DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab
Total Views: 286142 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 18 of 409 | ‹ First  < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 >  Last ›

sadhanaputra - 28/04/2011 11:18 AM
#341

afro:hi:

Quote:
Original Posted By ccck

1. ^klo menurut Chandogya Upanisad maka atman terbungkus oleh tiga 'tubuh' (sarira) yaitu stula sarira (badan kasar) yang terdiri dari panca mahabutha,
suksma sarira (badan halus) yang terdiri dari pikiran, perasaan, keinginan dan nafsu (Citta, Manah, Indriya dan Ahamkara),
dan antakarana sarira (badan penyebab), dimana memuat seluruh phala dari karma.

^ klo menurut Taittiriya Upanisad maka atman dibungkus oleh Panca Maya Kosa, yaitu;
a. Annamaya; lapisan yang berupa tubuh (stula sarira) yang terbuat dari sari-sari makanan berasal dari bumi.
b. Pranamaya; lapisan yang berupa prana atau energi.
c. Manomaya; lapisan yang berupa pikiran
d. Vijnanamaya; berupa kesadaran
e. Anandamaya; berupa kebahagiaan dan kesenangan hidup duniawi

2. lapisan yang membungkus atman,

3. antakarana sarira plus c,d dan e pada bagian panca maya kosa yang mempengaruhi reinkarnasi.

Luar biasa jawabannya shakehand

Terima kasih shakehand

Quote:

jika dari ketiadaan tidak ada karena atman adalah bagian dari Brahman.

jika jiwa=atman maka tidak ada penciptaan,

jika telah moksha maka tergantung atman tsb apakah mau 'turun' lagi atau tidak, karena proses 'turun' tsb biasanya ada suatu sebab seperti awatara,

semua jiwa akan moksha jika nanti saat maha pralaya...

Yang diciptakan mungkin tidak ada, tapi apakah ada Atman2 baru yang "timbul" atau "lahir" dari Brahman?
socrates.quest - 28/04/2011 11:22 AM
#342

Quote:
Original Posted By ccck
klo di Śaivism ada 36... D


:matabelo, pengalaman sekali bro... o


sepertinya berhubungan dengan kelenjar pineal bro... \)


Kalau di vaisnava ada berapa ya?D

Kan udah pernah mati n lahir berkali-kali ngakak ups salah bro, copas dua derajat. Pertama copas dr baca2, kedua copas dari yg msh nempel di otak

Masalah kelenjar juga gak hapal gan..
sadhanaputra - 28/04/2011 11:29 AM
#343

afro:hi:

Quote:
Original Posted By socrates.quest
Maaf, ijin nimbrung gan, sharing yg masih nempel di otak.
Dalam filsafat samkhya dikenal dg 24 tattva, dan dalam vedanta dikenal dg 5 lapisan. Ke-24 tattva yg sdh dijelaskan o TS adl sbb:
1-5= Panca Maha Butha, lapisan badan kasar t/d unsur: Pritvi/pertiwi (unsur padat), Apah (cair), teja (api/panas), vayu (udara/gas), dan akasa (ether atau ruang?).
6-10= Panca Tanmatra t/d fungsi pengantar panca indra, yaitu penglihatan (pd organ mata), pendengaran (pd telinga), penciuman (pd hidung), perasa (pd lidah), dan peraba (pd kulit)
11-15= Panca karma indria, lima fungsi motorik/gerak/tindakan, pada tangan, kaki, mulut, kemaluan, dan anus.
16-20= Panca budhi indria, lima fungsi sensorik yg bekerja utk menangkap, pengolah dan penyaring rangsangan panca tan matra (diolah pd otak kali ya?): pengolah rangsangan penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, dan peraba.
21= manas/manah, pikiran, mind
22= budhi/intelec: akal budi, kemampuan pembeda/analisis
23= ahamkara/keakuan/ego, suatu lapisan berkata "aku dan milikku"
24= atma (jiwa pribadi/kesadaran unit)
(ada juga yg mengatakan, manas budhi dan ahamkara adalah Citta=kolam mental, tempat rekaman semua pengalaman).

Lima lapisan utama: Pancamaya kosha, lima lapisan ini disebut: maya, karena bersifat menyelubungi, t/d:
Anamaya kosa: lapisan makanan (anna=makanan), yaitu lapisan badan kasar/material, terkait dg Panca maha butha, Panca tan matra.
Pranamaya kosa: lapisan prana/energi vital, terkait dg fungsi Panca karma indria dan panca budhi indria. Prana adl energi yg memungkinkan fungsi2 tsb dilaksanakan. Prana terdiri dari berbagai jenis sesuai fungsinya, tapi maaf gak hapal nama dan fungsinya. Ada prana, apana, vyana, samana dll. Misalnya: prana penggerak pernafasan, aliran darah, pencernaan, pembuangan dll (CMIIW)
Manomaya kosa: lapisan pikiran, terkait dg manas/pikiran.
Vijananamaya kosa: lapisan pengetahuan, terkait dg budhi dan/atau ahamkara.
Anandamaya kosa: lapisan kebahagiaan atma.

Atma sbg kesadaran unit pd hakikatnya adl murni, terang, sadar. ketika budhi, sbg cermin atma, tidak kotor oleh lapisan ahamkara, maka cahaya atma akan diteruskan dg sempurna ke manas/pikiran s/d lapisan kasar, shg pikiran, perkataan, dan laku sso mrp perwujudan dari kesadaran atma.
Ada perumpaan kereta dlm Katha Upanishad. Atma adl penumpang kereta, kusirnya adl budhi atau ahamkara, tali kekang adl pikiran, lima kuda penarik kereta, kereta adl badan manusia, sedangkan jalan yg dilalui kereta bisa berupa 'jalan yg mengarahkan kpd Tuhan atau jalan lain'. Jika si kusir budhi dpt mengatasi ahamkara shg dia bisa membedakan "benar/salah, kekal/sementara", dia dpt mengarahkan tali kekang pikiran dg baik dan mengendalikan 5 kuda panca indria, shg badan kereta dpt berjalan dg benar di "jalan Tuhan", maka selamatlah penumpang atma. Lapisan kebahagiaan atma juga dikatakan sbg ananda maya, sebab dia masih melepaskan lapisan tsb utk "menyatu" dg anandanya atma semesta.

Mantab.. Mantab..

Jadi bingung, baca Krishnamurti dulu apa Vivekananda dulu ya bingung:

Quote:

Ketika orang meninggal, saat sekarat, badan dan semua fungsi2 indria telah tdk berfungsi karena prana telah ditarik ke otak, selanjutnya prana, citta (kolam mental yg t/d manas, budhi, dan ahamkara) dan atma keluar dari badan melalui mell nadi susumna terus keluar dari kepala bag atas (cakra mahkota? cmiiw). Prana dilepaskan/kembali ke alam semesta (sbg bag energi semesta? cmiiw). Maka yg tinggal adl atma dan citta. Citta inilah yg mrp samskara2 bagi atma, bekas2 pembentuk kecenderungan, yg mengarahkan reinkarnasi atma tsb.
Selanjutnya, ia akan mencari badan dlm rahim (yg telah berisi/"ditiupkan" prana?) yg tepat utk kelahirannya.
Above all, C(correct/cendol)MIIW.

Jadi atma dan citta lah yang tereinkarnasi ya shakehand

Quote:

Tambahan: ketika baru lahir dan masih kecil, samskara pd citta masih baru, shg bayi/anak2 masih inget dg citta tsb (rekaman kehidupannya dulu). tapi ketika lapisan citta tsb semakin bertambah seiring bertambahnya pengalaman pd kehidupannya sekarang, maka citta yg lama terkubur semakin dalam dan susah diingat. Untuk menggalinya, katanya pake terapi hipnosis atau past life regression, cmiiw.

Terima kasih jawabannya \)
socrates.quest - 28/04/2011 12:01 PM
#344

Quote:
Original Posted By sadhanaputra
afro:hi:


Mantab.. Mantab..

Jadi bingung, baca Krishnamurti dulu apa Vivekananda dulu ya bingung:


Jadi atma dan citta lah yang tereinkarnasi ya shakehand


Terima kasih jawabannya \)


shakehand sama2 gan, lam kenal.
Vivekananda aja dulu gan, masih ada ttg Brahman2-nya, kalau Krishnamurti, belum punya "bekal" apa2, udah disuruh jalan sendiri di 'rimba belantara' hehehe D tapi silakan baca yg mana aja, ane juga baca2 doang...

Quote:
Original Posted By sadhanaputra
afro:hi:


Luar biasa jawabannya shakehand

Terima kasih shakehand


Yang diciptakan mungkin tidak ada, tapi apakah ada Atman2 baru yang "timbul" atau "lahir" dari Brahman?


Sarvam kalvidam Barhman - Segalanya adalah Brahman.
Atman Brahman Aikyam - Atman adalah Brahman
Aham Brahman Asmi - Aku adalah Brahman

Katakanlah Brahman itu ibarat Samudra, pada suatu tempat dan kondisi tertentu yang memungkinkan, katakanlah spt wilayah empat musim atau dekat kutub utara, pd wkt ttt, air samudra berubah menjadi dingin atau ada yg membeku dg berbagai variasinya. Atman ibarat air samudra Brahman yg "mengalami" kualifikasi yg disebabkan oleh kekuatan Brahman yg disebut maya. Jika selubung maya tersingkap, sama seperti es mencair di musim panas bersatu dg samudra. Es dan air memiliki esensi yg sama tapi beda wujud. Jadi sumber es (atman) adalah air (brahman) dan tdk terbatas. Atman yg ber-reinkarnasi dpt disamakan dg kadar es yg berubah-ubah, setelah mencair dpt disamakan spt mokhsa.
Tapi sejak kapan utk pertama kali air Brahman itu berubah menjadi air dingin atau es Atman, atau sejak kapan atman ini mulai "bermain-main" dg maya shg ia mjd atman yg mulai terkondisi dg maya dan hk2 alam/semesta/perubahan, tdk ada yg punya jawaban pasti. Bahkan para avatar/orang suci pun tdk menyampaikan jawabannya secara persis (Jika di agama samawi dicoba dijawab dg doktrin "dosa asal", adam-hawa, cmiiw). Saat ini kita tahunya: aku Atman yang terkondisi.

Apakah pd saat pralaya semua atman akan mokhsa? Menurut saya tidak, semua makhluk dan isinya memang dilebur, tapi karma wasana/samskaranya tidak musnah, tapi berupa potensial2 halus, yg ketika semesta ini kembali mewujud, maka potensi2 itu akan diwujudkan/berwujud kembali.
cmiiw lagi.
ccck - 28/04/2011 12:12 PM
#345

Quote:
Original Posted By cum1l4ut
wah keren nh bli :2thumbup

ijin nyimak bli ngacir2

o silahkan ikutan ngobrol disana gan shakehand

Quote:
Original Posted By sadhanaputra
afro:hi:

Yang diciptakan mungkin tidak ada, tapi apakah ada Atman2 baru yang "timbul" atau "lahir" dari Brahman?

klo disesuaikan tentang kemunculan Kalki maka ada... \)

Quote:
Original Posted By socrates.quest
Kalau di vaisnava ada berapa ya?D

Kan udah pernah mati n lahir berkali-kali ngakak ups salah bro, copas dua derajat. Pertama copas dr baca2, kedua copas dari yg msh nempel di otak

Masalah kelenjar juga gak hapal gan..

coba tanya sama yang vaishnava... hammer:

ngakaks, boleh share fb bro... mahos

klo tentang kelenjar, itu dapat pengetahuan dari seorang guru Tantra eh meditasi... Peace:

Quote:
Original Posted By sadhanaputra
afro:hi:

Jadi bingung, baca Krishnamurti dulu apa Vivekananda dulu ya bingung:

yang pernah saya baca cuman Vivekananda... hammer:
ccck - 28/04/2011 12:21 PM
#346

Quote:
Original Posted By socrates.quest

Apakah pd saat pralaya semua atman akan mokhsa? Menurut saya tidak, semua makhluk dan isinya memang dilebur, tapi karma wasana/samskaranya tidak musnah, tapi berupa potensial2 halus, yg ketika semesta ini kembali mewujud, maka potensi2 itu akan diwujudkan/berwujud kembali.
cmiiw lagi.

tertarik dengan yang ini bro, bagaimana jika ketika mendekati waktu maha pralaya muncul sosok² agung yang memiliki tugas menuntun atman² tuk membebaskan diri dari belenggu dosa... bukannya nanti para atman tsb ada kemungkinan moksha semuanya??

dan juga ketika proses peleburan tsb, dimanakah tempat bagi 'potensial² halus' seperti yang bro bilang karena bukannya saat maha pralaya maka seluruh selubung tsb akan dilebur juga??
sadhanaputra - 28/04/2011 12:36 PM
#347

afro:hi:

@ccck: shakehand
Wah, senengnya yang punya guru.. \)

Quote:
Original Posted By socrates.quest
shakehand sama2 gan, lam kenal.

shakehand

Quote:

Vivekananda aja dulu gan, masih ada ttg Brahman2-nya, kalau Krishnamurti, belum punya "bekal" apa2, udah disuruh jalan sendiri di 'rimba belantara' hehehe D tapi silakan baca yg mana aja, ane juga baca2 doang...

Hehehe.. Kalo Krishnamurti emang kayanya murni ngajarin Raja Yoga doang ya.. Vivekananda lebih komplit D

Kayanya akhirnya baca2 Hatha Yoga Pradipika dulu.. Soalnya dalam waktu dekat kayanya yang sempet dipraktekin cuma Hatha nya hammer:

Quote:

Sarvam kalvidam Barhman - Segalanya adalah Brahman.
Atman Brahman Aikyam - Atman adalah Brahman
Aham Brahman Asmi - Aku adalah Brahman

Katakanlah Brahman itu ibarat Samudra, pada suatu tempat dan kondisi tertentu yang memungkinkan, katakanlah spt wilayah empat musim atau dekat kutub utara, pd wkt ttt, air samudra berubah menjadi dingin atau ada yg membeku dg berbagai variasinya. Atman ibarat air samudra Brahman yg "mengalami" kualifikasi yg disebabkan oleh kekuatan Brahman yg disebut maya. Jika selubung maya tersingkap, sama seperti es mencair di musim panas bersatu dg samudra. Es dan air memiliki esensi yg sama tapi beda wujud. Jadi sumber es (atman) adalah air (brahman) dan tdk terbatas. Atman yg ber-reinkarnasi dpt disamakan dg kadar es yg berubah-ubah, setelah mencair dpt disamakan spt mokhsa.
Tapi sejak kapan utk pertama kali air Brahman itu berubah menjadi air dingin atau es Atman, atau sejak kapan atman ini mulai "bermain-main" dg maya shg ia mjd atman yg mulai terkondisi dg maya dan hk2 alam/semesta/perubahan, tdk ada yg punya jawaban pasti. Bahkan para avatar/orang suci pun tdk menyampaikan jawabannya secara persis (Jika di agama samawi dicoba dijawab dg doktrin "dosa asal", adam-hawa, cmiiw). Saat ini kita tahunya: aku Atman yang terkondisi.

\)

Quote:

Apakah pd saat pralaya semua atman akan mokhsa? Menurut saya tidak, semua makhluk dan isinya memang dilebur, tapi karma wasana/samskaranya tidak musnah, tapi berupa potensial2 halus, yg ketika semesta ini kembali mewujud, maka potensi2 itu akan diwujudkan/berwujud kembali.
cmiiw lagi.

Yang ini sih tinggal ditunggu aja ntar gimana pas pralaya.. Gampang toh Peace:
antivirus2 - 28/04/2011 01:00 PM
#348

Saya mau bertanya buat agan2 Hindu di sini tentang hubungan Hindu dan yoga.

Apakah dengan yoga (yang salah satunya Kundalini yoga) termasuk salah satu ajaran 'wajib' dalam Hindu?
Almarhum13 - 28/04/2011 01:02 PM
#349

Quote:
Original Posted By Shinharuka
apakah jiwa sama seperti energi?
energi itukekal,tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan
tetapi bisa dirubah

kalo menurut gw sih ada 3
1. Tubuh
2. Memory
3. Jiwa

bagian kyknya o


nah ini, kenapa menurut gw ada 3 kalo kaitannya sama reinkarnasi?
karena tubuh sudah jelas tidak ikut reinkarnasi,jiwa ikut
sedangkan memori kadang ikut kadang nggak rolleyes:
soalnya gw pernah baca2 tentang orang2 yang mengingat kehidupan masa lalunya

payahhh... gara2 ane baru onlen sekarang jadi ga bisa jawab pertanyaan ke-2
tapi gan kalo menurut ane 3 bagian tubuh adalah
1.badan kasar
2.astral. atman
3.budhi
baru kesemuanya itu terbungkus dari panca mahabhuta gan \)

Quote:
Original Posted By sadhanaputra
afro:hi:


Luar biasa jawabannya shakehand

Terima kasih shakehand


Yang diciptakan mungkin tidak ada, tapi apakah ada Atman2 baru yang "timbul" atau "lahir" dari Brahman?


@om sadha: sori kmaren ga bisa lanjut OL \)

nah untuk lanjutan jawaban ke-3 apa yang dibawa ketika reinkarnasi adalah Atman dan Budhi (termasuk karma di dalamnya).

nah mungkinkah ada atman baru yang muncul..
seperti perumpamaan ane kemaren.. air yang mengalir di lautan.
bentuknya dia tetep segitu aja, ditambah dengan air hujan tetep segitu aja, diambil airnya 2 gentong tetep segitu aja.

mungkin dikarenakan atman sifatnya abadi dan kekal, sehingga berapa kalipun turun kedunia, kembali lagi itu tetap sama nilainya *CMIIW
il_prince - 28/04/2011 01:06 PM
#350

adakah perbedaan antara Hindu Bali dengan Hindu India?\)
Almarhum13 - 28/04/2011 01:15 PM
#351

Quote:
Original Posted By antivirus2
Saya mau bertanya buat agan2 Hindu di sini tentang hubungan Hindu dan yoga.

Apakah dengan yoga (yang salah satunya Kundalini yoga) termasuk salah satu ajaran 'wajib' dalam Hindu?

yang bro maksud wajib itu seperti apa ??
apa seperti bersembahyang menurut Hindu ato seperti apa ??

Quote:
Original Posted By il_prince
adakah perbedaan antara Hindu Bali dengan Hindu India?\)

sebelom nanya makanya baca dulu gan cd
il_prince - 28/04/2011 01:18 PM
#352

Quote:
Original Posted By Almarhum13
yang bro maksud wajib itu seperti apa ??
apa seperti bersembahyang menurut Hindu ato seperti apa ??


sebelom nanya makanya baca dulu gan cd


banyak banget...
capek bacanya malu:
antivirus2 - 28/04/2011 01:21 PM
#353

Quote:
Original Posted By Almarhum13
yang bro maksud wajib itu seperti apa ??
apa seperti bersembahyang menurut Hindu ato seperti apa ??


Maksud saya. Misalnya hanya dengan jalan itu cara satu-satunya yang dikenal untuk beribadah. Apakah begitu? Saya cuma baca2 literatur yoga saja dulu soalnya.
Almarhum13 - 28/04/2011 01:27 PM
#354

Quote:
Original Posted By antivirus2
Maksud saya. Misalnya hanya dengan jalan itu cara satu-satunya yang dikenal untuk beribadah. Apakah begitu? Saya cuma baca2 literatur yoga saja dulu soalnya.


kalo dibilang cara beribadah, bukan seperti itu gan..
kundalini itu ajaran suci, tapi tidak digunakan untuk persembahyangan sehari2..
at least for me beer:
sadhanaputra - 28/04/2011 01:36 PM
#355

afro:hi:

@antivirus:
Yoga di sini maksud lo yoga yang ngelipet2 badan ya? Hatha yoga?

Setau gw ada empat jalan dalam Hindu:
1. Hatha Yoga: melatih tubuh (termasuk tubuh halus - chakra dsb) untuk mencapai pencerahan
2. Raja Yoga: mengenali dan melatih pikiran untuk mencapai pencerahan
3. Bhakti Yoga: mencapai persatuan (yoga) dengan Tuhan dengan mengembangkan welas asih
4. Jnana Yoga: bisa dibilang filosofi Hindu, mendekatkan diri dengan Tuhan dengan cara mempelajari alam semesta dan Tuhan.

Kemaren ada yang nanya sad ripu, itu termasuk Raja Yoga berarti. Yang nanyain tentang lapisan2 manusia, atman, dan reinkarnasi, termasuk Jnana Yoga.

Selain ini ada juga yoga2 yang lain kaya Karma Yoga, Kriya Yoga, dsb. Gw kurang ngerti posisinya di mana. IMO Kriya Yoga cuma kaya Hatha Yoga tapi semacam aliran "Vajrayana"nya (kalo di Buddhism :Peace\).

Kundalini yoga menurut pemahaman gw adalah kombinasi dari keempat (tiga, kecuali bhakti?) jenis yoga di atas, dengan tujuan untuk membangkitkan kundalini.

CMIIW.

Quote:
Original Posted By Almarhum13

@om sadha: sori kmaren ga bisa lanjut OL \)8

nah untuk lanjutan jawaban ke-3 apa yang dibawa ketika reinkarnasi adalah Atman dan Budhi (termasuk karma di dalamnya).

nah mungkinkah ada atman baru yang muncul..
seperti perumpamaan ane kemaren.. air yang mengalir di lautan.
bentuknya dia tetep segitu aja, ditambah dengan air hujan tetep segitu aja, diambil airnya 2 gentong tetep segitu aja.

mungkin dikarenakan atman sifatnya abadi dan kekal, sehingga berapa kalipun turun kedunia, kembali lagi itu tetap sama nilainya *CMIIW

Sip gan, makasih beer:
Almarhum13 - 28/04/2011 01:41 PM
#356

Quote:
Original Posted By il_prince
banyak banget...
capek bacanya malu:

di page one udah ane pajang gitu gan \)

Quote:
Original Posted By sadhanaputra
afro:hi:

@antivirus:
Yoga di sini maksud lo yoga yang ngelipet2 badan ya? Hatha yoga?

Setau gw ada empat jalan dalam Hindu:
1. Hatha Yoga: melatih tubuh (termasuk tubuh halus - chakra dsb) untuk mencapai pencerahan
2. Raja Yoga: mengenali dan melatih pikiran untuk mencapai pencerahan
3. Bhakti Yoga: mencapai persatuan (yoga) dengan Tuhan dengan mengembangkan welas asih
4. Jnana Yoga: bisa dibilang filosofi Hindu, mendekatkan diri dengan Tuhan dengan cara mempelajari alam semesta dan Tuhan.

Kemaren ada yang nanya sad ripu, itu termasuk Raja Yoga berarti. Yang nanyain tentang lapisan2 manusia, atman, dan reinkarnasi, termasuk Jnana Yoga.

Selain ini ada juga yoga2 yang lain kaya Karma Yoga, Kriya Yoga, dsb. Gw kurang ngerti posisinya di mana. IMO Kriya Yoga cuma kaya Hatha Yoga tapi semacam aliran "Vajrayana"nya (kalo di Buddhism :Peace\).

Kundalini yoga menurut pemahaman gw adalah kombinasi dari keempat (tiga, kecuali bhakti?) jenis yoga di atas, dengan tujuan untuk membangkitkan kundalini.

CMIIW.


Sip gan, makasih beer:


behhh... padahal kan situ juga termasuk nanya masalah reinkarnasi

_______________ngacir:
Shinharuka - 28/04/2011 01:55 PM
#357

Quote:
Original Posted By ccck

jika telah moksha maka tergantung atman tsb apakah mau 'turun' lagi atau tidak, karena proses 'turun' tsb biasanya ada suatu sebab seperti awatara,


kalo turunnya awatara itu Brahman yang turun (semua) atau cuma Percikannya (sebagian kecil) yang turun?
Almarhum13 - 28/04/2011 02:02 PM
#358

Quote:
Original Posted By Shinharuka
kalo turunnya awatara itu Brahman yang turun (semua) atau cuma Percikannya (sebagian kecil) yang turun?


nahhh lo maksudnya kayak gimana neeh ??
awatara itu memiliki atman ato nggak gitu ?
antivirus2 - 28/04/2011 02:29 PM
#359

@sadha
@almarhum

Thanks. Gw baru tau yoga termasuk ajaran suci (termasuk kundalini). Sayang literatur2 gw dah ilang. Ntar nanya lagi.
Almarhum13 - 28/04/2011 02:51 PM
#360

Quote:
Original Posted By antivirus2
@sadha
@almarhum

Thanks. Gw baru tau yoga termasuk ajaran suci (termasuk kundalini). Sayang literatur2 gw dah ilang. Ntar nanya lagi.


mantap gann.. be back soon yo \)
Page 18 of 409 | ‹ First  < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab