DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab
Total Views: 286142 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 16 of 409 | ‹ First  < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 >  Last ›

eeq.lo.ijo - 26/04/2011 05:29 PM
#301

Quote:
Original Posted By Shinharuka
agama hindu diperkirakan muncul antara tahun 3102 SM-1300 SM
bahasa Sanskerta Weda adalah bahasa Indo-Arya yang paling tua ditemui dan salah satu anggota rumpun bahasa Indo-Eropa yang tertua.
http://id.wikipedia.org/wiki/Agama_Hindu#cite_note-1

ngutip dari page one thread sebelah
Hinduisme bukanlah suatu agama yang sarat dengan dogma-dogma tapi mungkin lebih tepat kalau dikatakan sebagai satu cara hidup (a way of life) dari para penganutnya untuk mencari arti kebenaran dalam kehidupan.


tahun 3102 SM-1300 SM, tua an agama sebelah dong Gan malu:
manusianya cuma 2 soale D Peace:
Lyubovnitsa - 26/04/2011 08:09 PM
#302

malu:ngg..ane mau nanya nih gan/sist, tapi jangan dibata yamalu:
ane nggak bermaksud gimana2 nosara, cuma mau tau aja sekaligus meluruskan kalo emang salah
Dulu temen ane ada yang pernah bilang katanya Hindu di Bali statusnya lebih rendah daripada Hindu di India bingungs Emang bener? kalo iya, kenapa bisa gitu?
Shinharuka - 26/04/2011 09:20 PM
#303

Quote:
Original Posted By eeq.lo.ijo
tahun 3102 SM-1300 SM, tua an agama sebelah dong Gan malu:
manusianya cuma 2 soale D Peace:

\)

Quote:
Original Posted By Lyubovnitsa
malu:ngg..ane mau nanya nih gan/sist, tapi jangan dibata yamalu:
ane nggak bermaksud gimana2 nosara, cuma mau tau aja sekaligus meluruskan kalo emang salah
Dulu temen ane ada yang pernah bilang katanya Hindu di Bali statusnya lebih rendah daripada Hindu di India bingungs Emang bener? kalo iya, kenapa bisa gitu?

agan gak tanya alasannya temen agan bilang gitu?
Almarhum13 - 26/04/2011 10:08 PM
#304

Quote:
Original Posted By eeq.lo.ijo
*Sesuai warna ya Gan

Bukti apa yg menjelaskan bahwa hindu adalah agama paling tua?
di hindu apakah ada manusia pertama atau tidak?

Keluar agama semua jg bebas seh Gan itu tergantung orangnya aja, tp yg mau saya tanyakan adalah apakah hal tersebut tidak ada hukumannya atau apa lah? ya klo menurut sebelah kan murtad tuh \)

thanks


tepatnya tahun 1700 jaman pra kali yuga gan.. jadi sebelum tahun SM malah beer:
Almarhum13 - 26/04/2011 10:15 PM
#305

Quote:
Original Posted By Shinharuka
agama hindu diperkirakan muncul antara tahun 3102 SM-1300 SM
bahasa Sanskerta Weda adalah bahasa Indo-Arya yang paling tua ditemui dan salah satu anggota rumpun bahasa Indo-Eropa yang tertua.
http://id.wikipedia.org/wiki/Agama_Hindu#cite_note-1

ada gan,namanya Manu
http://ngarayana.web.ugm.ac.id/2009/07/manu-adalah-manusia-pertama/

ngutip dari page one thread sebelah
Hinduisme bukanlah suatu agama yang sarat dengan dogma-dogma tapi mungkin lebih tepat kalau dikatakan sebagai satu cara hidup (a way of life) dari para penganutnya untuk mencari arti kebenaran dalam kehidupan.

nah ini gan bener.. cuma kalo tahunnya hindu mengenal dengan jaman pra kali yuga.. jadi ga pake sebelom masehi dan masehi \)


Quote:
Original Posted By eeq.lo.ijo
tahun 3102 SM-1300 SM, tua an agama sebelah dong Gan malu:
manusianya cuma 2 soale D Peace:

hemmm... masalah tua dan tidaknya silahkan agan yang menilai.. tapi sedikit koreksi maksud dari agan shinharuka adalah 1700 jaman pra kali yuga.. kira2 malah sekitar sebelom masehi \)
dan manusia pertamanya bener kata agan shinharuka Manu

Quote:
Original Posted By Lyubovnitsa
malu:ngg..ane mau nanya nih gan/sist, tapi jangan dibata yamalu:
ane nggak bermaksud gimana2 nosara, cuma mau tau aja sekaligus meluruskan kalo emang salah
Dulu temen ane ada yang pernah bilang katanya Hindu di Bali statusnya lebih rendah daripada Hindu di India bingungs Emang bener? kalo iya, kenapa bisa gitu?

kalo agan minta jawaban bener ato nggak, ane jawab nggak.. Hindu disetiap bangsa dan negara memiliki keunikan sendiri2 jadi ane kurang sepaham kalo mengatakan ada yang lebih rendah ato lebih tinggi beer:
Almarhum13 - 26/04/2011 10:24 PM
#306

Quote:
Original Posted By hwayan
hmnn.. menurut saya selama manusia masih menerka, tidak ada yang pasti agama yang paling tertua. yang paling penting itu siapa yang paling memahami agamanya. percuma semua orang membicarakan kebaikan agamanya tapi sedikit yang bisa dilakukan bahkan untuk diri sendri. apapun agama setiap orang selama dia belum mampu menguasai dirinya. sama saja dengan tidak beragama. selama orang masih membicarakan kebaikan agamanya sendiri, dia tidak tau apa-apa.

manusia pertama menurut veda adalah manu. Manu sendiri berasal dari kata ‘manusia’ terdiri dari dua kata Sansekerta yaitu ‘Manu’ dan ‘sia’. Manu adalah Manu itu sendiri, sedangkan ‘sia’ berarti keturunan. Jadi, ‘manusia’ artinya adalah seluruh keturunan Manu.

`CMIIW`

wewww... agan maho ternyata punya analisa mendalam mengenai arti kata manusia :2thumbup


Quote:
Original Posted By cum1l4ut
*gini gan bukannya ane sok tau atau apalah semacamnya.

Memang benar dalam kitab suci Hindu tdk ada pernyataan secara eksplisit tentang larangan pindah agama, karena waktu agama Hindu pertama kali ada dan muncul di dunia, ia merupakan satu-satunya agama.
pada saat itu karena Hindu adalah satu-satunya agama lalu mau pindah ke agama yg mana?

Walaupun demikian secara implisit kitab suci Hindu melarang umatnya pindah agama, hal ini dapat diketahui melalui sloka "Manawa Dharmasastra IV.163, XI.57" dan juga sloka "Bhgavadgita III.32". Di dalam sloka-sloka tersebut ada pernyataan bahwa; melupakan Veda dosanya sangat besar dan tidak terampuni. Esensi di atas sama juga artinya dengan melarang umat Hindu untuk pindah agama.

Pada saat ini umat Hindu tidak mempan ditakut-takuti dengan slogan2 seperti "paid bangkung, gredeg bangkung", hal itu juga tidak cukup membuat umat Hindu malu. Hal itu dikarenakan mereka tidak pernah mendengar atau tidak mengetahui berdasarkan teks kitab suci yang menyatakan bahwa meninggalkan agama adalah dosa.

Pada agama lain sangat mempantangkan umatnya murtad, dan mereka selalu menyisipkan pesan janganlah anda murtad.
Tetapi dalam dharmawacana di lingkungan agama Hindu hampir tidak pernah menggunakan argumentasi teks, sehingga umat ragu menerima Dharmawacana-nya. Itulah yg menyebabkan mungkin sampai saat ini banyak umat Hindu yg tidak tersosialisasikan pengetahuan/pemahaman-nya tentang Hindu berdasarkan teks kitab suci secara baik & benar.

*mohon maaf bila tidak berkenan di hati agan2

iloveindonesia

hemmm.. mungkin ada benarnya agan berkata seperti itu, tapi agan perlu menjelaskan juga, berdosa besar melupakan weda saat kita masih beragama Hindu ato bukan \)
tapi kita lempar ke floor
kalo ane tetep setuju kalo Hindu adalah salah satu agama yang menganut paham "jalan hidup" dan bukan jalan keturunan / paksaan \)

Quote:
Original Posted By eeq.lo.ijo


Okelah klo memang menurut veda bahwa Manu itu yg pertama, tp akan lebih mendukung lg klo misal Manu ini di jelaskan siapa darimana co ato ce heeee D


Oooh cukup jelas lah Bray \)
tp klo Ane pernah baca dikit, di hindu itu pernah di terangkan tentang munculnya (duh nama dpn nya lupa) AVATAR gitu ya Gan? he he maaf klo salah
nah apakah beliau tersebut sdh lahir ato belum? klo misal sudah lahir tolong dijelaskan apa apa aja yg beliau ajarkan atau apalah dari bukti kehadiran dia \)

thanks b4 ya bray \)

kalo untuk keterangan manu dan penciptaan bumi, coba baca di page one gan, kosmologi Hindu \)

nah untuk awatara / avatara ada baiknya agan juga baca di page depan mengenai awatara beer:
hwayan - 27/04/2011 07:29 AM
#307

Quote:
Original Posted By Almarhum13
wewww... agan maho ternyata punya analisa mendalam mengenai arti kata manusia :2thumbup


wow.. jd gk enak di puji sama [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab maho
[HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab

yupz betul sekali klo saya sih tidak terlalu berpatokan kpd kitab tetapi jg di imbangi dgn analisa & bukti otentik beer:
cum1l4ut - 27/04/2011 07:29 AM
#308

Quote:
Original Posted By Almarhum13
hemmm.. mungkin ada benarnya agan berkata seperti itu, tapi agan perlu menjelaskan juga, berdosa besar melupakan weda saat kita masih beragama Hindu ato bukan \)
tapi kita lempar ke floor
kalo ane tetep setuju kalo Hindu adalah salah satu agama yang menganut paham "jalan hidup" dan bukan jalan keturunan / paksaan \)


gini gan, kalo melupakan weda masih beragama Hindu aja dosa, apa lg sudah tidak beragama Hindu lg.
Memang benar di dalam Hindu ada peraturan yg melarang umatnya pindah agama, tp itu tidak di tekankan secara eksplisit/terus terang/secara langsung, dengan kata lain mereka harus sadar dari dirinya bukan paksaan dari pihak manapun. Mengapa tidak di tekankan secara eksplisit?
karena memang benar perkataan dari agan Shinharuka

Quote:
Original Posted By Shinharuka
Hinduisme bukanlah suatu agama yang sarat dengan dogma-dogma tapi mungkin lebih tepat kalau dikatakan sebagai satu cara hidup (a way of life) dari para penganutnya untuk mencari arti kebenaran dalam kehidupan.


sehingga dalam mejalani/memahami ajaran2-nya,Hindu tidak menggunakan paksaan/dogma2 yg mengancam terhadap pengikutnya.

:toast
cum1l4ut - 27/04/2011 07:51 AM
#309

Quote:
Original Posted By Lyubovnitsa
malu:ngg..ane mau nanya nih gan/sist, tapi jangan dibata yamalu:
ane nggak bermaksud gimana2 nosara, cuma mau tau aja sekaligus meluruskan kalo emang salah
Dulu temen ane ada yang pernah bilang katanya Hindu di Bali statusnya lebih rendah daripada Hindu di India bingungs Emang bener? kalo iya, kenapa bisa gitu?


gini gan kalo menurut ane memang Hindu di India & Hindu di Bali agak berbeda, tetapi itu tidak masalah. Karena perbedaan itu indah bukan?
meskipun ada perbedaan antara Hindu di India & Hindu di Bali, tetapi itu bukan dalam tingkatan/status rendah atau tidaknya. Melainkan hanya cara menjalani-nya saja lah yg berbeda terutama dalam budaya-nya. Tapi pada intinya sama saja, yaitu menjalani ajaran Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Bisa di analogikan: jika kedua induk sang ayam berwarna hitam, bisa saja anaknya ada yg berwarna hitam & ada yg tidak berwarna hitam. Mengapa demikian?
karena perkembangan gen & jaman-lah yg mempengaruhinya.Tetapi pada intinya anak ayam yg berwarna hitam & yg bukan berwarna hitam memiliki induk yg sama.
Begitu juga dengan Hindu, meskipun kami berbeda-beda, terutama dalam budaya-nya.Tetapi kami tetap mempunya induk atau Tuhan yg sama, yaitu *Ida Sang Hyang Widhi Wasa*. Mengapa demikian?
karena perkembangan jaman-lah yg mempengaruhinya.

iloveindonesia
dwiiea - 27/04/2011 08:02 AM
#310

saya mau nanya dong ..
kebetulan prtanyaannya ini pernah dibahas di sekolah saya ..
gimana cara nya mengendalikan sad ripu yg benar ya ??
mohon bimbingannya juragan \)
hwayan - 27/04/2011 08:56 AM
#311

Quote:
Original Posted By dwiiea
saya mau nanya dong ..
kebetulan prtanyaannya ini pernah dibahas di sekolah saya ..
gimana cara nya mengendalikan sad ripu yg benar ya ??
mohon bimbingannya juragan \)


kalo menurut ane gini gan D

Spoiler for "Jawaban"

jawabannya tidak lain melalui pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama dan melalui penguasaan ilmu pengetahuan agama dapat menuntun berperilaku yang benar, berbudi luhur dalam pikiran, perkataan dan perbuatan, apa yang disebut Tri Kaya Parisudha. Sedangkan ilmu pengetahuan mencerdaskan, membuka cakrawala pandangan terhadap kehidupan dan penghidupan, mempunyai kesadaran dan dapat memilah, memilih baik dan buruk, benar dan salah, tidak sampai memilih jalan pintas membunuh diri dalam kebuntuan pikiran menyelesaikan suatu masalah.


CMIIW :toast
Almarhum13 - 27/04/2011 12:50 PM
#312

Quote:
Original Posted By dwiiea
saya mau nanya dong ..
kebetulan prtanyaannya ini pernah dibahas di sekolah saya ..
gimana cara nya mengendalikan sad ripu yg benar ya ??
mohon bimbingannya juragan \)


sedikitnya ane mau menjelaskan sad ripu itu sndiri \)


Quote:
Sad Ripu adalah enam jenis musuh yang timbul dari sifat-sifat manusia itu sendiri, yaitu:

Kama artinya sifat penuh nafsu indriya.
Lobha artinya sifat loba dan serakah.
Krodha artinya sifat kejam dan pemarah.
Mada artinya sifat mabuk dan kegila-gilaan.
Moha artinya sifat bingung dan angkuh.
Matsarya adalah sifat dengki dan iri hati.


shank_le_roux - 27/04/2011 01:05 PM
#313

page one edited D
Almarhum13 - 27/04/2011 01:19 PM
#314

Quote:
Original Posted By shank_le_roux
page one edited D


[I]mang knapa dengan kalki awatara gan ??[/I]
dibyo11031 - 27/04/2011 01:31 PM
#315

Quote:
Original Posted By inoone
Kl kasta d india, saya rasa benar demikian sejarahnya.
Kl hindu d bali, tentu bukan krn ada hubungannya dg ras arya/dravida. Akar dr kasta d bali sdh ada sejak dahulu kala.
Kasta adalah sebuah social system yg sangat natural, TERUTAMA dlm suatu negara yg berbentuk kerajaan.

Coba sebutkan pd saya kerajaan mana yg tidak ada system kasta.

Bhkn d keraton jogja yg notabene menganut islam pun trdpt kasta. itu keturunannya hamengkubuwono kn otomatis bangsawan semua, wl tidak jd sultan. Itulah kasta. D Inggris pun ada kasta, d norwegia, dll.


gatel nih pengen bantuin jawab yang ini, walaupun kayanya udah lewat jauh...
hehehehe,

jadi menurut sumber yang pernah ane baca (sayang lupa sumbernya) hegemoni kekastaan yang kita semua rasakan disini ( yang salah kaprah itu) mulai terjadi ketika belanda masuk ke tanah bali.

disana kompeni mengeluarkan keputusan bahwasanya semua golongan yang termasuk TRI-WARNA (brahmana, ksatriya, dan waisya, sudra nggak ikut) akan mendapatkan potongan pembayaran pajak...maka sejak saat itulah semua orang mulai ribut2 mencari-cari benang merah leluhur2 mereka supaya mendapatkan privilege itu, imbasnya...ya seperti yang kita lihat sekarang...

maaf ya TS, ikutan ngotorin tretnya...saya hindu juga, tapi pengetahuan masih kurang...salam kenal...
djongdjava - 27/04/2011 01:42 PM
#316

ane masih awam soal ajaran Hindu,
mau tanya gan,
jiwa setiap makhluk hidup akan mengalami reinkarnasi, -cmiiw-
apakah jumlah Jiwa dalam kehidupan ini jumlahnya tetap?
dengan kata lain tidak ada penciptaan jiwa lagi/tidak ada penambahan jiwa lagi?
shank_le_roux - 27/04/2011 01:51 PM
#317

Quote:
Original Posted By Almarhum13
[I]mang knapa dengan kalki awatara gan ??[/I]


ga kenapa2...

Spoiler for tes.. hehehe..
[HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab
Almarhum13 - 27/04/2011 01:51 PM
#318

Quote:
Original Posted By dibyo11031
gatel nih pengen bantuin jawab yang ini, walaupun kayanya udah lewat jauh...
hehehehe,

jadi menurut sumber yang pernah ane baca (sayang lupa sumbernya) hegemoni kekastaan yang kita semua rasakan disini ( yang salah kaprah itu) mulai terjadi ketika belanda masuk ke tanah bali.

disana kompeni mengeluarkan keputusan bahwasanya semua golongan yang termasuk TRI-WARNA (brahmana, ksatriya, dan waisya, sudra nggak ikut) akan mendapatkan potongan pembayaran pajak...maka sejak saat itulah semua orang mulai ribut2 mencari-cari benang merah leluhur2 mereka supaya mendapatkan privilege itu, imbasnya...ya seperti yang kita lihat sekarang...

maaf ya TS, ikutan ngotorin tretnya...saya hindu juga, tapi pengetahuan masih kurang...salam kenal...

wahhh.. nice sekali gan
terimakasih atas pngetahuannya beer:



Quote:
Original Posted By djongdjava
ane masih awam soal ajaran Hindu,
mau tanya gan,
jiwa setiap makhluk hidup akan mengalami reinkarnasi, -cmiiw-
apakah jumlah Jiwa dalam kehidupan ini jumlahnya tetap?
dengan kata lain tidak ada penciptaan jiwa lagi/tidak ada penambahan jiwa lagi?


Kalau menurut saya jiwa itu kekal, namun "komposisi"-nya yang berubah-ubah. Mungkin diibaratkan seperti tetes air, yang dalam perjalanannya bisa berubah-ubah dari berbentuk awan, uap, embun, hingga es/salju. Lalu apa semua itu masih bisa disebut air? Nah, itu tergantung pemahaman kita masing-masing. \)

Dalam prosesnya, setiap tetes air tersebut bisa mengalami pengurangan/penambahan, bertambah kotor ataupun bertambah jernih. Seperti itulah jiwa kita, kita ber-traveling dari satu tubuh ke tubuh lainnya, pengetahuan dan kebijaksanaan kita pun bertumbuh seiring pembelajaran kita melalui kehidupan.

Suatu ketika, akan tiba saatnya kita sebagai tetes-tetes air itu pulang kembali ke "Lautan Luas", inilah yang sering kita sebut sebagai moksa atau bersatunya kembali atman dengan Sang Hyang Widhi.

Seperti itu kira-kira yang saya pahami. \)
dibyo11031 - 27/04/2011 01:56 PM
#319

Quote:
Original Posted By Almarhum13
wahhh.. nice sekali gan
terimakasih atas pngetahuannya beer:




eh, ternyata agan almarhum13 onlen juga!!!

salam kenal brader!!!

kalo ada yang bisa gw jawab, ikutan bantuin boleh nggak???
djongdjava - 27/04/2011 01:57 PM
#320

Quote:
Original Posted By Almarhum13
wahhh.. nice sekali gan
terimakasih atas pngetahuannya beer:





Kalau menurut saya jiwa itu kekal, namun "komposisi"-nya yang berubah-ubah. Mungkin diibaratkan seperti tetes air, yang dalam perjalanannya bisa berubah-ubah dari berbentuk awan, uap, embun, hingga es/salju. Lalu apa semua itu masih bisa disebut air? Nah, itu tergantung pemahaman kita masing-masing. \)

Dalam prosesnya, setiap tetes air tersebut bisa mengalami pengurangan/penambahan, bertambah kotor ataupun bertambah jernih. Seperti itulah jiwa kita, kita ber-traveling dari satu tubuh ke tubuh lainnya, pengetahuan dan kebijaksanaan kita pun bertumbuh seiring pembelajaran kita melalui kehidupan.

Suatu ketika, akan tiba saatnya kita sebagai tetes-tetes air itu pulang kembali ke "Lautan Luas", inilah yang sering kita sebut sebagai moksa atau bersatunya kembali atman dengan Sang Hyang Widhi.

Seperti itu kira-kira yang saya pahami. \)


ane sudah sedikit paham tentang perubahan2 itu,
yang ane tanyain, adakah jiwa yang benar2 baru?
yang bukan hasil perubahan2 dari reinkarnasi jiwa sebelumnya,
Page 16 of 409 | ‹ First  < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab