DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab
Total Views: 286142 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 22 of 409 | ‹ First  < 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 >  Last ›

cum1l4ut - 05/05/2011 03:01 PM
#421

Quote:
Original Posted By momar
maaf juragan, ane orang hindu.

tp pernyataan juragan mnurut ane tidak tepat. Tuhan tidak pernah menjelma apalagi turun ke bumi sebagai dewa.

TUHAN ya DIA Tuhan Yg Esa, dewa ya mahluk ciptaanNYA.

kalau istilah/ungkapan dewa adl penjelmaan TUHAN yg maksudnya adl bahwa di dalam dewa ada Zat TUHAN berupa Roh, maka manusia juga adl penjelmaan TUHAN, yaitu sama2 memiliki Roh yang merupakan unsur TUHAN yg ada dlm diri manusia.

suksma


setelah sekian lama bertapa, akhirnya ane muncul jg D

wah kaya-nya agan ini tahu banyak tentang hindu ya
:matabelo

kl begitu blh saya tanya agar pengetahuan saya lebih dalam lg D
kl menurut agan "Dewa adalah mahluk ciptaannya bkn penjelmaan dr Tuhan", ada di dalam kitab(Veda) atau sloka bagian manakah, sehingga agan bs menyimpulkan seperti itu?


suksma D

iloveindonesia
Almarhum13 - 05/05/2011 03:03 PM
#422

Quote:
Original Posted By zeshoek

pertanyaan iseng kok malu:
untung ada trit ini jadi bisa bertanya, sekaligus tukar (tambah) pikiran p
ada agan2 yang pengetahuannya lebih banyak yang bisa menjawab.
ane takut aja gan, dibilang gak percaya sama agama sendiri takuts

tapi kan, tanpa ada manusia dan peradaban, Tuhan tetap ada kan CMIIW. atau Tuhan hanya ingin menunjukkan eksistensinya aja Peace:

untung ane bukan TS nya p

paling dikasi doa gan sama yang ente ganggu, kayaknya ente didoain yang jelek2 ngakaks
kalo ane sih gapapa gan diganggu pas brata penyepian, namanya juga godaan D

takuts
waduh, cepet amat mau masukin k ignore list


wkwkwk... gimana bisa tau ada tuhan kalo ga ada manusia beer:
kita bisa menyebut tuhan kan kalo ada manusia
kalo misal ga ada manusia, tuhan disebut tuhan ama siapa beer:

wakkakka... ane masukin daftar annoying list aja oke kale yahh wakkak
ah promo bentar dah

Quote:
[CENTER][HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab[/CENTER]
Almarhum13 - 05/05/2011 03:05 PM
#423

Quote:
Original Posted By cum1l4ut
setelah sekian lama bertapa, akhirnya ane muncul jg D

wah kaya-nya agan ini tahu banyak tentang hindu ya
:matabelo

kl begitu blh saya tanya agar pengetahuan saya lebih dalam lg D
kl menurut agan "Dewa adalah mahluk ciptaannya bkn penjelmaan dr Tuhan", ada di dalam kitab(Veda) atau sloka bagian manakah, sehingga agan bs menyimpulkan seperti itu?


suksma D

iloveindonesia


ckakaka... maksudnya itu kan mungkin sama
cuman agan diatas tadi penyampaiannya berbeda gan
maklum lah, kita kan disini masih sama2 belajar
so menyampaikan pendapat ga salah toh..

eniwei ente ga pernah maen ke pure yak
KPSHD perlu orang banyak bakal olahraga gembira ne
cum1l4ut - 05/05/2011 03:10 PM
#424

Quote:
Original Posted By Almarhum13
ckakaka... maksudnya itu kan mungkin sama
cuman agan diatas tadi penyampaiannya berbeda gan
maklum lah, kita kan disini masih sama2 belajar
so menyampaikan pendapat ga salah toh..

eniwei ente ga pernah maen ke pure yak
KPSHD perlu orang banyak bakal olahraga gembira ne


wah gan ane di bilang jarang ke pura enggak, di bilang sering jg enggak D

kl skrng emang ane lg kurang sehat
:mewek

tp entar rencana-nya sabtu ane ke pura gan, kan mau ikut ngiring ke pura bekasi D
zeshoek - 05/05/2011 03:21 PM
#425

Quote:
Original Posted By Almarhum13
wkwkwk... gimana bisa tau ada tuhan kalo ga ada manusia beer:
kita bisa menyebut tuhan kan kalo ada manusia
kalo misal ga ada manusia, tuhan disebut tuhan ama siapa beer:

wakkakka... ane masukin daftar annoying list aja oke kale yahh wakkak
ah promo bentar dah

berarti biar ada yang nyebut DIA TUHAN ya gan bingung
ryung027 - 05/05/2011 04:39 PM
#426

Pertanyaan kenapa manusia atau dunia ada/diciptakan keknya lebih ke pertanyaan filsafat yak? cmiiw

Kecuali yang ditanyakan: MENURUT HINDU mengapa manusia diciptakan?

Sori tiba-tiba nimbrung, cuma seorang silent reader, hehehe...

Quote:
Original Posted By Almarhum13
tapi nanya ahhh..
kira2 saat kita harusnya melakukan tapa brata penyepian
dan kita ga ikut tapa brata penyepian dan malah gangguin orang yang lagi nyepi, karmanya pa ya ??


Untuk yang ini kalau menurut saya,
Kita sebenarnya tidak pernah tahu bagaimana Karma bekerja, tidak ada catatan/bukti khusus, cmiiw.
Misalkan saya bunuh orang,
Apakah kena karma mati dibunuh orang, ada keluarga yang dibunuh, atau menitis menjadi hewan, bla-bla-bla... nggak ada buktinya.
Kalaupun mendapat karma buruk/musibah, tidak bisa dipastikan berasal dari perbuatan saya bunuh orang tersebut.
Hanya berdasar keyakinan bahwa karma buruk akan datang, kehidupan ini atau selanjutnya.
Kira-kira begitu.

Eee,, harus isi copas ayat gak ya?
shank_le_roux - 05/05/2011 05:44 PM
#427

mmm... gw tau cara karma bekerja o
Shinharuka - 05/05/2011 07:37 PM
#428

Quote:
Original Posted By socrates.quest
Memang agak sulit kita menjawab ttg kualifikasi yg disebut agama utk orang yg tdk terikat dg pengkualifikasian spt itu. Sama spt menanyakan, Yesus agamanya apa?
Kebetulan Sai Baba lahir di India, shg lebih banyak menyampaikan ajaran2 dlm konteks agama dimana audiensnya berada, yaitu Hindu, berbicara ttg ajaran Veda dll, tapi disampaikan dlm makna hakikat universalnya. Begitu kira2, cmiiw

kemungkinan juga bisa muncul agama baru ya?

Quote:
Original Posted By momar

TUHAN ya DIA Tuhan Yg Esa, dewa ya mahluk ciptaanNYA.

Tuhan itu God
Dewa itu God
Tuhan menciptakan Dewa= God Creating God
ada kok dalam sloka "Sang Hyang Widhi mampu menciptakakan diri sendiri"
tapi gw lupa hammer:
Quote:
Original Posted By zeshoek

hehe.. kenapa harus kita ya yang jadi penyeimbang, padahal kita aja belum tentu bisa seimbang \)


nah, ini kalo kita jadi Brahman kenapa kita turun jadi manusia dan makhluk lainnya gan? konon kita harus moksa jika ingin kembali kepada Brahman gan, kan moksa itu susah, ya gak? logikanya, kalau kita diciptakan agar kembali menyatu dengan Brahman, kenapa harus diciptakan ke dunia. lebih baik tidak diciptakan kan, toh masih jadi satu dengan Brahman \)

omong-omong, gak salah kan ane sebagai penganut hindu mempertanyakan hal seperti ini takuts

ane juga sering tanya2 kok gan
pertanyaan ente juga ada di kepala ane, ngakak



Quote:
Original Posted By shank_le_roux
mmm... gw tau cara karma bekerja o


boleh di share di mari gan o
shank_le_roux - 05/05/2011 09:39 PM
#429

Quote:
Original Posted By Shinharuka




boleh di share di mari gan o


kalo nglakuin tindakan jahat nanti dpt balasannya... contohnya banyak...
patihdjelantik - 06/05/2011 12:57 AM
#430

Quote:
Original Posted By shank_le_roux


kalo nglakuin tindakan jahat nanti dpt balasannya... contohnya banyak...

Anak SD juga tau gan ngakaks
Peace:[HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab
zeshoek - 06/05/2011 02:40 AM
#431

Quote:
Original Posted By ryung027
Pertanyaan kenapa manusia atau dunia ada/diciptakan keknya lebih ke pertanyaan filsafat yak? cmiiw

Kecuali yang ditanyakan: MENURUT HINDU mengapa manusia diciptakan?

Sori tiba-tiba nimbrung, cuma seorang silent reader, hehehe...

kan ini trit hindu gan, jadi ya menurut hindu dong o

mungkin bisa dibantu gan dengan sloka tentang alasan Tuhan menciptakan manusia dan seluruh alam semesta. itung2 nanya sambil menambah wawasan dan lebih memantapkan sradha shakehand

terimakasih
hwayan - 06/05/2011 06:21 AM
#432

Quote:
Original Posted By shank_le_roux
kalo nglakuin tindakan jahat nanti dpt balasannya... contohnya banyak...


jiah klo gini doang sih ane jg tau gan cd cd
Mr.Rahmaninov - 06/05/2011 06:55 AM
#433

Quote:
Original Posted By Almarhum13
wkwkwk... gimana bisa tau ada tuhan kalo ga ada manusia beer:
kita bisa menyebut tuhan kan kalo ada manusia
kalo misal ga ada manusia, tuhan disebut tuhan ama siapa beer:

wakkakka... ane masukin daftar annoying list aja oke kale yahh wakkak
ah promo bentar dah


Mantap... :thumbup

Intinya, Tuhan ingin diketahui... Tuhan narsis... Peace:

Tapi kenapa harus membiarkan manusia sehingga memiliki banyak agama kalo memang Dia ingin diketahui?
cum1l4ut - 06/05/2011 08:14 AM
#434

Quote:
Original Posted By Mr.Rahmaninov
Mantap... :thumbup

Intinya, Tuhan ingin diketahui... Tuhan narsis... Peace:

Tapi kenapa harus membiarkan manusia sehingga memiliki banyak agama kalo memang Dia ingin diketahui?



Kalo menurut ane gini gan

Kalo seandainya di dunia hanya ada 1 agama, pastilah dunia ini tidak akan seindah yg agan bayangkan. Bukankah perbedaan itu indah? Dan perbedaan itulah yg akan membawa kita ke arah yg lebih baik? Sebagai contoh jika di Indonesia ini hanya ada satu profesi misalnya hanya ada direktur saja, maka darimana kita mendapatkan bahan makanan & keperluan sehari-hari?
Contoh lainnya jika di dunia hanya ada manusia laki2 atau perempuan saja di dunia ini, apakah dunia ini akan menjadi indah?

Tapi kenapa Tuhan harus membiarkan manusia yg ada di Bumi sehingga memiliki banyak agama?
Itu karena manusia itu sendiri sedang di uji oleh Tuhan agar dapat memikul tanggung jawabnya terhadap agama yg dia anut dan yg tidak kalah penting adalah menguji diri manusia agar menghormati atau memberikan toleransi terhadap yg bukan se-agamanya. Semakin diri manusia itu di uji/mendapat cobaan, maka makin berkualitas pula diri manusia itu sendiri.

Pada intinya mengapa Tuhan harus membiarkan manusia yg ada di Bumi memiliki banyak agama?
Itu karena Tuhan sedang memberikan ujian/cobaan guna memperbaiki kualitas manusia untuk dapat bertoleransi dan menerima indahnya suatu perbedaan sehingga perbedaan bukan lah lagi alasan untuk di jadikan konflik dan dengan adanya perbedaan maka hidup manusia akan terasa begitu indah.


beer:
ryung027 - 06/05/2011 08:54 AM
#435

Quote:
Original Posted By zeshoek

kan ini trit hindu gan, jadi ya menurut hindu dong o

mungkin bisa dibantu gan dengan sloka tentang alasan Tuhan menciptakan manusia dan seluruh alam semesta. itung2 nanya sambil menambah wawasan dan lebih memantapkan sradha shakehand

terimakasih


Kecuali ada yang nemu slokanya tentang 'alasan Tuhan' kayaknya baru bisa terjawab neh. Kalau saya jawab tetep saja berarti MENURUT SAYA. Hehehe...
Memang harus ada alasan ya? Kita bukannya tercipta 'begitu saja'?

@cum1l4ut

Kalau menurut saya lagi munculnya banyak agama adalah karena perbedaan manusia menafsirkan Tuhan, sesuai dengan kultur dan tingkat kesadarannya.
Kayak analogi orang buta meraba gajah gitu deh.
ZHU Uchiha - 06/05/2011 09:19 AM
#436

setelah baca istilah di trit ini gw jadi inget 6 tahun lalu waktu maen tantra online, nuansa india dan hindu banget D
[HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab
cum1l4ut - 06/05/2011 09:54 AM
#437

Quote:
Original Posted By ryung027

@cum1l4ut

Kalau menurut saya lagi munculnya banyak agama adalah karena perbedaan manusia menafsirkan Tuhan, sesuai dengan kultur dan tingkat kesadarannya.
Kayak analogi orang buta meraba gajah gitu deh.


bener jg pendapat agan
shakehand

memang pada intinya tergantung pada penafsiran atau sudut pandang orang yg menilainya, karena setiap manusia memang memiliki penafsiran atau sudut pandang berbeda-beda terhadap apa yg mereka liat D

iloveindonesia
socrates.quest - 06/05/2011 10:51 AM
#438
Penciptaan
Tentang Penciptaan, ada dua pandangan:
1. Dari sudut keabsolutan: tidak pernah ada penciptaan, keadaan yang disebut ciptaan ini sebenarnya adalah produk citta, manifestasi dan modifikasi Maya. Jika citta musnah, maka kesan illusif ini juga hilang pada "subyek" tsb.
2. Penciptaan ini adalah LIILA atau "Permainan" Brahman melalui TAPA-NYA (spt yang digambarkan dlm Purusa Sukta dari Rig Veda).
Dikatakan bahwa, ada 2 "kelemahan" Brahman, yaitu 1) Ia tidak bisa menciptakan sesuatu yang sama dengan Dirinya, yaitu Dia yang kedua, ketiga dan seterusnya, 2) Ia tidak bisa membenci.
Ia melihat dirinya "sendirian" kemudian berpikir "Biarlah aku menjadi banyak/beranekaragam" Maka melalui kekuatan TAPA terjadilah berbagai manifestasi / ciptaan berlangsung di dalam dirinya dan Dia menyukainya. Dia gembira dg keanekaragaman, tapi tetap SADAR akan keberadaannya sendiri.

Kira2 begitu gan, maaf tdk bisa menyertakan sloka2, maklum bukan ahli sloka/kitab, hasil ngatan dari baca2 aja. cmiiw
ccck - 06/05/2011 12:14 PM
#439

Quote:
Original Posted By socrates.quest
Tentang Penciptaan, ada dua pandangan:
1. Dari sudut keabsolutan: tidak pernah ada penciptaan, keadaan yang disebut ciptaan ini sebenarnya adalah produk citta, manifestasi dan modifikasi Maya. Jika citta musnah, maka kesan illusif ini juga hilang pada "subyek" tsb.
2. Penciptaan ini adalah LIILA atau "Permainan" Brahman melalui TAPA-NYA (spt yang digambarkan dlm Purusa Sukta dari Rig Veda).
Dikatakan bahwa, ada 2 "kelemahan" Brahman, yaitu 1) Ia tidak bisa menciptakan sesuatu yang sama dengan Dirinya, yaitu Dia yang kedua, ketiga dan seterusnya, 2) Ia tidak bisa membenci.
Ia melihat dirinya "sendirian" kemudian berpikir "Biarlah aku menjadi banyak/beranekaragam" Maka melalui kekuatan TAPA terjadilah berbagai manifestasi / ciptaan berlangsung di dalam dirinya dan Dia menyukainya. Dia gembira dg keanekaragaman, tapi tetap SADAR akan keberadaannya sendiri.

Kira2 begitu gan, maaf tdk bisa menyertakan sloka2, maklum bukan ahli sloka/kitab, hasil ngatan dari baca2 aja. cmiiw

jadi sebenarnya kata "penciptaan" tsb kurang tepat digunakan?? confused:
Almarhum13 - 06/05/2011 01:18 PM
#440

Quote:
Original Posted By zeshoek

berarti biar ada yang nyebut DIA TUHAN ya gan bingung

ya bukan karena tujuan supaya ada yang nyebut dia tuhan juga
tapi untuk keseimbangannya gan
contoh ada pencipta tapi ga ada yang diciptakan apa dia bisa disebut pencipta ??
na ada ciptaan tapi ga ada pencipta.. apa ga makin bingung beer:

Quote:
Original Posted By ryung027

Untuk yang ini kalau menurut saya,
Kita sebenarnya tidak pernah tahu bagaimana Karma bekerja, tidak ada catatan/bukti khusus, cmiiw.
Misalkan saya bunuh orang,
Apakah kena karma mati dibunuh orang, ada keluarga yang dibunuh, atau menitis menjadi hewan, bla-bla-bla... nggak ada buktinya.
Kalaupun mendapat karma buruk/musibah, tidak bisa dipastikan berasal dari perbuatan saya bunuh orang tersebut.
Hanya berdasar keyakinan bahwa karma buruk akan datang, kehidupan ini atau selanjutnya.
Kira-kira begitu.

Eee,, harus isi copas ayat gak ya?

kalo agan bertanya masalah agama dengan pertanyaan buktinya apa
sampe zidane rambutnya gondrong juga ga bakalan ketemu yang klop jawabannya, karena pertanyaan dengan motif "buktinya apa.." itu pertanyaan circular gan beer:


Quote:
Original Posted By zeshoek

kan ini trit hindu gan, jadi ya menurut hindu dong o

mungkin bisa dibantu gan dengan sloka tentang alasan Tuhan menciptakan manusia dan seluruh alam semesta. itung2 nanya sambil menambah wawasan dan lebih memantapkan sradha shakehand

terimakasih

nah kalo minta slokanya mohon bersabar gan, karena ini harus dicari dulu wkwkwk \)

Quote:
Original Posted By socrates.quest
Tentang Penciptaan, ada dua pandangan:
1. Dari sudut keabsolutan: tidak pernah ada penciptaan, keadaan yang disebut ciptaan ini sebenarnya adalah produk citta, manifestasi dan modifikasi Maya. Jika citta musnah, maka kesan illusif ini juga hilang pada "subyek" tsb.
2. Penciptaan ini adalah LIILA atau "Permainan" Brahman melalui TAPA-NYA (spt yang digambarkan dlm Purusa Sukta dari Rig Veda).
Dikatakan bahwa, ada 2 "kelemahan" Brahman, yaitu 1) Ia tidak bisa menciptakan sesuatu yang sama dengan Dirinya, yaitu Dia yang kedua, ketiga dan seterusnya, 2) Ia tidak bisa membenci.
Ia melihat dirinya "sendirian" kemudian berpikir "Biarlah aku menjadi banyak/beranekaragam" Maka melalui kekuatan TAPA terjadilah berbagai manifestasi / ciptaan berlangsung di dalam dirinya dan Dia menyukainya. Dia gembira dg keanekaragaman, tapi tetap SADAR akan keberadaannya sendiri.

Kira2 begitu gan, maaf tdk bisa menyertakan sloka2, maklum bukan ahli sloka/kitab, hasil ngatan dari baca2 aja. cmiiw

nice banget gan
tapi untuk lebih lengkapnya mo nyari slokanya dulu ahhh \)
Page 22 of 409 | ‹ First  < 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab