DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab
Total Views: 286142 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 7 of 409 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 >  Last ›

inoone - 20/04/2011 09:10 AM
#121

Quote:
Original Posted By ZHU Uchiha
brahma sahampati kedudukannya di agama Hindu gimana?

Sejauh ini, tidak ada rujukan mengenai brahma sahampati dlm agama hindu. Mengenai penampakan brahma sahampati d budha thai yg menyerupai dewa brahma dlm hindu, mungkin saja krn terinspirasi dr dewa brahma. hal ini saya rasa sngt wajar, mengingat hubungan "persaudaraan" hindu dg budha, bahkan beberapa orang (termasuk saya sendiri malu\) menganggap buddha adalah bagian dr hindu, bukan agam tersendiri.


Quote:

Hindu banyak hal2 yang mistis dan sakral ya..[HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab

HIndu Bali, iya. sgl magic2, pamali2, tulah, adalah hal yg lumrah di sini (wl kebanyakan kaitannya dg hindu budaya (dlm artian ritual2 yg terpengaruh dg budaya bali).
JIka ada piodalan (upacara ultah Pura), ada orang kerasukan, dan memberi petuah tentang prosesi ritual, misal ada kekurangan, ataupun sudah bagus, itu hal yg wajar.

Dlm drama tradisional Calonarang, itu (sejauh yg ane tau, dan rasakan, dan buktikan) benar2 melibatkan hal2 gaib. orang ngurek/ngunying (menusuk dirinya dg keris. Bukan skdr menusuk lo, melainkan menusuk dg sekuat tenaga pantang menyerah, sampai2 keris itu bengkok.) Dan saya sdh prnh buktikan dg meraba keris yg sdh bengkok tsb, itu memang keris asli, keras, terbuat dr logam (ga pk trik) (wl habis itu saya jd sakit, ga tau ada hubungannya ato ga. malu\)
inoone - 20/04/2011 09:14 AM
#122

Quote:
Original Posted By dark.age
tentang kasta, hal yg gw pelajari di sekolah dulu menjelaskan bahwa sistem kasta sebenarnya dibuat oleh ras arya di India untuk membedakan mereka dan mempertahankan kekuasaan mereka atas ras dravida, sehingga unt kasta brahmana dan ksatria hanya dimiliki oleh ras arya, sedangkan waisya dan sudra adalah untuk ras dravida.

Hal ini tentu tidak berlaku di Bali dan Indonesia karena kita bukan ras aria ataupun dravida

apakah ini benar atau buku sejarah yang harus direvisi ??


Kl kasta d india, saya rasa benar demikian sejarahnya.
Kl hindu d bali, tentu bukan krn ada hubungannya dg ras arya/dravida. Akar dr kasta d bali sdh ada sejak dahulu kala.
Kasta adalah sebuah social system yg sangat natural, TERUTAMA dlm suatu negara yg berbentuk kerajaan.

Coba sebutkan pd saya kerajaan mana yg tidak ada system kasta.

Bhkn d keraton jogja yg notabene menganut islam pun trdpt kasta. itu keturunannya hamengkubuwono kn otomatis bangsawan semua, wl tidak jd sultan. Itulah kasta. D Inggris pun ada kasta, d norwegia, dll.
hwayan - 20/04/2011 09:22 AM
#123

@inoone

oh iy jg sih.. hahaha.. tp itu kan pilihan hidup mereka kalo mw jd TNI monggo, kalo ingin jd pemangku ayo aja..

thx gan atas masukannya D
inoone - 20/04/2011 09:26 AM
#124

Quote:
Original Posted By hwayan
@inoone

oh iy jg sih.. hahaha.. tp itu kan pilihan hidup mereka kalo mw jd TNI monggo, kalo ingin jd pemangku ayo aja..

thx gan atas masukannya D


yuks, ane cabut dulu. kl msh OL silahken dilanjut dulu, hehe.. ilovekaskusnosarailoveindonesia
hwayan - 20/04/2011 09:29 AM
#125

Quote:
Original Posted By inoone
yuks, ane cabut dulu. kl msh OL silahken dilanjut dulu, hehe.. ilovekaskusnosarailoveindonesia


sama ane mw pindah lapak dlu gan, ngejar postingan D

suksma
ZHU Uchiha - 20/04/2011 09:30 AM
#126

Quote:
Original Posted By inoone

Sejauh ini, tidak ada rujukan mengenai brahma sahampati dlm agama hindu. Mengenai penampakan brahma sahampati d budha thai yg menyerupai dewa brahma dlm hindu, mungkin saja krn terinspirasi dr dewa brahma. hal ini saya rasa sngt wajar, mengingat hubungan "persaudaraan" hindu dg budha, bahkan beberapa orang (termasuk saya sendiri malu\) menganggap buddha adalah bagian dr hindu, bukan agam tersendiri.



HIndu Bali, iya. sgl magic2, pamali2, tulah, adalah hal yg lumrah di sini (wl kebanyakan kaitannya dg hindu budaya (dlm artian ritual2 yg terpengaruh dg budaya bali).
JIka ada piodalan (upacara ultah Pura), ada orang kerasukan, dan memberi petuah tentang prosesi ritual, misal ada kekurangan, ataupun sudah bagus, itu hal yg wajar.

Dlm drama tradisional Calonarang, itu (sejauh yg ane tau, dan rasakan, dan buktikan) benar2 melibatkan hal2 gaib. orang ngurek/ngunying (menusuk dirinya dg keris. Bukan skdr menusuk lo, melainkan menusuk dg sekuat tenaga pantang menyerah, sampai2 keris itu bengkok.) Dan saya sdh prnh buktikan dg meraba keris yg sdh bengkok tsb, itu memang keris asli, keras, terbuat dr logam (ga pk trik) (wl habis itu saya jd sakit, ga tau ada hubungannya ato ga. malu\)


Apakah di daerah lain juga ada yang seperti itu? Bali only?[HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab
Almarhum13 - 20/04/2011 12:47 PM
#127

Quote:
Original Posted By welleveryday
Om Swastiastu....

Ijin nyimak gan D
ane Hindhu tp pengetahuan masih kurang D

silahkan masbro.. kalo sempet sekalian bagi2 pengetahuan juga yah beer:

Quote:
Original Posted By ZHU Uchiha
Apakah di daerah lain juga ada yang seperti itu? Bali only?[HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab


kalo ditanya ada ato tidak jawabannya ada gan..
tapi kalo ane disuruh menjabarkan masing2 dan dimana saja bisa2 abis makan tempat beer: \)
ruezclaire - 20/04/2011 02:21 PM
#128

Quote:
Original Posted By inoone


Setau ane, itu krn kepakisan dan Dalm Tarukan (Pulasari) msh ada dlm 1 garis keturunan Gan, kl ga salah di Babad Dalm Tarukan.


babad dalem tarukan maksudnya ya?
siib gan tq tq,ane nyba nyri" dulu
mpe skarang cmn tau sdkit aja ttg leluhur
jadi malu ama diri sendiri
>.
semak.belukar - 20/04/2011 02:43 PM
#129

Quote:
Original Posted By inoone
Kl kasta d india, saya rasa benar demikian sejarahnya.
Kl hindu d bali, tentu bukan krn ada hubungannya dg ras arya/dravida. Akar dr kasta d bali sdh ada sejak dahulu kala.
Kasta adalah sebuah social system yg sangat natural, TERUTAMA dlm suatu negara yg berbentuk kerajaan.

Coba sebutkan pd saya kerajaan mana yg tidak ada system kasta.

Bhkn d keraton jogja yg notabene menganut islam pun trdpt kasta. itu keturunannya hamengkubuwono kn otomatis bangsawan semua, wl tidak jd sultan. Itulah kasta. D Inggris pun ada kasta, d norwegia, dll.


berarti mirip sistem diperkantoran donk gan?

ada Direktur,manager,staff,OB,Satpam,dll
ccck - 20/04/2011 03:34 PM
#130

Quote:
Original Posted By dark.age
ok deh \)

ditunggu kalau begitu jawabannya \)

thanks shakehand

Quote:
Original Posted By dark.age

sekarang kasusnya dalam budaya masyarakat Islam terutama di Jawa (dan ada beberapa lainnya di luar jawa) yang memperingati hari kematian seseorang setelah 7 hari kematian, 40 hari, 100 hari, dan 1000 hari.

Quote:
Original Posted By dark.age
OK \)

gw tinggal nunggu jawaban dari artikel yg gw bawa tadi, moga2 ad yg bisa jawab \)

Setelah tak ubek² Manawa Dharmasastra tidak menemukan yang tentang itu, cuman menemukan bahwa upacara peringatan kepada leluhur (upacara sradha) adalah tanggalan pertama setiap awal bulan (MD III, sloka 122 dan sloka 127), nah pada sloka selanjutnya disebutkan juga tentang penghormatan leluhur yang dilakukan 3 kali setahun (awal musim hujan, musim panas dan musim dingin), kemudian dijelaskan pula tentang apa yang dipersembahkan pada setiap bulan dalam tahun pertama...

ini dilakukan sesuai dengan penanggalan bulan yang berlaku disuatu tempat jadi klo di Jawa sepertinya berbeda waktu pelaksanaannya dengan di India dan juga di daerah lain karena sepertinya yang diacu adalah penanggalan Jawa.

dan ini murni merupakan tradisi Jawa (7, 40, 100, 1000 hari) yang kemudian menyatu dalam suasana Hindu... \)

Quote:
Original Posted By inoone

lebih jauh mengenai awatara bisa dilihat d sini:
dasa awatara

tentang Buddha Awatara, mungkin bisa disimak copasan saya di thread lain;
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=380861788#post380861788
inoone - 20/04/2011 03:34 PM
#131

Quote:
Original Posted By semak.belukar
berarti mirip sistem diperkantoran donk gan?

ada Direktur,manager,staff,OB,Satpam,dll


Ada kemiripannya, dlm hal sifatnya yg hierarkis, dlm artian, (tentang kasta d bali) Anak Agung lebih tinggi dr dewa, Ida Bagus lebih tinggi dr Gusti, dsb.

Namun perbedaannya adalah sifatnya yg "berdasarkan keturunan", kl kasta, ya kl anda keturunan Ida bagus, mau jadi Rampok pun, anda tetap seorang ida bagus.
hwayan - 20/04/2011 03:49 PM
#132

Quote:
Original Posted By inoone
Tentu saja bisa. BUkankah sdh sngt jelas, catur warna membagi orang berdasrkan profesinya. jAdi, ketika anda pindah kerja dr tentara jd pemuka agama, otomatis warna anda berubah, as simple as that.
___________________________________________________________________
Sekedar menegaskan lg, d Bali, kl bicara kasta, maka anda bukan lg bicara brahmana, ksatriya, waisya, sudra, melainkan Ida bagus, Anak Agung, Gusti, Dewa, Cokorda, dll.

Nah, kemudian, supaya nyambung, dihubung2kanlah, Ida Bagus dikatakan Brahmana, GUsti dikatakan ksatriya, dst.

Padahal, tentu salah kaprah, meskipun dia seorang ida bagus, tp kl kerjanya sbg petani, tentu dia bukan brahmana.


om swatyastu, mw nanya bli D

Gusti bknya masuk ke dalam waisya ya??

kalo setau ane sih gni:
1. Brahmana: Ida Bagus, Ida Ayu
2. Ksatriya: Cokorda, Anak Agung
3. Waisya: Gusti, Dewa, Desak
4. Sudra: I, Ny, Pande

ane masih bingung soalnya ada yg bilang Gusti itu masuk ke Ksatria tp niang ane yg Gusti sendiri bilang kalo Gusti masuk ke Waisya..

mohon pencerahanya gan, maklum ane lahir & besar di Jakarta jd gk terlalu ngerti pembagian kasta di bali D

suksma
inoone - 20/04/2011 03:51 PM
#133

Quote:
Original Posted By ccck
Setelah tak ubek² Manawa Dharmasastra tidak menemukan yang tentang itu, cuman menemukan bahwa upacara peringatan kepada leluhur (upacara sradha) adalah tanggalan pertama setiap awal bulan (MD III, sloka 122 dan sloka 127), nah pada sloka selanjutnya disebutkan juga tentang penghormatan leluhur yang dilakukan 3 kali setahun (awal musim hujan, musim panas dan musim dingin), kemudian dijelaskan pula tentang apa yang dipersembahkan pada setiap bulan dalam tahun pertama...

ini dilakukan sesuai dengan penanggalan bulan yang berlaku disuatu tempat jadi klo di Jawa sepertinya berbeda waktu pelaksanaannya dengan di India dan juga di daerah lain karena sepertinya yang diacu adalah penanggalan Jawa.

dan ini murni merupakan tradisi Jawa (7, 40, 100, 1000 hari) yang kemudian menyatu dalam suasana Hindu... \)


tentang Buddha Awatara, mungkin bisa disimak copasan saya di thread lain;
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=380861788#post380861788


Menuju TKP Gan. ilovekaskus
inoone - 20/04/2011 04:01 PM
#134

Quote:
Original Posted By hwayan
om swatyastu, mw nanya bli D

Gusti bknya masuk ke dalam waisya ya??

kalo setau ane sih gni:
1. Brahmana: Ida Bagus, Ida Ayu
2. Ksatriya: Cokorda, Anak Agung
3. Waisya: Gusti, Dewa, Desak
4. Sudra: I, Ny, Pande

ane masih bingung soalnya ada yg bilang Gusti itu masuk ke Ksatria tp niang ane yg Gusti sendiri bilang kalo Gusti masuk ke Waisya..

mohon pencerahanya gan, maklum ane lahir & besar di Jakarta jd gk terlalu ngerti pembagian kasta di bali D

suksma


Waisya itu golongan pedagang, CMIIW, sepanjang yg say temukan rujukannya demikian, kl Gusti itu, dulu ketika msh jaman kerajaan kn adalah golongan patih, pasukan dg pangkat tertentu, jadi tentu saja masuknya k golongan ksatriya.
hwayan - 20/04/2011 04:02 PM
#135

Quote:
Original Posted By ZHU Uchiha
Apakah di daerah lain juga ada yang seperti itu? Bali only?[HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab


ada gan ini contoh hindu di jawa silakan ke TKP D

Spoiler for Mistis
http://lipsus.kompas.com/jalanjalan/read/2010/03/11/01154540/Menjelajah.Alam.Mistisme.Tengger

hwayan - 20/04/2011 04:12 PM
#136

Quote:
Original Posted By inoone
Waisya itu golongan pedagang, CMIIW, sepanjang yg say temukan rujukannya demikian, kl Gusti itu, dulu ketika msh jaman kerajaan kn adalah golongan patih, pasukan dg pangkat tertentu, jadi tentu saja masuknya k golongan ksatriya.


oh gitu, brarti anak agung masuk waisya ya??
inoone - 20/04/2011 04:20 PM
#137

Quote:
Original Posted By hwayan
oh gitu, brarti anak agung masuk waisya ya??


Stop. sebelum kesalahpahaman ini semakin berlanjut. Menurut saya, kasta tidak ada hubungannya dg warna. kasta adlah warisan sistem feodal yg berusaha mencari pembenaran dg mengkaitkannya dg warna


Jd scr sadar saya tidak bersedia menjawab "anak agung masuk waisya ya?"
beer:
hwayan - 20/04/2011 04:30 PM
#138

Quote:
Original Posted By inoone
Stop. sebelum kesalahpahaman ini semakin berlanjut. Menurut saya, kasta tidak ada hubungannya dg warna. kasta adlah warisan sistem feodal yg berusaha mencari pembenaran dg mengkaitkannya dg warna


Jd scr sadar saya tidak bersedia menjawab "anak agung masuk waisya ya?"
beer:


:sorry gan ane hanya bertanya berdasarkan dr nama gelar yg di pakai di bali bkn berdasarkan dr kasta..

ok deh klo bli tidak bersedia menjawab, ane ngerti kok D

suksma shakehand2
pinterpijit - 20/04/2011 04:38 PM
#139

apa artinya sapi bagi penganut hindu
kitab agama hindu apaan namanya hammer:
hwayan - 20/04/2011 04:46 PM
#140

Quote:
Original Posted By pinterpijit
apa artinya sapi bagi penganut hindu
kitab agama hindu apaan namanya hammer:


kitab suci hindu adalah veda.

untuk sapi bagi penganut hindu silakan cek di sini gan

http://archive.kaskus.us/thread/2265494/
Page 7 of 409 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Hindu Menjawab