belanda yang dengan sengaja mengubah pakem keraton.
Contoh lain adalah dari penggunaan aksara dalam naskah-naskah yang dimiliki oleh Belanda gan...
Sumpah Amukti Palapa yang katanya sang Maha Patih tak akan memakan buah kelapa...
yang dimaksud eyang Gajah Mada sendiri adalah dia tak akan menyentuh wanita...
yang seperti2 itulah gan....D

untuk hit n run, saya ga bakal segoblok itulah gan...think:
saya ingin mengajak bangsa saya untuk pinter bareng dan tau bareng, spya kita bisa tau dan belajar dari poro luhur untuk mengembalikan kejayaan yang seharusnya milik bangsa ini....

iloveindonesiailoveindonesia


Sejarah emang telah ada campur tangan Belanda gan.. itu trik mereka untuk mengaburkan siapa Leluhur kita sebenarnya... Yb Yb
zeth - 18/10/2011 07:34 PM
#458

Quote:
Original Posted By Izzulferd
Sejarah emang telah ada campur tangan Belanda gan.. itu trik mereka untuk mengaburkan siapa Leluhur kita sebenarnya... Yb Yb


Tahu darimana,gan..?? dapat wisikan dari leluhur?
Xiao.Qiao - 18/10/2011 07:35 PM
#459

Quote:
Original Posted By zeth
Tahu darimana,gan..?? dapat wisikan dari leluhur?


cuma junker mbah
#abaikan
ngacir:
SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
sandy.blues - 19/10/2011 01:44 AM
#460

Quote:
Original Posted By buhitoz
idola ane di situ Nyai Demang, mbah...D

..hmmm...bahkan kalo ngikutin novel ini bisa jadi rujukan munculnya Gajah Mada...


kalo idola ane tetep genduk tri,, rodo wild ketoe mbah malus

waduh maap ngejunk sana sini ini saya mbah Yb
Page 23 of 24 | ‹ First  < 18 19 20 21 22 23 24 > 
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)