DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab
Total Views: 286142 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 20 of 409 | ‹ First  < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 >  Last ›

Shinharuka - 02/05/2011 07:05 AM
#381

udah tiga hari gak main kesini ternyata tetep di page 19 D
socrates.quest - 02/05/2011 08:23 AM
#382

Quote:
Original Posted By ccck
Dalam Hindu dikenal istilah Saguna dan Nirguna Brahman, klo Nirguna adalah Tuhan yang tidak mampu dipikirkan (salah satu sifatnya acintya) sedangkan Saguna adalah Brahman yang 'diwujudkan' sehingga menjadi berbagai simbol/personifikasi Brahman berupa para Dewa.

pemahanan lebih dalam, manusia pun bisa menjadi Dewa... Peace:


:2thumbup, saya pernah baca di Atharva Veda yang salah satu isinya menyatakan bahwa 1/3 dari Brahman adalah alam material (tempat seluruh alam semesta ini), jadi apakah 1/3 bagian ini ketika mengalami maha pralaya maka dikembalikan kondisinya agar sesuai dengan yang 2/3 bagian lainnya dari Brahman?? confused:

Wah, setahu saya 1/4nya alam semesta material, sisanya "wilayah keabadian". cmiiw

Quote:
Original Posted By LegionAssault
ooo,jadi kyk konsep GodMan gitu dong om eek:


Quote:
Original Posted By Almarhum13
lah bukannya kalo godman itu salah satu contohnya sai baba ??
kalo menurut ane sih sai baba bukan dewa gan ?? beer:


Menurut saya, Saguna Brahma bukan berupa para Dewa, Saguna Brahman adl Brahman dari sudut pandang manusia, yaitu Ishwara, yg dlm padanan Indonesianya adl Tuhan, yg memiliki kualitas utk mencipta memelihara dan melebur. Sedangkan dewa sendiri "diciptakan Tuhan setelah alam semesta ini diadakan" (mungkin bro ccck tahu slokanya dlm Rg Veda), artinya Dewa memang "diciptakan" Tuhan Ishwara utk "mengelola" alam semesta yg lebih dulu "diadakan".

Kalau God Man apa ya? Saya pernah baca ungkapan "God walking on earth", istilah yg ditujukan utk manusia illahi spt para Avatar:

Quote:
Mengenai Awatara
Dalam Bhagavad Gita, Krishna menyatakan bahwa Dia atas kehendaknya sendiri, dg kekuatan yoga maya-Nya, mewujudkan diriNya untuk menggunakan Badan Material. Karena Dia adalah penguasa Maya (makanya Dia bilang, menggunakan kekuatan yogamaya-Nya) maka Dia tidak terikat/terilusi dg perubahan dan perwujudan material, maka Dia adalah Brahman itu sendiri yg sedang memerankan Diri sbg Atman yg mengenakan wujud material. Menurut saya, kita jangan membayangkan Brahman itu sbg sesosok pribadi, yang ketika pribadi itu turun mjd avatar, maka Brahman ini telah berubah dan pergi dr tempatnya utk mjd Avatar, atau ada bagian Brahman yg berkurang karena berubah/turun mjd avatar.
Menurut pemahaman saya, Brahman adalah absolut dan tidak terbatas, atas kekuatan kehendaknya sendiri (sva-iccha) mengenakan badan material, tetapi Dia tetap "lengkap" spt semula, hanya terlihat "ada bagiannya/percikannya" yg mengenakan "selubung" berupa tubuh material, sedangkan Dia sendiri tdk terpengaruh dg selubung yg dikenakannya. Maka dlm satu masa dan berbagai tempat, Dia bisa berkehendak menggunakan lebih dari satu selubung dalam "permainan-Nya". Dalam ajaran Hindu, dikenal berbagai jenis Avatar, dari yang membawa sedikit 'perlengkapan' (kekuatan dan kekuasaannya) spt para Guru tertentu atau yg mengemban tugas khusus ttt, sampai Avatar yg paling lengkap (purna avatar) spt Krishna.

Artinya, Bhagavan Sai Baba dpt dianggap sbg Avatar berds kalifikasi2 ttt bagi yg meyakininya, misalnya membawa kemampuan illahi ttt utk mengemban tugas ttt, dan digolongkan sbg 'avatar kecil'. Tapi Penilaian spt ini agar jangan dilihat dari kacamata "Tuhan monotheisme", karena akan terlihat sbg "penyekutuan, penghujatan... dll".

Sedangkan manusia, karena pencapaiannya katanya memang bisa menyamai bahkan melebihi taraf Dewa, spt Rsi Vasistha atau Brghu, penasehat para Dewa. cmiiw.
Shinharuka - 02/05/2011 08:36 AM
#383

Quote:
Original Posted By socrates.quest

Artinya, Bhagavan Sai Baba dpt dianggap sbg Avatar berds kalifikasi2 ttt bagi yg meyakininya, misalnya membawa kemampuan illahi ttt utk mengemban tugas ttt, dan digolongkan sbg 'avatar kecil'. Tapi Penilaian spt ini agar jangan dilihat dari kacamata "Tuhan monotheisme", karena akan terlihat sbg "penyekutuan, penghujatan... dll".

Sedangkan manusia, karena pencapaiannya katanya memang bisa menyamai bahkan melebihi taraf Dewa, spt Rsi Vasistha atau Brghu, penasehat para Dewa. cmiiw.


Sai Baba awatara kecil hindu ya?tugasnya di dunia sbg apa?
kok banyak agama lain yang menghujat?
socrates.quest - 02/05/2011 09:02 AM
#384

Quote:
Original Posted By Shinharuka
Sai Baba awatara kecil hindu ya?tugasnya di dunia sbg apa?
kok banyak agama lain yang menghujat?


Sbg awatara jika dipahami dr sudut pengetian awatara, itu bagi yg memahaminya demikian dan menyakininya, kalau tidak ya tdk apa2. Tugasnya di dunia scr persis, lebih baik baca2 aja bukunya yg diterbitkan atau goggling aja deh, takut saya dianggap mewakili Bhagavan Sai Baba.
Kalau agama lain menghujat, ya itu tadi, sudut pandangnya beda, di agama lain kan gak ada ajaran dan keyakinan ttg avatara (orang2 Hindu sendiripun banyak yg tdk mengakui beliau, tapi tdk menghujat lho ya). Misalnya yg meyakini Tuhan monotheisme, apa2 serba Tuhan, jika bukan Tuhan yg sesuai kriterianya, atau fenomena diluar pemahamannya, ya berarti setan (demikian kira2 cara berpikirnya).
Shinharuka - 02/05/2011 09:11 AM
#385

Quote:
Original Posted By socrates.quest
Sbg awatara jika dipahami dr sudut pengetian awatara, itu bagi yg memahaminya demikian dan menyakininya, kalau tidak ya tdk apa2. Tugasnya di dunia scr persis, lebih baik baca2 aja bukunya yg diterbitkan atau goggling aja deh, takut saya dianggap mewakili Bhagavan Sai Baba.
Kalau agama lain menghujat, ya itu tadi, sudut pandangnya beda, di agama lain kan gak ada ajaran dan keyakinan ttg avatara (orang2 Hindu sendiripun banyak yg tdk mengakui beliau, tapi tdk menghujat lho ya). Misalnya yg meyakini Tuhan monotheisme, apa2 serba Tuhan, jika bukan Tuhan yg sesuai kriterianya, atau fenomena diluar pemahamannya, ya berarti setan (demikian kira2 cara berpikirnya).


jadi orang hindu sendiri masih ada yang gak percaya sama beliau?
knp agan takut dianggap mewakili Sai Baba?
socrates.quest - 02/05/2011 09:37 AM
#386

Quote:
Original Posted By Shinharuka
jadi orang hindu sendiri masih ada yang gak percaya sama beliau?
knp agan takut dianggap mewakili Sai Baba?


-ada gan, karena bebas utk memilih, malah mungkin ada yg belum pernah dengar ttg Sai Baba.
-Takut salah aja gan, karena saya tdk menguasai, biar gak salah informasi. Dipersilakan kpd agan2 yang ngerti.
ccck - 02/05/2011 10:40 AM
#387

Quote:
Original Posted By LegionAssault
ooo,jadi kyk konsep GodMan gitu dong om eek:

udah dijawab dengan baik oleh bro socrates o

Quote:
Original Posted By socrates.quest
Menurut saya, Saguna Brahma bukan berupa para Dewa, Saguna Brahman adl Brahman dari sudut pandang manusia, yaitu Ishwara, yg dlm padanan Indonesianya adl Tuhan, yg memiliki kualitas utk mencipta memelihara dan melebur. Sedangkan dewa sendiri "diciptakan Tuhan setelah alam semesta ini diadakan" (mungkin bro ccck tahu slokanya dlm Rg Veda), artinya Dewa memang "diciptakan" Tuhan Ishwara utk "mengelola" alam semesta yg lebih dulu "diadakan".

shakehand
ccck - 02/05/2011 10:48 AM
#388

Quote:
Original Posted By socrates.quest
Wah, setahu saya 1/4nya alam semesta material, sisanya "wilayah keabadian". cmiiw

eh ya hammer: yang benar adalah 1/4 'bagian' dari Beliau adalah alam material o

thanks koreksinya bro shakehand

Quote:
Original Posted By socrates.quest
Menurut saya, Saguna Brahma bukan berupa para Dewa, Saguna Brahman adl Brahman dari sudut pandang manusia, yaitu Ishwara, yg dlm padanan Indonesianya adl Tuhan, yg memiliki kualitas utk mencipta memelihara dan melebur. Sedangkan dewa sendiri "diciptakan Tuhan setelah alam semesta ini diadakan" (mungkin bro ccck tahu slokanya dlm Rg Veda), artinya Dewa memang "diciptakan" Tuhan Ishwara utk "mengelola" alam semesta yg lebih dulu "diadakan".

bukannya Ishvara itu termasuk nirguna ya bro??
sedangkan yang saguna itu adalah para dewa yang mengelola alam ini??

karena jabatan sebagai para Dewa itu bisa berganti dimana ketika sosok roh agung mencapai kualifikasi tertentu maka kemungkinan roh agung ini yang kemudian menjabat sebagai dewa tertentu??
bukannya seperti itu??
LegionAssault - 02/05/2011 11:32 AM
#389

Quote:
Original Posted By socrates.quest
Menurut saya, Saguna Brahma bukan berupa para Dewa, Saguna Brahman adl Brahman dari sudut pandang manusia, yaitu Ishwara, yg dlm padanan Indonesianya adl Tuhan, yg memiliki kualitas utk mencipta memelihara dan melebur. Sedangkan dewa sendiri "diciptakan Tuhan setelah alam semesta ini diadakan" (mungkin bro ccck tahu slokanya dlm Rg Veda), artinya Dewa memang "diciptakan" Tuhan Ishwara utk "mengelola" alam semesta yg lebih dulu "diadakan".

Kalau God Man apa ya? Saya pernah baca ungkapan "God walking on earth", istilah yg ditujukan utk manusia illahi spt para Avatar:


Artinya, Bhagavan Sai Baba dpt dianggap sbg Avatar berds kalifikasi2 ttt bagi yg meyakininya, misalnya membawa kemampuan illahi ttt utk mengemban tugas ttt, dan digolongkan sbg 'avatar kecil'. Tapi Penilaian spt ini agar jangan dilihat dari kacamata "Tuhan monotheisme", karena akan terlihat sbg "penyekutuan, penghujatan... dll".

Sedangkan manusia, karena pencapaiannya katanya memang bisa menyamai bahkan melebihi taraf Dewa, spt Rsi Vasistha atau Brghu, penasehat para Dewa. cmiiw.


ooo,jadi Dewa ciptaan Tuhan,ngerti ane skrg shakehand2
btw awatara itu berarti adalah Brahman dong???eek:
bukannya Wishnu???bingung:
Almarhum13 - 02/05/2011 12:15 PM
#390

Quote:
Original Posted By LegionAssault
ooo,jadi Dewa ciptaan Tuhan,ngerti ane skrg shakehand2
btw awatara itu berarti adalah Brahman dong???eek:
bukannya Wishnu???bingung:


ini adalah Brahman gan, bukan Brahma
beda N lohh \)
socrates.quest - 02/05/2011 03:08 PM
#391

Quote:
Original Posted By ccck
eh ya hammer: yang benar adalah 1/4 'bagian' dari Beliau adalah alam material o

thanks koreksinya bro shakehand


bukannya Ishvara itu termasuk nirguna ya bro??
sedangkan yang saguna itu adalah para dewa yang mengelola alam ini??

karena jabatan sebagai para Dewa itu bisa berganti dimana ketika sosok roh agung mencapai kualifikasi tertentu maka kemungkinan roh agung ini yang kemudian menjabat sebagai dewa tertentu??
bukannya seperti itu??

Setahu saya, Brahman dipahami sbg yang absolut, tanpa sifat/nirguna, impersonal, disimbolkan sbg OM, digambarkan dg pernyataan negatif "neti, neti"= bukan ini, bukan ini, atau jika terpaksa dg pernyataan positif digambarkan sbg SAT (KEBENARAN), CIT (KESADARAN), ANANDA (KEBAHAGIAAN). Di akhir doa, sering ditambahkan OM TAT SAT, engkaulah kebenaran itu.
Sedangkan saguna Brahman, dikaitkan dg pemahaman manusia akan Brahman ini, kaitannya dg alam semesta dan segala perwujudannya (Trikona - Penciptaan, Pemeliharaan, Peleburan), sebagai tujuan pemujaan, diwujudkan sbg personal god atau Ishwara, Brahman yag beratribut. Pemujanya memujanya Siva atau Wisnu, dll sbg Ishwara baginya.
Sedangkan para Dewa ya spt bro ccck jelaskan.

Quote:
Original Posted By LegionAssault
ooo,jadi Dewa ciptaan Tuhan,ngerti ane skrg shakehand2
btw awatara itu berarti adalah Brahman dong???eek:
bukannya Wishnu???bingung:


Quote:
Original Posted By Almarhum13
ini adalah Brahman gan, bukan Brahma
beda N lohh \)


Betul gan, Brahman utk menyebutkan Yang Mutlak, sedangkan Brahma, Wishnu, Siva dlm kaitan atribut Ishwara (Saguna Brahman). Yang saya pernah baca, Avatar diasalkan pada Wisnu (spt Dasa Avatara), juga ada yg diasalkan pd Siva (spt Sankaracharya)
Almarhum13 - 02/05/2011 03:13 PM
#392

Quote:
Original Posted By socrates.quest
Setahu saya, Brahman dipahami sbg yang absolut, tanpa sifat/nirguna, impersonal, disimbolkan sbg OM, digambarkan dg pernyataan negatif "neti, neti"= bukan ini, bukan ini, atau jika terpaksa dg pernyataan positif digambarkan sbg SAT (KEBENARAN), CIT (KESADARAN), ANANDA (KEBAHAGIAAN). Di akhir doa, sering ditambahkan OM TAT SAT, engkaulah kebenaran itu.
Sedangkan saguna Brahman, dikaitkan dg pemahaman manusia akan Brahman ini, kaitannya dg alam semesta dan segala perwujudannya (Trikona - Penciptaan, Pemeliharaan, Peleburan), sebagai tujuan pemujaan, diwujudkan sbg personal god atau Ishwara, Brahman yag beratribut. Pemujanya memujanya Siva atau Wisnu, dll sbg Ishwara baginya.
Sedangkan para Dewa ya spt bro ccck jelaskan.





Betul gan, Brahman utk menyebutkan Yang Mutlak, sedangkan Brahma, Wishnu, Siva dlm kaitan atribut Ishwara (Saguna Brahman). Yang saya pernah baca, Avatar diasalkan pada Wisnu (spt Dasa Avatara), juga ada yg diasalkan pd Siva (spt Sankaracharya)


nice banget gan beer:
semuanya dijelaskan dengan gamblang \)
dewhira - 02/05/2011 03:52 PM
#393

om suastiasu
Shinharuka - 02/05/2011 04:54 PM
#394

Quote:
Original Posted By dewhira
om suastiasu


OM Swastiastu \)
zeshoek - 03/05/2011 11:43 AM
#395

Quote:
Original Posted By ruezclaire
babad dalem tarukan maksudnya ya?
siib gan tq tq,ane nyba nyri" dulu
mpe skarang cmn tau sdkit aja ttg leluhur
jadi malu ama diri sendiri
>.

hehe.. ane juga dari warga Pulasari gan shakehand
Almarhum13 - 03/05/2011 12:04 PM
#396

Quote:
Original Posted By Shinharuka
OM Swastiastu \)

Om swastiastu juga gan \)

Quote:
Original Posted By zeshoek
hehe.. ane juga dari warga Pulasari gan shakehand


wahhh... untung ketemu yang bisa jawab gan \)
zeshoek - 03/05/2011 12:16 PM
#397

Quote:
Original Posted By Almarhum13
Om swastiastu juga gan \)



wahhh... untung ketemu yang bisa jawab gan \)

hehe.. gak bisa bantu sih, ane juga sedang mencari inpo.. tapi inpo mengenai ini lumayan banyak sih.
tapi hubungannya dengan sejarah dan menurut ane sedikit sekali berhubungan dengan agama. tar malah oot hammer:

silahkan dilanjutkan diskusinya, ane menyimak D
zeshoek - 03/05/2011 12:25 PM
#398

sedikit pertanyaan yang agak iseng.. p

mengapa kita diciptakan menjadi manusia oleh Tuhan, atau kita ada sendiri (tidak diciptakan) untuk mencapai tujuan akhir Moksa?

terimakasih..
Almarhum13 - 03/05/2011 01:29 PM
#399

Quote:
Original Posted By zeshoek
sedikit pertanyaan yang agak iseng.. p

mengapa kita diciptakan menjadi manusia oleh Tuhan, atau kita ada sendiri (tidak diciptakan) untuk mencapai tujuan akhir Moksa?

terimakasih..


manusia tetap diciptakan oleh Tuhan gan
dan kenapa kita diciptakan sebagai manusia
selain sebagai pengisi dan penyeimbang bumi yang telah diciptakan
untuk mendayagunakan bumi bagi kemakmuran seluruh manusia

sedangkan moksa untuk lebih lanjut baca di post sebelomnya \)
Shinharuka - 03/05/2011 01:51 PM
#400

Quote:
Original Posted By Almarhum13
manusia tetap diciptakan oleh Tuhan gan
dan kenapa kita diciptakan sebagai manusia
selain sebagai pengisi dan penyeimbang bumi yang telah diciptakan
untuk mendayagunakan bumi bagi kemakmuran seluruh manusia

sedangkan moksa untuk lebih lanjut baca di post sebelomnya \)


pertanyaan lanjutan
kenapa bumi diciptakan?
Page 20 of 409 | ‹ First  < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab