Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
Total Views: 20692 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 5 of 24 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 >  Last ›

prabuanom - 12/12/2010 01:39 PM
#81

ternyata om bhatara narada dr KG ikut turangga seta. nah saya sudah minta agar ada perwakilan turangga seta kemari untuk bisa menjawab pertanyaan rekan rekan. karena saya rasa tsnya sendiri tidak memiliki kemampuan dan data untuk menjawab tulisan dan pertanyaan pertanyaan rekan disini. semoga saja beliau mau untuk kemari dan bisa berdiskusi panjang lebar dengan kita semua \)
andrea7 - 12/12/2010 02:46 PM
#82

Quote:
Original Posted By prabuanom
ternyata om bhatara narada dr KG ikut turangga seta. nah saya sudah minta agar ada perwakilan turangga seta kemari untuk bisa menjawab pertanyaan rekan rekan. karena saya rasa tsnya sendiri tidak memiliki kemampuan dan data untuk menjawab tulisan dan pertanyaan pertanyaan rekan disini. semoga saja beliau mau untuk kemari dan bisa berdiskusi panjang lebar dengan kita semua \)


wah.. wah.. apik niku Mas Prabu... thumbup:

saya sendiri tidak yakin TS menguasai materi, soalnya tata bahasanya agak familiar.. wkwkwk army:
broercharlie - 12/12/2010 03:32 PM
#83
petilasan eyang Sisingamangaraja
Quote:
Original Posted By silaent
....Agan sangat jeli melihat id saya. Ya gan saya seorang Batak...Bukan karena ego sya terlalu tinggi untuk mempelajari Jawa gan. Sejarah negeri ini berasal dari tanah jawa, dengan bukti2 yg ada cukup lengkap.Untuk sejarah Batak sendiri sya tetap mempelajarinya, tpi sya tetap tak meninggalkan hal2 yang ada sebelum Batak itu sendiri.Percaya ga gan...klo eyang Sisingamangaraja itu petilasannya ada di salah satu pulau di kepulauan seribu dan jga di Pandeglang, Banten...?
Suku Batak adalah salah satu suku Israel....?? itu bisa2 nya org Batak gan...

na miris do ate2 hu mangida angka dongan na ndang adong parduli na tu tarombo dohot dongeng sejarah opung-opung i.
ingkon hata do mula ni sude tindakan lae... horas!!!
pelan2 gan akan sya berikan data2nya. beberapa masih belum bisa kita keluarkan, karena blum komplit dan blum matang.
berdiskusi secara fair dan jernih, jdi tak ada rasa marah untuk dikritisi....



Nyimak gan...iloveindonesia

Kapan kita ke petilasan eyang Sisingamangaraja dan lanjutnya kalu boleh gabung di [email]nuswantara@yahoogroups.com[/email]

nuswantara-subcribe@yahoogroups.com

nuswantara at yahoogroups dot com
zeth - 12/12/2010 04:22 PM
#84

Dari halaman pertama, sampai terakhir ini...ane jagi bingung,gan

Sebetulnya TS mau membahas apa,sih? topiknya kagak jelas ..bahkan sampai sekarang ada 3 topik yang di postingkan di trit ini.

- SEJARAH PANJANG NUSANTARA
- INDONESIA GUDANGNYA PYRAMID!!!
- petilasan eyang Sisingamangaraja

Inilah jadinya kalau bahas sesuatu tapi tanpa konsep, dan tahu hanya dikit. Sebaiknya bahas budaya TS sendiri aja,deh
Daripada agan mempelajari budaya suku lain, tapi malah gak ada kecocokannya sama sekali dengan sejarah dari suku tersebut.

Maaf...kesannya jadi malah kayak "sok tahu"
Fransdaprof - 12/12/2010 06:43 PM
#85

Makin lama makin gak jelas. Entah kenapa saya merasa seperti ngikut-ngikut da vinci codeSEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
sariputra - 12/12/2010 06:59 PM
#86

hehehehhe
namanya out of the box emang berat ya?
apalagi terlanjur percaya pada hal yang sudah mapan
terjebak dalam comfort zone

seperti saya dulu ketika pertama tau ttg hukum karma, reinkarnasi dll
sejak kecil dirumah, disekolah taunya sebatas didalam kotak arab

saya dukung TS nerusin yang beginian

:2thumbup


saya jadi inget suatu waktu bercakap-cakap sama Guru
ketika itu Guru baru saja diserahkan pusaka dari suatu daerah tertentu.
saya tanya : gunanya apa leluhur jaman dulu sampe segitunya mewarisi pusaka sampe beratus2 taun dijaga secara turun temurun nunggu yg berhak datang

jawab Beliau : emang segitu cerdasnya para leluhur kita, agar sejarah tidak bisa dimanipulasi karena adanya bukti fisik yg mendukung keabsahan sebuah amanat.

jadi dari metode TS dan yayasannya yg belajar dan membuktikan langsung dari bukti fisik sejarah, saya jadi salut dan dukung

semoga bermanfaat
AdipatiBerbah - 12/12/2010 07:01 PM
#87

Quote:
Original Posted By andrea7
sebelumnya udah disebut sama dianya kan? dan udah aku cek ke database alumni jebul bener hammer: nohope: marai kukut..wkwkwk
Ehh.., tapi postinganmu sing kae apik oq.. thumbup:thumbup:
wah.., iki namu nang thread malah ngomongke liyane..

Kalo ke pas ke Jogja or ada konco yg aktif di kampus mbok tulung di cek ke nang kampus GG (kode almamater), kamus Bahasa Sansekerta Imu Budaya yang dipake sebagai referensi sekarang yang mana? aku udah tanya temenku belum dijawab je.. wkwkwkw..
buat bahas yang thread ini..

Nuwun ya Mas.. ;)


nyuwun sewu gan...mencoba membantu...kata temenku yang kul di satra jawa biasanya pake " a pratical sanskrit dictionary" karangan arthur anthony.
udah aku tanyain juga soal geger dan mada...iloveindonesiailoveindonesia

semoga membantu...

ok lanjutttt....(ada lanjutannya kan??masih duduk memantau nh)
zeth - 12/12/2010 08:03 PM
#88

Bukan masalah percaya gak percaya.
Cuman semuanya masih teori,kan? Seperti juga teori bangsa Jawa memakai baju zirah di jaman Majapahit dan malah baju zirahnya di contoh oleh bangsa cina di jaman dulu kala.

Semuanya masih teori..tapi sudah di sebar luaskan..buku meluruskan sejarah majapahit sudah di sebar luaskan, teori ttg pyramide sudah di sebar luaskan.

Ataukah nantinya semua nya berakhir dengan suatu alasan yang absurd seperti kegiatan memberhentikan lumpur Sidoarjo? yang konon sudah berhasil..tetapi justru malah diusir oleh aparat setempat?
Fransdaprof - 12/12/2010 08:43 PM
#89

Kalo berhasil kok diusir? SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)
andrea7 - 12/12/2010 08:49 PM
#90

Quote:
Original Posted By AdipatiBerbah
nyuwun sewu gan...mencoba membantu...kata temenku yang kul di satra jawa biasanya pake " a pratical sanskrit dictionary" karangan arthur anthony.
udah aku tanyain juga soal geger dan mada...iloveindonesiailoveindonesia

semoga membantu...

ok lanjutttt....(ada lanjutannya kan??masih duduk memantau nh)


wooohhh sip! sip Mas Adipati.. wkwkwk.., matur nuwun...

saya malah lagi diskusi juga sama temen di Jogja soal sejarah2 jaman baheula.., baru saya ajak join di sini.., biar tambah rame..

lanjutannya biasanya pas subuh Mas Adipati.. Peace:
AdipatiBerbah - 12/12/2010 10:46 PM
#91

Quote:
Original Posted By andrea7
wooohhh sip! sip Mas Adipati.. wkwkwk.., matur nuwun...

saya malah lagi diskusi juga sama temen di Jogja soal sejarah2 jaman baheula.., baru saya ajak join di sini.., biar tambah rame..

lanjutannya biasanya pas subuh Mas Adipati.. Peace:


sama2 mas....moga2 bisa membantu.
iloveindonesia

wah kl lanjut subuh kayaknya ga bisa mantau neh...ane pantau besok pagi ajah deh....hehehhhe
prabuanom - 13/12/2010 11:29 AM
#92

belum datang ya beliau yg mau babar soal turangga seta. saya kemaren dpt dr facebook bahwa sodara kita bhatara narada dr kafegaul ikut dalam ekspedisi piramidnya turangga seta. tentu saya bertanya mengenai klaim klaim tentang turangga seta. dan saat itu saya ketemu om agung dr turangga seta yg berjanji akan kesini, saya beri linknya. saya tidak tahu mengenai penjabaran disana yg mengatakan bahwa tidak ada relief dipenataran yg menggambarkan sama sekali ramayana dan mahabharata. lagian saya sendiri ga ingin debat di facebook orang. makanya saya invite kemari. belum datang rupanya beliaunya?entah deh mengenai klaim yg ebrhasil menemukan banyak situs terpendam dimana mana melalui pembacaan huruf palawa di candi candi. apa benar atau tidak?saya berharap temen disini juga melengkapi daftar pustaka dan juga penjelasan mengenai arkeologis misal pembacaan palawa dan sejarah jika beliau hadir disini nantinya.
prabuanom - 13/12/2010 11:32 AM
#93

Quote:
Original Posted By sariputra
hehehehhe
namanya out of the box emang berat ya?
apalagi terlanjur percaya pada hal yang sudah mapan
terjebak dalam comfort zone

seperti saya dulu ketika pertama tau ttg hukum karma, reinkarnasi dll
sejak kecil dirumah, disekolah taunya sebatas didalam kotak arab

saya dukung TS nerusin yang beginian

:2thumbup


saya jadi inget suatu waktu bercakap-cakap sama Guru
ketika itu Guru baru saja diserahkan pusaka dari suatu daerah tertentu.
saya tanya : gunanya apa leluhur jaman dulu sampe segitunya mewarisi pusaka sampe beratus2 taun dijaga secara turun temurun nunggu yg berhak datang

jawab Beliau : emang segitu cerdasnya para leluhur kita, agar sejarah tidak bisa dimanipulasi karena adanya bukti fisik yg mendukung keabsahan sebuah amanat.

jadi dari metode TS dan yayasannya yg belajar dan membuktikan langsung dari bukti fisik sejarah, saya jadi salut dan dukung

semoga bermanfaat


tentunya kalo bisa sesuai dan sejalan dengan sisi arkeologis lah om. artinya ya bisa dibuktikan kebenarannya. tidak saling klaim kebenaran tanpa adanya suatu yg jelas. saya sih mengharapkan ketemu titik tengahnya. tidak cuma saling klaim dr kedua belah pihak \)

tp ga tau deh, karena orang yg dr turangga seta jd atau tidak datang kesini?
sariputra - 13/12/2010 02:03 PM
#94

Quote:
Original Posted By prabuanom
tentunya kalo bisa sesuai dan sejalan dengan sisi arkeologis lah om. artinya ya bisa dibuktikan kebenarannya. tidak saling klaim kebenaran tanpa adanya suatu yg jelas. saya sih mengharapkan ketemu titik tengahnya. tidak cuma saling klaim dr kedua belah pihak \)

tp ga tau deh, karena orang yg dr turangga seta jd atau tidak datang kesini?


saya pengen ketemu kangmas bathara narada nih
janjian makan siang, tapi entah kapan
pengen denger cerita langsung dari beliau sekaligus liat dokumentasinya
padahal kalo sate kambing di rawabening enak nih kayak dulu, sampeyan ikutan

hihihihihii
andrea7 - 13/12/2010 02:57 PM
#95

Quote:
Original Posted By prabuanom
tentunya kalo bisa sesuai dan sejalan dengan sisi arkeologis lah om. artinya ya bisa dibuktikan kebenarannya. tidak saling klaim kebenaran tanpa adanya suatu yg jelas. saya sih mengharapkan ketemu titik tengahnya. tidak cuma saling klaim dr kedua belah pihak \)

tp ga tau deh, karena orang yg dr turangga seta jd atau tidak datang kesini?


Mungkin sedang dibaca-baca dulu dari awal, sambil menyiapkan materi klarifikasinya dulu Mas Prabu.., karena sepertinya sudah cukup lebar cakupan bahasan-nya.
Kita tunggu saja.. \)
AdipatiBerbah - 13/12/2010 03:03 PM
#96

Quote:
Original Posted By andrea7
Mungkin sedang dibaca-baca dulu dari awal, sambil menyiapkan materi klarifikasinya dulu Mas Prabu.., karena sepertinya sudah cukup lebar cakupan bahasan-nya.
Kita tunggu saja.. \)


ternyata ga ajdi dilanjut ampe subuh mas...padahal dah ane tunggu2..
hehehhe
andrea7 - 13/12/2010 03:09 PM
#97

Quote:
Original Posted By AdipatiBerbah
ternyata ga ajdi dilanjut ampe subuh mas...padahal dah ane tunggu2..
hehehhe


wkwkwkw.. Diamati dari posting sebelumnya aja Mas Adipati.., subuh dengan jeda antar postingan sekian hari.. Peace:
Tenji_no_Ichi - 13/12/2010 03:49 PM
#98

Hmmm, kalo diklaim bahwa nusantara ini adalah gudangnya Pyramid..

Pertanyaan saya adalah: budaya Pyramid & fungsi pyramid itu untuk apa sih?

Misal yg dgambarkan oleh TS itu mirip Pyramid Mesir. Pyramid2 yg ada di Mesir & Maya, inca, Aztec itu adalah bagian dr ritual penyembahan Matahari kan?

Jadi apakah leluhur kita di Nusantara adalah penyembah Matahari?

Secara tidak langsung TS mengklaim leluhur kita di Nusantara ini sbg penyembah matahari donk..

Padahal konsep Ketuhanan di Nusantara ini berbeda dng konsep ketuhanan mereka yg udah jelas2 bikin pyramid.

Apalagi konsep Ketuhanan di Nusantara ini bukan sbg 2 sisi yg berbeda, seperti para penganut di Mesir, Inca, Maya, Aztec.
roni7704 - 13/12/2010 04:35 PM
#99

Waduh...baca thread ini semakin lama kok semakin kacau bingung

TSnya aja gak pernah nongol. Kok yo do demen bikin sensasi ngawur yoD

Kok do ra bangga dadi wong indonesia. Seng nenek moyange bisa menyatukan hampir seluruh asia tenggara. Nek orang arab iso nggawe opo?
Sampe sekarang pun orang saudi arabia itu gak laku di perusahaan2 multi nasional karena sifatnya yang jelek. Lha kok pada di agung2kan bingung
silaent - 14/12/2010 03:29 AM
#100

Quote:
Original Posted By zeth
Yang menulis di wiki tersebut siapa?..bukankah semua orang bisa menulis di wiki.
Umpama ada yg nulis bahwa Rontal atau Lontar adalah Made In Hongkong pun bisa,kok.
Yang jadi pertanyaan; Apakah sumber dari Wiki itu bisa di percaya semuanya???


Quote:
Original Posted By andrea7

Kesimpulan (sementara) mengenai rontal dan lontar : sesuai dengan yang dijelaskan oleh Mas Zeth tentang rontal (masih berupa bahan) dan lontar (sudah terdapat catatan)


Quote:
Original Posted By ccck
klo pake wiki juga terlihat bahwa uraian mas Zeth sudah tepat D

itu dengan banyak contoh2 lontar dari luar daerah, memang pengertian yang ada bahwa jika belum ditulis maka disebut rontal sedangkan jika telah ditulis maka disebut lontar D

sepertinya yang ini tidak usah dipermasalahkan lagi malus


Yang penting bukan siapa yang nulis gan... kebenaran dan hal2 otentik bisa berasal dari siapa saja. Sumber dari wiki memang tidak selalu benar dan bisa di percaya. Tpi gmna kita bisa tau klo tak di uji dan digali lebih dalam lgi.
Yang ingin saya jelaskan disini adalah istilah atau rontal itu sendiri adalah apa.
Terlepas itu berubah menjadi lontar, yang artinya disini telah terjadi perubahan makna, yang membuat orang2 sekarang berpikir bahwa daun yang digunakan adalah daun dari sebuah pohon yang namanya lontar.Peace:

Quote:
Original Posted By zeth
Siapa bilang data2 yang saya sampaikan itu dari belanda sumbernya? Emangnya tulisan2 saya, bantahan2 saya hanya bersumber pada 1 buku? Semua orang yang mempelajari sejarah akan tahu,bahwa [b]yang namanya bahasa Sanskerta itu ya yang bertuliskan huruf Pallawa,gan
HANACARAKA itu masuknya ke Jawa Kawi.


Saya yg bilang gan...Peace:hammers
Kan sudah saya katakan sebelumnya banyak yang telah diputarbalikkan oleh Belanda. Mau dari sejuta buku yang menjadi sumber agan zeth, tpi klo bermuara semuanya ke hal2 yg tidak otentik yg berasal dari pihak yang ingin melepas Nusantara dari budaya dan pengetahuan adiluhung nya , tetap saja akan menjadi hal yang konyol untuk dipelajari.

Bahasa nya tetap sansekerta, tetapi aksara tulisannya (pallawa nya) telah banyak berubah menurut periode zamannya masing2.

Mohon dikunjungin gan thread saya yang ini :
(hehehe... thread nya blom jdi gan. waktu saya masih blom sempat untuk nyelesaiin thread ini. Saya janji besok thread ini akan kelar)


Quote:
Original Posted By andrea7

pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Anda juga menggunakan literatur, bukan secara "tidak konvensional", di sini ada 2 hal yang meragukan :
a. keaslian dan keabsahan literatur yang dijadikan acuan
b. Pemberian keterangan secara tidak konsisten.
Silahkan memberikan tanggapan atas hal tersebut di atas, apabila dikatakan sama-sama literatur asli, kenapa isinya berbeda?


Saya membicarakan hal2 ini pastinya punya literatur gan, mungkin yang tidak agan pahami adalah arti dari "metode tidak konvensional" yang saya sampaikan.
Semuanya literatur asli gan, hanya bedanya literatur saya berasal dari para leluhur yang boleh dikatakan yang mempunyai jagad arcapada ini.
Sedangkan literatur agan2 berasal dari manusia2 bodoh yang berpikir bisa menenggelamkan keluhuran Nusantara ini.

Quote:
Original Posted By andrea7

Dengan definisi seperti di atas, masih dapatkah data dan bukti "tidak konvensional" Anda dikatakan sebagai data dan bukti empiris?

BAGIAN 5

Satu hal lagi, saya pribadi, sama sekali tidak menganggap ini sebuah lelucon, bahkan tidak lucu sama sekali.
Jadi tolong segala diskusi ini dapat diterima sebagai perbandingan (pengujian) atas hipotesa yang rekan-rekan Turangga Seta ajukan. "Perbandingan ini akan menghasilkan informasi ilmiah baru, yaitu apakah hipotesa diterima atau ditolak." (Singarimbun, M., Effendi, S., 1982, Metode Penelitian Survai,Penerbit LP3ES, Jakarta.)


Quote:
Original Posted By silaent
Bagaimana anda bisa memahami dan mau menyelami apa yg kami dapatkan kemudian itu semua terserah anda.
Tapi dengan cara kami yang sangat "tidak konvensional" tersebut terus menuntun kami untuk mendapatkan data2 dan bukti empiris yang lain.


Tolong dipahami gan sekali lagi soal "metode tidak konvensional" .
Karena dengan metode itu di dapatlah bukti2 empiris (yg artinya empiris disini sesuai KBBI seperti anda sampaikan).

Quote:
Original Posted By zeth
Gan..belanda memakai sistim yang lebih praktis, yaitu "Devide Et Impera". Dengan sistim itu bangsa kita sudah main bunuh2an satu dengan lainnya. Dan kalau keterusan, sejarah bangsa kitapun akan musnah dengan sendirinya. Ngapain susah2 merubah sejarah segala?

Lihat saja contohnya di Aceh. Hanya dengan 1 orang saja, yaitu snouck hurgronje..Aceh pun tertaklukkan.

Pemikiran njlimet seperti itu (merubah sejarah,belanda bikin prasasti,dll) adalah sama sekali tidak praktis..dan hanya pemikiran yang sekarang lagi marak di Indonesia.
Belanda sudah menjajah Nusantara dan merasa sudah memiliki Nusantara..nyatanya Belanda membangun Infra Struktur di Indonesia. Karena apa?..tentu saja karena belanda mikir, mereka akan memiliki nusantara selamanya (belanda tidak memiliki ilmu trawangan,jadi tidak mengira Jepang akan masuk setelah merajai Asia)


Quote:
Original Posted By silaent
Untuk menemukan kebenaran yang sangat presisi sudah tidak ada cara lain bung. Karena memang sastra2 kita dan peninggalan sejarah kita banyak yang telah di bumi hanguskan.
Hal ini bertujuan supaya kita tidak bisa lagi mengetahui bagaimana dulu para eyang luhur kita bisa menaklukkan 2/3 belahan bumi ini.


Yang di bold itu salah satu tujuan Belanda mengubah sejarah kita.
Dan tujuan paling besarnya adalah yang di bold merah.

Eyang-eyang kita bukan golongan manusia biasa gan. Beliau2 tak akan membiarkan bangsa bekas budaknya ingin memutarbalikkan keadaan, dan melepas rahasia adiluhung tersebut diketahui bukan oleh para putra wayah nya.
Belanda tak hanya ingin memiliki Nusantara ini, yang dia perlukan lebih lagi adalah rahasia adiluhung tersebut.
Dan kasihan sekali mereka yahhh... tak memiliki ilmu terawangan seperti leluhur bangsa ini...ngakaksngakaks

Manusia zaman sekarang memang lebih suka yang praktis gan...
Berpikirlah sederhana tapi hindari berpikir praktis.

Quote:
Original Posted By zeth
Nama Bambang itu adalah era Jawa Islam,gan..setelah ada Kesultanan Mataran Islam. Dan gelar Sri Baduga Bambang....... adalah gelar rekayasa anda..karena Sri Baduga adalah gelar raja untuk daerah Sunda. Sedangkan Bambang adalah sebutan asli Jawa.
Sampai sekarangpun tidak ada panamaan Bambang dalam masyarakat Sunda.
Setelah Brawijaya V, yang meneruskan adalah bukan anak lagi. Disini teori anda bahwa Bra = Anak dari..adalah tidak terbukti.



Quote:
Original Posted By silaent
Contoh Bre yg awalnya berarti "keponakan dari" dan dijadikan gelar keprabuan:
Sri Baduga Bambang Bremana dan anak beliau Sri Baduga Bambang Bremani yang merupakan kakek serta ayah dari Suryakencana.

Contoh Bra yg awalnya berarti "anak dari" dan dijadikan gelar keprabuan:
Maha Prabu Brawijaya I - IX


Kenapa dijadikan gelar keprabuan adalah untuk menunjukkan periode keberlangsungan pemerintahan.
Anda berpendapat ini rekayasa saya karena para pembuat literatur yang anda konsumsi tidak dapat melacak periode zaman pada saat nama2 Beliau2 yg saya sebut diatas memerintah.

Quote:
Original Posted By ccck

di Bali banyak 'pahatan' yang masuk kedalam, jadi itu buatan Belanda ya bang???
tapi umurnya ketika dihitung pake metode ilmiah kok jauh sebelum Belanda datang ya??? bingungs


mohon diteliti ulang lagi aza gan, lakukan cek umur dengan radiometri untuk lebih meyakinkan agan...Peace:ngacir:


Quote:
Original Posted By ccck
saya nongolkan dimari ya bang \)

sesuai dengan apa yang abang tulis di depan;

jadi yang diatas ini termasuk jenis aksara yang mana ya bang???

trus yang diatas itu terdapat di daerah mana???


untuk jenis aksaranya cek sendiri aza gan ke link ini : ngacir:ngacir:
(hehehe... thread nya blom jdi gan. waktu saya masih blom sempat untuk nyelesaiin thread ini. Saya janji besok thread ini akan kelar)

Tapi klo mau lebih gampangnya tulisan itu berbunyi : HASTINAPURA NAGARI
Letak bukti empiris itu masih di pulau jawa gan...angel:angel:

Demikian penjelasan sementara dari saya, untuk yang belum saya tanggapin mohon saya diberikan saya waktu lagi besok2 gan....
Peace:Peace:
iloveindonesiailoveindonesia
Page 5 of 24 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > SEJARAH PANJANG NUSANTARA (Sebuah Pembenaran)