DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab
Total Views: 286142 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 10 of 409 | ‹ First  < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 >  Last ›

ccck - 22/04/2011 10:34 AM
#181

Quote:
Original Posted By .Friend.
babi:

_/\_

Hai rekan-rekan Hindu sekalian,

Aku numpang nanya ya, sekaligus mengenal agama Hindu juga.\)

Aku baru saja membaca salah satu link yang diberikan oleh rekan Hindu di sini. Link tersebut mengenai: Dasa Awatara

Adapun dari isi tulisan tersebut, ada 1 hal yang menarik perhatianku. Bagian dari Dasa Awatara yang menarik itu adalah:



Pertanyaanku adalah:
1. Awatara kesembilan, yaitu Buddha Awatara yang tercantum dalam literatur tersebut merupakan nubuat ataukah penulisan yang bersifat sejarah? Artinya Buddha Awatara dikenal dan diakui sebagai Awatara sebelum atau sesudah Buddha Awatara lahir?

2. Jika Buddha Awatara adalah inkarnasi Sang Hyang Widhi, Brahman/Tuhan dalam Hindu, ketika Buddha Awatara muncul, mengajar, dan kemudian meninggalkan dunia ini (kalau tidak salah istilahnya adalah mencapai Parinibbana dalam Buddha); tentunya umat Hindupun menghormati ajaran beliau. Logikanya, beliau adalah inkarnasi Sang Hyang Widhi bukan? Tapi kenyataannya di India, kerapkali terjadi gesekan yang menimbulkan korban jiwa antara Hindu dan Buddha. Mengapa bisa timbul hal-hal demikian? Padahal, ajaran Buddha adalah ajaran Sang Hyang Widhi.

3. Dalam sebuah artikel, katanya (jika artikel ini keliru, harap diklarifikasi):

Apakah sebenarnya itulah misi yang diemban oleh Sang Hyang Widhi? Tidakkah ini bertolak belakang dengan Dasa Awatara tadi?


Sekian pertanyaan dariku. Atas perhatiannya, kuucapkan terima kasih.\)


babi:

baca juga penjelasan disini gan;
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=380861788#post380861788

sepertinya ada beberapa kesalahan inteprestasi dari beberapa kalangan tentang Buddha Awatara dan juga jika membaca satu Purana ada baiknya mensinkronkan dengan Purana yang lain karena ada beberapa penambahan yang dilakukan oleh sekelompok 'oknum' ketika menjajah India, contohnya yang tentang Bhavisya Purana... \)
Shinharuka - 22/04/2011 12:26 PM
#182

Quote:
Original Posted By .Friend.
[CENTER]

Pertanyaanku adalah:
1. Awatara kesembilan, yaitu Buddha Awatara yang tercantum dalam literatur tersebut merupakan nubuat ataukah penulisan yang bersifat sejarah? Artinya Buddha Awatara dikenal dan diakui sebagai Awatara sebelum atau sesudah Buddha Awatara lahir?

shidarta gautama dilahirkan di kapilawastu tahun 560SM merupakan bagian dari sejarah
Quote:

2. Jika Buddha Awatara adalah inkarnasi Sang Hyang Widhi, Brahman/Tuhan dalam Hindu, ketika Buddha Awatara muncul, mengajar, dan kemudian meninggalkan dunia ini (kalau tidak salah istilahnya adalah mencapai Parinibbana dalam Buddha); tentunya umat Hindupun menghormati ajaran beliau. Logikanya, beliau adalah inkarnasi Sang Hyang Widhi bukan? Tapi kenyataannya di India, kerapkali terjadi gesekan yang menimbulkan korban jiwa antara Hindu dan Buddha. Mengapa bisa timbul hal-hal demikian? Padahal, ajaran Buddha adalah ajaran Sang Hyang Widhi.

ane baru tau kalo ada kejadian seperti itu di India
Quote:

3. Dalam sebuah artikel, katanya (jika artikel ini keliru, harap diklarifikasi):

Apakah sebenarnya itulah misi yang diemban oleh Sang Hyang Widhi? Tidakkah ini bertolak belakang dengan Dasa Awatara tadi?


Sekian pertanyaan dariku. Atas perhatiannya, kuucapkan terima kasih.\)


tidak seperti itu kok gan
artikelnya aja bilang kalo itu mitos malu:
Almarhum13 - 22/04/2011 02:51 PM
#183

Quote:
Original Posted By sadhanaputra
afro:hi:

@Om TS:
Atman itu apa sih Om?
Setau saya orang nemuin atman aja udah hebat, kok bisa ngasih2in segala \)

wakaka... maksudnya itu AtMan = anteran makanan \)
bukan atman konteksnya dari "percikan kecil dari Brahman yang berada di dalam makhluk hidup." \)

Quote:
Original Posted By Shinharuka
selamat malam agan2 smua dan TS
Om Swastiastu
\)
minta ijin bernaung disini ya
\)

silahkan juragan.. sekalian berbagi pengetahuan juga ditunggu loh \)

Quote:
Original Posted By shank_le_roux
wkwkwk... br februari kmrn si A baru sadar kalo dirinya kalki... sblm2nya msh org biasa.. rasanya tepat tgl 14 feb kmrn di sabdo dalem-kan..

disini kok kental sekali ya kekastaannya.. gw anak suralaya.. eh surabaya D jd meskipun kastanya diatas brahmana sekalipun (kalo memang ada D) dihadapan gw sm aja... bagi gw cm pembagian profesi aja...

skdr share aja... setau gw hindu muncul karena peperangan antara arya sm dravida, keywordnya kalo ga slh sungai indus, mahenjodaro, arya, dravida..ini dpt dr pelajaran sejarah... guru gw bilang waktu arya menyerang dravida, suku dravida sm sekali ga punya/bikin/ditemukan benteng pertahanan... trus kata guru gw juga sebelum hindu muncul, kasta lbh dulu muncul, mungkin agar org arya tdk bercampur dgn dravida...

oia, gw punya sepeda fixie o lu punya ga? wkwkwk

gw kagak punya.. adanya motor fixie..
jadi kalo mo ngerem gw terpaksa ngesotin jidat gw dolo ke jalan \)

Quote:
Original Posted By azurekite21
oia gan... setau sy org arya bermata biru dan berkulit kemerahan... jd saya sarankan jika tdk/blm bermata biru dan berkulit kemerahan sebaiknya jgn bilang dirinya org arya dulu yak... D

bener gan sapa tau aja cuman bule yang kebanyakan jemur wakakakk..

Quote:
Original Posted By hwayan
baru tau ane kalo TSnya maho cd cd

wkwkwk.. Peace: Peace:

mw tanya dong tentang nyentana di bali, pengertian nyentana itu apa dan apakah ada sloka ataupun hukum yang mengaturnya??

trims beer:


kampret dahhh.. lo kalo ke pure bata melayang neeh \)

kira2 masalah nyentana begini bro, ane blom nemuin slokanya c \)
Quote:
Bentuk perkawinan Nyentana ini merupakan kebalikan bentuk dari perkavvinan biasa, dimana si istrilah yang berstatus sebagai lalci-laki (purusa), sedangkan si suami berstatus perempuan (predana) Jadi si suami yang mengilcuti / masulc dalam rumpun keluarga si istri. Dalam putusnya perkawinan Nyentana karena kematian si istri, biasanya si suami (Sentana Nyeburin) akan tetap tinggal di rumah almarhum istrinya. Jika putusnya perkawinan Nyentana karena perceraian, maka si suami (Sentana Nyeburin) akan kembali ke rumah asalnya. Mengenai hak untuk mewaris dari Sentana Nyeburin balk yang tetap tinggal dimmah almarhum istrinya maupun yang pulang ke rumah asalnya akan dibatasi mulai setelah berlakunya Undang-undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 9 Tabun 1975. Menurut Pasal 38 Undang-undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1975 Perkawinan dapat putus karena : a) Kematian b) Perceraian dan c) Keputusan Pengadilan Sedangkan menurut Hukum Adat Bali harta dalam perkawinan terdiri : a) harta guna kaya ; b) harta jiwa dana ; c) harta tatadan ; d) harta druwe gabro.
Almarhum13 - 22/04/2011 02:56 PM
#184

Quote:
Original Posted By Shinharuka
shidarta gautama dilahirkan di kapilawastu tahun 560SM merupakan bagian dari sejarah

ane baru tau kalo ada kejadian seperti itu di India


tidak seperti itu kok gan
artikelnya aja bilang kalo itu mitos malu:


yahh balik lagi gan.. itu kalo ditanya lagi bagian dari sejarah, semua agama akan bermuara kembali sebagai sejarah..

tapi bahasan soal budha awatara ada disini juga
[CODE]https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=3465654[/CODE]

karena pasti ada asal dan usul
kalo asal jangan usul, kalo usul jangan asal \)
Qunawi - 22/04/2011 03:09 PM
#185

kebetulan, sedang baca Adi Shankara... ninggalin jejak di sini dulu.. setelah selese, ane mampir ke mari ya ngomongin Adi Shankara
Almarhum13 - 22/04/2011 03:15 PM
#186

Quote:
Original Posted By Qunawi
kebetulan, sedang baca Adi Shankara... ninggalin jejak di sini dulu.. setelah selese, ane mampir ke mari ya ngomongin Adi Shankara


sedikit gambaran tentang adi shankara

Quote:
Tanggal lahir 788 CE
Tempat lahir Kalady, sekarang Kerala, India
Nama lahir Shankara
Tanggal wafat 820 Masehi [1]
Tempat kematian Kedarnath, Kekaisaran Pala
sekarang Uttarakhand, India
Guru / guru Govinda Bhagavatpada
Filsafat Advaita Vedanta
Judul / pujian Menerapkan Advaita Vedanta, Hindu Revivalism, Didirikan Dashanami Sampradaya, Shanmata


tar malem ane mau kopdar di GFC (Grogol Food Center) depan trisakti.. agan2 ada yang mau ikut ga ??
Shinharuka - 22/04/2011 04:00 PM
#187

Quote:
Original Posted By Almarhum13
yahh balik lagi gan.. itu kalo ditanya lagi bagian dari sejarah, semua agama akan bermuara kembali sebagai sejarah..

tapi bahasan soal budha awatara ada disini juga
[CODE]https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=3465654[/CODE]

karena pasti ada asal dan usul
kalo asal jangan usul, kalo usul jangan asal \)


kalo terlepas dari agama kan emang ada orang yg dimaksud dlm sejarah
maksud agan gmn? bingungs
gak boleh disangkutin sama sejarah gt?
hwayan - 22/04/2011 04:12 PM
#188

Quote:
Original Posted By Almarhum13
kampret dahhh.. lo kalo ke pure bata melayang neeh \)

kira2 masalah nyentana begini bro, ane blom nemuin slokanya c \)


ampun om TS ane jgn dibata, yg melayang duit aja deh gpp ane trima dgn ikhlas hammer

sep2 lumayan infonya bli buat nambah pengetahuan D
hwayan - 22/04/2011 04:22 PM
#189

ini gan tambahan dari ane tentang avatara/inkarnasi Tuhan yg pernah turun ke bumi silakan di liat D

[CODE]http://ngarayana.web.ugm.ac.id/2010/02/avatara/[/CODE]
sadhanaputra - 22/04/2011 06:49 PM
#190

afro:hi:

@Qunawi:
Ditunggu paparannya tentang Adi Shankara dan ajaran beliau \)

Gw dari dulu berusaha baca2 buku2nya, tapi ngga tau knapa selalu gagal (dan file nya ujung2nya ilang sebelum sempet di-print). Belum waktunya kali Peace:

Quote:
Original Posted By Almarhum13
wakaka... maksudnya itu AtMan = anteran makanan \)
bukan atman konteksnya dari "percikan kecil dari Brahman yang berada di dalam makhluk hidup." \)

Oooooalah hammer:
.Friend. - 22/04/2011 06:51 PM
#191

babi:

Terima kasih atas jawaban dan pencerahan dari rekan-rekan Hindu.beer:

babi:
Qunawi - 22/04/2011 06:58 PM
#192

Quote:
Original Posted By sadhanaputra
afro:hi:

@Qunawi:
Ditunggu paparannya tentang Adi Shankara dan ajaran beliau \)

Gw dari dulu berusaha baca2 buku2nya, tapi ngga tau knapa selalu gagal (dan file nya ujung2nya ilang sebelum sempet di-print). Belum waktunya kali Peace:


Siap kakak... itu juga kalo ane gak gagal memahaminya ya...
sadhanaputra - 22/04/2011 07:04 PM
#193

afro:hi:

Quote:
Original Posted By Qunawi
Siap kakak... itu juga kalo ane gak gagal memahaminya ya...

Bisa dishare resourcesnya? Biar kita bisa bahas bareng2 dan nyambung \)

Tapi kalo Advaita Vedanta sih kayanya ngga ada yang bisa dibahas ya hammer:
inoone - 22/04/2011 11:03 PM
#194

Quote:
Original Posted By ccck
baca juga penjelasan disini gan;
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=380861788#post380861788

sepertinya ada beberapa kesalahan inteprestasi dari beberapa kalangan tentang Buddha Awatara dan juga jika membaca satu Purana ada baiknya mensinkronkan dengan Purana yang lain karena ada beberapa penambahan yang dilakukan oleh sekelompok 'oknum' ketika menjajah India, contohnya yang tentang Bhavisya Purana... \)


hmm interesting. really makes sense.
inoone - 22/04/2011 11:17 PM
#195

Quote:
Original Posted By sadhanaputra
afro:hi:


Bisa dishare resourcesnya? Biar kita bisa bahas bareng2 dan nyambung \)

Tapi kalo Advaita Vedanta sih kayanya ngga ada yang bisa dibahas ya hammer:


gw bisa liat knp lu tertarik dg filsafat advaita. \)
sadhanaputra - 22/04/2011 11:28 PM
#196

afro:hi:

Quote:
Original Posted By inoone
gw bisa liat knp lu tertarik dg filsafat advaita. \)

Kenapa? o


@bawah:
Nape lo, ulang taon?
ezequiell - 23/04/2011 12:00 AM
#197

Quote:
Original Posted By Almarhum13
nahhh.. gini gan sadhana kan jadi rame \)
agan inoone aja demen kalo ente disini.. jangan2 ada hubungan khusus kah

___________:ngacir


Quote:
Original Posted By inoone
Busseeettt... cemburukah dirimu?jngn terang2an gitu malu:, ntar dikirain hindu kumpulan maho lo, alna TS-nya maho D


ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak

Quote:
Original Posted By Qunawi
kebetulan, sedang baca Adi Shankara... ninggalin jejak di sini dulu.. setelah selese, ane mampir ke mari ya ngomongin Adi Shankara


apanya zarathustra gan? bingungs
mathzie2nd - 23/04/2011 01:38 PM
#198

maaf gan sebelumnya

ane cuma mau menyampaikan
selamat hari raya Saraswati bagi Umat Hindu Sedharmaa :selamat

hari dimna turunnya ilmu pengetahuan :selamat :angel
cacing.loncat - 23/04/2011 01:49 PM
#199

Nanya ah.

1. gan Tuhannya hindu itu yg 3 itu ya ? siwa, wisnu, brahma ?
2. di hindu sering denger istilah batara, dewa, dewi, dsb. Itu tuhan juga bukan ya gan ?
3. agama hindhu pertamakali ditemukan taun brp gan ? Siapa yg menyebarkannya (mis : budha = sidharta)
unwell - 23/04/2011 01:55 PM
#200

Quote:
Original Posted By cacing.loncat
Nanya ah.

1. gan Tuhannya hindu itu yg 3 itu ya ? siwa, wisnu, brahma ?
2. di hindu sering denger istilah batara, dewa, dewi, dsb. Itu tuhan juga bukan ya gan ?
3. agama hindhu pertamakali ditemukan taun brp gan ? Siapa yg menyebarkannya (mis : budha = sidharta)


klo gw baca di page 1 sih cuma satu gan, sang hyang widhi..
Page 10 of 409 | ‹ First  < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab