DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab
Total Views: 286142 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 23 of 409 | ‹ First  < 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 >  Last ›

Almarhum13 - 06/05/2011 01:31 PM
#441

Quote:
Original Posted By zeshoek

kan ini trit hindu gan, jadi ya menurut hindu dong o

mungkin bisa dibantu gan dengan sloka tentang alasan Tuhan menciptakan manusia dan seluruh alam semesta. itung2 nanya sambil menambah wawasan dan lebih memantapkan sradha shakehand

terimakasih


nah akhirnya ketemu juga gan slokanya \)


Spoiler for Klik me
http://shantigriya.tripod.com/sastra/mandukya/bab-bab/bab03.htm
momar - 06/05/2011 02:11 PM
#442

Quote:
Original Posted By momar
maaf juragan, ane orang hindu.

tp pernyataan juragan mnurut ane tidak tepat. Tuhan tidak pernah menjelma apalagi turun ke bumi sebagai dewa.

TUHAN ya DIA Tuhan Yg Esa, dewa ya mahluk ciptaanNYA.

kalau istilah/ungkapan dewa adl penjelmaan TUHAN yg maksudnya adl bahwa di dalam dewa ada Zat TUHAN berupa Roh, maka manusia juga adl penjelmaan TUHAN, yaitu sama2 memiliki Roh yang merupakan unsur TUHAN yg ada dlm diri manusia.

suksma


Quote:
Original Posted By ccck

mm... boleh tanya juragan, kapan Tuhan menciptakan Dewa??

o


Quote:
Original Posted By shank_le_roux

wkwkwkwk... ngrusak aja ni org... masukin ignore list aja


Quote:
Original Posted By cum1l4ut

wah kaya-nya agan ini tahu banyak tentang hindu ya
:matabelo

kl begitu blh saya tanya agar pengetahuan saya lebih dalam lg D
kl menurut agan "Dewa adalah mahluk ciptaannya bkn penjelmaan dr Tuhan", ada di dalam kitab(Veda) atau sloka bagian manakah, sehingga agan bs menyimpulkan seperti itu?

suksma D

iloveindonesia



wakakakkkkkk.......
mari kita perhatikan mantram Rig Veda berikut :

10.129 (varga 17) verse 6
ko addhA veda ka iha pra vocat kuta AjAtA kuta iyaMvisRSTiH
arvAg devA asya visarjanenAthA ko veda yataAbabhUva

yang maknanya adl :

”Sesungguhnya siapakah yang menganal-Nya? Siapa pula yang dapat mengatakan bila penciptaan itu dan bila ini dijadikan? Setelah diciptakannya alam semesta ini kemudian dijadikanNya Dewa-dewa itu. Siapakah yang mengetahui kejadian itu?”

dari mantram Rig Veda di atas dapat disimpulkan :
- Alam Semesta ini adl ciptaan Tuhan
- Dewa dan Dewi adalah ciptaan Tuhan, BUKAN PENJELMAAN Tuhan.

namaste
zeshoek - 06/05/2011 02:39 PM
#443

Quote:
Original Posted By Almarhum13
[B]nah akhirnya ketemu juga gan slokanya \)


Spoiler for Klik me
http://shantigriya.tripod.com/sastra/mandukya/bab-bab/bab03.htm

baca dulu gan D
Quote:
Original Posted By momar
wakakakkkkkk.......
mari kita perhatikan mantram Rig Veda berikut :

10.129 (varga 17) verse 6
ko addhA veda ka iha pra vocat kuta AjAtA kuta iyaMvisRSTiH
arvAg devA asya visarjanenAthA ko veda yataAbabhUva

yang maknanya adl :

”Sesungguhnya siapakah yang menganal-Nya? Siapa pula yang dapat mengatakan bila penciptaan itu dan bila ini dijadikan? Setelah diciptakannya alam semesta ini kemudian dijadikanNya Dewa-dewa itu. Siapakah yang mengetahui kejadian itu?”

dari mantram Rig Veda di atas dapat disimpulkan :
- Alam Semesta ini adl ciptaan Tuhan
- Dewa dan Dewi adalah ciptaan Tuhan, BUKAN PENJELMAAN Tuhan.

namaste

berarti para dewa pun ga tau dong tentang penciptaan D[/B]
Almarhum13 - 06/05/2011 02:58 PM
#444

Quote:
Original Posted By momar
wakakakkkkkk.......
mari kita perhatikan mantram Rig Veda berikut :

10.129 (varga 17) verse 6
ko addhA veda ka iha pra vocat kuta AjAtA kuta iyaMvisRSTiH
arvAg devA asya visarjanenAthA ko veda yataAbabhUva

yang maknanya adl :

”Sesungguhnya siapakah yang menganal-Nya? Siapa pula yang dapat mengatakan bila penciptaan itu dan bila ini dijadikan? Setelah diciptakannya alam semesta ini kemudian dijadikanNya Dewa-dewa itu. Siapakah yang mengetahui kejadian itu?”

dari mantram Rig Veda di atas dapat disimpulkan :
- Alam Semesta ini adl ciptaan Tuhan
- Dewa dan Dewi adalah ciptaan Tuhan, BUKAN PENJELMAAN Tuhan.

namaste

kalo dari salam terakhirnya apakah agan ini penganut sai baba beer:
tapi agan harusnya juga baca sloka ini

Quote:
yajur veda 32.1
Tad evagnis tad adityas
tad vayus tad u candramah,
tad eva sukra tad brahma
ta apan sa prajapatih
(Yajur Veda 32.1) yang artinya :
Agni adalah Itu, Aditya adalah Itu,
Vayu adalah Itu, Candrama adalah Itu,
Cahaya adalah Itu, Brahman adalah Itu,
Apah adalah Itu, Prajapatilah Ia.


atau dalam trisandhya juga ada gan
Quote:

OM TWAM SIWAH TWAM MAHADEWAH,
ISWARAH PARAMESWARA,
BRAHMA WISNUSCA RUDRASCA,
PURUSAH PARIKIRTITAH,
Yang artinya :
Engkau disebut Siwa, Mahadewa, Iswara, Parameswara, Brahma dan Wisnu dan juga Rudra.
Engkau adalah asal mula dari segala yang ada.


Quote:
Original Posted By zeshoek

baca dulu gan D

berarti para dewa pun ga tau dong tentang penciptaan D

nah sebelomnya ane jelasin yang itu dulu gan beer:
ryung027 - 06/05/2011 03:06 PM
#445

Quote:
Original Posted By Almarhum13
kalo agan bertanya masalah agama dengan pertanyaan buktinya apa
sampe zidane rambutnya gondrong juga ga bakalan ketemu yang klop jawabannya, karena pertanyaan dengan motif "buktinya apa.." itu pertanyaan circular gan beer:


Ya itu dia maksud saya.
Maka dari itu susah memberikan jawaban kalau ditanya "perbuatan ini karmanya apa ya?"
Karena karma kan nggak bisa kita kalkulasi.
Kecuali saya salah dan ada sloka yang memberikan daftar karma untuk setiap perbuatan.
Almarhum13 - 06/05/2011 03:31 PM
#446

Quote:
Original Posted By ryung027
Ya itu dia maksud saya.
Maka dari itu susah memberikan jawaban kalau ditanya "perbuatan ini karmanya apa ya?"
Karena karma kan nggak bisa kita kalkulasi.
Kecuali saya salah dan ada sloka yang memberikan daftar karma untuk setiap perbuatan.

nah itu dia bro
dalam Hindu sendiri ga ada bobotnya dosa
jadi kita melakukan ya udah, setelah itu karma akan berlaku sesuai yang terjadi
kita ga bakalan tau hukumannya kek apa
karena sekali lagi
karma ga ada yang bisa itung bobotnya beer:
momar - 06/05/2011 05:00 PM
#447

Quote:
Original Posted By zeshoek


berarti para dewa pun ga tau dong tentang penciptaan D




itu tergantung, PENCIPTAAN yang mana yg anda maksudkan!!

kalau 'penciptaan' yg dilakukan oleh dewa Brahma yg memang sesuai dgn tugas yang diberikan kepadanya dapat diibaratkan sebagai sorang pengrajin gerabah/keramik yg menciptakan gerabah/keramik dari bahan baku (material) yg sebelumnya sudah ada. klu 'penciptaan' yg model begini dewa (Brahma) pasti tahu!

tetapi kalau penciptaan/penyediaan 'bahan baku' yg merupakan asal muasal dari segala yg ada (atau yg disebut sbg Prakrit/Prakirti), siapapun tidak ada yang tahu, bahkan para dewa sekalipun (based on mantram Rig Veda 10.129.6 di atas) tidak mengetahuinya, kecuali DIA YANG MAHA MENGETAHUI.

namaste
momar - 06/05/2011 05:24 PM
#448

Quote:
Original Posted By Almarhum13

kalo dari salam terakhirnya apakah agan ini penganut sai baba beer:


jangan berprasangka gan, itu tidak baik, xixixixixxi.....
no I'm not.

Quote:
Original Posted By Almarhum13

tapi agan harusnya juga baca sloka ini

yajur veda 32.1
Tad evagnis tad adityas
tad vayus tad u candramah,
tad eva sukra tad brahma
ta apan sa prajapatih
(Yajur Veda 32.1) yang artinya :
Agni adalah Itu, Aditya adalah Itu,
Vayu adalah Itu, Candrama adalah Itu,
Cahaya adalah Itu, Brahman adalah Itu,
Apah adalah Itu, Prajapatilah Ia.

atau dalam trisandhya juga ada gan

OM TWAM SIWAH TWAM MAHADEWAH,
ISWARAH PARAMESWARA,
BRAHMA WISNUSCA RUDRASCA,
PURUSAH PARIKIRTITAH,
Yang artinya :
Engkau disebut Siwa, Mahadewa, Iswara, Parameswara, Brahma dan Wisnu dan juga Rudra.
Engkau adalah asal mula dari segala yang ada.



makna seperti itulah 'yang biasa' kita kutip dari sumber2 yg selama ini kita dapatkan terutama di bangku sekolahan.

apakah itu maknanya yg tepat?
klu seperti itu berarti antara mantram2 Vedas (catur veda) saling bertentangan dunkz......
apakah nama2/sebutan spt Siwa, Mahàdewa, Iswara, Parameswara, Brahmà, Wisnu, Rudra dlm bait/mantram tri sandya itu merujuk kepada sosok dewa yg adl ciptaan Tuhan atau merujuk kpd nama/sebutan lain dr Tuhan ataukah merujuk kepada 'atribut'2-NYA? artinya kemahakuasaanNYA?

ini kutipan terjemahan dari Bpk. DR. Made Titib dalam bukunya TRI SANDHYA SEMBAHYANG dan BERDOA.

"Om Sang Hyang Widhi, Engkau disebut Siwa yang menganugrahkan kerahayuan, Mahadewa (dewata tertinggi), Iswara (mahakuasa), Parameswara (sebagai maha adiraja), Brahma (pencipta alam semesta dan segala isinya), Wisnu (pemelihara alam semesta dan segala isinya, Rudra (yang sangat menakutkan) dan sebagai Purusa (kesadaran agung)".

jadi dalam bait ini, yang dimaksud dengan Siwa, Mahadewa dll. adalah Tuhan sebagai makna dari kata Siwa. bukan Siwa dalam arti nama Dewa.

dan sumber dari bait ini adalah dari : Sivastava 3


mengenai mantram Yayur Veda 32.1; juga seperti itu, bukan merujuk kepada dewa, tetapi mantram itu menjelaskan atribut/kemahakuasaanNYA, sama halnya dgn mantram Rg veda I.64.46'

Indram mitram varunam agnim ahur
Atho divyah sa suparno garutman
Ekam sadvipra bahudha vadanti
Agnim yaman matarisvanam ahuh

yg umumnya diartikan begini:
Mereka menyebutnya dengan indra, mitra, varuna, dan agni
Ia yang bersayap keemasan garuda
Ia adalah esa para maha rsi memberi banyak nama
Mereka menyebutnya indra, yama, matarisvan

tetapi dr hasil googling maknanya ternyata begini:

Rig Veda, 1.64.46:

“Indram Mitram varunamagnimaahuratho divyah sa suparno garuthmaan|
Ekham sadvipra bahudha vadantyagnim yamam maatarishwanamaahuh||”

‘The real God is one (Ekham sad), the enlightened ones speak of Him in several ways, God is divine (divyah), the supreme protector and graceful sentient (suparno), the Universal soul (garuthmaan). They call Him Indra, the Almighty, the universal friend [mitra]. Varuna the most acceptable and obliterator of sins, they describe Him as [agnim] the supreme guide of the Universe, {Yamam} the controller of the Universe, and {matarishvanam] the life of all lives.’

namaste
zeshoek - 06/05/2011 05:56 PM
#449

Quote:
Original Posted By Almarhum13
[B]nah akhirnya ketemu juga gan slokanya \)


Spoiler for Klik me
http://shantigriya.tripod.com/sastra/mandukya/bab-bab/bab03.htm

kalo dari link itu.. kita tercipta tanpa ada alasan ya gan

[CODE]“Tak ada satu jiwapun yang pernah dilahirkan; tidak ada alasan apapun juga untuk melahirkannya.

Itulah kebenaran yang tertinggi, yaitu tidak ada sesuatupun yang pernah lahir.”[/CODE]
Quote:
Original Posted By momar
itu tergantung, PENCIPTAAN yang mana yg anda maksudkan!!

kalau 'penciptaan' yg dilakukan oleh dewa Brahma yg memang sesuai dgn tugas yang diberikan kepadanya dapat diibaratkan sebagai sorang pengrajin gerabah/keramik yg menciptakan gerabah/keramik dari bahan baku (material) yg sebelumnya sudah ada. klu 'penciptaan' yg model begini dewa (Brahma) pasti tahu!

tetapi kalau penciptaan/penyediaan 'bahan baku' yg merupakan asal muasal dari segala yg ada (atau yg disebut sbg Prakrit/Prakirti), siapapun tidak ada yang tahu, bahkan para dewa sekalipun (based on mantram Rig Veda 10.129.6 di atas) tidak mengetahuinya, kecuali DIA YANG MAHA MENGETAHUI.

namaste

kalau penciptaan manusia, apa merupakan tugas dari dewa Brahma gan?[/B]
RezaJazzBass - 06/05/2011 06:29 PM
#450

cuy gw nnya nih, clean ya jgn dibata ..
nih langsung aja, di Agama hindu kan Tuhan'a paling tinggi ada 3 ya, nah mereka ada tugas masing2 kan, sedangkan Syarat utama menjadi Tuhan itu kan yang maha Kuasa dn maha segalanya, kalo gitu Tuhan yang lain knp bisa didefinisikan sbg Tuhan kalo ada Tuhan yg lebih Maha segala'a?
trus apa hubungan'a dgn sapi ?
zeshoek - 06/05/2011 07:29 PM
#451

Quote:
Original Posted By RezaJazzBass
cuy gw nnya nih, clean ya jgn dibata ..
nih langsung aja, di Agama hindu kan Tuhan'a paling tinggi ada 3 ya, nah mereka ada tugas masing2 kan, sedangkan Syarat utama menjadi Tuhan itu kan yang maha Kuasa dn maha segalanya, kalo gitu Tuhan yang lain knp bisa didefinisikan sbg Tuhan kalo ada Tuhan yg lebih Maha segala'a?
trus apa hubungan'a dgn sapi ?

tau darimana gan tuhannya ada 3?







D


di page sebelumnya, bertebaran jawabannya
cum1l4ut - 06/05/2011 08:46 PM
#452

Quote:
Original Posted By momar
wakakakkkkkk.......
mari kita perhatikan mantram Rig Veda berikut :

10.129 (varga 17) verse 6
ko addhA veda ka iha pra vocat kuta AjAtA kuta iyaMvisRSTiH
arvAg devA asya visarjanenAthA ko veda yataAbabhUva

yang maknanya adl :

”Sesungguhnya siapakah yang menganal-Nya? Siapa pula yang dapat mengatakan bila penciptaan itu dan bila ini dijadikan? Setelah diciptakannya alam semesta ini kemudian dijadikanNya Dewa-dewa itu. Siapakah yang mengetahui kejadian itu?”

dari mantram Rig Veda di atas dapat disimpulkan :
- Alam Semesta ini adl ciptaan Tuhan
- Dewa dan Dewi adalah ciptaan Tuhan, BUKAN PENJELMAAN Tuhan.

namaste




tp gan di kalimatnya itu alam semesta ciptaan Tuhan, tp di situ enggak di bilang Tuhan menciptakan dewa-dewa, tetapi di kalimat tersebut berisi "kemudian dijadikanNya Dewa-dewa itu"
dijadikan belum tentu diciptakan, bisa saja bermakna lain tergantung dari sudut pandang mana orang itu menafsirkannya.

kalo masalah yg ini ane jd bingungs gan, karena banyak orang menafsirkannya secara berbeda-beda.

ada yg bilang dewa itu bukan Tuhan, tetapi dewa itu percikan suci Tuhan.
nah, atman dalam diri kita kan juga sinar suci Tuhan, berarti dewa sama seperti manusia, lalu apa bedanya manusia dengan Dewa?

ada jg yg menafsirkan Dewa itu adalah Tuhan yg terkena unsur dualisme (rwa bhineda) karena bersentuhan dengan hal2 duniawi saat mencipta, memelihara dan melebur alam semesta sebagai hukum sebab akibat.


dari 2 pernyataan tersebut ane bingungs manakah yg benar, apa mungkin kedua-duanya benar ? tetapi karena sudut pandang manusia itu menilai/menafsirkan berbeda-beda maka timbul-lah penafsiran yg berbeda-beda.

maaf ane banyak nanya (maklum ane newbie, mau menambah wawasan D)

suksma beer:
Almarhum13 - 06/05/2011 09:13 PM
#453

Quote:
Original Posted By zeshoek

kalo dari link itu.. kita tercipta tanpa ada alasan ya gan

[CODE]“Tak ada satu jiwapun yang pernah dilahirkan; tidak ada alasan apapun juga untuk melahirkannya.

Itulah kebenaran yang tertinggi, yaitu tidak ada sesuatupun yang pernah lahir.”[/CODE]

kalau penciptaan manusia, apa merupakan tugas dari dewa Brahma gan?

hemmm tercipta dalam arti kata bukan dilahirkan loh gan
kalo dalam hindu manusia itu kan berasal dari atman, nah atman itu walau sampe sejuta, semilyar kalipun manusia terbentuk.. jumlahnya bakalan tetep sama
jadi dalam arti kata dilahirkan bukan bererti tidak diciptakan \)
nah kalo ini ane rasa ada yang bisa menjawab kalo brahma menciptakan apa aja \)

Quote:
Original Posted By RezaJazzBass
cuy gw nnya nih, clean ya jgn dibata ..
nih langsung aja, di Agama hindu kan Tuhan'a paling tinggi ada 3 ya, nah mereka ada tugas masing2 kan, sedangkan Syarat utama menjadi Tuhan itu kan yang maha Kuasa dn maha segalanya, kalo gitu Tuhan yang lain knp bisa didefinisikan sbg Tuhan kalo ada Tuhan yg lebih Maha segala'a?
trus apa hubungan'a dgn sapi ?


Quote:
Original Posted By zeshoek

tau darimana gan tuhannya ada 3?



D


di page sebelumnya, bertebaran jawabannya

nah lo kan gan diomelin ama agan zeshoek
makanya gan kalo mau nanya atu dibaca dulu heuheuhe..

tapi terima kasih udah bertanya lagi beer:
Shinharuka - 06/05/2011 09:21 PM
#454

ingat2 lagi kalo dalam hindu ada pantheisme
everything is God
________ngacir:
Almarhum13 - 06/05/2011 09:25 PM
#455

Quote:
Original Posted By Shinharuka
ingat2 lagi kalo dalam hindu ada pantheisme
everything is God
________ngacir:


ato malah ada panentheisme
god is in everything
CMIIW beer:
zeshoek - 07/05/2011 02:45 AM
#456

Quote:
Original Posted By Almarhum13
hemmm tercipta dalam arti kata bukan dilahirkan loh gan
kalo dalam hindu manusia itu kan berasal dari atman, nah atman itu walau sampe sejuta, semilyar kalipun manusia terbentuk.. jumlahnya bakalan tetep sama
jadi dalam arti kata dilahirkan bukan bererti tidak diciptakan \)
nah kalo ini ane rasa ada yang bisa menjawab kalo brahma menciptakan apa aja \)

atau malah kita tercipta begitu saja akibat pengaruh duniawi? D
brahma bisa menciptakan apa saja, tapi tidak menciptakan atman? kira2 begitu ya maksud ente? cuma nebak malu:
Quote:
Original Posted By Almarhum13
nah lo kan gan diomelin ama agan zeshoek
makanya gan kalo mau nanya atu dibaca dulu heuheuhe..

tapi terima kasih udah bertanya lagi beer:

ane gak ngomel gan, cuma bertanya kembali o
Quote:
Original Posted By Shinharuka
ingat2 lagi kalo dalam hindu ada pantheisme
everything is God
________ngacir:

Quote:
Original Posted By Almarhum13
ato malah ada panentheisme
god is in everything
CMIIW beer:

semuanya adalah tuhan, tuhan ada didalam semuanya... hmmm... bener juga sih shakehand
cum1l4ut - 07/05/2011 06:41 AM
#457

Quote:
Original Posted By Shinharuka
ingat2 lagi kalo dalam hindu ada pantheisme
everything is God
________ngacir:


Quote:
Original Posted By Almarhum13
ato malah ada panentheisme
god is in everything
CMIIW beer:


Quote:
Original Posted By zeshoek
semuanya adalah tuhan, tuhan ada didalam semuanya... hmmm... bener juga sih shakehand


sepakat ane gan shakehand

karena seluruh alam semesta dan segala yg ada di dalamnya, termasuk alam non-manusia dan manusia itu sendiri memiliki sifat keTuhanan, dan dengan demikian di mata manusia, alam memiliki suatu sifat suci dan suatu martabat yang telah mendorong manusia untuk tidak berbuat serakah atau semena-mena terhadap alam.

beer:
cum1l4ut - 07/05/2011 09:22 AM
#458

Quote:
Original Posted By momar
ini kutipan terjemahan dari Bpk. DR. Made Titib dalam bukunya TRI SANDHYA SEMBAHYANG dan BERDOA.

"Om Sang Hyang Widhi, Engkau disebut Siwa yang menganugrahkan kerahayuan, Mahadewa (dewata tertinggi), Iswara (mahakuasa), Parameswara (sebagai maha adiraja), Brahma (pencipta alam semesta dan segala isinya), Wisnu (pemelihara alam semesta dan segala isinya, Rudra (yang sangat menakutkan) dan sebagai Purusa (kesadaran agung)".

jadi dalam bait ini, yang dimaksud dengan Siwa, Mahadewa dll. adalah Tuhan sebagai makna dari kata Siwa. bukan Siwa dalam arti nama Dewa.

namaste


maaf gan ada yg ketinggalan

ane mau nanya lg, di kalimat tersebut di sebutkan bahwa : "Engkau disebut Siwa, Mahadewa, dst". Nah dalam pernyataan tersebut kan bisa saja berarti Dewa adalah manifestasi atau penjelmaan Tuhan, tergantung manusia itu menafsirkannya karena penafsiran manusia akan berbeda-beda karena sudut pandang atau cara manusia itu menilai jg berbeda-beda.

Nah kalo misalnya Tuhan sebagai Siwa bukan dalam arti nama dewa.
berarti Tuhan masih memiliki sifat2/hal2 keduniawian, bukan-kah Tuhan sudah tidak memiliki sifat keduniawian?
terkecuali Tuhan yg terkena unsur dualisme (rwa bhineda) karena bersentuhan dengan hal2 duniawi maka Tuhan menjelma sebagai Dewa, atau bisa dikatakan Dewa itu sebagai manifestasinya dari Tuhan yg memiliki kewenangan yg lebih terbatas & masih memiliki unsur keduniawian.

Di dalam Hindu jg ada ajaran pantheime dan panentheime yg berarti segalanya adalah Tuhan, Tuhan ada di dalam segalanya. Berarti seluruh alam semesta dan segala yg ada di dalamnya, termasuk alam non-manusia dan manusia itu sendiri memiliki sifat keTuhanan.
tp kenapa pernyataan di atas yg telah agan tulis bahwa Dewa bukanlah Tuhan? padahal seluruh alam semesta (manusia,hewan,tumbuhan) memiliki sifat keTuhanan karena itu merupakan bagian dari Tuhan.

*CMIIW

suksma

beer:
ccck - 07/05/2011 11:00 AM
#459

Quote:
Original Posted By momar
wakakakkkkkk.......
mari kita perhatikan mantram Rig Veda berikut :

10.129 (varga 17) verse 6
ko addhA veda ka iha pra vocat kuta AjAtA kuta iyaMvisRSTiH
arvAg devA asya visarjanenAthA ko veda yataAbabhUva

yang maknanya adl :

”Sesungguhnya siapakah yang menganal-Nya? Siapa pula yang dapat mengatakan bila penciptaan itu dan bila ini dijadikan? Setelah diciptakannya alam semesta ini kemudian dijadikanNya Dewa-dewa itu. Siapakah yang mengetahui kejadian itu?”

dari mantram Rig Veda di atas dapat disimpulkan :
- Alam Semesta ini adl ciptaan Tuhan
- Dewa dan Dewi adalah ciptaan Tuhan, BUKAN PENJELMAAN Tuhan.

namaste

D

waduh juragan.. bukannya mantram itu (Rgveda, 10.129.6) adalah sebuah pertanyaan?? kok bisa mengambil kesimpulan dari sebuah pertanyaan?? nohope:

nih tak tambah terjemahan dari mantram selanjutnya;
"He, the first origin of this creation, whether he formed it all or did not form it,
Whose eye controls this world in highest heaven, he verily knows it, or perhaps he knows not."
Rgveda, 10.129.7

nah... nah... malah dinyatakan bahwa 'Sang Sumber' kemungkinan yang membuat atau malah bukan Dia... D

trus klo begitu kesimpulannya bagaimana?? confused:
btw, bahas mantram ini jadi mengingatkan saya dengan seorang (yang ahli menurut saya) Hindu yang kemudian memilih jalan Buddha o

Quote:
Original Posted By momar

tetapi kalau penciptaan/penyediaan 'bahan baku' yg merupakan asal muasal dari segala yg ada (atau yg disebut sbg Prakrit/Prakirti), siapapun tidak ada yang tahu, bahkan para dewa sekalipun (based on mantram Rig Veda 10.129.6 di atas) tidak mengetahuinya, kecuali DIA YANG MAHA MENGETAHUI.

namaste

klo mantram selanjutnya menyatakan Dia kemungkinan tidak tau gan, bijimane nih?? hammer:

oh ya, saya kutip dari Purusa Sukta;
"The Purusha (the Supreme Being) has a thousand heads, a thousand eyes and a thousand feet. He has enveloped this world from all sides and has (even) transcended it by ten angulas or inches."
klo yang ini bisakah disimpulkan bahwa jika Tuhan memiliki ribuan kepala, maka satu kepala tsb merujuk kepada satu Dewa sebagai salah satu 'wujud' Beliau??

Quote:
Original Posted By momar

mengenai mantram Yayur Veda 32.1; juga seperti itu, bukan merujuk kepada dewa, tetapi mantram itu menjelaskan atribut/kemahakuasaanNYA, sama halnya dgn mantram Rg veda I.64.46'

Indram mitram varunam agnim ahur
Atho divyah sa suparno garutman
Ekam sadvipra bahudha vadanti
Agnim yaman matarisvanam ahuh

yg umumnya diartikan begini:
Mereka menyebutnya dengan indra, mitra, varuna, dan agni
Ia yang bersayap keemasan garuda
Ia adalah esa para maha rsi memberi banyak nama
Mereka menyebutnya indra, yama, matarisvan

tetapi dr hasil googling maknanya ternyata begini:

Rig Veda, 1.64.46:

“Indram Mitram varunamagnimaahuratho divyah sa suparno garuthmaan|
Ekham sadvipra bahudha vadantyagnim yamam maatarishwanamaahuh||”

‘The real God is one (Ekham sad), the enlightened ones speak of Him in several ways, God is divine (divyah), the supreme protector and graceful sentient (suparno), the Universal soul (garuthmaan). They call Him Indra, the Almighty, the universal friend [mitra]. Varuna the most acceptable and obliterator of sins, they describe Him as [agnim] the supreme guide of the Universe, {Yamam} the controller of the Universe, and {matarishvanam] the life of all lives.’

namaste

bukannya Dewa adalah atribut/perwujudan kekuasaan Beliau dimana Dewa memiliki tugas/wewenang dalam menjalankan 'roda' kehidupan ini, ataukah menurut juragan Dewa itu tidak memiliki tugas apapun sehingga Dewa tsb memiliki makna yang berbeda??

kok jadi malah bingung sama juragan nih, menurut juragan pengertian Dewa tsb apa ya, apa hanyalah 'mahluk' tertentu yang tidak memiliki kewenangan apapun?? confused:
shank_le_roux - 07/05/2011 03:50 PM
#460

cm titip pesan aja... tuhan dan atman artinya beda o D
Page 23 of 409 | ‹ First  < 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab