DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab
Total Views: 286142 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 408 of 409 | ‹ First  < 403 404 405 406 407 408 409 > 

patih.djelantik - 15/10/2012 01:21 AM
#8141

Quote:
Quote:
Original Posted By yggsdrasill
Manu itu pria


Quote:
Original Posted By Shinharuka
sumber??
kalo manu pria pertama, wanita pertama??


Quote:
Original Posted By yggsdrasill
dari pelbagai sumber gan hehe

asik... menyimak dengan serius...


*jadi ingat pertanyaan jaman dulu, mengapa manusia "diciptakan"? D

Quote:
Original Posted By Shinharuka
ini kok sepi,penjawabnya pada kemana?
ingin bertanya
apa penyebab peperangan di Mahabarata?
apa yang diinginkan kurawa terhadap pandawa?

ngetes apa nanya? Peace: ngacir:


bagaimana kalau jawabannya adalah "kehendak" Tuhan? p
thirdclass - 15/10/2012 02:23 AM
#8142

Siapakah yang menciptakan tuhan?

tolong dijawab dengan sumber ayat kitab suci dan gak usah bertele-tele, pertanyaanyg sama juga akan saya tanyakan ke agama lainnya D

cendols
wisnubali - 15/10/2012 08:59 AM
#8143

Quote:
Original Posted By thirdclass
Siapakah yang menciptakan tuhan?

tolong dijawab dengan sumber ayat kitab suci dan gak usah bertele-tele, pertanyaanyg sama juga akan saya tanyakan ke agama lainnya D

cendols


ada dalam ajaran cadhu sakti (4 sifat Brahman), yakni wibhu sakti Tuhan Maha Ada, tidak berawal tidak berakhir, jadi tidak ada yang menciptakan D
Shinharuka - 16/10/2012 12:47 AM
#8144

Quote:
Original Posted By patih.djelantik
asik... menyimak dengan serius...


*jadi ingat pertanyaan jaman dulu, mengapa manusia "diciptakan"? D

jgn terlalu serius gan, ditanya sumber jawabnya gini
Quote:
Original Posted By yggsdrasill
dari pelbagai sumber gan hehe

capedes
Quote:
Original Posted By patih.djelantik

ngetes apa nanya? Peace: ngacir:


bagaimana kalau jawabannya adalah "kehendak" Tuhan? p

nanya lah gan D
kenapa Tuhan berkehendak terjadi perang?
Rakshasa - 16/10/2012 10:43 AM
#8145

Quote:
Original Posted By yggsdrasill
ya bro gw pernah disuksi koq sm dharmakaya, malah sempat diterawang
yg menjadi keraguan gw sejak choa menjudge gw sebagai seorang samawier, padahal jika gw baca dalam ajaran buddha, spekulasi itu tdk diperbolehkan, choa sendiri yg ngajarin gw bgt, selain itu gw pernah meragukan buddha (tanpa ada maksud utk merendahkan buddha), dan kerabatnya ada yg mencak2 suruh tanya sama tuhan gw siapa buddha itu, heheu, ya sudah, dr situ gw mulai ragu, bukan bermaksud apa2 tapi dikembalikan ke diri masing2, utk pakgelgel, maaf pakgelgel, bagusnya beliau itu dijelaskan apa adanya saja sesuai apa yang diperolehnya tanpa ditutup2i, entah benar dan salahnya dikembalikan ke orangnya lagi, apalagi masalah alam ghaib

balik lagi ke tri pramana, di hindu sendiri ada ga contoh2 anumana pramana (tanda-tanda) shg dapat ditarik kesimpulan bahwa Tuhan itu ada?

hasil terawangannya gimana gan? Peace:
ntah choa bener ato kagak, tapi menurut gw seperti flash back gitu.. mungkin aja ente dulunya samawier trus kenangan akan itu masih terbawa ame sekarang sehingga orang klo melihat ente masih ada efek samawier kek gitu... cmiiw malus

tentang Brahman sepertinya kita cuman bisa bahas yang saguna... trus bukankah kita ini juga salah satu bentuk dari saguna Brahman?

Quote:
Original Posted By Muad.Dib

oh iya apa benar kalau umat hindu tidak boleh makan daging sapi? menghormati sapi?
Mu'Addib = Ahli Adab

dalam Hindu sendiri emang ada aturan yang tidak memperbolehkan membunuh sapi tanpa aturan yang jelas... tapi klo makan dari membeli daging sapi [bukan membunuh secara langsung] sepertinya boleh2 aja karena selama ini gw belom nemu aturan kagak boleh makan daging [khusunya sapi], kecuali udah masuk tahapan 'penyucian diri' keknya baru muali ngontrol makan deh.

Quote:
Original Posted By SnoopyDream
AGan2x dimari, saya mau nanya nih..
Di Indonesia kan Isu sara semakin berkembang & menjadi ancaman utama terhadap keberlangsungan kehidupan berbangsa & bernegara. Nah bagaimana Hindu menyikapi isu sara tersebut??

Apakah di weda ada yang menjelaskan hal demikian?

Terima kasih & mohon pencerahannya kiss

gw kasi ayat aja, ntah ini cocok ato ngak D
Samàno mantraá samitiá samàni samànam manaá saha cittam eûàm,
samanam mantram abhi mantarey vah, samanena vo havisa juhomi.
Ågveda X.191.3
Wahai umat manusia, Pikirkanlah bersama. Ber-musyawarahlah bersama. Satukanlah hati, dan pi-kiranmu dengan yang lain.Aku anugrahkan pikiran yang sama,dan fasilitas yang sama pula untuk ke-rukunan hidupmu.

Sahådayaý saý manasyam avidveûaý kåóomi vaá,
anyo anyam abhi haryata vatsaý jàtam ivagh-nyà.
[Atharvaveda III.30.1.]
Wahai umat manusia, Aku memberimu sifat ketulus ikhlasan, mentalitas yang sama, persahabatan tanpa kebencian, seperti halnya induk sapi mencintai anaknya yang baru lahir, begitu seharusnya kamu mencintai sesamamu.

baca lebih lanjut tentang kerukunan versi Hindu di link PHDI
Rakshasa - 16/10/2012 10:54 AM
#8146

Quote:
Original Posted By Muad.Dib
wah kalau begitu para Mahant, Sadhu dan Guru itu harus menikah dong supaya tidak melanggar hukum keluarga?


ajaran yang cukup bagus, tetapi semua tergantung kepada manusianya saja..
Mu'Addib = Ahli Adab

yang difokuskan pada anak tunggal gan tuk menikah en punya anak, jadi biar ada penerus tradisi keluarga... sedangkan yang punya anak banyak sih ngak terlalu masalah jika tidak mempunyai keturunan [menikah].


:thumbup setuju gw, balik lagi ke manusianya... shakehand

Quote:
Original Posted By SnoopyDream
Gan, nanya lagi dong...
Ahimsa tu termasuk di dalam bagian mana ya..? Lupa saya o

bagian apa maksudnya?

Quote:
Original Posted By c1tan
sedikit oot...apa bener dlm versi hindu manusia pertama tu bernama MANU??klo benr boleh agan agan dsini bs menceritakannnya...

Manu ada banyak gan, klo ngak salah 14 orang yang nantinya menyandang gelar Manu ini.
Manu ini terkait dengan Manvantara, siklus Brahma, dll... wehh panjang nih D

Quote:
Original Posted By c1tan
ty info nya ganshakehand
gue bukan pemeluk agama hindu gan...tapi gue penasaran cerita ttg manu ne...trus apakah MANU ne pria ato wanita gan?

Quote:
Original Posted By Shinharuka
sumber??
kalo manu pria pertama, wanita pertama??

Manu pertama adalah Svayambhuva Manu, istrinya bernama Satarupa... sepertinya dalam BG, X.6 ada yang nyebutin tentang Manu. \)

Quote:
Original Posted By thirdclass
Siapakah yang menciptakan tuhan?

tolong dijawab dengan sumber ayat kitab suci dan gak usah bertele-tele, pertanyaanyg sama juga akan saya tanyakan ke agama lainnya D

cendols

gw gan, ini dimuat dalam kitab rakshasa I.1 p
Rakshasa - 16/10/2012 11:00 AM
#8147

Quote:
Original Posted By Shinharuka

nanya lah gan D
kenapa Tuhan berkehendak terjadi perang?


biar ada kesempatan tuk "melunasi" hutang karma gan, gw copas aja pendapat bli sepuh dari sebelah yang menurut gw pas juga tuk menjawab pertanyaan ente Peace:

Quote:
Original Posted By sakradeva

ini menurut saya pribadi
bayangkan saja bila Krishna turun tangan langsung membasmi lawan lawan Kaurava, apa jadinya .... ? end story. ga ada yang perlu diceritakan lagi, ga ada nilai yang bisa kita petik untuk dijadikan cerminan dari sana D

cuma intermezo aja... oke sedikit lebih serius peace
mungkin yang bisa kita bandingkan dengan lebih fair adalah Krishna dan Rama, karena kedua Avatara itu kisahnya tertuang dalam epos Hindu, sedangkan Avatara lain (tanpa bermaksud mengurangi perannya) ada di kitab2 Purana.

namun yang bisa saya katakan adalah dalam Avatara: bila yang ditumpas/ditundukkan itu tiada insan lain yang mampu melakukannya, tiada insan lain yang mau melakukannya dan juga peranan dari hukum Karma.

seperti halnya
Hiranyakasipu yang meminta anugerah dari Brahma tidak mampu dikalahkan oleh Deva, Asura, Manusia, Binatang, tidak bisa dibunuh pada saat siang pagi ataupun malam, tidak bisa dibunuh diatas tanah maupun langit oleh senjata apapun

tentu klo kita lihat persyaratan diatas Hiranyakasipu itu jadi immortal alias ga bisa mati, namun Vishnu membunuhnya dengan beravatara menjadi Narasingha, setengah manusia setengah binatang di saat senja hari diatas pangkuannya dengan mengunakan cakarnya.

dalam kasus Ravana juga hampir sama, tidak ada insan lain yang mampu membunuhnya kecuali seorang manusia yang memimpin pasukan Vanara, meski selain Rama tercatat ada yang lain mampu mengalahkan Ravana yaitu KartaviryaArjuna (Arjuna sahasrabahu), Vali (Subali saudara Sugriva) dan Indra (meski akhirnya dikalahkan oleh putra Ravana Meghanada) tapi mereka tidak mau melakukannya (Arjuna Kartavirya dan Vali )
hukum karma berlaku pada Ravana, karena telah menghina pengawal Siva (Nandi) dia dikutuk akan dikalahkan oleh vanara, karena memaksa seorang petapa wanita (Vedavati) yang akan menjadi penyebab kejatuhan/kehancurannya dikehidupannya mendatang (Sita).
Vishnu yang ber Avatara pun mengikuti "aturan main" ini.
tanpa perlu ber avatara dia bisa saja menumpas Ravana, tapi tidak dilakukannya karena menghormati anugerah Brahma kepada Ravana bahwa dia tidak bisa dikalahkan Deva, hal itu dikatakan Vishnu kepada Indra saat Indra meminta pertolongan Vishnu ketika Ravana menyerang Indra Loka
"aku tidak akan pergi bertarung bila kemenangan tidak pasti, Ravana tidak bisa ku kalahkan demi menghormati anugerah Brahma, kau sendiri harus bertarung sesuai dengan kemampuanmu"
karena hal itu Vishnu beravatara menjadi manusia (Rama) yang dengan bantuan vanara menumpas Ravana yang telah menculik istrinya.
mengapa Rama sendiri yang harus melakukannya ? karena Ravana tidak bisa ditundukkan oleh siapapun dalam perang tersebut, Rama harus melakukan sendiri untuk menjaga kehormatan istrinya karena kewajiban seorang suami untuk melindungi istrinya

bagaimana dengan Krishna ?
Krishna sendiri membunuh Kamsa Raja lalim yang terhitung pamannya sendiri karena tidak ada yang mampu melakukannya disamping memang kematian Kamsa ada ditangan Krishna (putra ke 8 Devaki), Krishna memainkan perannya dan tidak ingin melanggar "aturan main"
Tokoh -tokoh Mahabharata banyak yang tidak terkalahkan seperti Bhisma, Drona dan Karna, namun diantara tokoh tokoh tersebut "terikat jalinan" hukum karma yang tidak ingin dilanggar oleh Krishna
Bhisma dengan Amva (Shikandin), Drona dengan Drupada (Dhrishthadyumna), Karna dengan Arjuna (yang bersumpah untuk membunuhnya)
Krishna bisa saja menumpas mereka semua, itu terbukti saat beliau ber viswarupa (Triwikrama) saat jadi duta perdamaian, semua orang (Kaurava dan sekutunya) dibuat tak sadarkan diri sedangkan Bhisma, Drona dan Vidura serta para Rishi di beri ijin untuk melihat perwujudan Krishna
pun dalam perang di Kurukshetra, Krishna bermaksud membunuh Bhisma yang tak terkalahkan karena Arjuna bertarung setengah hati namun di cegah oleh Arjuna, padahal Bhisma begitu gembira dan siap mati terhormat ditangan Krishna.
jika Krishna membasmi mereka semua, bagaimana kewajiban para Pandava sebagai Kshattriya ?
apa Yudishthira mau menerima kerajaan sedangkan dia sendiri yang 'menghilang'kannya dalam permainan dadu, bukankah dia harus merebutnya sendiri
lalu bagaimana dengan sumpah Bhima bila dia tidak membunuh semua putra Gandhari ? (Bhima bersumpah bila tidak membunuh Duryodhana dan Dushasana serta adik2nya, maka dia kan kehilangan semua punia_nya dan masuk neraka )
bagaimana dengan Arjuna yang bersumpah membunuh Karna ( Sumpah Ajurna sama dengan Bhima )
lalu Dhristadyumna yang terlahir untuk membunuh Drona
juga Shikandin yang inkarnasi Amva untuk menyelesaikan masalah dengan Bhisma.
Tuhan memang pencipta dan pelindung hukum Karma, namun ketika beravatara apakah dia harus 'melanggar' hukum karma ?

Krishna memang tidak turun tangan langsung membasmi Kaurava, tapi tanpa lindungan Krishna Pandava tidak akan menang
Bhisma sendiri berkata pada dirinya sendiri di medan pertempuran
"sebenarnya aku dengan mudah membasmi mereka (Pandava) dalam sekejap tetapi disana ada Krishna Pelindung jagat raya, ketika Deva para deva ada dipihak mereka bagaimana aku yang manusia biasa ini berani berpikir untuk menang ?"

jawaban yang lebih simpel sebenarnya diberikan oleh Krishna sendiri melalui Bhagavad Gita (wejangan kepada Arjuna sebelum pertempuran mulai karena Arjuna menolak untuk bertempur )
" lalukan tugas dan kewajibanmu, jangan terikat pada hasil karena didalam kerja sudah mengandung hasil"
dibagian lain Krishna berkata
"Aku turun dari masa ke masa manakala Dharma terancam"

menurut saya, "itu dapat dikatakan meski Tuhan berinkarnasi bukan berarti kita bebas dari kewajiban kita"
Krishna memberikan kesempatan kepada semua orang untuk menjalankan kewajibannya, daripada dia bertindak langsung serta lebih memilih jadi "sutradara" dalam Mahabharata
karena :
- tidak ingin melanggar "aturan main" hukum karma
- ada insan lain yang berkewajiban melakukan itu dan mampu melakukannya (meski bantuan Krishna tetap diperlukan )
- memberi kesempatan pada mereka untuk menunaikan kewajiban sesuai fungsi dan perannya masing2"

demikian menurut pendapat saya
yggsdrasill - 16/10/2012 12:47 PM
#8148

Quote:
Original Posted By Rakshasa
hasil terawangannya gimana gan? Peace:


itu rahasia :cool

Quote:

ntah choa bener ato kagak, tapi menurut gw seperti flash back gitu.. mungkin aja ente dulunya samawier trus kenangan akan itu masih terbawa ame sekarang sehingga orang klo melihat ente masih ada efek samawier kek gitu... cmiiw malus


hmm no komen deh

Quote:

tentang Brahman sepertinya kita cuman bisa bahas yang saguna... trus bukankah kita ini juga salah satu bentuk dari saguna Brahman?


jika demikian, maka eksistensi Tuhan terbukti bahwa diri kita sebagai wujud Sarguna Brahman

ok next adalah sradha yang kedua: Atma
ini akan jadi pembahasan yang berat
karena ajaran buddha jelas2 menentang ajaran Atma ini
bagaimana menurut agan rakshasa dan rekan2 di sini
apakah Atma ini eksis atau tidak eksis?
Shinharuka - 16/10/2012 02:12 PM
#8149

Quote:
Original Posted By Rakshasa
biar ada kesempatan tuk "melunasi" hutang karma gan, gw copas aja pendapat bli sepuh dari sebelah yang menurut gw pas juga tuk menjawab pertanyaan ente Peace:

wah, memuaskan
ane sebenernya sih cuma tanya penyebab perang doang gan D
Quote:
Original Posted By yggsdrasill

ok next adalah sradha yang kedua: Atma
ini akan jadi pembahasan yang berat
karena ajaran buddha jelas2 menentang ajaran Atma ini
bagaimana menurut agan rakshasa dan rekan2 di sini
apakah Atma ini eksis atau tidak eksis?

alangkah baiknya kalo agan mengutarakan pendapat agan duluan iloveindonesias
Rakshasa - 17/10/2012 11:12 AM
#8150

Quote:
Original Posted By yggsdrasill
itu rahasia :cool



hmm no komen deh

hammer:

Quote:
Original Posted By yggsdrasill
jika demikian, maka eksistensi Tuhan terbukti bahwa diri kita sebagai wujud Sarguna Brahman

ok next adalah sradha yang kedua: Atma
ini akan jadi pembahasan yang berat
karena ajaran buddha jelas2 menentang ajaran Atma ini
bagaimana menurut agan rakshasa dan rekan2 di sini
apakah Atma ini eksis atau tidak eksis?

bagaimana sifat atman??
apakah lebih merujuk pada saguna ato nirguna?? D
trus yang mengetahui eksis ato ngak itu apa/siapa? think:

Quote:
Original Posted By Shinharuka
wah, memuaskan
ane sebenernya sih cuma tanya penyebab perang doang gan D

anggep aja bonus hammers
bata donk Peace:

Quote:
Original Posted By Shinharuka
alangkah baiknya kalo agan mengutarakan pendapat agan duluan iloveindonesias

:thumbup
yggsdrasill - 17/10/2012 02:06 PM
#8151

Quote:
Original Posted By Shinharuka
wah, memuaskan
ane sebenernya sih cuma tanya penyebab perang doang gan D

alangkah baiknya kalo agan mengutarakan pendapat agan duluan iloveindonesias


dengar pendapat agan rakshasa dulu sebagai penjawab resmi
anggaplah sy ini dr samawier malus
Cailean_Black - 17/10/2012 03:22 PM
#8152

Numpang bertanya, Gandhi itu menurut pandangan Hindu mainstream seperti apa sih? Apa benar seorang Mahatma?
sang..pencerah - 17/10/2012 06:04 PM
#8153

Quote:
Original Posted By Cailean_Black
Numpang bertanya, Gandhi itu menurut pandangan Hindu mainstream seperti apa sih? Apa benar seorang Mahatma?


emang mahatma artinya apa gan?
memang ada ya istilah hindhu mainstream? etau gw hindhu itu sekumpulan kepercayaan di tanah hindhustan ngacir:
Cailean_Black - 17/10/2012 08:36 PM
#8154

Quote:
Original Posted By sang..pencerah
emang mahatma artinya apa gan?
memang ada ya istilah hindhu mainstream? etau gw hindhu itu sekumpulan kepercayaan di tanah hindhustan ngacir:


Nanti juga dijelaskan oleh penjawab di sini.
Atau kalau anda tidak sabaran silahkan google duluan, sekalian arti kata mainstream.
phylum - 19/10/2012 03:02 PM
#8155

permisi numpang nanya..
sepi amat disini

bagaimana pandangan hindu mengenai takdir?
yggsdrasill - 19/10/2012 08:57 PM
#8156

Quote:
Original Posted By phylum
permisi numpang nanya..
sepi amat disini

bagaimana pandangan hindu mengenai takdir?


coba jawab ya malus
alam materi mengalami namanya upetti stiti dan pralina (muncul berlangsung lenyap) ini bisa dikatakan takdir manusia, selama manusia masih memiliki tubuh (materi) ia akan terikat oleh hukum-hukum alam (rta) dan diikat oleh tiga pengikat yang dikenal dgn tri guna (satvam rajas dan tamas), lalu apa kita bisa lepas dr "takdir" ini? bisa jalannya adalah moksha
ahli..kubur4 - 19/10/2012 09:21 PM
#8157

Kudu di sundul nih trid abhm biar gak tenggelam, pertanyaan nya msh om kubur pikirin dlu, soalnya blm ada ide
babiperang.v9 - 20/10/2012 01:17 AM
#8158

Quote:
Original Posted By ahli..kubur4
Kudu di sundul nih trid abhm biar gak tenggelam, pertanyaan nya msh om kubur pikirin dlu, soalnya blm ada ide


gw kasih ide..
Mendingan loe tanyain disini apakah sepuh2 disini bisa ngasih loe pencerahan kenapa muka loe yang mirip ampas tai got itu harus loe derita?
Apakah karena karmaphala mak loe yang kerjanya mangkal jadi perek, atau bapak loe yang kerjanya jambret?
Atau karena karmaphala kehidupan loe sebelumnya yang jadi anjeng pengais di tong sampah depan gereja?
Mudah2an bisa membantu ya gan \)
phylum - 20/10/2012 08:10 AM
#8159

Quote:
Original Posted By yggsdrasill
coba jawab ya malus
alam materi mengalami namanya upetti stiti dan pralina (muncul berlangsung lenyap) ini bisa dikatakan takdir manusia, selama manusia masih memiliki tubuh (materi) ia akan terikat oleh hukum-hukum alam (rta) dan diikat oleh tiga pengikat yang dikenal dgn tri guna (satvam rajas dan tamas), lalu apa kita bisa lepas dr "takdir" ini? bisa jalannya adalah moksha


jadi takdir bisa diubah?
apakah orang yang ditakdirkan miskin oleh tuhan hindu bisa jadi kaya?
atau memang tidak ditentukan seperti itu dari awal?

moksa itu suatu tujuan atau suatu jalan?
Hansip..Malam - 20/10/2012 09:27 AM
#8160

Quote:
Original Posted By babiperang.v9
gw kasih ide..
Mendingan loe tanyain disini apakah sepuh2 disini bisa ngasih loe pencerahan kenapa muka loe yang mirip ampas tai got itu harus loe derita?
Apakah karena karmaphala mak loe yang kerjanya mangkal jadi perek, atau bapak loe yang kerjanya jambret?
Atau karena karmaphala kehidupan loe sebelumnya yang jadi anjeng pengais di tong sampah depan gereja?
Mudah2an bisa membantu ya gan \)


Ini si babi yg sering gua injek injek di dbc ya?
Page 408 of 409 | ‹ First  < 403 404 405 406 407 408 409 > 
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab