Saltwater Fish
Home > LOEKELOE > MY PETS > Saltwater Fish > aquarium mini buat anak kosan
Total Views: 7329 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 4 |  1 2 3 4 > 

ryanrhamdhani - 11/03/2011 12:59 PM
#1
aquarium mini buat anak kosan
ryanrhamdhani aquarium


mau minta pendapat agan-agan senior buat aquarium mini ane gan.. trus kan ini aquarium cuma ada filter.. apa perlu ditambahin alat-alat perang yang lainya.? melihat ukuran aquarium yang sangat mini untuk saltwater..

Quote:

11 Maret 2011
aquarium mini buat anak kosan
Dimensi: 40cm x 17,5cm x 21,5cm
baru bikin [SIZE="5"]kemaren[/SIZE], sekarang udah lumayan jernih, tapi blum berani [SIZE="5"]masukin ikan[/SIZE], takut ngambil resiko.. ada masukan gak buat kasus newbie kaya ane gan..


:cool

foto-foto dari perkembangan aquarium ane akan diupdate trus..

mudah-mudahan bermanfaat buat agan-agan semua yang mau pelihara ikan laut dikosan dengan ukuran yang mini.. Yb

Quote:
dan buat agan-agan silahkan untuk memamerkan aquarium kebanggaannya disini..
malu
ryanrhamdhani - 11/03/2011 01:01 PM
#2

tanya

aquarium mini buat anak kosan

ini dikoral ane ada warna merah-merah gitu gan.. ada yang tau gak.? bukan penyakit kan gan.. Yb
B33CH - 11/03/2011 01:13 PM
#3

Quote:
Original Posted By ryanrhamdhani
ryanrhamdhani aquarium


mau minta pendapat agan-agan senior buat aquarium mini ane gan.. trus kan ini aquarium cuma ada filter.. apa perlu ditambahin alat-alat perang yang lainya.? melihat ukuran aquarium yang sangat mini untuk saltwater..



:cool

foto-foto dari perkembangan aquarium ane akan diupdate trus..

mudah-mudahan bermanfaat buat agan-agan semua yang mau pelihara ikan laut dikosan dengan ukuran yang mini.. Yb


Semakin mini semakin sulit lho... targetnya ikan aja apa mau di tambah terumbu ?


~ Salam ~
ryanrhamdhani - 11/03/2011 01:30 PM
#4

Quote:
Original Posted By B33CH
Semakin mini semakin sulit lho... targetnya ikan aja apa mau di tambah terumbu ?


~ Salam ~


ikan cuma mau diisi 4jenis yg masih kecil-kecil sama 2jenis terumbu karang tempat main nemo ukuran sedang gan, udah mesen tapi besok baru diambil..

kira-kira gimana gan.?
filter doang cukup gak buat sirkulasinya.?
ryanrhamdhani - 11/03/2011 01:51 PM
#5

Ikan-ikan yang mau diisi gan

Spoiler for "ikan"


aquarium mini buat anak kosan

aquarium mini buat anak kosan

aquarium mini buat anak kosan

aquarium mini buat anak kosan
panditanegara - 11/03/2011 03:29 PM
#6

3 ikan di bawah nemo super agresif kalo dijadiin 1 gan, apalagi yang paling bawah ( triger kembang ), gak cocok untuk ukuran tank agan,,mending isi sepasang nemo aja plus polip2an, lebih mudah untuk dipiara utk karakteristik tank agan
anemon yang dimaksud untuk main nemo gak akan hidup di tank dg kondisi sekarang,cmiiw
B33CH - 11/03/2011 04:07 PM
#7

Quote:
Original Posted By ryanrhamdhani
ikan cuma mau diisi 4jenis yg masih kecil-kecil sama 2jenis terumbu karang tempat main nemo ukuran sedang gan, udah mesen tapi besok baru diambil..

kira-kira gimana gan.?
filter doang cukup gak buat sirkulasinya.?


40x17.5x21.5 ... volume air paling sekitar 12 ~ 13 ltr saja
wah asli sulit gan, tapi coba aja rutin ganti air tiap 3 hari sekali 30%
so'alnya pake skimmer juga percuma ga ada guna, yg ada malah makan tempat, anemon tempat main nemo jangan pake gan, biota kelas berat nih... trus nemo nya cari ukuran paling kecil... tambah jamur2an untuk koral paling tahan banting, polip2an sepertinya sulit bertahan juga di tank ukuran segini, lighting pakai T5 8W watt aja 1 putih 2 biru.
Dari list ikan yg di rencanakan, no 1 untung2an, no 2 & no 3 yg paling kuat .. nu 4 gak mungkin (ini ikan gede & cukup mahal)

Klo boleh saran, jika senang pico sebaiknya di coba minimal di 50ltr... mungkin bisa sedikit aman walaupun sama2 gak mudah..


~ Salam ~
nitro_cart - 11/03/2011 05:14 PM
#8

Quote:
Original Posted By ryanrhamdhani
Ikan-ikan yang mau diisi gan

Spoiler for "ikan"


aquarium mini buat anak kosan

aquarium mini buat anak kosan

aquarium mini buat anak kosan

aquarium mini buat anak kosan


aquarium mini buat anak kosan
kalo ukurannya kecil berarti harus ikannya kecil ndan.....
btw ikannya bagus2 apalagi yg warna2ni
:thumbup
jd pengen melihara ni
:matabelo
B4603sz - 11/03/2011 06:19 PM
#9

Quote:
Original Posted By ryanrhamdhani
tanya

aquarium mini buat anak kosan

ini dikoral ane ada warna merah-merah gitu gan.. ada yang tau gak.? bukan penyakit kan gan.. Yb


merah2x di koral itu menandakan klo itu koral yg masih hidup gan malahan bagus kok buat kehidupan aquarium laut agan, klo koral yg putih bersih tuh berarti koral dah mati trus dibersihin pake pemutih.
oya melihat ukuran aquarium agan kayanya sulit dah untuk melihara terumbu karang & ikannya, tapi daripada penasaran mending dicoba dulu gan!......
barangkali ada yg salah mohon para suhu mengkoreksinya thx....
SlimShady91 - 11/03/2011 06:34 PM
#10

aqua ane dimensi nya sktr

35x22x23 gan..

11 12 ama ukuran aquarium agan..

isi biota aqua ane :
1. 1 Bluedevil damsel
2. 1 Cantik
3. 1 Nemo ( lagi sekarat skr T_T )
4. 1 Keong ( cleaning service )
5. 1 Udang agung

ane maen FOWLR doank gan..
hehehe~
pernah masukin batu anggur, tpi almarhum..
ckckck~
B4603sz - 11/03/2011 08:43 PM
#11

Quote:
Original Posted By SlimShady91
aqua ane dimensi nya sktr

35x22x23 gan..

11 12 ama ukuran aquarium agan..

isi biota aqua ane :
1. 1 Bluedevil damsel
2. 1 Cantik
3. 1 Nemo ( lagi sekarat skr T_T )
4. 1 Keong ( cleaning service )
5. 1 Udang agung

ane maen FOWLR doank gan..
hehehe~
pernah masukin batu anggur, tpi almarhum..
ckckck~


udah berapa lama gan?
furedich - 12/03/2011 12:27 AM
#12

wohooo .... aqua kecil dan permintaan yang susah ...hhiihi gudlak bro ...
ryanrhamdhani - 12/03/2011 08:34 AM
#13

Quote:
Original Posted By panditanegara
3 ikan di bawah nemo super agresif kalo dijadiin 1 gan, apalagi yang paling bawah ( triger kembang ), gak cocok untuk ukuran tank agan,,mending isi sepasang nemo aja plus polip2an, lebih mudah untuk dipiara utk karakteristik tank agan
anemon yang dimaksud untuk main nemo gak akan hidup di tank dg kondisi sekarang,cmiiw

polip-polipan yang kaya gimana gan.. bisa share pic gak.?
hehehe..

Quote:
Original Posted By B33CH
40x17.5x21.5 ... volume air paling sekitar 12 ~ 13 ltr saja
wah asli sulit gan, tapi coba aja rutin ganti air tiap 3 hari sekali 30%
so'alnya pake skimmer juga percuma ga ada guna, yg ada malah makan tempat, anemon tempat main nemo jangan pake gan, biota kelas berat nih... trus nemo nya cari ukuran paling kecil... tambah jamur2an untuk koral paling tahan banting, polip2an sepertinya sulit bertahan juga di tank ukuran segini, lighting pakai T5 8W watt aja 1 putih 2 biru.
Dari list ikan yg di rencanakan, no 1 untung2an, no 2 & no 3 yg paling kuat .. nu 4 gak mungkin (ini ikan gede & cukup mahal)

Klo boleh saran, jika senang pico sebaiknya di coba minimal di 50ltr... mungkin bisa sedikit aman walaupun sama2 gak mudah..


~ Salam ~

kalo lighting itu ada efeknya ya gan.? soalnya ane nyalainya cuma malem doang.. apa harus 24 jam ya nyalainya.?
mesti 3hari sekali nih gan.?
malah sama orangnya kalo udah berkurang disuruh tambahin pake air, apa emang bener ya.?

Quote:
Original Posted By nitro_cart
aquarium mini buat anak kosan
kalo ukurannya kecil berarti harus ikannya kecil ndan.....
btw ikannya bagus2 apalagi yg warna2ni
:thumbup
jd pengen melihara ni
:matabelo

hehehehe.. makasih banyak gan..

Quote:
Original Posted By B4603sz
merah2x di koral itu menandakan klo itu koral yg masih hidup gan malahan bagus kok buat kehidupan aquarium laut agan, klo koral yg putih bersih tuh berarti koral dah mati trus dibersihin pake pemutih.
oya melihat ukuran aquarium agan kayanya sulit dah untuk melihara terumbu karang & ikannya, tapi daripada penasaran mending dicoba dulu gan!......
barangkali ada yg salah mohon para suhu mengkoreksinya thx....

wah.. berarti beruntung ane pas milihnya.. hihihi..
kalo dipecah ntar ngaruh gak gan.? maksutnya biar bisa ditata gitu supaya ruag geraknya makin luas..
Quote:
Original Posted By SlimShady91
aqua ane dimensi nya sktr

35x22x23 gan..

11 12 ama ukuran aquarium agan..

isi biota aqua ane :
1. 1 Bluedevil damsel
2. 1 Cantik
3. 1 Nemo ( lagi sekarat skr T_T )
4. 1 Keong ( cleaning service )
5. 1 Udang agung

ane maen FOWLR doank gan..
hehehe~
pernah masukin batu anggur, tpi almarhum..
ckckck~


senasib kita gan.. udah berapa lama bertahan gan ikanya.?
trus perawatanya gimana.?

Quote:
Original Posted By furedich
wohooo .... aqua kecil dan permintaan yang susah ...hhiihi gudlak bro ...

:mewek
B33CH - 12/03/2011 10:24 AM
#14

Quote:
Original Posted By ryanrhamdhani

kalo lighting itu ada efeknya ya gan.? soalnya ane nyalainya cuma malem doang.. apa harus 24 jam ya nyalainya.?
mesti 3hari sekali nih gan.?
malah sama orangnya kalo udah berkurang disuruh tambahin pake air, apa emang bener ya.?

Wah wah wah .. sepertinya bener2 nubie ya gan D, banyak2 baca di forum ini & forum sebelah khusus untuk newbie ya gan ilovekaskus

karena sy juga masih nubie, mungkin sedikit yg sy mengerti seperti ini :
Lighting itu penting banget gan & jadi sumber makanan buat terumbu2 yg berfotosintesis, nyalainnya jangan 24 jam tapi sesuaikan dengan alamnya 8 ~ 12 jam di kombinasi dengan suasana pagi & sore juga (lighting agak redup), menggunakan timer switch lebih baik.
kecuali klo cuma ikan duank boleh pake lighting seadanya (yg penting terlihat bagus).

Sy menyarankan ganti air 3 hari sekali karena akuarium laut tidak bisa berjalan baik dengan filtrasi yg asal2an apalagi di volume air yg sedikit.
Makanya di bantu dengan ganti air baru sesering mungkin... mudah2an bisa awet.

Aquarium laut lebih mudah menguap airnya dan volume nya berkurang setiap harinya, yg menguap hanya airnya saja sedang garamnya tidak, jadi penambahan air tawar di gunakan untuk mengganti air yg menguap tersebut (biasa di sebut top up). Sebaiknya ini pun di lakukan tidak dengan "asal tuang", melainkan dengan di drip (tetes demi tetes), akan lebih baik di lakukan secara otomatis dengan auto top up sehingga kadar garamnya tetap terjaga di kondisi yg stabil, air tawar yg di gunakanpun di sarankan menggunakan air tawar yg baik yg kadar phosphat & nitratnya minim seperti air RO.


Semoga membantu


~ Salam ~
SlimShady91 - 12/03/2011 01:27 PM
#15

Quote:
Original Posted By ryanrhamdhani


senasib kita gan.. udah berapa lama bertahan gan ikanya.?
trus perawatanya gimana.?


:mewek


Quote:
Original Posted By B4603sz
udah berapa lama gan?


masa cycling 1 bulan
masukin ikan 1 bulan

jadi kira" 2 bulan umur aqua ane.. \)
seminggu sekali gnti air 20% gan trus milih ikan yg tahan banting.. D
cma modal filter gantung doank kq ane..
wkwkwkwkw..
BL4CK.D1CK - 13/03/2011 03:07 PM
#16

sedikit meluruskan soal pencahayaan pada golongan anthozoa.

sebenernya energi cahaya bukan makanan buat anthozoa, tapi digunakan oleh zooxanthellae untuk melakukan fotosintesis. zooxanthellae (genus Symbiodinium) sendiri adalah protozoa berflagelata yg bersifat autotrof alias mampu menghasilkan makanannya sendiri melalui fotosintesis (memiliki klorofil) dan warnanya rata2 kecoklatan. protozoa tsb ber-endosimbiosis dengan golongan anthozoa dan menyediakan inangnya hasil fotosintesis, seperti glukosa, gliserol dan asam amino. bila kondisi memadai, zooxanthellae dapat menyediakan 90% dari kebutuhan energi inangnya (sumber).

ini contoh gambar endosimbiosis
aquarium mini buat anak kosan
sumber

sementara zooxanthellae menyediakan makanan bagi inangnya, inangnya menyediakan proteksi dan tempat berlindung, nutrisi (sebagai hasil metabolisme - zat organik menganding N dan P), serta CO2 (hasil siklus Krebs).

olehkarena itu warna coklat pada golongan anthozoa bukan menunjukkan kalau anthozoa tsb tidak sehat, tetapi warna2 lain (selain putih pucat) merupakan pigmen dari anthozoa yang dihasilkan untuk melindungi zooxanthellae dari paparan radiasi berlebihan. olehkarena itu koral dari lautan dangkal cenderung lebih berwarna dibanding lautan yg lebih dalam.

semoga menjadi jelas...iloveindonesia
ryanrhamdhani - 13/03/2011 06:55 PM
#17

Quote:
Original Posted By SlimShady91
masa cycling 1 bulan
masukin ikan 1 bulan

jadi kira" 2 bulan umur aqua ane.. \)
seminggu sekali gnti air 20% gan trus milih ikan yg tahan banting.. D
cma modal filter gantung doank kq ane..
wkwkwkwkw..

berarti beneran 11 12 gan.. D

Quote:
Original Posted By BL4CK.D1CK
sedikit meluruskan soal pencahayaan pada golongan anthozoa.

sebenernya energi cahaya bukan makanan buat anthozoa, tapi digunakan oleh zooxanthellae untuk melakukan fotosintesis. zooxanthellae (genus Symbiodinium) sendiri adalah protozoa berflagelata yg bersifat autotrof alias mampu menghasilkan makanannya sendiri melalui fotosintesis (memiliki klorofil) dan warnanya rata2 kecoklatan. protozoa tsb ber-endosimbiosis dengan golongan anthozoa dan menyediakan inangnya hasil fotosintesis, seperti glukosa, gliserol dan asam amino. bila kondisi memadai, zooxanthellae dapat menyediakan 90% dari kebutuhan energi inangnya (sumber).

ini contoh gambar endosimbiosis
aquarium mini buat anak kosan
sumber

sementara zooxanthellae menyediakan makanan bagi inangnya, inangnya menyediakan proteksi dan tempat berlindung, nutrisi (sebagai hasil metabolisme - zat organik menganding N dan P), serta CO2 (hasil siklus Krebs).

olehkarena itu warna coklat pada golongan anthozoa bukan menunjukkan kalau anthozoa tsb tidak sehat, tetapi warna2 lain (selain putih pucat) merupakan pigmen dari anthozoa yang dihasilkan untuk melindungi zooxanthellae dari paparan radiasi berlebihan. olehkarena itu koral dari lautan dangkal cenderung lebih berwarna dibanding lautan yg lebih dalam.

semoga menjadi jelas...iloveindonesia


mantap gan.. nice share:thumbup
ryanrhamdhani - 13/03/2011 07:13 PM
#18

update 13 Maret 2011
Quote:
[CENTER]aquarium mini buat anak kosan


ane udah masukin 3nemo orange & 1 nemo hitam.. sama 1 biota gak tau namanya.. hahaha.. kemaren rumahnya nemo mau diambil tapi yang jual malah gak ada.. huhuhu..

oiya gan, kan ane beli makanannya, tapi kenapa pas dimakan malah dimuntahin lagi ya sama ikanya.. yang bener harusnya makan apaan gan.. gak ngerti nih..
:mewek[/CENTER]
ryanrhamdhani - 13/03/2011 07:16 PM
#19

Tanya

Quote:
aquarium mini buat anak kosan

gan kenapa nih ko nemo yang orange ngejar-ngejar nemo yang item trus.. kan ane jadi kasian gan.. trus nemo yg besar juga ngejar-ngejar nemo yang lebih kecil..
:mewek
ryanrhamdhani - 13/03/2011 07:19 PM
#20

Tanya

Quote:
aquarium mini buat anak kosan


gan itu kenapa ya biota lautnya warna ijo gitu pas disulurnya.? padahal pas beli disana sehat gan.. minta masukanya dong.. D
Page 1 of 4 |  1 2 3 4 > 
Home > LOEKELOE > MY PETS > Saltwater Fish > aquarium mini buat anak kosan