Solo
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JATENG DIY > Solo > [Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini
Total Views: 43641 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 180 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

kidangtalung - 28/01/2011 02:47 AM
#1

IMPORTANT!!! READ PAGE ONE FIRST!!!
Selamat datang Pecinta Reptil Regional Solo


[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini


Thread ini dibuat untuk gantikan thread lama supaya lebih rapi dan teratur

silahkan share semuanya tentang Reptil disini..


[SIZE="4"][B][CENTER]Rule on This Thread

1. REPTIL LOVERS
Thread ini dibuat untuk Sharing dan tanya jawab seputar Reptil di Regional Solo

2. NO SARA, DP,& BB++
Ini forum untuk berbagi pikiran dan ilmu pengetahuan tentang Reptil, jika anda ingin posting hal-hal diatas, silahkan posting di tempat lain

3.NO RUSUH
Dilarang membuat kerusuhan, saling menghina dan mengejek

4.GUNAKAN SPOILER DAN MULTI QOUTE
Untuk gambar dalam ukuran besar, lebih baik gunakan fasilitas spoiler.

5.WAJIB MENGIKUTI ATURAN MAIN REGIONAL SOLO
Para pendatang dan penikmat forum ini diwajibkan mengikuti aturan Aturan Regional Solo dan mengisi data diri Di Kantor Catatan Sipil

6. DILARANG BERJUALAN
Ini bukan Pasar. dilarang berjualan, buka lapak dan titip lapak. klo mau berjualan silahkan di tempat yang sudah disediakan

7. HIDUP REPTIL LOVER !! beer: [/CENTER][/B][/SIZE]
kidangtalung - 28/01/2011 02:48 AM
#2

Dasar Pemeliharaan Ular

Spoiler for pemeliharaan ular
Quote:
Original Posted By .TaringGaboon.
" Snake everywhere, don’t worry just be prepared ! "

4 Alasan utama mengapa kita harus mengenal ular

* Ular adalah binatang liar berbahaya yang habitatnya terdekat dengan kehidupan manusia.

Sebagai bukti, saat ini ular masih dapat kita jumpai di halaman rumah, kebun, sawah, ladang,
hutan, sungai, rawa-rawa, pegunungan, gua, pantai, laut, samudra bahkan di saluran – saluran
air perkotaan seperti kota Jakarta. Yang harus diwaspadai adalah, adanya bahaya psikis akibat keberadaan mitos, cerita, pandangan dan anggapan yang salah tentang ular. Sikap ketakutan ini dapat menjadikan kita bertindak di luar akal sehat sehingga merugikan diri sendiri… bahkan orang lain.

* Ular berperan penting bagi kesejahteraan hidup manusia.

Ular adalah predator alami tikus, hama aktif yang memakan padi sebagai sumber energi utama masyarakat Indonesia. Ular juga merupakan makanan burung – burung karnivora seperti elang, burung hantu, rajawali, dll. Artinya, keberadaan ular dapat
membantu mengurangi populasi tikus yang sangat cepat berkembang di satu kawasan
sekaligus ikut mempertahankan jumlah burung – burung karnivora yang semakin menipis akibat berkurangnya makanan yang di dapat, dan akibat ulah manusia tentu saja.

* Ular masih mengandung banyak sekali, misteri dan keanehan.

Misteri itu berupa manfaat di bidang kesehatan bagi manusia yang belum seluruhnya
dikembangkan secara mendalam.....

* Ular adalah makhluk eksotis, unik, indah, menantang, sangat banyak ragamnya.

Ular juga dapat menjadi binatang yang bersahabat dan mengajarkan tentang kebijaksanaan
kepada manusia tentang kebesaran Nya dan kekuasaan Nya.

Saat ini, jumlah ular dan jenisnya semakin berkurang....
Penyebab utama “hilangnya” ular adalah MANUSIA...... karena.....

1. Pembunuhan semena – mena terhadap ular akibat adanya Paradigma masyarakat yang salah tentang ular. Semua jenis ular dianggap menyeramkan dan mematikan, sehingga banyak sekali ular mati sia - sia karena di bunuh akibat rasa takut pada ular. Masyarakat semakin berpandangan negatif karena ular sering diberi peran antagonis di sinetron, film, drama dan hiburan – hiburan yang marak di televisi sehingga meningkatkan rasa “jijik” dan benci masyarakat terhadap makhluk alam ini. Paradigma yang salah pun muncul karena mitos, cerita, dongeng yang berlebihan dan turun menurun lebih mengakar daripada khasanah ilmu pengetahuan yang logis dan nyata karena minimnya pengetahuan dan pengembangan studi tentang ular khususnya ular asli Indonesia.
2. Semakin menyempitnya ruang gerak ular di alam yang tergusur akibat pembangunan
manusia yang tidak tertahankan akibat semakin bertambahnya kebutuhan manusia akan tempat tinggal. Polusi, pencemaran air dan tanah, satu hal yang tidak terelakkan..
3. Keserakahan orang – orang yang tidak memperdulikan kelestarian alam dengan mengambil persediaan ular di alam untuk bisnis dengan eksplorasi yang tak terukur.
4. Masih belum berkembangnya usaha untuk mengembangbiakkan ular dan mengembalikan mereka ke habitatnya sebagai usaha untuk memenuhi keseimbangan ekosistem di alam sehingga musuh tanaman pangan manusia menjadi seimbang dan tidak merugikan.

Padahal...
….kenyataannya, tidak semua ular berbahaya bagi manusia. Bahaya yang terbesar sebenarnya adalah bahaya psikologis yang ditimbulkan oleh ular karena rasa takut, jijik, geli dan jengahnya manusia melihat sosok ular dengan segala posisi dan negatifnya pikiran dalam benaknya. Sedangkan bahaya biologis (akibat gigitan, belitan dan racun) masih tergolong minim karena jumlah korban gigitan ular di Indonesia belum mencapai tingkat yang mengkuatirkan. Bahaya psikologis akibat ketakutan dan paradigma masyarakat yang keliru tentang ular itu dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan dengan jalan mengenal lebih jauh tentang ular. Bagaimana, apa, mengapa, siapa dan apa saja tentang ular harus diutarakan secara benar dan jelas kepada masyarakat. Begitu pula tentang teknik – teknik dasar penanganan bahaya gigitan ular harus disebarluaskan agar masyarakat dapat merasa lebih aman jika dilingkungan sekitarnya masih ditemui ular.



Beberapa Kura Lokal dan Pemeliharannya
Spoiler for kura lokal
Quote:
Original Posted By monster.reptile
Tiga macam kura air asal Indonesia yang cantik, lucu, imut, jinak, ngk ribet perawatannya, murmer dan cocok untuk pemula..

1. Kura Ambon (cuora amboinensis)
[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini
Salah satu kura favorit dan wajib untuk dimiliki karena disamping sangat mudah dalam perawatannya, bentuk kepala segitiga dan ada garis kuning diantara pelipit matanya sampai mendekati leher, bentuk tempurung yang mirip helm dan warna tempurung yang hitam kecoklat2an, plastron yang bisa menutup rapat (apabila tidak obesitas) semakin menambah kesan yang lucu untuk kura yang satu ini.
Penyebaran kura ambon dapat ditemukan mulai dari pulau Ambon, Maluku, Sulawesi, hingga sampai kepulau jawa.
Dalam memeliharaan kura ini sangatlah mudah, Habitat aslinya di air-air yang dangkal, baik di sungai maupun rawa-rawa. Apabila kita ingin memelihara maka hendaknya siapkan tempat yang cukup nyaman, misal aquarium atau kolam. Untuk ketinggian air tidak terlalu dalam, karena kura ini tidak terlalu pintar untuk berenang di air yang dalam. Ada baiknya juga sediakan daratan untuk tempat berjemur, makan dan bertelur, dia dapat memakan sayuraan, buah-buahan, ikan-ikan kecil, serangga maupun mamalia kecil.

2. Kura Pipi Putih (Siebenrockiella Crassicollis)
[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini
Kura ini sering disebut piput yang artinya pipi putih. Hal ini dapat kita lihat dari warna pipinya yang putih, Kura ini terkesan sangat ramah, karena kura ini selalu tersenyum \) (meskipun keadaan Negara kita sedang kacau-balau), hal ini dapat kita lihat dari bentuk mulutnya, warna karapas lebih dominan hitam. Penyebaran kura piput meliputi Sumatra, Kalimantan dan Jawa.
Memelihara kura piput sangat mirip dengan kura ambon, habitatnya pun juga sama, yaitu danau, sungai atau rawa yang tidak terlalu dalam dan berarus kecil. Kura piput juga tidak terlalu pandai berenang, dan mempunyai sifat yang pemalu, hal ini dapat kita liat saat kita mempunyai lebih dari satu kura piput, dalam keadaan makan, biasanya akan berhenti apabila ada jenis piput yang lain mendekat, mereka sangatlah jinak, tidak menyerang satu sama lain dan selalu tersenyum \) (karena senyum lebih murah dari pada tariff dasar listrik). Hehehehehehehehehehe
Kura ini tidak memilih-milih dalam hal makan, mereka biasa makan sayuran, buah-buahan, ikan-ikan kecil, serangga, maupun pellet pabrikan.

3. Kura Daun (Cyclemys Dentata)
[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini
Kura yang satu ini sering disebut dengan asian leaf turtle, daun, ceper. Kura ini memiliki warna dan bentuk yang menarik, warnanya kekuning-kuningan hingga kecoklat-coklatan (tergantung lokality), bentuk karapas dan plastron terdapat motif garis-garis meskipun motifnya terlihat tipis dan jarang terlihat dengan jelas, namun kura ini juga cukup menarik untuk dikoleksi. Karena kura ini dapat dibilang tahan banting dalam segala cuaca. Penyebaran kura piput meliputi Sumatra, Kalimantan dan Jawa. Memeliharaan kura ini sama seperti kura Ambon dan Piput. Habitat aslinya pun sama, jenis makanannya pun sama.

Dalam memeliharaan ketiga kura-kura ini sangatlah mudah, dan sangat cocok untuk pemula, yang ingin belajar tentang kura-kura. Hal yang penting dalam memelihara kura-kura, kita hendaknya menyempatkan waktu setiap hari antara jam 07.00-09.00 untuk menjemur kura dibawah sinar matahari langsung, sekitaran 15-30 menit. Hal ini dimaksudkan untuk membantu proses metabolisme tubuh agar dalam memproses makanan menjadi lebih cepat. DILARANG menjemur dengan menggunakan aquarium/bahan yang terbuat dari kaca, karena dapat memanggangnya.
Mari kita Sayangi, Cintai, dan Lindungi binatang-binatang asli Indonesia, agar anak cucu kita kelak masih dapat melihat secara langsung dengan mata telanjang (bukan melalui gambar/foto).
kidangtalung - 28/01/2011 02:49 AM
#3

1. Dasar pemeliharaan reptil buka di sini
2. Tentang kesehatan reptil buka di sini
3. Tentang ular berbisa buka disini
4. Fakta tentang ular buka disini
5.arep nginggu reptil wedi hura sempet ngurusibuka di sini
6. jamu tradisional buat reptil
Spoiler for jamu
Quote:
Original Posted By mauvee
Sharing Jamu Gan...Tapi Ane Bukan Bakul Jamu...Cuma Berbagi Ilmu SajaYb

Obat/Jamu Herbal Mengatasi Rubbing/Jontor ato Mulut Sariawan Pada Ular Dengan Cara Alami Bebas Resiko dan Konon Juga Bisa Meningkatkan Selera Makan Ular :

Bahan :

[spoiler=Bahan Jamu][Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini


Cara pengolahannya..masing2 1 siung jahe, kencur, kunyit plus daun sirih (komposisi agak banyakan) dikupas bersih (kecuali sirih cukup dicuci) kemudian diparut ato ditumbuk. Hasilnya diperas untuk mendapatkan ekstrak/saripati jamu tersebut. Nha ekstraknya itu yg digunakan sebagai jamu bisa dioles ato ditetes ke mulut ato luka ular yg bermasalah.

Produk :

Spoiler for saripati/ekstrak
[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini


Ini hasil komposisi sekali pake

Hasil Kinerja :

Spoiler for awalnya mulute begini
[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini


Spoiler for retic jadi sembuh
[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini


Tadinya retic ini bibirnya bengkak sebelah gak kempes2 bekas sariawan. Kempes kl habis ganti kulit...trus bengkak lagi hampir 2 bulan (makan lancar) setelah sy tetes jamu ini 2 hari kmrn kempes begitu...meski mungkin hasilnya gak sama minimal ilustrasi ini bs meyakinkan...ne lagi dicoba juga di 3e retic yg lain dan cukup signifikan hasilnya daripada obat kimia. Hanya sekali membersihkan jigong sudah tidak ada lagi muncul, luka udah gak berwarna merah (tidak meradang) juga menyempit pada hari pertama pengobatan.

Rasanya Pedas Tambah Pait Tapi Ke Badan Anget..Ra Enak Pokok-e ( Wis Tak Cicip Sek):berbusas
[/spoiler]
kidangtalung - 28/01/2011 02:50 AM
#4

kidangtalung - 28/01/2011 03:22 AM
#5

JADWAL DAN RENCANA KEGIATAN Pecinta Reptil Reg Solo Kaskus

[*]Car Free Day with KOROS sekitar Ngarsopuro (minggu pagi 06.00 - selesai)
[*]Reptile Night Club with KOROS in Ngarsopuro (kamis malam 20.00- selesai)
[*]Temu Reptilelovers with KOROS n REPTZONE in BALEKAMBANG (minggu pagi 09.00-selesai)
[*] Temu Reptile lovers with WEROC in plaza bendungan / alun2 Wonogiri. (sabtu, minggu 16.00-selesai)

kidangtalung - 28/01/2011 03:44 AM
#6

Fakta tentang Ular

Kesalahan persepsi tentang ular menjadi salah satu faktor dominan yang menghantui pikirian seseorang tentang ular yang akhirnya menjadi phobia, ketakutan atau jijik terhadap ular. Akibatnya banyak ular yang terbunuh sia-sia karena paradigma kita yang salah tentang ular.Banyak fakta – fakta yang justru berkebalikan dari persepsi masyarakat tentang ular selama ini. Beberapa hal tentang ular yang mungkin perlu diluruskan adalah :

1. Ular bukan binatang yang berlendir dan licin. Persepsi orang bahwa ular itu berlendir adalah salah, karena pada faktanya tubuh ular dilapisi oleh kulit yang sama seperti manusia dan dibagian luar dilapisi oleh sisik yang bahannya sama dengan kuku kita. Sisik ular merupakan satu kesatuan, tidak seperti sisik ikan yang berdiri sendiri sendiri. Mereka tidak memiliki kelenjar keringat seperti milik anda dan saya, jadi kulit mereka senantiasa dingin dan kering.
2. Tidak semua ular berbisa. Dari kurang lebih 500 jenis spesies ular di Indonesia hanya sekitar 5% saja yang berbisa mematikan. Yang mungkin sering kita jumpai di pulau jawa mungkin sekitar 10 jenis saja. Bisa ular, adalah anugerah diberikan Tuhan untuk membuat ular tetap bertahan tanpa kaki dan tangan di alam liar.
3. Ular, seperti hewan liar lainnya, sebenarnya memiliki ketakutan yang sama pada manusia. Mereka lebih memilih menghindar jika bertemu manusia. Kebanyakan kasus gigitan ular pada manusia dikarenakan manusia itu sendiri. Misalnya terinjak, atau sengaja ingin menangkapnya. Karena manusia bukan makanan ular, mereka tidak akan dengan sengaja memburu manusia untuk menjadi santapan, walaupun mereka adalah karnivora.
4. Ular menjulurkan lidahnya untuk mendeteksi partikel bau di udara. Mereka tidak mencium bau dengan hidung seperti anda, mereka menggunakan lidah untuk mengumpulkan partikel bau dan melewatkan partikel bau ke suatu organ yang dinamakan Jacobson yang kemudian diterjemahkan. Ini adalah bagian yang penting dari ular yang digunakan dalam berburu mangsanya. Seringkali juluran lidah ular dikonotasikan sebagai ancang-ancang untuk menyerang, padahal sama sekali tidak benar.
mr.ebe - 28/01/2011 10:29 AM
#7

biar saya coba nongolin yang punya saya iloveindonesia
ini dulu namanya CLARA, tapi karna ternyata jantan diganti jadi TARNO
[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini
ama ini....namanya TONG SAMPAH
[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini

not for sale....namanya SULIRA
[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini
[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini
[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini

ini namanya OMONG KOSONG
[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini
zeus - 28/01/2011 12:13 PM
#8

-----------------hai gan-----------------

Quote:
wah jebakan betmen nih...
[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini
buka..enggak... buka...enggak... aduh..[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini


ijin parkir di pekiwan.. malu:
nindy25today - 28/01/2011 12:18 PM
#9

[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini
sukses buat KOROS ya...
smoga tambah solid di on/offline.....
sеxi - 28/01/2011 01:19 PM
#10

wes ono kembarane trite matabelo:
rauruzan - 28/01/2011 02:34 PM
#11

om ts ikutan nongkrong dihutan baru ya....linux2:

:selamat:selamat
primapunya - 28/01/2011 03:43 PM
#12

wah aku kok mrinding terus nyawang ulone kae takut:.. mbok si spongiler gan \(
mr.ebe - 28/01/2011 04:15 PM
#13

Quote:
Original Posted By zeus
-----------------hai gan-----------------



ijin parkir di pekiwan.. malu:


ngakakngakakngakak
dapet kiriman cacing berbisa apa ulat bulu????
bener2 berbisa ngakakngakakngakak ....bisa bikin gateliloveindonesia
lientank - 28/01/2011 04:28 PM
#14

do ati2 yo nek podo dolanan ulo .. beer:



sisan nampang pejwan .. :cool
horoq - 28/01/2011 06:47 PM
#15

semoga tambah maju di tumah yang baru... \)

:2thumbup
yoyo2009 - 28/01/2011 11:05 PM
#16

Quote:
Original Posted By alibenhamed
1.alibenhamed
2.mr.ebe
3.mauvee
4.poe2
5.monster.reptile
6.zeus
7kidangtalun


Mbok aku didaftarke koros... carane piye?
alibenhamed - 28/01/2011 11:21 PM
#17

Quote:
Original Posted By yoyo2009
Mbok aku didaftarke koros... carane piye?


wes terdaftar tho ko....

iloveindonesiailovekaskus

ada yg mengharukan nih, ada kodok numpang punggung ular selamat dari banjir
yoyo2009 - 28/01/2011 11:37 PM
#18

[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini

Ini salah satu pliaraan dirumah.. sekarang sudah 4m.. kelamin betina.. semoga taon ini jadi ibu yang baik...kiss
yoyo2009 - 28/01/2011 11:38 PM
#19

[Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini

Ini salah satu pliaraan dirumah.. sekarang sudah 4m juga.. kelamin betina juga.. semoga taon ini jadi ibu yang baik juga... kiss
mauvee - 28/01/2011 11:44 PM
#20

Semoga saya bisa kembeli meramaikan dinia reptil solo...ijin semedi sik yo...:toast
Page 1 of 180 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JATENG DIY > Solo > [Reg.Solo Animal Lover] Pecinta Reptil Guyub Di Sini