Quote:
Original Posted By
Almarhum13 ►mantap neeh pertanyaan agan, ane coba jawab ahh

1.kalo menurut ane selain tubuh fisik masih ada beberapa lapisan lagi
Peristiwa demikian itu dikenal dengan istilah Aham Brahmasmi (diriku sama dengan Brahman). “Kulit-kulit” atman itu mulai dari Panca Mahabhuta, Panca Tanmatra, Pancaindria, manah (pemikiran), budhi (intelektual), hingga ahamkara (ego palsu). Ada pula yang membagi lapisan tubuh-lapisan tubuh itu menjadi lima lapisan atau yang disebut Pancamaya kosa. Pancamaya kosa terdiri dari anamaya kosa, pranamaya kosa, manomaya kosa, wijnanamaya kosa, dan anandamaya kosa. (ini menurut yang an tau lohh)
2.bisa dibilang bagian satu mlapisi bagian yang laen.. kalo prumpamaan ane kayak pisang dah
3. kalo yang ini ane simpen setelah meeting yah gan

Quote:
Original Posted By
sadhanaputra ►
@atas:
Jangankan kehidupan lalu, masa kecil aja kita ga segitu ingetnya kan? ;)
Bisa dijelaskan satu per satu?
Terima kasih

Maaf, ijin nimbrung gan, sharing yg masih nempel di otak.
Dalam filsafat samkhya dikenal dg 24 tattva, dan dalam vedanta dikenal dg 5 lapisan. Ke-24 tattva yg sdh dijelaskan o TS adl sbb:
1-5= Panca Maha Butha, lapisan badan kasar t/d unsur: Pritvi/pertiwi (unsur padat), Apah (cair), teja (api/panas), vayu (udara/gas), dan akasa (ether atau ruang?).
6-10= Panca Tanmatra t/d fungsi pengantar panca indra, yaitu penglihatan (pd organ mata), pendengaran (pd telinga), penciuman (pd hidung), perasa (pd lidah), dan peraba (pd kulit)
11-15= Panca karma indria, lima fungsi motorik/gerak/tindakan, pada tangan, kaki, mulut, kemaluan, dan anus.
16-20= Panca budhi indria, lima fungsi sensorik yg bekerja utk menangkap, pengolah dan penyaring rangsangan panca tan matra (diolah pd otak kali ya?): pengolah rangsangan penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, dan peraba.
21= manas/manah, pikiran, mind
22= budhi/intelec: akal budi, kemampuan pembeda/analisis
23= ahamkara/keakuan/ego, suatu lapisan berkata "aku dan milikku"
24= atma (jiwa pribadi/kesadaran unit)
(ada juga yg mengatakan, manas budhi dan ahamkara adalah Citta=kolam mental, tempat rekaman semua pengalaman).
Lima lapisan utama: Pancamaya kosha, lima lapisan ini disebut: maya, karena bersifat menyelubungi, t/d:
Anamaya kosa: lapisan makanan (anna=makanan), yaitu lapisan badan kasar/material, terkait dg Panca maha butha, Panca tan matra.
Pranamaya kosa: lapisan prana/energi vital, terkait dg fungsi Panca karma indria dan panca budhi indria. Prana adl energi yg memungkinkan fungsi2 tsb dilaksanakan. Prana terdiri dari berbagai jenis sesuai fungsinya, tapi maaf gak hapal nama dan fungsinya. Ada prana, apana, vyana, samana dll. Misalnya: prana penggerak pernafasan, aliran darah, pencernaan, pembuangan dll (CMIIW)
Manomaya kosa: lapisan pikiran, terkait dg manas/pikiran.
Vijananamaya kosa: lapisan pengetahuan, terkait dg budhi dan/atau ahamkara.
Anandamaya kosa: lapisan kebahagiaan atma.
Atma sbg kesadaran unit pd hakikatnya adl murni, terang, sadar. ketika budhi, sbg cermin atma, tidak kotor oleh lapisan ahamkara, maka cahaya atma akan diteruskan dg sempurna ke manas/pikiran s/d lapisan kasar, shg pikiran, perkataan, dan laku sso mrp perwujudan dari kesadaran atma.
Ada perumpaan kereta dlm Katha Upanishad. Atma adl penumpang kereta, kusirnya adl budhi atau ahamkara, tali kekang adl pikiran, lima kuda penarik kereta, kereta adl badan manusia, sedangkan jalan yg dilalui kereta bisa berupa 'jalan yg mengarahkan kpd Tuhan atau jalan lain'. Jika si kusir budhi dpt mengatasi ahamkara shg dia bisa membedakan "benar/salah, kekal/sementara", dia dpt mengarahkan tali kekang pikiran dg baik dan mengendalikan 5 kuda panca indria, shg badan kereta dpt berjalan dg benar di "jalan Tuhan", maka selamatlah penumpang atma. Lapisan kebahagiaan atma juga dikatakan sbg ananda maya, sebab dia masih melepaskan lapisan tsb utk "menyatu" dg anandanya atma semesta.
Ketika orang meninggal, saat sekarat, badan dan semua fungsi2 indria telah tdk berfungsi karena prana telah ditarik ke otak, selanjutnya prana, citta (kolam mental yg t/d manas, budhi, dan ahamkara) dan atma keluar dari badan melalui mell nadi susumna terus keluar dari kepala bag atas (cakra mahkota? cmiiw). Prana dilepaskan/kembali ke alam semesta (sbg bag energi semesta? cmiiw). Maka yg tinggal adl atma dan citta. Citta inilah yg mrp samskara2 bagi atma, bekas2 pembentuk kecenderungan, yg mengarahkan reinkarnasi atma tsb.
Selanjutnya, ia akan mencari badan dlm rahim (yg telah berisi/"ditiupkan" prana?) yg tepat utk kelahirannya.
Above all, C(correct/cendol)MIIW.
Tambahan: ketika baru lahir dan masih kecil, samskara pd citta masih baru, shg bayi/anak2 masih inget dg citta tsb (rekaman kehidupannya dulu). tapi ketika lapisan citta tsb semakin bertambah seiring bertambahnya pengalaman pd kehidupannya sekarang, maka citta yg lama terkubur semakin dalam dan susah diingat. Untuk menggalinya, katanya pake terapi hipnosis atau past life regression, cmiiw.