Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > share segala sesuatu tentang baja ringan
Total Views: 14125 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 8 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

kartubasket - 23/01/2011 10:35 AM
#21

Quote:
Original Posted By rajawaras
Pake baja ringan CNP Truss.


oooo
CNP tuh merek baja ringan toh???
saya kira baja kovensional
malu maaf nubi
rajawaras - 23/01/2011 10:41 AM
#22

HItung anggaran baja ringan.

Dari sebuah tempat makan mie aceh di jalan otista 3,
yang kebetulan rangka baja ringannya diexpose,
share segala sesuatu tentang baja ringan
saya dapat perhitungan prakiraan harga baja sbb:
Asumsi sudut kemiringan adalah 25 derajat,
jarak antar kuda2x sekitar 140cm karena menggunakan atap metal rigan,
jarak antar reng 370mm,
overstek 80cm
dan CNP Truss berukuran 0,75mm.

Hitung
hitung
hitung ......

Maka untuk kebutuhan material rangka baja 7x 7 m2 adalah:
3,6 juta hingga 4 juta (termasuk bolt, screw, reng dan bracing2x).

SO harga per m2 persegi (tanpa pasang dan atap),
adalah sekitar:
75.000 sampai 85.000 ........

Dengan ongkos pasang yang 20.000/m2 (bisa ditawar),
maka harga rangka baja ringan terpasang adalah:
95.000 hingga 105.000 / m2.

Cat:
CNP Galvanis 0,75mm/btg 6 m = 68.000
Reng Galvanis 0,35 = 31.000

Semoga bermanfaat.
weitss - 23/01/2011 12:51 PM
#23

nais inpo gan D
juragan523 - 23/01/2011 12:54 PM
#24

wah tambah ilmu nih
nice inpo gan :thumbup
bantu sundul aja deh sup2:
baduga - 23/01/2011 05:57 PM
#25

Quote:
Original Posted By kartubasket
apa beda galvalum dan galvanis??

sepertinya a.k.a. kayaknya ya gan.. galvalum itu bahan lapisan nya terdiri dari zink dan alumunium, sedangkan galvanis itu bahan lapisan zink aja
galvalum (katanya) lebih tahan karat tapi rawan terhadap cairan basa (spt air semen) yg dapat mengelupaskan lapisan galvalum tsb
galvanis (katanya) tahan terhadap basa, namun kemampuan anti karatnya dibawah galvalum

Quote:
Original Posted By kartubasket
emang ada uji material ya???
setiap baja ringan ada tuh??? ato merek merek tertentu doank?
trus yg menguji sapa??

untuk proyek tertentu kadang owner/kontraktor utama minta hasil uji sbg syarat fabrikator memasukan penawaran.. jadi mau tak mau hrs diuji
tempatnya biasa tergantung yg minta, bisa di lab kampus (jika memadai) atau institusi pemerintah macam lab. struktur puslitbang permukiman kementerian PU yg konon katanya lab. struktur terbesar se asia tenggara (masih nggak yah??)

Quote:
Original Posted By kartubasket
autocad bisa ya buat desain baja ringan dan hitung kekuatannya??

yg saya tau supraCADD gan, mulai hitung struktur sampai keluar gambar kerja detail, jenis dan panjang batang dan jumlah kebutuhan bahannya, malah kalo diinput harga per batang langsung bisa keluar harganya
software lain ane kaga tau (yg dibuat khusus bwt struktur baja ringan)

Quote:
Original Posted By kartubasket
iloveindonesiailoveindonesia

iloveindonesia too
kartubasket - 24/01/2011 09:01 AM
#26

Quote:
Original Posted By rajawaras
HItung anggaran baja ringan.

Dari sebuah tempat makan mie aceh di jalan otista 3,
yang kebetulan rangka baja ringannya diexpose,
share segala sesuatu tentang baja ringan
saya dapat perhitungan prakiraan harga baja sbb:
Asumsi sudut kemiringan adalah 25 derajat,
jarak antar kuda2x sekitar 140cm karena menggunakan atap metal rigan,
jarak antar reng 370mm,
overstek 80cm
dan CNP Truss berukuran 0,75mm.

Hitung
hitung
hitung ......

Maka untuk kebutuhan material rangka baja 7x 7 m2 adalah:
3,6 juta hingga 4 juta (termasuk bolt, screw, reng dan bracing2x).

SO harga per m2 persegi (tanpa pasang dan atap),
adalah sekitar:
75.000 sampai 85.000 ........

Dengan ongkos pasang yang 20.000/m2 (bisa ditawar),
maka harga rangka baja ringan terpasang adalah:
95.000 hingga 105.000 / m2.

Cat:
CNP Galvanis 0,75mm/btg 6 m = 68.000
Reng Galvanis 0,35 = 31.000

Semoga bermanfaat.


ooooo
gt ya hitungnya
tq gan inpo nya??
klo pakek galvalum berarti lebih mahal ya pak??
iloveindonesiailoveindonesia
kartubasket - 24/01/2011 09:06 AM
#27

Quote:
Original Posted By baduga
sepertinya a.k.a. kayaknya ya gan.. galvalum itu bahan lapisan nya terdiri dari zink dan alumunium, sedangkan galvanis itu bahan lapisan zink aja
galvalum (katanya) lebih tahan karat tapi rawan terhadap cairan basa (spt air semen) yg dapat mengelupaskan lapisan galvalum tsb
galvanis (katanya) tahan terhadap basa, namun kemampuan anti karatnya dibawah galvalum


untuk proyek tertentu kadang owner/kontraktor utama minta hasil uji sbg syarat fabrikator memasukan penawaran.. jadi mau tak mau hrs diuji
tempatnya biasa tergantung yg minta, bisa di lab kampus (jika memadai) atau institusi pemerintah macam lab. struktur puslitbang permukiman kementerian PU yg konon katanya lab. struktur terbesar se asia tenggara (masih nggak yah??)


yg saya tau supraCADD gan, mulai hitung struktur sampai keluar gambar kerja detail, jenis dan panjang batang dan jumlah kebutuhan bahannya, malah kalo diinput harga per batang langsung bisa keluar harganya
software lain ane kaga tau (yg dibuat khusus bwt struktur baja ringan)


iloveindonesia too


wahhhh
tq bgt inpo nya pak

oya yg masalah uji, apa ya klo kita proyek rumah tinggal kecil bisa dikasi juga?? trus minta nya kemana? soalnya kan kadang klo ke toko besi ada tuh yg jual batangan tapi dia gak bisa pasang.

wow hebat juga yg program nya bisa sampai keluarin harga segala. itu program dijual bebas???

tq inpo nya brader
cendol nya baru dibikin pak besok tak kirim
iloveindonesiailoveindonesia
kartubasket - 25/01/2011 08:29 AM
#28

misi,
kemarin abis tanya tanya beberapa merk baja ringan malah sekarang tambah pusing nih.
ternyta merk nya banyak sekali dan material nya pun berbeda-beda, serta harga yang sangat variatif.
numpang nanya ya suhu suhu,
emang baja ringan tuh ada brapa bentuk sihh??? ( profil dan ukurannya beda2 ya?? )
iloveindonesiailoveindonesia
d33rhunter - 25/01/2011 11:53 AM
#29

Quote:
Original Posted By kartubasket
wow hebat juga yg program nya bisa sampai keluarin harga segala. itu program dijual bebas???

supracadd gan?? program khusus bwt sm*rtr*ss.. tidak diperjual belikan kyknya
biasanya update tiap bulan, lisence number berubah tiap 3 bulan
dulu sih.. sekarang ngga tau deh

Quote:
Original Posted By kartubasket
emang baja ringan tuh ada brapa bentuk sihh??? ( profil dan ukurannya beda2 ya?? )

ane bukan suhu, ijin nyumbang aja dikiit yg ane tau yah: ada canal C, Z purlin, U batten/hat, dgn dimensi macem2, ketebalan yg macem2, coating macem2, merk macem2
xixixi..
rajawaras - 25/01/2011 01:26 PM
#30

Quote:
Original Posted By kartubasket
misi,
kemarin abis tanya tanya beberapa merk baja ringan malah sekarang tambah pusing nih.
ternyta merk nya banyak sekali dan material nya pun berbeda-beda, serta harga yang sangat variatif.
numpang nanya ya suhu suhu,
emang baja ringan tuh ada brapa bentuk sihh??? ( profil dan ukurannya beda2 ya?? )
iloveindonesiailoveindonesia


Awalnya gw juga bingung begitu.

Akhirnya solve setelah dateng ke toko Prima Baja di BKT dekat rumah.

Intinya,
material yang paling banyak dipake aplikator,
itu aja yang kita gunakan,
dan toko tsb cukup baik untuk memberikan info2x yang penting kepada kita.

Semoga bermanfaat.
kartubasket - 26/01/2011 11:39 AM
#31

Quote:
Original Posted By d33rhunter
supracadd gan?? program khusus bwt sm*rtr*ss.. tidak diperjual belikan kyknya
biasanya update tiap bulan, lisence number berubah tiap 3 bulan
dulu sih.. sekarang ngga tau deh


ane bukan suhu, ijin nyumbang aja dikiit yg ane tau yah: ada canal C, Z purlin, U batten/hat, dgn dimensi macem2, ketebalan yg macem2, coating macem2, merk macem2
xixixi..


walah banyak banget ya
jadi tambah bingung nih bingung trus yg di saranin untuk keamanan yang mana donk ( adakah standart nya ??? )
secara g pengin pasang baja ringan ( lebih praktis dan mudah perawatan dan pemasangannya >= penilaian pribadi sebagai nubi )
tapi pikir keamanan juga ( karena udah sering baja ringan tuh pada ambruk )
takut juga ada anak istri di dalam rumah takut
kartubasket - 26/01/2011 11:41 AM
#32

Quote:
Original Posted By rajawaras
Awalnya gw juga bingung begitu.

Akhirnya solve setelah dateng ke toko Prima Baja di BKT dekat rumah.

Intinya,
material yang paling banyak dipake aplikator,
itu aja yang kita gunakan,
dan toko tsb cukup baik untuk memberikan info2x yang penting kepada kita.

Semoga bermanfaat.


wahhhh
yang jadi masalah ane di desa pak
semarang masih masuk lagi
susah cari inpo nya
satu satu nya saya dapat inpo cuma dari inet ( salah satu nya dari forum ini )
bingung:bingung
rajawaras - 26/01/2011 11:49 AM
#33

Quote:
Original Posted By kartubasket
wahhhh
yang jadi masalah ane di desa pak
semarang masih masuk lagi
susah cari inpo nya
satu satu nya saya dapat inpo cuma dari inet ( salah satu nya dari forum ini )
bingung:bingung


Ooohh begitu ta .....

Kalo mo pake genteng metal yang ringan,
pemilihan material dan struktur baja ringan,
relatif tidak terlalu kritis.

Lihat ulasan saya di sini:
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=6784149

Tapi kalo pake genteng Keramik atau beton,
memang2x perlu extra hati2x dalam ukuran, material dan strukturnya.
kartubasket - 27/01/2011 09:53 AM
#34

Quote:
Original Posted By rajawaras
Ooohh begitu ta .....

Kalo mo pake genteng metal yang ringan,
pemilihan material dan struktur baja ringan,
relatif tidak terlalu kritis.

Lihat ulasan saya di sini:
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=6784149

Tapi kalo pake genteng Keramik atau beton,
memang2x perlu extra hati2x dalam ukuran, material dan strukturnya.


oooo gt
tq inpo nya brader
oya klo boleh tau saya denger denger dari beberapa sales yang tawarin tuh merka bilang "asesorisnya" dipasang semua gak??
katanya itu juga menjadi penyebab perbedaan harga
emang ada asesoris ana aja ya??
trus guna nya apa??
berpengaruh pada kekuatan gak ya klo gak di pasang??
iloveindonesiailoveindonesia
rajawaras - 27/01/2011 01:21 PM
#35

Quote:
Original Posted By kartubasket
oooo gt
tq inpo nya brader
oya klo boleh tau saya denger denger dari beberapa sales yang tawarin tuh merka bilang "asesorisnya" dipasang semua gak??
katanya itu juga menjadi penyebab perbedaan harga
emang ada asesoris ana aja ya??
trus guna nya apa??
berpengaruh pada kekuatan gak ya klo gak di pasang??
iloveindonesiailoveindonesia


acesories?

Mungkin beberapa (jenis) sambungan dan kuda2x yang fungsinya memang untuk memperkuat join dan dudukan.
acesories pada beberapa merek terkenal,
memang dibuat khusus.

Sementara untuk merek "Biasa" dan aplikator "Rumahan" (macam saya),
cenderung membuat sambungan dan dudukan dari bahan CNP Truss itu sendiri yang dipotong dan dibentuk sedemikian rupa (bisa berupa siku dan L untuk sambungan / tempelan ke dinding atau sambungan lurus untuk mengkaitkan besi yang panjangnya butuh lebih dari 6 meter).

Dalam kasus saya,
saya membuat sendiri besi asesoris dari besi siku yang disambung dan dilas / modif (foto menyusul),

Mengenai kekuatan ?
Jelas acesoris paten lebih kuat karena dirancang untuk masing2x keperluan.

Tapi sekali lagi,
kalo genteng anda metal ringan yang cuma 4 kg/m2,
dan total luas bangunan rumah anda masih dibawah 100m2,
acesories tadi jadi rada mubazir rasanya.

FYI.
Kebetulan saya sedang berencana menambah bangunan (tingkat) yang menggunakan baja ringan,
dan merenov genteng beton dan rangka kayu dengan baja ringan.

Sejak dari awal rencana pembangunan,
sudah saya siapkan jarak antar tiang dan bentangn kolom serta ring balok atas sedapat mungkin tidak lebih dari 3 m.

Dengan begitu saya telah menyediakan "Pondasi" yang kuat dan cukup (banyak) bagi "Dudukan" rangka baja ringan di atasnya.

Dari beberapa contoh yang telah saya lihat,
pemilik rumah cenderung tdk menyiapkan struktur atasnya untuk dudukan baja ringan,
dan/atau sebagian aplikator baja ringan juga cenderung untuk tidak memanfaatkan dudukan yang telah ada.

Dan karena mereka menyiapkan / menghitung kekuatan baja ringan (harus) berdasarkan bentangan maximal dari ujung ke ujung rumah,
akhirnya pemakaian bahan cenderung banyak, memilih bahan yang bagus (lebih tebal ukurannya) dan ujung2x-nya mahal ......

Jadi kalo memang masih sempat,
cobalah untuk merancang rumah secara komprehensif.

Semoga bermanfaat.
32124pd - 27/01/2011 03:45 PM
#36
nitip lapak ya gan..
Quote:
ane bantu sundul deh gan..sup2:
nice thread nih..
btw nitip lapak gan..

boleh di cek.. monggo..
rangka atap baja ringan kualitas no.1 di dunia,macam-macam genteng,plafond,listplank,foil,dll

:thumbup :2thumbup :thumbup :2thumbup

ane sih cuma mau kasih info ringan nih gan.. ada 2 lapisan galvanized dan zincalume tapi disini masalahnya orang cuma tau kalo zincalume lebih bagus dari galvanized..SALAH!

nih:
Galvanized: - kuat terhadap karpusan (air adukan semen/mortar) di bagian noknya.
- korosif terhadap air garam.
Zincalume: - korosif terhadap karpusan (air adukan semen/mortar) di bagian noknya.
- kuat terhadap air garam.
Jadi intinya 2-2nya memiliki kekurangan dan kelebihan. Semua tingkat korosif kurun waktunya berbeda-beda bergantung daerah. Kalo mau yang paling kuat. cari baja ringan yang punya kadar kandungan pelapis anti karatnya melebihi standar internasional 180gr/m2 untuk galvanized (Z) dan 150gr/m2 untuk zincalume (AZ).

Masalahnya yang kita temui dilapangan mereka tidak berani memberi tahu jumlah kandungan anti karatnya mereka hanya sebutkan tipe baja nya (G550) apalagi mau ngasih tau sertifikasinya..ehehehehe.."i don't think so they can do it"..

ilovekaskus

SUKSES GAN!!!
baduga - 27/01/2011 06:02 PM
#37

Quote:
Original Posted By 32124pd
Jadi intinya 2-2nya memiliki kekurangan dan kelebihan. Semua tingkat korosif kurun waktunya berbeda-beda bergantung daerah. Kalo mau yang paling kuat. cari baja ringan yang punya kadar kandungan pelapis anti karatnya melebihi standar internasional 180gr/m2 untuk galvanized (Z) dan 150gr/m2 untuk zincalume (AZ).

Masalahnya yang kita temui dilapangan mereka tidak berani memberi tahu jumlah kandungan anti karatnya mereka hanya sebutkan tipe baja nya (G550) apalagi mau ngasih tau sertifikasinya..ehehehehe.."i don't think so they can do it"..


mantabb penjelasannya gan..
kandungan yg ane temui utk zincalume biasanya 100gr/m2, ane pernah tanya ke salah satu produsen, ktnya kalo mau yg 150 pesen dulu gan (pesen brarti ada volume minimum pembelian) dan yg pasti harganya lbh tinggi \(

sy pernah ngintip hasil uji struktur produk si agan termasuk bagus
kartubasket - 28/01/2011 09:46 AM
#38

Quote:
Original Posted By rajawaras
acesories?

Mungkin beberapa (jenis) sambungan dan kuda2x yang fungsinya memang untuk memperkuat join dan dudukan.
acesories pada beberapa merek terkenal,
memang dibuat khusus.

Sementara untuk merek "Biasa" dan aplikator "Rumahan" (macam saya),
cenderung membuat sambungan dan dudukan dari bahan CNP Truss itu sendiri yang dipotong dan dibentuk sedemikian rupa (bisa berupa siku dan L untuk sambungan / tempelan ke dinding atau sambungan lurus untuk mengkaitkan besi yang panjangnya butuh lebih dari 6 meter).

Dalam kasus saya,
saya membuat sendiri besi asesoris dari besi siku yang disambung dan dilas / modif (foto menyusul),

Mengenai kekuatan ?
Jelas acesoris paten lebih kuat karena dirancang untuk masing2x keperluan.

Tapi sekali lagi,
kalo genteng anda metal ringan yang cuma 4 kg/m2,
dan total luas bangunan rumah anda masih dibawah 100m2,
acesories tadi jadi rada mubazir rasanya.

FYI.
Kebetulan saya sedang berencana menambah bangunan (tingkat) yang menggunakan baja ringan,
dan merenov genteng beton dan rangka kayu dengan baja ringan.

Sejak dari awal rencana pembangunan,
sudah saya siapkan jarak antar tiang dan bentangn kolom serta ring balok atas sedapat mungkin tidak lebih dari 3 m.

Dengan begitu saya telah menyediakan "Pondasi" yang kuat dan cukup (banyak) bagi "Dudukan" rangka baja ringan di atasnya.

Dari beberapa contoh yang telah saya lihat,
pemilik rumah cenderung tdk menyiapkan struktur atasnya untuk dudukan baja ringan,
dan/atau sebagian aplikator baja ringan juga cenderung untuk tidak memanfaatkan dudukan yang telah ada.

Dan karena mereka menyiapkan / menghitung kekuatan baja ringan (harus) berdasarkan bentangan maximal dari ujung ke ujung rumah,
akhirnya pemakaian bahan cenderung banyak, memilih bahan yang bagus (lebih tebal ukurannya) dan ujung2x-nya mahal ......

Jadi kalo memang masih sempat,
cobalah untuk merancang rumah secara komprehensif.

Semoga bermanfaat.


ooooo
gt ya berarti desain struktur bangunan awal juga menentukan harga baja ringannya ya?
tq nice inpo banget nih
berarti kesimpulannya klo dari awal di desian pakek kayu trus pakek baja ringan berarti harga baja ringannya bisa lebih mahal dari pada dari awal kita udah desain rumah itu pakek baja ringan ya??
iloveindonesia
rajawaras - 28/01/2011 10:56 AM
#39

Quote:
Original Posted By kartubasket
ooooo
gt ya berarti desain struktur bangunan awal juga menentukan harga baja ringannya ya?
tq nice inpo banget nih
berarti kesimpulannya klo dari awal di desian pakek kayu trus pakek baja ringan berarti harga baja ringannya bisa lebih mahal dari pada dari awal kita udah desain rumah itu pakek baja ringan ya??
iloveindonesia


Contoh sederhananya seperti rencana renov rumah saya berikut:
share segala sesuatu tentang baja ringan

Dulu saat membangun, rancangan dibuat oleh kakak saya karena waktu itu saya masih anak bawang.
Lihatlah bentangan maximum di ruangan keluarga yang mencapai 6 x 8 m.

Tukang lalu membuat rangka kayu yang amat banyak dan besar2x di atas ruangan tsb,

Tapi dengan berjalannya waktu dan beban genteng keramik yang maha berat (total saya hitung beban genteng dan struktur kayunya mencapai 10 ton, dan lebih dari 60%nya berada di atas ruang keluarga tsb),
kayu yang mulai dimakan rayap kini membuat plafon atas melengkung dan dikawatirkan rubuh bila terjadi guncangan gempa.

Sekarang saat akan membangun sebagian ruangan samping ke atas,
sekalian saya renov genteng beserta strukturnya sekalian.

Dari gambar terlihat,
luas ruangan dikorbankan sedikit (mungkin nanti buat tangga),
dan kolom serta ring balok melintang (tambahan yang sekalian saya buat saat meningkat rumah),
saya sediakan untuk dudukan / pondasi baja ringan kelak.

Semoga bermanfaat.
kartubasket - 01/02/2011 03:15 PM
#40

Quote:
Original Posted By rajawaras
Contoh sederhananya seperti rencana renov rumah saya berikut:
share segala sesuatu tentang baja ringan

Dulu saat membangun, rancangan dibuat oleh kakak saya karena waktu itu saya masih anak bawang.
Lihatlah bentangan maximum di ruangan keluarga yang mencapai 6 x 8 m.

Tukang lalu membuat rangka kayu yang amat banyak dan besar2x di atas ruangan tsb,

Tapi dengan berjalannya waktu dan beban genteng keramik yang maha berat (total saya hitung beban genteng dan struktur kayunya mencapai 10 ton, dan lebih dari 60%nya berada di atas ruang keluarga tsb),
kayu yang mulai dimakan rayap kini membuat plafon atas melengkung dan dikawatirkan rubuh bila terjadi guncangan gempa.

Sekarang saat akan membangun sebagian ruangan samping ke atas,
sekalian saya renov genteng beserta strukturnya sekalian.

Dari gambar terlihat,
luas ruangan dikorbankan sedikit (mungkin nanti buat tangga),
dan kolom serta ring balok melintang (tambahan yang sekalian saya buat saat meningkat rumah),
saya sediakan untuk dudukan / pondasi baja ringan kelak.

Semoga bermanfaat.


owowowow
nice inpo nih
oya kalo gak di kasi kolom apa gak bisa?
kan jadi tanggung tuh di tengah ruangan ada kolom
bentang baja ringannya brapa sih standart nya?
iloveindonesiailoveindonesia
Page 2 of 8 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > share segala sesuatu tentang baja ringan