Kendaraan Roda 2
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 2 > VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
Total Views: 63626 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 94 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

mbhawol - 16/02/2011 06:10 PM
#1
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
thread ini dibuat untuk para pemakai motor viar(all variant kecuali yg roda 3)
silahkan sharing tentang kendaraan viarnya disini.

SEBELUM BERGABUNG DAN MEMPOSTING SESUATU TOLONG PERATURANNYA DIBACA TERLEBIH DAHULU!!!!!!

bagi yang pengen gabung/tanya-tanya tentang sepeda motor viar langsung aja ikutan nimbrung kita terbuka nrima siapa saja.

bagi yang punya sepeda motor viar dan pengen gabung wajib!!!memajang sepeda motor viarnya disini,tujuannya untuk sensus anggota siapa aja yang benar-benar pemake viar dan juga sebutin domisili ente dimana.
nt kl sudah memenuhi 2 syarat yang saya sebutin tadi akan langsung saya masukkan ke dalam list anggota.

disini(tolong dibaca dan dimengerti):

1. dilarang memposting sesuatu yang sifatnya menyampah (junk).
Mengenai Junk Post
Yang Dimaksudkan Dengan Junk Post Adalah Setiap Post Yang Tidak Mempunyai Kaitan Apapun Dengan Topik Bahasan.

Dilarang Melakukan Segala Macam Bentuk Posting Yang Bersifat Junk Seperti Yang Disebutkan Di Atas.

One-Liner (Post Sebaris / 1-3Kata) Termasuk Kategori Junk dan harus dihindari.

2. budayakan multiqoute!!!!
3. dilarang memposting sesuatu yang bersifat sara yang bisa menyinggung perasaan. nosara
4. Biasakan cek PAGE ONE terlebih dahulu sebelum bertanya.
5. kata-kata dalam postingan harap dijaga(sopan),dilarang memposting kalimat yang dapat membuat flaming(amarah).
6. kalau ingin memposting gambar/video tolong gunakan spoiler agar koneksi kaskus bisa lebih lancar
7. semisal ente melakukan kesalahan apapun itu tolong segera di [SIZE="3"]edit terutama jika kesalahan tersebut adalah dopost alias double posting
8. gunakan prime ID, no klonengan batas
9. jika ente melakukan postingan tanggapan dengan cara meng_qoute postingan orang lain lalu tiba-tiba ente berniat melakukan penambahan isi tanggapan lagi maka editlah isi postingan tanggapan ente tersebut, jangan melakukan postingan yang maksud intinya sama secara berurutan. terkecuali jika postingan tanggapan ente tersebut memang sudah tenggelam.
10. Pembahasan Yang Bersifat Oot Boleh Dilakukan Selama Esensi Posting Utama Tetap Berkaitan Dengan Trit Ini.
11. Hal-hal yang belum tercantum akan ditambahkan seiring berjalannya waktu.
[/SIZE]
ok selamat bergabung

DAFTAR SEMENTARA ANGGOTA VIRUS
Spoiler for JAWA

[spoiler=JOGJAKARTA]
dhinilouva (vioR)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
incengpro (vx2/tx150)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
[spoiler=kaliurang]
specializt (vx1)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
[/spoiler]

Spoiler for JATIM

[spoiler=SURABAYA]
kaskus72 (vioR)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
doniart (vx2/TX)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

Spoiler for JOMBANG

mbhawol 'ts' (vioR)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

Spoiler for PANDAAN

supervior (vioR)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

Spoiler for SIDOARJO

a17dyrs (vioR)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

[/spoiler]

Spoiler for JAKARTA

ituz (vx1)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
banderazt (vioR)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]


Spoiler for JABAR

[spoiler=bogor]
riy4an (vx2/tx)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

Spoiler for bekasi

jerry1809 (vx2/TX)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

Spoiler for BANDUNG

X_J4P4N (vx2/TX)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
bkelektrik (vx2/TX)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

Spoiler for cirebon

aistea (vioR)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

Spoiler for SUMEDANG

miaaaaaw (star mx)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
[/spoiler]

Spoiler for BANTEN

[spoiler=TANGERANG]
blegon25 (vioR)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
pasadira (vioR)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
Lontjer (star cx)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

Spoiler for LEBAK

mayor41 (vx1)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
[/spoiler]

Spoiler for JATENG

[spoiler=TEGAL]
usud (star cx)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
shadowXYZ (maxi pro)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

Spoiler for SEMARANG

pratama_bagoes (vx1)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
tukangsewot (star cx)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

Spoiler for SALATIGA

bagusrianto (vioR)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
[/spoiler][/SPOILER]

Spoiler for SUMATERA

[spoiler=SUMSEL]
[spoiler=PALEMBANG]
erikbae (star cx)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
[/spoiler]

Spoiler for Jambi

kauguya (vior)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
[/spoiler]

Spoiler for kalimantan

[spoiler=kalbar]
[spoiler=pontianak]
Huda01 (vix-R)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
[/spoiler]

Spoiler for kalteng

[spoiler=sampit]cb23 (vx2/tx)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

[/spoiler][/spoiler]

Spoiler for sulawesi

[spoiler=sulsel]
yuan138 (vx2/tx)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
[/spoiler]

contact viar motor
Spoiler for contact

KANTOR PUSAT
Jl. Danau Agung Selatan, Blok O III No. 38, Sunter Jaya, Jakarta Utara 14350
Telp. 021-6583 2202 / 65302078
Fax. : (021) 6583 2157

PABRIK
Terboyo Industrial Park Blok N-2 Semarang - 50118
Telp. 024-6585250
Fax. 024-6585251

link Email
http://viarmotor.com/index.php/contact

SMS Center : 081399920038

FB : https://www.facebook.com/viarmotor
twitter : http://www.twitter.com/viarmotor


daftar dealer viar
Spoiler for jawa

[spoiler=jatim]
-surabaya
kawitan jaya motor, barata jaya 19 no58 telp:031-5021605

-jombang
sr motor,jl pahlawan 33A Telp:0321-853053

-mojokerto
sr motor,Jl Gajahmada 35 Telp:0321-383756

-madiun
sr motor,Jl K H Agus Salim no 111A Telp: 0351-451631

-krian
sr motor,Jl Raya Surabaya-Krian KM27 Ponokawan telp:031-81507397


Spoiler for jabar

-bandung
1. Mega Jaya Motor - sdh tdk jual Viar lagi. Tp msh bisa sebagai bengkel referensi Viar.
2. Putra Parahyangan Motor ada 3 cabang:
- Rancaekek: Km22.5 telp 022-779 2555 (2km dr pintu tol cileunyi)
- Cipadung Raya No 190 telp 022-780 9555
- Sumedang: Jl Prabugajah Agung (Lembur Situ) 0261-205030
3. 77 Motor, Jl Rancabolang No.104 Margahayu, Kec Margacinta Kotamadya Bandung ( Sebelah Terminal Rancabolang , Dekat Brownies kukus Amanda ) Telepon 022 - 750 2964
4. PT. Trimitra Sukses Makmur, Jl. Raya Cimareme No 350A-D, Padalarang Bandung, Jawa Barat. Telp 022 6867764 Fax 022 6867843

-tasikmalaya
1. PRATAMA MOTOR Jl. Veteran No. 22, Telp. 0265-334927/0813-2065-4299

Spoiler for jateng

-semarang
1. KENCANA LAJU MANDIRI Komp. Ruko Jurnatan BLOK B. No. 5, RT.002/003 Kel. Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah Telp. 024-3547277


Spoiler for banten

-tangerang
1. MULTI DIMENSI MOTOR Jl. Ruko Paramount Spark B01, Gading Serpong, Kelapa Dua, Tangerang Telp. 021-59494639
[/spoiler]

Spoiler for bali

-denpasar
1. "IRIAN MOTOR" Jl. HOS Cokroaminoto No.57 Ubung, Telp. 0361-423531


Spoiler for sumatera

[spoiler=sumut]
-medan
1. KENCANA LAJU MANDIRI, Jl. Pukat Harimau No. 117, Bantan Timur, Medan Tembung. Telp. 061-4556346.
[/spoiler]
mbhawol - 16/02/2011 06:26 PM
#2

PARTS SUBSTITUSI SEPEDA MOTOR VIAR
Spoiler for vioR

-kones setir/bearing komstir=yamaha bebek(jupiter/vega)
-klep masuk=klep masuk honda cs1
-per cvt (standart vioR 2000rpm)=honda vario
-piece slide=kymco trend/metica
-karet roll standart tengah=karet damper shock mobil ukuran 30 10.15
[spoiler=karet damper]VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

-cdi=suzuki shogun 110
-kampas rem depan=honda suprax yang sudah di potong bagian ujung pengaitnya
Spoiler for kampas
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

-v_belt=ymh mio/nouvo
-roller (standart vioR 9gram)=vario
-mangkok kopling=kymco tsr/vario
-kampas kopling=kymco trend/bisa juga pake punya vario tp musti 1 set soalnya kl beli sepatu kampasnya aja malah g bisa dipasang. nah 1 set kampas kopling itu seperti apa? monggo cek gbr berikut
Spoiler for kampas kopling 1 set
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

-shock belakang=ymh nouvo/suzi skywave
-kampas rem belakang=jupi mx,mio,vega zr,vixion,jupi 115 tapi harus dipapas dulu supaya bisa bersemayam didalam tromol dengan sempurna bagian yang harus dipapas lihat gambar
Spoiler for papas kampas rem
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

-jok assy=ymh mio
-spion=honda(14mm drat kanan semua)
-kabel spido=szk smash/astrea 800
-tuas rem ka_ki=mio
-backhel=mio soul
-busi=honda astrea grand
-gear speedo assy=yamaha fiz-r/f1 tapi ukuran oli sealnya harus diganti ukuran standard vior 40 50 5 sedangkan bawaan fiz-r lebih gede 42 50 6
-oli seal rumah gear speedo=gl/supra
[/spoiler]
Spoiler for star cx

-busi=honda astrea grand
-gear depan=honda supra lama/grand
-gear belakang=jupie z/vega
-kabel speedo=fiz r
-karet footstep depan=gl max/pro
-piston=grand

Spoiler for vx1

-kabel speedo=smash,shogun,thunder

Spoiler for vx2/tx150

-kabel kopling assy=honda tigi
-manifold=honda megapro/gl pro manifold
-koil=tiger atau yz 125.
-kiprok=tiger
-stang=tiger ori/megapro ori(efeknya bisa mengurangi getaran, lebih baik lagi berikut dengan balancernya)
-bak kopling=honda tiger bak kopling
-gear depan_belakang=honda GL
-main jet & pilot jet=GL pro main & pilot
-cdi=honda tiger
-kampas kopling=megapro
-house kopling=megapro

Spoiler for daftar macam ukuran bearing yang digunakan sepeda motor viar

[spoiler=vioR]
-roda depan=6200

[/spoiler]
Spoiler for daftar macam ukuran oli seal yang digunakan sepeda motor viar

[spoiler=vioR]
-oli seal bearing roda depan=20 32 5 (ukuran ini tidak bersifat baku jadi bisa diganti menyesuaikan barang yang ada dipasaran dengan catatan yang dirubah ukuran tebalnya. angka terakhir menunjukan ketebalan jadi seumpama ukuran std tidak ada,adanya 20 32 7 ukuran ini bisa dipakai)
-oli seal rumah gear speedo=40 50 5
-oli seal bearing arm roda belakang=25 40 5

[/spoiler]
mbhawol - 13/03/2011 08:16 AM
#3

BEBERAPA MASALAH YANG TIMBUL PADA SEPEDA MOTOR VIAR DAN CARA MENANGGULANGINYA
Spoiler for vx2 / tx 150

[spoiler=mengatasi mesin brebet]
langsung saja menuju postingannya suhu doniart motor brebet

Spoiler for mengatasi stang bergetar
disarankan ganti stang lebih pendek u/ kurangi getaran atau ganti dengan milik tiger ori atau stang megapro ori, sekalian balancer-nya. Atau pasang besi balancer pada kedua ujung stang. besi balancer lebih berat lebih baik.

Spoiler for mengatasi bunyi berisik dari arah belakang
klik
atau bisa juga hal tsb disebabkan oleh baut pada dudukan kaliper kendor, kl iya solusinya cukup dikencangkan lagi sajaVIRUS [Viar Owner @Kaskus]

Spoiler for selongsong gas berasa berat

pegas skep yang ada di karbu di potong supaya enteng muter gripnya

Spoiler for kaki terasa panas saat berkendara

bagian header knalpot (bila dirasa kurang bisa dibungkus hingga ke bagian tengah / hampir ke silenser) dibungkus pake exhaust wrap yang biasa dipakai pada mobil atau motor custom.
contohnya seperti iniVIRUS [Viar Owner @Kaskus]

Spoiler for shock usd berasa keras

shock belakang di tinggin 1 cm alhasil berat motor agak kebagi kedepan dikit akibatnya usd terasa lebih empuk dari sblmnya

Spoiler for Mengatasi tembakan knalpot TX
[/spoiler]

Spoiler for vioR

[spoiler=suara "jeduk" saat memposisikan dengan standart tengah]klik

Spoiler for suara kletek-kletek didalam knalpot

penyebabnya adalah karena glasswoll di dalam knalpot sudah mulai berkurang sehingga sekat knalpot bergetar menimbulkan suara yang tidak nyaman didengar oleh telinga...
apalagi konstruksi knalpot vioR 'rada aneh' yaitu sekat knalpot yang ada didalam knalpot itu tidak dilas mati ke tabung knalpotnya,hanya ditahan oleh lapisan saringan dan glasswoll saja,jadi kl glasswoll berkurang otomatis sekat tidak ada yang menahan maka timbulah suara 'gaib' itu tadi
[spoiler=konstruksi knalpot vior]VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

kl udah terlanjur begini ya musti bedah knalpot dan mengelas sekat ke tabung knalpotnya supaya tidak bergetar,jumlah sekat knalpot vioR ada 2 biji bro..
Spoiler for proses pengelasan
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

setelah sudah selesai tinggal rapikan las-lasannya yang rada timbul pake gerinda dan jangan lupa dicat ulang gan,biar g karatan D
Spoiler for proses finishing
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

[/spoiler]
Spoiler for suara "cethok!!" pada bagian depan
masalah ini biasanya timbul pada shock depan,nah sebelum ente membongkar shock depan harap ente rasakan dulu. apakah suara cethok itu timbul saat shock tertekan atau saat memantul??.
kl saat menekan berarti shock depan ente kurang oli,caranya tambahkan oli shock secukupnya pada kedua shock depan,bisa di takar menggunakan bekas tutup oli.
jk saat memantul itu berarti per rebound(per pendek yang ada di ujung bawah shock) terlalu lembek,solusinya ganti per rebound ente dengan yang lebih keras.

Spoiler for jok berasa geal-geol pada bagian belakang
masalah ini timbul lantaran karet penampang jok tidak menapak sempurna pada frame akibatnya jok seperti melayang g ada tahanannya, solusinya mudah saja tinggal cari sandal bekas setebal 1cm lalu gunting sesuai luas karet penampang lalu dilem pake castol.
(tebelnya jangan lebih dari 1cm ya soalnya nanti bakalan susah ditutup joknya)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

Spoiler for electric start tewas
penyebab masalh ini biasanya di timbulkan karena kabel massa yang ke dinamo start terjepit dan putus,ada juga yang gara-gara solderan kabel di leher stang yang kejepit trus putus.

Spoiler for suara besi beradu saat melibas jalan bergelombang
ada 2 penyebab, yang pertama penyebabnya dari roll standart tengah ente sudah peyang alias hancur solusinya segera ganti roll ente dengan karet damper shock mobil ukurannya bisa di lihat di daftar parts subtitusi,jangan lupa saat akan memasang kembali beri sedikit pelumas agar roll bisa berputar dengan lancar.
yang kedua roll berikut dudukan roll ente sudah raib alias lepasVIRUS [Viar Owner @Kaskus] jika di biarkan akibatnya bisa seperti iniVIRUS [Viar Owner @Kaskus]
cara mengatasinya segera pergi ke tukang las untuk membuat dudukan roll dan bushing rollnya,untuk bushing roll mungkin ente butuh bantuan tukang bubut untuk menyesuaikan diameter yang dibutuhkan,untuk roll bisa pake karet damper shock mobil yang saya sebutkan tadi.
KASUS KUSUS:jika sudah terlanjur sehingga rumah cvt ente sampai bolong. solusinya segera pergi ke tukang las diral untuk menutup lubang tersebut.
SARAN FROM TS:sebenarnya masalah ini bisa kita atasi sejak awal melalui kebiasaan kita dalam menaikan standart tengah,biasanya saat akan menaikan standart tengah biasanya motor langsung di dorong tanpa menahan standart tengah,alhasil jika begini terus roll bisa peyang dan rusak,harusnya saat akan menaikan standart tengah kaki dalam posisi siap menahan standart lalu kedua tangan mendorong motor ini baru langkah yang benar.

Spoiler for gregel-gregel saat berakselerasi

masalah ini biasanya timbul karena daleman cvt kotor solusinya semua bagian cvt di lepas lalu dibersihkan dan di beri cvt grease pada pulley belakang dan ketiga as kampas kopling.
jangan lupa saat bersih-bersih cek juga kondisi roller,kampas kopling dan rumah kopling karena jika parts ini sudah rusak juga bisa menimbulkan gejala gregel-gregel.
ciri roller yang sudah minta ganti yaitu bentuknya sudah tidak bulat lagi karena terkikis pada bagian sampingnya.
ciri kampas kopling yang sudah minta ganti yaitu kondisi kampasnya yang sudah tipis +- 1-2mm.
ciri rumah kopling yang rusak yaitu pada permukaan yang menerima gaya gesek dari kampas kopling sudah tergerus membentuk alur yang cekung.

Spoiler for spakbor kolong gampang amblas

Spoiler for suara decit saat membawa beban berat ataupun saat melibas jalan keriting
suara decit bisa ditimbulkan dari 2 faktor:
pertama cek baut knalpot biasanya kendor solusinya kencangkan dan beri sedikit oli.
kedua as standart tengah dan roll stdrt tengah kering solusinya lumasi as standart tengah(kanan-kiri) berikut rollnya karena di vioR mekanisme standart tengah ikut berayun ketika cvt berayun berbeda di skutik kebanyakan yang standart tengahnya tidak ikut mengayun.

Spoiler for rem belakang kurang pakem
ada 2 cara untuk mengatasinya.
1.memendekan jarak main rem,dibuat sependek mungkin.
2.membuatkan alur pada kampas remnya dengan menggunakan gergaji besi,alurnya dibuat menyilang.
3.ganti kampas rem belakang dengan kualitas yang lebih baik.

Spoiler for kick start macet
untuk masalah ini solusinya mudah saja,cukup bongkar cvt dan bersihkan seluruh komponen kick start(gear,bushing,pegas,dll) dengan bensin,harus benar-benar bersih ya.... setelah bersih beri grease pada komponen-komponen yang mengalami gaya gesek,selesai dijamin maknyuss dah D

Spoiler for tombol klakson macet/tidak mau membal
tetesi sisi-sisi samping tombol klakson dengan oli,bisa menggunakan lidi/obeng kecilVIRUS [Viar Owner @Kaskus]

Spoiler for tutup tangki bbm kurang rapat
bisa di betulkan dengan cara menambah karet tutup tangki pake ban dalam bekas. jadi ban dalam di gunting sesuai ukuran terus langsung di pasang di tutup tangki,oh iya menempatkannya di tumpukan paling atas yaaa,jadi biar yang bersentuhan dengan bibir tangki tetap karet aslinya

[/spoiler]
mbhawol - 13/03/2011 08:18 AM
#4

tips and trik
Spoiler for vioR

[spoiler=membuka batok lampu depan]
mungkin ada yang bertanya 'loh membuka batok aja kok pake tutorial?' eits jangan salah masbro. di vioR membuka batok lampu depan aja bisa jadi masalah serius kl g bisa.
g percaya? silakan telusuri page demi page di virus maka ente akan nemuin ada salah satu kaskuser yang sampe pusing pas mau ngebuka batok lampu depan,ok langsung aja kita mulai tutornya.
1. langkah paling pertama adalah membuka segitiga tebeng depan,caranya ente musti buka dulu kedua baut segitiga tebeng depan yang ada dibalik dek.
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
2. selanjutnya ente tinggal membuka plat nomor depan beserta dudukannya
3. jika plat nomor beserta dudukannya sudah lepas lanjutkan dengan menslide segitiga tebeng depan kebawah
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
4. jika sudah dislide tinggal dibuka segitiganya dengan cara mengungkit ujungnya terlebih dahulu.
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
jika sudah diungkit maka segitigapun dapat dengan mudah dicopot
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
5. kl sudah tinggal membuka kedelapan baut batok lampunya,dan akhirnya batok bisa dibuka.
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

Spoiler for membetulkan lampu yang oblak

ada yang pernah merasa headlamp vioRnya bunyi 'klotak-klotak' saat melewati jalan keriting/jalan yang rusak? bisa jadi ente sudah kehilangan benda ini
[spoiler=klip pengunci headlamp]VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

apa sih fungsinya ni barang? fungsinya yaitu mengikat reflektor ke batok lampu supaya reflektor bisa duduk manis didalam batok dan tidak goyang.
Spoiler for klip pengunci
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

nah lantas bgmn dong? daripada pusing nyari ni parts mending diakal gan pake kawat bendrat.
caranya begimane?
gampang,langkah pertama tentu ente musti nyopot dulu batok lampu jika sudah maka akan terlihat pemandangan seperti ini
Spoiler for klip pengunci headlamp raib
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

ini di motor ane kasusnya yang hilang cuma 1,meski yang copot cuma 1 tp efeknya cukup mengganggu pendengaran dan penglihatan.
jika sudah tau ada klip pengunci yang raib lanjutkan dengan melepas reflektor lampunya,jika sudah langsung lubangi tempat klip pengunci headlamp,tempat melubanginya tepat di depan lubang kotak yang ada di tempat klip pengunci headlamp,lubangnya buat 2 ya..
Spoiler for membuat lubang
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

lubang sudah terbuat,tinggal masukkan kawat kedalam lubang yang telah dibuat tadi
Spoiler for memasukkan kawat
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

jika sudah,pasang kembali reflektor lampu dan kaitkan kawatnya ke dalam lubang yang telah ada di reflektor lampu,seperti ini...
Spoiler for mengaitkan kawat
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

sudah? lanjutkan dengan memuntir kawat supaya kawat bisa mengikat reflektor lampu ke batok lampu dengan kuat
Spoiler for hasil puntiran
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

supaya rapi dan tidak melukai tangan saat bongkar-bongkar nanti,ada baiknya kawat dipotong mentok/ditekuk kedalam supaya aman,tp kl ane pribadi lebih suka ditekuk,soalnya biar nanti saat bongkar-bongkar bisa dibuka lagi dan kawat bisa dipake lagi. D
Spoiler for ditekuk
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

oh iya,bagi yang klip penguncinya msh tersisa 1 ada baiknya rapatkan kembali klip penguncinya dengan cara di press pake tang supaya lebih kuat.
jika sudah selesai,pasang kembali semua parts yg sudah ente copot...dan vioR ente sudah siap diajak jj lagi D[/spoiler]
Spoiler for membenahi mesin yang geal-geol kanan-kiri (kurang rigid)

untuk membenahi mesin yang geal-geol yang pertama di cek adalah baut bushing engine mountingnya dulu. knp? karena posisi bautnya mudah dijangkau jadi komponen ini yang di cek dulu.
[spoiler=langkah-langkah mengecek baut bushing engine mounting]
1. pertama buka baut yang mengikat cover bawah sebelah kanan, yang dibuka cuma 2 baut terbelakang aja ya.
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
2.jika sudah dilepas bautnya selanjutnya tinggal membuka covernya sambil memasukkan kunci T 14mm lalu kencangkan bautnya seperti gambar berikut. oh iya supaya cover bisa dibuka, unfold dulu footstepnya ya...
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

setelah baut bushing engine mounting dikencangkan tp tyt masih saja geal-geol.
maka langsung saja beralih ke baut bushing engine bracket.
Spoiler for langkah-langkah mengecek baut bushing engine bracket

1. pertama buka dulu dek tengah yang nutupin engine block, jumlah baut yang harus dibuka ada 4 biji, yang diberi tanda lingkaran merah.
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
2. selanjutnya lepas akinya
3. lalu lepas bagasinya, jumlah bautnya ada 4 biji (lingkaran merah)
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
4. lanjutkan dengan melepas box filternya, ada 3 baut yang harus dibuka. baut klem karburator dan kedua baut box yang nempel di cvt.
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
setelah itu cabut selang pernafasan mesin dan selang pernafasan gearbox dari box filter
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
5. kelima lepas bodynya. ada 10 baut yang harus dibuka masing-masing 5 kanan-kiri. posisi antara baut body kanan dan kiri sama semua.
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
baut body selanjutnya ada dibawah spakbor belakang
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
baut body yang terakhir letaknya ada di balik body bagian depan,maap lupa fotonya hammer pokoknya ente cari disitu ada baut yang posisinya lurus vertikal ya itu yang harus dibuka
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
lanjutkan dengan melepas behel dan baut cover atas lampu belakang.
setelah behel dan baut cover atas lampu belakang sudah dilepas maka body bisa dilepas.
cara melepasnya tidak sembarangan musti hati-hati karena antara body kanan dan kiri jadi 1 maka harus ditarik secara bersama, saat melepas jangan lupa cabut soket lampu belakang.
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
(untuk melepas body ini sebenarnya bisa tidak dilakukan,jadi bodynya hanya di tekuk lalu kita kencangkan baut engine bracket tp cara ini sebaiknya dihindari karena body terbuat dari plastik yang rawan patah jadi berbahaya kalau ditekuk-tekuk maka lebih baik dilepas saja)
6. nah setelah melalui proses panjang tadi baru kita bisa memeriksa bushing engine bracketnya, kencangkan bautnya menggunakan kunci T 12mm.
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]

setelah selesai mengencangkan seluruh baut bushingnya lakukan cek ricek. jika masih geal-geol maka sudah tidak ada cara lain selain ganti seluruh bushingnya (bushing engine mounting dan bushing engine bracket).
tapiiiiii jika sudah hilang geal-geolnya berarti masalah sudah teratasi, seperti yang pernah terjadi pada vioR ane, tyt hanya cukup mengencangkan baut-baut bushingnya geal-geol sudah hilang.[/spoiler]
[/spoiler]
Spoiler for vx2/tx

[mencuci vx2/tx yang benar setelah offroad]
klik
bagusrianto - 24/03/2011 10:21 PM
#5

foot step tambahan yang bawah ada yg jual gan?

viorku msh versi awal.
mbhawol - 25/03/2011 05:37 AM
#6

Quote:
Original Posted By bagusrianto
foot step tambahan yang bawah ada yg jual gan?

viorku msh versi awal.


Mgkn bisa custom sendiri gan,dudukan footstepnya buat dari plat yg tebel skitar 3mm/4mm trs footstepnya kanibal dr motor lain Atau sampean pesan lgsg k dealernya mgkn bs gan.VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
darsonosu - 29/03/2011 10:30 AM
#7

Kamis, 24 Maret 2011 14:35 WIB
Info Bisnis
Viar Klaim Masuk 4 Besar Penjualan Sepeda Motor Nasional

Pabrikan sepeda motor, Viar mengklaim dirinya berada di posisi empat besar penjualan sepeda motor di Indonesia. Viar mengaku telah menjual 96.807 unit sepeda motor sepanjang 2010. Angka ini lebih tinggi dari angka penjualan Kawasaki yang mencapai 87.004 unit di tahun 2010.

Dengan angka penjualan sebesar itu, Viar yakin berada di posisi ke empat penjualan sepeda motor di bawah Honda, Yamaha dan Suzuki. Tapi bila dibandingkan dengan tiga anggota AISI lainnya (Kawasaki, TVS dan Kanzen), Viar ada di atasnya.

Penjualan Viar di tahun 2010 ini meningkat 58 persen dari tahun sebelumnya yang hanya 61.293 unit. Pertumbuhan angka penjualan ini tak lepas dari terus dikembangkannya jaringan penjualan Viar di seluruh Indonesia.

"Kita gunakan cara baru. Kita rapikan jaringan dealer kami, tapi tetap di second city," ungkap Akhmad Zafitra Dalie, GM Marketing PT Triangle Motorindo, pemilik merek Viar.

Hasilnya memang Viar mampu meraih penjualan cukup tinggi di beberapa daerah di Indonesia. Pasar terbesarnya ada di Sulawesi Selatan dan Barat yang mampu menjual 18.050 unit.

Sedang posisi kedua ada di Sulawesi Utara, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di tiga daerah ini, angka penjualannya mencapai 12 ribu unit sepanjang tahun 2010. Tipe bebek tetap jadi primadona dengan penjualan mencapai 71,5 ribu unit.

Di tahun 2011, Viar memproyeksikan peningkatan penjualan hingga 120 ribu unit. "Kita sudah siapkan beberapa langkah, salah satunya menambah kapasitas produksi di pabrik kami yang baru," jelas Dalie yang tetap konsisten menjual motor di bawah Rp 10 jutaan.

Viar sedang dalam proses membangun pabrik baru di Semarang Jawa Tengah. Pabrik di lahan seluas 20 hektar ini memiliki kapasitas produksi hingga 40 ribu unit perbulan, atau dua kali lipat dari pabrik yang saat ini gunakan Viar. (motorplus-online.com)

Merek
Penjualan 2010
Honda
Yamaha
Suzuki
Viar
Kawasaki
TVS
Kanzen
3.418.632 unit
3.345.680 unit
526.003 unit
96.807 unit
87.004 unit
19.435 unit
1.890 unit Data AISI 2010, dan penjualan VIAR

Penulis : Popo | Teks Editor : Nurfil | Foto : Viar

http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/03/24/317400/30/9/Viar-Klaim-Masuk-4-Besar-Penjualan-Seped a-Motor-Nasional
mbhawol - 01/04/2011 02:02 PM
#8

Ayo" bagi para penunggang viar,di pajang dimari dnk kendaraan viarnya,narsis dikit gpp dnk :-D
VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
cjohanes - 01/04/2011 02:15 PM
#9

dulu ane pernah ngelamar kerja di viar, eh dipanggil intview, cuma sayang pas mo brangkat intview ane sakit..batal deh kerja di situ nohope:
hehehehe jd curhat o
mbhawol - 01/04/2011 07:21 PM
#10

Quote:
Original Posted By cjohanes
dulu ane pernah ngelamar kerja di viar, eh dipanggil intview, cuma sayang pas mo brangkat intview ane sakit..batal deh kerja di situ nohope:
hehehehe jd curhat o


Di pabriknya gan?VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
_medancity - 01/04/2011 08:34 PM
#11

Quote:
Original Posted By Olel
Gan nomor mesinnya tolong liatin dong, karena dari nomor mesin ketauan
Jenis mesinnya oke atau ga
Nomor mesinnya share dimari ya?


buset baru tau ane bisa gitu cara cari tau nya

nice info gan
blegon25 - 25/04/2011 08:44 AM
#12
tanya
kalo udah rame yang punya bikin komunitas kumpul y gan. Ane lagi nunggu keputusan lising neh buat menggaet vior putih kayak punya agan ilovekaskusiloveindonesia
aaofik - 25/04/2011 09:49 AM
#13

awalnya tertarik dari berita media, terutama yg menyasar harga di bawah 10jt..cuman kayaknya susah dicari infonya. karena kurangnya informasi dari komunitas. terutama pesaingnya dengan mio awal yang harganya tidak terpaut jauh.

[code] http://viarmotor.com/index.php/vior [/code]

semoga aja klo info komunitas dah banyak, kan bisa jadi pilihan.
mbhawol - 25/04/2011 10:32 PM
#14

Quote:
Original Posted By blegon25
kalo udah rame yang punya bikin komunitas kumpul y gan. Ane lagi nunggu keputusan lising neh buat menggaet vior putih kayak punya agan ilovekaskusiloveindonesia


boleh juga tuh gan,btw agan posisi dmn?

Quote:
Original Posted By aaofik
awalnya tertarik dari berita media, terutama yg menyasar harga di bawah 10jt..cuman kayaknya susah dicari infonya. karena kurangnya informasi dari komunitas. terutama pesaingnya dengan mio awal yang harganya tidak terpaut jauh.

[code] http://viarmotor.com/index.php/vior [/code]

semoga aja klo info komunitas dah banyak, kan bisa jadi pilihan.


makanya gan ane buat thread ini supaya kita bisa ketemu pengguna motor viar yang lain dan saling berbagi informasi
blegon25 - 27/04/2011 07:54 PM
#15

gan ane mau tau testimoni agan dunk semenjak nyemplak vior putih, misalnya pengalaman menarik dan menyebalkannya. Kalo bisa jangan ditutup-tutupin y gan. Apa adanya ajashakehand2

Oh, iya ane domisili di Tangerang gan. Sampe saat ane nulis ini gan sumpeh blom liat viar vior di jalan gan. Cuma sekali liat vior merah dipake ibu-ibu waktu service rutin di dealer. Nah kebayang kan bagaimana jadi pusat perhatiannya penyemplak viar vior di daerah saya iloveindonesia
mbhawol - 27/04/2011 11:24 PM
#16

Quote:
Original Posted By blegon25
gan ane mau tau testimoni agan dunk semenjak nyemplak vior putih, misalnya pengalaman menarik dan menyebalkannya. Kalo bisa jangan ditutup-tutupin y gan. Apa adanya ajashakehand2

Oh, iya ane domisili di Tangerang gan. Sampe saat ane nulis ini gan sumpeh blom liat viar vior di jalan gan. Cuma sekali liat vior merah dipake ibu-ibu waktu service rutin di dealer. Nah kebayang kan bagaimana jadi pusat perhatiannya penyemplak viar vior di daerah saya iloveindonesia


Waduh jaoh bgt gan :-o
Ane domisili di sby tp rutin plg k jombang gan,yah 2 mggu skali lah.

Ok lgsg aja y gan
Beberapa hal yg saya alami:
-baut"nya banyak yg krg kenceng gan,jd kita musti ngecek bgtu kluar dr showroom.
-bushing engine mounting hrs rutin disemprot pelumas kl g bisa bunyi decit pas motor mantul".
-spedometer pas 80km/jm g stabil jd jarumnya agak bergetar gt,stelah ane tanyain k mekanikny ktnya 'gpp kok memang smua jg gt' punya saya smp skg spedony fine" aja tuh msh bs bekerja dgn baik tp y it td pas 80 agak getar jarumya.
-kampas rem blkg krg menggigit kudu punya skill lebih buat ngerem si vio ini,hahaha
Tp lama" g kok gan.
-suara mesinnya agak aneh gan ky serak gt,tp pas uda jalan haluuuusss bgt.
-kulit jok harus ditata ulang kl dr pabrik jelek gan ibarat kulit cewek nih kurang kenceng,hehe
Solusinya bw k tukang jok suruh ngencengin aja.
-pas pertamax temen" ane tau ane bli vio y ada lah gan yg komeng jelek blg gni 'buat apa lu bli vio? rugi lu,mending mio' tp ane jwb gni 'kl ada yg murah tp kwalitas bgs buat apa bli yg mahal,lagian itung-itung kita blajar mencintai produk indonesia. Kl mental pemuda indonesia ky kalian kpn negara kita maju? Sdangkan kalian g mau pk produk negara sendiri. Contoh tuh malaysia mereka bangga dgn demaknya. Skg kita punya viar y marilah kita banggakan viar ini,stdknya dgn viar ini kita bisa membuktikan ini lho negaraku jg bs buat motor yg bgs' hehe pas ane jwb gt mreka diem gan
-respon tetangga rumah ane bd gan mreka blg gni 'wuih apik yo' hehe yg jelas jd pusat perhatian gan tp ada jg yg nyeletuk 'ini mocin y?' Lgsg dgn tegas saya jwb 'ini buatan semarang! Made in indonesia!'
-buat turing mantep loh gan
-larinya yg jelas kenceng gan ane pernah gas pol tp g penah liat spedo,hehe
-semplakannya empuk gan enak bgt
-tarikannya maknyus

Kesimpulannya sh dgn harga 8jt an vio trbilang worth it gan memang ada beberapa kekurangan tp yg namanya produk smua pst ada kurangnya gan produk jepangpun jg ada kurangnya.
It aja dulu sih testi dr saya.VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
blegon25 - 28/04/2011 01:47 PM
#17

mantap gan testinya ilovekaskus ditunggu testi viorer yang laen iloveindonesia

vior putih ane udah di acc gan. Giliran saya nanti y yang testi o

betewe.... D saya agak awam gan " engine mount bushing" ntu di bagian mana sih gan.
mbhawol - 28/04/2011 02:32 PM
#18

Quote:
Original Posted By blegon25
mantap gan testinya ilovekaskus ditunggu testi viorer yang laen iloveindonesia

vior putih ane udah di acc gan. Giliran saya nanti y yang testi o

betewe.... D saya agak awam gan " engine mount bushing" ntu di bagian mana sih gan.


eh maap gan salah,yg bener tuh bushing engine mounting hehe oke bushing engine mounting tuh sumbu dari gerakan ayun mesin. ibarat di motor bebek tuh bos arm itu loh tp bedanya kl di skutik kl motornya mantul kan mesin ikut gerak nah makanya namanya bushing engine mounting. kl di vio tempatnya ada di atas mesin kl skutik yg lain ada di bawah mesin.
blegon25 - 30/04/2011 10:22 AM
#19

gan. ane baca di website viar, waktu test drive angka konsumsi bbm vior 1:31. nah saya ubek-ubek hasil komparasi skutik laen didapet rata-rata konsumsi mereka sampai angka 1:40an, kecuali si meong yang mentog di 1:29. brarti termasuk boros dunk gan vior ini? istilahnya gag beda jauh konsumsinya ama meong. menurut agan yang udah sering bolak-balik sby-jombang gimana?VIRUS [Viar Owner @Kaskus]
mbhawol - 30/04/2011 03:15 PM
#20

Quote:
Original Posted By blegon25
gan. ane baca di website viar, waktu test drive angka konsumsi bbm vior 1:31. nah saya ubek-ubek hasil komparasi skutik laen didapet rata-rata konsumsi mereka sampai angka 1:40an, kecuali si meong yang mentog di 1:29. brarti termasuk boros dunk gan vior ini? istilahnya gag beda jauh konsumsinya ama meong. menurut agan yang udah sering bolak-balik sby-jombang gimana?VIRUS [Viar Owner @Kaskus]


kl dari pengalaman saya konsumsi bbmnya antara 1:35-1:43 tergantung kondisi jalan yang dilewati. tp sebelum kita menjudge boros ato tidaknya kita musti lihat dulu dari spek mesin yang digunakan nah kebetulan vio ini mesinnya 125cc blm lagi karbunya tergolong gambot(ukurannya berapa saya lupa yang jelas matic lain kalah gambot) selain faktor mesin juga musti diliat yang bawa ugal-ugalan g,jd menurut saya cukup irit lah.\)b\)b
Page 1 of 94 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 2 > VIRUS [Viar Owner @Kaskus]