DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab
Total Views: 286142 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 407 of 409 | ‹ First  < 402 403 404 405 406 407 408 409 > 

yggsdrasill - 08/10/2012 06:04 PM
#8121

Quote:
Original Posted By Rakshasa

palingan yang berani secara terbuka menyatakan ini dan itu juga pak Gelgel ntah tepat ato tidak o,
sedangkan yang gw tau ada beberapa yang mampu juga palingan terbukanya dalam hubungan antara guru dan murid selebihnya kayak biksu choa bilang merupakan pengetahuan esoterik hammer:


no komen dah kalo bgt
yg mana klaim yg benar, dikembalikan lg ke tri pramana

sempat terbelesit di pikiran
buat mempertemukan (debat) antara choa sm alm pakgelgel
choa bilang pernah lihat tuhan, pakgelgel juga demikian
entah tuhan yang dilihat sama atau tidak, ga ngerti juga
kalo adu debat, gw yakinnya pakgelgel yg menang
soalnya pakgelgel pernah masuk ke forum buddha dan menyebarkan pahamnnya untuk didiskusikan
tapi choa belum pernah gw liat masuk ke forum hindu, hmm, padahal yg gw baca ajaran buddha itu kritik abis buat para brahmana
tapi skrg udah ga bs jd kenyataan, krn pakgelgel dah duluan pergi meninggalkan kita
Rakshasa - 09/10/2012 10:49 AM
#8122

Quote:
Original Posted By tjahjokam
maaf nih gan, masih blom mudeng, ada g larangan2 di weda tentang yg saya tanyakan itu? hehehe, maaf gan banyak tanya

gw juga kurang ngerti maslah larang melarang kek gini hammers
yang gw tau bahwa dalam pernikahan di Hindu itu ada sebuah proses upacaranya, nah pas prosesi ini maka jika ada salah seorang pengantin yang belom menganut Hindu maka mesti dilakukan prosesi penyucian dulu sebagai penganut Hindu.
hal ini ditegaskan dalam Manu Smerti, V.89... jadi menurut gw kagak ngenal tuh yang namanya nikah beda agama karena sebelum nikah udah 'dijadikan' Hindu dulu melalui prosesi tsb.
apa ini yang namanya larangan...?? kurang tau gw Peace:

Quote:
Original Posted By patih.djelantik
nanyanya kejauhan gan.. nanya tentang beda "kasta" aja dulu, baru nanya beda agama p


ngacir:

apa itu beda 'kasta' kk kiss

Quote:
Original Posted By Muad.Dib
bisa dijelaskan ke 7 sungai tersebut, dan saya menemukan ayat ini didalam Bhagawad Gita

"Bila Hukum-hukum keluarga dirusak, Janardana, maka orang-orang itu pasti akan hidup di neraka"



[*]bisa dijelaskan mengenai hukum-hukum keluarga?
[*]dan apa itu Janardana?


Mu'Addib = Ahli Adab

7 sungai; Saraswati, Satudru, Vipasa, Asikni, Parusni, Vitasta dan Sindhu.

ayat yang dimaksud adalah sloka I.40 Bhagawatgita.
*] yang dimaksud hukum keluarga adalah tradisi keluarga, jadi ketika sebuah tradisi diputus maka para leluhur akan berada di neraka.
hukum keluarga juga bisa berarti keturunan, kayak kisah Rhsi Jaratkaru dalam epos Mahabharata.
*] itu nama lain tuk Krishna, ini termasuk dalam sahasranama dari Vishnu.
Rakshasa - 09/10/2012 11:14 AM
#8123

Quote:
Original Posted By yggsdrasill
no komen dah kalo bgt
yg mana klaim yg benar, dikembalikan lg ke tri pramana

sempat terbelesit di pikiran
buat mempertemukan (debat) antara choa sm alm pakgelgel
choa bilang pernah lihat tuhan, pakgelgel juga demikian
entah tuhan yang dilihat sama atau tidak, ga ngerti juga
kalo adu debat, gw yakinnya pakgelgel yg menang
soalnya pakgelgel pernah masuk ke forum buddha dan menyebarkan pahamnnya untuk didiskusikan
tapi choa belum pernah gw liat masuk ke forum hindu, hmm, padahal yg gw baca ajaran buddha itu kritik abis buat para brahmana
tapi skrg udah ga bs jd kenyataan, krn pakgelgel dah duluan pergi meninggalkan kita

dikalangan Hindu sendiri [tuk yang mampu tembus alam lain] apa yang pak Gelgel sampaikan juga masih jadi perdebatan gan, gw no komeng deh masalah pengalaman kek gini soale riskan sekali dibahas... ini menurut gw balik kembali sampai sejauh mana pencapain orang tsb.
klo levelnya sama baru bisa dibandingkan, lha klo levelnya ngak sama... kan bagi levelnya belakangan dikit bisa berbeda apa yang dilihat dengan levelnya udah lebih maju. di trit sprit itu banyak yang levelnya udah sangat jauh ikut baca juga disana dan senyum2 doang... yah ini akan kembali ke pemahaman masing2 aja, lagian ngak enak juga klo ngomongin orang yang dah meninggal berdukas

tentang biksu choa, menurut gw segan aja dia nya masuk di forum Hindu... mo bahas apa coba karena tuk urusan pengendalian diri kek nya sama aja tuh D
sedangkan klo mo bahas alam lain, keknya ada tempatnya [yang versi Buddhist]...
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15182185
takuts
Rakshasa - 09/10/2012 11:25 AM
#8124

menurut Båhadàraóyaka Upaniûad II.4.5, menjelaskan proses belajar mengajar menggunakan beberapa langkah, yaitu:
[1] Úravana, adalah melalui mendengar pembicaraan, ceramah atau penjelasan dari guru.
[2] Manana, menganalisa dan mengkaji penjelasan guru
[3] Nidhyàsana, merenungkan (kontemplasi dan meditasi) untuk meresapkan ajaran yang diberikan oleh guru.
- sumber -

sebanding dengan Tri Pramana? think:
yggsdrasill - 09/10/2012 12:34 PM
#8125

Quote:
Original Posted By Rakshasa
dikalangan Hindu sendiri [tuk yang mampu tembus alam lain] apa yang pak Gelgel sampaikan juga masih jadi perdebatan gan, gw no komeng deh masalah pengalaman kek gini soale riskan sekali dibahas... ini menurut gw balik kembali sampai sejauh mana pencapain orang tsb.
klo levelnya sama baru bisa dibandingkan, lha klo levelnya ngak sama... kan bagi levelnya belakangan dikit bisa berbeda apa yang dilihat dengan levelnya udah lebih maju. di trit sprit itu banyak yang levelnya udah sangat jauh ikut baca juga disana dan senyum2 doang... yah ini akan kembali ke pemahaman masing2 aja, lagian ngak enak juga klo ngomongin orang yang dah meninggal berdukas

tentang biksu choa, menurut gw segan aja dia nya masuk di forum Hindu... mo bahas apa coba karena tuk urusan pengendalian diri kek nya sama aja tuh D
sedangkan klo mo bahas alam lain, keknya ada tempatnya [yang versi Buddhist]...
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15182185
takuts


ya bro gw pernah disuksi koq sm dharmakaya, malah sempat diterawang
yg menjadi keraguan gw sejak choa menjudge gw sebagai seorang samawier, padahal jika gw baca dalam ajaran buddha, spekulasi itu tdk diperbolehkan, choa sendiri yg ngajarin gw bgt, selain itu gw pernah meragukan buddha (tanpa ada maksud utk merendahkan buddha), dan kerabatnya ada yg mencak2 suruh tanya sama tuhan gw siapa buddha itu, heheu, ya sudah, dr situ gw mulai ragu, bukan bermaksud apa2 tapi dikembalikan ke diri masing2, utk pakgelgel, maaf pakgelgel, bagusnya beliau itu dijelaskan apa adanya saja sesuai apa yang diperolehnya tanpa ditutup2i, entah benar dan salahnya dikembalikan ke orangnya lagi, apalagi masalah alam ghaib

balik lagi ke tri pramana, di hindu sendiri ada ga contoh2 anumana pramana (tanda-tanda) shg dapat ditarik kesimpulan bahwa Tuhan itu ada?
Muad.Dib - 09/10/2012 12:56 PM
#8126

Quote:
Original Posted By Rakshasa


tentang biksu choa, menurut gw segan aja dia nya masuk di forum Hindu... mo bahas apa coba karena tuk urusan pengendalian diri kek nya sama aja tuh D
sedangkan klo mo bahas alam lain, keknya ada tempatnya [yang versi Buddhist]...
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15182185
takuts


memangnya si choa kenapa gan? bingungs

berarti asal mula sungai gangga itu karena gangga ma yang turun dari kepala Syiwa melalui rambutnya y gan?

oh iya apa benar kalau umat hindu tidak boleh makan daging sapi? menghormati sapi?
Mu'Addib = Ahli Adab
yggsdrasill - 09/10/2012 01:13 PM
#8127

Quote:
Original Posted By Muad.Dib
memangnya si choa kenapa gan? bingungs


ga, kita hanya mendiskusikan orang2 yg pernah melihat Tuhan secara langsung (prtayaska), beberapa yg gw kenal itu choa dan pakgelgel
dalam hal ini kita ingin membuktikan eksistensi Tuhan dilihat dr sudut pandang Hindu

Quote:
Original Posted By Muad.Dib

berarti asal mula sungai gangga itu karena gangga ma yang turun dari kepala Syiwa melalui rambutnya y gan?


ceritanya berawal dari seorang raja yang leluhurnya kena kutuk seorang rsi gan, akibat menfitnah sang rsi yang dikatakan mencuri, shg si raja memohon kepada dewata agar gangga berkenan turun ke bumi untuk menyucikan leluhurnya tsb, tetapi krn gangga bs menyebabkan bah, siwa mengikatnya di kepalanya shg arus yang dihasilkan mjd kecil, begitu legendanya, cmiiw
Muad.Dib - 09/10/2012 03:45 PM
#8128

Quote:
Original Posted By yggsdrasill
ga, kita hanya mendiskusikan orang2 yg pernah melihat Tuhan secara langsung (prtayaska), beberapa yg gw kenal itu choa dan pakgelgel
dalam hal ini kita ingin membuktikan eksistensi Tuhan dilihat dr sudut pandang Hindu



oh jadi si choa udah pernah ketemu tuhan dalam hal mimpi atau bagaimana gan?

btw kyanya hukum keluarga itu mengerikan juga ya gan takut
Mu'Addib = Ahli Adab
yggsdrasill - 09/10/2012 05:35 PM
#8129

Quote:
Original Posted By Muad.Dib

btw kyanya hukum keluarga itu mengerikan juga ya gan takut
Mu'Addib = Ahli Adab


betul gan, masyarakat khususnya umat hindu hendaknya disarankan tdk memutus garis keturunan, ini dikisahkan dengan seorang brahmana yang bernama Jaratkaru yang tidak menikah namun menekuni tapa sehingga beliau mencapai tingkat kesucian yang tinggi hingga menebus alam surga dan neraka, di suatu tempat ia menemukan seseorang yang terpacung pada sebuah bambu diantara surga dan neraka, beliau sedih melihatnya dan menanyakan kenapa bisa begini, orang tsb ternyata orang tuanya sendiri, diakibatkan krn keturunannya akan putus krn tidak menikah, melihat kondisi tsb Jaratkaru segera mencari seorang istri dan menghasilkan keturunan shg orangtuanya bs lepas dan menuju pitraloka, kira2 seperti itu
SnoopyDream - 09/10/2012 09:51 PM
#8130

AGan2x dimari, saya mau nanya nih..
Di Indonesia kan Isu sara semakin berkembang & menjadi ancaman utama terhadap keberlangsungan kehidupan berbangsa & bernegara. Nah bagaimana Hindu menyikapi isu sara tersebut??

Apakah di weda ada yang menjelaskan hal demikian?

Terima kasih & mohon pencerahannya kiss
Muad.Dib - 09/10/2012 10:37 PM
#8131

Quote:
Original Posted By yggsdrasill
betul gan, masyarakat khususnya umat hindu hendaknya disarankan tdk memutus garis keturunan, ini dikisahkan dengan seorang brahmana yang bernama Jaratkaru yang tidak menikah namun menekuni tapa sehingga beliau mencapai tingkat kesucian yang tinggi hingga menebus alam surga dan neraka, di suatu tempat ia menemukan seseorang yang terpacung pada sebuah bambu diantara surga dan neraka, beliau sedih melihatnya dan menanyakan kenapa bisa begini, orang tsb ternyata orang tuanya sendiri, diakibatkan krn keturunannya akan putus krn tidak menikah, melihat kondisi tsb Jaratkaru segera mencari seorang istri dan menghasilkan keturunan shg orangtuanya bs lepas dan menuju pitraloka, kira2 seperti itu


wah kalau begitu para Mahant, Sadhu dan Guru itu harus menikah dong supaya tidak melanggar hukum keluarga?


Quote:
Original Posted By SnoopyDream
AGan2x dimari, saya mau nanya nih..
Di Indonesia kan Isu sara semakin berkembang & menjadi ancaman utama terhadap keberlangsungan kehidupan berbangsa & bernegara. Nah bagaimana Hindu menyikapi isu sara tersebut??

Apakah di weda ada yang menjelaskan hal demikian?

Terima kasih & mohon pencerahannya kiss


menurut saya sih tergantung manusianya, kalau emang dasar manusianya brengsek ya brengsek ajah biar agama apa juga D

justru menurut saya para penganut Sanatana Dharma ini mempunyai Ajaran Tingkah Laku (Pengendalian Diri) sampai Ahimsa yang kompleks. intinya bagaimana cara melepaskan diri dari siklus kehidupan yang membuat frustasi dan mencapai moksha.

ajaran yang cukup bagus, tetapi semua tergantung kepada manusianya saja..
Mu'Addib = Ahli Adab
SnoopyDream - 10/10/2012 10:54 AM
#8132

Gan, nanya lagi dong...
Ahimsa tu termasuk di dalam bagian mana ya..? Lupa saya o
Shinharuka - 13/10/2012 08:02 PM
#8133

ini kok sepi,penjawabnya pada kemana?
ingin bertanya
apa penyebab peperangan di Mahabarata?
apa yang diinginkan kurawa terhadap pandawa?
yggsdrasill - 14/10/2012 02:09 PM
#8134

Quote:
Original Posted By Shinharuka
ini kok sepi,penjawabnya pada kemana?
ingin bertanya
apa penyebab peperangan di Mahabarata?
apa yang diinginkan kurawa terhadap pandawa?


jika tidak salah cmiiw penyebabnya adalah perebutan kekuasaan
awalnya Pandawa kalah judi dengan Korawa akibat daya tipu Sengkuni yg menyebabkan Drupadi harus dipermalukan di depan umum namun ditolong Krishna dan kemudian Pandawa diasingkan selama 12 tahun ke hutan, kemudian setelahnya Pandawa meminta kembali kerajaannya pada Korawa tetapi sayang Korawa terlanjur serakah dan enggan memberikannya hingga akhirnya meletus perang walaupun Krishna ditunjuk sebagai mediator agar damai tetapi tidak berhasil
c1tan - 14/10/2012 02:53 PM
#8135

sedikit oot...apa bener dlm versi hindu manusia pertama tu bernama MANU??klo benr boleh agan agan dsini bs menceritakannnya...
yggsdrasill - 14/10/2012 03:32 PM
#8136

Quote:
Original Posted By c1tan
sedikit oot...apa bener dlm versi hindu manusia pertama tu bernama MANU??klo benr boleh agan agan dsini bs menceritakannnya...


jika tdk salah cmiiw

ada kaitannya dengan Matsarya Awatara, dimana Wisnu mewujudkan dirinya sebagai ikan, dalam misi menyelamatkan Manu, Manu diperingati akan datangnya air bah, jika ditelusuri lagi maka Manu itu dianggap sebagai nenek moyang manusia diurut berdasarkan waktu, maka seretetan waktu dihitung satu kalpa atau satu harinya Brahma (Tuhan), cerita penciptaan pertama ada di Manu pertama yang diciptakan Brahma
c1tan - 14/10/2012 03:39 PM
#8137

Quote:
Original Posted By yggsdrasill
jika tdk salah cmiiw

ada kaitannya dengan Matsarya Awatara, dimana Wisnu mewujudkan dirinya sebagai ikan, dalam misi menyelamatkan Manu, Manu diperingati akan datangnya air bah, jika ditelusuri lagi maka Manu itu dianggap sebagai nenek moyang manusia diurut berdasarkan waktu, maka seretetan waktu dihitung satu kalpa atau satu harinya Brahma (Tuhan), cerita penciptaan pertama ada di Manu pertama yang diciptakan Brahma



ty info nya ganshakehand
gue bukan pemeluk agama hindu gan...tapi gue penasaran cerita ttg manu ne...trus apakah MANU ne pria ato wanita gan?
yggsdrasill - 14/10/2012 03:48 PM
#8138

Quote:
Original Posted By c1tan
ty info nya ganshakehand
gue bukan pemeluk agama hindu gan...tapi gue penasaran cerita ttg manu ne...trus apakah MANU ne pria ato wanita gan?


Manu itu pria
Shinharuka - 14/10/2012 08:32 PM
#8139

Quote:
Original Posted By yggsdrasill
Manu itu pria


sumber??
kalo manu pria pertama, wanita pertama??
yggsdrasill - 14/10/2012 11:15 PM
#8140

Quote:
Original Posted By Shinharuka
sumber??
kalo manu pria pertama, wanita pertama??


dari pelbagai sumber gan hehe
Page 407 of 409 | ‹ First  < 402 403 404 405 406 407 408 409 > 
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab