DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab
Total Views: 286142 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 403 of 409 | ‹ First  < 398 399 400 401 402 403 404 405 406 407 408 >  Last ›

DombIsmailParan - 01/10/2012 09:11 PM
#8041

Quote:
Original Posted By thebocah
Apakah Tuhan Hindu hanya 1? iya jawabanya

berwujud dalam banyak dewa? iya, biar saya jelaskan Tuhan dalam agama kami Itu hanya 1 kalo dalam bahasa bali, Sang widhi wasa, Atau Tuhan yang maha Esa, Esa yang di sebut dalam artian tunggal, Tuhan berwujud banyak dalam banyak dewa, sesuai dengan kebutuhanya, sama saja dalam Islam 99 nama baik, misalkan dewa kasih sayang, dewa ilmu pengetahuan, itu hanya Perwujudtan Tuhan itu sendiri,

Kami Setuju kok dengan muslim yang menyatakan Tiada Tuhan Selain Allah, cuman kalian Sebut Allah, kami sebut beda

bro, yang saya bingung kenapa kita selalu cari perbedaan padahal persaan kita banyak \)


percayakah ente dgn tuhan yg bisa mampos hanya utk menebus dosa manusia? iloveindonesias
afganism2nd - 01/10/2012 09:12 PM
#8042

Quote:
Original Posted By DombIsmailParan
percayakah ente dgn tuhan yg bisa mampos hanya utk menebus dosa manusia? iloveindonesias


gan gan, salah kamar gan D iloveindonesias
thebocah - 01/10/2012 09:41 PM
#8043

Quote:
Original Posted By juruselam1
@thebocah, tetap aja BEDA. krn dewa elo digambarkan dlm wujud manusia,bukan sekedar nama. tapi dalam wujud manusia,dan jenis kelaminnya kadang lelaki spt wisnu,kresna,tapi juga kadang cewek perempuan spt dewi sri kesuburan, dewi durga si dewi kejahatan dan kegelapan(iblis setan), dan ada dewi sarasvati dll. dan saling kontra,bertolakbelakang.


kan Tuhan itu Maha bisa (bisa apa aja) , jadi Dia mau ngambik wujud apa aja bisa

karena Tuhan itu serba Maha

Dalam kepercayaan hindu Tuhan itu ada dimana, meliputi alam semesta , maka Dia disebut Wisnu.

Tuhan itu nirakyatah, tidak terpikirkan,

Coba anda bayangkan, bisa kita memuja sesuatu yang tidak bisa kita pikirkan(tak terpikirkan), makanya terkadang di simbolkan dalam wujud tertentu.

Dan kalo tidak salah di agama lain disebutkan bahwa "Dimana kamu hadapkan mukamu disanalah ada Tuhan"
thebocah - 01/10/2012 09:46 PM
#8044

Quote:
Original Posted By DombIsmailParan
percayakah ente dgn tuhan yg bisa mampos hanya utk menebus dosa manusia? iloveindonesias


Tuhan itu tidak bisa mati, kekal, tidak ada awal tidak ada akhir

tapi kalau ada kekacauan di bumi, dia akan turun atau di lahirkan dalam wujud manusia, untuk menyelamatkan bumi

karena dia terlahir maka Dia akhirnya akan mati juga , ada awal ada akhir

Wujud manusia seperti pakaian, bila sudah tidak perlukan lagi, akan di lepas
yggsdrasill - 01/10/2012 10:04 PM
#8045

Quote:
Original Posted By thebocah
Tuhan itu tidak bisa mati, kekal, tidak ada awal tidak ada akhir

tapi kalau ada kekacauan di bumi, dia akan turun atau di lahirkan dalam wujud manusia, untuk menyelamatkan bumi

karena dia terlahir maka Dia akhirnya akan mati juga , ada awal ada akhir

Wujud manusia seperti pakaian, bila sudah tidak perlukan lagi, akan di lepas


demikianlah Ia yang memakai wujud manusia
siapapun terkena hukum upatti, stiti, pralina (lahir, berlangsung dan mati)
yggsdrasill - 01/10/2012 10:07 PM
#8046

Quote:
Original Posted By juruselam1
@thebocah, tetap aja BEDA. krn dewa elo digambarkan dlm wujud manusia,bukan sekedar nama. tapi dalam wujud manusia,dan jenis kelaminnya kadang lelaki spt wisnu,kresna,tapi juga kadang cewek perempuan spt dewi sri kesuburan, dewi durga si dewi kejahatan dan kegelapan(iblis setan), dan ada dewi sarasvati dll. dan saling kontra,bertolakbelakang.


Sarguna Brahma (Tuhan yang berwujud) dan Nirguna Brahma (Tuhan yang tidak berwujud)
yggsdrasill - 01/10/2012 10:38 PM
#8047

Quote:
Original Posted By Rakshasa
menarik juga jika bahas yang ini.. D

jika dalam sebuah mantra Weda apalagi dari samhita [rg, sama, yajur, atharva], apa itu merujuk pada sifat [penjelasan makna yang terkandung] dalam 'nama' tsb atau itu merujuk pada sosok dewa yang memiliki penyebutan yang sama...?
hal ini keknya pernah dibahas sebelumnya di page 23, itu juragan momar ada kasi penjelasan pada post #448...
jadi ini menyangkut Dewa atau sifat Beliau?


upakara ngaben ada hubungannya dengan panca maya kosa brayyy ? confused:


kita lihat mantram kedua kramaning sembah
di situ Brahma dipuja sebagai Sang Aditnya (Surya) sebagai saksi agung dari segalanya
lalu dilanjut ketiga dan keempat
jika memang yang dimaksud adalah Brahma
lalu mengapa harus dipisah, kenapa ga sekali saja sembahnya?
mengapa demikian?

nb: gw pake Brahma saja deh, kalo pake Tuhan terlalu universal, biar eksklusif dikit

Quote:
Original Posted By Rakshasa
berarti kita mendiskusikan tentang Saguna, bukan yang Nirguna disini.
1. tentang pratyaksa, bukankah Sanjaya juga melihat 'secara langsung' "bentuk" dari Krishna?
jika Sanjaya tidak 'melihat' hal ini, bagaimana Sanjaya menceritakan kepada Dasaratha tentang pewahyuan BG kepada Arjuna atau ini berdasarkan cerita Arjuna?
2. gw masih belum ngeh tentang penarikan kesimpulan yang dilakukan oleh Sanjaya sehingga apa yang "dilihat" oleh Sanjaya bisa dimasukkan dalam Anumana... mungkin bisa dijabarkan lebih lanjut malus
3. no komeng dah, ini udah umum hammers

klo anumana, sepertinya banyak hal yang bisa dibahas tentang ini jika dikaitkan dengan Saguna Brahman....
sedangkan pratyaksa, yang mampu aja mungkin akan memilih diam jika disuruh menjelasakn apa yang 'dlihatnya' karena bisa jadi apa yang dijelaskan tsb akan berbeda ditangkap oleh yang dijelaskan.
baiknya pratyaksa kagak usah dibahas lebih jauh deh Peace:


Sanjaya kan mendapat tanda2 bro salah satu nya penglihatan, tidak seperti Arjuna yang melihat secara langsung di depan matanya, makanya sy berpendapat ini termasuk ke anumana, cmiiw

Quote:
Original Posted By Rakshasa

bagaimana jika Purana yang dimaksud mengalami penambahan dari teks sebelumnya? D


Jika purana itu mengalami penambahan dan pengurangan, maka jalan keluarnya adalah pengujian kebenaran, kembali lagi ke Tri Pramana
yggsdrasill - 01/10/2012 10:44 PM
#8048

Quote:
Original Posted By thebocah
Apakah Tuhan Hindu hanya 1? iya jawabanya

berwujud dalam banyak dewa? iya, biar saya jelaskan Tuhan dalam agama kami Itu hanya 1 kalo dalam bahasa bali, Sang widhi wasa, Atau Tuhan yang maha Esa, Esa yang di sebut dalam artian tunggal, Tuhan berwujud banyak dalam banyak dewa, sesuai dengan kebutuhanya, sama saja dalam Islam 99 nama baik, misalkan dewa kasih sayang, dewa ilmu pengetahuan, itu hanya Perwujudtan Tuhan itu sendiri,

Kami Setuju kok dengan muslim yang menyatakan Tiada Tuhan Selain Allah, cuman kalian Sebut Allah, kami sebut beda

bro, yang saya bingung kenapa kita selalu cari perbedaan padahal persaan kita banyak \)


makanya pake Brahma saja, Tuhannya hindu itu Brahma, beres kan?
biar ga ada yang merasa diklaim Tuhannya D
Tuhan koq gendut, Tuhan koq mati, Tuhan koq ga ada, dsb

bagus ni dijadikan renungan \)

mari kita perhatikan mantram Rig Veda berikut :

10.129 (varga 17) verse 6
ko addhA veda ka iha pra vocat kuta AjAtA kuta iyaMvisRSTiH
arvAg devA asya visarjanenAthA ko veda yataAbabhUva

yang maknanya adl :

”Sesungguhnya siapakah yang menganal-Nya? Siapa pula yang dapat mengatakan bila penciptaan itu dan bila ini dijadikan? Setelah diciptakannya alam semesta ini kemudian dijadikanNya Dewa-dewa itu. Siapakah yang mengetahui kejadian itu?”
Rakshasa - 02/10/2012 10:02 AM
#8049

Quote:
Original Posted By yggsdrasill
kita lihat mantram kedua kramaning sembah
di situ Brahma dipuja sebagai Sang Aditnya (Surya) sebagai saksi agung dari segalanya
lalu dilanjut ketiga dan keempat
jika memang yang dimaksud adalah Brahma
lalu mengapa harus dipisah, kenapa ga sekali saja sembahnya?
mengapa demikian?

nb: gw pake Brahma saja deh, kalo pake Tuhan terlalu universal, biar eksklusif dikit

kita perjelas dulu gan, klo menurut ente, penyebutan Aditya disini merujuk pada Dewa ato pada Brahman itu sendiri?
klo menurut gw sih ini merujuk pada Brahman itu sendiri dimana ketika menyatakan kekuasaan Beliau sehingga dinyatakan dengan Aditya.

dipisah, bukankah karena menyatakan kekuasaan Beliau sehingga penyebutan [kata dalam sanskrit] akan menjadi beda?

Quote:
Original Posted By yggsdrasill
Sanjaya kan mendapat tanda2 bro salah satu nya penglihatan, tidak seperti Arjuna yang melihat secara langsung di depan matanya, makanya sy berpendapat ini termasuk ke anumana, cmiiw

bukannya sebelum Arjuna melihat itu maka oleh Krishna dibukakan dulu mata bhatinnya sehingga Arjuna bisa "melihat"...
berarti disini jika melihat dengan mata bhatin trus apa bedanya pengelihatan Arjuna dengan Sanjaya?

tentang cara memahami/mengenal Brahman yang berkaitan dengan anumana, bagaimana klo dibahas tentang fenomena lain seperti yogi yang bisa hidup tanpa makan dan minum hanya menyerap energi alam... bukankah ada yang begini tuh? Peace:

Quote:
Original Posted By yggsdrasill
Jika purana itu mengalami penambahan dan pengurangan, maka jalan keluarnya adalah pengujian kebenaran, kembali lagi ke Tri Pramana

shakehand
Rakshasa - 02/10/2012 10:37 AM
#8050

Quote:
Original Posted By juruselam1
itulah kenapa gw bilang BEDA! Jgn main asal nyamain aja,krn memang BEDA. tuhan di Islam itu tak bakalan berkehendak u/ diserupai atau menyerupai APAPUN. tuhan ya tuhan. yg lu bilang hadap kemana sj itu MILIK Allah,bukan berarti tuhan lalu ada byk. dan setahu gw,BEDA jg dgn kristol,krn tak ada dewa Hindu yg mati.

jika semuanya milik Allah trus Allah nya dimana?
jangan2 Allah emang ngak ada neh, cuman hasil imajinasi doank hammer:
thebocah - 02/10/2012 11:02 AM
#8051

Quote:
Original Posted By juruselam1
itulah kenapa gw bilang BEDA! Jgn main asal nyamain aja,krn memang BEDA. tuhan di Islam itu tak bakalan berkehendak u/ diserupai atau menyerupai APAPUN. tuhan ya tuhan. yg lu bilang hadap kemana sj itu MILIK Allah,bukan berarti tuhan lalu ada byk. dan setahu gw,BEDA jg dgn kristol,krn tak ada dewa Hindu yg mati.


haha, kalo gw bilang jangan asal bedain aja karena sama gimana?

gini mas bro, kalo di Hindu dewa-dewa itu adalah perwujudtan dari Tuhan.

sampe sini dolo ngerti ga?

kalo ga ngerti ga bisa lanjut nih.

yang bilang Tuhan ada banyak siapa? yg gw tekenin Tuhan ada dimana" bukan banyak..

gini deh coba lu itung berapa banyak udara atau oksigen di muka bumi ini
oksigen ada dimana" tapi apakan mksdnya ada banyak?
BogeMz - 02/10/2012 01:46 PM
#8052

Quote:
Original Posted By Rakshasa
jika semuanya milik Allah trus Allah nya dimana?
jangan2 Allah emang ngak ada neh, cuman hasil imajinasi doank hammer:


makin berat aja nehh hammer:
Ijin nyimak di pojokan aja dah shakehandshakehand
BogeMz - 02/10/2012 01:59 PM
#8053

Quote:
Original Posted By juruselam1
itulah kenapa gw bilang BEDA! Jgn main asal nyamain aja,krn memang BEDA. tuhan di Islam itu tak bakalan berkehendak u/ diserupai atau menyerupai APAPUN. tuhan ya tuhan. yg lu bilang hadap kemana sj itu MILIK Allah,bukan berarti tuhan lalu ada byk. dan setahu gw,BEDA jg dgn kristol,krn tak ada dewa Hindu yg mati.


kk sepuh,, ijin menjawab dikit \)
1. itu kan pemahaman dlm Islam,, ne treat hindu \) \)
2. that's right, Tuhan yea Tuhan,, yaitu Nirguna,, truz mw nolong kekacauan di dunia karna Adharma maka ber-"Saguna" lah Beliau (karena manusia itu "saguna"-alias Fisik)

Quote:
Original Posted By yggsdrasill
Sarguna Brahma (Tuhan yang berwujud) dan Nirguna Brahma (Tuhan yang tidak berwujud)


faham ente?? D D next,

3. itu masih setau ente,, cari tau lbh banyak sob D D

Newbie berusaha menjawab hammer: silakan sesepuh teruskan D ataw sudahi :nohope

laper ne.. kepojokan lg ahhhh Onigiri: anjing:
rimung13 - 02/10/2012 03:13 PM
#8054

Sudi kiranya mas Rakshasa dan mas yggsdrasill untuk main ke ABSM dan menjawab 11 pertanyaan dari saya.

ini link postingan pertanyaannya

http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=754732500&postcount=967

Terima kasih \)
Apologia - 02/10/2012 08:27 PM
#8055

di hindu, dewa yang itu brapa banyak sih ?

dewa mana yang kedudukannya paling tinggi ?
yggsdrasill - 02/10/2012 09:09 PM
#8056

Quote:
Original Posted By Rakshasa
kita perjelas dulu gan, klo menurut ente, penyebutan Aditya disini merujuk pada Dewa ato pada Brahman itu sendiri?
klo menurut gw sih ini merujuk pada Brahman itu sendiri dimana ketika menyatakan kekuasaan Beliau sehingga dinyatakan dengan Aditya.

dipisah, bukankah karena menyatakan kekuasaan Beliau sehingga penyebutan [kata dalam sanskrit] akan menjadi beda?


yg selama ini gw pahami, merujuk pada wujud Brahma sebagai saksi agung dari segalanya

Quote:
Original Posted By Rakshasa

bukannya sebelum Arjuna melihat itu maka oleh Krishna dibukakan dulu mata bhatinnya sehingga Arjuna bisa "melihat"...
berarti disini jika melihat dengan mata bhatin trus apa bedanya pengelihatan Arjuna dengan Sanjaya?


ketika Bhagawad Gita diwahyukan, waktu berhenti
semuanya diam baik di pihak pandawa dan kurawa
lalu bagaimana bisa Sanjaya menyaksikan itu, menjadi pertanyaan juga bagi gw
Sanjaya menyaksikan pewahyuan, bukan dia yg diwahyukan, penglihatan Sanjaya seperti bayangan bulan dalam kolam, sedangkan Arjuna secara langsung bulannya, wujud Ilahi dr Krishna, shg gw memasukkannya ke anumana, cmiiw

Quote:
Original Posted By juruselam1
itulah kenapa gw bilang BEDA! Jgn main asal nyamain aja,krn memang BEDA. tuhan di Islam itu tak bakalan berkehendak u/ diserupai atau menyerupai APAPUN. tuhan ya tuhan. yg lu bilang hadap kemana sj itu MILIK Allah,bukan berarti tuhan lalu ada byk. dan setahu gw,BEDA jg dgn kristol,krn tak ada dewa Hindu yg mati.


berarti lebih hebat Brahma, Brahma bisa menyerupai apa saja yang Ia kehendaki, tetapi tidak pula Ia menyerupai itu

Quote:
Original Posted By Rakshasa
jika semuanya milik Allah trus Allah nya dimana?
jangan2 Allah emang ngak ada neh, cuman hasil imajinasi doank hammer:


apakah Brahma juga demikian?

Quote:
Original Posted By juruselam1
kalau mobil jaguar itu milik Nani,ya Naninya jelas ada. bego! Kok masih nanya, Allah itu ada dimana saja Allah berkehendak untuk hadir. think! Dan tetap sj BEDA. di Islam itu tuhan tak pernah mau menyerupai dan tak bisa diserupai oleh siapapun n apapun. di agama lain tuhannya suka menjelma bahkan mati. di hindu setahu gw dewanya jg tak pernah mati,beda dgn kristen. tetap aja beda-beda.


ya memang beda, gw sm lo aja dah beda
pusat dari mikrokosmos adalah Atma, diri kita sendiri
semua dipandang melalui sudut pandang kita sendiri

Quote:
Original Posted By rimung13
Sudi kiranya mas Rakshasa dan mas yggsdrasill untuk main ke ABSM dan menjawab 11 pertanyaan dari saya.

ini link postingan pertanyaannya

http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=754732500&postcount=967

Terima kasih \)


terimakasih atas undangannya mas \)

Quote:
Original Posted By Apologia
di hindu, dewa yang itu brapa banyak sih ?

dewa mana yang kedudukannya paling tinggi ?


dewa tertinggi adalah Indra, bagi mereka yang ingin menang dalam perang
Apologia - 02/10/2012 09:11 PM
#8057

Quote:
Original Posted By yggsdrasill


dewa tertinggi adalah Indra, bagi mereka yang ingin menang dalam perang


dewa apa yang paling maha kuasa ?

atau semua dewa itu sama maha kuasa nya ?

ada istilah tuhan ga ?

atau cuma ada dewa dewa doang ?
yggsdrasill - 02/10/2012 09:14 PM
#8058

Quote:
Original Posted By Apologia
dewa apa yang paling maha kuasa ?

atau semua dewa itu sama maha kuasa nya ?

ada istilah tuhan ga ?

atau cuma ada dewa dewa doang ?


dewa tertinggi di Hindu disebut Tri Murthi
yaitu Brahma mewakili sifat Tuhan sebagai pencipta
Wisnu mewakili sifat Tuhan sebagai pemelihara
dan Siwa mewakili sifat Tuhan sebagai pelebur/pemusnah
Apologia - 02/10/2012 09:31 PM
#8059

asal mulanya ajaran agama hindu ini dari mana ?

apa benar, dulu nya belom ada dewa brahma.
trus karena ada pertentangan sekte shiwa dan wisnu,
jadinya muncul dewa brahma ?
rimung13 - 02/10/2012 09:35 PM
#8060

Quote:
Original Posted By yggsdrasill



terimakasih atas undangannya mas \)



Sama-sama mas \)

Saya tunggu postingannya mas yggsdrasill di ABSM \)

Terima kasih \)
Page 403 of 409 | ‹ First  < 398 399 400 401 402 403 404 405 406 407 408 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab