The rest of the world (international food)
Total Views: 1448 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

senyawadisk - 18/03/2011 01:19 PM
#1
Dampak Nuklir Jepang: Bye Bye Sushi...
Tsunami Jepang yang menghancurkan reaktor Fukushima tak hanya menimbulkan horor radiasi nuklir. Tapi juga memengaruhi para penikmat makanan Jepang di seluruh dunia.

Sejumlah restoran Jepang menurunkan menu makanan yang menggunakan ikan segar dari menunya, seiring kekhawatiran kontaminasi radioaktif dari PLTN Fukushima. Sushi -- kepalan nasi kecil yang dibukur nori dan diberi topping ikan segar, atau sashimi -- irisan ikan atau binatang laut mentah, disingkirkan dari daftar.

"Keselamatan tamu adalah prioritas kami," kata Sari Yong, juru bicara Shangri-La Asia -- salah satu jaringan hotel mewah terbesar Asia yang punya cabang di 71 lokasi di seluruh dunia, seperti dimuat News.com.au, Jumat 18 Maret 2011. "Sebagai upaya pencegahan, kami menghentikan sementara impor makanan segar dari Jepang."

Sementara, Mandarin Oriental Internasional di Hong Kong dan Four Seasons Hotel juga sudah menghentikan pembelian makanan dari Jepang. "Sampai situasi di Jepang stabil, sepertinya tak mungkin para tamu akan merasa nyaman mengkonsumsi makanan produksi Jepang," kata Sally De Souza, PR Manajer Mandarin Oriental hotel group.

Namun, para ahli termasuk profesor patologi kimia, Lam Ching-wan mengatakan, risiko kesehatan dari konsumsi makanan dari Jepang belum bisa dipastikan. "Ini lebih seperti tindakan pencegahan daripada keputusan berdasarkan fakta," kata Lam Ching-wan, profesor kimia Patologi di Universitas Hong Kong. "Saya pikir makan makanan atau ikan dari Jepang tidak mungkin menyebabkan kanker," katanya.

Kekhawatiran soal keamanan makanan Jepang membuat beberapa negara menunda impor makanan dari Negeri Sakura. Badan pengawas dan makanan Amerika Serikat juga terus memonitor makanan dari Jepang dari kemungkinan kontaminasi.

Sementara, Badan Pengawas Makanan Hong Kong, dilansir dari CNN, Kamis, 17 Maret 2011, dilaporkan telah melakukan tes radiasi terhadap 34 contoh sayuran segar, daging, dan ikan yang diimpor dari Jepang. Hasil tes menunjukkan makanan tersebut tidak mengandung radioaktif.

Selain Hong Kong, pemerintah Thailand juga melakukan tes serupa. Kali ini Thailand bekerjasama dengan para ahli dari badan atom PBB, IAEA, untuk memeriksa kandungan radioaktif dari produk daging, susu, ikan dan rumput laut Jepang. Pemerintah India juga dilaporkan telah memerintahkan badan pengawas obat dan makanan negara tersebut untuk menguji makanan asal Jepang di pelabuhannya, gerbang pertama masuknya makanan impor. Namun, hanyalah makanan Jepang yang diimpor setelah tanggal 11 Maret yang akan diuji.


Spoiler for sumber
InRealLife - 18/03/2011 02:41 PM
#2

Sushi khusus Jepang dan sekitarnya kan D

Kalau yg di Indonesia, hajar terus... (asal jangan yg impor dari Jepang aja bahannya)

eh

sushi di Indonesia bahannya impor gak ya?

kalo beras, tuna, udang, kepiting dll mungkin bisa lokal... tapi nori, wasabi, salmon, telur ikan, unagi?
.Bryant. - 19/03/2011 02:14 PM
#3

Quote:
Original Posted By InRealLife
Sushi khusus Jepang dan sekitarnya kan D

Kalau yg di Indonesia, hajar terus... (asal jangan yg impor dari Jepang aja bahannya)

eh

sushi di Indonesia bahannya impor gak ya?

kalo beras, tuna, udang, kepiting dll mungkin bisa lokal... tapi nori, wasabi, salmon, telur ikan, unagi?


bahan2 pasti ada yang impor. ane sih stop dulu deh makan jepang, buat jaga2 aja o
ytrewq - 20/03/2011 02:09 AM
#4

ngga jg koq makanan jepang kena radiasi..kn pemerintah kita sudah menyaring dengan sangat teliti....jd jgn khawatir para kaskuser....D
Rofad - 21/03/2011 03:19 PM
#5

kasian jepang, efek jadi kemana"............
Trajectory - 23/03/2011 06:16 PM
#6

Quote:
Original Posted By ytrewq
ngga jg koq makanan jepang kena radiasi..kn pemerintah kita sudah menyaring dengan sangat teliti....jd jgn khawatir para kaskuser....D


pemerintah kita di harepin?
BPOM????

dah gak ada lagi rasa percaya terhadap pemerintah sekarang
Jideku - 25/03/2011 02:16 AM
#7

Quote:
Original Posted By Trajectory
pemerintah kita di harepin?
BPOM????

dah gak ada lagi rasa percaya terhadap pemerintah sekarang


ane masih percaya kok sama pemerintah indo, percaya klo pemerintah pasti korupsi mulu mahos
EarlPhantomhive - 27/03/2011 12:29 AM
#8

favorite food gue D nih maho
jangantanyanama - 30/03/2011 08:31 PM
#9

iya ane mau makan sushi jadi takut, apalagi salmon. soalnya kata temen ane, salmon cuma hidup di perairan tertentu termasuk jepang. makanya mending hindarin drpd nanti kenapa2. padahal ane baru suka sushi :sorry
Su-37 - 01/04/2011 12:18 AM
#10

bener memang
bye bye sushi
entah berapa lama lagi baru bisa makan sushi tanpa kuatir
Sekartaji - 01/04/2011 02:36 PM
#11

kemarin saya ke ke sushi t*i gandaria city eeehhh menu sashimi salmonnya ga ada. Pokoknya yang mentah ga ada semua .... jadi ga jadi duduk deehh.

Sebelll padahal lagi pengin tuh
menuet - 01/04/2011 11:48 PM
#12

susah deh cari yang import
iWastrue - 04/04/2011 04:11 AM
#13

kalau misalnya ikan dari indonesia gpp kan?
btw ikan indonesia enak2 koq iloveindonesia
adenkoa - 04/04/2011 04:09 PM
#14

harusnya kita semakin menggeluti
di sektor perikanan nih
punya lokal kualitas export
RedbullRampage - 05/04/2011 11:54 PM
#15

tenang coy, indonesia kayaa sekali akan makanan lautnya. kalau sidat,belut, salmon, tuna sama gurita sih di sini banyak. jepang aja mesennya di sini
SUPER7SEVEN - 06/04/2011 10:30 AM
#16

waduh .. gimana nih kalau di indonesia ...
kek nya bahannya dari lokal aja kali yah mendingan
lolyt4 - 10/04/2011 06:27 AM
#17

setujuh nie gan, skrn ane jg ga mkn2 sushi dl. takut terkontaminasi mknnya takut
InRealLife - 10/04/2011 11:23 AM
#18

Quote:
Original Posted By RedbullRampage
tenang coy, indonesia kayaa sekali akan makanan lautnya. kalau sidat,belut, salmon, tuna sama gurita sih di sini banyak. jepang aja mesennya di sini


koreksi: kalau salmon ga bisa hidup di Indonesia (ga cocok sama perairan panas). Yg di Indonesia biasa diimpor. Salmon bisa hidup di negara2 kyk Australia, Selandia Baru, Cile, Kanada.
fdirene - 11/04/2011 09:21 AM
#19

makan lemper aja dulu.. mirip2 kok sama sushi..
ngakak
.divine. - 13/04/2011 12:31 PM
#20

unagi=klo di indonesia sidat/moa so msh bisa kita mkn, klo lbh ekstreem lg ikan fugu/buntal aja kita mkn, org indonesia timur bisa kok mengolah-na mahoDampak Nuklir Jepang: Bye Bye Sushi...
Page 1 of 2 |  1 2 >