THE LOUNGE
Home > CASCISCUS > THE LOUNGE > Pemerintah Pastikan UN 2011 Berbeda
Total Views: 386 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

ImperiaLis - 16/12/2010 05:28 PM
#1
Pemerintah Pastikan UN 2011 Berbeda
Quote:
SETIABUDHI,(GM)-
Meski sampai saat ini pemerintah belum menetapkan formula ujian nasional (UN) 2011, namun dipastikan akan berbeda dengan UN tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2011, rencananya perguruan tinggi tidak lagi dilibatkan sebagai tim pengawas independen (TPI).

"Setiap kebijakan tentu akan ada perbedaan karena harus disesuaikan dengan dinamika yang terjadi. Sesuai dengan berbagai masukan, usulan dari semua pihak, baik itu pakar, masyarakat, dan lainnya, kita tampung semua untuk dicari solusi terbaiknya," kata anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Prof. Furqon kepada wartawan di sela-sela wisuda UPI, Jln. Setiabudhi, Rabu (14/12).

Menurut Furqon, perbedaan antara UN 2011 dengan tahun-tahun sebelumnya, antara lain dimasukkannya hasil ujian akhir sekolah (UAS) dalam penilaian untuk kelulusan siswa. Namun, rasio yang akan digunakan masih dalam pembahasan.

Mengenai dilepasnya peran PT dalam TPI, Furqon mengatakan, masih melihat perkembangannya. "Anggarannya bagaimana, seperti apa keputusannya, kita lihat dulu, kan belum ada keputusan final," ujarnya.

Di tempat yang sama, Rektor UPI, Prof. Soenaryo Kartadinata menyambut baik langkah pemerintah yang memasukkan nilai UAS selain UN sebagai komponen penilaian kelulusan siswa. Menurutnya, hasil UAS merupakan hasil evaluasi secara riil yang dilakukan oleh pihak sekolah.

Mengenai komposisi UAS dan UN, Soenarya mengharapkan tidak terlalu jauh. "Meski nilai UN-nya lebih tinggi, tapi jangan terlalu tinggi. Misalnya saja 60:40, 60 untuk UN dan 40 untuk UAS, sudah bagus itu," terangnya.

Dimasukkannya UAS menjadi salah satu komponen kelulusan siswa, lanjutnya, secara tidak langsung akan mendorong sekolah untuk mencapai salah satu tujuan pendidikan, yaitu mengembangkan akuntabilitas diri.

"Orientasinya juga pasti akan berbeda, tidak akan lagi mengejar nilai UN, namun pendidikan karakter," katanya. tambahnya.

Formulasi adil

Sementara itu, Education Forum (EF) tetap meminta Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) untuk menetapkan formula yang adil bagi siswa saat menyelesaikan sekolah. Jika tidak ada perubahan, maka EF secara tegas kembali menolak penyelenggaraan UN 2011.

"Belum ada formula yang ditetapkan pemerintah. Karena itu, kami anggap masalah UN ini belum final," kata Koordinator EF, Suparman kepada wartawan.

Karena belum ada formula, EF tetap mengusulkan penentuan kelulusan siswa di sekolah menggunakan nilai UAS dari semester 3, 4, 5, dan 6 ditambah nilai UN. Dari jumlah itu kemudian dibagi lima dan menghasilkan rata-rata kelulusan 5,5.

"Jika pemerintah tetap keukeuh formulasi UN lebih besar ketimbang UAS, kami melihat masih belum memuat unsur keadilan bagi siswa," ujarnya.

Nilai UAS, katanya, tetap harus mendapat porsi yang lebih banyak ketimbang UN. Sebab, proses belajar lebih lama ketimbang nilai UN saja. "Jika nilai UN yang lebih besar, sama saja dengan memveto nilai UAS lainnya. Padahal, proses untuk UAS itu lebih lama ketimbang UN di akhir masa pembelajaran," tuturnya. (B.107)**


Quote:
Bagi Cendolnya kalo boleh
:toast


Sumber >> http://www.klik-galamedia.com/indexnews.php?wartakode=20101216103845&idkolom=tatarbandung
agungalghifari - 16/12/2010 05:29 PM
#2

iloveindonesia
van.geex - 16/12/2010 05:30 PM
#3

bedanya....tambah susah lulusnyaD
jonimaxx - 16/12/2010 05:31 PM
#4

un masih jadi polemik ya??
...Princess... - 16/12/2010 05:35 PM
#5

Ayo rubah dong UN....!!

masa sih masi ngandelin UN aja ??

coba cari yang baru lagi pak SBY
thekopilot - 16/12/2010 05:37 PM
#6

waduh tambah ngeri nih gan ane mau UN
rhiezack - 16/12/2010 05:40 PM
#7

untung ane dah lulus ga pusing mikir UN lagi D
pendakiturunan - 16/12/2010 05:40 PM
#8

master103 - 16/12/2010 05:41 PM
#9

sial..... ane belom UN lg hammer

mampir gan!!!

Hal-hal yang Dilarang Ketika Tidur
ditrarizky - 16/12/2010 05:48 PM
#10

tahun depan gw ngadepin UN gan. minta doanya ya \)
~Battlefield~ - 16/12/2010 05:50 PM
#11

kasian gan daerah yg tertinggal, standar pendidikannya kan beda \)
Littlelittle - 16/12/2010 05:53 PM
#12

ade ane dah keburu lulus..hmmPemerintah Pastikan UN 2011 Berbeda
ImperiaLis - 28/12/2010 02:16 PM
#13

Quote:
Original Posted By ditrarizky
tahun depan gw ngadepin UN gan. minta doanya ya \)


sama gan.. mudah"an aja lulus ya gan amin
cabaskoro6 - 30/12/2010 08:10 AM
#14

ilovekaskus
C.E.L.L.O - 30/12/2010 08:19 AM
#15

tambah bahaya ni UN'nya.. takut
allsecret - 31/12/2010 12:39 AM
#16

untung aneh udh lulus gan :ngacir
exdeath08 - 01/01/2011 06:37 PM
#17

waaaaaa
abis ney ane UN gan!!!
doaen ane!!!
btw nice share!!ilovekaskus ilovekaskus ilovekaskus
langkah.kecil - 01/01/2011 06:42 PM
#18

ahahahha
kasian dah itu warga sekolahan
sabar ya
FluorescentInva - 01/01/2011 06:49 PM
#19

wah taun ini ane yang UN gan.. :mewek
do'ain ane yah gan ..... :sorry

mudah-mudahan dapet hasil yang memuaskan !!! amiin
deshaha - 01/01/2011 06:59 PM
#20

heran pemerintah harusnya bisa evaluasi apa kekurangan un
kasian ane liat tmn2 yg di luar pulau jawa yg kelulusannya dikit bgt
sadar woy sistem pendidikan kita belum ngerata
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > CASCISCUS > THE LOUNGE > Pemerintah Pastikan UN 2011 Berbeda