Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > share segala sesuatu tentang baja ringan
Total Views: 14125 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 8 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 > 

rajawaras - 10/02/2011 08:37 AM
#61

Quote:
Original Posted By kartubasket
kemarin sih sempe masuk penawaran dan contok material dari Pr*da
produk dia ada 2 macem tuh ada yang c dan ada yang z
hahahaha
makanya tambah bingung nih
mana yang paling bagus ya????
iloveindonesiailoveindonesia


coba kasih contoh gambarna,
biar bisa dianalisa.

tapi secara umum,
orang banyak pakai C, bukan Z.

Bisa jadi karena C lebih bagus,
atau mungkin C tidak sebaik Z,
cuma lebih murah dan mudah didapat.
joe4all - 10/02/2011 09:28 PM
#62

langsung aja gan...punten: galvanize 110 rb/m2, A plus zinc alllum 115 rb, Zinc allum SNI 140 rb, Zinc allum Bluescope 165rb... jabodetabek bebas ongkos kirim, hub: 0817100941shakehand2
joe4all - 10/02/2011 11:26 PM
#63

INFO rangka baja: mohon maaf bang momod.. buat kaskuser juga yg ada niat bangun kontruksinya... ada 1 poin yg menurut saya dan kakak saya adalah penting dalam kontruksi rangka ini adalah..yakni jarak antar kuda-kuda 1 dengan yg lain STANDAR AMAN-nya dari pabrik adalah 1,2 m,kalo ada yg menawari jarak lebih dari 1,2m ya teserah agan-agan smua...... intuk info lebih lanjut hub 0817100941,sistem pembayaran 50% SETELAH barang datang dan 50% setelah selesaiiloveindonesiaboleh bagi cendolnya gan....?
kartubasket - 11/02/2011 08:34 AM
#64

Quote:
Original Posted By joe4all
INFO rangka baja: mohon maaf bang momod.. buat kaskuser juga yg ada niat bangun kontruksinya... ada 1 poin yg menurut saya dan kakak saya adalah penting dalam kontruksi rangka ini adalah..yakni jarak antar kuda-kuda 1 dengan yg lain STANDAR AMAN-nya dari pabrik adalah 1,2 m,kalo ada yg menawari jarak lebih dari 1,2m ya teserah agan-agan smua...... intuk info lebih lanjut hub 0817100941,sistem pembayaran 50% SETELAH barang datang dan 50% setelah selesaiiloveindonesiaboleh bagi cendolnya gan....?


Quote:
Original Posted By joe4all
"STANDAR AMAN-nya dari pabrik adalah 1,2 "


angka itu mutlak ato masi ada specifikasi dari bahan? ( maksud nya untuk bahan tertentu doank )
apakah beda konstruksi bangunan juga beda jarak nya?
iloveindonesiailoveindonesia
rajawaras - 11/02/2011 10:23 AM
#65

Quote:
Original Posted By kartubasket
angka itu mutlak ato masi ada specifikasi dari bahan? ( maksud nya untuk bahan tertentu doank )
apakah beda konstruksi bangunan juga beda jarak nya?
iloveindonesiailoveindonesia



Sebetulna secara struktur dan pedoman BPPT,
jarak kuda2x bisa mencapai 1,5 m untuk genteng metal.

Persoalannya bukan beban statis genteng metal,
tapi beban dinamis orang saat masang genteng metal tsb.

Jarak 1,2 m kalo yg nginjek reng gak hati2x (semua total beban badannya, berada pas dan cuma di tengah reng),
dijamin reng patah .....

Maka jarak 1,2 m dianggap cukup aman bagi pekerja untuk (mudah) mendapatkan tumpuan kaki pada kuda2x yg kuat di kiri kanan (bentangan).
joe4all - 14/02/2011 03:02 AM
#66

Quote:
Original Posted By rajawaras
Sebetulna secara struktur dan pedoman BPPT,
jarak kuda2x bisa mencapai 1,5 m untuk genteng metal.

Persoalannya bukan beban statis genteng metal,
tapi beban dinamis orang saat masang genteng metal tsb.

Jarak 1,2 m kalo yg nginjek reng gak hati2x (semua total beban badannya, berada pas dan cuma di tengah reng),
dijamin reng patah .....

Maka jarak 1,2 m dianggap cukup aman bagi pekerja untuk (mudah) mendapatkan tumpuan kaki pada kuda2x yg kuat di kiri kanan (bentangan).


kita juga dah uji bahan di BPPT gan..habisnya orang pabrik minta kita kasih ke konsumen 1.2 m jarak antar kuda supaya aman...katanya....agar bila ada gaya yg terjadi..itu menjadi gaya tarikan antar structure,..bukan beban dinamis..tp untungnya gan..proyek2 di jakarta dari dulu gak pernah pake iklan..dari mulut kemulut aja mereka puas gan.... ni baru newbee di kaskus aktif blm ada smggu gan...mohon pencerahannya dari agan senior ya...
kartubasket - 25/02/2011 02:11 PM
#67

Quote:
Original Posted By joe4all
kita juga dah uji bahan di BPPT gan..habisnya orang pabrik minta kita kasih ke konsumen 1.2 m jarak antar kuda supaya aman...katanya....agar bila ada gaya yg terjadi..itu menjadi gaya tarikan antar structure,..bukan beban dinamis..tp untungnya gan..proyek2 di jakarta dari dulu gak pernah pake iklan..dari mulut kemulut aja mereka puas gan.... ni baru newbee di kaskus aktif blm ada smggu gan...mohon pencerahannya dari agan senior ya...


ooooo
gt ya
tapi apa semua pabrik di haruskan punya uji material nya ya?
gmn kita tau klo barang terntentu dari pabrik tertentu sudah lolos uji material ya? dan yang terpenting layak di gunakan
iloveindonesiailoveindonesia
toge12345 - 25/02/2011 08:01 PM
#68

Quote:
Original Posted By kartubasket
ooooo
gt ya
tapi apa semua pabrik di haruskan punya uji material nya ya?
gmn kita tau klo barang terntentu dari pabrik tertentu sudah lolos uji material ya? dan yang terpenting layak di gunakan
iloveindonesiailoveindonesia



iloveindonesia
Setiap pabrik, sudah seharusnya mempunyai sertifikat mulai dari bahan baku produknya (skrg sdh ada SNI, yg ditetapkan pemerintah), juga diwajibkan melakukan uji bagi produk barang jadinya.
Hanya saja, banyak produsen melakukan uji di lab kampus" yang notabene jadi membuat pertanyaan bagi konsumen (mis: produk "A" bersertifikat uji dari UGM, tapi produk "B" sertifikat ujinya hanya dari ITB).
disetiap sertifikat uji, biasanya di jelaskan bahwa benar barang yg di uji adalah sesuai dengan bahan baku produk yg hendak diuji. Jadi kalo nanti pabrik memproduksi barangnya tidak sesuai dengan bahan yang diuji, seharusnya Sertifikat hasil uji tersebut tidak berlaku lagi/ gugur.
Oleh karena itu, diperlukan satu sertifikat lagi yang memastikan bahwa bahan baku yang dibeli oleh pabrik, adalah bahan baku yang sama atau setara dengan bahan baku yang telah keluar Sertifikat ujinya. Thx. beer:
deskman1895 - 25/02/2011 08:28 PM
#69

Permisi agan2.. ada yg tahu update harga baja ringan utk wilayah Surabaya dan sekitarnya?? terutama PRYDA dan BLUESCOPE.. ane dikasih tahu kontraktor utk PRYDA 250rb/m2.. cuma ane lupa tanya itu total+perlengkapannya apa khusus baja ringannya.. bener ga ya?ilovekaskus
toge12345 - 27/02/2011 11:41 PM
#70

Quote:
Original Posted By deskman1895
Permisi agan2.. ada yg tahu update harga baja ringan utk wilayah Surabaya dan sekitarnya?? terutama PRYDA dan BLUESCOPE.. ane dikasih tahu kontraktor utk PRYDA 250rb/m2.. cuma ane lupa tanya itu total+perlengkapannya apa khusus baja ringannya.. bener ga ya?ilovekaskus



Baja Ringan produk ane malah turun harga lo broo....?! maho
kartubasket - 07/03/2011 09:14 AM
#71

Quote:
Original Posted By deskman1895
Permisi agan2.. ada yg tahu update harga baja ringan utk wilayah Surabaya dan sekitarnya?? terutama PRYDA dan BLUESCOPE.. ane dikasih tahu kontraktor utk PRYDA 250rb/m2.. cuma ane lupa tanya itu total+perlengkapannya apa khusus baja ringannya.. bener ga ya?ilovekaskus


wahhhhh
mahal amat
mending langsung ke PR*DA nya aja sendiri
klo sampai 250rb/m2 mah mahal pisan
tapi mungkin juga tergantang dari desain rumah, bentuk atap, genteng yg digunakan dan material yg digunakan.
setahu saya sih PR*DA punya beberapa grade mungkin anda dapat graded yg paling bagus tuh
iloveindonesiailoveindonesia
kartubasket - 07/03/2011 09:15 AM
#72

Quote:
Original Posted By toge12345
Baja Ringan produk ane malah turun harga lo broo....?! maho


baja ringan ente dari mana pak?
domisili mana?
iloveindonesiailoveindonesia
toge12345 - 07/03/2011 03:20 PM
#73

Quote:
Original Posted By kartubasket
baja ringan ente dari mana pak?
domisili mana?
iloveindonesiailoveindonesia


Pabrik sendiri Bozz, PRATAtruss by Fajar Adma Pratama (ADMAroof). thx
andriano1977 - 07/03/2011 04:19 PM
#74
Penjelasan Tambahan
tambahan buat agan2 nih,
kebetulan saya dari pabrikan nih, ndak etis kalau di omongin di sini,
material baja ringan ada 2 jenis: galvanis dan zincalume
diatas dah di bahas tentang galvanis dan zincalume, hanya material paling baik adalah zincalume (tetapi lebih besar sam dengan AZ 100, maksudnya ini lapisan coatingannnya).
yang paling penting adalah kekuatannya, harus G550MPA, mutlak syaratnya.
soal galvanis or zinc itu hanya lapisan aja (seperti halnya cat) hanya dengan cara hotdip atau elektrolisa.
beberapa perusahaan yang besar memiliki peleburan sendiri, seperti bluescope. pertama mereka yang kembangkan, seperti halnya honda di Indonesia, kemudian diikuti suzuki, vespa, yamaha lalu kawasaki. masalahnya siapa yang bilang suzuki, vespa, yamaha, kawasaki itu lebih jelek atau kurang baik di banding Honda.
sama halnya seperti tadi, ada sekarang, prida, bluesteel, aplus, essar, dll.
yang penting anda lihat itu merek bener punya pabrikan atau bukan.
banyak terjadi mereka bilang punya merek, tapi pabriknya ndak tahu atau hanya ruangan buat cetak (forming aja). misalnya nama saya juragan peno, saya bisa buat tuh namanya juragan peno truss.
itu banyak terjadi, yang paling sulit masuk proyek pemerintah ada tahapan2 yang harus dilewati oleh aplikator.
1. surat dukungan dari pabrikator buat aplikator
2. survey pabrik oleh tim survey dinas pu atau lainnya.
3. jaminan material min 10 tahun.
4. pengalaman aplikator dalam pemasangan.
5. syarat badan hukum dll.
6. gambar dan pemasangan harus sama ( dikeluarkan oleh pabrikan, bukan oleh aplikator).
7. Keseluruhan gambar juga perlu di nilai dari beberapa aspek, al:
a. jenis atap (genteng beton, seng, sirap, dll; hubungannya dengan beban)
b. jenis plafon dan desainnya (hub. dengan beban plafon)
c. sudut kemiringan atap (derajat kemiringan) semakin besar, maka semakin mahal, karena kebutuhan material makin banyak.
d. beban tambahan lain, mis: angin, water heather dll.
e. jarak kuda2 perencanaan, semakin berat beban kemungkinan semakin rapat jaraknya (berat sama dipikul, ringan sama dijinjing) semakin berat semakin banyak kuda2nya.
f. perhitungan hanya bisa dilakukan oleh software khusus, tidak bisa dengan autocad atau sap. yang bisa sepertinya al: briscad, aplus truss, vektor works dll.
g. Gambar harus di approval oleh Pabrikan dan aplikator.

Test uji material bisa dilakukan di Uji Lab ITB-Bandung, Puspitek-Tangsel,Lab PU-Cilenyi Bandung.
Surat Jaminan nantinya ada 2 yakni, jaminan material dari Pabrikan dan surat jaminan pemasangan dari aplikator.

Perhitungan luasan atap berhubungan dengan tagihan, dimana luas atap lebih kurang, luas bangunan dibagi dengan cos sudut atap.

Semoga bisa membantu, banyak hal lagi yang perlu di bahas, tentang beban test, skrup, ukuran ketebalan C-Truss, Cara Pemasangan dll.
toge12345 - 10/03/2011 07:07 PM
#75

##Berbagi Pengetahuan## (Berbagi itu indah...., sebab semua berasal dr Yang Maha Esa)
Bilamana diantara agan ada yang ingin menambahkan atau Meralat/memperbaiki, dipersilakan saling melengkapi, agar yang awam jadi paham, dan yg paham semakin Pintar.


Rangka Atap Baja Ringan, bila di tinjau dari Jenis Bahan-baku yang dipakai di Indonesia, terdiri dari 2 Jenis Bahan, yaitu:

1. Besi Baja berlapis (Metal) yang dikenal dengan nama ZincAllume@ atau Galvalume atau Alluzinc.
= Zincallume@ bukan merupakan jenis dr besibaja lapis,melainkan sebuah merk dari salah satu pabrik pelapis besibaja. Nah nama sebutan yang benar adalah Galvalume atau AlluZinc, tegantung dari dimana baja lapis itu berasal (Eropa/Amerika/Asia)

2. Besi Baja berlapis yang disebut Galvanized atau Galvanil.
= Merupakan besi baja berlapis konvensional yang sudah lama kita tau seperti seng atap rumah.
Antara Galvanized dan Galvanil dibedakan oleh proses produksinya.

Pada dasarnya, Besi Baja tersebut diproduksi oleh suatu pabrik tersendiri. Disini besibaja belum terlihat bentuk seperti baja ringan yang kita kenal, artinya besi baja tersebut belum mengalami proses pelapisan, artinya proses pelapisan dikerjakan oleh suatu pabrik lain, baik dalam satu kawasan maupun ketempat lain yang jauh dari kawasan tersebut. Setelah Besibaja tersebut terlapis sesuai yang dibutuhkan, barulah dijual kepabrik Rangka Atap Baja Ringan dalam bentuk Plaat sheet/ lembaran plat.
Penjelasan diatas, adalah sangat terbatas, yang tujuannya hanya memberikan gambaran kepada konsumen Rangka Atap Baja Ringan, terhadap bahan baku, mulai dari cara menyebutkan jenis yang bukan merk dagang dari suatu pabrik,sampai ke kesimpulan yang keliru bila ada yang berkesimpulan bahwa bahan Zinc***ume/Galvalume lebih baik dari Galvanized dalam ketahanannya terhadap karat. Tahan tidaknya besibaja lapis tersebut terhadap karat, hanya dapat terukur dari tebal/tipsnya lapisan yang dikandung/yang dibuat oleh pabrik pelapis tersebut.

Sekian, semoga bermanfaat.
joe4all - 16/03/2011 09:38 PM
#76

Quote:
Original Posted By andriano1977
tambahan buat agan2 nih,
kebetulan saya dari pabrikan nih, ndak etis kalau di omongin di sini,
material baja ringan ada 2 jenis: galvanis dan zincalume
diatas dah di bahas tentang galvanis dan zincalume, hanya material paling baik adalah zincalume (tetapi lebih besar sam dengan AZ 100, maksudnya ini lapisan coatingannnya).
yang paling penting adalah kekuatannya, harus G550MPA, mutlak syaratnya.
soal galvanis or zinc itu hanya lapisan aja (seperti halnya cat) hanya dengan cara hotdip atau elektrolisa.
beberapa perusahaan yang besar memiliki peleburan sendiri, seperti bluescope. pertama mereka yang kembangkan, seperti halnya honda di Indonesia, kemudian diikuti suzuki, vespa, yamaha lalu kawasaki. masalahnya siapa yang bilang suzuki, vespa, yamaha, kawasaki itu lebih jelek atau kurang baik di banding Honda.
sama halnya seperti tadi, ada sekarang, prida, bluesteel, aplus, essar, dll.
yang penting anda lihat itu merek bener punya pabrikan atau bukan.
banyak terjadi mereka bilang punya merek, tapi pabriknya ndak tahu atau hanya ruangan buat cetak (forming aja). misalnya nama saya juragan peno, saya bisa buat tuh namanya juragan peno truss.
itu banyak terjadi, yang paling sulit masuk proyek pemerintah ada tahapan2 yang harus dilewati oleh aplikator.
1. surat dukungan dari pabrikator buat aplikator
2. survey pabrik oleh tim survey dinas pu atau lainnya.
3. jaminan material min 10 tahun.
4. pengalaman aplikator dalam pemasangan.
5. syarat badan hukum dll.
6. gambar dan pemasangan harus sama ( dikeluarkan oleh pabrikan, bukan oleh aplikator).
7. Keseluruhan gambar juga perlu di nilai dari beberapa aspek, al:
a. jenis atap (genteng beton, seng, sirap, dll; hubungannya dengan beban)
b. jenis plafon dan desainnya (hub. dengan beban plafon)
c. sudut kemiringan atap (derajat kemiringan) semakin besar, maka semakin mahal, karena kebutuhan material makin banyak.
d. beban tambahan lain, mis: angin, water heather dll.
e. jarak kuda2 perencanaan, semakin berat beban kemungkinan semakin rapat jaraknya (berat sama dipikul, ringan sama dijinjing) semakin berat semakin banyak kuda2nya.
f. perhitungan hanya bisa dilakukan oleh software khusus, tidak bisa dengan autocad atau sap. yang bisa sepertinya al: briscad, aplus truss, vektor works dll.
g. Gambar harus di approval oleh Pabrikan dan aplikator.

Test uji material bisa dilakukan di Uji Lab ITB-Bandung, Puspitek-Tangsel,Lab PU-Cilenyi Bandung.
Surat Jaminan nantinya ada 2 yakni, jaminan material dari Pabrikan dan surat jaminan pemasangan dari aplikator.

Perhitungan luasan atap berhubungan dengan tagihan, dimana luas atap lebih kurang, luas bangunan dibagi dengan cos sudut atap.

Semoga bisa membantu, banyak hal lagi yang perlu di bahas, tentang beban test, skrup, ukuran ketebalan C-Truss, Cara Pemasangan dll.



setuju gan...ni terakhir dah beres bangun di kejaksaan jaksel...renov atap nya...iloveindonesia
joe4all - 16/03/2011 09:45 PM
#77

Quote:
Original Posted By kartubasket
angka itu mutlak ato masi ada specifikasi dari bahan? ( maksud nya untuk bahan tertentu doank )
apakah beda konstruksi bangunan juga beda jarak nya?
iloveindonesiailoveindonesia


jarak kuda-kuda maksrecselimal 1,2m itu mutlak standarisasi dari pabrik,beda konstruksi beda jarak??? TIDAK ADA PENGECUALIAN.
toge12345 - 21/03/2011 11:18 PM
#78

Quote:
Original Posted By joe4all
setuju gan...ni terakhir dah beres bangun di kejaksaan jaksel...renov atap nya...iloveindonesia


Wahhh banyak proyeknya yaaa Gan...mahoshakehand
joe4all - 23/03/2011 01:00 AM
#79

Quote:
Original Posted By toge12345
Wahhh banyak proyeknya yaaa Gan...mahoshakehand

ah dah lupa gan brapa nya..bisa di liat disini..baru coba2 masang di web ni gan..
http://jasa.tokobagus.com/properti-perumahan/gedung-konstruksi/rangka-atap-baja-ringan-1817821.html?a dstype=1
MrAdPr - 23/03/2011 11:05 PM
#80

gan, ane nubie mau numpang tanya..
kalau buat struktur pake baja ringan paling efisien penutupnya pake genteng atau apa????
thanksss
iloveindonesia
Page 4 of 8 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 > 
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > share segala sesuatu tentang baja ringan