Saltwater Fish
Home > LOEKELOE > MY PETS > Saltwater Fish > Belut Laut
Total Views: 2147 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

AsuFajar - 06/12/2010 03:09 PM
#1
Belut Laut
Belut Laut

Belut (Anguilliformes) adalah salah satu ordo ikan Actinopterygii. Orang sering salah mengira kalau belut adalah ular. Walaupun bentuknya seperti ular, belut adalah ikan. Mereka memiliki insang, bukannya paru-paru seperti ular. Ada 600 spesies belut sejati, mulai dari moray, conger hingga belut ular. Warnanya juga aneka macam, mulai dari abu-abu hingga kuning. Tubuhnya tidak memiliki sisik. Sebagai gantinya, kulit mereka ditutupi oleh selaput lendir. Belut mengeluarkan lendir untuk melindungi tubuhnya dari parasit sekaligus melumas otot-ototnya yang kekar. Belut tidak memiliki sirip pectoral maupun pelvic. Walau begitu, mereka memiliki sirip anal dan dorsal yang panjang, yang berujung pada sirip ekor yang pendek. Indera penglihatannya sangat buruk, karenanya belut lebih mengandalkan penciuman. Sebagai predator, belut memiliki 27 buah gigi. Rahang bawah hanya memiliki satu baris gigi, sementara rahang atasnya memiliki dua baris gigi. Caranya menyerang mangsanya adalah dengan bersembunyi di bawah gua atau bagian cekung di terumbu karang. Disini ia mengintip menunggu mangsa. Saat malam, sang mangsa lewat, dan si belut pun langsung menangkap dengan mulutnya. Ia menggigit sang mangsa hingga mati. Setelah itu, sang belut meremas mangsanya dengan ototnya yang kuat. Mangsa menjadi remuk dan gepeng. Itulah fungsi otot belut yang kekar. Untuk meremukkan mangsa. Setelah sang mangsa remuk, barulah mangsa dapat masuk ke dalam saluran pencernaannya. Dan iapun menikmati santapannya.

Berikut adalah 4 belut yang keren;

1. Moray Hijau (Gymnothorax funebris)

Belut Laut
Belut Hijau

Moray hijau tinggal di Laut Karibia pada kedalaman 8 hingga 60 meter. Beratnya sekitar 29 kg dan panjang bisa mencapai 2.5 meter. Moray memburu mangsanya di waktu malam dan melacak mangsa lewat penciuman. Ia bersembunyi di terumbu karang menunggu mangsanya. Walau tidak beracun, ia ditakuti oleh para penyelam karena gigitannya dapat menyebabkan luka yang parah.

2. Conger (Conger conger)

Belut Laut
Conger (credit: Aqua Photography)

Wehehe. Harus di ulang tiga kali namanya. Well, conger adalah sejenis belut laut yang sangat mirip dengan belut air tawar. Bedanya ukurannya yang lebih besar. Ada 100 jenis conger di lautan, dan beratnya rata-rata 65 kg dengan panjang 2.7 meter.

3. Moray Salju (Echidna nebulosa)

Belut Laut
Belut Salju (credit: Wet Web Media)

Belut ini lamban tumbuhnya. Perlu dua tahun baginya untuk mencapai usia dewasa. Beratnya hanya sekitar 24 kg dengan panjang tubuh 80 cm. tubuhnya berwarna coklat gelap bergantian dengan kuning.

4. Belut Pita Biru (Rhinomuraena quaesita)

Belut Laut
Belut Pita Biru (credit: Starfish)

Tinggal di samudera hindia dan pasifik. Belut ini memangsa ikan kecil. Betinanya memiliki sirip dorsal yang berwarna kuning. Tubuhnya memiliki dua warna. Berat belut pita biru sekitar 3.6 kg dan panjangnya 1 meter.
AsuFajar - 06/12/2010 03:10 PM
#2

belut gw dulu lompat nohope:
GoodBoyJojo - 10/12/2010 11:00 AM
#3

Pernah liat belut yg terakhir, awalnya sih niat beli buat ngisi akuarium di rumah, setelah tau harga, niatnya ilang... nohope:
R7HB5 - 18/12/2010 03:25 AM
#4

kalo yang bisa nyala itu apa juga termasuk dalam jenis belut laut ini ya om?
di tipi2(national geographic) dulu sempat liat yang bisa nyala dalam kegelapan
SKenz - 21/12/2010 12:22 PM
#5

Belut listrik ada yang hidup di laut ga tuh ?
chikajirroos - 26/12/2010 04:18 AM
#6

moray eel p
karung.goni - 20/01/2011 11:11 AM
#7

kayanya keren nih gan buat aquarium dirumah ane. bisa gak yah ilovekaskus ilovekaskus ilovekaskus
adiebima - 20/01/2011 12:43 PM
#8

Saltwater Keepers ada yang pernah coba melihara belut2 ini gak ???

itu yang terakhir mirip ini ya...
D D D

Belut Laut
Holdio - 24/01/2011 09:43 AM
#9

susah gak yah pelihara belut laut omilovekaskustakut
robby755 - 24/01/2011 11:21 PM
#10

Belut emang salah satu binatang eksotis gan thumbup:
Tapi kalo belut conger bisa dipelihara juga gak gan..?
Ukurannya segede gambreng gitu hammer:
ogroex - 25/01/2011 01:56 AM
#11

klo ini namanya apa yah om

Belut Laut

di bdg banyak yag jualnih

n gmana merawatnya

susah gak yah
Holdio - 25/01/2011 04:10 AM
#12

Quote:
Original Posted By ogroex
klo ini namanya apa yah om

Belut Laut

di bdg banyak yag jualnih

n gmana merawatnya

susah gak yah



ane gak tau namanya tapi suka liatnya pacik....menarik....Mantap
ilovekaskusilovekaskusilovekaskus
bulebatam - 27/01/2011 03:27 AM
#13

Quote:
Original Posted By ogroex
klo ini namanya apa yah om

Belut Laut

di bdg banyak yag jualnih

n gmana merawatnya

susah gak yah


wah gan, ini black ribbonb eel.. saya ga tau sih cara ngerawatnya..
lileestore - 08/02/2011 05:53 PM
#14

ini info penjual Belut Anguilla reinhardtii

John Breen - click here for the info


semoga infonya bermanfaat.



Quote:
FYI : Belut anguilla reinhardtii ini bisa di kulture di indonesia dan dijual ke HK dengan harga yang lumayan tinggi (kurs USD loh)
mirip mirip dengan kerapu tikus / kerapu bebek.
SlimShady91 - 09/02/2011 11:34 PM
#15

Quote:
Original Posted By ogroex
klo ini namanya apa yah om

Belut Laut

di bdg banyak yag jualnih

n gmana merawatnya

susah gak yah


kmrn ane liad ini d anggrek gan..

penasaran jg sih ini bntg ap.. >_
premus79 - 12/02/2011 11:04 AM
#16

Quote:
Original Posted By GoodBoyJojo
Pernah liat belut yg terakhir, awalnya sih niat beli buat ngisi akuarium di rumah, setelah tau harga, niatnya ilang... nohope:


emang harganya muahal banget ya gan?
ivan.retic - 21/03/2011 09:19 AM
#17

Zylzi - 21/03/2011 10:36 PM
#18

Quote:
Original Posted By ogroex
klo ini namanya apa yah om

Belut Laut

di bdg banyak yag jualnih

n gmana merawatnya

susah gak yah


keren keren ya belutnya... :matabelo
pengen punya deh.. :matabelo
FunkinAround - 22/03/2011 12:12 AM
#19

Quote:
Original Posted By premus79
emang harganya muahal banget ya gan?


Waktu itu pernah beli di sumenep 40rb, masih hidup sampai sekarang, kasih makan ikan cere laut gan, kalau ane sih kasih makannya seminggu 2x, kalau belutnya lagi jalan2 muterin aqua keren gan...selebihnya ngumpet di bawah liverock, cuma kepalanya aja yg keluar...
h0un4n - 18/04/2011 02:55 PM
#20

belut laut ini bisa di makan nga ya? keren belut nya
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > LOEKELOE > MY PETS > Saltwater Fish > Belut Laut