DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab
Total Views: 286142 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 12 of 409 | ‹ First  < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 >  Last ›

unwell - 24/04/2011 12:51 PM
#221

Quote:
Original Posted By Shinharuka
tidak gan :cool

hindu dewanya gak cuma tiga,ada banyak tergantung fungsinya
gw pernah baca artikel bilang dewa di Hindu sampe jutaan


ngawur hammer:


bukan toh gan, mohon pencerahan shakehand
ZHU Uchiha - 24/04/2011 12:56 PM
#222

kalo meditasi hindu kayaknya juga berbau mistis ya?[HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab
Shinharuka - 24/04/2011 01:29 PM
#223

Quote:
Original Posted By unwell
bukan toh gan, mohon pencerahan shakehand


ane bukan Rsi gan p
LegionAssault - 24/04/2011 02:04 PM
#224

Quote:
Original Posted By unwell
setara Yesus, cmiiw maho


jadi dewa2 itu Sang Hyang Widhi dong???bingungs

Quote:
Original Posted By Shinharuka
tidak gan :cool


ooo

berarti posisi dewa itu kyk gmn??bingungs
sadhanaputra - 24/04/2011 02:11 PM
#225

afro:hi:

Quote:
Original Posted By Shinharuka

bukannya dalam Hindu itu penganutnya bisa merasakan berbagai macam paham?monotheisme,pantheisme,polytheisme,dll.

Bukan "merasakan" kali ya.
Tapi ya memang Hindu itu kan label yang disematkan orang luar (Inggris) ke sekumpulan kepercayaan Hindustan.

Jadi bukan penganut Hindu yang merasakan berbagai macam paham, tapi lebih tepat (CMIIW) disebut bahwa ada berbagai macam paham (dan karenanya, berbagai macam penganut) dalam satu label agama "Hindu".

Hindu Vaishnava ada. Shaivite ada. dsb dsb dsb gw ga apal Peace:

Bahkan kepercayaannya pun ada tren2nya. Dari jaman Indra hingga jaman Trimurti, dari Rudra hingga Shiva, gw ga apal Peace:

Quote:

terus ketika gw SMA gw baca2 dan nemuin kalo Brahma lahir dari pusar Wisnu hammers

Ini kayanya menurut Vaishnava deh p
Shinharuka - 24/04/2011 03:25 PM
#226

Quote:
Original Posted By LegionAssault

berarti posisi dewa itu kyk gmn??bingungs

sampe skrg saya juga masih bingung D

Quote:
Original Posted By sadhanaputra
afro:hi:


Bukan "merasakan" kali ya.
Tapi ya memang Hindu itu kan label yang disematkan orang luar (Inggris) ke sekumpulan kepercayaan Hindustan.

Jadi bukan penganut Hindu yang merasakan berbagai macam paham, tapi lebih tepat (CMIIW) disebut bahwa ada berbagai macam paham (dan karenanya, berbagai macam penganut) dalam satu label agama "Hindu".

Hindu Vaishnava ada. Shaivite ada. dsb dsb dsb gw ga apal Peace:

misalkan sekte Vaishnava kan ada berbagai faham didalamnnya atau gak? bingungs
Quote:

Bahkan kepercayaannya pun ada tren2nya. Dari jaman Indra hingga jaman Trimurti, dari Rudra hingga Shiva, gw ga apal Peace:

sekarang di indo kan menganut sekte Shiva dilihat dari mantra2 yang digunakan
Quote:

Ini kayanya menurut Vaishnava deh p

gimana sih?
trus gw baca juga Brahma yang gak terima kenyataan telah dilahirkan dari pusar Wisnu melakukan perhitungan kepada dewa Wisnu
hammer

kembali lagi apakah dewa itu "creature" atau "God itself" ?
LegionAssault - 24/04/2011 03:39 PM
#227

Quote:
Original Posted By Shinharuka
sampe skrg saya juga masih bingung D


jujur sekali D
nanya penjawab laen dah ngacir:
AkuCintaAvril - 24/04/2011 03:46 PM
#228

Quote:
Original Posted By Shinharuka

hindu dewanya gak cuma tiga,ada banyak tergantung fungsinya
gw pernah baca artikel bilang dewa di Hindu sampe jutaan


waauuww,,,..ngeri amatD

apa gak bingung tu saking banyak kek gitu....kek multi parpol di Indon....AFAIK-CMIIW
haluan - 24/04/2011 05:08 PM
#229

gw pernah tinggal di Bali ampir setaun..
selama disono banyak nanya ttg ADAT dan AGAMA sama orang sekerjaan yg ASLI Bali.
Jawabannya bisa beda2 tiap orang hammer:

karena gw juga suka photography, jadi suka keliling untuk motret Upacara Adat dsb
kalo ditanya sm penduduk disono, mereka bilang kalo yg mereka lakukan [upacara dsb] karena kata pemuka Agama.
mereka kebanyakan ga betul2 ngerti Upacara tsb.
HEBAT gw pikir.. mereka bener2 kompak satu kampung melakukan Upacara
sampe2 CUTI masal, yg kerja di luar daerah sampe pulang kampung.

Pertanyaan;
segitu KOMPLEKS kah Adat dan Upacara ke-Agamaan di BALI? makasih kalo ada yg jawab \)
Shinharuka - 24/04/2011 05:17 PM
#230

Quote:
Original Posted By LegionAssault
jujur sekali D
nanya penjawab laen dah ngacir:

harap maklum D
Quote:
Original Posted By AkuCintaAvril
waauuww,,,..ngeri amatD

apa gak bingung tu saking banyak kek gitu....kek multi parpol di Indon....AFAIK-CMIIW

makanya yang utama cuma 3 D
Quote:
Original Posted By haluan
gw pernah tinggal di Bali ampir setaun..
selama disono banyak nanya ttg ADAT dan AGAMA sama orang sekerjaan yg ASLI Bali.
Jawabannya bisa beda2 tiap orang hammer:

karena gw juga suka photography, jadi suka keliling untuk motret Upacara Adat dsb
kalo ditanya sm penduduk disono, mereka bilang kalo yg mereka lakukan [upacara dsb] karena kata pemuka Agama.
mereka kebanyakan ga betul2 ngerti Upacara tsb.
HEBAT gw pikir.. mereka bener2 kompak satu kampung melakukan Upacara
sampe2 CUTI masal, yg kerja di luar daerah sampe pulang kampung.

Pertanyaan;
segitu KOMPLEKS kah Adat dan Upacara ke-Agamaan di BALI? makasih kalo ada yg jawab \)


ane bukan orang bali gan Peace:
tapi emang orang bali adatnya kuat :cool
inoone - 24/04/2011 08:11 PM
#231
ini opini pribadi
Mengenai Dewa2, slh satu guru agama gw prnh bilang, (so far, I believe this), Dewa2 itu adalah PERSONIFIKASI DR BRAHMAN.

Knp mst dipersonifikasikan? krn Brahman terlalu jauh di atas pemahaman manusia, manusia tidak bisa membayangkan sprt apa brahman itu, jika tidak bs membayangkan, bgmn menyembahnya?

Krn itu manusia mulai "memodelkan" Brahman, utk membantu pemahaman manusia pd Brahman (krn itu kita mengenal filsafat Dvaita & Advaita-sekilas kelihatan slng bertolak belakang, pdhl tergantung sudut pandang kita). Jadilah dewa ini dewa itu, yg kl diliat, "manusia banget".

Apalgi, sgl yg berkaitan dg Dewa2 kebanyakan cm mitos. tentang kelahiran Ganeshalah, dikutuknya Dewi Uma-lah, dll. Buanyakkkkk buangeetttt...
_________________________________________________________________
Soal menyembah arca2/patung2 dsb, analoginya sederhana saja. ketika kita upacara bendera, horrmmaatt grakk!. kita pun menghormat.
PERTANYAANNYA: Apakah kita menghormati secarik kain yg tergantung itu?

Tidak. yg kita hormati adalah makna yg disimbolkan oleh kain yg berwarna merah dan putih tsb.
inoone - 24/04/2011 08:16 PM
#232

Quote:
Original Posted By haluan
gw pernah tinggal di Bali ampir setaun..
selama disono banyak nanya ttg ADAT dan AGAMA sama orang sekerjaan yg ASLI Bali.
Jawabannya bisa beda2 tiap orang hammer:

karena gw juga suka photography, jadi suka keliling untuk motret Upacara Adat dsb
kalo ditanya sm penduduk disono, mereka bilang kalo yg mereka lakukan [upacara dsb] karena kata pemuka Agama.
mereka kebanyakan ga betul2 ngerti Upacara tsb.
HEBAT gw pikir.. mereka bener2 kompak satu kampung melakukan Upacara
sampe2 CUTI masal, yg kerja di luar daerah sampe pulang kampung.

Pertanyaan;
segitu KOMPLEKS kah Adat dan Upacara ke-Agamaan di BALI? makasih kalo ada yg jawab \)


Betul, istilah Bali-nya "Gugon Tuwon"
Tidka banyak orang bali yg benar2 mengerti dg makna2 dr semua upacara d Bali. hny 1 hal yg mereka mengerti, upacara2 tsb adlh YADNYA, yg menjadi prioritas mereka adlh melaksanakan Yadnya tsb, bukan memahami maknanya.
heunceeut - 24/04/2011 08:20 PM
#233

selamat paskah bagi para pemeluk hindu sekalian. shakehand
sadhanaputra - 24/04/2011 11:43 PM
#234

afro:hi:

Quote:
Original Posted By Shinharuka
sampe skrg saya juga masih bingung D

misalkan sekte Vaishnava kan ada berbagai faham didalamnnya atau gak? bingungs

Sori, gw juga ga tau Peace:

Quote:

sekarang di indo kan menganut sekte Shiva dilihat dari mantra2 yang digunakan

Apalagi ini hammer:

Quote:

gimana sih?
trus gw baca juga Brahma yang gak terima kenyataan telah dilahirkan dari pusar Wisnu melakukan perhitungan kepada dewa Wisnu
hammer

Gw no comment soal ini.

Menurut gw ini sama sekali ga penting \)

Quote:

kembali lagi apakah dewa itu "creature" atau "God itself" ?

Dari sudut pandang panentheism, "creature".
Tapi dari sudut pandang monotheism, mereka melakukan fungsi dan peran seperti yang dilakukan "God" di monotheism.

Gw rasa semuanya kembali apa lo bisa menerima tuhan impersonal ("Brahman") sebagai "God".
hwayan - 25/04/2011 07:01 AM
#235

Quote:
Original Posted By LegionAssault
jadi dewa2 itu Sang Hyang Widhi dong???bingungs

ooo

berarti posisi dewa itu kyk gmn??bingungs


bukan dewa itu hanya manifestasi/Tuhan yg menjelma untuk menjalani tugas tertentu yang turun ke bumi

jadi gini dewa itu merupakan penjelmaan Tuhan yg terkena unsur dualisme karena bersentuhan dengan hal2 duniawi saat mencipta,memelihara,dan melebur alam semesta sebagai hukum sebab akibat

Ibaratnya Tuhan itu Maha suci & segalanya yg tidak mempunyai sifat keduniawian, maka dr itu Tuhan turun kebumi menjelma menjadi dewa yang mempunyai kewenangan yang lebih terbatas dan level yang lebih rendah dr Tuhan itu sendiri

jadi karena Tuhan maha sempurna maka hanya dia yg patut di sembah, sedangkan dewa sendiri telah mempunyai sifat keduniawian maka dari itu dewa hanya di hormati D

CMIIW D
hwayan - 25/04/2011 07:18 AM
#236

tambahan gan ini link mengenai posisi Tuhan & Dewa serta berapa banyak jumlah dewa di dalam agama hindu silahkan dibaca D

[CODE]http://dharmasastra3.wordpress.com/2010/12/21/tuhan-orang-hindu-banyak/[/CODE]
shank_le_roux - 25/04/2011 07:42 AM
#237

di dpn ada yg bilang kalo api ga panas ya... tp jgn langsung percaya... wkwkwk...

menurut pendapat ane bgini gan...

waktu gw dulu sekola.. gw diajarin kalo kita menyentuh benda dingin, katakanlah nyentuh es pake jari, es tersebut mentransfer energinya yg bersifat dingin ke jari kita, lalu jari kita jg mentransfer energi yg bersifat hangat ke es... jadi menurut gw.. kalo ga pake acara tansfer2an maka kita ga merasakan dingin.. D
haluan - 25/04/2011 09:33 AM
#238

Quote:
Original Posted By inoone
Betul, istilah Bali-nya "Gugon Tuwon"
Tidka banyak orang bali yg benar2 mengerti dg makna2 dr semua upacara d Bali. hny 1 hal yg mereka mengerti, upacara2 tsb adlh YADNYA, yg menjadi prioritas mereka adlh melaksanakan Yadnya tsb, bukan memahami maknanya.


http://putuprasasta.wordpress.com/2011/01/02/gugon-tuwon-sebuah-budaya-atau-tradisi/
     Pemaknaan Gugon Tuwon dewasa ini cenderung terkait dengan beberapa aspek yakni, sraddha, tanggung jawab, dan ajeg Bali. Pada aspek sraddha jelas sekali bahwa, di era multikultur sekarang ini dituntut generasi muda yang tebal keyakinannya. Tidak ada yang menyalahkan gugon tuwon, dan tidak ada yang meragukan lagi bagaimana keyakinan umat sedharma ketika melakukan suatu upacara ritual meskipun hanya didasarkan atas tradisi turun temurun, tanpa mengetahui filosofisnya.

Yup bener sekali.. itu yg gw tangkep waktu di Bali.
tks atas sharenya \)
dark.age - 25/04/2011 11:00 AM
#239

gw ngeliat orang2 hindu meletakkan semacam sesaji di pintu rumahnya, di halaman rumahnya, dan tempat lainnya. bisa dijelaskan maksudnya ??
ccck - 25/04/2011 11:08 AM
#240

sebagai tambahan aja... D

Quote:
Original Posted By cacing.loncat
Nanya ah.

1. gan Tuhannya hindu itu yg 3 itu ya ? siwa, wisnu, brahma ?
2. di hindu sering denger istilah batara, dewa, dewi, dsb. Itu tuhan juga bukan ya gan ?
3. agama hindhu pertamakali ditemukan taun brp gan ? Siapa yg menyebarkannya (mis : budha = sidharta)

1. Pemahaman Tuhan dalam Hindu ada yang personal dan impersonal, nah yang personal tersebut 'terwujud' dalam Dewa², sedangkan yang impersonal dikenal dengan nama Brahman atau klo di Indonesia dikenal dengan Hyang Widhi.

2. liat lagi penjelasan no. 1, Tuhan yang impersonal ketika mencoba di'wujudkan' akan menjadi Tuhan yang personal yang dalam hal ini adalah para Dewa.
klo tentang Bhatara;
"Kata Bhaþþàra dalam bahasa Sanskerta, berasal dari kata bhaþþa (bhattå) yang artinya: yang melindungi, tuan, atau raja. Kata Bhattara berarti mereka yang sangat dihormati karena fungsinya sebagai pemimpin dan pelindung umat manusia (Monier Williams, 1993:745). Jadi istilah atau nama deva-devì dan bhaþþàra-bhaþþàrì sebenarnya identik, karena fungsi dari dewa-dewa adalah untuk melindungi umat-Nya."

3. Seperti yang dibilang Sadha bahwa Hindu adalah kumpulan filsafat, jadi tidak tepat jika dibilang Hindu ditemukan tahun berapa, nah klo yang menyebarkan sepertinya banyak orang... \)

Quote:
Original Posted By AkuCintaAvril
nanya gan ilovekaskus

kenapa Hindu ada 3 dewanya ??
apakah patung arca ketiga dewa itu disembah juga ?

Dewa yang utama memang ada 3 yang dikorelasikan dengan siklus kehidupan yaitu lahir, hidup dan mati... nah disini peran ketiga Dewa tsb yang menonjol yaitu penciptaan (Brahma), pemeliharaan (Vishnu), dan pengembalian (Shiva).

ada beberapa yang menyembah hanya satu simbolisasi Beliau tapi ada juga yang menyembah semuanya, tergantung sreg di hati... o

Quote:
Original Posted By LegionAssault
tanya dong,kenapa penyembahan kepada Siwa dan Wisnu boleh terpisah??padahal ketiganya adalah manifestasi dari Trimurti??

tergantu sreg di hati gan, ibaratnya seorang guru maka akan lebih pas jika memilih satu guru sebagai panutan karena itu tadi bahwa sebenarnya tidak ada beda antara Shiva maupun Vishnu.

Quote:
Original Posted By inoone
Sedikit iseng2, Bagavad Githa kn isinya dialog antara Khrsna-Arjuna, nah bagaimana caranya kok bisa dibukukan? Bukankah Rsi Vyasa tidajk ada tempat ketika itu?

sepertinya udah dijawab oleh gan Sadha... \)

Quote:
Original Posted By ZHU Uchiha
kalo meditasi hindu kayaknya juga berbau mistis ya?[HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab

mistis yang bagaimana ya??
bukannya setiap meditasi akan menimbulkan efek samping tertentu walaupun itu bukan sebagai tujuan ataupun harapan dari orang yang melakukan meditasi?? o

Quote:
Original Posted By Shinharuka

gimana sih?
trus gw baca juga Brahma yang gak terima kenyataan telah dilahirkan dari pusar Wisnu melakukan perhitungan kepada dewa Wisnu
hammer

ada baiknya membaca Purana dibarengi juga dengan membaca Purana yang lain dan seperti yang saya tulis sebelumnya bahwa beberapa Purana kadang² mengalami penambahan... jadi mesti di uji dengan Sruti, klo bertentangan maka jelas Purana yang "kalah"... \)

Quote:
Original Posted By shank_le_roux
di dpn ada yg bilang kalo api ga panas ya... tp jgn langsung percaya... wkwkwk...

menurut pendapat ane bgini gan...

waktu gw dulu sekola.. gw diajarin kalo kita menyentuh benda dingin, katakanlah nyentuh es pake jari, es tersebut mentransfer energinya yg bersifat dingin ke jari kita, lalu jari kita jg mentransfer energi yg bersifat hangat ke es... jadi menurut gw.. kalo ga pake acara tansfer2an maka kita ga merasakan dingin.. D

yang ini ya;
Quote:
Original Posted By inoone
Di buku "seputar suara sumbang terhadap hindu" oleh Wayan Suja ada kutipan:

"Walau seribu Weda mengatakan api itu dingin, janganlah engkau percaya."

maksudnya biar membuktikan langsung, karena dalam Hindu sendiri ada konsepsi ajaran yang disebut Tri Pramana, yaitu tiga jalan/ cara untuk mengetahui hakekat kebenaran sesuatu, baik nyata maupun abstrak yang meliputi:
- Agama Pramana
- Anumana Pramana
- Pratyaksa Pramana
Page 12 of 409 | ‹ First  < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab