CINTA INDONESIAKU
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Inilah Rumah Tahan Gempa dari Indonesia
Total Views: 542 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

Titobars - 07/12/2010 01:11 PM
#1
Inilah Rumah Tahan Gempa dari Indonesia
DI sejumlah Negara, nama Tomohon sepertinya belum dikenal. Namun, jika menyebut nama Woloan, banyak yang sudah kenal. Woloan adalah daerah di Kota Tomohon bagian Barat. Dari Manado ibukota Sulut, ditempuh dalam waktu 45 menit lewat jalan darat atau berjarak sekitar 30 kilometer–. Ini dikarenakan produk rumah panggung Woloan yang terkenal tahan gempa ini sudah merambah sejumlah Negara di dunia.
Sebut saja Argentina. Sejak tahun 90-an, produk rumah panggung Woloan sudah banyak dikirim ke Negara Amerika Latin tersebut. Negara Latin lainnya yang menjadi lokasi ekspor rumah panggung Woloan adalah Venezuela.
Negara Eropa tak ketinggalan. Belanda, Swedia bahkan Negara penghasil kayu seperti Finlandia dan Denmark juga menjadi lokasi ekspor rumah panggung.
Di Asia, Malaysia, Singapura, Cina dan Jepang serta Korea, sudah tidak terhitung rumah panggung Woloan yang dikirim. Begitu juga dengan Australia.
Sementara untuk dalam negeri, daerah yang dudah pernah dikirimi rumah panggung Woloan adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Yokyakarta, Medan, Bali, Papua, Nusa Tenggara Barat serta daerah lainnya.
Saat ini, di Woloan ada sekitar 10 perusahaan pengekspor rumah panggung ini belum termasuk pribadi yang membuat rumah panggung tanpa mendirikan perusahaan. Sementara pekerja yang terserap mencapai sekitar 500 orang. Semuanya berasal dari Woloan yang saat ini telah terbagi menjadi empat kelurahan.
Lurah Woloan I Andri Tololiu SE ketika ditemui Manadotoday mengatakan, sebenarnya produk rumah panggung Woloan sangat prospek. Hanya saja, saat ini terkendala bahan baku karena saat ini kayu sudah sangat sulit diperoleh.
‘’Tahun tujuh puluhan lalu, kayu masing sangat mudah diperoleh. Tapi, saat ini sudah sulit mengingat persediaan sudah sangat menipis,’’ jelas Tololiu.
Untuk mengatasi krisis bahan baku, saat ini para pengusaha menjalin kerjasama dengan daerah penghasil kayu seperti Kalimantan dan Ternate. Di samping itu, Pemkot Tomohon juga terus berupaya untuk menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk mendapatkan bahan baku.
Harga rumah panggung Woloan bervariasi, tergantung jumlah kamar atau ruangan. Bervariasi mulai dari Rp 75 juta hingga Rp 250 juta.

Nih gan pictnya
Inilah Rumah Tahan Gempa dari Indonesia

iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesiailoveindonesiailovekaskusilovekaskusilovekaskusilovekaskus
lapahmanggutak - 08/12/2010 10:41 AM
#2

harganya mahal jg ya..malus

tpi boleh jg klo ada program pemerintah untuk menanggulangi bencana ni..:angelInilah Rumah Tahan Gempa dari Indonesia
celso.petso - 11/12/2010 11:46 PM
#3

meski tahan gempa tapi rawan kebakaran (cmiiw) malu:
ferdianadek5 - 14/12/2010 10:50 AM
#4

Quote:
Original Posted By Titobars
DI sejumlah Negara, nama Tomohon sepertinya belum dikenal. Namun, jika menyebut nama Woloan, banyak yang sudah kenal. Woloan adalah daerah di Kota Tomohon bagian Barat. Dari Manado ibukota Sulut, ditempuh dalam waktu 45 menit lewat jalan darat atau berjarak sekitar 30 kilometer–. Ini dikarenakan produk rumah panggung Woloan yang terkenal tahan gempa ini sudah merambah sejumlah Negara di dunia.
Sebut saja Argentina. Sejak tahun 90-an, produk rumah panggung Woloan sudah banyak dikirim ke Negara Amerika Latin tersebut. Negara Latin lainnya yang menjadi lokasi ekspor rumah panggung Woloan adalah Venezuela.
Negara Eropa tak ketinggalan. Belanda, Swedia bahkan Negara penghasil kayu seperti Finlandia dan Denmark juga menjadi lokasi ekspor rumah panggung.
Di Asia, Malaysia, Singapura, Cina dan Jepang serta Korea, sudah tidak terhitung rumah panggung Woloan yang dikirim. Begitu juga dengan Australia.
Sementara untuk dalam negeri, daerah yang dudah pernah dikirimi rumah panggung Woloan adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Yokyakarta, Medan, Bali, Papua, Nusa Tenggara Barat serta daerah lainnya.
Saat ini, di Woloan ada sekitar 10 perusahaan pengekspor rumah panggung ini belum termasuk pribadi yang membuat rumah panggung tanpa mendirikan perusahaan. Sementara pekerja yang terserap mencapai sekitar 500 orang. Semuanya berasal dari Woloan yang saat ini telah terbagi menjadi empat kelurahan.
Lurah Woloan I Andri Tololiu SE ketika ditemui Manadotoday mengatakan, sebenarnya produk rumah panggung Woloan sangat prospek. Hanya saja, saat ini terkendala bahan baku karena saat ini kayu sudah sangat sulit diperoleh.
‘’Tahun tujuh puluhan lalu, kayu masing sangat mudah diperoleh. Tapi, saat ini sudah sulit mengingat persediaan sudah sangat menipis,’’ jelas Tololiu.
Untuk mengatasi krisis bahan baku, saat ini para pengusaha menjalin kerjasama dengan daerah penghasil kayu seperti Kalimantan dan Ternate. Di samping itu, Pemkot Tomohon juga terus berupaya untuk menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk mendapatkan bahan baku.
Harga rumah panggung Woloan bervariasi, tergantung jumlah kamar atau ruangan. Bervariasi mulai dari Rp 75 juta hingga Rp 250 juta.

Nih gan pictnya
Inilah Rumah Tahan Gempa dari Indonesia

iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesiailoveindonesiailovekaskusilovekaskusilovekaskusilovekaskus


Semoga aja bisa tahan gempa gan, kalo bisa di indonesia tidak ada gempa lagiInilah Rumah Tahan Gempa dari Indonesia
-SphinX- - 18/12/2010 08:36 AM
#5

tahan gempa ya ..
klo badai hancur jgInilah Rumah Tahan Gempa dari Indonesia
domenech - 02/01/2011 04:46 AM
#6

kayanya cocok untuk indonesia yg sering gempailoveindonesia
amrozi... - 02/01/2011 06:21 PM
#7

Nenek moyang kita sudah menyadari dengan membuat model rumah dari panggung, selain tahan gempa juga anti banjir o

Keknya semua daerah di nusantara menggunakan rumah model panggung dah bingungInilah Rumah Tahan Gempa dari Indonesia
AssasinX - 08/01/2011 01:52 AM
#8

Quote:
Original Posted By amrozi...
Nenek moyang kita sudah menyadari dengan membuat model rumah dari panggung, selain tahan gempa juga anti banjir o

Keknya semua daerah di nusantara menggunakan rumah model panggung dah bingung


hahaha...

ia dong gan...dulunya indonesia kan hutannya luas...mungki klw diliat dari google earth hijau semua..tanpa warna kuning...

jaman dulu uda ada google ga gan...hammerInilah Rumah Tahan Gempa dari Indonesia
lhefi - 12/01/2011 10:19 AM
#9

kalo udah tuhan yg berkehendak mana ada yg bisa menghalang D
sp.one - 14/01/2011 06:50 AM
#10

karya anak bangsa yang membanggakan nih gan o
kNick - 14/01/2011 07:18 PM
#11

Wah kalo g diadakan penanaman kemabali bisa bahaya tu!
tapi salut ma nenek moyang kita!Inilah Rumah Tahan Gempa dari Indonesia
soehil - 18/01/2011 03:09 AM
#12

gambarnya mana om??iloveindonesia
sikukut - 18/01/2011 08:45 PM
#13

Quote:
Original Posted By domenech
kayanya cocok untuk indonesia yg sering gempailoveindonesia


bener gan, cocok banget kalo di indonesia.... iloveindonesia
linkcode - 27/07/2011 06:53 AM
#14

cocok ne rumah buat warga yg tnggal di pegunungan ama pesisir
blegbodol - 11/08/2011 06:53 AM
#15

gan pictnya dah enggak ada....
WILIA - 11/08/2011 10:38 AM
#16

Quote:
Original Posted By celso.petso
meski tahan gempa tapi rawan kebakaran (cmiiw) malu:


ngakak ada2 aja gan..
WAKAW.cmiiw - 11/08/2011 02:18 PM
#17

Harusnya tiap bikin satu rumah disertai penanaman duapuluh pohon kayu :thumbup , biar ada regenerasi hutan gitu loh :2thumbup
antik06 - 09/10/2012 11:30 AM
#18

ada lagi gan selain menggunakan material kayu, yaitu menggunakan Polyfoam dengan gabungan kawat baja.

Bangunan dengan Polyfoam dan Kawat Baja
.S.W.A.G. - 09/10/2012 07:37 PM
#19

     Karya anak bangsa yg patut dibanggakan nih gan thumbup:
Uddineses - 10/10/2012 11:20 PM
#20

beneran bisa tahan gempa tuh rumah ?! kalo tanahnya longsor ketika gempa.. pastinya bakal hancur kan o

pembuatnya membuat inspirasi yg bermanfaat, tapi jika sudah kehendak tuhan.. maka terjadilah angel:
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Inilah Rumah Tahan Gempa dari Indonesia