Solo
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JATENG DIY > Solo > ★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]
Total Views: 111880 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 311 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

ragesquad - 14/02/2011 12:46 PM
#1
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

disini juga ada : KOSKAS CHAPTER SOLO @ SUBFORUM SEPEDA

pesan RL =

Quote:
Original Posted By flew_meneer
delete post bukan sebuah solusi..sebuah solusi yang baik ya thread KOSKAS Solo dikembalikan lagi ke rel nya...

saya berharap thread ini bukan menjadi thread untuk mengejar postingan, nyari maniac,geek, freak dll tapi menjadi sebuah thread yang berisi tentang sharing ilmu dan pengetahuan mengenai dunia sepeda terutama di Solo Raya

mohon agak dikurangi jagongan² seperti "menunggu FR","piye sido ra", postingan² oneliner, dan gambar² yang BB17, DP, childish agar kaskuser lain yang membaca thread ini juga merasa nyaman..


[FONT="Palatino Linotype"]KUMPUL RUTIN :
ngacir: TIAP HARI MINGGU PUKUL 06.00 WIB DI CARFREEDAY DEPAN BANGJO SRIWEDARI
ngacir: NIGHTRIDING TIAP HARI JUM'AT, KUMPUL HABIS ISYA', LOKASI MENYUSUL [/FONT]
[COLOR="Green"]Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam agan-agan Regional Solo... atas ijin RL baru kita,. agan flew_meneer, saya bikin thread ini. Sebagai makhluk Tuhan pecinta gowes, saya mengajak temen2 yang juga demen gowes untuk... yo goweslah bingung dewe aku..ngakaks ngakaks
wokeii... dimulai dari sejarah sepeda :[/COLOR]
Spoiler for sejarah1
Sejarah sepeda lawas bermula di Eropa. Sekitar tahun 1790, sebuah sepeda pertama berhasil dibangun di Inggris. Cikal bakal sepeda ini diberi nama Hobby Horses dan Celeriferes. Keduanya belum punya mekanisme sepeda zaman sekarang, batang kemudi dan sistem pedal. Yang ada hanya dua roda pada sebuah rangka kayu. Bisa dibayangkan, betapa canggung dan besar tampilan kedua sepeda tadi. Meski begitu, mereka cukup menolong orang-orang – pada masa itu – untuk berjalan.

Penemuan fenomenal dalam kisah masa lalu sepeda tercipta berkat Baron Karl Von Drais. Von Drais yang tercatat sebagai mahasiswa matematik dan mekanik di Heidelberg, Jerman berhasil melakukan terobosan penting, yang ternyata merupakan peletak dasar perkembangan sepeda selanjutnya.

Oleh Von Drais, Hobby Horse dimodifikasi hingga mempunyai mekanisme kemudi pada bagian roda depan. Dengan mengambil tenaga gerak dari kedua kaki, Von Drais mampu meluncur lebih cepat saat berkeliling kebun. Ia sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama, Draisienne. Beritanya sendiri dimuat di koran lokal Jerman pada 1817.

Proses penciptaan selanjutnya dilakukan Kirkpatrick Macmillan. Pada tahun 1839, ia menambahkan batang penggerak yang menghubungkan antara roda belakang dengan ban depan Draisienne. Untuk menjalankannya, tinggal mengayuh pedal yang ada.

James Starley mulai membangun sepeda di Inggris di tahun 1870. Ia memproduksi sepeda dengan roda depan yang sangat besar (high wheel bicycle) sedang roda belakangnya sangat kecil. Sepeda jenis ini sangat populer di seluruh Eropa. Sebab Starley berhasil membuat terobosan dengan mencipta roda berjari-jari dan metode cross-tangent. Sampai kini, kedua teknologi itu masih terus dipakai. Buntutnya, sepeda menjadi lebih ringan untuk dikayuh.

Sayangnya, sepeda dengan roda yang besar itu memiliki banyak kekurangan. Ini menjadi dilema bagi orang-orang yang berperawakan mungil dan wanita. Karena posisi pedal dan jok yang cukup tinggi, mereka mengeluhkan kesulitan untuk mengendarainya. Sampai akhirnya, keponakan James Starley, John Kemp Starley menemukan solusinya. Ia menciptakan sepeda yang lebih aman untuk dikendarai oleh siapa saja pada 1886. Sepeda ini sudah punya rantai untuk menggerakkan roda belakang dan ukuran kedua rodanya sama.

Namun penemuan tak kalah penting dilakukan John Boyd Dunlop pada 1888. Dunlop berhasil menemukan teknologi ban sepeda yang bisa diisi dengan angin (pneumatic tire). Dari sinilah, awal kemajuan sepeda yang pesat. Beragam bentuk sepeda berhasil diciptakan. Seperti diketahui kemudian, sepeda menjadi kendaraan yang mengasyikkan.

Di Indonesia, perkembangan sepeda banyak dipengaruhi oleh kaum penjajah, terutama Belanda. Mereka memboyong sepeda produksi negerinya untuk dipakai berkeliling menikmati segarnya alam Indonesia. Kebiasaan itu menular pada kaum pribumi berdarah biru. Akhirnya, sepeda jadi alat transpor yang bergengsi.

Pada masa berikutnya, saat peran sepeda makin terdesak oleh beragam teknologi yang disandang kendaraan bermesin (mobil dan motor), sebagian orang mulai tertarik untuk melestarikan sejarah lewat koleksi sepeda antik. Rata-rata, sepeda lawas mereka keluaran pabrikan Eropa. Angka tahunnya antara 1940 sampai 1950-an. Dan mereka sangat cermat dalam merawatnya.

Di masyarakat kita, sepeda lawas itu dikenal dengan beberapa sebutan, seperti ontel, jengki, kumbang dan sundung. ”Tapi semuanya punya maksud yang sama, sepeda dengan model tinggi. Kalau jengki itu kan asalnya dari kata jingke (bahasa Betawi, artinya berjinjit), jadi waktu naiknya kita harus berjingke saking tingginya. Kalau ontel, ya artinya diontel atau dikayuh.



Spoiler for jenis

Jenis - Jenis Sepeda
* Sepeda gunung (MTB) -digunakan untuk lintasan off-road dengan rangka yang kuat, memiliki suspensi, dan kombinasi kecepatan sampai 27. (ada juga yang downhill,. buat turun gunung berpasir" diulas dibawah")
[SPOILER=MTB]★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

* Sepeda jalan raya-digunakan untuk balap jalan raya, bobot keseluruhan yang ringan, ban halus untuk mengurangi gesekan dengan jalan, kombinasi kecepatan sampai 27 (sekarang disebut urban, roadbike "MTB modifikasi ban tetap pacul namun lembut", juga hybrid
ragesquad - 14/02/2011 12:47 PM
#2

Spoiler for sejarah downhill
Sejarah downhill :
Str thn 70-an, bbrp bukit di Utara San Francisco, USA, selalu diramaikan dgn raungan sepeda motor. bbrp remaja memilih lereng gunung sebagai arena kebut-kebutan. Slh satu tempat favorit mereka adalah Mt Tamalpais.Bagi para pengebut ini, kenikmatan yang diperoleh saat melaju menuruni lereng bukit berbeda dengan saat berpacu di sirkuit motor. Semakin hari penggemar kebut lereng ini semakin banyak. Pemerintah setempat mulai cemas, karena selain menimbulkan kebisingan, kgiatn ini jg menyebabkan erosi dan merusak persediaan air tanah di perbukitan itu. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, akhirnya pemerintah San Francisco melarang kegiatan kebut lereng ini. Larangan itulah yang kemudian menjadi cikal bakal olah raga MTB.

Karena sudah terlanjur ketagihan, para pengebut ini mencari jalan lain agar tetap bisa meluncur menuruni bukit, tanpa harus melanggar larangan pemerintah setempat. Akhirnya mereka memilih sepeda. Untuk menghemat waktu dan supaya tidak terlalu meletihkan, ketika menaiki bukit sepeda diangkut dengan pick-up atau truck. Dari puncak bukit, sepeda kemudian ditunggangi menuruni bukit melalui medan yang unik dan mengasyikan. Kegiatan semacam ini mereka namakan downhill (turun bukit). Pada awalnya berbagai macam sepeda diikutsertakan, tetapi karena medannya cukup berat, banyak sepeda yang menjadi korban dan hancur, sehingga tidak bisa dipakai lagi. Sepeda yang cocok untuk kegiatan semacam ini adalah sepeda yang kuat dan memiliki tapak ban yang lebih lebar dibandingkan ban sepeda biasa. Satu-satunya sepeda yang memenuhi persyaratan itu adalah sepeda Schwinn Excelsior. Sepeda yang sebenarnya sudah diproduksi sejak tahun 1933 ini menggunakan konstruksi yang sederhana tapi kokoh penampilannya. Perancangnya adalah Ignaz Schwinn, seorang imigran dari Jerman. Desainnya yang sederhana sangat disukai oleh para loper koran. Pada saat itu, hampir semua loper koran di Amerika pakai sepeda Schwinn.

Lalu bermunculan sepeda-sepeda yang lebih canggih, menawarkan gigi percepatan dan body yang lebih ringan. Excelsior mulai tergeser. Anak-anak muda lebih menyukai sepeda BMX dan semacamnya. Tahun 1941, produksi Excelsior dihentikan. Stgh abad kemudian, sepeda Excelsior mulai dilirik kembali. Ttpi ada masalah, ketika menuruni bukit, rem Excelsior sering mengalami over heating. Pemilik sepeda harus membuka rumah rem dan mengganti gemuk / stempet yang sudah mencair dengan yang baru. Masalah lain, banyak para pesepeda merasa pesepeda sejati dan kurang sreg dengan pengangkutan sepeda menggunakan kendaraan lain ke atas bukit. Gary Fischer, seorang pesepeda downhill mania, kemudian memasang gigi percepatan, sehingga sepedanya bisa naik ke atas tanpa harus menggunakan kendaraan lain. Downhill mania lainnya, Joe Breeze dari California, merancang frame khusus untuk naik turun gunung. Pesepeda inilah yang melahirkan sepeda gunung generasi pertama.

Spoiler for downhill
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Spoiler for sejarah fixie
Sejarah fixie :
Pada prinsip sepeda Fixie adalah sepeda dengan ‘gear mati’ alias Fixed Gear alias tidal free wheel..
Base sepeda ini menggunakan rangka sepeda balap (road bike) & simple, tanpa gear shift bahkan handle brake (rem).
Sepeda fixie adlh sepeda yg digunakan pengantar pos/koran/majalah, yang biasa dikenal dengan kurir di wilayah USA, persisnya di New York.
Mereka mengalami masalah lead time pada saat mendeliver paket mereka karena kondisi kota New York yang begitu padat.
Makanya mereka memilih sepeda sebagai altrernative, dan hasilnya memuaskan dengan lead time delivery berkurang dan pengiriman yang jauh lebih cepat.
Fixie Bike, yang menggunakan Fixed Gear, akan membuat ayunan pedal terus berputar seiring dengan perputaran roda belakang, sehingga untuk melakukan pengereman, maka si pengendara harus mengurangi putaran pedal dengan cara gaya melawan arah putaran pedal. atau biasa di sebut dengan sistem ‘door trape’
Kalau kepingin mudah ngebayaginnya, ente bisa membayangkan teori ayunan pada becak.

Hal ini sangat berbahaya untuk orang yang tidak terbiasa, karena pada saat melewati jalan menurun, maupun belok, pedal akn trs berputar & laju sepeda akan terus melaju dgn kencang. (biasanya perbandingan gigi (gear ratio) depan dan belakang juga besar).

Tapi untuk yang penasaran untuk kepingin punya fixie, sekarang ada alternative, seperti :
a. Biasanya untuk mensiasati penggunaan gear doortrape , juga dipasangkan gear free wheel, jadi pada hub belakang ada dua gear di kanan dan kirinya.
Satu sisi untuk sistem door trape, sisi lain untuk free wheel
Jadi kalo mau nyaman dan aman, tinggal dibalik aja bannya,,….asalal jangan lupa, sebaiknya juga pake ban luar dengan sistem “all direction”
b. Bisa ditambahkan dengan rem depan saja,…(ingat sepeda fixie adalah sepeda yang simple…jadi nggak banyak assesoris)
Kenapa rem depan saja?, karena rem depan lebih akurat dan cepat untuk memperlambat laju sepeda, selain pada saat kita melakukan rem depan, otomatis berat tubuh akan terdorong ke depan sesuai dengan hukum alam kelebaman. Jadi titik tumpu akan condong ke arah depan, sehingga lebih efektif meredam gaya yang ke arah depan. [SPOILER=fixie]★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Quote:
Original Posted By jonardc
trit gayeng ki, merapat sikik linux2:
aku pengen share inpoh..
yen pengen do ngrakit piksi tapi bajet minim, aku ngerti nggon seng isoh.
neng kono piksi mulai dari 700rb sudah bisa dipake. part e tentune bekas kabeh. tp wes mumpuni tur mestine kan di cat ulang, dadi ra ketok nek seken.
Spoiler for petane
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

seng tanda bintang kui panggone.

kui omahe karo bengkele, nek show room e neng sar legi tunggale toko pit jejer2 , tp seng pojok kulonn dewe.

★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Spoiler for sejarahBMX
Sejarah BMX :
Pada akhir 1960-an South California mjd t4 kelahiran dari BMX. Pada saat itu olahraga motorcross sgt populer & remaja berusaha untuk meniru olahraga mulai melakukannya pada sepeda. Anak2 mereka sepeda Schwinn diubah menjadi sepeda kotor buatan sendiri dan naik pada trek yang mereka buat sendiri. olahraga itu tak pernah sampai ke pencetus permainan yang mereka terorganisir dan diadakan lomba dengan pembalap nomor dalam suasana kompetitif.BMX yang awalnya digunakan adalah tidak benar2 dimaksudkan untuk tujuan tersebut. Pada saat itu sebagian besar sepeda di pasar dibuat untuk transportasi dan mereka semua memiliki desain dasar yang samaPada awal 1980-an olahraga etch mulai masuk ke budaya populer dan popularitas BMX tumbuh dengan langkah cepat. Penunggang tidak hanya ingin balapan sepeda mereka lagi, banyak pengendara mulai meniru trik skateboard dilakukan pada sepeda mereka dan pada akhirnya hal ini menyebabkan pengembangan naik BMX freestyle.

Pada awal 1990-an dunia BMX telah menjadi ekstrim dan seluruh penunggang dunia adalah pengujian batas sepeda mereka dan diri mereka sendiri dalam mengejar trik baru. Kira-kira pada waktu yang dunia olahraga ekstrim mulai mengembangkan pengakuan dan ESPN melihat potensi untuk berikut besar. ESPN hosted the first X Games in 1995 in Rhode Island and BMX was introduced to the mainstream. Host ESPN X Games pertama pada 1995 di Rhode Island dan BMX diperkenalkan ke arus utama.
anyak kompetisi baru mengikuti Games X dan pengendara memiliki lebih banyak kesempatan setiap tahun untuk bersaing di sirkuit BMX pro. Profesional pengendara BMX sekarang atlet profesional aktual dan banyak gaji dan ketenaran sebanding dengan bintang NFL. Banyak Artikel Baru mengikuti Kompetisi X Games & pengendara memiliki banyak kesempatan terkait masih berlangsung Tahun lebih bersaing untuk Artikel Di sirkuit BMX BMX pro. atlet penunggang Profesional Dan aktual sekarang banyak profesional ketenaran gaji sebanding Artikel Baru Dan Bintang NFL.
[SPOILER=bmx]★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]
[/SPOILER]

[/SPOILER]
Spoiler for sejarah SELI

Banyak yang mematenkan desain sepeda lipat. Mulai dari Michael B. Ryan dari US. Henry Gerard dari Perancis. Ia malah menciptakan Seli sebagai perlengkapan tempur untuk militer. Pabrikan Seli di Eropa mulai bermunculan seperti Dursley-Pedersen (UK), Faun (UK), Fongers (Holland), Peugeot (France), Bianchi (Italy), Leitner (Rusia)

Era PD 1 dan PD 2
[spoiler=era PD1 dan PD2]★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Perang dunia pertama seli banyak digunakan untuk paratroopers (penerjun payung). Contohnya merk pabrikan Inggris BSA (Birmingham Small Arms) ini. Pada perang dunia kedua, pabrikan Columbia asal AS memproduksi Compax untuk keperluan penerjun payung militer. Tapi alih-alih dilipat. Columbia memproduksi frame separated (terpisah)

1970-an

Spoiler for era 70an
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Produk seli mulai booming di AS dan UK. Salah satu produk AS yg paling laku dan populer adalah Raleigh Twenty Stowaway. Diperkenalkan tahun 1971 dan diproduksi sampai tahun 80-an. Produk inilah yg pertama kali mempopulerkan hub bearing, tepatnya Sturmey-Archer 3-speed hub. Di era ini hampir semua negara di eropa barat mempunyai pabrikan seli. Beberapa diataranya di Perancis ada Peugeot, Italy ada Bianchi dan juga Graziella dan Formicone. Era ini juga dikenal produk seli yg murah meriah dikenal dengan u-frame.
Era 1980-Sekarang
Dahon
Spoiler for Dahon
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Birdy gan sepeda lipet TOURING
Spoiler for Birdy
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

[/SPOILER]
ragesquad - 14/02/2011 12:47 PM
#3


FR Gath KosKas Solo

Gath 1 (20 Februari 2011)
Gath 2 (27 Februari 2011)
Gath 3 (6 Maret 2011)
Gath 4 (13 Maret 2011)
Gath 5 (20 Maret 2011)
Gath 6 (27 Maret 2011)
Gath 7 (3 April 2011)
Gath 8 (10 April 2011)
Gath 10 (24 April 2011)
Gath 10 (5 Mei 2011)
Gath 11-12 MERGED (15-22 Mei 2011)
Gath 13 (12 Juni 2011)

Quote:
Original Posted By ragesquad
TOKO SEPEDA DI SOLO

Rukun Makmur (racun) -no offense, mahal, tp lengkap-
Jl. Slamet Riyadi No. 147 – Solo
Ph. (0271) 644 151

Sinar Harapan -standar-
Jl. Coyudan No. 119 Solo
Ph. (0271) 633 210

Budi Agung -biasa, tidak lengkap di sparepart-
Jl. A Yani No. 74 Kartosuro
Ph. (0271) 780407

Karunia -standar, lumayan murah-
Jl. P. Tendean 73 Nusukan – Solo
Ph. (0271) 719016

Tjinpoe + Podjok Redjo (bersebelahan) -standar-
Jl. Dr. Radjiman depan gedung mawar,.
50meter ke barat dari Singosaren Plasa

Rodalink -highend harga standard pasar-
Jl Slamet Riyadi, Rel Bengkong Purwosari

Salim -standard, lengkap, murah-
Palur, Jembatan Bengawan Solo ke Timur,
sebelah kri jalan (Utara jalan)

Koh Ganti -standard spesialis sparepart balap-
Jl Widuran, depan pasar burung widuran

Pak Eko -highend 2nd competition sparepart specialist- halah lebay ak hihihi
Belakang Terminal Tirtonadi, dari RS Brayat Minulya lurus ketimur.
sebelah Wisma Dewa Dewi ada gang, masuk 30meter kanan jalan.

Brewok -spesialis MTB, mojosongo,. tong kelurahan ngalor terusss... ntar di kampung2 itu tanya rumah pak brewok sepeda, dah pada tau..

Advante - toko olahraga+elektronik, daerah sidokare, gang es ndelik, depan paparons masuk ke barat.. ntar ada toko elektronik disitu.. recommended price

Saerah- jembatan pasarlegi mangkunegaran ke utara 30 meter, (kebanyakan fixie)

CMIIW
ada yg mo nambahin?
Wassalam.
ragesquad - 14/02/2011 01:13 PM
#4
Pre-order t-shirt koskas solo
Closed!!!
yahoho - 14/02/2011 01:18 PM
#5

sepedaan buat ke kantor...
wingi lebaran balik di tumpakke kereto...nggo pit2an ning solo...
yahoho - 14/02/2011 01:20 PM
#6

Quote:
Original Posted By amakuzalek
aku jane pengen ngepit soko kosan neng kantor mung 5 menit tapi rakuat tuku pit e larang dadine wingi tuku RC helikopter waeo


ditumpaki to helikoptere nek arep ning kantor....malu
akhtiar - 14/02/2011 01:23 PM
#7

dekben duwe pit..o
-
saiki gor duwe pit onthel lawas.. tinggalane mbahku..
-
tpi jek kerawat apik \)
ragesquad - 14/02/2011 01:25 PM
#8
anatomi sepeda dan parts
Quote:
Original Posted By flew_meneer
Spoiler for anatomi sepeda
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


nambahin buat anatomy sepeda..biar gak pada bingung tentang istilah² dalam sepeda..beer:


buat TS nya klo mau diupdate pejwan jg gpp..malu:

Bicycle Frame Size Calculator
Our bicycle size calculator will tell you what size bike you need. Choose the type of bike you're interested in and then enter your measurement(s). You will get a printable page with your recommended frame size.
Quote:
Original Posted By faizmh



ANATOMI SEPEDA

Semoga bermanfaat

SEPEDA MTB
Spoiler for anatomi sepeda
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Spoiler for anatomi sepeda
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Spoiler for anatomi sepeda
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Spoiler for anatomi sepeda
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Spoiler for anatomi sepeda
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Spoiler for anatomi sepeda
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Spoiler for anatomi sepeda
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Spoiler for anatomi sepeda
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]



Spoiler for anatomi sepeda
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


SEPEDA LIPAT
Spoiler for anatomi sepeda lipat
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


PART SEPEDA

Spoiler for anatomi fork suspension
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Spoiler for anatomi crank
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Spoiler for anatomi ban sepeda
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Spoiler for Anatomi Hydraulic Disc-Brake (Caliper)
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Spoiler for Anatomi Brake Lever
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Spoiler for Anatomi Hydraulic Brake Lever
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Spoiler for
Anatomi Rear Derailleur (RD)
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Spoiler for Anatomi Front Derailleur (FD)
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


Quote:
Original Posted By faizmh
Sekedar Info Tentang Headset


Ukuran Macam-macam Headset
Headset threadless yaitu cara pemasangan fork pada frame tidak menggunakan ulir atau pengencangan ulir. Sebagai gantinya dipakai baut pengunci pada penutup ujung fork yang disebut star locknut. Stem disini juga sangat berperan sebagai pengikat fork dan headset pada head tube frame.

Ukuran masing-masing headset tersebut :

a. Headset berdiameter 1 inch menurut (JIS) Japanesse Industrial Standard
- Fork Column Outside diameter 25.4mm (1”)
- Head Cup Race Outer diameter (OD) 30.0mm
- Dapat dipasang pada head tube dengan inner diameter (ID) 29.75-29.9mm
- Fork crown race ID 27.0mm
- Fork crown seat OD 27.1-27.2mm
- Threadless stem diameter 25.4mm (1”)

b. Headset berdiameter 1 inch menurut “Modern European” Standard
- Kebanyakan digunakan road bike dan beberapa MTB
- Fork Column Outside diameter 25.4mm (1”)
- Head Cup Race Outer diameter (OD) 30.2mm
- Dapat dipasang pada head tube dengan inner diameter (ID) 29.9-30.2mm
- Fork crown race ID 26.4mm
- Fork crown seat OD 26.5-26.7mm
- Threadless stem diameter 25.4mm (1”)

c. Headset berdiameter 1-1/8” Oversized
- Digunakan MTB, tandem beberapa roadbike dan BMX
- Fork Column Outside diameter 1-1/8” (28.6mm)
- Head Cup Race Outer diameter (OD) 34mm
- Dapat dipasang pada head tube dengan inner diameter (ID) 33.75-33.9mm
- Fork crown race ID 30.0mm
- Fork crown seat OD 30.1-30.2mm
- Threadless stem diameter 28.6mm (1-1/8”)

d. Headset berdiameter 1-1/4”
- Digunakan beberapa MTB, tandem
- Fork Column Outside diameter 1-1/4” (31.8mm)
- Head Cup Race Outer diameter (OD) 37mm
- Dapat dipasang pada head tube dengan inner diameter (ID) 36.75-39.9mm
- Fork crown race ID 33.0mm
- Fork crown seat OD 33.1-33.2mm
- Threadless stem diameter 31.8mm (1-1/4”)

e. Threadless BMX
Digunakan MTB sama seperti Headset berdiameter 1-1/8” Oversized

Berikut dalam tabel
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Semoga Bermanfaat!


Quote:
Original Posted By faizmh
[I]SEKEDAR INFO TENTANG MATERIAL FRAME[/I]


Dari whycycle.co.uk

Alloy:
Suatu hal yang membingungkan di dunia bisnis sepeda, bahwa alloy (logam paduan) secara spesifik adalah aluminium alloy (aluminium paduan). Suatu alloy (secara teknikal), adalah suatu metal yang diberi campuran sesuatu yang lain untuk meningkatkan kemampuan penggunaannya. Banyak sepeda  yang diproduksi secara massal saat ini dibuat dari aluminium alloy. Pabrik-pabrik menyatakan, bahwa mereka melakukan hal demikian, karena bobotnya yang ringan (meskipun sebenarnya tidak lebih ringan dari beberapa bahan baja yang baik). Salah satu alasan, mengapa pipa aluminium begitu sangat popular adalah karena lebih tebal dibandingkan baja, sehingga lebih mudah dilakukan pengelasan dengan robot yang dikendalikan computer. Aluminium alloy tidak berkarat, mesikipun garam di jalanan (di musim salju – wien) dapat membuatnya sedikit masalah. Aluminium alloy juga lebih indah dipandang dan berkilau. Sepeda aluminium bila dikendarai kadang dirasakan sedikit kaku, meskipun sebenarnya sangat kokoh, tetapi alloy yang lebih baru mampu mengatasi masalah ini. Anda harus ingat bahwa aluminium punya batasan waktu pakai (biasanya frame aluminium disertai garansi paling lama lima tahun sampai waktunya terjadi kelelahan).

Baja:
Bahan yang secara tradisional digunakan untuk membuat sepeda. Ada banyak macam tingkatan besi yang digunakan untuk membuat sepeda, dari pipa buang yang keras tetapi berat sampai ke alloy teknologi tinggi yang ekstrem ringan dan kokoh. Baja bukan suatu pilihan lagi, karena yang berkualitas baik terlalu tipis dilas dengan robot (tenaga manusia dengan ketrampilan tinggi dibutuhkan sebagai penggantinya). Frame baja yang baik masih dapat dipotong dan dibentuk dengan baik. Baja sedikit lebih lentur dibandingkan aluminium (bila dikendarai tidak terasa kaku). Frame baja akan berkarat, tetapi kalau dirawat bisa tahan sepanjang hidup (besi tidak kenal kelelahan seperti pada aluminium).

Titanium:
Sebuah material idaman. Lebih ringan dari hampir semua bahan lain yang digunakan untuk membuat frame sepeda, sangat kuat, tidak berkarat, tidak ada kelelahan, dan menghasilkan sepeda yang responsif (enak dikendalikan – Wien). Kalau demikian, apa kurangnya? Titanium meskipun bahannya relatif murah, sangat sulit dipotong dan dilas, sehingga frame titanium menjadi mahal.

Serat karbon:
Juga disebut sebagai composite, merupakan campuran pola serabut karbon dan resin epoxy (seperti fiberglass, tetapi menggunakan anyaman karbon dan bukannya gelas). Serabut karbon sangat kuat dan ringan, dank arena pabrik dapat memutuskan kearah mana jalur serabutnya, maka frame dapat dibuat begitu kokoh ke satu arah dan lentur di arah yang lain. Semua lapisan harus ditempelkan menjadi satu dengan saksama, sehingga harganya menjadi mahal sampai bisa cukup mencengangkan.

Magnesium:
Bahan ini telah digunakan di berbagai komponen seperti fork suspensi untuk waktu yang sudah cukup lama, dan sekarang mulai digunakan untuk membuat frame. Lebih ringan dari aluminium dan hampir sama kuatnya. Beberapa magnesium alloy bisa sedikit rapuh, tetapi bahan ini masih terlalu baru untuk dinilai daya tahannya untuk waktu yang lama.


Diterjemahkan oleh moderator dari posting djanggoman agar lebih mudah dipahami, sumber asli bisa dibaca di http://whycycle.co.uk/bike_jargon_buster/bike_frame_materials/ .


Semoga Bermanfaat!
bNdotzz - 14/02/2011 01:26 PM
#9

wah pecinta Gowes tok iki... D

Manteb gan... aku yo kadang seneng nggenjot D






—IWAN FALS MANIA™
ragesquad - 14/02/2011 01:29 PM
#10
koskasers
ngacir: WE ARE ngacir:
Spoiler for flew_meneer
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for ragesquad

★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for hanantosolo

★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for vindutz
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for Sw33tDety
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for gogone64
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for j4z
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for abyamovic
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for kidangtalung
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for bNdotzz
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for arie84
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for emodh13
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for mr.zabreak
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for owiecute
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for zeus
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for chrisans
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for abahepangua
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]

Spoiler for star69

★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]
super.pekok - 14/02/2011 01:52 PM
#11

tanya mas bro.. nek pit jengki hammer: utowo pit mini hammer: digawe fixie, kiro2 tuku pelek n ban-e sing tipis (diameter-e sing pas) kae neng ndi ya..???

nuwun..
mbulaksenthe - 14/02/2011 01:56 PM
#12

trit apik ki.... thumbup:
sak plok-e bermukim no wonogiri dadi seneng pit2an malus
ning yo paling pol tekan bendungan thok ngakaks


Quote:
Original Posted By super.pekok
tanya mas bro.. nek pit jengki hammer: utowo pit mini hammer: digawe fixie, kiro2 tuku pelek n ban-e sing tipis (diameter-e sing pas) kae neng ndi ya..???

nuwun..


pertanyaan yang sama :request

karo sing dodol onderdil & ban fixie no Solo ngendi yo?
super.pekok - 14/02/2011 02:04 PM
#13

ngene ki termasuk fixie durung om..?? hammer: think:

Spoiler for fixie
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]
bNdotzz - 14/02/2011 02:09 PM
#14

Quote:
Original Posted By ragesquad
hayoooo "nggenjot" opo... wkakakakak... sik ngeres kiD kissing:


Yo genjot sepeda lah kang mosok becak hammer:

Quote:
Original Posted By super.pekok
ngene ki termasuk fixie durung om..?? hammer: think:

Spoiler for fixie
★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]


ketoke ra termasuk kang, lha raenek gir e.......... o




—IWAN FALS MANIA™
hanung_ceneel - 14/02/2011 02:12 PM
#15

Quote:
Original Posted By ragesquad
yo nek meh melu nyilih yo rapopo kang.. sing penting gowes hehehe


ngendi kang? mj9? gearshifterku rodok rusak kie.. sopongerti service tradisional ngono malah murah hehehe...

enak mtb gan,., iso tekan ngendi2 nek fixie dalam kota tok (no offensengakaks ) kncoku tuku frame 2nd rosok 60rb,. ban 400ewu,. tetek bengek total 1,5an.. garek pilihan sparepart-e kang.. btw sastra yo? ak senirupa hehehe

hambok ayo neng car free day hehehe..


iyo lor e Mj9...wes termasuk karang anyar jane..lha wes mlumpat kali...DD
super.pekok - 14/02/2011 02:14 PM
#16

Quote:
Original Posted By bNdotzz


Yo genjot sepeda lah kang mosok becak hammer:



ketoke ra termasuk kang, lha raenek gir e.......... o




—IWAN FALS MANIA™


brarti.. fixed wheel kuwi... o
flew_meneer - 14/02/2011 02:16 PM
#17

selamat buat thread barunya..beer:


ayo kapan ki pit2an bareng..DDD
pnnano - 14/02/2011 02:17 PM
#18

aku seneng pit2an ...D
pitku jaman tak nggo sekolah pas smp jik apik , aku paling pit2an pas carfreeday dinggo pit kui .
muhammadlo - 14/02/2011 03:12 PM
#19

apik iki, kapan ts meh ngadake pit2an bareng o
haryokasep - 14/02/2011 03:26 PM
#20

Wah mantebh kiy trit e. . .
Sayang e aku wis ra duwe pit. . .berduka
Page 1 of 311 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JATENG DIY > Solo > ★ ★ ★ KOSKAS SOLO ★ ★ ★ seng seneng pit2an mlebu rene [no junk]